mybest
Perlengkapan berkebun

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap]
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik  [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 1
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik  [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 2
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik  [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 3
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik  [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 4
  • 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik  [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap] 5

10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap]

Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman, dahan, atau rumput, merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Alat ini juga berguna bila Anda ingin melakukan stek atau okulasi pada tanaman.


Simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus untuk bunga atau pohon di taman Anda. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi produk gunting tanaman dari NANKAI, Hasston Prohex, Kenmaster, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.

Diperbaharui 22/12/2023
Setia Permana
Pakar
Landscape architect
Setia Permana

Setia adalah lulusan Arsitektur Lanskap, Institut Pertanian Bogor. Ia sudah menjadi seorang praktisi lanskap selama tiga tahun khususnya di bidang desain dan maintenance lanskap. Sebelum wisuda, Setia sudah mulai bekerja sebagai pedestrian way designer di suatu perusahaan swasta di Jakarta. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Dinas Bina Marga. Setia melanjutkan kariernya membuat perancangan/redesain taman-taman yang ada di Sudirman Central Business District (SCBD) sebagai arsitek lanskap. Ia membuat rencana perawatan hingga mengevaluasi hasil perawatannya sebagai bentuk perawatan keberlanjutan.

Profil Setia Permana
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Manfaat memotong tanaman secara berkala

Manfaat memotong tanaman secara berkala

Memotong tanaman bukan hanya untuk menjaga sisi estetis atau kerapiannya. Berikut beberapa hal yang akan meyakinkan Anda mengenai pentingnya pemotongan pada tanaman.


  • Mencegah hal-hal yang tidah diinginkan atau alasan keamanan

Pada beberapa tanaman yang tumbuh hingga tinggi atau besar, ada kemungkinan menganggu lingkungannya. Karena itu, tanaman harus dipotong secara berkala. Misalnya, untuk mencegah pohon memblokir tiang listrik.


  • Menjaga kesehatan tanaman secara umum

Tanaman yang dipotong mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan ventilasi sehingga menjadi lebih sehat dan kuat terhadap penyakit. Anda juga dapat menemukan lebih awal tanda-tanda penyakit pada tanaman Anda.


  • Mencegah penyebaran penyakit pada tanaman

Hal ini masih berhubungan dengan penemuan lebih awal tanda-tanda penyakit pada tanaman. Dengan menghilangkan bagian tanaman yang terkena penyakit, penyebarannya ke seluruh tubuh tanaman atau tanaman lainnya pun dapat dicegah.


  • Mengoptimalkan pertumbuhan bunga atau buah

Makin banyak bunga atau buah yang dihasilkan tanaman, makin kecil ukurannya. Anda perlu memotong dahan, bunga, serta buah yang lama. Meskipun jumlah bunga dan buah yang baru menjadi lebih sedikit, kualitasnya akan lebih baik.


  • Merangsang pertumbuhan tunas baru

Bagian tanaman yang dipotong akan tumbuh kembali dalam bentuk jaringan yang lebih muda. Sementara itu, bibit pertumbuhan bunga dan buah muncul pada jaringan muda (meristem) tumbuhan. Memotong tanaman jelas akan mendukung hal tersebut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gunting tanaman

Gunting tanaman tersedia dalam bentuk, ukuran, dan harga yang beragam. Untuk mendapatkan produk yang pas, simak dulu poin-poin terpenting dalam memilih gunting tanaman di bawah ini!

1

Pilihlah berdasarkan bagian tanaman yang ingin Anda potong

Tanaman mempunyai banyak bagian dengan ketebalan yang berbeda. Karena itu, Anda perlu menyesuaikan ukuran serta bentuk gunting tanaman dengan bagian yang ingin dipotong. Untuk menemukan produk yang paling tepat, simak penjelasan berikut ini.

Gunting snip, cocok untuk pekerjaan yang rinci

Gunting snip, cocok untuk pekerjaan yang rinci

Gunting snip bisa berbentuk seperti gunting biasa ataupun produk hand grip. Ukurannya yang kecil membuatnya pas untuk melakukan pekerjaan yang rinci, seperti merapikan tanaman bonsai.


Gunting snip pada umumnya digunakan untuk pemangkasan yang lebih detail yakni pada bagian daun. Khususnya pada bonsai, dibutuhkan ketelitian dalam memangkasnya. Tujuan pemangkasannya adalah untuk menciptakan suatu bentuk yang sudah direncanakan.


Jika Anda ingin menyiapkan rangkaian bunga atau sukulen untuk sebuah acara, gunting inilah solusinya. Selain itu, gunting snip mampu membuat potongan yang bersih agar tanaman Anda cepat pulih. Di sisi lain, tipe ini tidak dapat memotong ranting yang tebal.

Gunting stek, menghilangkan ranting yang tua

Gunting stek, menghilangkan ranting yang tua

Tipe yang satu ini adalah must-have untuk Anda yang suka berkebun. Gunting stek memiliki pisau yang melengkung agar dapat mencengkeram dahan dengan baik. Anda dapat memakainya untuk memotong ranting mati atau yang terkena penyakit. Dengan begitu, tanaman akan menjadi makin sehat dan rajin berbunga atau berbuah.


Bentuk melengkung pada gunting stek dapat membantu memotong batang yang tebal. Gunting stek memotong dahan secara perlahan dari lapisan terluar sampai terpotong sepenuhnya dengan rapi. Gunting stek juga sering digunakan untuk memangkas tanaman yang akan dibibitkan kembali secara stek batang.


Berbeda dengan tipe snip, Anda dapat memangkas dahan tebal menggunakan gunting stek yang dilengkapi mekanisme ratchet. Akan tetapi, terkadang bekas potongannya tidak bersih sehingga tanaman Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Gunting rumput, memotong rumput liar yang mengganggu

Gunting rumput, memotong rumput liar yang mengganggu

Anda mungkin berpikir bahwa mesin potong rumput adalah alat terbaik untuk menghilangkan gulma tanaman pengganggu dari halaman rumah. Akan tetapi, gulma akan lebih baik jika dicabut sampai ke akarnya agar tidak tumbuh kembali. Tidak menutup kemungkinan gulma tersebut mati dan tidak tumbuh kembali bila hanya diatasi dengan pemangkasan.


Seperti namanya, gunting rumput digunakan untuk memangkas rumput yang pertumbuhannya sudah terlalu lebat dan penuh. Selain itu, gunting rumput juga digunakan untuk pemangkasan pada daun semak yang mudah dibentuk (bonsai). Daun semak tersebut misalnya Acalypha siamensis, Ixora sp., Tabernaemontana corymbosa, dan lain-lain.


Tumbuhan tersebut memiliki bunga sehingga ketika Anda memangkasnya, Anda dapat memilah sisi yang tepat agar bunga tidak terpangkas. Ada juga gunting rumput listrik untuk Anda yang ingin menghemat waktu saat memangkas tanaman.

Gunting gagang panjang, bantu Anda meraih dahan tinggi

Gunting gagang panjang, bantu Anda meraih dahan tinggi

Ingin memotong dahan tinggi yang berada dekat tiang listrik atau memanen buah rambutan? Gunakan saja gunting gagang panjang. Handelnya bisa dipanjangkan untuk mencapai bagian pohon yang susah diraih. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi memanjat pohon atau menyiapkan tangga terlebih dahulu. Beberapa produk juga dilengkapi gergaji untuk memotong kayu tebal.


Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk pemotongan batang-batang yang berukuran besar dan tebal dengan mudah. Gagang panjang tersebut berprinsip sebagai tuas.

2

Perhatikan bahan bilah pisaunya

Perhatikan bahan bilah pisaunya
Sumber: hasston.com

Bilah pisau pada gunting tanaman bisa terbuat dari dua bahan, yakni baja karbon dan stainless steel. Pisau berbahan baja karbon bisa tahan untuk waktu lama. Namun, jenis ini perlu diasah dan dibersihkan secara berkala untuk mencegah karatan.


Bilah pisau stainless steel antikarat dan biasanya dilapisi dengan bahan non-stick untuk mencegah getah menempel ke pisau. Di sisi lain, tipe ini akan mulai retak dengan berjalannya waktu.


Bahan baja akan lebih cepat teroksidasi dibandingkan stainless steel. Bahan baja harus langsung dikeringkan setelah dicuci dan disimpan di tempat yang kering. Jangan lupa untuk memberikan cairan antikarat pada bagian-bagian tertentu, seperti pivot screw dan pegas.

3

Cek mekanisme potongnya

Cek mekanisme potongnya
Sumber: tekiro.com

Gunting tanaman hadir dengan dua jenis mekanisme potong, yaitu pegas dan ratchet. Gunting dengan mekanisme pegas sering ditemukan di pasaran sehingga harganya pun lebih terjangkau. Model gunting pegas akan membantu Anda memangkas pada bagian daun, seperti gunting snip dan gunting rumput. Hal ini disebabkan oleh pemangkasannya dilakukan secara menerus dan berulang.


Jika daya grip Anda rendah atau Anda perlu memotong dahan yang tebal, pilihlah tipe ratchet. Model ratchet digunakan untuk memangkas ranting atau batang tanaman yang strukturnya lebih kuat dan tebal.


Model ratchet dapat meminimalkan usaha yang Anda keluarkan. Desainnya membantu mengurangi tekanan yang diperlukan untuk memotong dahan tebal. Dengan begitu, tangan Anda tidak akan mudah lelah dan Anda dapat bekerja dengan lebih efisien.

4

Pilihlah gunting yang mudah disesuaikan

Pilihlah gunting yang mudah disesuaikan

Pemilihan gunting disesuaikan dengan bagian yang akan dipangkas (daun atau batang). Tidak semua jenis gunting dapat digunakan untuk semua tujuan. Akan lebih baik jika fungsinya spesifik.


Beberapa produk memiliki bagian yang dapat disesuaikan untuk membuat gunting lebih mudah digerakkan. Tiga bagian dari gunting tanaman yang dapat Anda adjust adalah handel, bilah pisau, serta ketegangan pegas. Beberapa model mempunyai handel yang bisa Anda putar atau panjangkan. Ada pula gunting yang dibekali pisau yang dapat diputar.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Gunting Tanaman Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Gunting Tanaman terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber (diperbarui tanggal 08 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe gunting
Bahan
Mekanisme potong
Bagian yang bisa disesuaikan
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
1

Nankai

Gunting Rumput 3 Posisi Junior

Nankai Gunting Rumput 3 Posisi Junior 1

Rp68.750

Agak Murah

Bisa memotong dalam tiga posisi, lebih mudah dalam pengerjaan detail

Rumput

Baja

Tidak diketahui

Mata pisau

2

Hasston Prohex

Gunting Bunga Handgrip Karet 2 Warna1353-005

Hasston Prohex  Gunting Bunga Handgrip Karet 2 Warna 1

Rp41.550

Lebih Murah

Sahabat Anda saat memetik dan merangkai bunga

Stek

Stainless steel

Pegas

Tidak ada

3

Kenmaster

Gunting Grafting ToolGUNT083

Kenmaster Gunting Grafting Tool 1

Rp152.125

Menengah

Okulasi menjadi makin mudah dengan gunting yang satu ini!

Stek

Carbon steel, ABS, aluminium

Pegas

Tidak ada

4

IRONHOOF

Garden Cordless Pruning Shear Scissors

IRONHOOF Garden Cordless Pruning Shear Scissors 1

Rp1.439.000

Lebih Mahal

Hadapi tugas berkebun dengan nyaman dan efisiensi tinggi

Stek

PVC, metal

Elektrik

Tidak ada

5

LIPPRO Tools

Gunting Serbaguna 8 Inch241-28

LIPPRO Tools Gunting Serbaguna 8 Inch 1

Rp74.000

Agak Murah

Tidak hanya untuk tanaman, serbaguna juga untuk hal lainnya

Snip

Stainless steel

Pegas

Tidak ada

6

Xander

Gunting Dahan + TaliGUNT071

Xander  Gunting Dahan + Tali 1

Rp162.125

Agak Mahal

Selain digunakan sebagai gunting, gergaji pun jadi!

Tidak diketahui

Stainless steel

Pegas

Pisau gergaji

7

Eelic

Gunting TanamanGUT-H71CM

Eelic Gunting Tanaman 1

Rp49.000

Agak Murah

Bisa dipanjangkan, lebih mudah memangkas batang pohon yang tinggi

Gagang panjang

Besi baja, karet

Tidak diketahui

Handel, mata pisau

8

Tekiro

Pruning Shear Straight 6"GD-PS1780

Tekiro Pruning Shear Straight 6" 1

Rp93.500

Menengah

Kuat, antikarat, dan nyaman di tangan, item wajib bagi pencinta bonsai!

Snip

Stainless steel

Pegas

Tidak ada

9

Berent

Bypass Pruners BT6001

Berent  Bypass Pruners  1

Rp118.350

Menengah

Didesain ergonomis agar tangan Anda tetap nyaman dan bebas lelah

Stek

Stainless steel

Pegas

Tidak ada

10

Yardsmith

Gunting Rumput Dahan Tinggi

Yardsmith Gunting Rumput Dahan Tinggi  1

Rp299.900

Agak Mahal

Rasakan kemudahan memangkas tanaman tinggi tanpa repot membungkuk

Gagang panjang

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Pisau gergaji

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NankaiGunting Rumput 3 Posisi Junior

Gunting Rumput 3 Posisi Junior 1
Sumber: nankai.co.id
Gunting Rumput 3 Posisi Junior 2
Sumber: nankai.co.id
Gunting Rumput 3 Posisi Junior 3
Sumber: nankai.co.id
Gunting Rumput 3 Posisi Junior 4
Sumber: shopee.co.id
Gunting Rumput 3 Posisi Junior 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp68.750
Agak Murah
Harga referensi
Rp68.750
Agak Murah

Bisa memotong dalam tiga posisi, lebih mudah dalam pengerjaan detail

Gunting rumput berteknologi Jepang merek Nankai ini bisa memotong secara horizontal, vertikal, ataupun diagonal. Dengan begitu, produk ini dapat mengikuti gerakan tangan Anda secara lebih fleksibel saat memotong tanaman atau rumput. Anda yang membutuhkan pengerjaan detail dalam memangkas ranting atau batang layak mempertimbangkan gunting rumput ini.


Tak hanya itu, gunting taman ini juga memiliki mata pisau yang lebih tajam sekaligus durable. Itu semua berkat penggunaan bahan German vanadium steel pada mata pisaunya.

Tipe guntingRumput
Bahan Baja
Mekanisme potongTidak diketahui
Bagian yang bisa disesuaikanMata pisau
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Hasston Prohex Gunting Bunga Handgrip Karet 2 Warna1353-005

Harga referensi
Rp41.550
Lebih Murah

Sahabat Anda saat memetik dan merangkai bunga

Merawat tanaman bunga, memetik bunganya, lalu merangkainya ke dalam vas bunga yang cantik menjadi kesenangan bagi sebagian orang. Bila hal tersebut juga kegemaran Anda, milikilah produk ini. Dengan ujung mata pisau yang lancip untuk ukuran gunting stek, Anda bisa memotong bunga target dengan lebih presisi. Dengan potongan batang bunga yang clean, bunga-bunga pun akan lebih mudah untuk dirangkai.

Tipe guntingStek
Bahan Stainless steel
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanTidak ada
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.3

KenmasterGunting Grafting ToolGUNT083

Harga referensi
Rp152.125
Menengah

Okulasi menjadi makin mudah dengan gunting yang satu ini!

Jika Anda sedang mencari gunting tanaman untuk membuat pekerjaan okulasi menjadi makin efisien, produk inilah solusinya. Anda hanya perlu menjepit batang bibit dengan bagian baut berwarna oranye untuk menghasilkan potongan yang runcing.


Lakukan hal yang sama pada pohon rootstock untuk membuat lubang yang cocok dengan potongan bibit sebelumnya. Dengan begitu, keduanya akan menempel dengan sempurna dan kemungkinan okulasi Anda berhasil menjadi lebih besar.

Tipe guntingStek
Bahan Carbon steel, ABS, aluminium
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanTidak ada
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.4

IRONHOOFGarden Cordless Pruning Shear Scissors

Harga referensi
Rp1.439.000
Lebih Mahal

Hadapi tugas berkebun dengan nyaman dan efisiensi tinggi

Hadirkan keahlian berkebun tanpa usaha ekstra dengan gunting pemangkas nirkabel dari IRONHOOF. Desain ergonomis yang ringan memberikan kenyamanan maksimal tanpa membuat tangan Anda bekerja keras. Teknologi nirkabel memastikan kebebasan tanpa batas saat merapikan taman Anda. 


Dengan pisau tajam dan presisi, gunting ini cocok untuk berbagai tanaman, dari bunga hingga semak tebal. Produk ini direkomendasikan untuk pencinta taman yang mencari kemudahan dan efisiensi. Buat taman impian Anda tampak rapi dan indah dengan IRONHOOF Garden Cordless Pruning Shear Scissors.

Tipe guntingStek
Bahan PVC, metal
Mekanisme potongElektrik
Bagian yang bisa disesuaikanTidak ada
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.5

LIPPRO ToolsGunting Serbaguna 8 Inch241-28

Harga referensi
Rp74.000
Agak Murah

Tidak hanya untuk tanaman, serbaguna juga untuk hal lainnya

Baru mulai belajar cara budidaya tanaman? Jika iya, jadikan produk ini sebagai starter pack Anda. Gunting dari LIPPRO ini adalah gunting serbaguna yang pas untuk memotong ranting pada bibit muda. Bila ternyata budidaya tanaman bukan hal yang tepat bagi Anda, gunting ini pun tidak akan mubazir. Hal itu karena produk ini juga dapat digunakan untuk memotong seng, kain, dan sebagainya.

Tipe guntingSnip
Bahan Stainless steel
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanTidak ada
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.6

Xander Gunting Dahan + TaliGUNT071

Harga referensi
Rp162.125
Agak Mahal

Selain digunakan sebagai gunting, gergaji pun jadi!

Adakala batang pohon menutupi rambu lalu lintas atau berada terlalu dekat ke tiang listrik. Terutama bila batang pohon tersebut berukuran besar, hal tersebut tentu akan membahayakan. Dalam kasus seperti ini, gunakan Gunting Dahan + Tali dari Xander.


Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari gunting tanaman yang mampu memotong ukuran dahan yang bervariasi. Apabila batang yang akan Anda potong terlalu tebal, pasang saja bagian gergaji pada ujung produk. Praktis, bukan?

Tipe guntingTidak diketahui
Bahan Stainless steel
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanPisau gergaji
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.7

EelicGunting TanamanGUT-H71CM

Harga referensi
Rp49.000
Agak Murah

Bisa dipanjangkan, lebih mudah memangkas batang pohon yang tinggi

Berbeda dengan jenis gunting tanaman lainnya, Anda perlu menggunakan dua tangan untuk mengoperasikan gunting gagang panjang. Oleh karena tenaga yang dikeluarkan naik menjadi dua kali lipat, Anda akan bisa memotong dahan tebal dengan mudah.


Produk ini juga dilengkapi handel yang bisa dipanjangkan hingga 71 cm untuk membantu Anda saat memangkas. Anda yang ingin merapikan dahan pohon di halaman, bisa mempertimbangkan untuk memilih produk ini.

Tipe guntingGagang panjang
Bahan Besi baja, karet
Mekanisme potongTidak diketahui
Bagian yang bisa disesuaikanHandel, mata pisau
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.8

TekiroPruning Shear Straight 6"GD-PS1780

Harga referensi
Rp93.500
Menengah

Kuat, antikarat, dan nyaman di tangan, item wajib bagi pencinta bonsai!

Gunting tanaman yang satu ini dirancang khusus untuk pemotongan heavy duty. Bilah pisaunya telah melalui proses tempering untuk meningkatkan ketahanannya. Anda juga tak perlu khawatir akan karatan sebab pisaunya terbuat dari bahan stainless steel.


Bagian handelnya nyaman digenggam agar Anda dapat menggunakannya untuk waktu lama. Gunting ini pun diklaim cocok untuk pekerjaan yang delicate seperti menipiskan batang tanaman atau batang yang telah berbunga. Oleh sebab itu, produk ini ideal untuk membuat detail pada pohon bonsai.

Tipe guntingSnip
Bahan Stainless steel
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanTidak ada
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.9

Berent Bypass Pruners BT6001

Bypass Pruners  1
Sumber: shopee.co.id
Bypass Pruners  2
Sumber: shopee.co.id
Bypass Pruners  3
Sumber: shopee.co.id
Bypass Pruners  4
Sumber: shopee.co.id
Bypass Pruners  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp118.350
Menengah
Harga referensi
Rp118.350
Menengah

Didesain ergonomis agar tangan Anda tetap nyaman dan bebas lelah

Pangkas tanaman Anda dengan presisi tinggi menggunakan Berent Bypass Pruners, alat pemotong taman terbaik. Didesain ergonomis, pruner ini memberikan kenyamanan maksimal selama penggunaan sehingga memastikan tangan Anda tidak mudah pegal.


Sementara itu, pisau tajam dan sistem pemotongan bypass membuatnya sempurna untuk pemangkasan tanaman hias dan semak. Oleh karena itu, produk ini direkomendasikan untuk para pencinta taman, ahli berkebun, bahkan pemula yang menghargai alat berkualitas untuk hasil optimal.

Tipe guntingStek
Bahan Stainless steel
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanTidak ada
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all
No.10

YardsmithGunting Rumput Dahan Tinggi

Gunting Rumput Dahan Tinggi  1
Sumber: shopee.co.id
Gunting Rumput Dahan Tinggi  2
Sumber: shopee.co.id
Gunting Rumput Dahan Tinggi  3
Sumber: shopee.co.id
Gunting Rumput Dahan Tinggi  4
Sumber: shopee.co.id
Gunting Rumput Dahan Tinggi  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp299.900
Agak Mahal
Harga referensi
Rp299.900
Agak Mahal

Rasakan kemudahan memangkas tanaman tinggi tanpa repot membungkuk

Yardsmith Gunting Rumput Dahan Tinggi memberikan solusi efisien untuk merapikan taman Anda dengan mudah. Didesain khusus untuk memotong rumput dan dahan tinggi, alat ini memberikan presisi tanpa perlu membungkuk atau meraih tinggi. 


Pegangan ergonomis dan mata pisau tajam memastikan pekerjaan pemangkasan berjalan mulus. Produk ini ideal untuk pemilik taman yang menginginkan kenyamanan dan hasil yang rapi agar taman selalu terlihat terawat dan menawan.

Tipe guntingGagang panjang
Bahan Tidak diketahui
Mekanisme potongTidak diketahui
Bagian yang bisa disesuaikanPisau gergaji
Bahan bakar
Tipe mata pisau
Lebar pemotongan
Tinggi pemotongan
Kotak rumput
Skala
Mode semprotan
Pilihan kapasitas
View all

Cara merawat gunting tanaman Anda

Cara merawat gunting tanaman Anda
Sumber: tekiro.com

Pemeliharaan gunting tanaman yang benar tidak hanya membuatnya tahan lama, tetapi juga akan melindungi tanaman dari penyakit. Hal ini disebabkan oleh penyakit dapat menyebar antar tanaman melewati gunting tanaman yang kotor. Ingin tahu bagaimana cara memelihara gunting tanaman dengan benar? Langsung saja simak tips kami berikut ini!


  • Bersihkan gunting Anda dengan air setelah tiap pemakaian untuk menghilangkan partikel tanah yang terinfeksi serta getah. Lalu, keringkan dengan kain untuk mencegah timbulnya karat.
  • Setelah dikeringkan, jangan lupa untuk mengasah gunting secara berkala. Hal ini dilakukan agar ketajamannya terus terjaga.
  • Seperti dokter bedah dan peralatan operasinya, Anda juga harus mensterilisasi gunting Anda. Cukup semprotkan alkohol 70% ke gunting Anda dan dibiarkan hingga kering.
  • Jika gunting Anda dilengkapi pisau berbahan baja karbon, jangan lupa untuk mengasahnya. Kemudian, oleskan sedikit minyak untuk melindungi pisau dari karat sebelum menyimpannya di tempat yang aman.
  • Pastikan bahwa tempat penyimpanannya tidak terkena matahari dan tidak dapat dijangkau oleh anak kecil atau hewan peliharaan. Pastikan juga tempat penyimpanannya bukan di tempat yang lembap. Menyimpan gunting tanaman di tempat yang lembap akan menyebabkan karat meskipun sudah kering saat disimpan.
  • Alangkah lebih baik jika gunting tanaman diberi cairan antikarat, terutama pada bagian pivot screw dan pegas (jika ada).

Cukup mudah, bukan? Merawat peralatan berkebun sama pentingnya dengan merawat kebun Anda. So, jangan biarkan peralatan berkebun Anda kotor, ya!

5 Rekomendasi Gunting Tanaman terbaik

No. 1: NankaiGunting Rumput 3 Posisi Junior

No. 2: Hasston Prohex Gunting Bunga Handgrip Karet 2 Warna1353-005

No. 3: KenmasterGunting Grafting ToolGUNT083

No. 4: IRONHOOFGarden Cordless Pruning Shear Scissors

No. 5: LIPPRO ToolsGunting Serbaguna 8 Inch241-28

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Kebun & luar ruangan
  4. 10 Rekomendasi Gunting Tanaman Terbaik [Ditinjau oleh Arsitek Lanskap]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.