mybest
Tanaman hias

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Dekorasi ruangan
  4. 10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik [Ditinjau oleh Gardener]
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik  [Ditinjau oleh Gardener] 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik  [Ditinjau oleh Gardener] 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik  [Ditinjau oleh Gardener] 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik  [Ditinjau oleh Gardener] 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik  [Ditinjau oleh Gardener] 5

10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik [Ditinjau oleh Gardener]

Merawat tanaman hias gantung memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk meningkatkan mood dan meredakan stres. Untuk pemula yang baru mau membeli tanaman hias, tak perlu khawatir. Ada banyak tanaman hias gantung, baik outdoor maupun indoor, yang bisa dipilih. Cara merawat tanaman hias gantung bervariasi, mulai dari yang simpel hingga yang butuh perhatian khusus. 


Kali ini kami akan membahas tips memilih tanaman hias gantung yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan berbagai tanaman yang cantik, seperti Lili Paris, English Ivy, Kribo Varigata, dan Episcia. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.

Diperbaharui 28/09/2023
Yuiimii
Pakar
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman Monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto. Yuimii juga mengoleksi tanaman Monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Profil Yuiimii
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman hias gantung

Ada berbagai macam jenis tanaman hias gantung, mulai dari yang merambat, memiliki warna yang cantik, hingga daun yang unik. Begitu pula cara merawatnya, ada yang tidak tahan panas, ada yang tidak boleh disiram terus-menerus, dan sebagainya. Simak tips memilih tanaman hias gantung berikut ini.

1

Pilih berdasarkan jenisnya

Kami akan membagi tanaman hias gantung ke dalam dua jenis, yakni tanaman outdoor dan indoor. Keduanya memiliki ciri khas masing-masing yang perlu Anda ketahui.

Tanaman hias gantung outdoor: Membuat rumah tampak lebih adem dari luar

Tanaman hias gantung outdoor: Membuat rumah tampak lebih adem dari luar

Tidak punya pekarangan luas bukanlah halangan untuk tidak memelihara tanaman hias. Anda bisa mengadopsi tanaman hias gantung outdoor. Dengan adanya tanaman hias gantung di depan rumah, aura rumah terasa lebih asri dan sejuk. Anda akan merasa disambut tiap kali pulang beraktivitas dari luar rumah. 


Tanaman hias gantung outdoor ada yang tipenya merambat hingga menjuntai ke bawah. Rumah Anda jadi seperti ada tirainya, tetapi terbuat dari tanaman-tanaman yang cantik. Tanaman hias yang bisa diletakkan di luar ruangan biasanya memiliki ketahanan terhadap sinar matahari yang tinggi. Beberapa contoh tanaman hias gantung outdoor adalah anggrek, begonia, dan sirih gading (marble queen).

Tanaman hias gantung indoor: Membuat rumah lebih nyaman ditinggali

Tanaman hias gantung indoor: Membuat rumah lebih nyaman ditinggali

Apakah Anda bosan menatap dinding yang kosong dan ingin mencari suasana baru saat sedang berada di rumah? Kalau begitu, ini saatnya mengadopsi tanaman hias gantung indoor. Selain indah dipandang, tanaman hias bisa membuat udara di dalam rumah Anda jadi lebih baik. Tanaman hias gantung juga bisa diaplikasikan di kafe, apartemen, atau hotel agar suasananya lebih cozy.


Tanaman hias gantung indoor umumnya tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya. Asupan cahaya bisa didapatkan dari lampu bohlam di dalam rumah. Namun, sesekali Anda juga harus membawanya keluar agar mendapatkan sinar matahari alami.


Beberapa jenis tanaman hias gantung indoor yang cantik untuk dipelihara adalah lili paris (spider plant), sirih gading (devil's ivy atau pothos), dan paku gunung (Boston fern).


Kami pernah mengulas rekomendasi tanaman hias indoor secara umum. Jika Anda sedang mencari tanaman hias indoor untuk rumah Anda, klik tautan di bawah ini.

2

Ketahui cara perawatannya

Ketahui cara perawatannya

Beberapa faktor yang memengaruhi keawetan tanaman hias gantung adalah kebutuhan air, sinar matahari, kelembapan tanah, dan potnya. Tiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda. Karena itu, sebelum membeli tanaman, hal yang perlu Anda pastikan adalah cara merawatnya. Berikut ini beberapa tips merawat tanaman hias gantung secara umum.


  • Lakukan penyiraman sesuai kebutuhan. Tanaman tahan panas biasanya hanya perlu disiram 1–2 hari sekali. Sementara itu, tanaman lain sebaiknya disiram minimal satu kali pada pagi hari.
  • Pastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup. Untuk tanaman indoor, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela. Jangan lupa bawa tanaman keluar rumah sesekali, misalnya tiap minggu sekali.
  • Gunakan pot yang kuat agar tidak jatuh dan pot yang bisa menjaga kelembapan dengan baik. Pot berbahan tanah liat lebih bisa menjaga kelembapan tanaman dibandingkan pot plastik. Namun, bobotnya juga lebih berat.
  • Gunakan tali gantung yang tepat dan bisa menahan bobot pot. Tali gantung berbahan kawat cenderung lebih murah, tetapi kurang kuat. Bagusnya Anda menggunakan tali berbahan katun yang agak tebal. 
  • Lakukan repotting tiap 2–3 bulan sekali. Repotting adalah kegiatan mengganti ulang pot, media tanam, pupuk, serta memberikan nutrisi lainnya untuk tanaman.
  • Lakukan trimming rutin pada daun dan batang tanaman agar tampilannya lebih menarik.
3

Kenali kelebihan tiap jenis tanaman hias gantung

Kenali kelebihan tiap jenis tanaman hias gantung

Tiap tanaman hias gantung memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Ada yang bentuknya membangkitkan mood, warna bunganya mempercantik rumah, hingga yang memiliki manfaat kesehatan. 


  • Tanaman gantung daun dengan bentuk estetik

Untuk ruang kerja atau kafe, pilihlah tanaman yang daunnya unik, misalnya english ivy, tradescantia, dan Oxalis triangularis. Tanaman daun tersebut bisa meredakan stres serta mengubah suasana jadi lebih kalem.


  • Tanaman gantung dengan warna bunga yang indah

Untuk halaman rumah atau pintu masuk, tanaman berbunga, seperti anggrek, begonia, dan geranium bisa jadi pilihan tepat. Orang-orang yang masuk atau keluar dari rumah Anda pasti merasa lebih senang saat melihat warna bunganya yang cantik. 


  • Tanaman gantung dengan manfaat kesehatan

Selain keindahannya, ada juga tanaman yang punya manfaat kesehatan. Misalnya saja tanaman geranium yang tak hanya cantik, tetapi juga bisa mengusir nyamuk. Ada juga tanaman sirih gading yang dapat menetralkan bau tak sedap dan memperbaiki kualitas udara.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tanaman Hias Gantung Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tanaman Hias Gantung terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 28 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis tanaman
Bentuk tanaman
Ukuran
Fungsi tanaman
Tinggi
Penyiraman
Pemupukan
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanaman
Termasuk pot
Penempatan
1

Tanaman Hias Gantung Lipstick Bunga Merah

null Tanaman Hias Gantung Lipstick Bunga Merah 1

Mulai dari Rp2.900,00

Menengah

Hiasi teras rumah dengan kuncup bunga lipstik yang menjuntai

Bunga rambat

Tanaman rambat

Tidak diketahui

Dekorasi

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Aeschynanthus radicant atau bunga lipstik

Indoor, outdoor

2

Curtain Ivy Akar Gantung

null Curtain Ivy Akar Gantung 1

Mulai dari Rp573,00

Lebih Murah

Lingkungan rumah otomatis menjadi teduh dan sejuk

Tanaman merambat

Tanaman rambat

20-30 cm

Dekorasi

20-30 cm

Harian, tetapi tidak terlalu banyak air

Tidak diketahui

Cissus sicyoides atau curtain ivy

Outdoor

3

Tanaman Hias Episcia

null Tanaman Hias Episcia 1

Mulai dari Rp5.000,00

Menengah

Segarkan area meja kerja dengan tanaman hias

Dedaunan

Tanaman dalam pot

Tidak diketahui

Dekorasi

Tidak diketahui

2 atau 3 hari sekali

Seminggu sekali dengan pupuk NPK

Episcia

Outdoor

4

Kribo Varigata (Callisia repens)

 Kribo Varigata (Callisia repens) 1

Mulai dari Rp500,00

Lebih Murah

Daunnya menyerupai rambut kribo yang khas

Sukulen merambat

Tanaman dalam pot

7-15 cm

Dekorasi

7-15 cm

2-3 hari sekali

2 bulan sekali

Callisia repens

Indoor, outdoor

5

Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic

null Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic 1

Mulai dari Rp2.500,00

Menengah

Aksen metalik di tengah daunnya berbeda dengan yang lain

Sukulen

Tanaman dalam pot

Tidak diketahui

Dekorasi

Tidak diketahui

1-2 kali per minggu

Tidak diketahui

Peperomia

Indoor, outdoor

6

English Ivy (Hedera helix)

 English Ivy (Hedera helix) 1

Mulai dari Rp8.000,00

Agak Mahal

Bisa merambat atau menjuntai seperti tirai

Dedaunan

Tanaman dalam pot, tanaman rambat

Beragam

Dekorasi

Beragam

1-2 kali per minggu

2 minggu sekali

English ivy

Indoor, outdoor

7

Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum)

 Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 1

Mulai dari Rp2.000,00

Menengah

Tanaman indoor yang bermanfaat menyegarkan dan menetralkan udara

Dedaunan

Tanaman dalam pot

Beragam

Dekorasi, kesehatan

Beragam

Rutin setiap pagi

Sebulan sekali

Lili paris

Indoor, outdoor

8

Tanaman Hias Bunga Gantung Hebras

null Tanaman Hias Bunga Gantung Hebras 1

Mulai dari Rp2.800,00

Menengah

Dedaunan kecil dan bunga mungil yang menghasilkan dekorasi manis

Bunga rambat

Tanaman rambat, tanaman dalam pot

Tidak diketahui

Dekorasi

Tidak diketahui

Harian

Sebulan sekali dengan NPK 16-16-16

Gerbera

Outdoor

9

Tanaman Hias Gantung Kumpai Ekor Monyet Dan Kadaka

null Tanaman Hias Gantung Kumpai Ekor Monyet Dan Kadaka 1

Mulai dari Rp30.000,00

Lebih Mahal

Tanaman hias menyerupai ekor monyet yang menggemaskan

Dedaunan

Tanaman dalam pot

30-70 cm

Dekorasi

30-70 cm

Harian

Menggunakan pupuk daun

Kumpai ekor monyet atau Huperzia Squarrosa

Outdoor

10

Acalypha Ulat Bulu Merah

null Acalypha Ulat Bulu Merah 1

Mulai dari Rp3.600,00

Menengah

Si ulat bulu merah cantik yang dapat menyengat

Bunga

Tanaman dalam pot

Tidak diketahui

Dekorasi

Tidak diketahui

Harian

2-3 bulan sekali

Acalypha chamaedrifolia

Outdoor

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Tanaman Hias Gantung Lipstick Bunga Merah

Tanaman Hias Gantung Lipstick Bunga Merah 1
Sumber: shopee.co.id
Tanaman Hias Gantung Lipstick Bunga Merah 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.900,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.900,00
Menengah

Hiasi teras rumah dengan kuncup bunga lipstik yang menjuntai

Tanaman hias gantung cocok ditempatkan di rumah dengan lahan terbatas. Selain itu, tanaman gantung juga bisa memberikan suasana rumah terlihat cantik dan asri. Misalnya, tanaman bunga lipstik yang berdaun kecil-kecil dan berbunga banyak satu ini.


Biasanya, tanaman ini ditanam di pot atau keranjang sehingga daun dan mahkota bunganya menjuntai saat digantung. Kuncup merahnya menyerupai lipstik yang cantik dan unik. Anda dapat menaruhnya di teras yang tidak terlalu terkena sinar matahari, ya.

Jenis tanamanBunga rambat
Bentuk tanamanTanaman rambat
UkuranTidak diketahui
Fungsi tanamanDekorasi
TinggiTidak diketahui
PenyiramanTidak diketahui
PemupukanTidak diketahui
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanAeschynanthus radicant atau bunga lipstik
Termasuk pot
PenempatanIndoor, outdoor
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Curtain Ivy Akar Gantung

Curtain Ivy Akar Gantung 1
Sumber: shopee.co.id
Curtain Ivy Akar Gantung 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp573,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp573,00
Lebih Murah

Lingkungan rumah otomatis menjadi teduh dan sejuk

Ingin mencari tanaman hias yang juga berfungsi sebagai peneduh? Jika iya, tanaman curtain ivy solusinya. Tanaman ini memiliki akar gantung berwarna cokelat dengan ujung kemerah-merahan. Umumnya, panjang akar yang banyak dijual mencapai 20-30 cm. Karena pertumbuhannya tergolong cepat, Anda perlu merapikan sulur akar secara berkala agar pertumbuhannya rapi dan sesuai yang diinginkan. Tanaman ini cocok ditempatkan di area garasi atau pagar pintu masuk.

Jenis tanamanTanaman merambat
Bentuk tanamanTanaman rambat
Ukuran20-30 cm
Fungsi tanamanDekorasi
Tinggi20-30 cm
PenyiramanHarian, tetapi tidak terlalu banyak air
PemupukanTidak diketahui
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanCissus sicyoides atau curtain ivy
Termasuk pot
PenempatanOutdoor
View all
No.3

Tanaman Hias Episcia

Tanaman Hias Episcia 1
Sumber: shopee.co.id
Tanaman Hias Episcia 2
Sumber: shopee.co.id
Tanaman Hias Episcia 3
Sumber: shopee.co.id
Tanaman Hias Episcia 4
Sumber: shopee.co.id
Tanaman Hias Episcia 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp5.000,00
Menengah

Segarkan area meja kerja dengan tanaman hias

Jika Anda ingin mendekorasi meja kerja agar tidak tampak membosankan, menaruh tanaman hias bisa jadi pilihan. Pasalnya, tanaman hias dapat membuat pandangan menjadi segar dan memanjakan mata. Tanaman Episcia memiliki beberapa jenis spesies yang cantik. Ada yang memiliki bunga berwarna kuning, ungu, merah, ataupun motif daun yang unik.


Perawatannya pun terbilang cukup mudah, karena tanaman hias ini tidak perlu disiram setiap hari dan terkena langsung sinar matahari. Nah, area meja kerja dekat jendela yang terkena matahari bisa menjadi spot yang cocok untuk bunga cantik ini. 

Jenis tanamanDedaunan
Bentuk tanamanTanaman dalam pot
UkuranTidak diketahui
Fungsi tanamanDekorasi
TinggiTidak diketahui
Penyiraman2 atau 3 hari sekali
PemupukanSeminggu sekali dengan pupuk NPK
Membutuhkan sinar matahari langsung
Nama tanamanEpiscia
Termasuk pot
PenempatanOutdoor
View all
No.4

Kribo Varigata (Callisia repens)

Kribo Varigata (Callisia repens) 1
Sumber: shopee.co.id
Kribo Varigata (Callisia repens) 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp500,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp500,00
Lebih Murah

Daunnya menyerupai rambut kribo yang khas

    Anda mungkin lebih mengenal tanaman hias ini dengan nama kribo. Hal ini karena bentuk daunnya yang menjulang dan mekar ke atas menyerupai rambut kribo. Kombinasi daun yang berwarna hijau, putih, dan ungu akan memanjakan mata Anda saat melihatnya.


    Tanaman ini dikenal juga dengan nama Bolivian jew atau turtle vine. Perawatannya tidak begitu sulit dan hanya membutuhkan satu kali penyiraman tiap hari. Anda yang masih pemula dalam merawat tanaman hias bisa memilihnya.

    Jenis tanamanSukulen merambat
    Bentuk tanamanTanaman dalam pot
    Ukuran7-15 cm
    Fungsi tanamanDekorasi
    Tinggi7-15 cm
    Penyiraman2-3 hari sekali
    Pemupukan2 bulan sekali
    Membutuhkan sinar matahari langsung
    Nama tanamanCallisia repens
    Termasuk pot
    PenempatanIndoor, outdoor
    View all
    No.5

    Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic

    Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic 1
    Sumber: shopee.co.id
    Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic 2
    Sumber: shopee.co.id
    Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic 3
    Sumber: shopee.co.id
    Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic 4
    Sumber: shopee.co.id
    Harga referensi
    Mulai dari Rp2.500,00
    Menengah
    Harga referensi
    Mulai dari Rp2.500,00
    Menengah

    Aksen metalik di tengah daunnya berbeda dengan yang lain

    Bagi Anda pencinta tanaman, tambahkan koleksi peperomia metallica di deretan tanaman hias Anda. Warna metalik di tengah daun dan perpaduan warna hijau tua kehitaman dan merah anggur menambahkan keunikan tanaman. Perawatannya juga mudah karena tanaman tidak boleh terlalu lembap. Jadi, Anda cukup menyiramnya seminggu 3-4 kali saja.

    Jenis tanamanSukulen
    Bentuk tanamanTanaman dalam pot
    UkuranTidak diketahui
    Fungsi tanamanDekorasi
    TinggiTidak diketahui
    Penyiraman1-2 kali per minggu
    PemupukanTidak diketahui
    Membutuhkan sinar matahari langsung
    Nama tanamanPeperomia
    Termasuk pot
    PenempatanIndoor, outdoor
    View all
    No.6

    English Ivy (Hedera helix)

    English Ivy (Hedera helix) 1
    Sumber: shopee.co.id
    English Ivy (Hedera helix) 2
    Sumber: shopee.co.id
    English Ivy (Hedera helix) 3
    Sumber: shopee.co.id
    English Ivy (Hedera helix) 4
    Sumber: shopee.co.id
    English Ivy (Hedera helix) 5
    Sumber: shopee.co.id
    Harga referensi
    Mulai dari Rp8.000,00
    Agak Mahal
    Harga referensi
    Mulai dari Rp8.000,00
    Agak Mahal

    Bisa merambat atau menjuntai seperti tirai

    English ivy adalah tanaman hias gantung merambat yang sangat cocok untuk taman berkonsep hanging garden. Anda bisa meletakkannya di indoor dalam sebuah pot atau merambatkannya di teralis dan tiang. Daunnya bisa menjuntai atau memanjang hingga puluhan meter. 


    Tanaman ini paling suka berada di tempat yang terang, tetapi tidak terlalu panas. Jika terkena cahaya berlebihan, warna daunnya akan menjadi dominan kuning. 

    Jenis tanamanDedaunan
    Bentuk tanamanTanaman dalam pot, tanaman rambat
    UkuranBeragam
    Fungsi tanamanDekorasi
    TinggiBeragam
    Penyiraman1-2 kali per minggu
    Pemupukan2 minggu sekali
    Membutuhkan sinar matahari langsung
    Nama tanamanEnglish ivy
    Termasuk pot
    PenempatanIndoor, outdoor
    View all
    No.7

    Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum)

    Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 1
    Sumber: shopee.co.id
    Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 2
    Sumber: shopee.co.id
    Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 3
    Sumber: shopee.co.id
    Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 4
    Sumber: blibli.com
    Lili Paris / Spider Plant (Chlorophytum comosum) 5
    Sumber: blibli.com
    Harga referensi
    Mulai dari Rp2.000,00
    Menengah
    Harga referensi
    Mulai dari Rp2.000,00
    Menengah

    Tanaman indoor yang bermanfaat menyegarkan dan menetralkan udara

    Lili Paris atau spider plant termasuk ke dalam genus Chlorophytum dengan karakteristik yang bandel. Anda tak akan merasa kesusahan merawatnya, cukup siram jika tanahnya sudah kering. 


    Daun jabrik dengan pinggiran berwarna putih menjadi ciri khas tanaman ini. Selain daunnya yang cantik, tanaman ini juga mampu menetralkan udara dari senyawa berbahaya. Tidak mau repot sering menyiram? Lili Paris pas untuk dipilih.

    Jenis tanamanDedaunan
    Bentuk tanamanTanaman dalam pot
    UkuranBeragam
    Fungsi tanamanDekorasi, kesehatan
    TinggiBeragam
    PenyiramanRutin setiap pagi
    PemupukanSebulan sekali
    Membutuhkan sinar matahari langsung
    Nama tanamanLili paris
    Termasuk pot
    PenempatanIndoor, outdoor
    View all
    No.8

    Tanaman Hias Bunga Gantung Hebras

    Harga referensi
    Mulai dari Rp2.800,00
    Menengah

    Dedaunan kecil dan bunga mungil yang menghasilkan dekorasi manis

    Hanya dengan menaruh tanaman hias satu ini, dekorasi di meja pun tampak menawan. Anda dapat memilih tanaman hebras ini untuk menghiasi meja di teras atau di balkon. Daun-daunnya berbentuk kecil dengan bunga berwarna merah muda yang mungil. Tanaman hias ini juga cocok digantung dengan pot agar tangkai yang panjang dapat menjuntai. 

    Jenis tanamanBunga rambat
    Bentuk tanamanTanaman rambat, tanaman dalam pot
    UkuranTidak diketahui
    Fungsi tanamanDekorasi
    TinggiTidak diketahui
    PenyiramanHarian
    PemupukanSebulan sekali dengan NPK 16-16-16
    Membutuhkan sinar matahari langsung
    Nama tanamanGerbera
    Termasuk pot
    PenempatanOutdoor
    View all
    No.9

    Tanaman Hias Gantung Kumpai Ekor Monyet Dan Kadaka

    Tanaman Hias Gantung Kumpai Ekor Monyet Dan Kadaka 1
    Sumber: shopee.co.id
    Tanaman Hias Gantung Kumpai Ekor Monyet Dan Kadaka 2
    Sumber: shopee.co.id
    Tanaman Hias Gantung Kumpai Ekor Monyet Dan Kadaka 3
    Sumber: shopee.co.id
    Tanaman Hias Gantung Kumpai Ekor Monyet Dan Kadaka 4
    Sumber: shopee.co.id
    Harga referensi
    Mulai dari Rp30.000,00
    Lebih Mahal
    Harga referensi
    Mulai dari Rp30.000,00
    Lebih Mahal

    Tanaman hias menyerupai ekor monyet yang menggemaskan

    Rekomendasi tanaman hias ini khusus untuk ditempatkan di dalam rumah atau area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini memiliki bentuk menyerupai ekor monyet sehingga tampak menggemaskan, terlebih dengan bulunya yang terlihat segar, cerah, dan tebal.

    Sama seperti Huperzia lainnya yang butuh kelembapan, tempatkan tanaman hias ini di temperatur suhu 14-28 derajat celsius. Hal tersebut dapat membuat klorofil berkembang maksimal sehingga warna daun makin mengilap dan tajam. Namun, Anda juga dapat menaruhnya di luar ruangan sesekali untuk menjaganya tetap segar.

    Jenis tanamanDedaunan
    Bentuk tanamanTanaman dalam pot
    Ukuran30-70 cm
    Fungsi tanamanDekorasi
    Tinggi30-70 cm
    PenyiramanHarian
    PemupukanMenggunakan pupuk daun
    Membutuhkan sinar matahari langsung
    Nama tanamanKumpai ekor monyet atau Huperzia Squarrosa
    Termasuk pot
    PenempatanOutdoor
    View all
    No.10

    Acalypha Ulat Bulu Merah

    Acalypha Ulat Bulu Merah 1
    Sumber: shopee.co.id
    Acalypha Ulat Bulu Merah 2
    Sumber: shopee.co.id
    Acalypha Ulat Bulu Merah 3
    Sumber: shopee.co.id
    Harga referensi
    Mulai dari Rp3.600,00
    Menengah
    Harga referensi
    Mulai dari Rp3.600,00
    Menengah

    Si ulat bulu merah cantik yang dapat menyengat

    Tanaman hias satu ini tidak hanya memanjakan mata karena bentuknya melainkan dapat menyengat saat disentuh. Pada beberapa orang, hal ini dapat membuat kulit iritasi. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati saat merawat Acalypha Ulat Bulu Merah ini. 


    Meski demikian, tanaman hias ini memiliki segudang manfaat, seperti obat disentri, diare, bahan aktif kosmetik, dan bersifat antioksidan. Anda yang gemar mengoleksi tanaman hias sekaligus apotek hidup, Acalypha chamaedrifolia ini bisa jadi pilihan.

    Jenis tanamanBunga
    Bentuk tanamanTanaman dalam pot
    UkuranTidak diketahui
    Fungsi tanamanDekorasi
    TinggiTidak diketahui
    PenyiramanHarian
    Pemupukan2-3 bulan sekali
    Membutuhkan sinar matahari langsung
    Nama tanamanAcalypha chamaedrifolia
    Termasuk pot
    PenempatanOutdoor
    View all

    Pertanyaan umum seputar tanaman hias gantung

    Pertanyaan umum seputar tanaman hias gantung

    Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar tanaman hias gantung. Jika Anda masih penasaran dengan tanaman hias gantung, simak jawabannya di bawah ini!

    Apa tanaman gantung yang tahan panas?

    Terdapat beberapa tanaman gantung yang tahan panas yang bisa Anda jadikan pilihan. Beberapa di antaranya adalah kribo, jenggot musa, tilansia, jenis-jenis sirih, dan beberapa jenis sukulen.

    5 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung terbaik

    No. 1: Tanaman Hias Gantung Lipstick Bunga Merah

    No. 2: Curtain Ivy Akar Gantung

    No. 3: Tanaman Hias Episcia

    No. 4: Kribo Varigata (Callisia repens)

    No. 5: Tanaman Gantung Peperomia Black Metalic

    Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
    Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
    1. TOP
    2. Interior & furnitur
    3. Dekorasi ruangan
    4. 10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Terbaik [Ditinjau oleh Gardener]

    mybest

    Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
    mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

    Copyright mybest All Rights Reserved.