• 10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hair Powder Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Belakangan ini hair powder banyak digunakan sebagai opsi saat bad hair day. Hair powder bisa membuat rambut pria dan wanita tampak bervolume. Bentuknya yang berupa bedak tabur terasa ringan, mudah diaplikasikan, serta tidak lengket. Umumnya powder rambut digunakan untuk hair styling, menghilangkan minyak, dan menambah tekstur rambut.


Di pasaran terdapat banyak merek hair powder yang bagus sehingga mungkin membuat Anda bingung. Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih hair powder terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Ada rekomendasi hair powder dari Hairnerds, Smith Men Supply, dan Gatsby, lho!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Diani Nur Fatimaisha
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2022
Daftar isi

Hal-hal mendasar mengenai hair powder

Sebagian dari Anda mungkin telah terbiasa menggunakan hair powder. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali akan menggunakan hair powder, sebaiknya ketahui hal-hal mendasar berikut.

Apa itu hair powder?

Hair powder atau yang biasa disebut pomade powder adalah produk hair styling yang hadir dalam bentuk bubuk atau bedak. Fungsinya tidak hanya menambah volume dan tekstur, tetapi juga menyerap minyak di rambut. Tiap butirannya mampu meningkatkan jumlah gesekan di setiap helai rambut sehingga tampak mengembang.


Saat ini produk hair powder di Indonesia masih cenderung terbatas. Di samping itu, mayoritas produknya ditujukan untuk pria. Namun, hair powder sebenarnya juga dapat digunakan oleh wanita. Ketika Anda mengalami bad hair day atau rambut lepek dan berminyak, hair powder bisa menjadi penolong.  


Berbeda dengan pomade dan hair wax, hair powder tidak membuat rambut terasa berminyak. Cara pengaplikasiannya bisa ditabur di tangan atau langsung di rambut. Setelah ditaburkan, tata rambut sesuai keinginan dengan jari atau aplikator bawaannya. Sejumlah produk bahkan menawarkan daya tahan yang tinggi sehingga rambut tampak rapi seharian. 

Hair powder cocok untuk tipe rambut seperti apa?

Hair powder cocok untuk tipe rambut seperti apa?

Hair powder kurang disarankan untuk rambut tebal dan tipe rambut keriting. Pasalnya, penambahan hair powder dapat menyebabkan rambut tebal dan keriting jadi makin mengembang, kaku, bahkan lebih sulit diatur.


Karena itu, hair powder lebih cocok digunakan oleh pemilik rambut tipis yang helaian rambutnya terasa lemas serta jarang tumbuh rambut baru. Anda dapat memakainya saat kondisi rambut lepek dan berminyak, baik pada rambut pendek maupun panjang.


Namun, sebaiknya hair powder tidak digunakan setiap hari. Hal ini karena pemakaian hair styling yang terlalu sering dapat menimbulkan efek samping, seperti berkurangnya kelembutan rambut. Hindari pula penggunaan hair powder di rambut yang basah atau berketombe.

Cara memilih hair powder

Dalam memilih hair powder, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah membeli. Di bawah ini kami telah merangkum tips memilihnya dalam sejumlah poin yang bisa Anda pertimbangkan.

Perhatikan kandungan hair powder

Perhatikan kandungan hair powder

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kandungan yang ada dalam hair powder pilihan. Berikut ini beberapa contoh kandungannya.


  • Kandungan yang menambah volume rambut

Salah satu kandungan yang mampu menambah volume dan mempertahankan tatanan rambut lebih lama adalah silica silylate. Kandungan ini dapat mengatur keseimbangan hormon tubuh dan mengikat mineral di rambut.


  • Kandungan yang menyerap produksi minyak di rambut

Kaolin clay adalah kombinasi berbagai mineral yang mampu menyerap produksi minyak berlebih, seperti silica, calcium, dan magnesium. Dibandingkan bentonite clay, kaolin clay cenderung lebih mild dan ramah untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kepala yang sensitif.


  • Kandungan yang menutrisi rambut

Pertimbangkan produk dengan tambahan kandungan yang menutrisi rambut. Salah satunya adalah ekstrak lidah buaya yang dikenal sebagai kandungan alami untuk menyuburkan rambut. Ada juga produk yang mengandung antioksidan, seperti vitamin E, untuk memperbaiki struktur dan jaringan pada rambut.

Tentukan daya rekat dan hasil akhir yang Anda inginkan

Tentukan daya rekat dan hasil akhir yang Anda inginkan

Daya rekat atau hold merupakan kemampuan produk untuk menahan rambut. Umumnya terdapat dua varian daya rekat hair powder yaitu strong dan heavy. Produk dengan keterangan heavy memiliki daya rekat yang lebih kuat dan tahan lama dibandingkan yang strong. Kemampuan untuk menambah volume serta tekstur produk heavy juga lebih tinggi.


Perhatikan juga hasil akhir dari hair powder pilihan. Karena bersifat menyerap minyak, hair powder biasanya memiliki hasil akhir matte. Artinya, efek yang ditampilkan tidak memiliki kilap. Namun, ada pula produk yang menawarkan sedikit kilau agar terlihat lebih natural.

Pilih kemasan sesuai kebutuhan

Poin lain yang sebaiknya tidak terlewatkan adalah memilih kemasan hair powder yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, produk yang dipilih akan lebih tepat sasaran.

Kemasan botol berlubang, paling umum ditemukan

Kemasan botol berlubang, paling umum ditemukan

Kebanyakan produk hair powder hadir dalam kemasan botol kecil dengan sejumlah lubang di atasnya. Dengan begitu, bedak akan lebih mudah ditaburkan sebelum diaplikasikan. 


Hair powder dalam kemasan botol memberi kebebasan lebih untuk mengaplikasikannya. Selain dapat langsung dibubuhkan ke rambut, Anda bisa terlebih dahulu menaburkannya di telapak tangan. Setelah itu, baru ditata menggunakan jari atau sisir. Cara lainnya, Anda dapat membubuhkannya ke puffsponge atau brush sebelum diratakan ke rambut.

Kemasan dengan aplikator puff, lebih mudah mengontrol bedak

Kemasan dengan aplikator puff, lebih mudah mengontrol bedak

Sejumlah produk menyediakan aplikator bawaan untuk memudahkan Anda mengaplikasikan bedak. Salah satu bentuk aplikator tersebut adalah puff yang menempel di mulut botol. Cara menggunakannya cukup dengan menekan produk ke rambut, lalu meratakannya


Selain diaplikasikan di rambut, produk bertipe ini ada yang bisa digunakan sebagai penyerap keringat. Anda dapat menggunakannya di leher atau ketiak yang berkeringat saat cuaca panas. Namun, sebaiknya cek dahulu saran penggunaannya agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya.

Kemasan spray, cara memakainya paling praktis

Kemasan spray, cara memakainya paling praktis

Di luar negeri tipe hair powder yang ditawarkan cukup bervariasi. Tidak hanya tipe botol dan puff, ada juga hair powder dalam kemasan spray. Hair powder spray dapat langsung diaplikasikan dengan cara menyemprotkannya ke rambut. Selain itu, ada pula produk yang dilengkapi brush bawaan. Sayangnya produk hair powder dalam dua kemasan tersebut masih cukup sulit diperoleh di Indonesia.


Produk dalam kemasan botol spray sering disamakan dengan dry shampoo. Namun, keduanya memiliki komposisi dan fungsi utama yang berbeda. Dry shampoo merupakan solusi sementara yang digunakan untuk memberikan tampilan rambut yang lebih bersih dan segar. Sementara itu, hair powder adalah produk untuk membuat rambut lebih bertekstur dan bervolume.

Cek juga warna hair powder

Cek juga warna hair powder

Kebanyakan hair powder yang beredar di pasaran bersifat translucent atau tidak memiliki warna. Meskipun warnanya putih, ketika diaplikasikan akan langsung menyatu dengan rambut. Jadi, setelah diaplikasikan ke rambut, hair powder tidak akan mengubah warna rambut. 


Namun, Anda yang kurang percaya diri dengan rambut beruban dapat memilih hair powder yang sewarna dengan rambut asli. Tidak hanya membuat rambut tampak lebih mengembang, hair powder berwarna akan dapat menyamarkan uban Anda. Akan tetapi, tipe hair powder berwarna ini masih cukup sulit ditemukan di Indonesia. 

10 Rekomendasi hair powder terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hair powder terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 16 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa ROCKS Volume Dust memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, SMITH Hair Styling & Volumizing Powder OCEAN DUST yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Rocks ROCKS Volume Dust 1

Rocks

2
Yui Men Premium Hair Powder 1

Yui Men

3
Hairnerds Professional Freestyle Dust Powder 1

Hairnerds Professional

4
Mandom Texturizing Clay Powder Clay Unbreakable Smooth 1

Mandom

5
Smith Men Supply SMITH Hair Styling & Volumizing Powder OCEAN DUST 1

Smith Men Supply

6
Captain Men's Care Hair Powder 1

Captain Men's Care

7
No Bad Hair La Poudre Hair Styling Powder 1

No Bad Hair

8
Chief Chief Dry Sand 1

Chief

9
Erha His Erha Hair Dust 1

Erha

10
Elona World Elona Poudree Hair Fluffy Powder 1

Elona World

Nama produk

ROCKS Volume Dust

Premium Hair Powder

Freestyle Dust Powder

Texturizing Clay Powder Clay Unbreakable Smooth

SMITH Hair Styling & Volumizing Powder OCEAN DUST

Hair Powder

La Poudre Hair Styling Powder

Chief Dry Sand

His Erha Hair Dust

Elona Poudree Hair Fluffy Powder

Keunggulan

Daya rekat kuat yang tahan seharian

Membebaskan Anda untuk memilih varian aroma sesuai selera

Menahan rambut tetap mengembang dengan nutrisi lidah buaya

Best hair powder dengan harga ekonomis? Ada!

Aroma menyegarkan dengan butiran bedak yang superhalus

Kaya akan vitamin untuk menjaga kelembapan rambut

Bersifat water soluble sehingga mudah dibersihkan

Cukup dengan sedikit semprotan, rambut terlihat keren dalam waktu lama

Ciptakan model rambut crop dan quiff dalam sekejap

Rambut tampak lebih segar dan wangi dalam hitungan detik

Harga mulai dariRp 80.000,00Rp 45.000,00Rp 150.000,00Rp 48.000,00Rp 80.000,00Rp 75.000,00Rp 125.000,00Rp 89.000,00Rp 117.600,00Rp 80.000,00
Isi12 gram12 gram10 gram20 gram11 gram10 gram12 gram6 gram12 gram8,5 gram
Hasil akhirNatural shineMatteMatteMatteMatteNatural matteMatteNatural dry matteNatural matteMatte
Daya rekat (hold)Heavy (5/5)Strong (4/5)Strong (4/5)Tidak disebutkanStrong (4/5)Strong (4/5)Tidak disebutkanStrong (4/5)Tidak disebutkanTidak disebutkan
KemasanBotol berlubangBotol berlubangBotol berlubangBotol berlubangBotol berlubangBotol berlubangBotol pumpBotol sprayBotol berlubangBotol dengan puff
WarnaTranslucentTranslucentTranslucentTranslucentTranslucentTranslucentTranslucentTranslucentTranslucentTranslucent
Tautan produk
10

Elona WorldElona Poudree Hair Fluffy Powder

Mulai dari Rp 80.000,00

Isi8,5 gram
Hasil akhirMatte
Daya rekat (hold)Tidak disebutkan
KemasanBotol dengan puff
WarnaTranslucent
9
Isi12 gram
Hasil akhirNatural matte
Daya rekat (hold)Tidak disebutkan
KemasanBotol berlubang
WarnaTranslucent
8
Isi6 gram
Hasil akhirNatural dry matte
Daya rekat (hold)Strong (4/5)
KemasanBotol spray
WarnaTranslucent
7

No Bad HairLa Poudre Hair Styling Powder

Mulai dari Rp 125.000,00

Isi12 gram
Hasil akhirMatte
Daya rekat (hold)Tidak disebutkan
KemasanBotol pump
WarnaTranslucent
6
Isi10 gram
Hasil akhirNatural matte
Daya rekat (hold)Strong (4/5)
KemasanBotol berlubang
WarnaTranslucent
5

Smith Men SupplySMITH Hair Styling & Volumizing Powder OCEAN DUST

Mulai dari Rp 80.000,00

Isi11 gram
Hasil akhirMatte
Daya rekat (hold)Strong (4/5)
KemasanBotol berlubang
WarnaTranslucent
4

MandomTexturizing Clay Powder Clay Unbreakable Smooth

Mulai dari Rp 48.000,00

Isi20 gram
Hasil akhirMatte
Daya rekat (hold)Tidak disebutkan
KemasanBotol berlubang
WarnaTranslucent
3

Hairnerds ProfessionalFreestyle Dust Powder

Mulai dari Rp 150.000,00

Isi10 gram
Hasil akhirMatte
Daya rekat (hold)Strong (4/5)
KemasanBotol berlubang
WarnaTranslucent
2
Isi12 gram
Hasil akhirMatte
Daya rekat (hold)Strong (4/5)
KemasanBotol berlubang
WarnaTranslucent
1
Isi12 gram
Hasil akhirNatural shine
Daya rekat (hold)Heavy (5/5)
KemasanBotol berlubang
WarnaTranslucent

Tips menggunakan hair powder

Selanjutnya, kami akan memberikan tips menggunakan hair powder agar penampilan Anda makin menawan. Perlu diperhatikan bahwa hasil akhir dari penggunaan hair powder dapat berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh produk yang digunakan, serta tipe rambut masing-masing.

Bagaimana cara mengaplikasikan hair powder?

Bagaimana cara mengaplikasikan hair powder?

Pertama-tama, pastikan rambut Anda dalam keadaan kering karena hair powder tidak dapat bekerja maksimal di rambut basah. Selanjutnya, taburkan hair powder secukupnya di telapak tangan atau langsung ke rambut Anda. Agar lebih maksimal dalam menyerap minyak, Anda disarankan untuk mengaplikasikannya di akar rambut.


Hair powder sebaiknya tidak dipakai terlalu banyak agar rambut tak tampak kaku. Ratakanlah hair powder dengan menggunakan jari, sisir, atau aplikator lainnya. Pastikan bedak benar-benar diratakan agar tidak ada yang menggumpal di satu area kepala.


Untuk rambut yang tampak lebih bertekstur, Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang atau besar. Supaya bedak dapat diaplikasikan lebih merata dan terkontrol, gunakan brush atau sponge kering yang ditepuk ringan. Saat Anda merasa daya rekat yang dihasilkan sudah cukup, mulailah menata rambut sesuai keinginan.

Cara membersihkan hair powder

Cara membersihkan hair powder

Sama seperti hair product lainnya, hair powder juga perlu dibersihkan hingga tuntas. Umumnya hair powder dapat dibersihkan dengan membilasnya menggunakan air biasa. Setelah beraktivitas, Anda dapat langsung membilasnya hingga ke akar rambut dan kulit kepala untuk memastikan tidak ada sisa powder.


Akan tetapi, ada juga produk yang perlu dibilas menggunakan air dan sampo. Selain itu, produk hair powder dengan daya rekat tinggi biasanya membutuhkan air, sampo, dan kondisioner. Pastikan Anda membersihkannya dengan maksimal agar tidak menyebabkan penumpukan di kulit kepala.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut lainnya di sini

Penataan rambut yang tepat dapat membuat penampilan Anda makin maksimal. Namun, menggunakan hair powder saja tentu tidak cukup. Masih banyak produk perawatan rambut lain yang bisa Anda gunakan, misalnya pomade, hair wax, dan gel rambut. Untuk lebih mengenalnya, Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Jadi, bagaimana produk-produk hair powder yang telah kami rekomendasikan di atas? Adakah yang paling membuat Anda penasaran?


Kehadiran hair powder dapat menjadi alternatif produk hair styling yang tidak sepekat pomade atau hair wax. Sebelum membeli hair powder, perhatikanlah bahan kandungan, daya rekat, hasil akhir, serta kemasannya. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan hair powder terbaik. Bersiaplah tampil maksimal dengan rambut rapi dan bebas lepek!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hair dryer adalah salah satu item wajib untuk Anda yang suka melakukan styling rambut. Saat ini ada banyak pilihan hair dryer yang bagus dengan fitur perawatan rambut yang inovatif. Anda bisa memilih hair dryer yang dilengkapi pengaturan aliran udara, suhu, dan lainnya. Berbagai merek hair dryer yang bagus pun bisa dengan mudah Anda temukan, seperti Panasonic, Sharp, Dyson, dan Remington.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hair dryer untuk Anda. Kami juga akan membagikan dan me-review rekomendasi hair dryer terbaik. Baca artikel ini hingga selesai, ya.
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penampilan kerap kali sangat diperhitungkan oleh pria yang ingin tampil lebih percaya diri. Tidak hanya dari pakaian yang dikenakan, tetapi juga dari gaya rambut. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri.Ada banyak produk pomade yang bagus beredar di pasaran, seperti Chief, Gatsby, dan Murray’s. Meskipun begitu, tidak semua merek dan jenis pomade cocok untuk rambut Anda. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dan membagikan rekomendasi pomade rambut terbaik di sini. Simak, ya!
    Styling rambut
  • 10 Catokan Rambut yang Bagus - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Catokan Rambut yang Bagus - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    Alat catok merupakan perangkat penting untuk mendapatkan gaya rambut yang tahan lama. Selain untuk meluruskan rambut, ada juga jenis catokan yang dapat digunakan sebagai hair curler. Saat ini ada banyak merek catokan di pasaran, mulai dari Remington, Glampalm, hingga LivChic. Keunggulan setiap produk pun berbeda-beda, ada yang mengandung negative ion, memiliki pengaturan suhu, dan lainnya.Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi catokan yang tidak merusak rambut beserta review singkatnya. Langkah-langkah untuk memilih produk yang bagus pun akan kami jelaskan. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli penata rambut, Kiki Talahatu. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sering mewarnai atau mengeriting rambut, tentu rambut lebih rentan rusak. Rambut yang rusak menjadikan tampilan Anda terlihat lebih tua dibanding usia Anda sebenarnya. Untuk itu, diperlukan perawatan ekstra seperti menggunakan hair cream agar rambut tetap sehat ternutrisi. Umumnya, hair cream terbagi menjadi hair styling cream dan hair treatment cream.Banyaknya merek hair cream mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih, seperti Makarizo, Johnny Andrean, dan Cultusia. Jadi, kami akan menjelaskan cara memilih hair cream sekaligus merekomendasikan beberapa produk yang bagus. Mari dapatkan rambut sehat berkilau dengan hair cream!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Gunting Potong Rambut Terbaik untuk Dipakai Sendiri (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gunting Potong Rambut Terbaik untuk Dipakai Sendiri (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin agak merepotkan bila harus pergi ke salon atau barbershop misalnya hanya untuk memotong poni saja. Apalagi bagi Anda yang tidak punya waktu untuk pergi ke salon, memotong rambut sendiri di rumah tentu lebih ekonomis. Tetapi, tahukah Anda jenis gunting seperti apa yang cocok digunakan?Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih gunting potong rambut terbaik untuk dipakai sendiri. Ada banyak merek gunting yang bagus yang dapat Anda pilih seperti KNIFEZER, Shilla, dan Koryu Nikko. Silakan dibaca sampai selesai agar Anda tidak melewatkan info menarik lainnya.
    Styling rambut
  • 10 Sisir Catok Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Catok Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2022)
    Sisir catok bermanfaat untuk membentuk poni dan ujung rambut sambil mengeringkannya. Produk ini juga dikenal sebagai catokan sisir atau sisir pelurus rambut. Dengan sisir catok, Anda dapat menghasilkan berbagai tatanan rambut secara cepat setiap hari. Ada banyak merek, seperti Philips, Elona, dan Panasonic, ikut memproduksi sisir catok rambut dengan beragam fitur dan bentuk. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih sisir catok yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli penata rambut, Kiki Talahatu. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori