1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan jam tangan, jam tangan kulit tentu tidak boleh dilewatkan untuk dikoleksi. Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai model jam tangan kulit wanita yang bagus dan bisa Anda pilih. Masing-masing modelnya tentu memiliki keunikan masing-masing. 

 
Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi sepuluh jam tangan kulit wanita dari berbagai merek lokal dan internasional. Beberapa di antaranya adalah Lanccelot, Alexander Christie, dan Fossil. Penasaran dengan merek lainnya? Baca terus hingga akhir, ya!

Diperbaharui 05-06-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Pesona bahan kulit sebagai strap jam tangan

Pesona bahan kulit sebagai strap jam tangan

Jam tangan kulit wanita mungkin terlihat klasik dan old school. Namun, sebenarnya jam kulit memiliki pesona tersendiri yang bisa membuat kesan anggun, mature, dan menawan. Tampilannya pun selalu tampak menawan sepanjang masa. Anda bisa memilih model vintage atau modern tergantung style Anda. 


Model jam tangan kulit vintage akan membuat Anda terlihat lebih anggun dan feminin. Di sisi lain, jam tangan kulit modern akan membuat Anda tampil keren dan memesona. Selain itu, jam tangan kulit pun cocok dipakai untuk tampilan apa pun, baik kasual maupun formal. Tekstur bahan kulit juga terasa lebih nyaman di kulit dan minim alergi

Cara memilih jam tangan kulit untuk wanita

Ada banyak model dan jenis jam tangan kulit wanita di pasaran. Ada yang harganya mahal, tetapi ada juga yang harganya terjangkau. Supaya tidak salah pilih, mari simak dahulu cara memilih jam tangan kulit wanita berikut ini.

① Pertimbangkan tipe dial-nya

Dapat dikatakan bahwa dial adalah wajah atau bagian utama dari jam tangan. Secara umum, pada dial terdapat layar yang menampilkan jarum, penanda waktu, tanggal, dan fitur lainnya yang tersedia. Namun, dial pada jam tangan memiliki tipe yang berbeda-beda. Secara garis besar, kami mengelompokkannya ke dalam dua tipe berikut ini.

Dial dengan penanda angka, lebih jelas dan mudah terbaca


Jam tangan dengan dial tipe ini paling banyak dijual di pasaran, terutama jam tangan model klasik. Pada dial-nya terdapat penanda angka yang jelas. Penanda angka tersebut dapat berupa angka latin, romawi, atau bisa juga dengan strip dan simbol lainnya.


Singkatnya, waktu atau jam akan terbaca dengan mudah karena jarumnya menunjuk ke angka atau simbol yang tertera dengan jelas. Meski demikian, dial tipe ini tak selalu menampilkan 12 angka secara komplet. Ada juga yang hanya mencantumkan empat atau dua angka sebagai patokan.

Dial tanpa penanda angka, minimalis dan terlihat unik

Jam tangan yang memiliki dial tipe ini biasanya akan terlihat lebih minimalis dan unik. Pasalnya, pada dial tidak ada angka atau simbol yang biasanya dijadikan penanda waktu. Pengguna akan bergantung pada arah jarum jam dan memperkirakan ketepatannya. Bagi Anda yang sudah terbiasa, hal ini tentu bukan masalah. Namun, Anda yang masih awam dan sering terburu-buru kami sarankan untuk tidak memilih dial tanpa angka.

② Pilih ukuran yang pas dengan pergelangan tangan Anda

Ukuran pergelangan tangan wanita pastinya berbeda-beda, ada yang kecil dan ada yang besar. Agar terlihat bagus dan pas, pilih ukuran jam tangan yang pas dengan pergelangan tangan Anda.

Jam tangan kulit wanita kecil, untuk pergelangan tangan kecil atau ramping

Jam tangan kulit wanita kecil, untuk pergelangan tangan kecil atau ramping

Apabila diameter pergelangan tangan Anda berkisar antara 13–15 mm, artinya pergelangan tangan Anda tergolong kecil. Anda bisa mencari jam tangan dengan diameter case antara 20–32 mm dan strap yang ramping. Hindari memilih jam tangan berukuran besar karena akan tampak bulky dan membuat pergelangan Anda tampak tenggelam. Di samping itu, jam tangan kecil juga akan membuat tampilan menjadi lebih manis dan anggun.

Jam tangan kulit wanita besar, untuk pergelangan tangan besar

Jam tangan kulit wanita besar, untuk pergelangan tangan besar

Rata-rata ukuran diameter pergelangan wanita adalah 13,9–16 mm. Jika lebih dari itu, pergelangan Anda termasuk besar. Untuk pergelangan berukuran rata-rata, case dengan diameter 35–40 mm akan terlihat pas. Sementara itu, Anda yang memiliki pergelangan tangan besar bisa memilih case berdiameter 42–46 mm.


Selain menyesuaikan ukuran case, Anda juga bisa memilih strap yang lebih lebar. Meskipun demikian, beberapa wanita mungkin kurang menyukai jam tangan besar karena membuat tampilan menjadi boyish. Jika demikian, Anda tetap bisa menyesuaikan ukuran jam tangan dengan preferensi Anda masing-masing.

③ Kenali karakteristik bahan kulit yang akan Anda beli

Kulit yang dipakai sebagai strap tidak selalu menggunakan kulit asli. Karena pertimbangan harga, banyak juga penjual yang menggunakan kulit imitasi, misalnya PU leather atau PVC. Memang tidak semua kulit imitasi dituliskan secara jelas, tetapi kenalilah karakteristiknya berikut agar Anda lebih paham.

Kulit asli, punya tekstur khas yang tidak terlalu mulus

Kulit asli, punya tekstur khas yang tidak terlalu mulus

Kulit asli atau biasa disebut genuine leather umumnya didapatkan dari kulit sapi. Harga kulit sendiri beragam tergantung dari kualitas yang ditawarkan oleh penjual. Namun, tentu saja lebih mahal jika dibandingkan dengan kulit imitasi.

 
Lalu, seperti halnya kulit manusia, kulit asli juga terlihat tidak sempurna. Kulit asli biasanya memiliki perbedaan warna, goresan, kerutan, atau keriput. Anda juga bisa menekan atau menggores sedikit dan melihat perubahan tekstur kulit untuk membuktikan keasliannya.

 
Di samping itu, kulit asli juga tidak mudah terbakar oleh api dan menyerap air. Meski cara tes seperti ini tidak disarankan, Anda bisa membuktikannya dengan cara membakarnya sedikit atau mencipratkan kulit dengan air. 

Polyurethane (PU) leather, kulit imitasi yang paling menyerupai kulit asli


Jika Anda mencari jenis kulit yang paling menyerupai kulit asli, PU leather solusinya. PU leather adalah percampuran antara sisa kulit hewan asli dengan jenis olahan plastik polyutherane. Percampuran ini bertujuan untuk tetap memberi pori-pori pada permukaan. Selain itu, kualitas dan daya tahan PU adalah yang terbaik dibanding kulit imitasi lainnya. Meskipun begitu, tetap ada perbedaan signifikan antara PU dan genuine leather.


  • Permukaan PU jauh lebih halus dan licin.
  • PU leather lebih tahan terhadap gesekan, tahan aus, dan teksturnya stabil pada suhu dingin ataupun panas.
  • Perawatannya lebih mudah karena PU aman dicuci menggunakan deterjen sekalipun.

④ Sesuaikan warna jam dan bentuk case dengan tangan Anda

Sesuaikan warna jam dan bentuk case dengan tangan Anda

Menyesuaikan warna jam tangan dengan kulit Anda sangatlah kami sarankan. Bila Anda memiliki kulit sawo matang atau cenderung gelap, pilihlah warna strap cokelat tua atau hitam supaya tidak terlalu kontras. Jika kulit Anda berwarna cerah, pakai strap kulit warna apa pun tidak masalah. Cokelat muda, putih, bahkan pink, bisa membuat kulit Anda tampak bersih dan bersinar. Di sisi lain, warna gelap bisa membuat kulit Anda juga tampak lebih cerah.


Bentuk case jam tangan juga penting untuk Anda perhatikan. Pada jam tangan kulit wanita, bentuk case yang paling banyak beredar adalah bundar dan kotak. Bagi Anda yang lebih suka model klasik, pilihlah case berbentuk bundar. Namun, jika Anda suka jam tangan yang terkesan ramping, cobalah pilih case berbentuk kotak atau persegi panjang. Ingat juga untuk mencocokkannya dengan pergelangan tangan Anda, ya.

⑤ Cek adanya fitur tambahan yang menarik

Cek adanya fitur tambahan yang menarik
Sumber: fossil.co.id

Selain memiliki fungsi dasar sebagai penunjuk waktu, jam tangan kulit wanita ada juga yang memiliki fitur tambahan. Fitur tersebut bisa terdapat pada dial atau bagian lainnya. Beberapa contoh fitur tambahan yang biasa tersedia adalah water resistant, display tanggal, dan subdial.


Selain beberapa fitur tambahan tersebut, ada juga jam tangan kulit wanita yang memiliki fitur solar power, lho. Fitur ini akan sangat menguntungkan baik bagi kualitas jam tangan maupun lingkungan. Namun, sudah barang tentu harga yang dibayar juga akan lebih banyak untuk mendapatkan fitur ini. Oleh karena itu, cek kembali fitur-fitur tambahan yang kiranya sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10 Rekomendasi merk jam tangan kulit terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh merek jam tangan kulit terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Berrybenka

Sophie Celia Classic Quilted

Berrybenka Sophie Celia Classic Quilted 1枚目

Lapisan empuknya ciptakan aksen anyaman yang cantik

2

Bono

Siena Dark Black

Bono Siena Dark Black 1枚目

Jam tangan berbentuk trapesium yang super stylish dan eksklusif

3

Lanccelot

Romans Queen of Pompilius

Lanccelot Romans Queen of Pompilius 1枚目

Bergaya klasik, terinspirasi dari kekaisaran Romawi

4

Eboni

Mini Maple 1.0's - Beige

Eboni Mini Maple 1.0's - Beige 1枚目

Perpaduan yang seksi antara kulit full grain dan kayu maple

5

Alexandre Christie

Jam Tangan Wanita

Alexandre Christie Jam Tangan Wanita 1枚目

Berjarum tegas warna keemasan, jadikan penampilan Anda makin bergaya

6

Scottie

Leviosa

Scottie Leviosa 1枚目

Kombinasi case berukuran mungil dan kulit domba muda yang lembut

7

Casio

Jam Tangan Analog Silver Dial

Casio Jam Tangan Analog Silver Dial 1枚目

Gaya kasualnya sangat luwes untuk aktivitas sehari-hari

8

Elizabeth

Sybil

Elizabeth Sybil 1枚目

Tonjolkan sisi feminin dengan desain case yang sangat elegan

9

Alba

Jam Tangan Wanita

Alba Jam Tangan Wanita 1枚目

Dial minimalis dengan silver pattern yang cantik

10

Fossil

Jacqueline Solar-Powered Watch

Fossil Jacqueline Solar-Powered Watch 1枚目

Isi ulang baterainya dengan tenaga surya!

Perincian produk
Close
No.1

BerrybenkaSophie Celia Classic Quilted

Mulai dari Rp229.000,00

Lapisan empuknya ciptakan aksen anyaman yang cantik

Berbeda dari jam tangan lainnya, produk Berrybenka ini memang tampak spesial. Hal itu disebabkan oleh strap-nya yang memiliki aksen seperti anyaman. Aksen ini dihasilkan oleh lapisan kulit sintetis yang berlapis dengan busa tipis sehingga empuk saat ditekan.


Selain strap uniknya, jam tangan Celia ini juga memiliki dial tanpa angka yang sangat elegan. Warnanya putih dengan aksen depth yang proporsional. Jika Anda mencari jam tangan feminin yang pas untuk ke acara formal, maka produk ini akan jadi jawaban terbaik.

No.2

Jam tangan berbentuk trapesium yang super stylish dan eksklusif

Jam tangan asal Bandung ini memang punya bentuk yang unik-unik, salah satunya trapesium dengan dial tanpa angka. Bila Anda menyukai sesuatu yang unik dan tidak biasa, jam ini bisa Anda koleksi. Ukurannya tidak terlalu besar, pas melingkari tangan Anda dengan sangat manis. 


Siena dark black ini adalah perpaduan stainless steel dan kulit. bentuk dan warnanya memancarkan ketegasan sekaligus kelembutan. Oleh karena itu, jam tangan ini cocok bagi Anda yang bergaya smart casual dan modis.

No.3

LanccelotRomans Queen of Pompilius

Mulai dari Rp749.000,00

Bergaya klasik, terinspirasi dari kekaisaran Romawi

Merek jam tangan lokal rasa internasional ini kembali menghadirkan produk terbaiknya. Ya, jam tangan seri Romans Queen of Pompilius memang sekeren itu. Memiliki bentuk case bulat dengan detail dial yang cantik. Display tanggal, penanda angka, hingga jarum jamnya seolah berpadu sempurna.


Tak tanggung-tanggung, jam tangan ini menggunakan strap berbahan kulit sapi Italia yang terjamin kualitasnya. Bagi Anda yang mencari jam tangan berkelas dengan harga bersahabat, produk Lanccelot ini sungguh pilihan yang tepat.

No.4

EboniMini Maple 1.0's - Beige

Mulai dari Rp525.000,00

Perpaduan yang seksi antara kulit full grain dan kayu maple

Siapa yang tak jatuh cinta melihat jam tangan manis ini? Warnanya yang kalem tapi menarik berbanding lurus dengan kualitas materialnya. Strap-nya menggunakan kulit full grain yang terkenal awet. Sementara itu, case berbahan kayu maple yang kukuh menjadi pusat perhatian dari jam tangan ini. 


Ditambah lagi dengan kacanya yang cembung menjadikan jam tangan ini tampak eksklusif. Tak perlu khawatir membaca waktu karena jam ini dengan cantiknya menggunakan empat titik utama sebagai patokan.

No.5

Alexandre ChristieJam Tangan WanitaAC 1008 LD LIPBARG

Mulai dari Rp780.000,00

Berjarum tegas warna keemasan, jadikan penampilan Anda makin bergaya

Jika Anda bukan tipe wanita yang suka gonta-ganti style, Anda mungkin tertarik dengan jam yang satu ini. Modelnya chic dan sederhana meski memiliki strap berpola kulit buaya. Tipe model jam seperti ini adalah model timeless yang tidak pernah membosankan dari waktu ke waktu. 


Dial-nya yang berwarna hitam dengan jarum dan angka keemasan bisa membuat Anda tampak lebih feminin. Selain itu, kalender hariannya akan siap mengingatkan Anda. Menggunakan produk ini, semua mata pasti salah fokus ke pergelangan tangan Anda.

No.6

ScottieLeviosa

Mulai dari Rp600.000,00

Kombinasi case berukuran mungil dan kulit domba muda yang lembut

Jika produk jam tangan banyak menggunakan kulit sapi, lain halnya dengan Leviosa dari Scottie ini. Strap pada jam tangan ini menggunakan kulit domba yang terkenal lentur serta berpori-pori kecil. Hal itu membuatnya sangat nyaman untuk digunakan. Selain itu, jam tangan ini memiliki case persegi panjang dengan lebar yang kecil. Dengan begitu, jam tangan ini akan terlihat sangat manis melingkar di pergelangan tangan.

No.7

CasioJam Tangan Analog Silver DialLTP-V002L-7B3UDF

Mulai dari Rp429.000,00

Gaya kasualnya sangat luwes untuk aktivitas sehari-hari

Bagi Anda yang bergaya kasual, tampaknya jam tangan Casio ini cocok untuk Anda. Meski desain dialnya klasik, kesan modern tetap terlihat dari desai case-nya yang simpel dan ringan. Selain itu, warna kulit yang dihadirkan pada strap juga sangat serasi dengan warna case dan dial-nya. Memakainya untuk kegiatan sehari-hari tentu akan sangat menyenangkan.

No.8

Tonjolkan sisi feminin dengan desain case yang sangat elegan

Jam tangan kulit keluaran Elizabeth ini sangat pas untuk Anda yang menyukai aksesori dengan vibes feminin sekaligus dewasa. Dial-nya dibuat minimalis dengan penanda berupa dots dan satu permata di angka 12. Desain case yang dibuat oval, serta strap berukuran kecil akan cocok dikenakan oleh Anda yang memiliki pergelangan kecil. Pilihan warnanya pun netral sehingga Anda tak perlu repot memikirkan warna outfit yang matching.

No.9

AlbaJam Tangan WanitaAH8687

Mulai dari Rp655.000,00

Dial minimalis dengan silver pattern yang cantik

Jika Anda menginginkan jam tangan ber-strap kecil dengan case yang lebar, cobalah cek produk Alba ini. Meski case-nya lebar, desain dial di dalamnya sangat minimalis. Hal itu terlihat dari garis strip serta jarum jamnya yang ramping. Detail tersebut dipercantik oleh silver pattern sebagai latar belakang dial-nya. Pattern tersebut terlihat sangat pas dan tidak berlebihan, membuat jam tangan ini cocok untuk acara kasual hingga formal. 

No.10

FossilJacqueline Solar-Powered Watch

Mulai dari Rp2.665.000,00

Isi ulang baterainya dengan tenaga surya!

Kali ini, merek kenamaan Fossil hadir dengan jam tangan Jacqueline yang spesial. Pasalnya, jam tangan ini memiliki solar panel yang akan menangkap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi listrik untuk menjalankan mesin jam. Keren sekali, bukan?


Selain teknologi canggihnya, tak lupa Fossil juga tetap mengedepankan desainnya yang cantik. Lihat saja, memakai jam tangan ini penampilan Anda akan menjadi makin elegan. Sebagai pencinta jam tangan branded, sebaiknya jangan sampai Anda kehabisan!

Baca juga rekomendasi jam tangan wanita lainnya di sini

Selain jam tangan kulit, masih banyak model jam tangan wanita lainnya yang bisa Anda temukan. Untuk menambah referensi, berikut telah kami siapkan artikel rekomendasi jam tangan wanita lainnya. Silakan klik pada tautan yang tersedia untuk membacanya lebih lanjut!

Kesimpulan

Anda sudah memahami cara memilih jam tangan kulit wanita yang baik. Jangan sampai salah memilih antara bahan kulit asli dan imitasi sehingga membuat Anda menyesal di kemudian hari. 


Pilih ukuran jam tangan yang paling cocok dengan tangan Anda supaya makin terlihat menarik. Ingat juga untuk memilih warna jam dan bentuk case yang sesuai di pergelangan tangan Anda. Semoga rekomendasi dari kami dapat membantu Anda menemukan jam tangan yang tepat.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer