• 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)

Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.


Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips memilih media tanam yang bagus untuk Anda. Kami juga akan me-review media tanam dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yuiimii
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii

Profil pakar: Gardener dan fotografer, Yuiimii
Yuiimii
Gardener & photographer
Yuiimii

Yuimii adalah seorang fotografer dan pencinta tanaman hias, khususnya tanaman aroid. Yuimii memulai hobi bertanam sejak 2017. Hobinya bermula dari kecintaannya terhadap tanaman Monstera yang mempunyai daun unik dan estetik saat di foto.


Yuimii juga mengoleksi tanaman Monstera lainnya, seperti anthurium dan philodendron. Saat ini ia sedang fokus pada tanaman aroid variegata dan tanaman endemik Indonesia. Ia pernah menjuarai foto wildlife tingkat nasional dan mendapat penghargaan di grup aroid nasional.

Apa itu media tanam?

Apa itu media tanam?

Media tanam adalah tempat akar tanaman tumbuh dan berkembang. Pada dasarnya, media tanam merupakan substrat yang terbuat dari bahan organik atau anorganik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Media tanam yang biasanya sering digunakan adalah tanah. Namun, ada pula yang artifisial, seperti hidrogel.


Media tanam memiliki dua fungsi utama, yakni menstabilkan struktur tumbuhan, serta menyimpan air, nutrisi, dan udara. Selain itu, media tanam yang bagus juga harus aman dipegang, serta bebas dari hama dan penyakit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih media tanam

Sebelum membeli media tanam, Anda perlu mengenal terlebih dahulu kebutuhan nutrisi tanaman yang akan dikembangkan. Anda juga perlu memperhatikan wadah dan lokasi penempatannya. Simak poin-poin berikut ini untuk mendapatkan media tanam yang tepat untuk tanaman Anda.

Kenali macam-macam media tanam yang tersedia

Media tanam dapat dibagi menjadi dua macam, yakni media tanam organik dan anorganik. Untuk mengetahui perbedaannya, simak penjelasan berikut ini.

Media tanam organik, kaya akan nutrisi

Media tanam organik, kaya akan nutrisi

Organik dalam konteks media tanam bukan berarti bebas kimia atau pupuk sintetis. Media tanam yang terbuat dari benda hidup, seperti bagian tanaman atau kotoran hewani, disebut sebagai organik. Humus (top soil), sekam, andam, arang, cocopeat, dan kompos, semua termasuk media tanam organik. Penggunaannya dapat dicampurkan dengan tanah atau digunakan begitu saja tanpa campuran apa pun.


  • Top soil: Mengandung unsur hara yang cukup komplet. Top soil cocok untuk tanaman yang ditanam di dalam polybag atau pot, seperti cabai atau tomat. 

  • Arang: Biasa terbuat dari hasil pembakaran kayu atau batok kelapa. Media tanam ini bersifat porous dan kurang bisa mengikat air. Arang cocok untuk media tanam untuk tanaman anggrek.

  • Cocopeat: Media tanam yang diperoleh dari hasil pemrosesan sabut kelapa. Cocopeat memiliki sifat yang dapat menyerap air dengan baik (melembapkan tanah). Dengan demikian, cocopeat cocok untuk jenis tanaman yang membutuhkan kadar air yang banyak. 

  • Sekam: Sekam merupakan media tanam dari kulit padi. Media tanam sekam yang sudah melalui proses pembakaran dikenal dengan sebutan arang sekam atau sekam bakar. Media tanam ini sifatnya sangat ringan dan dapat menyerap air dengan baik. Sekam biasanya dipakai sebagai media tanam untuk tanaman buah dan tanaman hias, seperti aglaonema dan philo

  • Andam: Media tanam ini terbuat dari cacahan ranting dan dedaunan tanaman pakis-pakisan yang telah mati. Andam termasuk media tanam yang baik untuk mayoritas tanaman, terlebih untuk tanaman yang butuh kelembapan tinggi. 

  •  Kompos: Berasal dari proses fermentasi limbah organik, seperti daun, sisa sayur, sisa buah, dan lain sebagainya. Kompos sangat baik untuk menyuburkan tanah.

  • Pupuk kandang: Berasal dari kotoran hewan, madia tanam ini mengandung unsur hara yang komplet untuk tanaman. Kotoran hewan yang dipakai misalnya berasal dari unggas, kambing, sapi, dan kerbau.

Keunggulan utama dari jenis media tanam ini adalah manfaatnya bagi kesuburan tanah. Kandungan nitrogen, fosfor, dan kaliumnya menjadi nutrisi tambahan bagi tanaman. Media tanam organik juga membantu mengontrol keasaman tanah agar tanaman dapat menyerap nutrisi secara optimal.

Media tanam anorganik, berasal dari bebatuan dan pasir

Media tanam anorganik, berasal dari bebatuan dan pasir

Media tanam anorganik terbuat dari benda mati, seperti bebatuan dan pasir. Tipe ini tidak akan menyuplai tanaman Anda dengan nutrisi esensial. Namun, Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan penyerapan air dan aerasi tanah atau media tanam organik lainnya. Contoh media tanam anorganik adalah perlite, pasir Malang, rockwool, dan hidroton.


  • Perlite: Ini merupakan media tanam yang berasal dari bebatuan obsidian yang dipanaskan. Media tanam ini sangat ringan dan mirip seperti gabus (Styrofoam). 

  • Pasir Malang: Media tanam ini merupakan pasir hasil erupsi gunung vulkanik. Pasir Malang bersifat porous sekaligus mampu menahan kelembapan di dalam pot. Anda dapat memakainya untuk media tanam kaktus atau tanaman aquascape.

  • Rockwool: Bentuknya mirip spons. Benda ini dapat diandalkan sebagai media semai tanaman hidroponik. Rockwool berasal dari bebatuan vulkanis yang dipanaskan hingga teksturnya menjadi empuk seperti serat-serat benang wol. 

  • Hidroton: Terbuat dari tanah liat yang dibentuk bulat-bulat. Hidroton biasanya dimanfaatkan sebagai media tanaman hidroponik. Anda cukup mengisi pot tanaman hias Anda dengan hidroton, lalu tambahkan air.


Khususnya untuk tanaman pot, media tanam organik cenderung padat sehingga dapat mencekik tanaman Anda. Dengan adanya perlite atau media tanam anorganik lainnya, Anda bisa memberi akar tanaman udara untuk proses respirasi. Kadar media tanam organik dan anorganik yang seimbang akan membantu tanaman Anda untuk tumbuh dengan optimal.

Pahami karakter dan kebutuhan nutrisi tanaman Anda

Pahami karakter dan kebutuhan nutrisi tanaman Anda

Tanaman juga memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda sesuai dengan karakternya. Meskipun Anda dapat memberikan tambahan nutrisi dengan memberi pupuk, pemilihan media tanam yang tepat dapat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman.


  • Jika Anda ingin menyemai biji, Anda dapat menggunakan media tanam anorganik, seperti rockwool. Di dalam biji tanaman sudah terkandung zat gizi yang dibutuhkannya hingga mencapai tahap perkecambahan. Makanya, memberinya media tanam yang bebas nutrisi tidak akan menjadi masalah. Rockwool memiliki kemampuan menahan air yang baik sehingga pas digunakan sebagai media semai.

  • Saat bibit tanaman sudah memiliki daun sejati, Anda bisa memindahkannya ke media kompos. Bibit tanaman sudah membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya sehingga lebih cocok ditanam di media organik.

  • Tanaman yang kurang suka air, seperti kaktus dan sukulen, sangat pas ditanam di media anorganik. Anda dapat menggunakan pasir malang yang diberi dasar kerikil atau bata merah.

  • Tanaman yang menyukai media dengan pH rendah, seperti anggur, bisa ditanam menggunakan media peat moss. Selain pH-nya rendah, peat moss juga gembur sehingga bagus untuk pertumbuhan akar tanaman anggur.

Nah, supaya Anda dapat menemukan media tanam yang pas, kenalilah terlebih dahulu karakter tanaman Anda. Setelah itu, pilih media tanam yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan nutrisinya, ya.

Perhatikan lokasi tanaman dan kondisi lingkungan Anda

Perhatikan lokasi tanaman dan kondisi lingkungan Anda

Penentuan media tanam juga bergantung pada penempatan tanaman, serta kondisi di lokasi Anda. Simak uraiannya di bawah ini!


  • Lokasi indoor

Untuk tanaman hias yang diletakkan indoor, pilihlah media tanam dengan drainase yang baik. Anda bisa menggunakan media tanam seperti kerikil dan vermiculite. Keduanya bersifat porous sehingga dapat mencegah akar menjadi busuk. Media tanam yang porous juga cocok dipilih jika tempat tinggal Anda berhawa sejuk, lembap, dan sering berkabut.


  • Lokasi outdoor

Jika tempat tinggal Anda panas dan kering, pilih produk yang dapat menampung air, seperti cocopeat (sabut kelapa). Hal yang sama juga berlaku untuk tanaman yang diletakkan di luar ruangan dan terekspos sinar matahari. Dengan memilih media yang mampu menyimpan banyak air dalam waktu yang lama, tanaman Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kekeringan.


Selain itu, ada beberapa poin yang sangat penting untuk Anda yang ingin merawat tanaman. Beberapa di antaranya adalah mempelajari lingkungan Anda dan mempelajari karakteristik tanaman yang ingin Anda rawat.


Sebagai contoh, ada tanaman yang tidak cocok dengan lingkungan Anda, tetapi Anda ingin tetap merawatnya. Anda bisa mempersiapkan tempat dan keperluan khusus terlebih dahulu, seperti paranet, misting, humidifier, lampu UV, dan sebagainya.

Sesuaikan dengan bahan pot yang digunakan

Sesuaikan dengan bahan pot yang digunakan

Pot tanaman hadir dalam berbagai bahan, seperti plastik dan keramik. Anda juga bisa menumbuhkan tanaman dalam polybag. Keramik tergolong bahan yang bersifat porous. Artinya, pot keramik akan menarik air dari media tanam sehingga tanaman cepat kering. Untuk mengatasinya, gunakan media tanam yang dapat menahan air, seperti peat moss.


Pot yang terbuat dari plastik tidak memiliki masalah ini. Akan tetapi, plastik bukanlah bahan yang breathable. Karena itu, buatlah lubang pada bagian bawah pot dan gunakan media tanam seperti sekam dan batu apung. Semua ini perlu Anda lakukan agar sirkulasi udara untuk akar tanaman tetap lancar.

10 Rekomendasi media tanam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk media tanam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yuiimii.

10
IsiAndaman, kaliandra, sekam bakar, pupuk organik, hara mikro, hara makro
Tanaman yang cocokTanaman hias
9
IsiAkadama
Tanaman yang cocokBonsai
8
IsiGambut (peat moss)
Tanaman yang cocokTanaman anggrek dan hidroponik
7

Mitra Tani Tangerang Media Tanam Gloria (Media Tanam Pak Tani)

Mulai dari Rp 10.000,00

IsiTop soil, sekam bakar, pupuk kandang, lainnya
Tanaman yang cocokTanaman buah dalam pot, tanaman hias
6
IsiGrade B+ Cocopeat
Tanaman yang cocokTanaman hias, bunga, sayur, dan buah
5
IsiHidroton (pellet tanah liat)
Tanaman yang cocokTanaman hidroponik, tanaman hias
4

Geek FarmerMedia Tanam Perlite Premiun

Mulai dari Rp 46.000,00

IsiPerlite
Tanaman yang cocokTanaman hias, hidroponik
3
IsiPasir Malang
Tanaman yang cocokKaktus, sukulen, dan tanaman aquascape
2
IsiDaun teh, tanah subur, pupuk kandang, kompos, bakteri penyubur
Tanaman yang cocokTanaman hias, bunga, buah, sayur
1

Purie Garden Media Tanam Hidroponik Rockwool 18 Potong

Mulai dari Rp 1.990,00

IsiRockwool
Tanaman yang cocokTanaman hidroponik

Tabel perbandingan produk media tanam terbaik

Gambar produk
1
Purie Garden  Media Tanam Hidroponik Rockwool 18 Potong  1

Purie Garden

2
Tanah Subur Media Tanam Organik 1

Tanah Subur

3
Pasir Malang Kemasan 1 Kg  1

4
Geek Farmer Media Tanam Perlite Premiun 1

Geek Farmer

5
Infarm Hidroton 1

Infarm

6
Geek Farmer Cocopeat  1

Geek Farmer

7
Mitra Tani Tangerang  Media Tanam Gloria (Media Tanam Pak Tani) 1

Mitra Tani Tangerang

8
Klasmann Deilmann Base Substrate 1 Fine  1

Klasmann Deilmann

9
Ibaraki Akadama 1

10
Trubus  Tanaman Hias  1

Trubus

Nama produk

Media Tanam Hidroponik Rockwool 18 Potong

Media Tanam Organik

Pasir Malang Kemasan 1 Kg

Media Tanam Perlite Premiun

Hidroton

Cocopeat

Media Tanam Gloria (Media Tanam Pak Tani)

Base Substrate 1 Fine

Ibaraki Akadama

Tanaman Hias

Keunggulan

Menanam sayur hidroponik di rumah jadi lebih mudah!

Media tanam serbaguna, dapat mengoptimalkan pertumbuhan daun, bunga, hingga buah

Solusi untuk mengatasi kaktus yang membusuk

Pertumbuhan akar tanaman jadi lebih optimal

Menghadirkan bakteri baik untuk keberlanjutan ekosistem

Tidak hanya antijamur, tetapi juga bisa dipakai ulang!

Kaya akan nutrisi untuk mendukung formasi buah

Media tanam untuk tanaman anggrek kesayangan Anda

Media tanam yang pas untuk bonsai

Bisa menahan air dan mempercepat pertumbuhan daun

Harga mulai dariRp 1.990,00Rp 15.000,00Rp 2.000,00Rp 46.000,00Rp 25.000,00Rp 10.000,00Rp 10.000,00Rp 7.500,00Rp 31.500,00Rp 26.500,00
IsiRockwoolDaun teh, tanah subur, pupuk kandang, kompos, bakteri penyuburPasir MalangPerliteHidroton (pellet tanah liat)Grade B+ CocopeatTop soil, sekam bakar, pupuk kandang, lainnyaGambut (peat moss)AkadamaAndaman, kaliandra, sekam bakar, pupuk organik, hara mikro, hara makro
Tanaman yang cocokTanaman hidroponikTanaman hias, bunga, buah, sayurKaktus, sukulen, dan tanaman aquascapeTanaman hias, hidroponikTanaman hidroponik, tanaman hiasTanaman hias, bunga, sayur, dan buahTanaman buah dalam pot, tanaman hiasTanaman anggrek dan hidroponikBonsaiTanaman hias
Tautan produk

Cara membuat sekam mentah menjadi media tanam

Cara membuat sekam mentah menjadi media tanam

Apakah Anda ingin mencoba membuat kompos organik di rumah? Jika iya, simak tips kami berikut ini! Untuk membuat kompos, Anda membutuhkan sekam mentah, yakni bagian kulit dari bulir padi. Cara melakukannya cukup simpel. Anda bisa menggunakan metode Takakura dari Jepang sebagai referensi.


  • Buat larutan gula dan ragi (bakteri fermentasi). Simpan larutan tersebut selama beberapa hari.
  • Cek larutan. Jika sudah terdapat bau asam manis, berarti larutan sudah siap untuk digunakan.
  • Kumpulkan sekam mentah dan siramkan larutannya secara merata.
  • Lalu, tutupi dengan bahan yang breathable, seperti kain atau koran. Setelah seminggu, sekam Anda siap digunakan.

Saat menunggu proses fermentasi,  Anda juga bisa menambahkan sampah dapur, seperti sisa sayur, untuk fermentasi lanjutan. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

Pertanyaan umum seputar media tanam

Pertanyaan umum seputar media tanam

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar media tanam. Jika Anda masih penasaran dengan media tanam, simak jawabannya di bawah ini!

Apa media tanam terbaik untuk anggrek?

Ada beberapa media tanam yang cocok untuk anggrek. Beberapa di antaranya adalah cocochips, arang atau batu bata, akar pakis, dan kulit pohon.

Apa saja media tanam untuk tanaman hidroponik?

Media tanam rockwool, hydroton, dan perlite cocok untuk tanaman hidroponik.

Baca juga rekomendasi tanaman lainnya di sini

Kini Anda sudah mengetahui cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga telah menyiapkan aneka macam tanaman obat dan tanaman hias untuk melengkapi kebun Anda. Simak artikel kami di bawah ini dan temukan tanaman yang Anda suka!

Kesimpulan

Tanaman budidaya tidak dikembangkan hanya dengan satu jenis media tanam, tetapi kombinasi media tanam yang berbeda. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui kebutuhan nutrisi dan drainase tanaman Anda.


Anda perlu perhatikan fase pertumbuhan serta jenis tanaman yang akan dirawat. Selain itu, sesuaikan media tanam dengan lokasi pertumbuhan, iklim, serta pot tanaman yang akan dipakai. Campur aduk berbagai media tanam untuk mendapatkan blend yang terbaik untuk tanaman Anda. Happy gardening!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebelum halaman belakang bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin dengan mesin mini 4 tak dan 2 tak. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merek Krisbow, BOSCH, Tasco, dan Black Decker yang terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai bujet. Simak artikelnya sampai tuntas dan dapatkan mesin potong rumput terbaik versi Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan sehingga bisa ditanam di dalam pot. Meskipun namanya diambil dari bahasa Jepang, bonsai sebenarnya ditemukan kali pertama di Tiongkok. Teknik merawat pohon yang sebenarnya berukuran besar dibuat menjadi kerdil ini memiliki kerumitan tersendiri. Namun, di situlah seni merawat bonsai sehingga tak heran harganya bisa sangat mahal.Nah, di artikel ini kami akan membahas tips memilih bonsai yang bagus. Beberapa jenis bonsai terbaik dan populer, seperti bonsai beringin Kimeng, anting putri, dan serut ada di dalam rekomendasi kami. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori