• 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.


Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 14 Juni 2021
  • 4.395 Views
Daftar isi

Mengenal strawberry

Mengenal strawberry

Stroberi merupakan salah satu jenis buah yang digemari anak-anak dan orang dewasa karena rasanya manis dan segar. Selain itu, buah yang sudah dikenal sejak zaman Romawi ini juga kaya manfaat. Stroberi mengandung vitamin, antosianin, ellagitanin, quercetin, hingga katekin. Zat-zat tersebut dapat membantu menurunkan berat badan, melindungi jantung, hingga meminimalkan risiko kanker. Karena itu, buah stroberi banyak dibudidayakan di Indonesia.


Budi daya tanaman stroberi biasanya dilakukan di dataran tinggi. Beberapa daerah di Indonesia yang dijadikan tempat untuk budi daya stroberi adalah Brastagi, Lembang, Magelang, Purbalingga, Batu, dan Bedugul. Jenis stroberi yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah Fragaria x ananassa var. duchesne (hasil persilangan F. virginiana L. var. duchesne dengan F. chiloensis L. var. duchesne).


Ada beragam bibit buah yang dapat ditanam di halaman rumah. Namun, mengapa Anda harus memilih bibit buah stroberi untuk ditanam? Pertama, stroberi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berbuah. Kedua, Anda tak memerlukan tempat yang luas karena tanaman stroberi dapat ditanam dalam polybag atau pot. 

Cara memilih bibit strawberry

Anda dapat membeli bibit stroberi dengan mudah melalui situs belanja online. Namun, Anda harus memperhatikan poin-poin di bawah ini terlebih dahulu sebelum membeli bibit stroberi secara online.

Ketahui varietas strawberry yang banyak ditanam di Indonesia

Stroberi memang bukan tanaman asli Indonesia. Walaupun demikian, ada beberapa varietas stroberi yang sering ditanam di wilayah Indonesia dan akhirnya menjadi ciri khas daerah tersebut. Varietas stroberi apa saja yang sering ditanam di wilayah Indonesia? Lalu, kelebihan apa yang dimiliki oleh stroberi varietas tersebut?

Rosa Linda, memiliki aroma yang khas

Rosa Linda, memiliki aroma yang khas

Rosa linda merupakan salah satu varietas stroberi yang berasal dari Florida. Nama rosa linda diberikan karena buah stroberi berbentuk kerucut ini memiliki aroma yang khas. Ukuran buah stroberi jenis ini termasuk sedang, tetapi pada akhir musim panen buah yang dihasilkan biasanya jadi lebih kecil.


Stroberi varietas ini juga tahan terhadap serangan botrytis (jamur yang menyebabkan pembusukan pada buah yang menjelang masak). Karena kelebihannya tersebut, bibit stroberi ini banyak ditanam di wilayah Bedugul untuk dijadikan buah meja atau olahan.

Sweet Charlie, memiliki rasa manis alami

Sweet Charlie, memiliki rasa manis alami

Buah stroberi varietas sweet charlie juga banyak ditanam di daerah Bedugul, Bali. Hal paling menonjol yang membedakan varietas ini dengan varietas lain adalah warnanya lebih pekat (merah tua). Namun, buah stroberi ini memiliki masa simpan yang pendek dibandingkan stroberi jenis lainnya.


Walaupun demikian, buah stroberi varietas sweet charlie tetap disukai karena rasanya manis sehingga cocok untuk dijadikan pencuci mulut. Selain itu, buah stroberi varietas ini juga tahan terhadap anthracnose fruit rot (pembusukan pada buah yang disebabkan oleh Colletotrichum acutatum).

Chandler, hasil panennya termasuk tinggi

Chandler, hasil panennya termasuk tinggi

Ukuran buah stroberi varietas chandler termasuk besar dan daging buahnya lebih keras daripada buah stroberi varietas lain. Ketika musim panen dan pohonnya dalam keadaan baik, setiap pohon stroberi varietas chandler dapat menghasilkan sekeranjang stroberi. Jadi, hasil panennya bisa dikatakan tinggi.


Stroberi varietas chandler sensitif terhadap serangan patogen, seperti colletotrichum dan cercospora. Kedua jamur tersebut dapat menyebabkan penyakit antraknosa dan bercak daun. Supaya hasil panennya tetap maksimal, tanaman stroberi ini harus diberi perhatian ekstra agar tidak terkena serangan patogen.

Pilih juga bibit strawberry Jepang atau Korea yang manis dan besar

Pilih juga bibit strawberry Jepang atau Korea yang manis dan besar

Saat memilih bibit buah stroberi, Anda pasti menemukan bibit stroberi dari Korea dan Jepang. Buah stroberi dari kedua negara tersebut terkenal memiliki ukuran yang besar dan rasanya manis. 


Ada banyak bibit stroberi yang berasal dari Jepang, salah satu yang populer dan banyak dicari adalah sagahonoka. Stroberi ini adalah hasil persilangan dari varietas onishiki dan toyonoka. Ciri utama dari stroberi varietas sagahonoka adalah ukurannya besar dan rasanya manis sedikit masam. Selain itu, buah stroberi yang ditanam di prefektur Saga ini memiliki kulit berwarna merah, tetapi dagingnya berwarna putih.


Stroberi asal Korea juga terkenal dan banyak diminati. Salah satu varietas stroberi Korea yang terkenal adalah seolhyang. Stroberi berbentuk segitiga dan agak panjang ini memiliki rasa manis dan asam yang pas. Selain itu, tekstur dagingnya pun terasa lembut. Untuk mendapatkan kualitas yang maksimal, stroberi hasil persilangan varietas janghee dan red pearl ini sebaiknya dipetik dalam keadaan matang maksimal.

Cari tahu musim berbuahnya

Cari tahu musim berbuahnya

Buah stroberi biasanya dipanen pada pertengahan tahun, tetapi ada juga beberapa stroberi yang dipanen pada akhir tahun. Nah, sebelum membeli dan menanam bibit stroberi, Anda sebaiknya mencari tahu musim berbuahnya. Dengan demikian, Anda dapat memberikan perawatan yang lebih maksimal ketika memasuki musim panen.


Mengetahui musim panen stroberi juga bisa mempermudah Anda untuk melakukan renovasi (pemotongan tajuk tanaman) pascapanen. Dengan begitu, tunas baru akan tumbuh menggantikan batang lama. Cara tersebut dapat meningkatkan jumlah buah pada musim berikutnya.

Perhatikan lokasi penjualnya sebelum membeli

Perhatikan lokasi penjualnya sebelum membeli

Anda bisa membeli bibit stroberi dengan mudah di toko online. Namun, Anda tetap harus memperhatikan jarak lokasi penjual dengan tempat tinggal Anda. Jika Anda membeli benih stroberi dari lokasi yang jauh, waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tentu lebih lama. Hal tersebut bisa memengaruhi keadaan benih yang Anda beli. Jadi, pilihlah penjual yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah.

10 Rekomendasi bibit strawberry terbaik

Kami telah menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih bibit stroberi. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa bibit stroberi untuk Anda. Lihatlah satu per satu dan pilihlah bibit stroberi yang paling cocok dengan lingkungan rumah Anda.

10
Media tanamCocopeat, tanah yang gembur dan dicampur sekam serta pupuk
PerawatanTidak disebutkan
Waktu berbuahPertengahan tahun (sekitar bulan Juni)
9

Bibit Strawberry Jenis Sweet Charlie

Mulai dari Rp 6.500,00

Media tanamTanah
PerawatanPenyiraman: 1 kali sehari・Pemupukan: 1 kali sebulan
Waktu berbuahDesember–Maret
8
Media tanamCocopeat, tanah, sekam, dan media tanam lain yang gembur (tidak padat)
PerawatanPenyiraman: disesuaikan dengan kebutuhan tanaman・Pemupukan: seminggu sekali
Waktu berbuahDesember–Maret
7

Bibit Strawberry Chandler

Mulai dari Rp 43.000,00

Media tanamCocopeat, tanah, sekam, dan media tanam lain yang gembur (tidak padat)
PerawatanSiram 1 kali sehari
Waktu berbuahPertengahan tahun (sekitar bulan Juni)
6

Bibit Tanaman Strawberry Seolhyang

Mulai dari Rp 50.000,00

Media tanamCocopeat, tanah, sekam, dan media tanam lain yang gembur (tidak padat)
PerawatanSiram 1 kali sehari
Waktu berbuahPertengahan tahun (sekitar bulan Juni)
5

Bibit Tanaman Strawberry Putih

Mulai dari Rp 40.000,00

Media tanamTanah
PerawatanPenyiraman: 1 kali sehari・Pemupukan: 1 kali sebulan
Waktu berbuahSepanjang tahun
4
Media tanamTanah
PerawatanPenyiraman: sesuai kebutuhan
Waktu berbuahPertengahan tahun (sekitar bulan Juni)
3

Bibit Strawberry California Berbuah

Mulai dari Rp 5.000,00

Media tanamTanah humus, sekam
PerawatanPenyiraman: 2 kali sehari・Pemupukan: 1–2 kali sebulan
Waktu berbuahDimulai pada akhir tahun (sekitar Oktober)
2
Media tanamTanah
PerawatanPenyiraman: 1 kali sehari・Pemupukan: 2 kali sebulan
Waktu berbuahSetahun setelah penanaman
1
Media tanamTanah
PerawatanPenyiraman: 1 kali sehari di daerah sejuk dan 2 kali sehari di daerah panas・Pemupukan: 1 kali seminggu
Waktu berbuahTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk bibit strawberry terbaik

Gambar produk
1
Bibit Strawberry Mencir 1

2
Bibit Strawberry Jumbo Holland 1

3
Bibit Strawberry California Berbuah 1

4
Bibit Tanaman Stroberi Merlan 1

5
Bibit Tanaman Strawberry Putih 1

6
Bibit Tanaman Strawberry Seolhyang 1

7
Bibit Strawberry Chandler 1

8
Bibit Stroberi Rosalinda 1

9
Bibit Strawberry Jenis Sweet Charlie 1

10
Bibit Strawberry Sagahonoka 1

Nama produk

Bibit Strawberry Mencir

Bibit Strawberry Jumbo Holland

Bibit Strawberry California Berbuah

Bibit Tanaman Stroberi Merlan

Bibit Tanaman Strawberry Putih

Bibit Tanaman Strawberry Seolhyang

Bibit Strawberry Chandler

Bibit Stroberi Rosalinda

Bibit Strawberry Jenis Sweet Charlie

Bibit Strawberry Sagahonoka

Keunggulan

Buahnya melimpah, cocok untuk yang ingin wirausaha

Ditanam pada suhu yang agak tinggi? Tak masalah!

Bibitnya siap berbuah, tak perlu menunggu lama untuk panen

Warna bunganya cantik, cocok untuk dijadikan hiasan

Buahnya unik dan tidak menyebabkan alergi

Tanam di pot gantung, halaman jadi lega dan buah pun bebas busuk

Kandungan airnya melimpah, buahnya pun cukup besar

Tanam di halaman dan miliki sumber antioksidan alami

Tak perlu ragu! Bibit ini mewarisi keunggulan induknya

Siap-siap panen strawberry pada pertengahan tahun

Harga mulai dariRp 5.000,00Rp 6.000,00Rp 5.000,00Rp 10.000,00Rp 40.000,00Rp 50.000,00Rp 43.000,00Rp 7.000,00Rp 6.500,00Rp 15.000,00
Media tanamTanahTanahTanah humus, sekamTanahTanahCocopeat, tanah, sekam, dan media tanam lain yang gembur (tidak padat)Cocopeat, tanah, sekam, dan media tanam lain yang gembur (tidak padat)Cocopeat, tanah, sekam, dan media tanam lain yang gembur (tidak padat)TanahCocopeat, tanah yang gembur dan dicampur sekam serta pupuk
PerawatanPenyiraman: 1 kali sehari di daerah sejuk dan 2 kali sehari di daerah panas・Pemupukan: 1 kali semingguPenyiraman: 1 kali sehari・Pemupukan: 2 kali sebulanPenyiraman: 2 kali sehari・Pemupukan: 1–2 kali sebulanPenyiraman: sesuai kebutuhanPenyiraman: 1 kali sehari・Pemupukan: 1 kali sebulanSiram 1 kali sehariSiram 1 kali sehariPenyiraman: disesuaikan dengan kebutuhan tanaman・Pemupukan: seminggu sekaliPenyiraman: 1 kali sehari・Pemupukan: 1 kali sebulanTidak disebutkan
Waktu berbuahTidak disebutkanSetahun setelah penanamanDimulai pada akhir tahun (sekitar Oktober)Pertengahan tahun (sekitar bulan Juni)Sepanjang tahunPertengahan tahun (sekitar bulan Juni)Pertengahan tahun (sekitar bulan Juni)Desember–MaretDesember–MaretPertengahan tahun (sekitar bulan Juni)
Tautan produk

Bagaimana cara menanam bibit strawberry?

Bagaimana cara menanam bibit strawberry?

Keinginan Anda untuk memananam bibit stroberi sudah bulat. Jenis stroberi yang akan ditanam pun sudah Anda pilih. Namun, Anda masih belum mengetahui bagaimana cara menanam bibit stroberi? Sebenarnya, menanam bibit stroberi tidak terlalu rumit. Anda bisa menanamnya secara langsung di halaman atau polybag. Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak poin-poin di bawah ini.


  • Pertama, Anda harus menyiapkan tanah dan mencampurnya dengan pupuk. Setelah itu, diamkan tanah selama beberapa hari. Masukkan tanah ke dalam polybag berukuran 10 cm x 15 cm. Jika Anda berencana menanamnya tanpa polybag, tanah harus dibentuk menjadi bedeng. Ukurannya dapat disesuaikan dengan luas halaman, tetapi pastikan ketinggian bedeng mencapai 30–40 cm.

  • Kedua, masukkan benih ke dalam polybag yang sudah diisi tanah dan pastikan titik tumbuhnya tidak terkubur. Untuk benih yang ditanam di bedeng, Anda harus memberikan jarak sekitar 30 cm antar pohon dan 60 cm antar bedengan. Hal tersebut dilakukan supaya daun antar benih tidak saling menutupi.

  • Ketiga, setelah semua bibit ditanam, Anda harus melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin. Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap tanaman stroberi.

Baca juga rekomendasi bibit tanaman lainnya di sini

Pembahasan kami di artikel ini memang berfokus pada bibit stroberi. Jika Anda ingin menanam bibit tanaman lain, seperti jeruk santang atau bunga, silakan Anda buka tautan yang kami sediakan. Kami juga menyiapkan artikel tentang tanaman jenis lainnya, lho!

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi bibit stroberi dari kami? Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan bibit stroberi yang tepat. Sebelum membeli bibit stroberi yang diinginkan, Anda harus mempertimbangkan tujuan pembeliannya terlebih dahulu.


Jika Anda menginginkan bibit stroberi yang bisa menghasilkan banyak buah, Anda bisa memilih bibit stroberi mencir. Namun, jika Anda menginginkan benih stroberi yang dapat difungsikan sebagai hiasan teras, benih stroberi merlan adalah jawabannya. Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    188.743 Views
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    6.611 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    22.814 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merk terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.
    Kebun & luar ruangan
    2.608 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    37.628 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
    461 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori