• 10 Tanaman Hias Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tanaman Hias Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tanaman Hias Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tanaman Hias Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tanaman Hias Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tanaman Hias Gantung Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)

Merawat tanaman hias gantung memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk meningkatkan mood dan meredakan stres. Untuk pemula yang baru mau membeli tanaman hias, tak perlu khawatir atau minder. Ada banyak tanaman hias gantung, baik outdoor maupun indoor, yang bisa dipilih.


Cara merawat tanaman hias gantung bervariasi, mulai dari yang simpel hingga yang butuh perhatian khusus. Kali ini kami akan membahas tips memilih tanaman hias gantung yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan berbagai tanaman yang cantik, seperti anggrek, Episcia, dan daun sirih. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yuiimii
  • Pembaharuan terakhir: 11 September 2021
  • 403 Views
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman Monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman Monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman hias gantung

Ada berbagai macam jenis tanaman hias gantung, mulai dari yang merambat, memiliki warna yang cantik, hingga daun yang unik. Begitu pula cara merawatnya, ada yang tidak tahan panas, ada yang tidak boleh disiram terus-menerus, dan sebagainya. Simak tips memilih tanaman hias gantung berikut ini.

Pilih berdasarkan jenisnya

Kami akan membagi tanaman hias gantung ke dalam dua jenis, yakni tanaman outdoor dan indoor. Keduanya memiliki ciri khas masing-masing yang perlu Anda ketahui.

Tanaman hias gantung outdoor: Membuat rumah tampak lebih adem dari luar

Tanaman hias gantung outdoor: Membuat rumah tampak lebih adem dari luar

Tidak punya pekarangan luas bukanlah halangan untuk tidak memelihara tanaman hias. Anda bisa mengadopsi tanaman hias gantung outdoor. Dengan adanya tanaman hias gantung di depan rumah, aura rumah terasa lebih asri dan sejuk. Anda akan merasa disambut tiap kali pulang beraktivitas dari luar rumah. 


Tanaman hias gantung outdoor ada yang tipenya merambat hingga menjuntai ke bawah. Rumah Anda jadi seperti ada tirainya, tetapi terbuat dari tanaman-tanaman yang cantik. Tanaman hias yang bisa diletakkan di luar ruangan biasanya memiliki ketahanan terhadap sinar matahari yang tinggi. Beberapa contoh tanaman hias gantung outdoor adalah anggrek, begonia, dan sirih gading (marble queen).

Tanaman hias gantung indoor: Membuat rumah lebih nyaman ditinggali

Tanaman hias gantung indoor: Membuat rumah lebih nyaman ditinggali

Apakah Anda bosan menatap dinding yang kosong dan ingin mencari suasana baru saat sedang berada di rumah? Kalau begitu, ini saatnya mengadopsi tanaman hias gantung indoor. Selain enak dipandang, tanaman hias bisa membuat udara di dalam rumah Anda jadi lebih baik. Tanaman hias gantung juga bisa diaplikasikan di kafe, apartemen, atau hotel agar suasananya lebih cozy.


Tanaman hias gantung indoor umumnya tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya. Asupan cahaya bisa didapatkan dari lampu bohlam di dalam rumah. Namun, sesekali Anda juga harus membawanya keluar agar mendapatkan sinar matahari alami.


Beberapa jenis tanaman hias gantung indoor yang cantik untuk dipelihara adalah lili Paris (spider plant), sirih gading (Devil's ivy atau pothos), dan paku gunung (Boston fern).

Ketahui cara perawatannya

Ketahui cara perawatannya

Beberapa faktor yang memengaruhi keawetan tanaman hias gantung adalah kebutuhan air, sinar matahari, kelembapan tanah, dan potnya. Tiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda. Karena itu, sebelum membeli tanaman, hal yang perlu Anda pastikan adalah cara merawatnya. Berikut ini beberapa tips merawat tanaman hias gantung secara umum.


  • Lakukan penyiraman sesuai kebutuhan. Tanaman tahan panas biasanya hanya perlu disiram 1–2 hari sekali. Sementara itu, tanaman lain sebaiknya disiram minimal satu kali pada pagi hari.
  • Pastikan tanaman mendapatkan cahaya yang cukup. Untuk tanaman indoor, Anda bisa meletakkannya di dekat jendela. Jangan lupa bawa tanaman keluar rumah sesekali, misalnya tiap minggu sekali.
  • Gunakan pot yang kuat agar tidak jatuh dan pot yang bisa menjaga kelembapan dengan baik. Pot berbahan tanah liat lebih bisa menjaga kelembapan tanaman dibandingkan pot plastik. Namun, bobotnya juga lebih berat.
  • Gunakan tali gantung yang tepat dan bisa menahan bobot pot. Tali gantung berbahan kawat cenderung lebih murah, tetapi kurang kuat. Bagusnya Anda menggunakan tali berbahan katun yang agak tebal. 
  • Lakukan repotting tiap 2–3 bulan sekali. Repotting adalah kegiatan mengganti ulang pot, media tanam, pupuk, serta memberikan nutrisi lainnya untuk tanaman.
  • Lakukan trimming rutin pada daun dan batang tanaman agar tampilannya lebih menarik.

Kenali kelebihan tiap jenis tanaman hias gantung

Kenali kelebihan tiap jenis tanaman hias gantung

Tiap tanaman hias gantung memiliki kelebihan tersendiri, ada yang baunya menenangkan, ada juga yang warnanya membangkitkan mood. Untuk di ruang kerja atau kafe, Anda bisa memilih tanaman yang daunnya hijau, segar, dan rimbun, misalnya Episcia. Tanaman tersebut bisa meredakan stres serta mengubah suasana jadi lebih kalem.


Untuk di halaman rumah, pagar, atau pintu masuk, tanaman yang harum dan berwarna cantik seperti anggrek bisa jadi pilihan tepat. Orang-orang yang masuk atau keluar dari rumah Anda pasti merasa lebih senang saat melihatnya. Selain anggrek, tanaman anting-anting atau Fuchsia juga memiliki bunga warna-warni yang cantik. 


Selain keindahannya, ada juga tanaman yang bisa mengusir nyamuk, contohnya geranium. Hanya saja, tanaman ini memerlukan tempat yang lebih teduh. Karena itu, hindari tempat yang terlalu terpapar sinar matahari jika ingin memilihnya. Mau yang unik dan minimalis? Tanaman hias gantung jenis kaktus mungkin cocok untuk Anda.

10 Rekomendasi tanaman hias gantung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tanaman hias gantung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10
Frekuensi penyiraman1x sehari
Jenis tanamanOutdoor
9
Frekuensi penyiraman1x sehari (saat media tanam kering)
Jenis tanamanIndoor
8
Frekuensi penyiramanMusim kemarau: 1–2 kali sehari, musim hujan: tidak perlu disiram
Jenis tanamanIndoor atau outdoor
7
Frekuensi penyiraman1x sehari (saat media tanam kering)
Jenis tanamanIndoor atau outdoor
6
Frekuensi penyiraman1x sehari (saat media tanam kering)
Jenis tanamanOutdoor
5
Frekuensi penyiraman2x sehari
Jenis tanamanIndoor atau outdoor
4
Frekuensi penyiraman2x sehari
Jenis tanamanIndoor atau outdoor
3
Frekuensi penyiraman2 hari sekali
Jenis tanamanOutdoor
2
Frekuensi penyiraman1–2x sehari
Jenis tanamanIndoor atau outdoor
1

Bunga Kupu-kupu (Oxalis triangularis)

Mulai dari Rp 17.000,00

Frekuensi penyiramanMusim kemarau: 1–2 hari sekali, musim hujan: 3–4 hari sekali
Jenis tanamanIndoor

Tabel perbandingan produk tanaman hias gantung terbaik

Gambar produk
1
Bunga Kupu-kupu (Oxalis triangularis) 1

2
Dendrobium 1

3
Donkey Tail (Sedum morganianum) 1

4
Daun Beludru (Episcia) 1

5
English Ivy (Hedera helix) 1

6
Geranium 1

7
Sirih Gading Manjula (Epipremnum aureum) 1

8
Paku Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum) 1

9
Lili Paris (Chlorophytum comosum) 1

10
Kribo Varigata (Callisia repens) 1

Nama produk

Bunga Kupu-kupu (Oxalis triangularis)

Dendrobium

Donkey Tail (Sedum morganianum)

Daun Beludru (Episcia)

English Ivy (Hedera helix)

Geranium

Sirih Gading Manjula (Epipremnum aureum)

Paku Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum)

Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Kribo Varigata (Callisia repens)

Keunggulan

Ruangan yang kosong jadi lebih hidup berkat warnanya yang mencolok

Warna bunga yang cantik bisa menjadi penyegar mata

Bentuknya seperti ekor keledai!

Daunnya unik, bunganya cantik!

Bisa merambat atau menjuntai seperti tirai

Tak hanya cantik, ampuh juga untuk mengusir nyamuk!

Posisi penanamannya bervariasi

Bentuk tanduk rusa memberikan kesan gentle sekaligus artistik di ruangan

Bermanfaat untuk menyegarkan dan menetralkan udara

Daunnya menyerupai rambut kribo yang khas

Harga mulai dariRp 17.000,00Rp 19.000,00Rp 18.500,00Rp 20.000,00Rp 15.000,00Rp 14.950,00Rp 35.000,00Rp 25.500,00Rp 2.500,00Rp 25.000,00
Frekuensi penyiramanMusim kemarau: 1–2 hari sekali, musim hujan: 3–4 hari sekali1–2x sehari2 hari sekali2x sehari2x sehari1x sehari (saat media tanam kering)1x sehari (saat media tanam kering)Musim kemarau: 1–2 kali sehari, musim hujan: tidak perlu disiram1x sehari (saat media tanam kering)1x sehari
Jenis tanamanIndoorIndoor atau outdoorOutdoorIndoor atau outdoorIndoor atau outdoorOutdoorIndoor atau outdoorIndoor atau outdoorIndoorOutdoor
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tanaman hias gantung

Pertanyaan umum seputar tanaman hias gantung

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar tanaman hias gantung. Jika Anda masih penasaran dengan tanaman hias gantung, simak jawabannya di bawah ini!

Apa tanaman gantung yang tahan panas?

Terdapat beberapa tanaman gantung yang tahan panas yang bisa Anda jadikan pilihan. Beberapa di antaranya adalah kribo, jenggot musa, tilandsia, jenis-jenis sirih, dan beberapa jenis sukulen.

Baca juga rekomendasi produk tanaman lainnya di sini

Merawat tanaman kini menjadi hobi baru yang digandrungi masyarakat, mulai dari anak muda hingga lansia. Tak hanya tanaman hias gantung, Anda juga bisa merawat berbagai jenis tanaman lainnya. Anda bisa menambahkan tanaman herbal, tanaman merambat, atau tanaman janda bolong yang sempat viral. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan info selengkapnya.

Kesimpulan

Ayo mulai memelihara tanaman hias gantung di rumah! Mungkin awalnya agak merepotkan karena Anda harus memulai kebiasaan baru, tetapi lama-kelamaan nagih, kok! Bisa saja tanaman di rumah Anda makin banyak karena merawatnya menjadi hobi.


Untuk pemula, sebaiknya pilih tanaman hias gantung yang mudah dirawat. Kenali karakteristik tanaman yang akan dipilih agar Anda tahu frekuensi penyiraman, penggantian media tanam, dan pemangkasannya. Selamat bercocok tanam!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki banyak foto akan kenangan berharga, tetapi tidak memiliki banyak tempat untuk memajangnya? Bingkai foto digital dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Alat ini dapat menyimpan banyak foto dan menampilkannya bergantian. Bahkan, ada juga produk yang bisa menampilkan video, lho!Meski begitu, banyaknya bingkai foto digital yang beredar di pasaran bisa saja membuat Anda bingung saat memilihnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi bingkai foto digital terbaik. Selamat membaca!
    Dekorasi ruangan
    4.190 Views
  • 10 Rekomendasi Vas Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vas Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vas bunga berguna untuk memajang bunga asli atau bunga palsu agar terlihat lebih indah. Desain vas bunga juga beragam, mulai dari berbentuk silinder, trompet, hingga berbentuk unik. Selain itu, materialnya pun berbeda-beda, seperti kaca, plastik, dan keramik. Apakah hal ini malah jadi membuat Anda bingung memilih vas bunga yang tepat?Untuk mempermudah Anda menemukan produk, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi vas bunga terbaik. Anda akan mendapati beragam vas bunga berkualitas keluaran IKEA, Vicenza, dan sebagainya dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk, ya!
    Dekorasi ruangan
    9.835 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Lilin (Candle Holder) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Lilin (Candle Holder) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tahukah Anda bahwa tempat lilin atau candle holder memiliki fungsi yang penting? Selain untuk meletakkan lilin, produk ini juga dapat mengurangi bahaya dari penggunaan lilin. Lilin yang diletakkan di tempat lilin tentu lebih aman dibanding diletakkan di atas meja begitu saja. Itulah sebabnya Anda membutuhkan tempat lilin.Di pasaran, ada banyak tempat lilin yang dijual dengan tampilan menarik dan unik. Ada yang terbuat dari kaca, logam, dan sebagainya sehingga cocok untuk dijadikan hiasan. Kami akan menjelaskan cara memilihnya dan telah menyiapkan sepuluh produk yang dapat Anda pertimbangkan. Simak terus, ya!
    Dekorasi ruangan
    3.981 Views
  • 10 Rekomendasi Lentera Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lentera Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sesuai namanya, lentera lilin adalah lentera yang menggunakan lilin sebagai sumber cahaya. Cahaya yang dihasilkan memang tidak seterang lentera LED atau lentera gas. Namun, Anda tetap dapat menikmati cahaya api temaram yang hangat. Ada banyak produk seperti dari Ohome, UCO, dan IKEA yang tersedia di pasaran. Lilin yang digunakan pun beragam, ada lilin tealight maupun lilin blok.Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih lentera lilin dan merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Dapatkan produk yang tepat dan ciptakan suasana romantis Anda!
    Dekorasi ruangan
    932 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Couple Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Couple Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bantal couple lazim dihadiahkan saat anniversary bersama pasangan atau ketika ada kerabat yang menikah. Harga bantal couple berbeda-beda, tergantung ukuran, bahan, dan desain bantal couple itu sendiri. Beragam contoh bantal couple akan Anda temukan di toko-toko online.Agar Anda makin mudah memilih produk, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi bantal couple terbaik. Bantal couple wedding, bantal couple unik, dan beragam bantal couple lainnya akan Anda temukan dalam artikel ini. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda.
    Dekorasi ruangan
    557 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Dinding IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Dinding IKEA Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Merk IKEA tidak pernah berhenti berinovasi menghasilkan produk-produk yang bagus. Kali ini, kami akan membahas mengenai jam dinding IKEA. Harga jam dinding IKEA sendiri tergolong murah dan pastinya dapat mempercantik ruangan Anda. Namun, mungkin saja Anda bingung menentukan produk yang pas, bukan?Tenang saja, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi produk jam dinding IKEA terbaik pilihan kami. Jam dinding IKEA putih, misalnya IKEA Stomma akan Anda temukan di sini. Selain itu, jam dinding besar IKEA juga ada dalam daftar rekomendasi. Segera simak artikel ini selengkapnya, yuk!
    Dekorasi ruangan
    290 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Meja Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Meja Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jam meja digital adalah salah satu jenis jam yang banyak dijual di pasaran. Banyak orang menggunakan jam meja digital untuk diletakkan di kamar maupun di ruang kerja mereka. Mengapa memilih tipe digital? Tidak lain karena jam meja digital mampu menampilkan waktu dengan lebih jelas dan mudah terbaca.Pada artikel ini, akan dijabarkan cara memilih jam meja digital yang bagus beserta sepuluh rekomendasi produknya. Beragam merek jam meja digital terbaik pun akan turut kami ulas, mulai dari Goto, Taffware, hingga Starco. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel ini hingga usai!
    Dekorasi ruangan
    301 Views
  • 10 Rekomendasi Tikar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tikar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tikar pada dasarnya adalah sebutan untuk alas berukuran cukup besar yang biasanya terbuat dari anyaman tanaman. Namun, seiring perkembangan jaman, tikar juga banyak dibuat dari bahan lainnya, seperti plastik dan nilon. Jadi, ada banyak sekali jenis tikar dari berbagai merek, seperti Naturehike, Speeds, dan Bright Crown.Untuk membantu Anda menemukan tikar yang bagus dan tepat, silakan Anda baca sampai habis artikel ini. Kami menyajikan beragam informasi, mulai dari cara memilih, produk rekomendasi, hingga tips merawat tikar yang benar. Selamat membaca!
    Dekorasi ruangan
    435 Views
  • 10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Karpet Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari ide untuk membuat rumah lebih nyaman? Memasang karpet bulu bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Karpet bulu cenderung tebal, hangat, lembut, dan bisa meredam suara. Ruang keluarga bisa lebih nyaman ditempati dan ramah untuk anak-anak kecil jika ada karpet bulunya. Anda juga bisa memasangnya di kamar tidur, ruang makan, atau ruang tamu. Kami akan mengulas tips memilih karpet bulu serta merekomendasikan produk yang bagus. Merek ternama seperti IKEA, Informa, dan Maroc Galaxy pun kami bahas, lho! Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.
    Dekorasi ruangan
    209 Views
  • 10 Rekomendasi Tirai Benang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tirai Benang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tirai benang adalah tirai yang terdiri dari rangkaian kain yang disusun berjarak antara satu dan lainnya. Tirai benang dapat digunakan untuk dekorasi pesta atau menghias interior rumah. Tirai benang memiliki beragam motif unik yang mungkin membuat beberapa di antara Anda bingung menentukan pilihan. Kali ini, kami akan membantu Anda menemukan tirai benang yang bagus. Pertama, kami akan menjabarkan fungsi tirai benang. Lalu, kami akan memberikan panduan cara memilih serta mengulas produk tirai benang terbaik dari berbagai merek. Penasaran? Simak artikel ini sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
    84 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto di acara tertentu atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto terbaik untuk dipajang di dinding. Beragam bingkai foto berkualitas ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Mari simak selengkapnya dan temukan produk bingkai foto yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
    85.957 Views
  • 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lilin aromaterapi adalah lilin yang diberi tambahan pewangi. Lilin aromaterapi cocok digunakan ketika sedang lelah atau butuh relaksasi karena aromanya bisa membuat Anda tenang. Cara menggunakan candle aromatherapy cukup mudah. Anda tinggal menyalakan dan meletakkannya di kamar atau ruangan lainnya.Ada banyak lilin aromaterapi yang wangi dan memiliki kemasan yang bagus di pasaran. Anda bisa memilih lilin aromaterapi merek Bath and Body Works, The Body Shop, dan Uchii. Selain ketiga merek tersebut, kami juga akan memberikan rekomendasi lilin aromaterapi terbaik dan best seller dari merek lainnya. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Dekorasi ruangan
    76.150 Views
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wallpaper dinding adalah pilihan praktis dan relatif terjangkau bagi Anda yang ingin mengganti desain sebuah ruangan. Ada begitu banyak wallpaper dengan berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan perabot rumah Anda. Namun, wallpaper seperti apakah yang tepat untuk dipilih?Kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding untuk membantu Anda memutuskan pilihan. Sebelum itu, simak dulu tips untuk memilih wallpaper dinding terbaik agar tidak salah membuat keputusan. Selamat membaca dan temukan produk yang menjadi favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
    87.784 Views
  • 10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah ruangan di rumah Anda menggunakan karpet? Cobalah perhatikan, pasti suasana ruangan Anda menjadi berbeda dengan adanya karpet. Hal tersebut dikarenakan karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat mendukung tampilan interior. Namun, jangan asal meletakkan karpet di ruangan. Ukuran, motif, bahan karpet, dan lainnya akan memengaruhi suasana ruangan Anda. Di pasaran, Anda juga dapat menemukan karpet atau permadani yang bagus merek Moderno, Jaguar, Arizona Classic, dan sebagainya. Nah, kami akan mengulas tips memilih karpet lantai terbaik beserta rekomendasi produk-produk terkenal merek IKEA, Maroc, dan sebagainya. 
    Dekorasi ruangan
    51.904 Views
  • 10 Rekomendasi Granit Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Granit Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dibandingkan keramik lantai biasa, lantai granit bersifat antigores, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Hebatnya lagi, lantai granit juga tidak licin sehingga makin aman digunakan. Segala keunggulan tersebut menjadikan lantai granit cocok digunakan untuk mempercantik interior dan eksterior bangunan.Kali ini, kami akan membahas tips memilih lantai granit yang bagus serta memberikan rekomendasi produk granit lantai terbaik. Anda akan menemukan lantai granit merek Essenza, Indogress, dan sebagainya. Baca artikel ini sampai habis dan temukan lantai granit favorit Anda!
    Dekorasi ruangan
    1.310 Views
  • 10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lantai Vinyl Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak cara mendekorasi dan membuat nuansa ruangan terasa berbeda, salah satunya adalah dengan memasang lantai vinyl. Di pasaran, Anda akan menemukan lantai vinyl roll, plank, dan tile dengan berbagai motif dan merek. Semua ada, mulai dari motif kayu, motif marmer, hingga motif karpet.Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Tenang saja, tidak semua lantai vinyl memiliki harga mahal, ada juga yang harganya murah. Agar tidak salah pilih, arsitek, Adil Mochtar, ST, MT akan memberikan komentarnya. Yuk, temukan lantai vinyl yang bagus untuk menghiasi ruangan Anda!
    Dekorasi ruangan
    4.502 Views
  • 10 Rekomendasi Bunga Plastik Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bunga Plastik Hias Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bila Anda ingin mendekorasi rumah, bunga plastik hias bisa jadi pilihan yang bagus. Selain lebih awet dan tidak membutuhkan banyak perawatan, tampilan bunga plastik juga tidak kalah cantik dengan bunga asli. Anda bisa meletakkan bunga plastik sebagai hiasan sudut ruang tamu atau hiasan dinding.Ada banyak jenis dan bentuk bunga yang bisa Anda temukan di pasaran. Kami akan berbagi tips dan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Anda mungkin akan suka bunga plastik hias yang bagus merek Kunataruma, AONEZ, dan sebagainya. Selamat membaca! 
    Dekorasi ruangan
    225 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori