1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Baju Songket Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Baju Songket Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Baju Songket Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Baju Songket Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Baju Songket Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Baju Songket Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Baju Songket Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)

Songket merupakan kain tradisional yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, seperti Palembang, Minangkabau, dan Lombok. Dalam upaya melestarikannya, kain songket banyak dikreasikan menjadi pakaian, mulai dari model tradisional sampai modern. Selain fashionable, baju songket juga cocok untuk semua wanita, baik yang langsing maupun gemuk. 


Melalui artikel ini kami membagikan tips memilih baju songket yang bagus, termasuk atasan dan dress. Kami juga akan merekomendasikan merek baju songket terbaik, seperti Madame Rabbit, Arjuna Weda, dan Anakara. Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri. Disimak sampai selesai, ya!

Diperbaharui 09-22-2022
Pakar
Fashion stylist
Ocka Sakri

Ocka memiliki pengalaman kerja di berbagai acara pekan busana. Beberapa di antaranya adalah Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Fashion Nation Senayan City, Hijab Festive Week, dan Modest Fashion Project. Ocka juga menjadi penanggung jawab wardrobe untuk beberapa film layar lebar dan iklan di Indonesia. Ia juga menjadi stylist pribadi beberapa artis Indonesia serta stylist untuk photoshoot campaign produk dan agency campaign.

Profil Ocka Sakri
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Pesona kain songket

Pesona kain songket

Songket bukanlah sekadar kain biasa yang bisa ditemukan di mana saja, melainkan simbol budaya yang memiliki nilai sosial kemasyarakatan. Songket adalah keindahan yang ditenun dengan tangan dan tak bisa diremehkan begitu saja.


  • Kain songket dibuat dengan metode tenun. 
Kain ini bisa berasal dari negara rumpun Melayu, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Di Indonesia sendiri Anda bisa menemukan kain songket di berbagai daerah. Akan tetapi, songket yang masih kuat dengan budaya Melayu bisa ditemukan di daerah Palembang dan Minang. Tradisi menenun memang sudah dikenal bangsa Indonesia sejak dahulu.

 

  • Kain songket paling menarik berkat kilauan emas yang memancarkan kekayaan suatu daerah. 

Bahan ini awalnya digunakan untuk busana para bangsawan dan pejabat besar negara karena terbuat dari tenunan benang emas dan perak. Bahkan, secara harfiah, kata 'menyongket' memiliki arti menenun dengan benang emas dan perak. Namun, agar bisa dipakai banyak orang, kain songket mulai dibuat menggunakan benang biasa yang harganya lebih terjangkau.


  • Dewasa ini bahan songket telah dikembangkan menjadi beragam busana yang dapat Anda kenakan dalam berbagai kesempatan. 

Mulai dari baju kurung, kebaya, kaftan, tunik, hingga gaun kasual dan formal banyak menggunakan bahan songket. Karena memiliki corak dan warna yang indah, memakai baju songket akan membuat Anda terlihat cantik. Selain itu, Anda pun turut berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya tanah air, lho! 


Namun, perlu diketahui bahwa tak semua baju songket modern yang dijual di e-commerce berbahan kain tenun songket asli. Kemungkinan Anda akan menemukan lebih banyak pakaian berbahan kain yang diberi motif songket (printing). Periksalah keterangan bahan dari penjual sebelum melakukan pembelian, ya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih baju songket untuk wanita

Baju songket modern memiliki banyak variasi model dan juga motif. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memilih baju songket yang tepat. 

① Pilih model baju songket sesuai kebutuhan

Belakangan ini ada begitu banyak model baju yang bisa dibuat dari bahan songket. Tiap-tiap model baju songket punya tujuan pemakaian yang berbeda-beda. Yuk, kenali satu persatu!

Blouse, kemeja, dan tank top, atasan fashionable untuk sehari-hari

Blouse, kemeja, dan tank top, atasan fashionable untuk sehari-hari

Model paling sederhana dari baju songket adalah blouse, kemeja, dan tank top. Keduanya merupakan model atasan wanita yang mudah digunakan dan bisa dipakai sehari-hari. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan gaya pribadi dan kebutuhan Anda. 


Jika lebih menyukai pakaian tertutup dan lebih formal, Anda bisa memilih model kemeja dan blouse. Model ini cocok dipakai saat pergi bekerja. Sebaliknya, Anda bisa memilih tank top jika Anda merasa percaya diri. Selain itu, karena modelnya terbuka, model tank top lebih cocok untuk dipakai saat acara santai.

Kebaya dan baju kurung, outfit pesta atau acara adat tradisional

Kebaya dan baju kurung, outfit pesta atau acara adat tradisional

Sebagai kain tradisional, songket juga banyak dipakai untuk pakaian adat tradisional. Salah satunya adalah baju kurung yang merupakan pakaian adat untuk wanita khas Melayu. Meski terlihat kuno, baju kurung ini sangat tinggi nilai budayanya, lho! Buktinya, hingga saat ini baju kurung songket masih banyak digunakan dalam acara adat. 


Selanjutnya, ada juga kebaya yang menggunakan kain songket sebagai bawahan. Model kebaya songket saat ini pun sudah banyak mengalami modernisasi. Salah satunya adalah kebaya Bali yang menggunakan kain songket model lilit. Hadirnya rok lilit modern beberapa tahun belakangan berdampak pada peningkatan minat terhadap busana etnik.

Dress dan tunik, manis dan feminin untuk kebutuhan formal

Dress dan tunik, manis dan feminin untuk kebutuhan formal

Model paling modern dari baju berbahan songket adalah dress dan tunik. Keduanya akan membuat wanita terlihat lebih unik sekaligus feminin. Karena menggunakan bahan songket, kedua model yang umum ini pun jadi terlihat lebih mewah. Tidak hanya itu, model dress dan tunik juga bisa dipakai semua wanita, termasuk Anda yang menggunakan hijab. 

② Pertimbangkan pakaian yang dijual satu set

Pertimbangkan pakaian yang dijual satu set

Baju songket cenderung memiliki corak dan warna yang ramai. Tidak jarang hal tersebut membuat para wanita menghindari baju songket karena kesulitan untuk memadukannya dengan outfit lain. 


Jika Anda menemukan masalah seperti ini, solusi mudah yang bisa dilakukan adalah membeli produk setelan. Saat membeli satu set pakaian, umumnya Anda akan mendapatkan outfit yang sudah pasti cocok satu sama lain. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing memikirkan paduan outfit yang cocok dengan baju songket Anda.

③ Kenali jenis dan motif songket sebelum membeli

Kain songket memiliki sangat banyak motif dan warna. Berbeda daerahnya, berbeda pula makna motif dan warnanya. Meski jarang disebutkan jenis songket yang dipakai, ayo kenali beberapa di antaranya!

Songket Palembang: Motif tumbuhan, geometris, dan campuran

Songket Palembang: Motif tumbuhan, geometris, dan campuran

Songket palembang dikenal dengan beragamnya jenis dan fungsi yang ditampilkan dalam berbagai motif dan benang yang dipakai. Secara garis besar, motif songket Palembang dapat dikategorikan menjadi tiga. Ketiga motif tersebut adalah tumbuhan atau bunga, geometris, dan juga campuran.


Secara filosofis, motif tumbuhan mengartikan hubungan antara kehidupan manusia yang tidak bisa lepas dari alam. Sementara itu, motif geometris tidak memiliki artian khusus. 


Dalam sejarahnya warna kain songket juga memiliki artian khusus yang mana menggambarkan status sosial. Sebagai contoh, warna merah, kuning, dan hijau gelap biasanya dipakai oleh janda. Kemudian, warna cerah menandakan keinginan seseorang untuk menikah lagi. 


Selain itu, ada juga kain songket warna merah dan emas yang kental budaya Tionghoa. Kombinasi ini biasanya melambangkan keberanian dan juga kekayaan, kejayaan, serta kemakmuran. 


Motif yang tergambar dalam kain songket Palembang sebenarnya memiliki makna yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Palembang. Kain songket lepus adalah kain songket pertama di palembang. Motif kain ini hampir seluruhnya tertutup dengan benang emas yang ditenun. Konon songket ini dahulu hanya digunakan oleh kaum bangsawan saja.


Songket lepus juga dibagi menjadi tiga bagian yaitu songket lepus berekam, lepus berantai, dan lepus penuh. Yang membedakan ketiga jenis songket lepus tersebut adalah motif dan benang yang digunakan

Songket Lombok: Kental budaya suku Sasak

Songket Lombok: Kental budaya suku Sasak

Kain songket lombok umumnya juga memiliki kandungan makna dan nilai estetika yang tinggi. Karena itu, ada beberapa kain tenun lombok memiliki nilai-nilai sakral dan tidak sembarangan orang bisa mengenakannya.


Berbeda dengan kain songket dari daerah lain di Indonesia, khususnya kain songket Melayu, songket Lombok tidak menggunakan benang emas. Sebagai gantinya, digunakan benang katun warna-warni sehingga tampilanya terkesan lebih ramai.


Motif kain songket Lombok erat kaitannya dengan suku Sasak, suku asli dari Nusa Tenggara Barat yang mendiami Lombok. Hampir semua motif kain songket Lombok dipengaruhi budaya ini dan lebih banyak disebut sebagai tenun Sasak.


Songket Lombok pada awalnya memakai motif orang atau wayang dari kisah pewayangan suku Sasak. Setelah itu, barulah motif tersebut dikembangkan untuk mengikuti kemajuan zaman dan permintaan pasar. 


Kain songket dalam kehidupan masyarakat Sasak digunakan sebagai pakaian pria dan wanita saat berlangsung upacara adat. Kain ini juga digunakan sebagai pakaian pengantin. Dari segi kegunaan tersebut, kain songket Lombok secara umum berbeda dari kain lainnya

 

Setelah agama Islam masuk dan mendominasi daerah Lombok, terjadi perubahan motif pada kain songket Lombok. Tidak hanya wayang, kain songket Lombok mulai menggunakan motif tumbuhan, seperti sulur, pucuk rebung, pohon hayat, dan bunga. Motif hewan yang semula ada pada kain songket Lombok pun tergantikan dengan motif kaligrafi Arab. Hanya motif burung yang tak tergantikan.

10 Rekomendasi baju songket terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baju songket terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ocka Sakri.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kebaya Modern Diandra Set Kurung Jupri Songket Palembang Wanita

 Kebaya Modern Diandra Set Kurung Jupri Songket Palembang Wanita 1枚目

Model baju kurung tradisional yang elegan

2

Setelan Songket Nabila

 Setelan Songket Nabila 1枚目

Tampil kece di kondangan dengan setelan baju songket kekinian

3

Benang Raja

Tank Top Bahan Songket

Benang Raja Tank Top Bahan Songket 1枚目

Model tunik atau blus songket dengan kombinasi batik motif bunga

4

DGM Fashion

DGM X JUST.ID Kemeja Couple Premium Songket

DGM Fashion DGM X JUST.ID Kemeja Couple Premium Songket 1枚目

Kemeja songket couple dengan banyak pilihan warna

5

Rianty Batik

Dress Patricia

Rianty Batik Dress Patricia 1枚目

Warna cerahnya buat tampilan jadi segar

6

Anakara

Layer Puff Tops Bali Songket

Anakara Layer Puff Tops Bali Songket 1枚目

Baju atasan songket dengan detail ruffle yang cantik

7

Madame Rabbit

Dress Pesta Songket Gold

Madame Rabbit Dress Pesta Songket Gold  1枚目

Ornamen wajik raksasanya menarik perhatian, sangat unik!

8

Batik Faaro

Blus Batik Suci Motif Songket

Batik Faaro Blus Batik Suci Motif Songket 1枚目

Elegan dan formal untuk dipakai ke kantor

9

Adikusuma by Arjuna Weda

Sackdress Tenun Lombok

Adikusuma by Arjuna Weda Sackdress Tenun Lombok 1枚目

Slip on style tunik yang cantik dan praktis

10

Gesyal

Maxi Dress Asimetris Tanpa Lengan Merak Katun Maron Songket

Gesyal Maxi Dress Asimetris Tanpa Lengan Merak Katun Maron Songket 1枚目

Sleveless dress songket asimetris untuk tampilan modis

Perincian produk
Close
No.1

Kebaya Modern Diandra Set Kurung Jupri Songket Palembang Wanita

Mulai dari Rp180.000,00

Model baju kurung tradisional yang elegan

Jika yang Anda cari adalah setelan baju songket model kurung yang tradisional, pilihlah produk ini. Anda sudah mendapatkan atasan tunik serta rok sepan yang pas badan. Motif songket yang cantik tercetak di atas kain katun prada dengan banyak pilihan warna. Meski bukan kain tenun songket asli dan hanya berupa printing, baju kurung ini tetap terlihat menawan saat dipakai ke acara-acara resmi.

No.2

Tampil kece di kondangan dengan setelan baju songket kekinian

Bingung menentukan outfit yang tepat untuk pergi ke kondangan? Anda bisa memilih baju songket Palembang yang sudah dijual satu set dengan roknya yang cantik. Bajunya didesain modern dengan lengan model batwing, lho. Meski motifnya songket Palembang tradisional, satu setel baju dan rok songket ini terlihat sangat modis dan kekinian! Harganya pun terjangkau.

No.3

Benang RajaTank Top Bahan Songket

Mulai dari Rp85.000,00

Model tunik atau blus songket dengan kombinasi batik motif bunga

Benang Raja Group memiliki banyak pilihan baju motif songket yang dikombinasikan dengan motif batik. Kami menyarankan tunik jika Anda mencari atasan yang sopan untuk dipakai ke kantor, terutama cocok untuk Anda yang muslimah. 


Model blus tanpa kerahnya juga terlihat modis dipasangkan dengan rok sepan untuk office look. Lebih keren lagi jika Anda membeli sepasang untuk dipakai sebagai baju couple, ya. Untuk pasangan Anda, tersedia model hem atau kemeja.

No.4

DGM FashionDGM X JUST.ID Kemeja Couple Premium Songket

Mulai dari Rp149.000,00

Kemeja songket couple dengan banyak pilihan warna

Produk ini kami disarankan bagi Anda yang mencari kemeja couple songket untuk dipakai bersama pasangan. DGM Fashion memiliki koleksi kemeja songket untuk wanita dan pria. Jika Anda dan pasangan akan menghadiri acara bersama, kemeja songket couple ini bisa menjadi pilihan. Pilihan warna dan coraknya sangat banyak, lho! Tentunya Anda bisa membeli kemeja satuan untuk diri sendiri.

No.5

Rianty BatikDress Patricia

Mulai dari Rp699.000,00

Warna cerahnya buat tampilan jadi segar

Kombinasi warna yang cerah adalah daya tarik utama yang ditawarkan baju ini. Saat memakainya, penampilan Anda pasti akan terlihat lebih segar. Model dress klasik ini juga memberikan kesan feminin bagi siapa pun yang memakainya. Jika Anda membutuhkan dress songket yang cocok untuk pergi ke kantor ataupun acara semiformal, baju ini juga bisa jadi pilihan tepat. 

No.6

AnakaraLayer Puff Tops Bali Songket

Mulai dari Rp335.000,00

Baju atasan songket dengan detail ruffle yang cantik

Baik Anda menggunakan hijab maupun tidak, Anda pasti cocok memakai baju lengan panjang ini. Baju songket ini memiliki model yang tertutup sekaligus memiliki pola songket cantik. Aksen ruffle berlapis pada bagian lengan baju juga memberi kesan playful yang manis. Meski modelnya tergolong sederhana, baju ini nyaman dan bisa membuat Anda terlihat cantik pada tiap kesempatan!

No.7

Madame RabbitDress Pesta Songket Gold MSD-190

Mulai dari Rp450.000,00

Ornamen wajik raksasanya menarik perhatian, sangat unik!

Unik! Hal tersebut pasti menjadi kesan pertama saat melihat dress ini karena ornamennya yang sangat menarik perhatian. Baju songket ini pun cocok untuk Anda yang tidak suka mengenakan aksesori. Pasalnya, ornamen songket berbentuk wajik sudah akan menjadi pusat perhatian utama dari pakaian Anda. Ditambah lagi, warna gold-nya yang lembut menambah kesan elegan pada baju ini. 

No.8

Batik FaaroBlus Batik Suci Motif Songket

Mulai dari Rp206.700,00

Elegan dan formal untuk dipakai ke kantor

Untuk outfit kantor harian, Anda dapat memilih blouse songket dari Batik Faaro. Motif songket dengan kombinasi batik cap ini diberi pilihan warna-warni kekinian. Ada pilihan warna biru dan ungu untuk gaya kantoran wanita modern. Blouse berkerah lapel yang menyerupai blazer ini juga dilengkapi dengan furing dan bahan satin. Penampilannya elegan sebagai busana formal kantor.

No.9

Adikusuma by Arjuna WedaSackdress Tenun Lombok

Mulai dari Rp399.000,00

Slip on style tunik yang cantik dan praktis

Kalau Anda lebih suka dengan baju yang praktis, tunik dengan motif tenun Lombok ini pas untuk dipilih. Pasalnya, baju sepanjang setengah paha ini berdesain slip on style sehingga mudah dipakai. Selain itu, dengan belt pada bagian pinggang, baju ini akan memberi Anda siluet pinggang yang berlekuk. Ditambah dengan warna cerah, baju ini pasti membuat Anda terlihat makin chic!

No.10

GesyalMaxi Dress Asimetris Tanpa Lengan Merak Katun Maron Songket

Mulai dari Rp455.000,00

Sleveless dress songket asimetris untuk tampilan modis

Sudah banyak dress songket di pasaran yang dirancang dengan potongan modern untuk wanita masa kini. Salah satunya adalah dress songket kombinasi polos dari Gesyal ini. Motif songketnya hanya di bagian ujung rok dan kerah yang tidak berlebihan. Selain itu, dress ini dirancang dengan potongan sleveless dan asimetris yang membuatnya tampak stylish dikenakan saat pesta.

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Jangan ragu menggunakan kain songket sebagai bahan utama busana resmi. Selain bisa dipakai sebagai baju atasan, kain songket juga bisa dikenakan sebagai rok, lho! Anda bisa membuatnya menjadi rok midi, rok lipit, rok lilit, rok selip depan, blus, dress, bahkan blazer. Hal ini karena kainnya tengah populer untuk semua kalangan. Motif unik dengan kilau benang emas membuat kesan glamornya begitu terpancar. 


Nah, untuk Anda yang sudah atau akan membeli kain songket, mungkin tips cara merawat kain songket ini bisa menambah pengetahuan Anda.


  • Untuk mencucinya, Anda perlu memberi perlakuan khusus. Usahakan untuk tidak mencuci kain songket terlalu sering. Selain itu, hindari mencuci kain songket dengan mesin cuci dan detergen. Anda bisa gunakan teknik dry cleaning untuk mencuci kain songket. Anda juga dapat membasahinya sedikit. Namun, jangan diperas atau dikucek terlalu keras agar seratnya tak rusak.


  • Saat penyimpanan simpanlah dengan menggulungnya. Kain songket dengan kualitas baik tentunya memiliki harga sedikit mahal. Karena itu, Anda wajib merawat dan menjaga keindahan serat kain serta teksturnya. Salah perawatan malah bikin kain menjadi rusak. Karena itu, pedagang kain songket meletakkannya dalam kardus khusus supaya tidak rusak meski disimpan lama. 


  • Gulung kain songketnya supaya tekstur dan warnanya tak mudah pudar. Lapisi gulungan songket dengan kertas minyak putih guna menghindari kontak antar benang. Sesudah itu, simpanlah kain songkat di tempat kering supaya terhindar dari pertumbuhan jamur.


  • Sebaiknya tambahkan lada atau cengkih di tempat penyimpanan. Jangan semprotkan wewangian berbahan kimia dia dalam penyimpanan songket. Zat kimia dalam wewangian dapat meninggalkan noda yang tidak bisa hilang sehingga membahayakan kain songket. Supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan cairan alami yang aman untuk songket berupa campuran cengkih dan lada. Campuran tersebut mampu melindungi kain songket dari ngengat hingga 30 tahun.


  • Jangan lupa untuk diangin-anginkan. Cara lain agar kain songket lebih awet adalah dengan merawatnya secara hati-hati. Jika memang terpaksa dicuci, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Cukup angin-anginkan saja rok songket yang basah. Saat menjemurnya, balik kain songket sehingga bagian luarnya ada di dalam. Cara ini bisa membuat kilap benang emasnya lebih awet. 


  • Semisal Anda tidak mencuci songket, Anda wajib mengangin-anginkannya minimal tiga bulan sekali agar tidak lembap dan berjamur.

Baca juga rekomendasi aksesoris yang cocok untuk dipadankan dengan baju songket di sini

Baju songket adalah pakaian yang menawan untuk dipakai menghadiri kondangan ataupun acara resmi. Untuk memaksimalkan penampilan Anda, kenakanlah beberapa aksesoris pelengkap. Ada sepatu, tas, dan bros yang bisa dipadankan dengan baju songket. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan aksesoris yang tepat, ya.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudahkah Anda menemukan baju songket yang menarik perhatian Anda? Selain fashionable, corak dan warna songket bisa membuat Anda tampil cantik, lho! Terlebih lagi, baju songket memiliki nilai budaya yang tinggi. 


Pertimbangkan tips memilih baju songket di artikel ini. Jangan lupa untuk membeli baju songket sesuai dengan kebutuhan agar tidak hanya memenuhi lemari saja. Yuk, berbangga dengan busana adat Indonesia dan selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer