• 10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Andrea Hirata merupakan penulis asli Indonesia yang memenangkan beberapa penghargaan sastra internasional. Hampir seluruh novel karya Andrea Hirata diterbitkan oleh merk penerbit Bentang Pustaka. Salah satu karya legendarisnya yang telah diangkat ke layar lebar adalah Laskar Pelangi. 


Untuk Anda yang baru mengetahui karya Andrea Hirata atau ingin membaca ulang kumpulan novelnya, simaklah artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi novel Andrea Hirata terbaru yang bagus, seperti Buku Besar Peminum Kopi dan Guru Aini. Beberapa karya lama, seperti Sang Pemimpi dan Orang-Orang Biasa juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. 

  • Pembaharuan terakhir: 15 Juni 2021
  • 4.363 Views
Daftar isi

Biografi singkat Andrea Hirata

Andrea Hirata Seman Said Harun atau lebih dikenal Andrea Hirata lahir di Bangka Belitung pada tanggal 24 Oktober 1967. Namanya mulai terkenal ketika Laskar Pelangi meledak di pasaran dan diadaptasi ke bentuk film. Novel tersebut juga diterbitkan ke dalam 25 bahasa dan didistribusikan di lebih dari 130 negara. 


Mungkin di antara Anda juga yang bertanya-tanya, bagaimana kehidupan Andrea Hirata dan di mana kuliahnya? Andrea Hirata tumbuh dalam lingkungan keluarga miskin yang tinggal tak jauh dari tambang timah. Pengalaman inilah yang dituliskannya dalam bentuk novel, khususnya saat ia belajar di SD Muhammadiyah Gantong yang bangunannya nyaris roboh. 


Andrea Hirata lulus dan mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia. Setelah menyelesaikan sekolahnya, ia memperoleh beasiswa untuk studi di Universite de Paris Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, Inggris. Selain lulus cum laude, tesisnya di bidang ekonomi telekomunikasi diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia dan digunakan sebagai referensi ilmiah. 


Komitmennya yang tinggi di dunia pendidikan membuatnya mendirikan Museum Kata Andrea Hirata. Museum yang dibangun di kampung halamannya Pulau Belitung ini didesain sebagai tempat belajar dan pengenalan sastra.

Cara memilih novel Andrea Hirata

Banyak karya yang sudah ditulis Andrea Hirata, baik yang berupa novel berseri maupun novel tunggal. Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli novel Andrea Hirata. 

Pilih berdasarkan serinya

Sebagai sastrawan, Andrea Hirata memiliki banyak karya yang terjual laris di pasaran. Harus dari mana Anda membacanya? Penjelasan kami berikut ini akan membantu Anda mendapatkan alur cerita yang menarik. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!

Tetralogi Laskar Pelangi, perjalanan Ikal dari Belitung ke Eropa

Tetralogi Laskar Pelangi meliputi empat novel Andrea Hirata, yaitu Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Seri buku ini juga tercatat sebagai buku sastra Indonesia yang terjual laris sepanjang sejarah. Novel pertama berjudul Laskar Pelangi bercerita tentang kehidupan sepuluh anak dari keluarga miskin yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong. 


Nama Laskar Pelangi diberikan oleh Bu Muslimah, sosok guru yang paling berharga bagi sepuluh anak dalam cerita. Kehidupan Andrea Hirata digambarkan dalam sosok Ikal, anak SD yang memiliki minat tinggi pada sastra. Dalam tetralogi ini, dikisahkan juga bahwa Ikal memiliki mimpi untuk melanjutkan studi ke Sorbonne, Perancis. 


Dengan beasiswa Uni Eropa, mimpi Ikal akhirnya terwujud. Perjalanan Ikal kembali ke tanah Belitung dalam pencarian cinta kemudian diceritakan dalam novel berjudul Edensor dan Maryamah Karpov.

Seri Dwilogi Padang Bulan, kisah cinta Ikal dan perlombaan catur

Seri dwilogi karya Andrea Hirata ini meliputi novel berjudul Padang Bulan dan Cinta dalam Gelas. Dalam seri dwilogi Padang Bulan ini, Andrea Hirata mengisahkan tentang drama keluarga dan percintaan yang penuh haru dan tawa. Cinta Ikal yang begitu bulat kepada A Ling mendapat penolakan keras dari ayahnya. Di sini pula Ikal bertemu dengan Enong, gadis berhati teguh yang ingin mahir berbahasa Inggris.


Cerita yang berakhir menggantung dalam novel Padang Bulan ini dikisahkan dengan indah lewat novel kedua berjudul Cinta dalam Gelas. Dalam novel ini, penulis mengisahkan keputusan Ikal untuk membantu Enong dalam lomba catur yang mustahil dimenangkan. Humor-humor cerdas gaya masyarakat Melayu pun akan Anda temukan dalam setiap halamannya.

Seri Aini, kisah guru matematika bersama murid-muridnya

Dalam seri Aini, terdapat dua novel dengan genre pendidikan, yaitu Orang-Orang Biasa dan Guru Aini. Namun, untuk pertama kalinya juga Andrea Hirata menyisipkan cerita kejahatan, yaitu pada novel Orang-Orang Biasa. Dalam novel ini, tokoh utama yang diceritakan oleh Andrea Hirata adalah sosok guru matematika bernama Desi. 


Guru Desi dikisahkan sebagai sosok yang memiliki idealisme tinggi untuk mengajar di sekolah pelosok. Ia pun tak menyangka jika harus bertemu dengan murid-murid yang bodoh. Menariknya, satu di antara muridnya memiliki cita-cita menjadi dokter, yaitu Aini. Namun, jangankan untuk menjadi dokter, mengikuti pelajaran matematika saja ia merasakan sakit perut secara tiba-tiba. 


Dua tokoh yang diceritakan Andrea Hirata dalam novel seri Aini ini memiliki karakter yang unik. Andrea Hirata adalah lulusan sarjana ekonomi, tetapi ia mampu menghubungkan istilah-istilah matematika dengan realita kehidupan. Di sisi lain, meski novel ini mengangkat tema pendidikan, ia bisa menyisipkan cerita-cerita kejahatan yang akan membuat Anda terkejut. 


Selain tiga seri yang telah disebutkan di atas, terdapat juga novel lain yang layak untuk dibaca. Jika Anda ingin melengkapi koleksi novel Andrea Hirata, pertimbangkan juga untuk membeli Sebelas Patriot, Mozaik-Mozaik Terindah, dan judul-judul lainnya.

Pilihlah berdasarkan genre yang Anda sukai

Pilihlah berdasarkan genre yang Anda sukai

Bagi Anda yang sudah pernah membaca beberapa karya Andrea Hirata, Anda akan menemukan kemiripan tema dalam setiap novelnya. Meski setiap karyanya menceritakan kehidupan dan budaya orang Melayu, terdapat pilihan tema-tema lain, seperti pendidikan, persahabatan, dan sebagainya. Untuk itu, dari sekian banyaknya karya Andrea Hirata, Anda dapat mulai memilih berdasarkan genre yang Anda sukai.


Untuk mengetahui genre novel tersebut, Anda dapat membaca sinopsisnya pada bagian cover belakang buku. Jika Anda menyukai genre pendidikan dan persahabatan, Anda bisa membeli novel-novel dari seri Tetralogi Laskar Pelangi. Untuk genre komedi, novel berjudul Ayah dan Sirkus Pohon layak dipertimbangkan. Sementara untuk genre motivasi, Anda dapat memilih novel berjudul Guru Aini dan Sang Pemimpi. 

Cek keaslian produknya

Cek keaslian produknya

Saat Anda ingin membeli novel Andrea Hirata secara online, Anda akan menemukan buku-buku dengan harga yang beragam. Namun, pastikan Anda tidak tergiur dengan harga murah karena bisa jadi produk tersebut adalah palsu. Biasanya, novel yang dijual dengan harga murah memiliki kualitas cetakan yang jelek. 


Salah satu cirinya adalah tingkat presisi teks, kualitas warna, dan jenis kertas yang digunakan. Untuk itu, ada baiknya Anda membeli novel Andrea Hirata melalui penjual yang terpercaya. Jangan lupa juga untuk membaca ulasan pembeli sebelumnya melalui situs e-commerce yang Anda pilih. Perlu diingat juga bahwa novel-novel karya Andrea Hirata hanya dicetak oleh satu merek penerbit saja, yaitu Bentang Pustaka.

10 Rekomendasi novel Andrea Hirata terbaik

Kami telah mengulas beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih novel karya Andrea Hirata. Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi novel terbaik yang dapat Anda pilih sebagai bacaan.

10
SeriTunggal
GenrePerjuangan, cinta, persahabatan, pendidikan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman164
9
SeriTunggal
GenrePerjuangan, percintaan, komedi
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman204
8

Andrea HirataBuku Besar Peminum Kopi: Original Story

Mulai dari Rp 89.000,00

SeriTunggal
GenreKomedi, budaya
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman360
7
SeriAini
GenrePendidikan, perjuangan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman348
6

Andrea HirataOrang-Orang Biasa: Original Story

Mulai dari Rp 89.000,00

SeriAini
GenrePendidikan, perjuangan, kejahatan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman312
5

Andrea HirataSebelas Patriot

Mulai dari Rp 39.000,00

SeriTunggal
GenreKeluarga, perjuangan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman124
4
SeriTetralogi Laskar Pelangi
GenrePercintaan, persahabatan, pertualangan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman516
3
SeriDwilogi Padang Bulan
GenrePerjuangan, keluarga, percintaan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman309
2
SeriTetralogi Laskar Pelangi
GenrePendidikan, motivasi, persahabatan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman276
1
SeriTetralogi Laskar Pelangi
GenrePendidikan, persahabatan, perjuangan
PenerbitBentang Pustaka
Jumlah halaman340

Tabel perbandingan produk novel Andrea Hirata terbaik

Gambar produk
1
Andrea Hirata Laskar Pelangi: Edisi Original 1

Andrea Hirata

2
Andrea Hirata Sang Pemimpi: Edisi Original 1

Andrea Hirata

3
Andrea Hirata Padang Bulan 1

Andrea Hirata

4
Andrea Hirata Maryamah Karpov 1

Andrea Hirata

5
Andrea Hirata Sebelas Patriot 1

Andrea Hirata

6
Andrea Hirata Orang-Orang Biasa: Original Story 1

Andrea Hirata

7
Andrea Hirata Guru Aini 1

Andrea Hirata

8
Andrea Hirata Buku Besar Peminum Kopi: Original Story 1

Andrea Hirata

9
Andrea Hirata Ayah dan Sirkus Pohon 1

Andrea Hirata

10
Andrea Hirata Mozaik-Mozaik Terindah 1

Andrea Hirata

Nama produk

Laskar Pelangi: Edisi Original

Sang Pemimpi: Edisi Original

Padang Bulan

Maryamah Karpov

Sebelas Patriot

Orang-Orang Biasa: Original Story

Guru Aini

Buku Besar Peminum Kopi: Original Story

Ayah dan Sirkus Pohon

Mozaik-Mozaik Terindah

Keunggulan

Cerita persahabatan dan perjuangan menuntut ilmu

Pengembaraan anak-anak Belitung ke Eropa

Enong yang putus sekolah dan Ikal yang putus cinta

Menyelamatkan pujaan hati dari kelompok perompak

Cita-cita Ikal menjadi pemain PSSI

Tentang orang-orang pulau yang hidup apa adanya

Kisah perjuangan Aini dan gurunya yang menginspirasi

Novel unik yang membahas karakter peminum kopi

Mengisahkan tentang perjuangan dan percintaan

Merangkum cerita dari novel-novel karya Andrea Hirata

Harga mulai dariRp 89.000,00Rp 79.000,00Rp 79.000,00Rp 89.000,00Rp 39.000,00Rp 89.000,00Rp 99.000,00Rp 89.000,00Rp 69.000,00Rp 59.000,00
SeriTetralogi Laskar PelangiTetralogi Laskar PelangiDwilogi Padang BulanTetralogi Laskar PelangiTunggalAiniAiniTunggalTunggalTunggal
GenrePendidikan, persahabatan, perjuanganPendidikan, motivasi, persahabatanPerjuangan, keluarga, percintaanPercintaan, persahabatan, pertualanganKeluarga, perjuanganPendidikan, perjuangan, kejahatanPendidikan, perjuanganKomedi, budayaPerjuangan, percintaan, komediPerjuangan, cinta, persahabatan, pendidikan
PenerbitBentang PustakaBentang PustakaBentang PustakaBentang PustakaBentang PustakaBentang PustakaBentang PustakaBentang PustakaBentang PustakaBentang Pustaka
Jumlah halaman340276309516124312348360204164
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Untuk Anda yang suka membaca, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi novel terbaik dari berbagai genre. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Nama Andrea Hirata sangat terkenal di Indonesia, baik bagi orang yang hobi membaca maupun bukan. Tak hanya memanjakan imajinasi, karya Andrea Hirata juga memberi inspirasi dan motivasi. Jika Anda menyukai gaya penulisan Andrea Hirata, tentunya Anda akan segera melengkapi koleksi novel buatannya. 


Dari sepuluh judul yang sudah kami sebutkan di atas, novel manakah yang sudah Anda miliki? Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan bacaan terbaik, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita dari novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi juga banyak kutipan tulisan Tere Liye yang menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel terbaik dari Tere Liye, seperti Pulang, Negeri Para Bedebah, dan Hujan. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
    58.230 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari "Ayat-Ayat Cinta" hingga "Antologi Rasa". Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
    266.862 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari kamu. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Refrain, Kilovegram, dan Mariposa. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
    37.035 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta buku, Anda pasti sudah tidak asing dengan genre novel fantasi. Selain menghibur, membaca novel fantasi juga dapat memperluas cakrawala baca. Terdapat banyak novel-novel fantasi yang telah terbit di Indonesia dari penulis dalam maupun luar negeri. Beberapa judulnya yang terkenal adalah The Lord of the Rings, Lelaki Harimau, dan Ther Melian.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi novel fantasi yang bagus. Selain itu, kami juga membagikan tips memilih novel fantasi untuk masuk dimasukkan ke daftar bacaan Anda. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
    10.762 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    53.099 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Persahabatan adalah salah satu tema yang sering diangkat menjadi karya sastra, termasuk novel. Selain bisa menikmati kisah persahabatan para tokohnya, tak jarang novel tersebut memberikan sejumlah inspirasi dan motivasi. Saat pergi ke toko buku atau membuka e-commerce, banyak sekali novel persahabatan yang bagus dan mungkin menarik hati Anda.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih serta merekomendasikan sepuluh novel persahabatan terbaik. Anda akan menemukan sejumlah novel yang mungkin sudah tidak asing lagi, seperti Laskar Pelangi, The Kite Runners, dan 5 Cm. Simak sampai habis dan temukan novel pilihan Anda!
    Novel & sastra
    35.755 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Karya sastra Indonesia telah muncul sejak zaman kerajaan dan terus berkembang hingga saat ini. Selain memperkenalkan keragaman kebudayaan Indonesia, buku sastra juga mengajak pembaca untuk tenggelam dalam untaian kalimat indah. Alurnya pun menarik. Namun, banyaknya buku sastra Indonesia yang ditawarkan kerap membuat calon pembeli merasa kebingungan untuk memilihnya. Nah, kami akan berbagi tips memilih buku sastra Indonesia yang bagus, serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Anda akan menemukan "Bumi Manusia" karya Pramoedya Ananta Toer, "Hujan Bulan Juni" buatan Sapardi Djoko Damono, serta "Laskar Pelangi"-nya Andrea Hirata. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    8.574 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori