• 10 Sarung Tinju Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sarung Tinju Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sarung Tinju Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sarung Tinju Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sarung Tinju Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sarung Tinju Terbaik - Ditinjau oleh Personal Trainer (Terbaru Tahun 2022)

Olahraga bela diri yang banyak diminati masyarakat adalah boxing, kick boxing, muay thai, dan mix martial art (MMA). Olahraga bela diri ini membutuhkan perlengkapan sarung tinju. Karena itu, Anda perlu memilih sarung tinju atau boxing gloves atau MMA gloves yang nyaman untuk mengurangi risiko cedera.


Kami akan memberikan tips memilih sarung tinju original terbaik untuk training, sparring, hingga kebutuhan profesional. Berbagai rekomendasi boxing dan MMA gloves yang bagus dari merek ternama, seperti Everlast, Twins, dan Hayabusa, ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh personal trainer kami, Tedi Hermawan.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tedi Hermawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Personal trainer, Tedi Hermawan

Profil pakar: Personal trainer, Tedi Hermawan
Tedi Hermawan
Personal trainer
Tedi Hermawan

Tedi adalah lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Tedi menempuh karier sebagai personal trainer di Gold's Gym sejak 2018. Sejak SMP, Tedi aktif sebagai atlet cabang olahraga futsal, pencak silat, dan kriket. Berbagai prestasi ia dapatkan mulai dari tingkat daerah hingga nasional.


Tedi telah mendapatkan sertifikasi sebagai pelatih beberapa cabang olahraga. Beberapa sertifikasi tersebut yaitu sebagai pelatih olahraga dari BNSP, pelatih fisik renang, dan pelatih massage level 1 nasional. Ia juga memiliki sertifikasi cabang olahraga bela diri, seperti pelatih pencak silat dan pelatih muay thai.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sarung tinju

Sarung tinju seperti apa yang cocok untuk digunakan? Pemilihan ukuran pastinya sudah wajib untuk dipikirkan. Namun, ada poin penting lainnya yang patut Anda pertimbangkan.

Kenali berbagai jenis sarung tinju

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa jenis sarung tinju? Anda perlu memilih sarung tinju yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sarung tinju untuk boxing, muay thai, dan MMA pun berbeda. Kami akan menjelaskan beberapa jenis sarung tinju yang bisa Anda pilih.

Training gloves: Untuk latihan dengan padding dan punch bag

Training gloves: Untuk latihan dengan padding dan punch bag

Training gloves adalah sarung tinju yang wajib dimiliki, baik oleh petinju profesional maupun amatir. Sarung tinju jenis ini ditujukan untuk latihan dengan punch bag ataupun paddingJenis sarung tinju ini merupakan sarung tinju yang paling umum dijual di pasaran.


Pilihlah training gloves yang memiliki bantalan yang lebih berat dan padat untuk melindungi tangan Anda saat memukul punch bag. Punch bag cenderung lebih berat dan padat sehingga kepalan Anda membutuhkan perlindungan ekstra. 


Sebagai tambahan pelindung keamanan, disarankan juga untuk menggunakan hand wraps. Namun, desain sarung tinju ini tentu saja tak cocok digunakan untuk sparring atau bertanding.

Sparring gloves: Memiliki bantalan yang lebih empuk

Sparring gloves: Memiliki bantalan yang lebih empuk

Sparring adalah latihan dengan lawan yang sama-sama menggunakan sarung tinju. Sparring juga bisa disebut sebagai simulasi pertandingan. Saat sparring, tentunya akan ada kontak dengan wajah dan bagian tubuh lainnya dari lawan. Untuk itu, Anda membutuhkan sarung tinju dengan bantalan yang lebih empuk.


Sparring gloves sebetulnya cukup mirip dengan training gloves, bahkan ada training gloves yang bisa digunakan juga untuk sparring. Beberapa merek biasanya mencantumkan fungsi sarung tinju yang ditawarkan. Ketika Anda melakukan sparring, Anda juga wajib menggunakan gum seal dan head guard sebagai pelindung area kepala.

Professional gloves: Bantalannya lebih firm dan compact

Professional gloves: Bantalannya lebih firm dan compact

Untuk para petinju profesional, Anda wajib memiliki dua sarung tinju, yaitu training gloves dan professional gloves. Professional gloves dirancang untuk pertandingan profesional dan tidak cocok untuk latihan biasa


Ukurannya lebih compact dengan bantalan yang lebih firm serta lebih ringan agar gerakan pukulan Anda makin cepat. Beberapa professional gloves menggunakan penutup dengan tali daripada velkro sehingga lebih pas di pergelangan tangan


Professional gloves tentunya tidak dijual dengan harga murah. Jenis sarung tinju ini juga tak sembarangan dijual. Anda perlu memesan dari merek sarung tinju ternama untuk mendapatkan professional gloves. Beberapa merek yang menyediakan sarung tinju profesional adalah Everlast.


Di samping itu, Anda juga bisa memesan sarung tinju custom untuk kebutuhan profesional. Anda mungkin harus membayar ekstra, tetapi Anda bisa mendapatkan sarung tinju yang pas di tangan serta desain yang menarik.


Petinju profesional juga menggunakan kain dan kapas pada bagian tangan. Selain mencegah lecet, kapas dan kain tersebut juga berfungsi untuk menambah bobot pukulan dan daya cengkeram agar lebih kuat.

Sarung tinju muay thai: Memiliki grip yang lebih fleksibel

Teknik muay thai bisa dibilang berbeda dengan boxing. Muay thai atau thai boxing menggabungkan martial art dan boxing sehingga Anda diperbolehkan menggunakan tendangan. Sarung tinju khusus muay thai pun bisa dibilang berbeda.


Sarung tinju untuk muay thai memiliki bantalan yang lebih merata hingga ke bagian belakang punggung tangan. Di bagian samping telapak tangan pun terdapat bantalan.


Selain itu, sarung tinju muay thai memiliki grip yang lebih fleksibel untuk menangkap tendangan lawan. Agar Anda lebih yakin memilih sarung tinju muay thai, pilihlah sarung tinju dari merek asal Thailand, seperti Twins, Yokkao, dan Fairtex.


Dari ketiga merek tersebut, Fairtex sangat direkomendasikan untuk pemula karena memiliki bantalan lebih empuk dan ringan. Merek Twins dan Yokkao umumnya menjual sarung tangan tinju dan muay thai untuk profesional yang cenderung kaku dan keras.

Sarung tinju MMA: Gloves dengan jari yang terbuka

Teknik mixed martial art atau MMA lebih banyak dibandingkan muay thai. Teknik grappling dan grounding digunakan untuk MMA. Untuk itu, sarung tangan tinju biasa atau muay thai kurang cocok untuk MMA.


Sarung tinju MMA atau MMA gloves memiliki bagian jari-jari dan telapak tangan yang terbuka untuk teknik grappling. Teknik grappling adalah teknik mengunci lawan atau melepaskan diri dari kuncian lawan. Alhasil, jari-jari Anda harus lebih fleksibel.


MMA gloves sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu competition gloves dan hybrid gloves. Bantalan pada competition gloves lebih minim dengan bagian jari-jari yang terbuka untuk memudahkan teknik grappling. Sementara itu, hybrid gloves merupakan sarung tinju MMA yang memiliki bantalan seperti sarung tinju biasa. Untuk keperluan sparring, Anda bisa menggunakan hybrid gloves.

Pilih ukuran sarung tinju yang pas di tangan Anda

Sarung tinju hadir dalam satuan ukuran ons atau oz, yaitu 6 oz, 8 0z, 10 oz, 12 oz, 14 oz, dan 16 oz. Makin besar ukurannya, maka makin berat pula bobot sarung tinju tersebut. Rongga untuk tangan Anda juga makin besar seiring dengan naiknya ukuran sarung tinju.


Ukuran 6 oz dan 8 oz merupakan ukuran sarung tinju untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa biasanya menggunakan 10 oz hingga 16 oz. Namun, wanita dewasa Indonesia biasanya menggunakan sarung tangan ukuran 8 oz. Hal ini disebabkan oleh ukuran telapak tangan orang Indonesia lebih kecil dibandingkan orang barat. 


Pemilihan ukuran sarung tinju yang tepat membuat Anda lebih nyaman melakukan pukulan. Lalu, bagaimana cara menentukan ukuran sarung tinju yang pas digunakan?

Mengukur sarung tinju di toko offline, lebih pas tanpa perlu bingung

Mengukur sarung tinju di toko offline, lebih pas tanpa perlu bingung

Anda bisa saja langsung mendatangi toko offline untuk menemukan sarung tangan tinju yang sesuai. Perhatikan apakah tangan Anda muat di dalam sarung tinju tersebut. Yang perlu diingat adalah hindari memilih sarung tinju yang terlalu kebesaran atau yang terlalu pas di tangan Anda.


Anda perlu mengingat bahwa Anda harus menggunakan hand wraps sebelum menggunakan sarung tinju. Penggunaan hand wraps bertujuan untuk menjaga tulang Anda pada tempatnya sehingga mengurangi risiko cedera.


Penggunaan hand wraps yang lebih panjang akan memengaruhi ukuran telapak tangan dan pergelangan tangan Anda. Jadi, sebaiknya ukur sarung tinju langsung dengan menggunakan hand wraps agar lebih pas dan nyaman saat digunakan.

Mengukur lingkar telapak tangan, memberikan gambaran ukuran yang lebih pasti

Mengukur lingkar telapak tangan, memberikan gambaran ukuran yang lebih pasti

Selain menggunakan berat badan, Anda bisa mengukur lingkar telapak tangan Anda. Cara mengukur lingkar telapak Anda adalah di bawah buku keempat jari Anda dan tanpa jempol. Ukurlah telapak tangan dari tangan yang dominan karena tangan yang dominan akan cenderung lebih besar.


  • Untuk lingkar telapak tangan 16,5–19 cm, pilih sarung tinju 10 oz.
  • Untuk lingkar telapak tangan 19–22 cm, pilih sarung tinju 12 oz.
  • Untuk lingkar telapak tangan 22–24 cm, pilih sarung tinju 14 oz.
  • Untuk lingkar telapak tangan lebih dari 24 cm, pilih sarung tinju 16 oz.

Namun, ukuran sarung tinju biasa dan muay thai berbeda dengan ukuran sarung tinju MMA. Untuk MMA, ukurannya adalah dalam S, M, L, dan XL.


  • Untuk lingkar telapak tangan 15–18 cm, gunakan ukuran S
  • Untuk lingkar telapak tangan 18–20 cm, gunakan ukuran M
  • Untuk lingkar telapak tangan 20–23 cm, gunakan ukuran L
  • Untuk lingkar telapak tangan lebih besar dari 23 cm, gunakan ukuran XL

10 Rekomendasi sarung tinju terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sarung tinju terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tedi Hermawan.

Update 16 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa MaxxMMA Pro Style Boxing Gloves for Unisex (GB01S) memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Everlast Prime Leather Training Gloves yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 9 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
MaxxMMA  Pro Style Boxing Gloves for Unisex (GB01S) 1

MaxxMMA

2
Hawkeye Focus Boxing Gloves 1

Hawkeye

3
adidas Speed 100 Boxing Glove  1

adidas

4
Twins Special Wolf 1

Twins Special

5
Rounin Fightware  Ultima MMA Glove 1

Rounin Fightware

6
Yokkao 90's Boxing Gloves 1

Yokkao

7
Fairtex Sparring MMA Gloves 1

Fairtex

8
Venum Boxing Gloves Contender 2.0 1

Venum

9
Everlast Prime Leather Training Gloves 1

Everlast

10
Hayabusa Tokushu  1

Hayabusa

Nama produk

Pro Style Boxing Gloves for Unisex (GB01S)

Focus Boxing Gloves

Speed 100 Boxing Glove

Wolf

Ultima MMA Glove

90's Boxing Gloves

Sparring MMA Gloves

Boxing Gloves Contender 2.0

Prime Leather Training Gloves

Tokushu

Keunggulan

Pilihan warnanya lebih banyak, harganya lebih bersahabat

Produk lokal yang kualitasnya internasional

Tangan tetap sejuk berkat teknologi Climacool

Sarung tinju yang lebih firm untuk para mid-tier

MMA gloves dari kulit sapi asli yang versatile

Boxing gloves dengan desain ala era 90-an

Hybrid MMA gloves yang pas untuk sparring

Tiga kali lebih empuk, dua kali lebih tahan banting

Dua teknologi andalan Everlast dalam satu gloves muay thai

Sarung tangan MMA paling advanced, bukan untuk yang main-main!

Harga mulai dariRp 585.500,00Rp 1.399.000,00Rp 750.000,00Rp 1.245.000,00Rp 550.000,00Rp 2.813.000,00Rp 1.355.000,00Rp 950.000,00Rp 1.125.000,00Rp 1.950.000,00
Ukuran8–14 oz8–16 oz10–14 oz8–14 ozM–XL8–18 ozM–XL8–16 oz14–16 ozL–XL
Pilihan warnaRose pink, pink, gold, black, green, white, yellow, blue, red, dark greenGolden troops, onyx gold, alabaster porcelainBlack gold, black solar red, black white, white goldWhite, red, blue, light blue, orange, yellow, pink, greyBlackWhite, black, tosca, pinkBlack, redKhaki/camo, black/black, black/white-gold, white/grey-black, black/red, white/camoBlue, white, blackGrey
Jenis olahragaBoxingBoxingBoxingBoxing, muay thaiMMABoxing, muay thaiMMABoxing, muay thaiBoxing, muay thaiMMA
KeperluanTrainingTrainingTrainingTraining, sparringTraining, sparringTrainingSparringTrainingTrainingTraining, sparring
Tautan produk
10

HayabusaTokushu

T4MMAG-BSG

Mulai dari Rp 1.950.000,00

UkuranL–XL
Pilihan warnaGrey
Jenis olahragaMMA
KeperluanTraining, sparring
9

EverlastPrime Leather Training Gloves

Mulai dari Rp 1.125.000,00

Ukuran14–16 oz
Pilihan warnaBlue, white, black
Jenis olahragaBoxing, muay thai
KeperluanTraining
8

VenumBoxing Gloves Contender 2.0

Mulai dari Rp 950.000,00

Ukuran8–16 oz
Pilihan warnaKhaki/camo, black/black, black/white-gold, white/grey-black, black/red, white/camo
Jenis olahragaBoxing, muay thai
KeperluanTraining
7
UkuranM–XL
Pilihan warnaBlack, red
Jenis olahragaMMA
KeperluanSparring
6
Ukuran8–18 oz
Pilihan warnaWhite, black, tosca, pink
Jenis olahragaBoxing, muay thai
KeperluanTraining
5
UkuranM–XL
Pilihan warnaBlack
Jenis olahragaMMA
KeperluanTraining, sparring
4
Ukuran8–14 oz
Pilihan warnaWhite, red, blue, light blue, orange, yellow, pink, grey
Jenis olahragaBoxing, muay thai
KeperluanTraining, sparring
3
Ukuran10–14 oz
Pilihan warnaBlack gold, black solar red, black white, white gold
Jenis olahragaBoxing
KeperluanTraining
2
Ukuran8–16 oz
Pilihan warnaGolden troops, onyx gold, alabaster porcelain
Jenis olahragaBoxing
KeperluanTraining
1

MaxxMMA Pro Style Boxing Gloves for Unisex (GB01S)

Mulai dari Rp 585.500,00

Ukuran8–14 oz
Pilihan warnaRose pink, pink, gold, black, green, white, yellow, blue, red, dark green
Jenis olahragaBoxing
KeperluanTraining

Sarung tangan tinju terbuat dari apa?

Sarung tangan tinju terbuat dari apa?

Sarung tangan tinju memiliki lapisan kulit di bagian luar dan dilengkapi dengan bantalan yang empuk. Bagian dalamnya menggunakan bahan kain satin ataupun nilon yang lembut di permukaan kulit.

Tips cara merawat sarung tinju tetap bersih

Tips cara merawat sarung tinju tetap bersih

Latihan yang intens membuat tangan Anda berkeringat dan keringat tersebut akan terperangkap di dalam sarung tinju. Namun, sarung tinju bukanlah perlengkapan olahraga yang bisa dicuci. Lalu, bagaimana cara menjaga agar sarung tinju Anda tetap bersih dan tidak bau?


  • Segera pisahkan sarung tinju dengan barang olahraga lainnya untuk mengurangi kelembapan. Mencampurkan sarung tinju dan pakaian bekas olahraga membuat sarung tinju lebih lembap. Sebaiknya Anda menggunakan tas terpisah untuk sarung tinju agar tidak lembap.

  • Keringkan sarung tinju Anda yang lembap dengan cara menganginkannya. Saat mengeringkannya, bukalah bagian pergelangan tangan agar bagian dalamnya benar-benar terkena angin. Namun, hindari paparan sinar matahari langsung karena dapat merusak bahan kulit sarung tinju.

  • Gunakan penyerap kelembapan, seperti kertas koran dan sheet dryer. Barang-barang tersebut membantu membuat bagian dalam sarung tinju cepat kering. Anda juga bisa menggunakan hair dryer, tetapi jangan terlalu panas. Kini juga ada produk deodorant bag yang bisa dimasukkan ke dalam sarung tinju.

  • Lap bagian luar sarung tinju dengan kain basah. Anda juga bisa membersihkan bagian luar sarung tinju dengan cairan disinfektan, tetapi jangan terlalu sering karena dapat merusak bahan kulit. Bagian depan sarung tinju akan bersentuhan dengan keringat lawan, bahkan bercak darah apabila terjadi cedera.

  • Masukkan kamper ke dalam sarung tinju atau tas sarung tinju jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada sarung tinju. Anda juga bisa menggunakan semprotan khusus untuk sarung tinju agar tidak bau tanpa merusak bahannya.

  • Jaga kebersihan hand wraps Anda. Hand wraps adalah barang pertama yang bersentuhan dengan keringat Anda. Anda perlu menjaga hand wraps tetap bersih agar sarung tinju Anda tidak berbau. Hand wraps yang bau akan membuat sarung tinju Anda ikut berbau.

Tips aman menggunakan sarung tinju dan MMA dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Tips aman menggunakan sarung tinju dan MMA dari personal trainer kami, Tedi Hermawan

Jika Anda masih pemula, saya sarankan untuk menggunakan hand wraps yang lebih panjang. Pastikan juga gulungan pada pergelangan tangan lebih tebal. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko cedera.

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk boxing di sini

Selain sarung tinju, Anda mungkin membutuhkan perlengkapan lainnya, seperti handuk dan knee support. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui produk handuk dan knee support yang pas untuk Anda. Selamat memilih!

Kesimpulan

Memilih sarung tinju yang tepat membantu mengurangi risiko cedera saat berlatih ataupun bertanding. Pilihlah ukuran sarung tinju yang pas di tangan Anda agar pergerakan Anda makin nyaman. Anda juga bisa memperhatikan desain sarung tinju tersebut untuk menunjukkan personalitas Anda.


Sekian artikel tentang sarung tinju kali ini. Setelah menggunakan sarung tinju, pastikan Anda menjaga kebersihannya. Terakhir, pilihlah sarung tinju yang harganya sesuai dengan budget Anda. Selamat berlatih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini wireless earphone menjadi barang yang populer untuk digunakan saat berolahraga. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan ketika berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga.Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan earphone dengan bentuk telinga agar tidak mudah jatuh. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih earphone yang bagus untuk olahraga. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek populer, seperti Apple, Éggel, dan SoundPEATS. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaiknya.
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan banyak terlihat pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman, trotoar, maupun di jalan raya. Skuter yang juga disebut skuter elektrik atau otoped listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, dan nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermotor. Jika Anda berencana membeli skuter listrik dalam waktu dekat, simaklah artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan produk skuter listrik terbaik di pasaran. Produk merek Skutis, Segway, dan Xiaomi ada di antaranya. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda.Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori