1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Mic Karaoke Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mic Karaoke Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mic Karaoke Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mic Karaoke Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mic Karaoke Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mic Karaoke Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mic Karaoke Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke.


Kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Ada juga rekomendasi merek mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 01-27-2023
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Cara memilih mic karaoke

Di pasaran, terdapat cukup banyak merek mic karaoke yang bagus. Jika Anda ingin membeli microphone karaoke secara online, sangat tidak mungkin untuk mengecek kualitasnya satu per satu. Untuk itu, kami telah merangkum tips memilih microphone karaoke terbaik untuk Anda. 

① Pilih sesuai jenis dan tujuan penggunaannya

Umumnya, penyaluran gelombang suara pada mikrofon terbagi menjadi dua jenis, yaitu melalui kabel dan nirkabel. Saat digunakan, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahui keunggulan dari tiap-tiap jenis mic karaoke, simak penjelasan berikut ini. 

Mic kabel, pengoperasiannya lebih simpel

Mic kabel, pengoperasiannya lebih simpel

Mic yang disertai kabel atau wired microphone merupakan jenis mikrofon yang pengiriman sinyal audionya terkoneksi melalui kabel. Perlu Anda ketahui bahwa ada tiga jenis wired microphone yang ada di pasaran. Ketiga jenis tersebut yaitu dynamic, condenser, dan ribbon


Untuk pengoperasian, mic kabel jenis dynamic tentu sangat mudah digunakan. Cukup mencolokkan jack mikrofon karaoke ke perangkat sound system, mic siap digunakan. Berbeda dengan jenis dynamic, jenis condenser dan ribbon memerlukan phantom power untuk memberikan daya pada mikrofonnya. Selain lebih praktis, mic karaoke dynamic yang disertai kabel juga tidak membutuhkan baterai selama pengoperasiannya


Meski begitu, mic berkabel memiliki dua kelemahan.


  • Keberadaan kabel bisa terasa cukup mengganggu. Risiko tersandung karena kabel yang melintang bisa saja terjadi

  • Jarak penggunaan mic pun dibatasi oleh panjang kabelnya. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui panjang kabel yang dibutuhkan supaya mikrofon dapat digunakan secara maksimal. 

Mic wireless dan Bluetooth, lebih bebas berekspresi dan berpindah tempat

Mic wireless dan Bluetooth, lebih bebas berekspresi dan berpindah tempat

Mic wireless merupakan jenis mikrofon yang pengoperasiannya menggunakan jaringan wireless. Selain menggunakan jaringan wireless, ada pula merek mikrofon yang menggunakan jaringan Bluetooth. Saat menggunakan mic ini, Anda dapat dengan mudah bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Selain lebih bebas bergerak, ruang karaoke akan terlihat lebih rapi karena tidak ada kabel yang melintang.


Namun, setiap produk mic karaoke wireless dan Bluetooth tentu saja memiliki batas jarak penggunaan. Jika penggunaan mic cukup jauh dari lokasi perangkat receiver, kekuatan sinyal bisa berkurang. Hal ini tentu akan mengakibatkan kualitas suara terdengar terputus-putus, bahkan hilang. 


Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada sinyal radio yang frequency-nya sama dengan receiver mic yang digunakan. Jika ada sinyal radio yang sama, sinyalnya akan bertabrakan dan suara static muncul jika mic terlalu jauh dari receiver. Blocking dari metal atau tembok yang memengaruhi sinyal juga sering terjadi.


Di samping itu, rata-rata mic wireless dan Bluetooth menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Untuk mengantisipasi mikrofon mati tiba-tiba, sebaiknya Anda menyediakan baterai cadangan. Namun, ada juga mic yang menggunakan sumber daya baterai lithium yang bisa di-charge tanpa harus melepas baterainya. 

② Cek rentang frekuensinya

Cek rentang frekuensinya

Saat Anda memilih mic untuk karaoke, jangan lupa untuk mengecek nilai rentang frekuensi atau frequency range dengan saksama. Satuan rentang frekuensi pada sebuah mikrofon ditandai dengan besaran angka yang diikuti kode Hz dan kHz (1.000 Hz).


Umumnya, terdapat dua tipe rentang frekuensi, yakni flat dan shaped. Tipe flat biasanya tidak di-boost atau di-cut sehingga curve frequency-nya seperti garis datar. Mic dengan flat frequency memproduksi sumber suara secara akurat dengan sedikit atau tanpa variasi dari suara aslinya. 


Jika mic mempunyai rentang frekuensi <3.000 Hz, suara akan menjadi muffled atau meredam karena tidak ada frekuensi high. Untuk bernyanyi solo, kami sarankan untuk menggunakan mic dengan frekuensi luas, yaitu 20 Hz–20kHz.

③ Periksa sensitivitas mic karaoke

Periksa sensitivitas mic karaoke

Sensitivitas merupakan peka atau tidaknya sebuah mikrofon dalam menangkap suara. Satuan sensitivitas mikrofon ditandai dengan desibel (dB) atau Pascal (Pa). Umumnya, terdapat dua tipe sensitivitas pada microphone, yaitu low sensitivity dan high sensitivityMakin mendekati angka 0, makin sensitif pula microphone dalam menangkap suara yang lembut.


  • Mic dengan low sensitivity sangat direkomendasikan untuk menangkap suara keras seperti screaming dan drum miking. Mic ini bisa disebut juga dengan dynamic microphone.

  • Mic dengan high sensitivity sangat cocok untuk menangkap suara yang lembut dan jauh. Anda bisa menggunakannya untuk merekam suara ambience, voice over, dan recording di studio. Mic ini disebut juga dengan condenser microphone.

④ Perhatikan nilai impedansi microphone

Perhatikan nilai impedansi microphone

Terdapat hambatan sinyal arus bolak-balik (AC) pada mikrofon yang beredar di pasaran. Besarnya hambatan tersebut ditunjukkan melalui nilai impedansi dalam satuan Ohm (Ω). Adapun besarnya impedansi umumnya ditentukan oleh dua faktor, yaitu panjang kabel dan nilai impedansi dari mikrofon itu sendiri. 


Umumnya, terdapat tiga klasifikasi nilai impedansi mikrofon yang dapat Anda jadikan acuan:


  • Low impedance (kurang dari 600 Ω)

  • Medium impedance (600–10.000 Ω)

  • High impedance (lebih besar dari 10.000 Ω)

Makin rendah nilai impedansi pada mikrofon, makin baik pula kinerja dan kualitasnya. Dengan begitu, untuk jenis mikrofon dengan high impedance, ada baiknya kabel yang digunakan tidak lebih dari 6 m. 

⑤ Ketahui bobotnya

Ketahui bobotnya

Saat karaoke, memegang langsung mic akan terasa lebih nyaman dan memudahkan Anda berpindah tempat. Untuk itu, mengingat mic akan terus dibawa saat bernyanyi, ada baiknya Anda memilih produk yang ringan. Namun, menggunakan stand akan mengurangi noise akibat pergerakan dibandingkan saat Anda menggenggam mic.


Bobot mic karaoke cukup beragam tergantung material yang digunakan. Untuk memudahkan Anda berpindah tempat dan membawakan banyak lagu, pilihlah mic dengan bobot maksimal 0,5 kg. Sayangnya, tidak semua produk mikrofon mencantumkan keterangan bobotnya. Untuk itu, Anda bisa memperkirakan sendiri bobot mic karaoke berdasarkan jenis materialnya. 

⑥ Pertimbangkan mic anak untuk si kecil

Pertimbangkan mic anak untuk si kecil

Saat anak memasuki fase tumbuh kembang, ia akan mengikuti kebiasaan orang-orang yang ada di sekelilingnya. Daya imajinasinya pun sudah mulai berkembang sehingga tak jarang si kecil akan menunjukkan bakatnya, salah satunya dengan bernyanyi. Untuk mendukung sang buah hati latihan bernyanyi, pertimbangkanlah memberinya mic karaoke untuk anak. 


Mic karaoke anak biasanya memiliki desain yang manis dengan pilihan warna menarik. Material yang digunakan juga tidak seperti mikrofon pada umumnya, yaitu menggunakan plastik. Namun, mic jenis ini biasanya memiliki kualitas suara kurang baik karena pada dasarnya didesain untuk mainan anak. 

10 Rekomendasi mic karaoke terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh mic karaoke terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sony

Hi-Fidelity Uni-Directional Dynamic Microphone

Sony  Hi-Fidelity Uni-Directional Dynamic Microphone 1枚目

Pilihan warna nyentrik untuk tampil lebih ciamik

2

Advance Digitals

Professional Dynamic Microphone

Advance Digitals Professional Dynamic Microphone  1枚目

Antilicin di tangan berkat material plastik ABS

3

Homic

Profesional Mikropon Dinamis

Homic Profesional Mikropon Dinamis 1枚目

Hemat budget karena dapat dua mikrofon

4

Advance Digitals

Profesional Wireless Microphone

Advance Digitals Profesional Wireless Microphone 1枚目

Kian aman dibawa ke mana saja dengan mic case box

5

Soundbest

Professional Universal Wireless Microphone

Soundbest Professional Universal Wireless Microphone  1枚目

Ringkas dibawa, tidak mudah tertukar

6

Shure

Wireless Microphone

Shure Wireless Microphone  1枚目

Suara output jarak jauh untuk berduet syahdu

7

WSTER

Wireless Microphone Hi-Fi Speaker

WSTER Wireless Microphone Hi-Fi Speaker 1枚目

Kapasitas baterai besar, bisa dipakai hingga 8 jam

8

Advance Digitals

Speaker Mic Karaoke Bluetooth

Advance Digitals Speaker Mic Karaoke Bluetooth  1枚目

Mic dua fungsi, sesuaikan dengan mood Anda

9

G-Power

Professional Wireless Microphone

G-Power  Professional Wireless Microphone 1枚目

Bebas bergerak berkat jangkauan jaringan jarak jauh

10

Lenovo

Thinkplus Portable Microphone

Lenovo Thinkplus Portable Microphone  1枚目

Mikrofon cantik buat tampilan yang lebih menarik

Perincian produk
Close
No.1

Sony Hi-Fidelity Uni-Directional Dynamic MicrophoneSN-909

Mulai dari Rp63.000,00

Pilihan warna nyentrik untuk tampil lebih ciamik

Kelebihan:

  • Kabel dan mikrofon terpisah sehingga lebih rapi dalam pengemasan

Kekurangan:

  • Bobot cenderung berat karena bodi mikrofon terbuat dari besi

Jika Anda mencari mic yang bagus untuk karaoke di rumah guna melepas penat, produk ini adalah pilihan tepat. Dengan panjang kabel kurang lebih 4 meter, produk ini tergolong cukup untuk penggunaan rumahan. Dari segi output, mikrofon ini menghasilkan suara yang jernih dan rendah noise.


Selain itu, produk ini tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Gold, Silver, Titanium, dan Black. Warna yang nyentrik tersebut tentunya membuat tampilan lebih meriah meskipun hanya di rumah. Bagian gagang mikrofonnya pun terbuat dari bahan besi dengan logo Sony yang dicetak timbul, makin keren!

No.2

Advance DigitalsProfessional Dynamic Microphone MIC-884

Mulai dari Rp45.000,00

Antilicin di tangan berkat material plastik ABS

Kelebihan:

  • Bahan plastik antiselip dan cenderung ringan

Kekurangan:

  • Kabel menyatu dengan mikrofon sehingga bagian ujungnya rawan tertekuk dan rusak

Bagi Anda yang ingin menggunakan mikrofon dengan amplifier dan berjarak dekat, produk ini pilihannya. Hal tersebut dikarenakan adanya kabel sepanjang 3 meter sehingga tergolong pendek. Untuk konektivitasnya, produk ini menggunakan kabel jack berukuran 6,5 mm.


Advance Digitals sendiri juga merupakan salah satu merk mic kabel yang bagus untuk karaoke. Terbuat dari material ABS, Anda dapat menggenggamnya tanpa khawatir terjatuh atau terlepas. Anda pun dapat mengekspresikan gaya bernyanyi dengan nyaman dan bebas meskipun tangan mudah berkeringat. 

No.3

HomicProfesional Mikropon DinamisHM 306

Mulai dari Rp169.500,00

Hemat budget karena dapat dua mikrofon

Kelebihan:

  • Jangkauan jaringan sangat jauh sehingga dapat digunakan untuk acara besar
  • Harganya terjangkau untuk mendapatkan dua mikrofon sekaligus

Kekurangan:

  • Ukuran receiver yang besar sehingga kurang praktis untuk dibawa-bawa


Mic tanpa kabel ini dapat menjangkau jaringan sejauh 50 meter. Jarak tersebut tergolong jauh sehingga ideal digunakan untuk acara outdoor atau berlokasi di hall besar. Jadi, Anda dapat membawa mikrofon ke mana pun tanpa harus repot dengan lilitan kabel.


Menariknya lagi, Anda akan memperoleh dua mikrofon dalam satu kemasan. Produk ini tentunya dapat menjadi opsi untuk Anda yang ingin menghemat budget. Anda juga tak perlu ribet membeli secara terpisah jika memerlukan lebih dari satu mikrofon.

No.4

Advance DigitalsProfesional Wireless MicrophoneMIC-202

Mulai dari Rp489.000,00

Kian aman dibawa ke mana saja dengan mic case box

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan case box sehingga lebih aman dan rapi disimpan

Kekurangan:

  • Harus menyediakan banyak baterai cadangan jika digunakan dalam durasi lama

Bagian kepala mikrofon ini terbuat dari material yang memiliki ketahanan tinggi. Sebut saja material alloy yang dikenal antikarat dan kuat, tetapi berbobot ringan. Suara yang dihasilkan tentunya jernih dan minim noise seperti embusan napas dan riuh di sekeliling.


Seperangkat alat ini terdiri dari 2 mikrofon wireless, 1 receiver, 6 baterai AA non-recharge, dan 1 kabel type-C. Alat-alat tersebut dikemas dalam mic case box yang dapat dijinjing sehingga portabel. Untuk Anda yang ingin membawa perlengkapan karaoke saat bepergian jauh, pilihlah produk yang pasti aman seperti ini.

No.5

SoundbestProfessional Universal Wireless Microphone W-10

Mulai dari Rp225.000,00

Ringkas dibawa, tidak mudah tertukar

Kelebihan:

  • Receiver berukuran mini sehingga lebih ringkas untuk dibawa ke mana saja

Kekurangan:

  • Jangkauan jaringan 30 meter yang berarti tidak terlalu jauh untuk jenis mikrofon wireless

Produk ini mampu bekerja dengan jangkauan jaringan hingga 30 meter. Untuk Anda yang akan tampil di atas pentas kecil, produk ini dapat dijadikan pilihan. Selain tak terganggu dengan kabel yang menjuntai, pilihan warnanya pun cukup nyentrik. Jadi, mic tidak akan mudah tertukar karena warna yang Anda miliki tentu akan berbeda. 


Varian warna merah, biru, dan hijau pada produk ini didesain mencolok sehingga perhatian penonton dapat fokus pada Anda. Selain itu, ada pula pilihan warna netral seperti hitam dan putih. Jika ingin tampil beda, tetapi masih terlihat kalem, pilihlah mikrofon berwarna gold.

No.6

ShureWireless Microphone WR-879

Mulai dari Rp299.000,00

Suara output jarak jauh untuk berduet syahdu

Kelebihan:

  • Sudah dibekali dengan display digital pada gagang mikrofon dan receiver

Kekurangan:

  • Ukuran receiver besar dan dilengkapi antena sehingga tidak ringkas

Perangkat alat ini terdiri dari dua mikrofon beserta receiver-nya. Bagi Anda yang gemar bernyanyi secara duet, produk ini dapat dijadikan opsi. Produk ini juga dapat digunakan oleh kebutuhan profesional dan outdoor.


Dari segi jarak, kemampuan mikrofon ini cukup mumpuni. Jangkauan jaringannya mencapai 30 meter, sedangkan suara output-nya mampu terdengar hingga 400 meter. Baik untuk karaoke di rumah maupun tampil di atas panggung, produk ini dapat diandalkan.

No.7

WSTERWireless Microphone Hi-Fi SpeakerWS-1816

Mulai dari Rp59.900,00

Kapasitas baterai besar, bisa dipakai hingga 8 jam

Kelebihan:

  • Dilengkapi display LED warna-warni yang menarik
  • Baterai berkapasitas besar sehingga tahan lama dalam pemakaian

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat untuk digunakan oleh anak-anak, khususnya balita

Produk ini hadir dalam empat varian warna, yaitu merah, hitam, putih, dan gold. Selain sebagai mikrofon, Anda juga dapat menggunakannya sebagai Bluetooth speaker. Dengan harga yang ekonomis, Anda dapat menghadiahkan mikrofon berdesain unik ini untuk anak.


Lama kerja mikrofon ini ialah 5–8 jam berkat kapasitas baterai sebesar 2.200 mAh. Cara pemakaiannya juga sangat mudah karena kompatibel dengan smartphone. Dukunglah kemampuan bernyanyi si kecil dengan mikrofon karaoke anak multifungsi ini!

No.8

Advance DigitalsSpeaker Mic Karaoke Bluetooth AMS-18

Mulai dari Rp275.000,00

Mic dua fungsi, sesuaikan dengan mood Anda

Kelebihan:

  • Multifungsi karena dapat digunakan sebagai speaker
  • Dilengkapi banyak tombol fitur sehingga pengaturannya pun lebih mudah dilakukan

Kekurangan:

  • Desain kurang ergonomis saat digunakan sebagai speaker

Mikrofon ini dibekali dengan tombol-tombol fungsi, seperti speaker, magic sound, dan sebagainya. Saat ingin mendengarkan musik melalui pengeras suara, Anda dapat mengaktifkan fitur speaker. Jadi, Anda tak akan memerlukan speaker tambahan.


Untuk Anda yang ingin berkaraoke menggunakan musik dari smartphone, pilihlah produk ini. Dengan jangkauan Bluetooth hingga 12 meter, Anda dapat menggunakannya secara outdoor. Mikrofon ini juga dapat bertahan cukup lama dengan kapasitas baterai 1.200 mAh.

No.9

G-Power Professional Wireless Microphone201

Mulai dari Rp245.000,00

Bebas bergerak berkat jangkauan jaringan jarak jauh

Kelebihan:

  • Jangkauan jaringan sangat jauh dan dapat digunakan di tempat luas

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam warna hitam sehingga dapat terkesan monoton

Untuk Anda yang memiliki bisnis wedding organizer atau WO, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini. Mikrofon ini dapat beroperasi dengan jangkauan jaringan mencapai lebih dari 50 meter. Jadi, MC serta penyanyi dalam acara dapat bebas bergerak mengelilingi venue.


Bagian handle atau gagang mikrofon terbuat dari bahan metal yang membuat tampilannya stylish. Fitur Noise Reduction pada mikrofon ini juga menghasilkan suara yang jernih sehingga pendengar dapat fokus tanpa terganggu suara lain. Fitur lain yang memudahkan ialah Technical Assistance agar Anda tak perlu bingung saat melakukan setelan awal.

No.10

LenovoThinkplus Portable Microphone M1

Mulai dari Rp299.000,00

Mikrofon cantik buat tampilan yang lebih menarik

Kelebihan:

  • Desainnya modis dengan pilihan warna pastel pink dan hijau
  • Bobotnya ringan sehingga tangan tak mudah pegal 

Kekurangan:

  • Waktu pengisian daya baterai cukup lama, yakni mencapai 3 jam

Apakah Anda senang meng-cover lagu kemudian mengunggahnya ke media sosial? Jika ya, produk ini adalah pilihan sempurna. Dengan pilihan warna hitam, pink, dan hijau, desain mikrofon ini tampak elegan dan menarik perhatian.


Menariknya lagi, terdapat fitur recorder yang dapat merekam suara sehingga bisa didengarkan kembali. Fitur lain yang tak kalah fun ialah suara gema dan suara magic atau ajaib. Kapasitas baterainya tergolong besar, yakni 2.000 mAh yang dapat bertahan hingga delapan jam.

Baca juga rekomendasi produk mikrofon lainnya di sini

Selain merekomendasikan microphone terbaik untuk karaoke, kami telah menyiapkan artikel lain yang juga membahas mikrofon. Mic untuk kamera, mic HP, dan mic tipe dynamic dapat Anda baca melalui artikel berikut ini. 

Kesimpulan

Kami telah memberikan banyak rekomendasi produk mic karaoke terbaik jenis kabel, wireless, dan Bluetooth untuk Anda. Apakah Anda sudah menentukan produk mana yang akan digunakan untuk karaoke? 


Ada begitu banyak jenis mic karaoke yang beredar di pasaran sehingga Anda perlu memilih yang terbaik. Untuk itu, periksa spesifikasinya dengan saksama, ya! Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Dengan menggunakan mic yang tepat, suara Anda akan terdengar bagus.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer