mybest
Novel & sastra

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik  5

10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik

Salah satu sumber pengetahuan dalam belajar agama Islam adalah melalui buku. Ada banyak buku agama Islam yang dapat dijadikan referensi, contohnya novel islami. Selain dikemas dalam bahasa yang ringan, novel islami memiliki alur cerita yang membuat pembacanya terinspirasi.

 

Melalui artikel ini kami merekomendasikan buku novel islami terbaru dari berbagai tema. Kami juga mengulas novel islami best seller dari penulis ternama, seperti Habiburrahman El Shirazy dan Asma Nadia. Novel islami romantis, hijrah, remaja, bahkan novel islami Wattpad terbaik juga ada. Yuk, temukan kumpulan novel islami yang bagus dengan membaca artikelnya!

Diperbaharui 18/09/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih novel islami

Ada banyak sekali novel islami yang tersedia di pasaran, mulai dari membahas sejarah, percintaan, hingga perjalanan. Nah, jika Anda baru pertama kali membeli novel islami, silakan simak tips memilih berikut ini!

1

Pilih berdasarkan temanya

Tema yang diangkat dalam novel islami sangatlah bervariasi. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda memilih novel berdasarkan tema yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah memahami alur ceritanya. 

Novel islami romantis: Kisah percintaan yang mengharukan dan menginspirasi

Novel islami romantis: Kisah percintaan yang mengharukan dan menginspirasi

Romansa merupakan tema yang populer dan digemari pembaca novel islami. Meskipun secara garis besar temanya adalah percintaan, fokus utama dalam setiap novel bisa berbeda-beda. Ada novel islami yang berfokus kepada cinta terhadap pasangan, sahabat, keluarga, atau lainnya.

 

Tema drama yang dibumbui konflik juga banyak diminati pembaca novel islami. Kisah seperti ini biasanya akan menguras emosi pembaca. Penulis yang piawai mengolah kata dapat membuat pembaca ikut tertawa, marah, bahkan menangis saat membaca. Dengan porsi drama yang pas, isi novel tidak monoton sehingga menggugah Anda untuk membacanya sampai selesai.

Novel islami perjalanan: Untuk Anda yang menyukai kisah pertualangan

Novel islami perjalanan: Untuk Anda yang menyukai kisah pertualangan

Novel islami bertema perjalanan biasanya menggambarkan kemegahan dan keindahan negara-negara Islam di Timur Tengah. Meski demikian, tak jarang juga penulis memilih latar negara-negara Eropa, seperti Belanda, Prancis, dan lainnya. Contohnya adalah novel 99 Cahaya di Langit Eropa yang ditulis oleh Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.


Saat membaca novel ini, Anda akan diajak menikmati pertualangan tokoh di dalam tulisan. Selain menikmati perjalanan melalui cerita, penulis biasanya menyisipkan cerita sejarah islami di dalamnya. Jadi, selain mendapatkan inspirasi, Anda bisa mengetahui keunikan dan sejarah dari setiap negara yang ada di dalam novel.

Novel islami hijrah: Perjalanan hijrah dengan tema tasawuf dan motivasi

Novel islami hijrah: Perjalanan hijrah dengan tema tasawuf dan motivasi

Apakah Anda ingin belajar lebih banyak mengenai agama Islam? Selain memperbanyak membaca buku fikih, Anda dapat menjadikan novel islami bertema tasawuf sebagai referensi bacaan. Melalui novel ini, Anda akan diajak untuk mendekatkan diri pada Allah Swt. melalui kedisiplinan dalam beribadah


Biasanya novel bertema tasawuf juga disisipkan dengan kisah-kisah yang akan memotivasi pembacanya. Dengan bahasa yang ringan dan konflik cerita yang baik, Anda lebih mudah move on ke arah yang lebih baik. Salah satu ciri dari novel bertema tasawuf adalah adanya hadis ataupun ayat Al-Qur'an yang disampaikan oleh penulis.

Novel islami tema pesantren: Lebih mengenal kehidupan santri

Novel islami tema pesantren: Lebih mengenal kehidupan santri

Kehidupan di pondok pesantren tak melulu belajar agama Islam. Terkadang banyak hal yang dilakukan para santri selama mengenyam pendidikan di pondok pesantren dan tidak diketahui oleh masyarakat umum. Nah, jika Anda tertarik mengetahui lebih dalam, Anda dapat membeli novel islami dengan tema pesantren.

 

Biasanya novel ini mengangkat tentang keseharian kehidupan santri atau perjalanan karier tokoh yang berangkat dari seorang santri. Novel islami bertema pesantren pun juga mengangkat kisah persahabatan remaja, percintaan, ataupun perjuangan. Di samping itu, novel ini juga mengajarkan pada pembacanya untuk hidup sederhana dan jauh dari kemewahan dunia.

2

Periksa latar belakang penulis dan penerbitnya

Periksa latar belakang penulis dan penerbitnya

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli novel islami, mempertimbangkan nama penulisnya dapat menjadi solusi. Umumnya novel-novel islami best seller ditulis oleh penulis ternama, seperti Habiburrahman El Shirazy, Ahmad Fuadi, dan Asma Nadia.

 

Di samping nama penulis, Anda dapat mempertimbangkan nama penerbitnya. Penerbit yang sudah terkenal tidak akan asal mencetak buku, terlebih lagi jika isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mulai dari isi tulisan, jenis kertas, dan tingkat keterbacaan huruf, semua telah memenuhi standar. Jadi, pengalaman membaca Anda akan terasa lebih menyenangkan.


Meski demikian, ada juga penulis yang lebih menyukai mencetak novelnya melalui penerbit independen. Novel seperti ini umumnya dijual dalam jumlah terbatas atau skala kecil. Akibatnya, novel yang dicetak melalui penerbit independen sulit didapatkan di toko buku.

3

Periksa jumlah seri dan tebal halamannya

Periksa jumlah seri dan tebal halamannya

Tebal setiap novel islami berbeda-beda tergantung pada tema dan karakter penulisnya. Jika Anda tidak terlalu suka membaca, cobalah memulai dengan novel islami di bawah 300 halaman. Namun, jika Anda senang dengan aktivitas membaca, setebal apa pun novel yang Anda pilih tidak akan jadi masalah.

 

Selain itu, cek juga apakah novel islami pilihan Anda memiliki seri lanjutan. Jika terdapat beberapa seri, ada baiknya Anda memulai dari seri pertama. Dengan melengkapi dan membaca seluruh serinya, Anda dapat menuntaskan alur cerita yang diangkat oleh penulis.

4

Cek sinopsis dan review pembaca

Cek sinopsis dan review pembaca

Untuk lebih memantapkan pilihan, Anda dapat mengintip isi novel melalui sinopsis dan ulasan pembaca. Melalui sinopsis, Anda dapat memperoleh gambaran mengenai isi novel yang akan Anda pilih. Bagian sinopsis novel islami biasanya terdapat di halaman cover belakang. Anda juga bisa mengeceknya melalui website resmi penerbit. 


Jika Anda kurang puas, cobalah untuk mengecek ulasan pembaca yang sudah membeli novel tersebut. Dalam hal ini, review pembaca di Goodreads dapat Anda jadikan rujukan. Selain itu, ulasan pembaca dapat diakses dengan mudah melalui forum atau blog. Nah, supaya terhindar dari spoiler, Anda cukup membacanya secara sekilas saja.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Novel Islami Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Novel Islami terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 18 September 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Anisa AE

Istri Kedua Gus

Anisa AE Istri Kedua Gus 1

Rp90.000

Menengah

Mengintip kehidupan seorang istri kedua lewat novel

2

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa 1

Rp95.000

Menengah

Kagumi kejayaan Islam di benua Eropa

3

Shineeminka

Langkah Kaki

Shineeminka Langkah Kaki 1

Rp90.000

Menengah

Mencari tahu seberapa mampu seorang istri menumbuhkan cinta di hati sang suami

4

Asma Nadia

Surga yang Tak Dirindukan 1

Asma Nadia Surga yang Tak Dirindukan 1 1

Rp89.000

Menengah

Menariknya isu poligami yang muncul dalam kehidupan rumah tangga

5

Abay Adhitya

Hijrah Itu Cinta

Abay Adhitya Hijrah Itu Cinta 1

Rp64.000

Lebih Murah

Membuka mata tentang makna hijrah dan proses menuju ke sana

6

HAMKA

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

HAMKA Tenggelamnya Kapal Van der Wijck 1

Rp90.000

Menengah

Kisah cinta dua sejoli yang terhambat adat dan tradisi

7

Mommy ASF

Layangan Putus

Mommy ASF Layangan Putus 1

Rp75.000

Agak Murah

Novel viral yang mengangkat tema pengkhianatan dalam rumah tangga

8

Syalsabila Falensia

Santri Pilihan Bunda

Syalsabila Falensia Santri Pilihan Bunda 1

Rp99.000

Agak Mahal

Novel islami Wattpad romantis tentang kisah cinta santri yang dijodohkan

9

Ahmad Fuadi

Negeri 5 Menara

Ahmad Fuadi Negeri 5 Menara 1

Rp125.000

Lebih Mahal

Mengungkap kekuatan mantra man jadda wa jadda

10

Habiburrahman El Shirazy

Ayat-Ayat Cinta

Habiburrahman El Shirazy Ayat-Ayat Cinta 1

Rp70.000

Agak Murah

Sajikan konflik yang kompleks, dari kisah cinta hingga toleransi antarumat beragama

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Anisa AEIstri Kedua Gus

Istri Kedua Gus 1
Sumber: falcon.co.id
Harga referensi
Rp90.000
Menengah
Harga referensi
Rp90.000
Menengah

Mengintip kehidupan seorang istri kedua lewat novel

Dengan bekas luka di wajah, Nisa tak pernah membayangkan ada pria yang mau menyuntingnya. Maka, ketika seorang Gus menyatakan cinta dan melamarnya menjadi istri, mana mungkin Nisa melewatkannya, sekalipun sebagai istri kedua. Iya, menjadi istri kedua tidaklah mudah sama sekali. Nisa harus menghadapi tekanan dari banyak pihak, dan di sinilah kesabarannya diuji.


Novel ini menampilkan beragam perspektif terkait poligami. Anda akan melihat betapa hidup ini penuh dengan ruang abu-abu. Bagi Anda yang tertarik dengan tema poligami, jangan lewatkan novel ini, ya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

Harga referensi
Rp95.000
Menengah

Kagumi kejayaan Islam di benua Eropa

Novel ini menceritakan tentang kisah penulis selama tinggal sebagai minoritas di Wina, Austria. Beberapa negara yang dikunjungi penulis, seperti Prancis dan Spanyol akan membuat Anda terpukau. Saat membacanya, Anda seakan sedang diajak bertualang mengagumi kejayaan Islam di benua Eropa.


Saking populernya, novel 99 Cahaya di Langit Eropa ini sampai dibuat menjadi film layar lebar. Di samping mengajak Anda bertualang, novel ini juga mengajarkan makna toleransi umat beragama. Jika Anda ingin mendapatkan sudut pandang baru mengenai kejayaan Islam di Eropa, membaca novel ini tentu dapat menjadi pilihan yang pas.

No.3

ShineeminkaLangkah Kaki

Harga referensi
Rp90.000
Menengah

Mencari tahu seberapa mampu seorang istri menumbuhkan cinta di hati sang suami

Kebanyakan novel memotret perjuangan seorang pria yang memikat hati pujaan hatinya. Jika Anda menginginkan cerita berbeda, Anda harus baca novel Langkah Kaki. Novel ini memotret tokoh "Aku" yang berusaha menjadi ratu di hati suaminya. Masalahnya, tokoh "Aku" sadar bahwa pernikahan mereka tidak dilandasi rasa cinta yang setara. 


Kisah dalam novel ini begitu mengharu-biru. Anda akan turut merasakan betapa hampanya rasa cinta yang tak berbalas sekaligus betapa harapan bisa begitu menghangatkan hati. Jadi, yuk simak hikmah kisah cinta yang indah ini.

No.4

Asma NadiaSurga yang Tak Dirindukan 1

Harga referensi
Rp89.000
Menengah

Menariknya isu poligami yang muncul dalam kehidupan rumah tangga

Dalam novel Surga yang Tak Dirindukan 1, Asma Nadia mengisahkan rumitnya kehidupan rumah tangga. Dalam novel tersebut dikisahkan rumah tangga tokoh Arini dan Pras semula adem ayem. Namun, rumah tangga mereka kemudian terguncang dengan kemunculan perempuan bernama Mei Rose. Arini pun harus rela berbagi suami dengan Mei Rose.


Berkat alurnya yang menarik, novel ini mendapat penghargaan sebagai Novel terbaik Islamic Book Fair tahun 2008. Selain itu, novel ini juga diangkat ke layar lebar. Filmnya pun mendapat sambutan baik hingga menjadi Film Box Office Terlaris tahun 2015. Novel ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati polemik poligami dalam rumah tangga.

No.5

Abay AdhityaHijrah Itu Cinta

Harga referensi
Rp64.000
Lebih Murah

Membuka mata tentang makna hijrah dan proses menuju ke sana

Masa lalu Senja tidaklah seputih salju di akhir tahun. Meski demikian, Senja tidak bisa memupus keinginannya untuk berhijrah. Pertemuannya kembali dengan Fajar makin memperkuat keinginan tersebut. Kesalehan pria itu menyentuh dirinya, sekaligus mendatangkan kecemasan baru: apakah pintu hijrah masih terbuka untuknya?


Melalui novel ini, Anda akan mendapat pemahaman yang lebih banyak tentang hijrah. Anda juga akan tahu apa saja yang kiranya perlu Anda usahakan untuk menjalani proses hijrah dengan istikamah. Jadi, jika Anda sedang mencari novel dengan nuansa hijrah yang kental, buku ini jawabannya.

No.6

HAMKATenggelamnya Kapal Van der Wijck

Harga referensi
Rp90.000
Menengah

Kisah cinta dua sejoli yang terhambat adat dan tradisi

Percintaan tidak selalu diwarnai dengan kisah manis dan menggembirakan. Adakalanya kisah cinta harus dihadapi dengan kenyataan pahit yang penuh air mata seperti Zainuddin dan Hayati. Merasa kisah cinta Anda relevan? Anda bisa mencoba membaca novel ini. 


Novel ini menceritakan Zainuddin, pria keturunan Minang-Bugis yang kurang dihargai di kampung halaman sang ayah. Unsur matrilineal yang kental di Minangkabau membuatnya merasa tidak nyaman dan terasing. Suatu hari, dia bertemu Hayati dan keduanya jatuh cinta meskipun terhalang perbedaan budaya. Temukan kelanjutan kisah cinta mereka lewat novel ini.

No.7

Mommy ASFLayangan Putus

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Novel viral yang mengangkat tema pengkhianatan dalam rumah tangga

Apakah Anda masih inget kisah perselingkuhan yang viral beberapa waktu lalu hingga diadaptasi ke web series? Ya, Layangan Putus sempat menjadi perbincangan di mana-mana, termasuk slogan dan meme dari serial tersebut. Novel ini membawa isu perselingkuhan yang begitu menyayat hati. Emosi Anda dijamin teraduk-aduk saat mengikuti kisahnya.


Anda akan bersimpati terhadap nasib Kinan yang dizalimi oleh Aris, suaminya. Kejengkelan Anda akan memuncak ketika mendapati Aris begitu egois hingga nekat berpoligami tanpa seizin Kinan. Novel ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang mencari bacaan kaya hikmah terkait kesetiaan dan pengkhianatan dalam rumah tangga. 

No.8

Syalsabila FalensiaSantri Pilihan Bunda

Harga referensi
Rp99.000
Agak Mahal

Novel islami Wattpad romantis tentang kisah cinta santri yang dijodohkan

Apakah Anda penikmat novel islami di Wattpad? Novel islami Wattpad memang sangat diminati berkat alur cerita yang ringan, tetapi mengena. Salah satu rekomendasi novel Wattpad islami terbaik yang sudah diterbitkan adalah Santri Pilihan Bunda. Novel Wattpad ini mengangkat tema perjodohan.


Tak pernah terbesit dalam pikiran bahwa Aliza harus menikah dengan Kinaan, santri tampan pilihan sang bunda. Kisah cinta yang mereka jalani tentu tidak biasa karena sarat akan makna. Setiap permasalahan pun diselesaikan menurut cara pandang Islam. Penulis menyelipkan nilai-nilai islami ke dalam novel ini yang digarap dengan gaya tulis yang mudah dipahami. 

No.9

Ahmad FuadiNegeri 5 Menara

Harga referensi
Rp125.000
Lebih Mahal

Mengungkap kekuatan mantra man jadda wa jadda

Karya sastra karya Ahmad Fuadi ini mengisahkan tentang kehidupan seorang santri di Pondok Madani Gontor, sebuah pesantren ternama di Indonesia. Cerita berpusat pada tokoh utama bernama Alif, seorang anak rantau dari Bukittinggi. Ia percaya kekuatan akan mantra "man jadda wa jadda" untuk mengokohkan tekadnya dalam mencapai impian. 


Novel ini merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang membutuhkan motivasi dan semangat dalam mengejar cita-cita. Melalui kisah perjalanan Alif sebagai seorang santri, pembaca dapat memperoleh wawasan tentang kehidupan di lingkungan pesantren. 

No.10

Habiburrahman El ShirazyAyat-Ayat Cinta

Harga referensi
Rp70.000
Agak Murah

Sajikan konflik yang kompleks, dari kisah cinta hingga toleransi antarumat beragama

Ayat-Ayat Cinta merupakan novel yang melambungkan nama Habiburrahman El Shirazy sebagai novelis. Berlatar Universitas Al-Azhar, Mesir, novel ini mengajak Anda menyelami karakter Fahri. Cerdas, saleh, dan terpelajar membuat pria itu dicintai oleh banyak perempuan. Namun, ia tetap menjaga diri dan memilih Aisyah sebagai pendampingnya.


Konflik dalam novel ini cukup kompleks. Ayat-Ayat Cinta tidak hanya menyajikan roman religi, tetapi juga menyelipkan pesan toleransi. Kekerasan terhadap perempuan juga menjadi isu yang diangkat dalam novel ini. Setelah membaca Ayat-Ayat Cinta 1, jangan lupa lanjutkan dengan membaca sekuelnya, ya!

5 Rekomendasi Novel Islami terbaik

No. 1: Anisa AEIstri Kedua Gus

No. 2: Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

No. 3: ShineeminkaLangkah Kaki

No. 4: Asma NadiaSurga yang Tak Dirindukan 1

No. 5: Abay AdhityaHijrah Itu Cinta

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Islami Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.