• 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gunting Tanaman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)

Bagi Anda yang suka berkebun, gunting tanaman, dahan, atau rumput, merupakan alat yang wajib dimiliki. Gunting ini biasanya dipakai untuk memangkas dahan tanaman agar terlihat lebih rapi sekaligus untuk menjaga kesehatannya. Alat ini juga berguna bila Anda ingin melakukan stek atau okulasi pada tanaman.


Simak tips di bawah ini untuk mengetahui cara memilih gunting tanaman yang bagus untuk bunga atau pohon di taman Anda. Kami juga akan menghadirkan rekomendasi produk gunting tanaman dari Krisbow, Tekiro, Hasston Prohex, dan merek terkenal lainnya. Artikel ini ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Setia Permana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek lanskap, Setia Permana

Profil pakar: Arsitek lanskap, Setia Permana
Setia Permana
Landscape architect
Setia Permana

Setia adalah lulusan Arsitektur Lanskap, Institut Pertanian Bogor. Ia sudah menjadi seorang praktisi lanskap selama tiga tahun khususnya di bidang desain dan maintenance lanskap. Sebelum wisuda, Setia sudah mulai bekerja sebagai pedestrian way designer di suatu perusahaan swasta di Jakarta. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Dinas Bina Marga.


Setia melanjutkan kariernya membuat perancangan/redesain taman-taman yang ada di Sudirman Central Business District (SCBD) sebagai arsitek lanskap. Ia membuat rencana perawatan hingga mengevaluasi hasil perawatannya sebagai bentuk perawatan keberlanjutan.

Manfaat memotong tanaman secara berkala

Manfaat memotong tanaman secara berkala

Memotong tanaman bukan hanya untuk menjaga sisi estetis atau kerapiannya. Berikut beberapa hal yang akan meyakinkan Anda mengenai pentingnya pemotongan pada tanaman.


  • Mencegah hal-hal yang tidah diinginkan atau alasan keamanan

Pada beberapa tanaman yang tumbuh hingga tinggi atau besar, ada kemungkinan menganggu lingkungannya. Karena itu, tanaman harus dipotong secara berkala. Misalnya, untuk mencegah pohon memblokir tiang listrik.


  • Menjaga kesehatan tanaman secara umum

Tanaman yang dipotong mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan ventilasi sehingga menjadi lebih sehat dan kuat terhadap penyakit. Anda juga dapat menemukan lebih awal tanda-tanda penyakit pada tanaman Anda.


  • Mencegah penyebaran penyakit pada tanaman

Hal ini masih berhubungan dengan penemuan lebih awal tanda-tanda penyakit pada tanaman. Dengan menghilangkan bagian tanaman yang terkena penyakit, penyebarannya ke seluruh tubuh tanaman atau tanaman lainnya pun dapat dicegah.


  • Mengoptimalkan pertumbuhan bunga atau buah

Makin banyak bunga atau buah yang dihasilkan tanaman, makin kecil ukurannya. Anda perlu memotong dahan, bunga, serta buah yang lama. Meskipun jumlah bunga dan buah yang baru menjadi lebih sedikit, kualitasnya akan lebih baik.


  • Merangsang pertumbuhan tunas baru

Bagian tanaman yang dipotong akan tumbuh kembali dalam bentuk jaringan yang lebih muda. Sementara itu, bibit pertumbuhan bunga dan buah muncul pada jaringan muda (meristem) tumbuhan. Memotong tanaman jelas akan mendukung hal tersebut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gunting tanaman

Gunting tanaman tersedia dalam bentuk, ukuran, dan harga yang beragam. Untuk mendapatkan produk yang pas, simak dulu poin-poin terpenting dalam memilih gunting tanaman di bawah ini!

Pilihlah berdasarkan bagian tanaman yang ingin Anda potong

Tanaman mempunyai banyak bagian dengan ketebalan yang berbeda. Karena itu, Anda perlu menyesuaikan ukuran serta bentuk gunting tanaman dengan bagian yang ingin dipotong. Untuk menemukan produk yang paling tepat, simak penjelasan berikut ini.

Gunting snip, cocok untuk pekerjaan yang rinci

Gunting snip, cocok untuk pekerjaan yang rinci

Gunting snip bisa berbentuk seperti gunting biasa ataupun produk hand grip. Ukurannya yang kecil membuatnya pas untuk melakukan pekerjaan yang rinci, seperti merapikan tanaman bonsai.


Gunting snip pada umumnya digunakan untuk pemangkasan yang lebih detail yakni pada bagian daun. Khususnya pada bonsai, dibutuhkan ketelitian dalam memangkasnya. Tujuan pemangkasannya adalah untuk menciptakan suatu bentuk yang sudah direncanakan.


Jika Anda ingin menyiapkan rangkaian bunga atau sukulen untuk sebuah acara, gunting inilah solusinya. Selain itu, gunting snip mampu membuat potongan yang bersih agar tanaman Anda cepat pulih. Di sisi lain, tipe ini tidak dapat memotong ranting yang tebal.

Gunting stek, menghilangkan ranting yang tua

Gunting stek, menghilangkan ranting yang tua

Tipe yang satu ini adalah must-have untuk Anda yang suka berkebun. Gunting stek memiliki pisau yang melengkung agar dapat mencengkeram dahan dengan baik. Anda dapat memakainya untuk memotong ranting mati atau yang terkena penyakit. Dengan begitu, tanaman akan menjadi makin sehat dan rajin berbunga atau berbuah.


Bentuk melengkung pada gunting stek dapat membantu memotong batang yang tebal. Gunting stek memotong dahan secara perlahan dari lapisan terluar sampai terpotong sepenuhnya dengan rapi. Gunting stek juga sering digunakan untuk memangkas tanaman yang akan dibibitkan kembali secara stek batang.


Berbeda dengan tipe snip, Anda dapat memangkas dahan tebal menggunakan gunting stek yang dilengkapi mekanisme ratchet. Akan tetapi, terkadang bekas potongannya tidak bersih sehingga tanaman Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Gunting rumput, memotong rumput liar yang mengganggu

Gunting rumput, memotong rumput liar yang mengganggu

Anda mungkin berpikir bahwa mesin potong rumput adalah alat terbaik untuk menghilangkan gulma tanaman pengganggu dari halaman rumah. Akan tetapi, gulma akan lebih baik jika dicabut sampai ke akarnya agar tidak tumbuh kembali. Tidak menutup kemungkinan gulma tersebut mati dan tidak tumbuh kembali bila hanya diatasi dengan pemangkasan.


Seperti namanya, gunting rumput digunakan untuk memangkas rumput yang pertumbuhannya sudah terlalu lebat dan penuh. Selain itu, gunting rumput juga digunakan untuk pemangkasan pada daun semak yang mudah dibentuk (bonsai). Daun semak tersebut misalnya Acalypha siamensis, Ixora sp., Tabernaemontana corymbosa, dan lain-lain.


Tumbuhan tersebut memiliki bunga sehingga ketika Anda memangkasnya, Anda dapat memilah sisi yang tepat agar bunga tidak terpangkas. Ada juga gunting rumput listrik untuk Anda yang ingin menghemat waktu saat memangkas tanaman.

Gunting gagang panjang, bantu Anda meraih dahan tinggi

Gunting gagang panjang, bantu Anda meraih dahan tinggi

Ingin memotong dahan tinggi yang berada dekat tiang listrik atau memanen buah rambutan? Gunakan saja gunting gagang panjang. Handelnya bisa dipanjangkan untuk mencapai bagian pohon yang susah diraih. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi memanjat pohon atau menyiapkan tangga terlebih dahulu. Beberapa produk juga dilengkapi gergaji untuk memotong kayu tebal.


Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk pemotongan batang-batang yang berukuran besar dan tebal dengan mudah. Gagang panjang tersebut berprinsip sebagai tuas.

Perhatikan bahan bilah pisaunya

Bilah pisau pada gunting tanaman bisa terbuat dari dua bahan, yakni baja karbon dan stainless steel. Pisau berbahan baja karbon bisa tahan untuk waktu lama. Namun, jenis ini perlu diasah dan dibersihkan secara berkala untuk mencegah karatan.


Bilah pisau stainless steel antikarat dan biasanya dilapisi dengan bahan non-stick untuk mencegah getah menempel ke pisau. Di sisi lain, tipe ini akan mulai retak dengan berjalannya waktu.


Bahan baja akan lebih cepat teroksidasi dibandingkan stainless steel. Bahan baja harus langsung dikeringkan setelah dicuci dan disimpan di tempat yang kering. Jangan lupa untuk memberikan cairan antikarat pada bagian-bagian tertentu, seperti pivot screw dan pegas.

Cek mekanisme potongnya

Gunting tanaman hadir dengan dua jenis mekanisme potong, yaitu pegas dan ratchet. Gunting dengan mekanisme pegas sering ditemukan di pasaran sehingga harganya pun lebih terjangkau. Model gunting pegas akan membantu Anda memangkas pada bagian daun, seperti gunting snip dan gunting rumput. Hal ini disebabkan oleh pemangkasannya dilakukan secara menerus dan berulang.


Jika daya grip Anda rendah atau Anda perlu memotong dahan yang tebal, pilihlah tipe ratchet. Model ratchet digunakan untuk memangkas ranting atau batang tanaman yang strukturnya lebih kuat dan tebal.


Model ratchet dapat meminimalkan usaha yang Anda keluarkan. Desainnya membantu mengurangi tekanan yang diperlukan untuk memotong dahan tebal. Dengan begitu, tangan Anda tidak akan mudah lelah dan Anda dapat bekerja dengan lebih efisien.

Pilihlah gunting yang mudah disesuaikan

Pilihlah gunting yang mudah disesuaikan

Pemilihan gunting disesuaikan dengan bagian yang akan dipangkas (daun atau batang). Tidak semua jenis gunting dapat digunakan untuk semua tujuan. Akan lebih baik jika fungsinya spesifik.


Beberapa produk memiliki bagian yang dapat disesuaikan untuk membuat gunting lebih mudah digerakkan. Tiga bagian dari gunting tanaman yang dapat Anda adjust adalah handel, bilah pisau, serta ketegangan pegas. Beberapa model mempunyai handel yang bisa Anda putar atau panjangkan. Ada pula gunting yang dibekali pisau yang dapat diputar.

10 Rekomendasi gunting tanaman terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gunting tanaman terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 Juni 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Sellery 8” Ratcheting Pruner Shears menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Chillington Tools Tree Pruners memiliki angka penjualan tertinggi. 


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Setia Permana.

10

Deli ToolsDeli Lopper 26.5"

EDL2779

Mulai dari Rp 156.000,00

Tipe guntingGagang panjang
Bahan bilah pisauBaja karbon
Mekanisme potongTuas
Bagian yang bisa disesuaikan×
9

TORAGunting Rumput Gagang Kayu 56.5 cm

HS565CM

Mulai dari Rp 395.000,00

Tipe guntingRumput
Bahan bilah pisauTidak disebutkan
Mekanisme potongTuas
Bagian yang bisa disesuaikan×
8

TekiroPruning Shear Straight 6"

GD-PS1780

Mulai dari Rp 84.000,00

Tipe guntingSnip
Bahan bilah pisauStainless steel
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikan×
7

LIPPRO ToolsGunting Serbaguna 8 Inch

241-28

Mulai dari Rp 74.000,00

Tipe guntingSnip
Bahan bilah pisauKrom dan besi
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikan×
6
Tipe guntingGagang panjang
Bahan bilah pisauBaja
Mekanisme potongTuas
Bagian yang bisa disesuaikanGagang
5
Tipe guntingStek
Bahan bilah pisauBaja karbon
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikan×
4

Hasston Prohex Gunting Bunga Handgrip Karet 2 Warna

1353-005

Mulai dari Rp 43.175,00

Tipe guntingStek
Bahan bilah pisauTidak disebutkan
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikan×
3
Tipe guntingStek
Bahan bilah pisauTidak disebutkan
Mekanisme potongTidak disebutkan
Bagian yang bisa disesuaikan×
2

NANKAIGunting Rumput 3 Posisi Junior

094 - 01

Mulai dari Rp 62.500,00

Tipe guntingRumput
Bahan bilah pisauBaja
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanMata pisau
1
Tipe guntingGagang panjang
Bahan bilah pisauTidak disebutkan
Mekanisme potongPegas
Bagian yang bisa disesuaikanBilah pisau

Tabel perbandingan produk gunting tanaman terbaik

Gambar produk
1
Chillington Tools Tree Pruners 1

Chillington Tools

2
NANKAI Gunting Rumput 3 Posisi Junior 1

NANKAI

3
Krisbow Gunting Dahan 20 cm 1

Krisbow

4
Hasston Prohex  Gunting Bunga Handgrip Karet 2 Warna 1

Hasston Prohex

5
Kenmaster Gunting Grafting Tool 1

Kenmaster

6
Eelic Gunting Tanaman 1

Eelic

7
LIPPRO Tools Gunting Serbaguna 8 Inch 1

LIPPRO Tools

8
Tekiro Pruning Shear Straight 6" 1

Tekiro

9
TORA Gunting Rumput Gagang Kayu 56.5 cm 1

TORA

10
Deli Tools Deli Lopper 26.5" 1

Deli Tools

Nama produk

Tree Pruners

Gunting Rumput 3 Posisi Junior

Gunting Dahan 20 cm

Gunting Bunga Handgrip Karet 2 Warna

Gunting Grafting Tool

Gunting Tanaman

Gunting Serbaguna 8 Inch

Pruning Shear Straight 6"

Gunting Rumput Gagang Kayu 56.5 cm

Deli Lopper 26.5"

Keunggulan

Bukan hanya gunting, gergaji pun jadi!

Bekerja lebih efisien dengan tiga pilihan posisi!

Bantu Anda memetik bunga berduri dengan aman

Sahabat Anda saat memetik dan merangkai bunga

Okulasi menjadi makin mudah dengan gunting yang satu ini!

Bisa dipanjangkan, lebih mudah memangkas batang pohon yang tinggi

Tidak hanya untuk tanaman, serbaguna juga untuk hal lainnya

Kuat, antikarat, dan nyaman di tangan, item wajib bagi pencinta bonsai!

Lebih nyaman digunakan bila tangan Anda mudah berkeringat

Memotong dahan tinggi dan tebal bukan lagi masalah!

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 62.500,00Rp 202.020,00Rp 43.175,00Rp 120.000,00Rp 97.000,00Rp 74.000,00Rp 84.000,00Rp 395.000,00Rp 156.000,00
Tipe guntingGagang panjangRumputStekStekStekGagang panjangSnipSnipRumputGagang panjang
Bahan bilah pisauTidak disebutkanBajaTidak disebutkanTidak disebutkanBaja karbonBajaKrom dan besiStainless steelTidak disebutkanBaja karbon
Mekanisme potongPegasPegasTidak disebutkanPegasPegasTuasPegasPegasTuasTuas
Bagian yang bisa disesuaikanBilah pisauMata pisau×××Gagang××××
Tautan produk

Cara merawat gunting tanaman Anda

Pemeliharaan gunting tanaman yang benar tidak hanya membuatnya tahan lama, tetapi juga akan melindungi tanaman dari penyakit. Hal ini disebabkan oleh penyakit dapat menyebar antar tanaman melewati gunting tanaman yang kotor. Ingin tahu bagaimana cara memelihara gunting tanaman dengan benar? Langsung saja simak tips kami berikut ini!


  • Bersihkan gunting Anda dengan air setelah tiap pemakaian untuk menghilangkan partikel tanah yang terinfeksi serta getah. Lalu, keringkan dengan kain untuk mencegah timbulnya karat.
  • Setelah dikeringkan, jangan lupa untuk mengasah gunting secara berkala. Hal ini dilakukan agar ketajamannya terus terjaga.
  • Seperti dokter bedah dan peralatan operasinya, Anda juga harus mensterilisasi gunting Anda. Cukup semprotkan alkohol 70% ke gunting Anda dan dibiarkan hingga kering.
  • Jika gunting Anda dilengkapi pisau berbahan baja karbon, jangan lupa untuk mengasahnya. Kemudian, oleskan sedikit minyak untuk melindungi pisau dari karat sebelum menyimpannya di tempat yang aman.
  • Pastikan bahwa tempat penyimpanannya tidak terkena matahari dan tidak dapat dijangkau oleh anak kecil atau hewan peliharaan. Pastikan juga tempat penyimpanannya bukan di tempat yang lembap. Menyimpan gunting tanaman di tempat yang lembap akan menyebabkan karat meskipun sudah kering saat disimpan.
  • Alangkah lebih baik jika gunting tanaman diberi cairan antikarat, terutama pada bagian pivot screw dan pegas (jika ada).

Cukup mudah, bukan? Merawat peralatan berkebun sama pentingnya dengan merawat kebun Anda. So, jangan biarkan peralatan berkebun Anda kotor, ya!

Baca juga rekomendasi produk perawatan kebun lainnya di sini

Untuk merawat kebun agar terlihat indah, Anda membutuhkan aneka macam gardening tools, seperti rak bunga, mesin pemotong rumput, dan sekop. Karena itu, jangan lupa menyimak artikel di bawah ini untuk melengkapi peralatan Anda.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan produk yang sesuai? Gunting tanaman adalah alat yang penting dalam perawatan kebun. Ukuran serta bentuk gunting yang cocok untuk Anda akan bergantung pada bagian tanaman yang ingin Anda potong.


Perhatikan mekanisme pegasnya, khususnya jika tangan Anda mudah pegal. Produk dengan pisau stainless steel tidak sekuat bahan baja karbon, tetapi antikarat. Untuk kenyamanan penggunaan, pilihlah gunting yang dapat disesuaikan. Semoga tanaman Anda selalu sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik, mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara memperindah rumah adalah menghiasinya dengan tanaman. Anda bisa memulai dengan merawat tanaman hias gantung, tanaman hias daun, keladi, atau bunga. Merawat tanaman tidak hanya membuat rumah asri, tetapi juga bisa sebagai pelepas stres.Kami akan mengulas bibit tanaman hias yang bagus untuk ditanam di rumah, baik untuk indoor maupun outdoor. Tanaman tersebut di antaranya adalah monstera, janda bolong, atau sirih gading. Sebelum membaca lebih lanjut, bacalah dahulu tips memilih merek tanaman hias yang cocok ditanam di rumah Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori