• 10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Susu Pasteurisasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Susu pasteurisasi adalah susu yang dipanaskan di bawah suhu didih dalam waktu tertentu. Proses pasteurisasi bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat di dalam susu tanpa merusak nutrisi alami susu. Susu pasteurisasi juga terasa lebih gurih dan memiliki sedikit rasa manis alami.


Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi seputar susu pasteurisasi serta memberikan tips memilih produknya. Susu pasteurisasi merk apa saja yang terbaik? Anda bisa menemukan Greenfield, DiamondMilk Life, Cimory, dan KIN di daftar rekomendasi kami. Simak dan temukan susu pasteurisasi yang enak dengan harga yang pas untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Yuk, kenalan dengan susu pasteurisasi!

Yuk, kenalan dengan susu pasteurisasi!

Pasteurisasi merupakan proses sterilisasi yang diperkenalkan oleh Louis Pasteur. Proses pasteurisasi dilakukan untuk memperpanjang masa simpan makanan dan minuman. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, pasteurisasi bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat yang bisa menyebabkan makanan dan minuman cepat basi.


Pasteurisasi dilakukan dengan cara memanaskan makanan dan minuman. Proses tradisionalnya menggunakan suhu 60 °C selama kurang lebih 30 menit. Ada juga pasteurisasi dengan cara memanaskan makanan dan minuman pada suhu 72 °C hanya dalam 30 detik saja. Kemudian, susu harus segera didinginkan untuk menjaganya tetap awet.


Susu pasteurisasi terbilang aman untuk dikonsumsi dibandingkan susu segar yang belum diolah sama sekali. Susu pasteurisasi bahkan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Hanya saja, masa simpan susu pasteurisasi memang tak selama susu UHT. Masa simpan susu pasteurisasi kurang lebih sekitar dua minggu saja di dalam kulkas. 


Lalu, bagaimana dengan kandungan nutrisi di dalam susu pasteurisasi? Pemanasan memang bisa mengurangi jumlah nutrisi di dalam susu. Namun, suhu yang digunakan untuk pasteurisasi membuat nutrisinya tidak banyak berkurang. Dengan demikian, susu pasteurisasi memiliki nilai gizi yang sangat baik dan tepat dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi harian Anda.

Cara memilih susu pasteurisasi

Susu pasteurisasi memang sangat kaya manfaat bagi tubuh. Namun, susu pasteurisasi seperti apa yang cocok untuk Anda? Kami akan memberikan tips memilih susu pasteurisasi untuk Anda konsumsi. Simak poin-poin berikut terlebih dahulu, ya.

Kenali beberapa varian susu pasteurisasi

Selain varian rasanya, susu pasteurisasi juga memiliki variasi lainnya. Anda dapat memilih susu pasteurisasi berdasarkan kandungan lemak hingga kandungan nutrisinya. Selain itu, kami akan memperkenalkan setidaknya tiga macam varian susu pasteurisasi yang bisa Anda pilih.

Susu pasteurisasi low fat atau skimmed untuk Anda yang sedang diet

Susu pasteurisasi low fat atau skimmed untuk Anda yang sedang diet

Tidak dimungkiri bahwa susu memang sangat kaya dengan lemak. Mengonsumsi susu berlemak mungkin saja bisa mengacaukan program penurunan berat badan Anda. Jadi, Anda sebaiknya memilih susu low fat ataupun skimmed. Susu pasteurisasi low fat biasanya memiliki kandungan lemak sekitar 1,5%, sedangkan susu skimmed memiliki kandungan lemak di bawah 1%.


Jangan kaget ketika Anda mengonsumsi salah satu dari jenis susu ini. Konsistensinya memang lebih encer serta rasanya lebih hambar. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak yang lebih sedikit. Namun, kandungan kalsium di dalamnya sama saja dengan susu full cream

Susu pasteurisasi bebas laktosa bagi penderita lactose intolerance

Susu pasteurisasi bebas laktosa bagi penderita lactose intolerance

Laktosa merupakan gula alami yang terdapat dalam susu sapi. Jika dilihat dari struktur kimianya, laktosa merupakan gabungan glukosa dan galaktosa. Laktosa bisa dipecah menjadi glukosa dan galaktosa dengan enzim laktase yang terdapat di dalam usus. Beberapa orang sayangnya tidak memiliki enzim tersebut sehingga laktosa di dalam susu sapi dapat mengakibatkan masalah bagi pencernaan, seperti kembung dan diare. Kondisi ini disebut dengan intoleransi laktosa atau lactose intolerance.


Intoleransi laktosa bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak, orang dewasa, sampai orang tua. Anda bisa saja merasa aman mengonsumsi susu sapi selagi muda, tetapi Anda kesulitan mengonsumsi susu sapi seiring bertambahnya usia. Enzim laktase di dalam usus bisa berkurang seiring bertambahnya usia untuk beberapa orang. Kondisi ini membuat orang sulit mengonsumsi susu seiring bertambahnya usia.


Di beberapa negara sudah banyak beredar susu bebas laktosa. Namun, di Indonesia sayangnya susu sapi pasteurisasi yang bebas laktosa tergolong langka. Namun, sekarang ada satu merek susu sapi di Indonesia yang bebas laktosa, yaitu Milk Life. Jadi, Anda tetap bisa mengonsumsi susu berkalsium tanpa membuat perut bergejolak.

Susu pasteurisasi dengan protein spesifik untuk penderita alergi

Susu sapi memiliki kandungan yang cukup kompleks. Selain laktosa, di dalam susu sapi juga terkandung protein, yaitu casein. Casein di dalam susu terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu A1 dan A2. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa protein A1 di dalam susu akan sulit dicerna. Hal ini bisa menjadi masalah bagi beberapa orang yang tidak bisa mencernanya. Anda bisa mengalami mual, diare, dan kembung jika tidak mampu mencerna protein tersebut.


Penelitian tersebut membuat beberapa produsen susu mulai memilih sapi-sapi unggulan yang hanya memproduksi protein A2 saja dalam susunya. Protein A2 diklaim lebih aman terhadap pencernaan Anda karena lebih mudah dicerna. Sapi yang memproduksi susu dengan protein A2 saja diseleksi secara genetik sehingga lebih presisi.


Sama seperti susu bebas laktosa, susu dengan protein A2 cukup sulit ditemui di Indonesia. Untungnya ada KIN, merek susu yang menggunakan sapi-sapi pilihan. Susu KIN diklaim hanya mengandung protein A2 saja sehingga aman untuk perut Anda.

Pilih susu pasteurisasi yang dijual dalam kondisi dingin

Pilih susu pasteurisasi yang dijual dalam kondisi dingin

Kondisi suhu dan waktu pemanasan pasteurisasi yang singkat membuat beberapa bakteri masih hidup di dalamnya. Suhu dingin dibutuhkan untuk menyimpan susu agar bakteri tersebut tidak aktif. Suhu penyimpanan yang tepat adalah sekitar 4 °C. Makin lama susu pasteurisasi dibiarkan dalam suhu ruang, bakteri di dalamnya akan aktif kembali. Bakteri-bakteri tersebut bisa menyebabkan susu menjadi rusak.


Sangat penting sekali memilih susu yang dijual dalam kondisi dingin. Keamanan Anda akan terjamin dengan suhu susu yang terjaga. Lalu, hindarilah mengonsumsi susu yang kemasannya menggembung. Kemasan yang menggembung disebabkan oleh aktivitas bakteri yang menghasilkan gas. Aktivitas bakteri menyebabkan susu menjadi rusak dan tak layak untuk dikonsumsi. Susu di dalamnya sudah pasti jadi basi.


Selalu simpan susu pasteurisasi yang sudah dibuka di dalam kulkas. Segera konsumsi susu tersebut dalam waktu beberapa hari saja agar kualitasnya tetap terjaga. Susu pasteurisasi yang sudah dibuka dan disimpan di dalam kulkas dalam jangka waktu lama juga sudah pasti menjadi rusak. Hal ini disebabkan oleh bakteri di dalam udara yang sudah masuk ke dalam susu tersebut.

Selain susu sapi, Anda juga bisa memilih susu kambing

Selain susu sapi, Anda juga bisa memilih susu kambing

Memang kebanyakan susu pasteurisasi yang Anda temui di supermarket adalah susu sapi. Namun, Anda juga bisa memilih susu kambing. Anda bisa menemukan susu kambing pasteurisasi di e-commerce. Kebanyakan produksi susu kambing pasteurisasi merupakan produksi rumahan.


Susu kambing memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda, salah satunya adalah meningkatkan kerja sistem pencernaan Anda. Susu kambing sayangnya memiliki aroma dan rasa yang kurang disukai bagi sebagian orang.

10 Rekomendasi susu pasteurisasi terbaik

Tak sulit untuk memilih susu pasteurisasi, ya. Berikutnya, kami akan merekomendasikan berbagai merek susu pasteurisasi yang enak sekaligus bisa memenuhi kebutuhan Anda. Susu berikut ini juga aman dikonsumsi oleh para ibu hamil, lho.

10
Isi200 ml
Varian rasaPlain
9
Isi150 ml, 180 ml
Varian rasaTawar, putih manis, cokelat, stroberi, mocca, jeruk, pisang
8
Isi946 ml
Varian rasaPlain
7
Isi946 ml
Varian rasaPlain
6
Isi200 ml
Varian rasaPlain, manis, stroberi, anggur, melon, durian, cokelat, vanila, mocca
5

Great Giant LivestockHometown Dairy Fresh Pasteurized Milk

Mulai dari Rp 41.250,00

Isi1 L, 2 L, 3 L
Varian rasaPlain
4
Isi1 L
Varian rasaPlain, chocolate
3
Isi1 L
Varian rasaPlain
2
Isi950 ml
Varian rasaFull cream, low fat, strawberry, chocolate, banana, matcha, coffee,
1
Isi200 ml, 1 L
Varian rasaPlain

Tabel perbandingan produk susu pasteurisasi terbaik

Gambar produk
1
Milk Life Susu Segar Bebas Laktosa 1

Milk Life

2
Cimory Fresh Milk 1

Cimory

3
Greenfields Jersey Milk 1

Greenfields

4
KIN Fresh Milk 1

KIN

5
Great Giant Livestock Hometown Dairy Fresh Pasteurized Milk 1

Great Giant Livestock

6
KANSAPmilk Susu Kambing Ettawa Pasteurisasi 1

KANSAPmilk

7
Sukanda Djaya BrookFarm Susu Rendah Lemak 1

Sukanda Djaya

8
Sukanda Djaya Diamond Non Fat Milk 1

Sukanda Djaya

9
Cita Nasional Susu Segar Nasional 1

Cita Nasional

10
YoFren Susu Kambing Pasteurisasi 1

YoFren

Nama produk

Susu Segar Bebas Laktosa

Fresh Milk

Jersey Milk

Fresh Milk

Hometown Dairy Fresh Pasteurized Milk

Susu Kambing Ettawa Pasteurisasi

BrookFarm Susu Rendah Lemak

Diamond Non Fat Milk

Susu Segar Nasional

Susu Kambing Pasteurisasi

Keunggulan

Susu pasteurisasi bebas laktosa pertama di Indonesia!

Varian rasanya unik tanpa terasa giung

Rasanya lebih kaya, nutrisinya lebih melimpah

Susu dari sapi pilihan untuk perut bebas kembung

Proses pembuatannya sederhana untuk mengunci rasa dan aroma

Susu kambing dengan banyak pilihan rasa

Rasa dan kualitasnya memiliki kualitas ekspor

Minum susu tiap hari, diet tetap aman

Yuk, nostalgia sejenak dengan Susu Murni Nasional!

Susu kambing pasteurisasi yang praktis diminum

Harga mulai dariRp 32.000,00Rp 25.000,00Rp 34.900,00Rp 28.500,00Rp 41.250,00Rp 10.000,00Rp 29.400,00Rp 21.000,00Rp 4.500,00Rp 12.000,00
Isi200 ml, 1 L950 ml1 L1 L1 L, 2 L, 3 L200 ml946 ml946 ml150 ml, 180 ml200 ml
Varian rasaPlainFull cream, low fat, strawberry, chocolate, banana, matcha, coffee,PlainPlain, chocolatePlainPlain, manis, stroberi, anggur, melon, durian, cokelat, vanila, moccaPlainPlainTawar, putih manis, cokelat, stroberi, mocca, jeruk, pisangPlain
Tautan produk

Baca juga rekomendasi susu lainnya di sini

Selain pasteurisasi, teknik UHT juga merupakan cara membuat susu lebih tahan lama. Anda bisa menemukan berbagai susu UHT di pasaran. Selain itu, ada juga susu bubuk yang tinggi kalsium ataupun untuk diet. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai susu lainnya yang sehat dan bernutrisi untuk Anda.

Kesimpulan

Susu pasteurisasi sering juga disebut sebagai fresh milk. Rasanya yang segar serta nutrisinya yang terjaga membuat susu pasteurisasi banyak disukai selain susu UHT. Anda juga bisa memilih susu pasteurisasi rendah lemak, bebas laktosa, ataupun mengandung protein A2.


Mengonsumsi susu memang baik untuk kesehatan. Namun, jangan sampai berlebihan karena efeknya tentu tidak baik untuk tubuh Anda. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Anda memilih susu pasteurisasi yang sesuai kebutuhan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat menaikkan berat badan anak adalah memberikan susu penggemuk badan. Ada banyak merek susu penambah berat badan anak yang beredar, seperti Dancow, PediaComplete, atau Curcuma Plus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih susu penambah berat badan untuk anak. Kami juga akan merekomendasikan susu formula tinggi kalori yang bagus dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, terdapat juga komentar dari ahli gizi, Leona Victoria untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Susu adalah minuman bergizi yang harus diberikan pada anak sejak usianya masih batita hingga sekolah. Salah satu susu anak yang populer sejak lama adalah Dancow. Dancow sudah bertahun-tahun menutrisi anak-anak Indonesia. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk Anda pun turut memberikan susu Dancow kepada buah hati.Dancow memiliki banyak varian susu, mulai dari Dancow full cream, Dancow FortiGro, Dancow Nutritods, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari susu Dancow untuk buah hati, inilah artikel yang tepat. Kami akan membantu Anda memilih susu Dancow dan memberikan rekomendasi susu Dancow terbaik. Selamat membaca!
    Produk susu
  • 10 Susu Evaporasi Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Evaporasi Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak minuman dan makanan yang makin nikmat jika diberi tambahan susu. Namun, tidak semua susu baik untuk kesehatan keluarga. Susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sehat yang bisa Anda pertimbangkan. Tekstur susu evaporasi memang mirip susu kental manis, tetapi susu evaporasi lebih kaya nutrisi yang diperlukan tubuh. Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas merek susu evaporasi yang enak, seperti F&N, Sunbay, dan Nestle. Kami juga akan memberikan tips memilih susu evaporasi yang bagus untuk Anda. Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!
    Produk susu
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki badan yang tinggi adalah impian setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk meninggikan badan, termasuk dengan minum susu. Cukup banyak produk susu peninggi badan yang beredar di pasaran. Merek susu peninggi badan seperti HiLo, DANCOW, dan Boneeto tentunya cukup familier bagi Anda. Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilih susu penambah tinggi badan yang bagus. Setelahnya, review sepuluh susu peninggi badan juga akan kami berikan. Untuk membantu Anda memilih produk terbaik, kami turut berkolaborasi dengan ahli gizi Leona Victoria. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Lemak yang menumpuk dalam tubuh berakibat kurang baik bagi kesehatan. Jadi, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan hidup dengan mengonsumsi susu rendah lemak. Susu rendah lemak adalah susu yang kadar lemaknya rendah, sekitar 1–2% per takaran saji.Susu rendah lemak tidak hanya bermanfaat untuk diet, tetapi juga untuk penderita asam lambung, hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Di artikel ini kami akan mengulas rekomendasi merek susu rendah lemak yang enak, seperti Tropicana Slim, Anlene, dan WRP. Artikel ini juga telah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna. Mari simak informasi lengkapnya!
    Produk susu
  • 10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Yoghurt Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Yoghurt atau susu asam memiliki berbagai manfaat seperti membantu program diet dan meringankan sembelit. Bermacam-macam produk yoghurt, mulai dari yang plain hingga produk dengan tambahan rasa dan topping dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membagi tips dalam memilih yoghurt yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk-produk dari merk terbaik, seperti Elle & Vire, Heavenly Blush, YUMMY, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar optimal manfaatnya. Ada juga komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria. Pilihlah yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Susu Skim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Skim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Susu skim adalah susu yang dihilangkan sebagian atau seluruh krimnya sehingga sering disebut susu tanpa lemak. Kandungan lemak susu skim umumnya tidak sampai 1%, bahkan ada pula yang diklaim tidak mengandung lemak sama sekali. Karena itu, susu skim sering menjadi pilihan untuk Anda yang sedang diet atau menurunkan tekanan darah.Anda mungkin sedang mencari susu skim terbaik untuk dikonsumsi. Maka, kali ini kami akan mengulas rekomendasi merek susu skim yang bagus dan enak. Anda akan menemukan produk dari Tropicana Slim, Greenfields, Lactona, dan lain-lain. Mari temukan susu skim terbaik Anda!
    Produk susu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori