mybest
Rak

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

Apakah Anda seorang kolektor buku atau senang membaca? Jangan sampai buku kesayangan Anda tercecer dan rusak. Untuk itu, Anda membutuhkan rak guna mengatur koleksi buku-buku Anda. IKEA pun turut menghadirkan rak buku minimalis dalam balutan warna hitam ataupun putih.


Dalam artikel ini Anda akan menemukan berbagai rak buku merek IKEA yang bagus, misalnya BILLY, GERSBY, atau LERBERG. Simak juga tips dari kami untuk memilih rak buku IKEA terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Adil Mochtar. Ketahui tips memilihnya dan temukan rak buku favorit Anda!

Diperbaharui 14/07/2023
Adil Mochtar
Pakar
Arsitek
Adil Mochtar

Adil adalah seorang Arsitek Prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki 7 tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, swasta dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi. Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Profil Adil Mochtar
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Ciri khas dari rak buku keluaran IKEA

Ciri khas dari rak buku keluaran IKEA
Sumber: ikea.co.id

IKEA merupakan perusahaan dari negara Skandinavia yang terkenal dengan gaya arsitektur interior modernnya. Desain yang ditampilkan produknya akan cocok untuk penyuka gaya Scandinavian. Gaya desain interior ini cocok untuk konsep rumah minimalis, modern, dan industrial.


Memang sekarang ada banyak produsen furnitur yang mengeluarkan rak buku menarik. Meski begitu, IKEA tetap fokus menciptakan rak buku yang mengutamakan fungsi. Dari segi desain, semua rak buku keluaran IKEA terlihat minimalis. Rata-rata warnanya monokrom sehingga akan sangat pas disandingkan dengan ruangan bertema modern minimalis.


Hal lain yang menarik dari rak buku keluaran IKEA adalah beberapa produknya bisa Anda beri rak tambahan. Rak tambahan berguna untuk menambah kapasitas rak tanpa harus mengeluarkan uang sebanyak membeli rak buku baru. Jangan lupa juga untuk melihat beragam tawaran promo rak buku IKEA, ya!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rak buku IKEA

Sebelum Anda melirik beberapa rak buku IKEA, jangan lewatkan tips dari kami terlebih dahulu. Simaklah poin-poin yang akan kami jabarkan berikut ini untuk mengetahuinya lebih jelas.

1

Periksa bahan rak buku IKEA

Ada dua jenis bahan yang umumnya digunakan IKEA untuk material rak buku, yaitu baja dan particleboard atau fibreboard. Kami akan menjelaskan tentang karakteristik kedua material tersebut.

Baja: Kuat, antikarat, dan kokoh untuk digunakan dalam waktu lama

Baja: Kuat, antikarat, dan kokoh untuk digunakan dalam waktu lama
Sumber: ikea.co.id

IKEA cukup banyak memproduksi rak yang terbuat dari baja. Keunggulan baja sendiri terletak pada kekuatan dan ketahanannya terhadap karat. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan rak buku berbahan baja dalam jangka waktu lama. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir rak buku rusak akibat rayap seperti yang umum terjadi pada rak berbahan kayu.


Meski demikian, sebagian orang mungkin kurang menyukai tampilan baja yang terlihat kaku dan kurang natural. Pilihlah furnitur dengan material yang tahan terhadap cuaca tropis di Indonesia. Alhasil, Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Particleboard dan fibreboard: Lebih ekonomis dan tampak lebih natural

Particleboard dan fibreboard: Lebih ekonomis dan tampak lebih natural
Sumber: ikea.co.id

Bahan berikutnya yang banyak digunakan dalam pembuatan rak buku IKEA adalah particleboard dan fibreboard. 


  • Particleboard merupakan bahan yang dibuat dari serbuk, serpihan, atau debu kayu yang direkatkan ulang. Penggunaan serbuk kayu tersebut menjadikan bahan ini tergolong ramah lingkungan. Particleboard juga merupakan jenis kayu pabrikan yang memiliki harga paling murah ketimbang kayu solid. Untuk tampilan lebih menawan, particleboard akan diberi lapisan veneer.

  • Fibreboard menggunakan bubur atau serbuk kayu halus yang direkatkan. Hal itu membuat fibreboard lebih kuat, mudah dibentuk, dan lebih mudah dipotong daripada particleboard.

Namun, bahan kayu memiliki kelemahan, yaitu tidak tahan air, kelembapan, dan rayap. Untuk itu, Anda membutuhkan perhatian lebih ketika merawatnya. Tenang saja karena hal tersebut akan sepadan dengan tampilan natural yang dihasilkan.

2

Pertimbangkan menambah jumlah rak sesuai kebutuhan

Pertimbangkan menambah jumlah rak sesuai kebutuhan
Sumber: ikea.co.id

Jumlah rak pada rak buku akan memengaruhi seberapa banyak buku yang dapat Anda simpan di dalamnya. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, beberapa seri rak buku IKEA bisa ditambahkan rak lagi yang dibeli secara terpisah. Jadi, Anda bisa lebih bebas menyesuaikan penggunaan rak.


Sebagai contoh, jika Anda lebih suka mengoleksi komik, jarak setiap raknya bisa dibuat lebih berdekatan. Anda pun bisa membeli rak lagi untuk mengakomodasi tumpukan koleksi komik milik Anda tersebut. 


Sebaliknya, jika Anda hobi membaca majalah yang ukurannya besar, jarak tiap-tiap raknya bisa dibuat lebih renggang. Dengan demikian, rak tambahan tidak diperlukan sampai saat Anda mulai mengoleksi buku lebih banyak dari yang dapat ditampung.

3

Pastikan kapasitas beban tiap rak

Pastikan kapasitas beban tiap rak
Sumber: ikea.co.id

Buku-buku seperti apakah yang hendak Anda simpan dalam rak buku? Ada buku-buku besar dan berat, seperti kamus dan ensiklopedia. Ada pula buku yang ringan, seperti komik dan majalah. Jenis buku yang hendak Anda simpan akan memengaruhi tipe rak buku yang cocok untuk dibeli. Pasalnya, rak buku IKEA memiliki kapasitas beban rak yang berbeda pada setiap produknya.


Anda akan menemukan produk yang raknya mampu menahan beban tidak terlalu berat, misalnya 10 kg. IKEA juga menghadirkan rak buku yang memiliki ketahanan rak sangat kuat mencapai 35 kg. Pastikan Anda menyesuaikannya dengan jenis koleksi buku yang dimiliki.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi rak buku IKEA terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak buku IKEA terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

IKEA

LERBERG Unit Rak

IKEA LERBERG Unit Rak 1

Rp299.000

Agak Murah

Tampilan rak buku aesthetic, cocok untuk beragam ukuran buku

2

IKEA

LAIVA Rak Buku

IKEA LAIVA Rak Buku 1

Rp429.000

Agak Murah

Rak buku minimalis dan ramping, lebih menghemat ruang

3

IKEA

GERSBY Rak Buku

IKEA GERSBY Rak Buku 1

Rp599.000

Menengah

Model rak minimalis dengan lima susun rak

4

IKEA

FLISAT Display Buku

IKEA FLISAT Display Buku  1

Rp299.000

Agak Murah

Rak buku kayu mini dari IKEA khusus anak balita

5

IKEA

BILLY Rak Buku

IKEA BILLY Rak Buku 1

Rp799.000

Menengah

Produk yang sangat fleksibel dengan penambahan rak

6

IKEA

KALLAX Unit Rak

IKEA KALLAX Unit Rak 1

Rp699.000

Menengah

Memaksimalkan area dinding yang kosong di ruangan Anda

7

IKEA

BILLY/OXBERG Rak Buku dengan Pintu

IKEA BILLY/OXBERG Rak Buku dengan Pintu 1

Rp1.799.000

Agak Mahal

Lemari buku yang menjaga koleksi Anda dari debu

8

IKEA

BAGGEBO Rak Buku

IKEA BAGGEBO Rak Buku 1

Rp299.000

Agak Murah

Model rak buku yang simple dan modern

9

IKEA

FJÄLLBO Unit Rak

IKEA FJÄLLBO Unit Rak 1

Rp799.000

Menengah

Perpaduan baja dan kayu pinus untuk rumah bergaya industrialis

10

IKEA

LOMMARP Rak Buku

IKEA LOMMARP Rak Buku 1

Rp2.799.000

Lebih Mahal

Terinspirasi dari gaya klasik, tetapi memenuhi gaya hidup perkotaan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

IKEALERBERG Unit Rak

LERBERG Unit Rak 1
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 2
Sumber: ikea.co.id
LERBERG Unit Rak 3
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Rp299.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp299.000
Agak Murah

Tampilan rak buku aesthetic, cocok untuk beragam ukuran buku

Kelebihan:

  • Memiliki ukuran lebar rak yang berbeda-beda
  • Tampilannya unik seperti bentuk tangga

Kekurangan:

  • Rangkanya tampak ringkih karena tipis

Berbeda dengan rak buku IKEA lainnya, IKEA LERBERG punya bentuk seperti tangga. Modelnya cukup unik dan dapat membuat ruangan Anda tampak estetis. Di sisi lain, tiap raknya pun memiliki ukuran lebar yang berbeda-beda, mulai dari kecil sampai lebar. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan beragam ukuran buku yang Anda miliki.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

IKEALAIVA Rak Buku

Harga referensi
Rp429.000
Agak Murah

Rak buku minimalis dan ramping, lebih menghemat ruang

Kelebihan:

  • Ukuran rak buku yang cukup ramping
  • Rak tidak langsung menempel di lantai


Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan untuk menyimpan buku yang terlalu lebar

Rak buku minimalis IKEA LAIVA tergolong cukup ramping karena lebarnya hanya 24 cm. Rak buku ini sangat cocok Anda tempatkan di area yang cukup terbatas. Lebar raknya tidak memakan banyak tempat sehingga Anda masih dapat menempatkan furnitur lainnya.


Ciri khas lainnya dari produk ini adalah rangkanya yang melebihi panel atas. Lalu, bagian atas dan bawah rak dilengkapi dengan papan di bagian belakangnya. Desain tersebut membuat rak buku LAIVA ini tampak unik.

No.3

IKEAGERSBY Rak Buku

Harga referensi
Rp599.000
Menengah

Model rak minimalis dengan lima susun rak

Kelebihan:

  • Model rak bukunya simpel dan timeless
  • Memiliki lima susun rak untuk buku

Kekurangan:

  • Ukuran rak tidak terlalu lebar sehingga kurang bisa menyimpan buku yang besar

Jika Anda membutuhkan rak buku yang cukup tinggi, kami merekomendasikan GERSBY. Modelnya sederhana dan timeless untuk menyimpan berbagai koleksi buku Anda. Rak ini juga memiliki lima rak sehingga Anda bisa menyimpan buku lebih banyak. GERBSY dapat menjadi pilihan bagi Anda yang masih bingung memilih rak buku IKEA.

No.4

IKEAFLISAT Display Buku

Harga referensi
Rp299.000
Agak Murah

Rak buku kayu mini dari IKEA khusus anak balita

Kelebihan:

  • Terbuat dari kayu pinus solid sehingga lebih kokoh
  • Desainnya menarik dan simpel untuk anak-anak

Kekurangan:

  • Kapasitas rak buku sangat terbatas dan hanya menampung sedikit buku

FLISAT merupakan seri furnitur IKEA untuk anak-anak. Furnitur dari seri FLISAT menggunakan kayu pinus solid yang akan makin indah seiring dengan berjalannya waktu. Untuk rak buku anak, Anda bisa memilih rak buku FLISAT ini.


Penggunaan material kayu pinus membuat rak buku ini memiliki tampilan tradisional. Ukurannya pun sangat pas untuk anak-anak balita agar tidak memanjat rak buku. Anda bisa menempatkannya di kamar tidur anak atau ruang bermain.

No.5

IKEABILLY Rak Buku

Harga referensi
Rp799.000
Menengah

Produk yang sangat fleksibel dengan penambahan rak

Kelebihan:

  • Rak buku dengan enam sekat
  • Penggunaan lebih fleksibel berkat rak-rak tambahan

Kekurangan:

  • Rak cukup tinggi sehingga bagian atas sulit dijangkau

Bukan tanpa alasan seri BILLY menjadi salah satu rak buku best seller dari IKEA. Hal itu semata-mata karena penggunaannya yang fleksibel dan sangat fungsional. Anda bisa dengan mudah menambahkan rak tambahan ke produk ini. Bahan raknya pun bisa Anda pilih, baik particleboard maupun kaca.


Tidak cukup sampai di situ, Anda bahkan bisa menambah ketinggian rak dengan membeli unit penambah ketinggian. Untuk Anda yang membutuhkan fleksibilitas, jangan sampai melewatkan rak buku IKEA ini, ya.

No.6

IKEAKALLAX Unit Rak

Harga referensi
Rp699.000
Menengah

Memaksimalkan area dinding yang kosong di ruangan Anda

Kelebihan:

  • Dapat dipasang di dinding ataupun diletakkan di atas lantai
  • Bentuk rak yang sangat simpel dan minimalis

Kekurangan:

  • Membutuhkan effort lebih untuk memasang rak di tembok

Ada kalanya area dinding kosong membuat Anda ingin berkreasi memaksimalkan ruang kosong tersebut. Salah satu rak buku IKEA yang bisa Anda pasang di dinding adalah IKEA KALLAX. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat ruang.


Anda bisa saja meletakkan rak dinding ini dekat dengan sofa di ruang baca Anda. Selain penggunaan ruang jadi lebih optimal, dinding pun jadi makin indah karenanya. Terlebih lagi, Anda bisa memilih warna gelap atau warna putih sesuai dengan desain interior di ruangan Anda.

No.7

IKEABILLY/OXBERG Rak Buku dengan Pintu

Harga referensi
Rp1.799.000
Agak Mahal

Lemari buku yang menjaga koleksi Anda dari debu

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan pintu untuk melindungi koleksi buku Anda
  • Bagian atas rak dapat digunakan sebagai tempat hiasan

Kekurangan:

  • Tinggi tiap raknya tergolong pendek

Anda pasti punya koleksi buku spesial yang ingin Anda jaga dari debu dan kotoran, ya. Untuk itu, Anda bisa memilih rak buku BILLY/OXBERG dengan pintu. Lemari buku IKEA ini memiliki dua pintu yang dapat menjaga koleksi buku Anda. Tampilannya tetap minimalis dengan sedikit sentuhan klasik dari list lemari yang digunakan.

No.8

IKEABAGGEBO Rak Buku

Harga referensi
Rp299.000
Agak Murah

Model rak buku yang simple dan modern

Kelebihan:

  • Modelnya modern dan minimalis sehingga cocok dipadankan dengan beragam furnitur
  • Ukurannya pendek dan mudah dijangkau anak-anak

Kekurangan:

  • Kapasitas raknya tidak terlalu besar

Untuk Anda yang ingin menempatkan rak buku simpel di ruang tamu, pertimbangkan produk ini. IKEA BAGGEBO dengan dua rak sudah cukup untuk menampung buku yang dapat dibaca para tamu. Selain itu, rak buku ini juga dapat digunakan untuk anak-anak.


IKEA BAGGEBO merupakan seri rak IKEA dengan desain yang modern dan simpel. Anda tak perlu pusing memadankannya dengan furnitur yang sudah ada di rumah. Modelnya sangat fleksibel dipadankan dengan beragam furnitur.

No.9

IKEAFJÄLLBO Unit Rak

Harga referensi
Rp799.000
Menengah

Perpaduan baja dan kayu pinus untuk rumah bergaya industrialis

Kelebihan:

  • Penggunaan kayu solid di bagian atas rak
  • Perpaduan bahan baja dan kayu solid membuat tampilannya unik

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu pilihan warna saja

Untuk Anda yang menginginkan tampilan rak buku bergaya industrial, pertimbangkan saja produk ini. Produk ini dibuat dari perpaduan bahan baja dan kayu pinus solid. Baja Anda dapati pada seluruh bagian rak dan rangka, sedangkan kayu pinus solid terdapat di bagian panel atas. Koleksi buku Anda pun akan tampak makin estetis saat disusun di rak ini.

No.10

IKEALOMMARP Rak Buku

LOMMARP Rak Buku 1
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Rp2.799.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp2.799.000
Lebih Mahal

Terinspirasi dari gaya klasik, tetapi memenuhi gaya hidup perkotaan

Kelebihan:

  • Rak memiliki desain tradisional yang unik
  • Di bagian belakang lemari terdapat sekat

Kekurangan:

  • Rak tidak terbuat dari kayu solid sehingga kurang terasa klasik

IKEA LOMMARP terinspirasi dari gaya furnitur klasik yang menarik. Jika rumah Anda menggunakan gaya tradisional ataupun klasik, IKEA LOMMARP adalah rak buku yang tepat. Meski begitu, model dan fungsinya juga cocok untuk gaya hidup perkotaan. Bagian belakangnya pun dilengkapi dengan sekat. Dengan begitu, penataan buku Anda akan terasa lebih rapi.

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Tips dari arsitek kami, Adil Mochtar

Ketika memilih rak buku, periksa juga ukuran buku agar buku tidak menonjol melebihi lebar rak. Dengan demikian, tampilan akhir rak setelah buku disusun akan terlihat rapi dan estetis. Perhatikan juga apakah rak buku memiliki konstruksi yang kokoh agar tidak mudah jatuh saat terdorong. 

Baca juga rekomendasi perabot IKEA lainnya di sini

Kami tidak hanya merekomendasikan rak buku yang pas untuk ditaruh di kediaman Anda, tetapi juga berbagai perabot lainnya! Anda akan menemukan berbagai perabotan lain keluaran IKEA, mulai dari meja, sofa, sampai lampu hias. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh, segera klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Saat hendak membeli rak buku IKEA, sebaiknya Anda mempertimbangkan bahannya terlebih dahulu. Baik baja maupun particleboard memiliki keunggulan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan selera. Selain itu, penting juga untuk memeriksa jumlah rak berikut kapasitas beban maksimal dari tiap rak.


Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan rak IKEA yang pas untuk menampung seluruh koleksi buku. Jangan lupa juga untuk menyediakan area khusus jika hendak memilih rak berukuran besar, ya!

5 Rekomendasi Rak Buku IKEA terbaik

No. 1: IKEALERBERG Unit Rak

No. 2: IKEALAIVA Rak Buku

No. 3: IKEAGERSBY Rak Buku

No. 4: IKEAFLISAT Display Buku

No. 5: IKEABILLY Rak Buku

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rak Buku IKEA Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.