mybest
Novel

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu sumber pengetahuan dalam belajar agama Islam adalah melalui buku. Ada banyak buku agama Islam yang dapat dijadikan referensi, contohnya novel islami. Selain dikemas dalam bahasa yang ringan, novel islami memiliki alur cerita yang membuat pembacanya terinspirasi.

 

Melalui artikel ini kami merekomendasikan buku novel islami terbaru dari berbagai tema. Kami juga mengulas novel islami best seller dari penulis ternama, seperti Habiburrahman El Shirazy dan Asma Nadia. Novel islami romantis, hijrah, remaja, bahkan novel islami Wattpad terbaik juga ada. Yuk, temukan kumpulan novel islami yang bagus dengan membaca artikelnya!

Diperbaharui 02-27-2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di Goodreads. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Cara memilih novel islami

Ada banyak sekali novel islami yang tersedia di pasaran, mulai dari membahas sejarah, percintaan, hingga perjalanan. Nah, jika Anda baru pertama kali membeli novel islami, silakan simak tips memilih berikut ini!

① Pilih berdasarkan temanya

Tema yang diangkat dalam novel islami sangatlah bervariasi. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda memilih novel berdasarkan tema yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah memahami alur ceritanya. 

Novel islami romantis: Kisah percintaan yang mengharukan dan menginspirasi

Novel islami romantis: Kisah percintaan yang mengharukan dan menginspirasi

Romansa merupakan tema yang populer dan digemari pembaca novel islami. Meskipun secara garis besar temanya adalah percintaan, fokus utama dalam setiap novel bisa berbeda-beda. Ada novel islami yang berfokus kepada cinta terhadap pasangan, sahabat, keluarga, atau lainnya.

 

Tema drama yang dibumbui konflik juga banyak diminati pembaca novel islami. Kisah seperti ini biasanya akan menguras emosi pembaca. Penulis yang piawai mengolah kata dapat membuat pembaca ikut tertawa, marah, bahkan menangis saat membaca. Dengan porsi drama yang pas, isi novel tidak monoton sehingga menggugah Anda untuk membacanya sampai selesai.

Novel islami perjalanan: Untuk Anda yang menyukai kisah pertualangan

Novel islami perjalanan: Untuk Anda yang menyukai kisah pertualangan

Novel islami bertema perjalanan biasanya menggambarkan kemegahan dan keindahan negara-negara islam di Timur Tengah. Meski demikian, tak jarang juga penulis memilih latar negara-negara Eropa, seperti Belanda, Prancis, dan lainnya. Contohnya adalah novel 99 Cahaya di Langit Eropa yang ditulis oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.


Saat membaca novel ini, Anda akan diajak menikmati pertualangan tokoh di dalam tulisan. Selain menikmati perjalanan melalui cerita, penulis biasanya menyisipkan cerita sejarah islami di dalamnya. Jadi, selain mendapatkan inspirasi, Anda bisa mengetahui keunikan dan sejarah dari setiap negara yang ada di dalam novel.

Novel islami hijrah: Perjalanan hijrah dengan tema tasawuf dan motivasi

Novel islami hijrah: Perjalanan hijrah dengan tema tasawuf dan motivasi

Apakah Anda ingin belajar lebih banyak mengenai agama Islam? Selain memperbanyak membaca buku fikih, Anda dapat menjadikan novel islami bertema tasawuf sebagai referensi bacaan. Melalui novel ini, Anda akan diajak untuk mendekatkan diri pada Allah SWT melalui kedisiplinan dalam beribadah


Biasanya novel bertema tasawuf juga disisipkan dengan kisah-kisah yang akan memotivasi pembacanya. Dengan bahasa yang ringan dan konflik cerita yang baik, Anda lebih mudah move on ke arah yang lebih baik. Salah satu ciri dari novel bertema tasawuf adalah adanya hadis ataupun ayat Al-Qur'an yang disampaikan oleh penulis.

Novel islami tema pesantren: Lebih mengenal kehidupan santri

Novel islami tema pesantren: Lebih mengenal kehidupan santri

Kehidupan di pondok pesantren tak melulu belajar agama Islam. Terkadang banyak hal yang dilakukan para santri selama mengenyam pendidikan di pondok pesantren dan tidak diketahui oleh masyarakat umum. Nah, jika Anda tertarik mengetahui lebih dalam, Anda dapat membeli novel islami dengan tema pesantren.

 

Biasanya novel ini mengangkat tentang keseharian kehidupan santri atau perjalanan karier tokoh yang berangkat dari seorang santri. Novel islami bertema pesantren pun juga mengangkat kisah persahabatan remaja, percintaan, ataupun perjuangan. Di samping itu, novel ini juga mengajarkan pada pembacanya untuk hidup sederhana dan jauh dari kemewahan dunia.

② Periksa latar belakang penulis dan penerbitnya

Periksa latar belakang penulis dan penerbitnya

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli novel islami, mempertimbangkan nama penulisnya dapat menjadi solusi. Umumnya novel-novel islami best seller ditulis oleh penulis ternama, seperti Habiburrahman El Shirazy, Ahmad Fuadi, dan Asma Nadia.

 

Di samping nama penulis, Anda dapat mempertimbangkan nama penerbitnya. Penerbit yang sudah terkenal tidak akan asal mencetak buku, terlebih lagi jika isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mulai dari isi tulisan, jenis kertas, dan tingkat keterbacaan huruf, semua telah memenuhi standar. Jadi, pengalaman membaca Anda akan terasa lebih menyenangkan.


Meski demikian, ada juga penulis yang lebih menyukai mencetak novelnya melalui penerbit independen. Novel seperti ini umumnya dijual dalam jumlah terbatas atau skala kecil. Akibatnya, novel yang dicetak melalui penerbit independen sulit didapatkan di toko buku.

③ Periksa jumlah seri dan tebal halamannya

Periksa jumlah seri dan tebal halamannya

Tebal setiap novel islami berbeda-beda tergantung pada tema dan karakter penulisnya. Jika Anda tidak terlalu suka membaca, cobalah memulai dengan novel islami di bawah 300 halaman. Namun, jika Anda senang dengan aktivitas membaca, setebal apa pun novel yang Anda pilih tidak akan jadi masalah.

 

Selain itu, cek juga apakah novel islami pilihan Anda memiliki seri lanjutan. Jika terdapat beberapa seri, ada baiknya Anda memulai dari seri pertama. Dengan melengkapi dan membaca seluruh serinya, Anda dapat menuntaskan alur cerita yang diangkat oleh penulis.

④ Cek sinopsis dan review pembaca

Cek sinopsis dan review pembaca

Untuk lebih memantapkan pilihan, Anda dapat mengintip isi novel melalui sinopsis dan ulasan pembaca. Melalui sinopsis, Anda dapat memperoleh gambaran mengenai isi novel yang akan Anda pilih. Bagian sinopsis novel islami biasanya terdapat di halaman cover belakang. Anda juga bisa mengeceknya melalui website resmi penerbit. 


Jika Anda kurang puas, cobalah untuk mengecek ulasan pembaca yang sudah membeli novel tersebut. Dalam hal ini, review pembaca di Goodreads dapat Anda jadikan rujukan. Selain itu, ulasan pembaca dapat diakses dengan mudah melalui forum atau blog. Nah, supaya terhindar dari spoiler, Anda cukup membacanya secara sekilas saja.

10 Rekomendasi novel islami terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel islami terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tasaro GK

Muhammad

Tasaro GK Muhammad 1枚目

Fiksi yang sarat sejarah perjalanan Rasulullah

2

Habiburrahman El Shirazy

Kembara Rindu

Habiburrahman El Shirazy Kembara Rindu 1枚目

Mengajarkan dan memotivasi para anak rantau yang menuntut ilmu

3

Habiburrahman El-Shirazy

API Tauhid: Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujaddid

Habiburrahman El-Shirazy API Tauhid: Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujaddid 1枚目

Cerita sejarah dan romansanya dikemas apik

4

Sibel Eraslan

Khadijah: Ketika Rahasia Mim Tersingkap

Sibel Eraslan Khadijah: Ketika Rahasia Mim Tersingkap 1枚目

Mengungkap rahasia kehidupan wanita penghuni surga

5

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa 1枚目

Kagumi kejayaan Islam di benua Eropa

6

Ahmad Fuadi

Negeri 5 Menara

Ahmad Fuadi Negeri 5 Menara 1枚目

Cerita kehidupan anak santri dengan mantra ajaibnya

7

Habiburrahman El-Shirazy

Ayat Ayat Cinta

Habiburrahman El-Shirazy Ayat Ayat Cinta 1枚目

Novel dan filmnya sama-sama fenomenal

8

Abay Adhitya

Cinta dalam Ikhlas

Abay Adhitya Cinta dalam Ikhlas 1枚目

Novel remaja islami yang mengajarkan makna cinta dan keikhlasan dalam Islam

9

Syalsabila Falensia

Santri Pilihan Bunda

Syalsabila Falensia Santri Pilihan Bunda 1枚目

Novel islami Wattpad romantis tentang kisah cinta santri yang dijodohkan

10

Asma Nadia

Nikah Tanpa Pacaran

Asma Nadia Nikah Tanpa Pacaran 1枚目

Mampukah pernikahan tanpa pacaran bertahan? Indahnya kisah pernikahan dengan jalan taaruf

Perincian produk
Close
No.1

Tasaro GKMuhammad

Mulai dari Rp99.000,00

Fiksi yang sarat sejarah perjalanan Rasulullah

Siapa yang tak ingin mengenal Nabi Muhammad SAW lebih dekat? Lewat seri novel Muhammad, penulis mengangkat kisah mengenai cinta, pengorbanan, dan perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan ajaran Islam. Meski banyak menghadirkan cerita sejarah, novel ini tetap ringan dibaca sehingga tak akan membuat Anda cepat bosan.


Novel ini juga mengajak Anda untuk meneladani sifat-sifat Rasulullah, seperti dermawan, penuh kasih sayang, dan sifat kenabian lainnya. Seri novel Muhammad ini dapat menjadi pilihan pas untuk Anda yang ingin mengenal sosok Rasulullah lebih dekat.

No.2

Habiburrahman El ShirazyKembara Rindu

Mulai dari Rp60.000,00

Mengajarkan dan memotivasi para anak rantau yang menuntut ilmu

Bagi penggemar Kang Abik, jangan lewatkan Kembara Rindu, seri novel islami terbaru yang inspiratif. Kembara Rindu berkisah mengenai Ridho, anak pesantren yang merantau dan menuntut ilmu. Tentu saja Ridho menghadapi serangkaian cobaan pelik yang pada akhirnya memberikannya pelajaran berharga.


Pada buku seri kedua, Suluh Rindu, Ridho berhasil memajukan pesantren di kampung halamannya. Di sisi lain, para tokohnya menghadapi cobaan yang lebih berat. Kang Abik menyuguhkan cerita islami yang mengharukan agar kita dapat memetik banyak pelajaran hidup. Anda akan terinspirasi dari perjuangan tokoh-tokoh utamanya dalam mengais rezeki serta tidak pernah putus asa mengharapkan ridha Allah.

No.3

Habiburrahman El-ShirazyAPI Tauhid: Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujaddid

Mulai dari Rp137.000,00

Cerita sejarah dan romansanya dikemas apik

Novel ini menceritakan perjuangan anak muda asal Lumajang bernama Fahmi yang menuntut ilmu di Madinah. Pada usianya yang masih muda, Fahmi kerap dilanda kegalauan. Fahmi beruntung memiliki sahabat yang baik. Ia pun diajak untuk melakukan perjalanan rihlah mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah di Turki.

 

Jika Anda tertarik dengan sejarah Islam di Timur Tengah, jadikan novel ini sebagai referensi. Meski mengangkat sejarah, bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami. Salah satu lokasi yang menjadi napak tilas Fahmi adalah bekas kekuasaan Khilafah Turki Utsmani. Perjalanan ke Turki juga membawa Fahmi berkenalan dengan gadis setempat. Lantas, bagaimana kelanjutan kisah asmaranya? 

No.4

Sibel EraslanKhadijah: Ketika Rahasia Mim Tersingkap

Mulai dari Rp65.000,00

Mengungkap rahasia kehidupan wanita penghuni surga

Sibel Eraslan merupakan penulis wanita yang banyak mengangkat kisah dalam Sirah Nabawi, khususnya kaum wanita pada zaman Rasulullah. Salah satu karya yang best seller adalah novel religi Khadijah. Jika Anda berencana hijrah menjadi wanita salihah, segera jadikan novel ini sebagai referensi bacaan.


Khadijah digambarkan sebagai sosok perempuan yang hebat yang sukses menemani Rasulullah dalam berdakwah. Selain menjadi istri Nabi Muhammad SAW, Khadijah dikenal sebagai pedagang yang sukses dan kaya raya di Makkah. Saat membacanya, Anda pasti akan merasa iri dengan sifat yang dimiliki Khadijah.

No.5

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

Mulai dari Rp95.000,00

Kagumi kejayaan Islam di benua Eropa

Novel ini menceritakan tentang kisah penulis selama tinggal sebagai minoritas di Wina, Austria. Beberapa negara yang dikunjungi penulis, seperti Prancis dan Spanyol akan membuat Anda terpukau. Saat membacanya, Anda seakan sedang diajak bertualang mengagumi kejayaan Islam di benua Eropa.


Saking populernya, novel 99 Cahaya di Langit Eropa ini sampai dibuat menjadi film layar lebar. Di samping mengajak Anda bertualang, novel ini juga mengajarkan makna toleransi umat beragama. Jika Anda ingin mendapatkan sudut pandang baru mengenai kejayaan Islam di Eropa, membaca novel ini tentu dapat menjadi pilihan yang pas.

No.6

Ahmad FuadiNegeri 5 Menara

Mulai dari Rp98.000,00

Cerita kehidupan anak santri dengan mantra ajaibnya

Novel karya Ahmad Fuadi ini menceritakan kehidupan santri dari pondok pesantren ternama di Indonesia, Pondok Madani Gontor. Tokoh utama dalam novel ini adalah Alif, anak rantau dari Bukittinggi. Lewat mantra ajaib "man jadda wa jadda", Alif memantapkan langkah dalam menggapai impiannya.

 

Novel ini dapat menjadi pilihan pas untuk Anda yang sedang mencari inspirasi dan semangat dalam mengejar cita-cita. Cerita Alif selama menjadi seorang santri pun dapat memberi gambaran pada Anda mengenai kehidupan di pondok pesantren. Hebatnya lagi, novel ini sudah diangkat ke layar lebar, lho!

No.7

Habiburrahman El-ShirazyAyat Ayat Cinta

Mulai dari Rp52.000,00

Novel dan filmnya sama-sama fenomenal

Belum lengkap koleksi novel islami Anda jika tidak memiliki karya dari Habiburrahman El-Shirazy alias Kang Abik. Tidak hanya best seller, novel percintaan islami ini sudah dibuat dalam versi film. Bahkan, filmnya juga laris dan diminati banyak kalangan.


Novel ini bercerita tentang Fahri, seorang mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Mesir. Sifatnya yang sederhana, baik, dan alim membuat banyak gadis jatuh hati. Kami rekomendasikan novel islami romantis ini untuk Anda yang menyukai novel romansa bergaya bahasa puitis. Anda akan diajak terhanyut dalam kisah cinta dan konflik berlatarkan agama.

No.8

Abay AdhityaCinta dalam Ikhlas

Mulai dari Rp89.000,00

Novel remaja islami yang mengajarkan makna cinta dan keikhlasan dalam Islam

Novel ini mengisahkan kehidupan remaja yang duduk di bangku SMA yang sedang terpapar virus merah jambu. Tokoh utama yang diangkat dalam cerita ini adalah Athar dan Ara. Athar sendiri adalah anak band yang terkenal di sekolahnya. Di sisi lain, Ara adalah perempuan berhati lembut dan sangat taat beribadah.


Untuk mendekati Ara, Athar harus memantaskan diri sehingga ia harus berhijrah menjadi pemuda saleh. Lantas, apakah Ara dapat menerima Arthar dengan mudah? Dengan latar cerita SMA, novel remaja islami best seller ini dapat menjadi pilihan pas untuk para remaja. Novel ini akan menjadi inspirasi untuk Anda dalam mengenal arti cinta dan ikhlas.

No.9

Syalsabila FalensiaSantri Pilihan Bunda

Mulai dari Rp99.000,00

Novel islami Wattpad romantis tentang kisah cinta santri yang dijodohkan

Apakah Anda penikmat novel islami di Wattpad? Novel islami Wattpad memang sangat diminati berkat alur cerita yang ringan, tetapi mengena. Salah satu rekomendasi novel Wattpad islami terbaik yang sudah diterbitkan adalah Santri Pilihan Bunda. Novel Wattpad ini mengangkat tema perjodohan.


Tak pernah terbesit dalam pikiran bahwa Aliza harus menikah dengan Kinaan, santri tampan pilihan sang bunda. Kisah cinta yang mereka jalani tentu tidak biasa karena sarat akan makna. Setiap permasalahan pun diselesaikan menurut cara pandang Islam. Penulis menyelipkan nilai-nilai islami ke dalam novel ini yang digarap dengan gaya tulis yang mudah dipahami. 

No.10

Asma NadiaNikah Tanpa Pacaran

Mulai dari Rp83.000,00

Mampukah pernikahan tanpa pacaran bertahan? Indahnya kisah pernikahan dengan jalan taaruf

Nikah Tanpa Pacaran adalah salah satu novel terbaru Asma Nadia yang awalnya diterbitkan di aplikasi KBM (Komunitas Bisa Menulis). Tokoh utama yang diangkat oleh Asma Nadia dalam novel ini adalah Aira dan Ken. Keduanya memutuskan untuk menikah tanpa melewati masa pacaran. Bagaimana mereka dapat membina hubungan meski banyak badai menerpa?


Anda dapat mempelajari banyak hal positif dari novel ini, contohnya cara bergaul dan menjaga hubungan dengan lawan jenis. Jika Anda menyukai kisah romansa islami yang positif, segera miliki novel ini. Di novel ini Asma Nadia juga membagikan pengalaman pribadinya secara eksklusif!

Baca juga rekomendasi novel islami dan buku religi lainnya di sini

Selain rekomendasi novel islami di atas, kami juga menyajikan banyak informasi dan rekomendasi buku-buku terbaik. Anda bisa memilih novel-novel religi lainnya dari penulis ternama Asma Nadia dan Habiburrahman El Shirazy. Anda juga bisa membaca buku tentang pernikahan dalam agama Islam. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Adakah novel islami yang paling menarik hati Anda? Novel islami tidak hanya dapat menjadi sarana pengisi waktu luang, tetapi bisa menjadi media untuk belajar agama Islam.


Pastikan Anda mengecek tema, kredibilitas pengarang dan penerbit, serta ulasan pembaca sebelum membeli. Dengan tips memilih dan rekomendasi novel islami dari kami, semoga Anda dapat menemukan referensi bacaan terbaik. 

5 Rekomendasi Novel Islami terbaik

No. 1Tasaro GKMuhammad

No. 2Habiburrahman El ShirazyKembara Rindu

No. 3Habiburrahman El-ShirazyAPI Tauhid: Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujaddid

No. 4Sibel EraslanKhadijah: Ketika Rahasia Mim Tersingkap

No. 5Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer