1. TOP
  2. >
  3. Buku
  4. >
  5. Buku pengembangan diri & karier
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sebagai orang tua, Anda harus bisa mendidik dan mengasuh anak-anak dengan optimal, serta memahami apa yang menjadi kebutuhan mereka. Untuk itu, Anda memerlukan bekal berupa ilmu parenting. Selain belajar dari pengalaman langsung, Anda juga bisa belajar soal pengasuhan anak dari buku parenting.


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih buku parenting yang bagus. Anda bisa memilih buku parenting best seller hingga buku parenting Islami dan modern. Kami juga akan memberikan rekomendasi buku parenting terbaik, seperti Bringing Up Bebe, Ayah Edy Menjawab, hingga Parenting++ karya Elly Risman. Selamat membaca!




Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Pentingnya mempelajari ilmu parenting

Pentingnya mempelajari ilmu parenting

Parenting adalah segala hal yang berhubungan dengan cara mendidik dan mengasuh anak. Asosiasi Psikologi Amerika (APA) mengungkapkan pada dasarnya parenting memiliki tiga tujuan utama. Tujuan ini mencakup untuk memastikan kesehatan dan keselamatan anak-anak, mempersiapkan mereka agar tumbuh produktif, dan menurunkan nilai-nilai budaya.


Penting bagi orang tua untuk memahami anak-anaknya, termasuk mengetahui proses perkembangan, kebutuhan, dan keunikan mereka. Karenanya, mempelajari tentang parenting sangatlah penting. Pasalnya, pola asuh orang tua memiliki peran besar dalam pembentukan karakter anak ketika ia dewasa nanti. Selain itu, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mempelajari parenting.


Sebagai contoh, dengan belajar parenting, Anda akan siap menerima perbedaan karakter tiap anak. Lalu, Anda akan siap menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi saat membesarkan mereka. Anda juga dapat berpikir secara logis dan menilai hal-hal yang baik dan buruk untuk anak-anak. Jadi, jangan ragu untuk belajar tentang ilmu parenting!

Cara memilih buku parenting

Setelah mengetahui alasan pentingnya mempelajari ilmu parenting, kini saatnya Anda memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum itu, perhatikan cara memilih buku parenting yang baik berikut ini.

① Pilih buku berdasarkan gaya pengasuhan Anda

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat memilih buku parenting adalah menyesuaikannya dengan gaya pengasuhan Anda. Kali ini, kami memberi contoh dua gaya pengasuhan, yakni parenting gaya modern dan parenting islami. Berikut penjelasannya. 

Modern parenting: Lebih terbuka dan fleksibel

Modern parenting: Lebih terbuka dan fleksibel

Modern parenting berarti pola asuh anak berdasarkan keunikan passion, nilai, dan kepercayaan keluarga. Gaya parenting ini mengarah pada cara membesarkan anak-anak yang baik sekaligus membangun ikatan yang erat dengan mereka. 


Ciri dari modern parenting adalah orang tua yang menyadari bahwa setiap keluarga itu unik dan berbeda satu sama lain. Mereka juga lebih terbuka untuk belajar tentang pola asuh yang baru dan lebih baik untuk anak-anaknya. 


Terakhir, orang tua modern selalu mengusahakan untuk membangun hubungan yang positif dan dekat dengan anak-anaknya. Apabila Anda ingin belajar menjadi orang tua yang modern, buku yang membahas tentang modern parenting sangat kami rekomendasikan.

Islamic parenting: Mengasuh dan mendidik anak berdasarkan syariat Islam

Islamic parenting: Mengasuh dan mendidik anak berdasarkan syariat Islam

Sebagai seorang muslim, Anda mungkin ingin menerapkan pola asuh anak dengan tiga kewajiban orang tua sesuai dengan syariat Islam. Pertama, mengenalkan hubungan antara manusia dengan Allah SWT atau hablumminallah. Orang tua perlu menjelaskan tentang konsep ketuhanan dan mengapa manusia harus taat terhadap perintah-Nya.


Selanjutnya, orang tua perlu mengajarkan tentang menjalin hubungan yang baik antara sesama manusia atau makhluk hidup (hablumminannas). Hal ini menyangkut tentang bagaimana cara berperilaku (tata krama), seperti saling menghormati, tolong menolong, adab bergaul, dan lain-lain. Terakhir, orang tua wajib mengajari anak untuk selalu menuntut ilmu kapan pun dan di mana pun.


Bagi Anda yang ingin menerapkan pola asuh anak yang sesuai dengan syariat Islam, pilihlah buku parenting islami. Buku bertema islami ini biasanya dilengkapi petikan ayat Alquran atau hadis dan memuat kisah nabi atau rasul. 

② Tentukan tema parenting yang ingin Anda pelajari

Tentukan tema parenting yang ingin Anda pelajari

Tahap selanjutnya adalah memilih buku parenting sesuai dengan tema yang ingin Anda pelajari. Terkait hal ini, buku parenting terbagi ke dalam dua kategori, yaitu buku bertema umum dan khusus. 


  • Buku parenting dengan tema umum memiliki bahasan yang mencakup beragam hal. Buku ini bisa dibaca oleh Anda yang sedang mempersiapkan diri menjadi orang tua sebagai pengetahuan dasar.
  • Buku parenting bertema montessori mengenalkan konsep, praktik, serta permainan kolaboratif yang membuat anak lebih mandiri dan aktif. 
  • Anda juga bisa memilih tema yang lebih khusus, misalnya tentang tips membatasi screen time supaya anak tidak kecanduan gadget
  • Pertimbangkan pula tema yang berkaitan dengan keseharian anak, misalnya kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepercayaan. Anda dapat mengenalkan konsep reward and punishment serta keteladanan agar dapat ditiru si kecil. 

③ Sesuaikan buku dengan kondisi tiap-tiap keluarga

Sesuaikan buku dengan kondisi tiap-tiap keluarga

Selain memilih tema yang berbeda, Anda juga bisa memilih berdasarkan gaya penulisannya. Ada buku yang ditulis dengan format tanya jawab, kumpulan artikel, esai, hingga buku yang berisikan pengalaman pribadi orang tua. Silakan pilih buku dengan gaya penulisan yang paling disukai.


Orang tua juga perlu memahami bahwa setiap anak berbeda, tidak hanya dalam kemampuannya, tetapi juga cara mereka melihat dunia. Oleh karena itu, kondisi keluarga dan anak-anak Anda juga patut dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat memilih buku parenting


Pasalnya, tiap-tiap keluarga pasti memiliki kondisi yang berbeda sehingga dibutuhkan buku yang berbeda pula. Misalnya, seorang single parent atau keluarga dengan anak berkebutuhan khusus akan membutuhkan buku yang berbeda dengan keluarga lain. Karenanya, cermatilah judul dan deskripsi buku dengan baik lalu pilihlah yang sesuai dengan kondisi keluarga Anda.

④ Pertimbangkan berdasarkan usia anak

Pertimbangkan berdasarkan usia anak

Poin lain yang tidak kalah penting adalah menyesuaikannya dengan usia anak. Ada sejumlah fase usia perkembangan pada anak sehingga Anda perlu memilih buku yang berbeda. 


  • Setelah anak lahir hingga usia dua tahun, Anda harus mempersiapkan diri sebagai orang tua baru. Buku parenting untuk bayi hingga batita biasanya berisi momen menyusui, ASI, hingga tabel tumbuh-kembang anak.
  • Saat anak berusia balita, Anda perlu buku parenting yang bisa mengembangkan kreativitas orang tua dalam menghadapi keaktifan si kecil. Ada buku yang membahas cara menghadapi anak yang sedang tantrum hingga potty training.
  • Anak usia lima hingga dua belas tahun memasuki usia sekolah sehingga harus dibekali sejumlah keterampilan dan kebiasaan. Tahun-tahun ini tergolong lebih menantang karena biasanya kebiasaan tersebut akan dibawa hingga dewasa.
  • Di usia tiga belas hingga tujuh belas tahun, anak sudah memasuki masa remaja. Poin penting di masa ini adalah membina hubungan yang baik agar anak lebih terbuka pada orang tua. Anda dapat mempelajari panduan praktis tentang kesehatan mental, tekanan sosial, kencan, nilai, dan rencana karir anak.

⑤ Perhatikan penulisnya, akan lebih baik jika buku ditulis oleh praktisi

Perhatikan penulisnya, akan lebih baik jika buku ditulis oleh praktisi

Buku yang baik adalah buku yang ditulis oleh praktisi atau ahli di bidangnya. Karenanya, saat memilih buku parenting, usahakan memilih yang ditulis oleh orang yang berkecimpung dalam dunia parenting. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan rekomendasi buku parenting yang ditulis oleh praktisi, seperti psikolog, konsultan, hingga dokter anak.


Namun, Anda juga akan menemukan buku yang ditulis oleh orang biasa yang menceritakan tentang pengalaman penulis saat mengasuh anaknya. Anda pun bisa belajar tentang hal yang perlu dilakukan dan dihindari untuk menjadi sosok orang tua yang didambakan. 

10 Rekomendasi buku parenting terbaik

Berikut ini adalah Buku Parenting terpopuler. Produk atau layanan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Budi Ashari

Sentuhan Parenting

Budi Ashari Sentuhan Parenting 1枚目

Dilengkapi kutipan ayat Al-Qur'an pada tiap bahasannya

2

Retno Hening Palupi

Happy Little Soul (Edisi Baru)

Retno Hening Palupi Happy Little Soul (Edisi Baru) 1枚目

Belajar membesarkan anak dengan penuh cinta melalui buku yang colorful

3

Chai's Play

Because This Is My First Parenting Life: Pengasuhan Dan Permainan Anak

Chai's Play Because This Is My First Parenting Life: Pengasuhan Dan Permainan Anak 1枚目

Panduan lengkap untuk calon orang tua atau orang tua baru

4

Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissin Sandahl

The Danish Way of Parenting

Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissin Sandahl The Danish Way of Parenting 1枚目

Rahasia parenting ala Denmark yang ciptakan generasi bahagia

5

Pamela Druckerman

Bringing Up Bébé

Pamela Druckerman Bringing Up Bébé 1枚目

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi hingga referensi para ahli

6

Ayah Edy

Ayah Edy Menjawab

Ayah Edy Ayah Edy Menjawab 1枚目

Menjawab beragam permasalahan yang sering dialami oleh orang tua

7

Zahra Zahira

Islamic Montessori Inspired Activity

Zahra Zahira Islamic Montessori Inspired Activity 1枚目

Rangkaian Montessori activity dengan pendekatan Islam

8

Elly Risman dan tim

Parenting++

Elly Risman dan tim Parenting++ 1枚目

Kumpulan artikel Facebook tentang pentingnya peran orang tua pada masa pertumbuhan anak

9

R. D. Asti

Parenting 4.0

R. D. Asti Parenting 4.0 1枚目

Menjabarkan pola asuh ideal untuk anak generasi Z

10

Iin Indriyani

21 Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Iin Indriyani 21 Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus 1枚目

Ditulis berdasarkan pengalaman langsung seorang ibu dengan anak berkebutuhan khusus

Perincian produk
Close
No.1

Dilengkapi kutipan ayat Al-Qur'an pada tiap bahasannya

Bagi seorang muslim, menerapkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari sangatlah dianjurkan, termasuk dalam hal mendidik anak. Nah, produk ini dirancang untuk orang tua dari keluarga muslim yang ingin mendidik anak berdasarkan syariat Islam.


Buku ini terdiri dari tujuh bab yang membahas tentang cara menghadirkan potret keluarga generasi terbaik. Menariknya lagi, buku ini juga dilengkapi ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan pembahasan yang sedang dijelaskan.

No.2

Retno Hening PalupiHappy Little Soul (Edisi Baru)

Mulai dari Rp70.000,00

Belajar membesarkan anak dengan penuh cinta melalui buku yang colorful

Happy Little Soul berisi pengalaman Retno Hening sebagai seorang ibu dalam membesarkan putrinya, Kirana. Pada bagian awal, Anda akan mendapatkan pengetahuan seputar masa kehamilan, melahirkan, hingga menyusui bayi. Selanjutnya, tersaji cerita tentang bagaimana cara berkomunikasi, kerja sama, dan saling memahami antara orang tua dengan anak.


Buku ini juga menjelaskan bagaimana membuat aktivitas belajar dan bermain anak agar tidak membosankan. Dilengkapi ilustrasi menarik dan penuh warna, Anda pasti tidak akan mudah bosan saat membaca buku parenting ini.

No.3

Chai's PlayBecause This Is My First Parenting Life: Pengasuhan Dan Permainan Anak

Mulai dari Rp105.000,00

Panduan lengkap untuk calon orang tua atau orang tua baru

Buku ini ditulis oleh tim Chai's Play yang terdiri dari para pakar pendidikan anak usia dini (PAUD). Beberapa materi yang dibahas di dalamnya ialah panduan merawat anak, ASI dan MPASI, hingga pola tidur dan tantrum anak. Selain itu, buku ini juga mengulas informasi tentang penanganan situasi darurat, obat dan imunisasi, sampai kesehatan mental orang tua.


Produk ini ideal untuk calon dan para orang tua baru yang masih awam tentang cara mengurus anak. Di samping itu, Anda juga bisa menghadiahkannya kepada kerabat yang sedang menantikan kelahiran bayinya, lho!

No.4

Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissin SandahlThe Danish Way of Parenting

Mulai dari Rp59.000,00

Rahasia parenting ala Denmark yang ciptakan generasi bahagia

The Danish Way of Parenting ditulis berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jessica dan Iben. Mereka mengungkap rahasia parenting orang Denmark yang dijuluki sebagai negara paling bahagia sedunia oleh PBB. Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui tentang gaya pengasuhan yang melahirkan generasi bahagia, buku ini memberikan bocorannya.


Layaknya sebuah penelitian, buku ini ditulis berdasarkan pengalaman, hasil observasi, dan beragam sumber rujukan. Buku ini memiliki enam bab, yakni play, authenticity, reframing, empathy, no ultimatums, dan togetherness & hygge yang disingkat PARENT. Sangat menarik, bukan?

No.5

Pamela DruckermanBringing Up Bébé

Mulai dari Rp89.000,00

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi hingga referensi para ahli

Bringing Up Bébé adalah buku yang ditulis oleh jurnalis sekaligus ibu rumah tangga asal Amerika yang tinggal di Prancis. Dalam bukunya, Druckerman menceritakan gaya parenting ala Prancis. Dari buku ini Anda bisa belajar tentang menjadi ibu yang berbahagia dalam peran barunya.


Tak hanya pengalaman pribadi Druckerman, buku ini juga memuat wawancara serta kutipan dari sumber-sumber tepercaya. Pengalaman ibu-ibu Prancis, wawancara dokter dan pakar anak, hingga referensi para ahli bisa Anda temukan di dalamnya. Anda pun dapat belajar tentang cara melatih jam tidur, kesabaran, waktu belajar dan makan, hingga adab dan kesopanan anak.

No.6

Ayah EdyAyah Edy Menjawab

Mulai dari Rp79.000,00

Menjawab beragam permasalahan yang sering dialami oleh orang tua

Ada banyak masalah yang harus dihadapi orang tua. Masalah tersebut bisa terkait perubahan sikap anak, pendisiplinan, anak sering berbohong, dan lain sebagainya. Terkadang, orang tua tak selalu memiliki solusi untuk beragam permasalahan tadi. Untuk itu, Ayah Edy, seorang konsultan parenting sekaligus penggagas Indonesian Strong from Home, mencoba hadir membantu Anda.


Ayah Edy Menjawab merupakan buku parenting best seller yang membahas seratus pertanyaan mengenai permasalahan yang sering dialami orang tua. Dengan membaca buku ini, Anda jadi tahu beragam permasalahan terkait menjadi orang tua dan cara menyelesaikannya.

No.7

Zahra ZahiraIslamic Montessori Inspired Activity

Mulai dari Rp99.000,00

Rangkaian Montessori activity dengan pendekatan Islam

Montessori adalah sebuah metode yang dirancang untuk anak-anak agar mereka bisa menggali potensi dari dalam dirinya. Metode ini diperkenalkan oleh Dr. Maria Montessori dan telah dipakai sejak lebih dari 100 tahun silam. Nah, dalam buku parenting ini, Zahra Zahira menyusun lesson plan activity (Montessori) dengan pendekatan Islam.


Di dalamnya tersedia lebih dari 200 Montessori activity yang dikelompokkan ke dalam 30 tema mingguan. Masing-masing tema memuat tujuh area Montessori, yakni studi Islam, kehidupan praktis, sensorik, bahasa, matematika, seni, dan kriya. Tak hanya untuk orang tua, buku ini juga layak dimiliki oleh Anda yang berprofesi sebagai guru PAUD atau TK.

No.8

Elly Risman dan timParenting++

Mulai dari Rp84.000,00

Kumpulan artikel Facebook tentang pentingnya peran orang tua pada masa pertumbuhan anak

Parenting++ berisikan kumpulan artikel yang berasal dari grup Facebook "Parenting with Elly Risman and Family". Dalam buku ini ditekankan tentang pentingnya peran orang tua, khususnya ayah, dalam mengasuh dan mendidik anak-anak. Karenanya, buku ini layak dibaca oleh para ayah dan calon ayah.


Berhubung isinya kumpulan artikel dengan topik berbeda-beda, Anda tidak harus membaca buku ini secara runut dari awal. Anda bisa membacanya sesuai dengan tema yang disukai lebih dulu, kemudian melanjutkan membaca bagian lain. 

No.9

R. D. AstiParenting 4.0

Mulai dari Rp55.000,00

Menjabarkan pola asuh ideal untuk anak generasi Z

Seiring berkembangnya zaman, pola mengasuh anak pun ikut berubah. Pola asuh zaman dahulu mungkin tak lagi ideal untuk anak zaman sekarang, khususnya untuk generasi Z. Generasi Z merupakan anak-anak yang  terlahir sekitar tahun 1995 sampai 2010 dan dijuluki sebagai digital native. Mereka sudah terpapar dengan teknologi dan gadget sejak dini.


Parenting 4.0 mengulas banyak hal mengenai generasi Z, khususnya tentang pengasuhan dan pendidikan yang ideal untuk mereka. Buku ini juga membahas peran orang tua dan pendidik dalam upaya memaksimalkan potensi mereka. Produk ini wajib dimiliki oleh Anda yang memiliki anak generasi Z dan ingin menerapkan modern parenting.

No.10

Iin Indriyani21 Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Mulai dari Rp60.000,00

Ditulis berdasarkan pengalaman langsung seorang ibu dengan anak berkebutuhan khusus

Buku ini memuat beragam kisah nyata tentang kehidupan anak berkebutuhan khusus (ABK). Dari kisah-kisah tersebut, Anda dapat belajar tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendidik ABK. Menariknya lagi, buku ini juga ditulis langsung oleh ibu dari dua ABK sekaligus founder dari Rumah Indira. Bagi para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, produk ini sangat kami rekomendasikan.

Baca juga rekomendasi buku-buku menarik lainnya di sini

Selain buku tentang parenting, ada banyak rekomendasi buku lain yang berguna untuk menambah wawasan Anda sebagai orang tua. Untuk mendapatkan rekomendasi buku bacaan terbaik, silakan kunjungi tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Orang tua memegang peranan yang sangat besar terkait tumbuh kembang anak-anaknya. Untuk menghasilkan generasi penerus yang cerdas dan berbudi baik, orang tua membutuhkan ilmu yang mumpuni. Karenanya, bacalah buku parenting untuk menambah wawasan Anda terkait pola asuh anak.


Setelah membaca ulasan kami, sudahkan Anda menemukan buku parenting yang cocok? Saat memilih, jadikanlah tema buku, kredibilitas penulis, serta gaya pengasuhan dan kondisi keluarga Anda sebagai acuan. Good luck!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer