• 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu cara memperindah rumah adalah menghiasinya dengan tanaman. Anda bisa memulai dengan merawat tanaman hias gantung, tanaman hias daun, keladi, atau bunga. Merawat tanaman tidak hanya membuat rumah asri, tetapi juga bisa sebagai pelepas stres.


Kami akan mengulas bibit tanaman hias yang bagus untuk ditanam di rumah, baik untuk indoor maupun outdoor. Tanaman tersebut di antaranya adalah Monstera, janda bolong, atau sirih gading. Sebelum membaca lebih lanjut, bacalah dahulu tips memilih merek tanaman hias yang cocok ditanam di rumah Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yuiimii
  • Pembaharuan terakhir: 26 September 2021
  • 382 Views
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman Monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman Monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bibit tanaman hias

Membeli bibit tanaman hias secara online perlu perhatian khusus, terlebih pada pengemasan tanamannya. Sebaiknya, minta penjual untuk mengepak bibit tanaman Anda pada boks kayu supaya tidak rusak dalam pengiriman. Beberapa tips lainnya dalam membeli bibit tanaman hias akan dibahas berikut ini.

Pilih berdasarkan jenisnya

Tanaman hias seperti apakah yang sedang Anda cari? Apakah tanaman hias gantung, bunga, atau keladi? Tanaman hias terbagi menjadi beberapa macam jenis dan tiap-tiap jenisnya memiliki karakteristik tersendiri.

Bibit tanaman hias gantung: Pas diletakkan di teras rumah

Bibit tanaman hias gantung: Pas diletakkan di teras rumah

Tanaman hias gantung adalah jenis tanaman yang akan terlihat indah bila diletakkan pada pot gantung. Tanaman seperti ini biasanya memiliki daun atau bunga yang menjuntai ke bawah dan membutuhkan cahaya matahari langsung. Contoh tanaman hias gantung adalah sirih gading, begonia, kaktus anggur, dan sebagainya.


Untuk merawat tanaman hias gantung, Anda membutuhkan pot dan tali untuk menggantungkannya. Lalu, gantungkan pot di depan teras untuk memperindah rumah Anda. Pastikan pula tanaman mendapat cahaya matahari langsung dan disiram rutin setiap hari supaya daun atau bunganya tumbuh subur.

Bibit tanaman hias daun: Bentuk daunnya menarik

Bibit tanaman hias daun: Bentuk daunnya menarik

Tanaman hias daun adalah jenis tanaman hias yang keindahannya terletak pada daunnya. Tanaman ini tidak memiliki bunga, tetapi memiliki motif dan bentuk daun yang menarik. Beberapa contoh tanaman tersebut antara lain Monstera, kuping gajah, tanduk rusa, dan lain-lain.


Anda bisa menyimpan tanaman hias daun di dalam atau di luar ruangan. Perawatannya juga berbeda-beda, ya. Ada tanaman hias daun yang harus dijaga kelembapan tanahnya seperti suplir. Ada pula tanaman hias yang cukup disiram dua kali seminggu seperti lidah mertua.

Bibit tanaman hias keladi: Perawatannya mudah

Bibit tanaman hias keladi: Perawatannya mudah

Tanaman hias keladi adalah salah satu bagian dari tanaman hias jenis daun yang bisa tumbuh subur di tanah lembap. Daunnya berbentuk hati dan coraknya unik bercorak bintik-bintik atau gradasi seperti pelangi. Contoh tanaman hias keladi yang menarik untuk dikoleksi adalah keladi tricolor, Sri Rejeki, atau keladi tikus.


Keladi cukup mudah dirawat. Namun, sebaiknya rawatlah keladi di luar ruangan dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Bila keladi diletakkan di dalam ruangan terlalu lama, daunnya bisa menguning. Sementara itu, bila tanaman terkena sinar matahari langsung, daunnya akan terbakar. Jadi, pastikan tanahnya selalu lembap dan rutin disiram setiap hari.


Namun, beberapa jenis tanaman hias keladi memerlukan perawatan khusus (keladi hybrid). Beberapa tanaman tersebut mudah terserang kutu (spider mite) dan pada musim kemarau kebanyakan mengalami dormant. Untuk menghindari dormant, para pencinta tanaman keladi menaruh pot dalam kolam dangkal.

Bibit tanaman hias aquarium: Bisa sekaligus menjadi habitat ikan hias

Bibit tanaman hias aquarium: Bisa sekaligus menjadi habitat ikan hias

Belakangan ini aquascape sedang populer. Aquascape adalah kerajinan menghias akuarium dengan tanaman hias khusus. Bila Anda tidak ingin ketinggalan, mulailah dengan mencari bibit tanaman hias khusus akuarium. Tampilan akuarium Anda pun tidak hanya jadi lebih menarik, tetapi tanaman hias tersebut juga bisa menjadi pasokan oksigen bagi ikan-ikan.


Tanaman hias air dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:


  • Emergent plant adalah tanaman yang sebagian tubuhnya berada di permukaan air, contohnya alang-alang.
  • Floating-leaved adalah tanaman yang akarnya berada di dalam air, tetapi tidak menancap, contohnya lili air.
  • Submerged plant adalah tanaman yang seluruh bagian tubuhnya berada di dalam air. Akarnya menancap di dasar air dan daunnya berada di dalam air, contohnya hydrilla.
  • Free floating adalah tanaman air yang tumbuhnya di permukaan air tanpa akar yang menjalar di dalam air, contohnya apu-apu.

Bibit tanaman hias bunga: Membuat rumah lebih berwarna

Bibit tanaman hias bunga: Membuat rumah lebih berwarna

Tanaman hias bunga adalah tanaman yang keindahannya terletak pada bentuk dan warna-warni bunganya. Tanaman hias bunga cocok diletakkan di dalam dan luar rumah. Jika menanam tanaman bunga, rumah Anda akan terkesan lebih ceria. Meletakkan tanaman hias bunga di dalam ruangan juga bisa membuat mood Anda jadi lebih bersemangat.

Bibit tanaman hias sukulen: Praktis karena tidak perlu sering disiram

Bibit tanaman hias sukulen: Praktis karena tidak perlu sering disiram

Sukulen adalah tanaman yang karakteristiknya menyerap dan menyimpan air di dalam batangnya. Tanaman sukulen tidak bisa disiram terlalu sering karena bisa membuat batangnya busuk. Anda hanya perlu menyiram sukulen setiap dua kali seminggu.


Salah satu contoh sukulen adalah kaktus. Perbedaannya, sukulen berdaun memiliki kelopak berbentuk daun, sedangkan jaringan daun kaktus berbentuk duri. Contoh tanaman sukulen yang lain adalah donkey's tail, bunga delapan dewa, dan jade.

Tentukan berdasarkan tempat perawatannya

Anda bisa memilih tanaman hias sesuai dengan tempat perawatannya. Dengan demikian, Anda bisa memberikan perawatan yang tepat dan tanaman hias bisa tumbuh subur serta indah.

Bibit tanaman hias indoor untuk dirawat di dalam rumah

Bibit tanaman hias indoor untuk dirawat di dalam rumah

Tanaman hias indoor biasa dipakai untuk mendekorasi ruangan dalam rumah atau kantor. Selain memperindah, meletakkan tanaman di dalam ruangan juga bisa menyegarkan udara, mengusir serangga, dan menetralkan bau tidak sedap. Dengan begitu, Anda pun bisa beraktivitas dengan nyaman di dalam ruangan.


Karakteristik tanaman hias indoor antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tidak membutuhkan sinar matahari dan penyiraman yang intensif.
  • Tanaman berukuran pendek dan pertumbuhannya lambat.
  • Umumnya tanaman berjenis daun, bukan bunga.
  • Struktur batangnya lunak atau tidak berkayu.

Bibit tanaman hias outdoor untuk memperindah halaman rumah

Bibit tanaman hias outdoor untuk memperindah halaman rumah

Tanaman hias outdoor biasa ditanam di halaman rumah sehingga bisa memperindah tampilan rumah Anda dari luar. Tanaman jenis ini akan membuat lingkungan di rumah Anda lebih asri dan kadar kebersihan udara di sekitar akan meningkat.


Karakteristik tanaman hias outdoor antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tanaman membutuhkan sinar matahari secara intensif.
  • Daunnya tipis dan akan layu bila kekurangan air atau sinar matahari.
  • Memiliki daun atau bunga yang beraneka warna.
  • Batangnya lemah dan mudah patah.

Perhatikan kondisi daun, batang, dan kuntumnya

Perhatikan kondisi daun, batang, dan kuntumnya

Bila Anda sudah menentukan tanaman hias apa yang akan dipilih, Anda wajib mengecek kondisi bibitnya sebelum membeli. Bila bibit yang Anda beli berkualitas unggul, tanaman pun dapat tumbuh dengan subur.


Indikator bibit tanaman yang unggul adalah dari daunnya. Pastikan kondisi daunnya baik, tidak menggulung, dan berwarna hijau cerah. Lalu, perhatikan pula kondisi batangnya. Batang bibit tanaman yang bagus biasanya tumbuh lurus, tidak bengkok, dan tidak ada bekas sambungannya.


Selanjutnya, pilihlah bibit tanaman hias yang sudah berkuntum, apalagi bila memiliki banyak kuntum. Kuntum yang banyak ini akan berpeluang untuk tumbuh bunga atau daun yang subur.

10 Rekomendasi bibit tanaman hias terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bibit tanaman hias terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10
JenisTanaman hias akuarium
Tempat perawatanIndoor
9
JenisTanaman hias bunga
Tempat perawatanIndoor dan outdoor
8
JenisTanaman hias bunga
Tempat perawatanOutdoor
7
JenisTanaman hias keladi
Tempat perawatanOutdoor
6
JenisTanaman hias daun
Tempat perawatanIndoor
5
JenisTanaman hias daun
Tempat perawatanIndoor
4
JenisTanaman hias gantung
Tempat perawatanIndoor
3
JenisTanaman hias daun
Tempat perawatanIndoor
2
JenisTanaman hias sukulen
Tempat perawatanIndoor dan outdoor
1
JenisTanaman hias daun
Tempat perawatanIndoor

Tabel perbandingan produk bibit tanaman hias terbaik

Gambar produk
1
Bibit Monstera variegata 1

2
Bibit Kaktus Koboi 1

3
Bibit Janda Bolong 1

4
Bibit Sirih Gading 1

5
Bibit Lidah Mertua 1

6
Bibit Kuping Gajah 1

7
Bibit Sri Rejeki 1

8
Bibit Bunga Tapak Dara 1

9
Bibit Bunga Lavender 1

10
Bibit Anubias Nana 1

Nama produk

Bibit Monstera variegata

Bibit Kaktus Koboi

Bibit Janda Bolong

Bibit Sirih Gading

Bibit Lidah Mertua

Bibit Kuping Gajah

Bibit Sri Rejeki

Bibit Bunga Tapak Dara

Bibit Bunga Lavender

Bibit Anubias Nana

Keunggulan

Miliki tanaman hias yang sedang tren dan viral ini

Melengkapi rumah minimalis Anda dengan bentuk estetiknya

Bentuk daunnya unik, buat ruangan terlihat menarik!

Tidak hanya mempercantik, tetapi juga menyegarkan udara di ruangan

Bisa menyerap radiasi dan menetralkan bau tidak sedap

Baik untuk udara dalam ruangan, baik pula untuk kesehatan

Tanaman minim perawatan yang bisa tumbuh subur di tempat minim cahaya

Si warna-warni yang membuat halaman lebih berwarna

Usir nyamuk dan serangga, rumah jadi lebih nyaman

Perawatannya mudah dan cocok diletakkan di berbagai bentuk akuarium

Harga mulai dariRp 500.000,00Rp 30.000,00Rp 11.000,00Rp 5.000,00Rp 4.750,00Rp 10.000,00Rp 10.000,00Rp 5.000,00Rp 10.000,00Rp 3.000,00
JenisTanaman hias daunTanaman hias sukulenTanaman hias daunTanaman hias gantungTanaman hias daunTanaman hias daunTanaman hias keladiTanaman hias bunga Tanaman hias bungaTanaman hias akuarium
Tempat perawatanIndoorIndoor dan outdoorIndoorIndoorIndoorIndoorOutdoorOutdoorIndoor dan outdoorIndoor
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bibit tanaman hias

Pertanyaan umum seputar bibit tanaman hias

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar bibit tanaman hias. Jika Anda masih penasaran dengan bibit tanaman hias, simak jawabannya di bawah ini!

Adakah tips merawat tanaman hias?

Tidak ada tanaman yang benar-benar dikhususkan peletakannya secara indoor. Usahakan 2–3 hari sekali menjemur tanaman pada pagi hari. Matahari pagi bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Baca juga rekomendasi bibit tanaman lainnya di sini

Selain beberapa rekomendasi tanaman tadi, kami juga telah mengulas tanaman hias yang bisa Anda pilih. Anda mungkin sedang mencari bibit tanaman hias bunga, tanaman janda bolong, atau tanaman aquascape. Bukalah tautan di bawah ini dan temukan tanaman favorit Anda.

Kesimpulan

Memelihara tanaman di rumah tidak hanya bermanfaat untuk menyegarkan udara, tetapi juga bisa melepas stres. Mood Anda akan lebih baik saat merawatnya dan melihatnya tumbuh dengan subur.


Bila Anda ingin membuat rumah lebih nyaman dan kualitas udaranya bersih, memelihara tanaman hias adalah langkah yang tepat. Jadi, tunggu apalagi, mulailah memilih dan merawat tanaman hias favorit Anda. Selamat berkebun!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran handuk sangat fungsional untuk menjemur handuk, baik handuk yang sedikit basah atau yang akan digunakan lagi. Anda akan menemukan begitu banyak jemuran handuk yang berbeda desain, bentuk, dan harga beredar di pasaran. Tentunya Anda harus memilih produk yang pas karena jemuran handuk sering kali boros tempat.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi jemuran handuk yang bagus. Anda akan menemukan beragam produk berkualitas dengan keunggulan tersendiri dalam artikel ini. Mau pilih produk dari merek IKEA, Informa, atau Liveo? Pilihlah yang sesuai dengan selera dan bujet Anda!
    Kebun & luar ruangan
    12.403 Views
  • 10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pot Tanaman Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan pot tanaman gantung akan membuat bunga dan tanaman hias Anda terkesan lebih rapi dan stylish. Selain itu, suasana di ruangan pun bisa terasa menjadi makin cozy. Penggunaan pot tanaman gantung juga akan membantu Anda memajang bermacam-macam bunga dan tanaman.Saat ini, macam-macam pot gantung yang unik dan cantik sudah banyak tersedia di pasaran. Guna membantu Anda memilih pot tanaman gantung yang pas untuk rumah Anda, simaklah artikel berikut ini sampai tuntas. Kami juga akan merekomendasikan pot tanaman gantung yang bagus, salah satunya dari merek IKEA. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    17.458 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    72.907 Views
  • 10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Janda Bolong Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Sebenarnya, nama tanaman janda bolong ini sudah mulai naik dari 2018. Namun, puncak kehebohannya bisa dibilang baru mulai akhir-akhir ini. Harganya bahkan bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah di pasaran. Lalu, apa sebenarnya tanaman janda bolong itu?Agar Anda bisa membedakan jenis tanaman janda bolong, kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Kami juga merekomendasikan beberapa jenis tanaman janda bolong yang bagus, seperti Monstera adansonii, Monstera borsigiana, dan Monstera deliciosa. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Oleh karena itu, pastikan simak sampai akhir, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.249 Views
  • 10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bibit Bunga Terbaik untuk Menghias Rumah - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk memperindah rumah, Anda juga memerlukan tanaman. Bunga yang berwarna-warni tentu akan membuat rumah tampak cantik. Dibandingkan bunga imitasi, bagaimana jika menanam bunga asli saja? Selain memperindah, tanaman juga bisa membuat udara di rumah menjadi lebih segar.Kami akan membahas beberapa bibit bunga yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Anda akan menemukan bibit yang bagus, seperti bunga mawar, lavender, sedap malam, dan sebagainya. Kami akan mengulasnya dan membantu Anda mencari bunga yang cantik. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Yuk, ketahui dahulu perbedaan bibit dan benih, ya!
    Kebun & luar ruangan
    552 Views
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    12.041 Views
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2021)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 100 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau yang warna-warni. Apa pun warnanya, kami sarankan Anda untuk pilih yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    2.218 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Berbagai jenis gunting tanaman dijual di pasaran, dari yang kecil hingga yang besar.Jika Anda merasa bingung, simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus. Kami juga akan menghadirkan sepuluh produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merk terkenal lainnya. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan gunting tanaman yang pas untuk kebutuhan Anda!
    Kebun & luar ruangan
    4.089 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    5.516 Views
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah dan ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti dari merek IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    556 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    12.041 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    26.098 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    9.062 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    50.494 Views
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    2.865 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    5.516 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nyamuk adalah serangga yang sering menganggu manusia. Serangga ini bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan demam berdarah. Bila Anda ingin melindungi diri dengan cara yang alami, tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusi. Lavender, neem, dan geranium merupakan beberapa tanaman yang efektif mengusir nyamuk.Setiap tanaman memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, mana yang cocok dengan lingkungan Anda? Kali ini, kami akan memberikan tips memilih tanaman pengusir nyamuk sekaligus beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Silahkan pilih yang paling sesuai, ya!
    Kebun & luar ruangan
    72.907 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori