• 10 Rekomendasi Nipple Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Nipple Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Nipple Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Nipple Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Nipple Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Nipple Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Puting lecet, kering, dan terasa nyeri merupakan hal yang mungkin terjadi saat Anda memasuki masa menyusui bayi. Meski merupakan hal yang wajar, Anda sebaiknya tidak membiarkannya begitu saja. Supaya tetap nyaman selama masa menyusui, aplikasikanlah nipple cream untuk memperbaiki kondisi puting. Sayangnya, tidak semua nipple cream aman untuk breastfeed.


Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih nipple cream yang aman. Sepuluh rekomendasi produk dari beragam merk yang bagus juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan merk Mama's Choice, Medela, Lansinoh, hingga Pigeon di dalamnya. Yuk, kita mulai!

  • Pembaharuan terakhir: 09 April 2022
Daftar isi

Manfaat penggunaan nipple cream

Manfaat penggunaan nipple cream

Setelah melahirkan, tantangan berikutnya sebagai seorang ibu adalah menyusui si kecil. Pemberian ASI ekslusif dinilai sangat penting, terutama pada bulan-bulan awal ketika bayi hanya bisa mengonsumsi ASI. Namun, proses menyusui ini sering kali menyebabkan puting lecet, kering, kasar, hingga terasa nyeri. Selain menimbulkan ketidaknyamanan selama menyusui, hal tersebut juga bisa memengaruhi produksi ASI.


Untungnya, Anda bisa mengaplikasikan nipple cream untuk mengatasi kondisi puting yang kurang prima akibat breastfeed. Pemakaian nipple cream khusus untuk menyusui lebih dianjurkan daripada krim pelembap biasa. Hal ini dikarenakan nipple cream dinilai memiliki kandungan yang aman untuk bayi. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat nipple cream tanpa sengaja tertelan oleh bayi kala menyusui.


Anda pasti sudah tidak sabar ingin mencoba nipple cream, bukan? Bacalah penjelasan kami selengkapnya di bawah ini!

Cara memilih nipple cream terbaik

Karena berkaitan dengan si kecil, pemilihan nipple cream tentu tidak bisa asal-asalan. Berikut akan kami jabarkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli nipple cream untuk breastfeed. Mari disimak!

Perhatikan bahan kandungannya

Poin utama yang harus Anda pertimbangkan dalam menentukan nipple cream adalah komposisi bahannya. Pastikanlah keberadaan bahan aktif yang dapat memperbaiki kondisi puting, baik yang pecah-pecah, mengelupas, maupun nyeri.

Beri nutrisi pada kulit dengan bahan pelembap tinggi

Beri nutrisi pada kulit dengan bahan pelembap tinggi

Area kulit di sekitar puting yang tampak pecah-pecah hingga mengelupas merupakan pertanda dari puting kering. Hal ini biasanya dikarenakan si kecil terlalu kuat saat mengisap puting. Frekuensi menyusu yang terlalu lama juga dapat menyebabkan puting kering. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, tentu bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri selama proses menyusui.


Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan nipple cream yang kaya akan pelembap alami. Shea butter, avocado oil, dan olive oil merupakan beberapa contohnya. Bahan pelembap alami tersebut terkenal akan manfaatnya dalam menutrisi kulit sehingga dapat mengembalikan kondisi puting yang kering.

Kurangi peradangan dengan bahan antiinflamasi

Kurangi peradangan dengan bahan antiinflamasi

Saat menyusui, terkadang puting akan terasa perih akibat lecet. Penyebab puting lecet yang paling umum adalah cara menyusui yang kurang tepat. Selain itu, adanya infeksi di bagian payudara, serta gesekan pompa ASI juga dapat menyebabkan puting lecet.


Karena itu, kami sarankan Anda memilih nipple cream yang diperkaya bahan antiinflamasi. Dengan demikian, puting yang lecet akan cepat sembuh dan dapat terhindar dari infeksi lebih lanjut. Anda bisa menemukan kandungan tersebut dalam produk yang mengandung calendula extract, jojoba oil, hingga coconut oil.

Jika Anda rentan alergi, berhati-hatilah terhadap kandungan lanolin

Jika Anda rentan alergi, berhati-hatilah terhadap kandungan lanolin

Salah satu bahan kandungan yang populer dalam nipple cream adalah lanolin. Lanolin merupakan bahan pelembap yang didapat dari lemak pada bulu domba. Karena kemampuannya dalam mengembalikan kondisi puting, ada beberapa nipple cream yang hanya menggunakan 100% lanolin dalam produknya.


Sayangnya, lanolin dapat menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang. Karena merupakan turunan dari hewan, nipple cream dengan bahan lanolin juga tidak termasuk produk vegan. Oleh karenanya, perhatikanlah hal-hal tersebut sebelum Anda memutuskan untuk memakai nipple cream berbahan lanolin.

Pilih berdasarkan teksturnya

Pilih berdasarkan teksturnya

Meski sama-sama disebut nipple cream, tekstur setiap produk tidaklah sama. Ada yang teksturnya terasa sangat rich, lengket, hingga yang cepat meresap.


Jika Anda harus segera beraktivitas setelah mengaplikasikan nipple cream, sebaiknya gunakan produk yang teksturnya cepat meresap. Dengan begitu, nipple cream tidak akan meninggalkan residu pada pakaian Anda. Sebaliknya, nipple cream dengan tekstur yang creamy dan rich sangat pas digunakan saat menjelang istirahat panjang. Tujuannya agar nipple cream dapat menutrisi dengan lebih maksimal.


Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk mengetahui tekstur dari setiap produk. Anda hanya bisa mencobanya sendiri melalui produk tester atau membaca ulasan pembeli di internet.

Hindari keberadaan bahan berbahaya

Hindari keberadaan bahan berbahaya

Karena akan berhubungan langsung dengan si kecil, tentu Anda wajib memilih nipple cream yang aman untuk bayi. Oleh sebab itu, pastikan nipple cream pilihan Anda tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben, pengawet, atau pewarna. 


Anda juga sebaiknya menghindari nipple cream yang mengandung pewangi karena bisa menyebabkan bayi bingung puting. Anda pastinya tak ingin si kecil tiba-tiba mogok menyusu karena perbedaan aroma pada puting, bukan?


Hal lain yang tak kalah penting adalah memastikan nipple cream tidak perlu dibilas setelah dioleskan. Ini menunjukkan bahwa kandungannya aman untuk ibu dan bayi. Jadwal menyusu bayi cepat berubah. Alhasil, terkadang Anda tidak memiliki waktu membersihkan puting setelah pemakaian nipple cream. Karena itu, keberadaan nipple cream yang tak perlu dibilas akan sangat meringankan Anda.

10 Rekomendasi nipple cream terbaik

Setelah menjelaskan poin-poin dalam memilih nipple cream, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Gunakanlah daftar ini sebagai referensi dan pilihlah nipple cream yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

10
KomposisiLanolin
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi10 gr, 50 gr
9
KomposisiOlive oil, cocoa butter, grapeseed oil, shea butter, coconut oil
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi10 gr
8
KomposisiPurified water, olive oil, panthenol, cetearyl alcohol, cetearyl glucoside, tocopheryl acetate, polydimethyl siloxane, sodium benzoate, xathan gum, citric acid, sorbitane stearate, PEG-6 sorbitan stearate, silica
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi15 gr
7
KomposisiLanolin
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi10 ml, 40 ml
6
KomposisiOlive oil, glycerin, aqua, sucrose laurate, sucrose stearate, tocopherol, sunflower seed oil
Perlu dibilasTidak disebutkan
PewangiX
PengawetX
Isi30 ml
5
KomposisiSunflower oil, beeswax, avocado oil, tocopherol, carrot oil, chamomile oil, jojoba seed oil, calendula oil
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi40 ml
4

MedelaPurelan 100 Lanolin Nipple Cream

Mulai dari Rp 110.000,00

KomposisiLanolin
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi7 gr, 37 gr
3
KomposisiSunflower seed oil, jojoba seed oil, beeswax, shea butter, incha inchi seed flower, caprylic, lavender extract, hydrogenated vegetable oil, tocopherol
Perlu dibilasTidak disebutkan
PewangiX
PengawetX
Isi15 ml
2

Mama's ChoiceIntensive Nipple Cream

Mulai dari Rp 99.000,00

KomposisiShea butter, lanolin, coconut oil, date extract, vitamin E
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi15 ml
1

Earth Mama OrganicsOrganic Nipple Butter

Mulai dari Rp 239.000,00

KomposisiOlive oil, beeswax, cocoa seed butter, shea butter, mango seed butter, calendula flower extract
Perlu dibilasX
PewangiX
PengawetX
Isi30 ml, 60 ml

Tabel perbandingan produk nipple cream terbaik

Gambar produk
1
Earth Mama Organics Organic Nipple Butter 6

Earth Mama Organics

2
Mama's Choice Intensive Nipple Cream 1

Mama's Choice

3
Buds Organics BCO Nursing Salve 1

Buds Organics

4
Medela Purelan 100 Lanolin Nipple Cream 1

Medela

5
GAIA Nipple Balm 1

GAIA

6
Mustela Nursing Comfort Balm 1

Mustela

7
Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream 1

Lansinoh

8
Pure Premium Care Puremom Nipple Cream 1

Pure Premium Care

9
Aquila Herb Nipple Care Butter 1

Aquila Herb

10
Pigeon Nipple Care Cream 1

Pigeon

Nama produk

Organic Nipple Butter

Intensive Nipple Cream

BCO Nursing Salve

Purelan 100 Lanolin Nipple Cream

Nipple Balm

Nursing Comfort Balm

HPA Lanolin Nipple Cream

Puremom Nipple Cream

Nipple Care Butter

Nipple Care Cream

Keunggulan

Kualitas terbaik untuk penggunaan jangka panjang

Si kecil lama menyusu? Tak perlu takut lagi

Tak perlu ragu menjelajah bersama si kecil

Penggunaan 100% lanolin murni untuk atasi semua masalah

Redakan nyeri pada puting dengan cepat

Tingkatkan kenyamanan saat mengeluarkan ASI

Penggunaan lanolin yang dimurnikan untuk manfaat maksimal

Jaga kesehatan puting tanpa membuat kantong bolong

Bantu puting agar lebih siap menyusui

Cegah kekeringan pada puting yang sensitif

Harga mulai dariRp 239.000,00Rp 99.000,00Rp 259.900,00Rp 110.000,00Rp 215.000,00Rp 403.000,00Rp 94.250,00Rp 63.900,00Rp 85.000,00Rp 246.200,00
KomposisiOlive oil, beeswax, cocoa seed butter, shea butter, mango seed butter, calendula flower extractShea butter, lanolin, coconut oil, date extract, vitamin ESunflower seed oil, jojoba seed oil, beeswax, shea butter, incha inchi seed flower, caprylic, lavender extract, hydrogenated vegetable oil, tocopherolLanolinSunflower oil, beeswax, avocado oil, tocopherol, carrot oil, chamomile oil, jojoba seed oil, calendula oilOlive oil, glycerin, aqua, sucrose laurate, sucrose stearate, tocopherol, sunflower seed oilLanolinPurified water, olive oil, panthenol, cetearyl alcohol, cetearyl glucoside, tocopheryl acetate, polydimethyl siloxane, sodium benzoate, xathan gum, citric acid, sorbitane stearate, PEG-6 sorbitan stearate, silicaOlive oil, cocoa butter, grapeseed oil, shea butter, coconut oilLanolin
Perlu dibilasXXTidak disebutkanXXTidak disebutkanXXXX
PewangiXXXXXXXXXX
PengawetXXXXXXXXXX
Isi30 ml, 60 ml15 ml15 ml7 gr, 37 gr40 ml30 ml10 ml, 40 ml15 gr10 gr10 gr, 50 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk ibu menyusui di sini

Selain nipple cream, masih ada produk perlengkapan lain yang sebaiknya dimiliki oleh ibu menyusui. Misalnya saja skincare yang aman untuk ibu menyusui, pelindung puting, hingga breast pad. Keberadaan produk-produk tersebut dapat membuat masa menyusui terasa lebih ringan dan nyaman. Jadi, segera cek manfaat setiap produknya melalui artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Meski masa menyusui tidak lepas dari puting lecet, kering, hingga nyeri, bukan berarti Anda harus khawatir berlebih. Anda bisa mengaplikasikan nipple cream untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun, tentu saja bukan sembarang nipple cream, ya. Pastikan nipple cream yang Anda pilih aman untuk bayi.


Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda dalam memilih nipple cream yang bagus untuk breastfeeding. Selamat memilih dan mari jalani masa menyusui tanpa rasa takut!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion dapat memberi kelembapan dan kesegaran pada kulit Anda yang kering akibat terpaan panas matahari. Selain sebagai pelembap, terdapat pula body lotion yang menawarkan solusi untuk jerawat punggung dan memutihkan kulit. Banyaknya merek yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung memilih produk yang sesuai.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Produk dari Citra, Vaseline, Nivea, dan Cetaphil juga akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Shower Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shower Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Shower gel merupakan sabun berbentuk gel cair yang mudah menghasilkan banyak busa. Tidak hanya sebagai sabun mandi saja, Anda juga dapat menikmati mandi dengan busa yang lembut dan melimpah. Banyaknya variasi produk shower gel dari berbagai merek mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih shower gel kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik, seperti dari L’Occitane, The Body Shop, Dior, Chanel, hingga Clarins. Temukan rekomendasi shower gel terbaik untuk memaksimalkan waktu relaksasi Anda!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori