1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Cincin Emas Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Cukup banyak wanita yang memilih cincin sebagai aksesori sekaligus investasi. Tentu saja harga cincin emas wanita di pasaran berbeda-beda. Jika Anda mau sekaligus berinvestasi, cincin emas wanita 2 gram tentu lebih baik ketimbang cincin dengan berat 1 gram. Namun, produk manakah yang tepat dijadikan pilihan?


Jika Anda bingung, simak artikel ini! Beragam model cincin emas wanita terbaru, termasuk yang simple dan elegan tersedia di sini. Merk perhiasan yang bagus, seperti Semar Nusantara, Aurum Lab, dan Sandra Dewi Gold pun bisa Anda pilih. Sebelum itu, mari ketahui cara memilihnya berikut ini!

Diperbaharui 04-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih cincin emas untuk wanita

Begitu beragamnya model cincin emas bisa jadi malah membuat Anda ragu menentukan pilihan. Untuk membantu Anda memilih lebih mudah, yuk simak tips memilihnya berikut ini.

① Pilih warna emas yang Anda sukai

Dahulu memang cincin emas identik dengan warna kuning. Namun, seiring perkembangan zaman, kini Anda bisa dengan mudah menemukan cincin emas warna putih dan rose gold di pasaran. Hal itu memberi angin segar bagi pencinta fashion dan perhiasan. Nah, sekarang mari simak penjelasan kami mengenai ketiga jenis warna emas tersebut lebih jauh.

Emas kuning: Lebih murni, lebih hypoallergenic, tetapi lebih mudah tergores

Emas kuning: Lebih murni, lebih hypoallergenic, tetapi lebih mudah tergores

Ketika mendengar kata perhiasan emas, mungkin emas warna kuninglah yang pertama terlintas. Memang benar, emas kuning mengandung lebih banyak logam emas dibanding emas putih dan emas rose gold. Hal itulah yang membuat emas kuning lebih murni. Makin pekat warna kuningnya, makin murni pula emas tersebut. Namun, hal itu juga berarti emas menjadi lebih lunak dan mudah berubah bentuk.


Emas kuning juga digemari karena memberi kesan klasik pada perhiasan. Selain itu, orang yang memiliki kulit sensitif akan lebih cocok memilih emas kuning karena lebih bersifat hypoallergenic. Pasalnya, emas kuning memiliki campuran logam lain lebih sedikit ketimbang kedua warna emas lainnya. 


Jika Anda memiliki kulit gelap, menggunakan cincin emas kuning akan membuat tampilan perhiasan makin stunning! Namun, berhubung emas kuning lebih lunak akibat sedikitnya campuran logam lain tadi, cincin akan lebih mudah tergores. Untuk itu, pemolesan dan perawatan berkala tetap perlu Anda lakukan untuk menjaga tampilannya tetap cantik.

Emas putih: Warna putih berkilau yang membutuhkan coating berkala

Emas putih: Warna putih berkilau yang membutuhkan coating berkala

Emas putih merupakan campuran emas dengan logam lain yang berwarna putih, misalnya perak, nikel, atau paladium. Namun, warna yang dihasilkan adalah warna putih keabuan yang tampak kusam. Agar bisa tercipta rona putih berkilau, emas putih akan dilapisi lagi dengan rodium.


Warnanya yang putih berkilau bisa menjadi opsi lain bagi Anda yang bosan dengan cincin emas kuning biasa. Selain itu, warna emas putih dapat membuat tampilan batu permata jadi terlihat makin cantik.


Meski begitu, lapisan rodium ini dapat memudar seiring pemakaian. Kadar PH kulit, penggunaan parfum, sabun, dan bahan kimia lainnya turut memengaruhi kecepatan pudarnya lapisan rodium tersebut. Untuk menjaga warna cincin tetap optimal, Anda akan membutuhkan coating ulang secara berkala.

Rose gold: Hadirkan kesan hangat dan feminin yang unik

Rose gold: Hadirkan kesan hangat dan feminin yang unik

Untuk mendapatkan cincin yang unik, feminin, sekaligus kontemporer, mungkin Anda akan tertarik dengan emas berwarna rose gold. Warna ini didapatkan dari percampuran emas murni dengan logam tembaga dan perak. Warna emasnya akan makin pinkish seiring bertambahnya logam tembaga yang dicampurkan. Sebaliknya, jika logam perak lebih banyak digunakan, warna rose gold yang dihasilkan akan kian pucat.


Hal menarik lain dari warna rose gold ini adalah semua jenis warna kulit akan cocok memakainya. Tentu saja perhiasan Anda pun tidak akan terlihat pasaran karena warnanya itu. Terlebih lagi, kini warna rose gold makin populer dan dicintai para fashionista. Pasalnya, kesan hangat dan romantis bisa didapatkan bersamaan ketika mengenakan cincin dengan warna ini.

② Periksa kadar karat yang digunakan

Periksa kadar karat yang digunakan

Harga cincin emas dapat berbeda tergantung model dan besar karat yang digunakan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karat adalah ukuran untuk menentukan kadar emas. Kadar tertinggi dari emas ditunjukkan dengan angka 24 karat atau biasa ditulis 24K. Berikut ini kami jabarkan lebih detail mengenai besar karat yang biasa ditemukan pada cincin emas di pasaran.


  • 24K - Kadar emasnya 24/24 dan merupakan emas murni. Emas ini paling lunak dan paling mahal jika dijadikan perhiasan cincin.

  • 18K - Kadar emasnya 18/24, dengan besaran 75% emas dan 25% logam lainnya. Anda akan paling sering menemukan cincin emas dengan kadar karat ini.

  • 14K - Kadar emasnya 14/24, dengan besaran 58% emas dan 42% logam lainnya. Karena perbandingan logamnya hampir setengah, daya tahan cincin akan lebih kuat ketimbang 18K dan 24K.

  • 9K - Kadar emasnya 9/24, dengan besaran 37,5% emas dan 62,5% logam lainnya. Ketahanan cincin dengan karat ini sudah cukup kuat, tetapi tetap terlihat mewah.

  • 7K - Kadar emasnya 7/24, dengan besaran 29% emas dan 71% logam lainnya. Cincin dengan karat ini merupakan pilihan paling ekonomis untuk dijadikan perhiasan cincin harian.

③ Emas solid atau lapis emas? Sesuaikan dengan budget Anda

Emas solid atau lapis emas? Sesuaikan dengan budget Anda

Cincin emas di pasaran ada yang terbuat dari emas solid ataupun terbuat dari logam lain berlapis emas. Umumnya, logam lain yang biasa digunakan adalah perak atau sterling silver. Dari segi harga, tentu cincin yang terbuat dari emas solid memiliki harga lebih mahal ketimbang cincin berlapis emas.


Jika Anda tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam atau memiliki budget terbatas, sebaiknya pilih cincin berlapis emas. Namun, untuk Anda yang ingin menjadikan perhiasan cincin sebagai investasi sekaligus, disarankan untuk memilih cincin dari emas solid.

④ Periksa berat dari cincin emas

Periksa berat dari cincin emas

Anda bisa dengan mudah menemukan cincin emas dengan beragam berat, misalnya 1 gram, 2 gram, atau bahkan 4 gram. Berat dari emas yang digunakan akan memengaruhi harga jual dan ketebalan dari cincin itu sendiri.


Jika Anda hendak menjadikan cincin emas Anda sebagai investasi juga, sebaiknya pilih yang bobotnya minimal 2 gram. Selain harga jualnya lebih bagus, bodi cincin juga tidak akan terlalu tipis dengan berat demikian.


Bagaimana bila Anda sedang ingin menghemat budget dan berencana menggunakan cincin hanya sebagai aksesori harian? Untuk tujuan demikian, tidak masalah jika Anda memilih cincin dengan berat 1 gram. Namun, mungkin saja bodi cincin jadi terlampau tipis. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakannya agar tidak mudah rusak.

10 Rekomendasi cincin emas terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cincin emas terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Diamond & Co.

Diamond Ladies Ring

Diamond & Co. Diamond Ladies Ring 1枚目

Lengkungan cantiknya hadirkan kesan simpel yang berbeda

2

AYUGOLD

THE ORIGINAL AYUSTACK 16K Yellow Gold

AYUGOLD THE ORIGINAL AYUSTACK 16K Yellow Gold 1枚目

Mau di-stacking atau dikenakan begitu saja? Keduanya cantik!

3

Juene Jewelry

Yezy Ring 01

Juene Jewelry Yezy Ring 01 1枚目

Eye-catching dengan kombinasi daun dan permata

4

UBS Lifestyle

Cincin Emas Linea Wish "Blessed" 17k

UBS Lifestyle Cincin Emas Linea Wish "Blessed" 17k 1枚目

Ingatkan diri untuk bersyukur setiap harinya melalui cincin ini

5

Semar Nusantara

The Caribbea - Hexagon Classic Pearl

Semar Nusantara The Caribbea - Hexagon Classic Pearl 1枚目

Unik, manis, sekaligus romantis dalam satu cincin!

6

Belva Jewellery

Cincin Berlian / Solitaire Ring

 Belva Jewellery Cincin Berlian / Solitaire Ring 1枚目

Menggunakan berlian asli, cincin jadi lebih mewah

7

Lino & Sons

Milla Diamond Ring

Lino & Sons Milla Diamond Ring 1枚目

Dengan clarity VVS1, kilau berliannya tampak memukau

8

Aurora Italia

Auroses Bead Eternity Ring

Aurora Italia Auroses Bead Eternity Ring 1枚目

So simple, yet so elegant!

9

Sandra Dewi Gold

Cincin Princess Diary

Sandra Dewi Gold Cincin Princess Diary 1枚目

Supermewah dengan adanya puluhan permata yang tersemat

10

Elli Jewelry

Silver Cincin Stacking Set of 5 Basic Gold Plated

Elli Jewelry Silver Cincin Stacking Set of 5 Basic Gold Plated 1枚目

Stacking tanpa ribet, jari langsung terlihat cantik

Perincian produk
Close
No.1

Diamond & Co.Diamond Ladies RingDRSS0120

Mulai dari Rp1.855.000,00

Lengkungan cantiknya hadirkan kesan simpel yang berbeda

Cincin satu ini memiliki desain sederhana, tetapi tetap menarik hati. Hal itu berkat lengkungan cantik yang melingkupi berlian di tengahnya. Oleh karena itu, produk ini pas untuk dikenakan oleh Anda yang mencari cincin simpel tanpa harus khawatir terlihat membosankan. Berlian yang digunakan pun merupakan berlian asli sehingga menambah daya tarik dari cincin ini.

No.2

AYUGOLDTHE ORIGINAL AYUSTACK 16K Yellow Gold

Mulai dari Rp784.310,00

Mau di-stacking atau dikenakan begitu saja? Keduanya cantik!

Di masa kini, sudah sangat biasa melihat wanita melakukan stacking cincin di jarinya. Jika Anda juga tidak mau ketinggalan, Anda bisa melirik produk satu ini. Anda bisa memadukannya dengan cincin solitaire milik Anda atau langsung mengenakannya begitu saja. Percayalah, keduanya akan sama-sama bagus dan membuat Anda bebas berkreasi lebih lagi dengan cincin-cincin Anda.

No.3

Juene JewelryYezy Ring 01

Mulai dari Rp1.124.171,00

Eye-catching dengan kombinasi daun dan permata

Salah satu model cincin wanita yang sedang digandrungi saat ini adalah cincin berdesain unik, contohnya produk ini. Dengan motif daun yang dikombinasikan dengan batu permata, tampilan cincin ini sangat eye-catching! Anda pun jadi bisa memakainya saat sedang hangout atau menghadiri acara-acara kasual. Cobalah padukan dengan kalung bertema senada agar makin cantik.

No.4

UBS LifestyleCincin Emas Linea Wish "Blessed" 17kCC70485

Mulai dari Rp857.827,00

Ingatkan diri untuk bersyukur setiap harinya melalui cincin ini

Setiap orang punya cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa syukur mereka. Nah, apabila Anda ingin mengekspresikan rasa syukur tersebut dengan cara yang lebih unik, cobalah mengenakan cincin ini. Dengan cincin bertuliskan blessed yang artinya diberkati, Anda pun jadi bisa terus ingat untuk bersyukur hari ini. Menjalani hari pun jadi terasa lebih ringan karenanya! 

No.5

Semar NusantaraThe Caribbea - Hexagon Classic Pearl

Mulai dari Rp1.525.000,00

Unik, manis, sekaligus romantis dalam satu cincin!

Ketika warna rose gold berpadu dengan mutiara, terciptalah cincin manis bernuansa romantis. Itulah yang akan Anda dapati saat melihat cincin ini. Namun, untuk memberi kesan lebih kuat, cincin ini tidak didesain bundar seperti cincin pada umumnya, melainkan heksagon. Dengan begitu, Anda yang ingin mengenakan cincin manis berdesain unik bisa menjatuhkan hati ke produk ini.

No.6

Belva JewelleryCincin Berlian / Solitaire RingBALRLP01832

Mulai dari Rp3.100.000,00

Menggunakan berlian asli, cincin jadi lebih mewah

Jika Anda berencana memadukan perhiasan cincin Anda dengan berlian asli, sebaiknya produk ini jangan sampai dilewatkan. Belva Jewellery menghadirkan cincin emas putih dengan berlian asli sebesar 0,019 karat. Ditambah desain dudukan berlian yang menyerupai bunga, tampilan berliannya pun jadi makin besar dan memukau. Bersiaplah tampil lebih mewah dengan cincin berlian asli di jari Anda.

No.7

Lino & SonsMilla Diamond RingP2006020346

Mulai dari Rp8.028.000,00

Dengan clarity VVS1, kilau berliannya tampak memukau

Sedang berencana mencari cincin solitaire untuk dijadikan engagement ring Anda? Anda bisa mempertimbangkan cincin cantik keluaran Lino & Sons ini. Menggunakan berlian asli dengan clarity VVS1, kilaunya dijamin akan memanjakan mata. Anda juga bisa mengukir inisial Anda dan pasangan di dalam cincin dengan gratis. Untuk momen spesial, cincinnya harus spesial juga, bukan?

No.8

Aurora ItaliaAuroses Bead Eternity Ring

Mulai dari Rp1.616.108,00

So simple, yet so elegant!

Tanpa banyak hiasan, desain cincin ini bisa dikatakan simple sekaligus tetap elegan. Anda akan menemukan batu permata mengelilingi seluruh permukaan cincin ini. Ditambah warnanya yang putih, cincin emas ini terlihat begitu elegan dan dewasa. Anda yang menginginkan cincin berdesain simple tanpa jadi terlihat membosankan wajib mempertimbangkan produk ini.

No.9

Sandra Dewi GoldCincin Princess Diary

Mulai dari Rp3.526.000,00

Supermewah dengan adanya puluhan permata yang tersemat

Cincin ini sangat cocok dikenakan saat Anda ingin menghadiri pesta. Hal tersebut didukung dengan tampilan mewah dari puluhan permata yang tersemat di cincin ini. Selain itu, bodi cincin ini terlihat tebal dan menguatkan kesan eksklusif. Ditambah center stone berukuran besar, cincin ini jadi tampak makin stand out dan memukau. 

No.10

Elli JewelrySilver Cincin Stacking Set of 5 Basic Gold Plated

Mulai dari Rp2.759.000,00

Stacking tanpa ribet, jari langsung terlihat cantik

Beli satu set, langsung dapat lima cincin sekaligus! Hal inilah yang akan Anda dapatkan ketika memutuskan membeli produk ini. Didesain sedemikian rupa, ketiga cincin ini terlihat sangat serasi satu sama lain.


Anda yang baru belajar cara stacking cincin pun akan sangat terbantu. Pasalnya, Anda tidak perlu repot mencari cincin yang serasi untuk ditumpuk, produk ini sudah jadi jawabannya. Langsung tampak cantik di jari, bukan?

Mungkinkah membuat cincin emas wanita 24 karat?

Mungkinkah membuat cincin emas wanita 24 karat?

Logam emas murni bersifat sangat lunak dan mudah berubah bentuk. Untuk itu, emas harus digabungkan dengan logam lain yang lebih keras untuk menambah kekuatan dan daya tahannya. Tanpa tambahan logam lain, cincin yang terbuat dari emas 24 karat akan sangat mudah bengkok dan berubah bentuk.


Anda mungkin bisa saja menemukan cincin emas 24 karat dijual di pasaran. Akan tetapi, fungsinya lebih sebagai investasi, bukan sebagai perhiasan. Tentu Anda tidak ingin gegabah menggunakan cincin tersebut lalu menghilangkan atau merusaknya tanpa sengaja karena sifat lunaknya tersebut, bukan?

Baca juga rekomendasi cincin lainnya dan bantal cincin di sini

Anda juga penasaran dengan cincin perak ataupun cincin lainnya? Kami juga sudah mengulasnya, lho. Ada juga artikel yang membahas cara memilih bantal cincin. Klik saja link-nya di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah merekomendasikan beragam cincin emas wanita yang tampak cantik dan menawan. Apakah salah satunya sudah berhasil membuat Anda jatuh hati?


Dalam memilih cincin emas, Anda bisa memilih warna emas yang disukai. Sesuaikan juga kadar karat emas dengan budget Anda. Tentu saja pemilihan motif dan model yang disukai juga sangat penting. Kami harap Anda bisa menemukan cincin emas favorit Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer