• 10 Audio Mobil Terbaik yang Dilengkapi Bluetooth - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Audio Mobil Terbaik yang Dilengkapi Bluetooth - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Audio Mobil Terbaik yang Dilengkapi Bluetooth - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Audio Mobil Terbaik yang Dilengkapi Bluetooth - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Audio Mobil Terbaik yang Dilengkapi Bluetooth - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Audio Mobil Terbaik yang Dilengkapi Bluetooth - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Audio mobil atau sering disebut head unit adalah perangkat wajib untuk menikmati musik dengan nyaman dalam mobil. Saat ini makin banyak produk audio mobil yang bisa terhubung dengan ponsel melalui Bluetooth. Namun, tipe serta merek head unit ini cukup beragam sehingga Anda pasti bingung memilih produk yang bagus.


Di sini, kami akan menjelaskan cara memilih audio mobil terbaik yang dilengkapi Bluetooth beserta produk rekomendasinya. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan rekomendasi audio mobil dengan Bluetooth yang tepat! Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Apa manfaat Bluetooth untuk perangkat audio mobil?

Apa manfaat Bluetooth untuk perangkat audio mobil?

Mendengarkan musik dalam mobil bisa menciptakan nuansa atau atmosfer tersendiri. Ketika bersama teman, mendengarkan lagu bisa membuat suasana jadi seru. Sebaliknya, Anda bisa makin terhanyut suasana apabila menyetir mobil sendiri sambil mendengarkan lagu sendu


Dahulu, bila Anda ingin menciptakan mood tertentu dengan musik dalam perjalanan di mobil, Anda harus mengeluarkan upaya ekstra. Contohnya, Anda harus menyiapkan kaset, mengumpulkan CD, atau menyimpan data musik di USB untuk diputar di perangkat audio mobil. Dengan adanya Bluetooth, semua kerepotan itu seketika sirna.


Bluetooth memberi kemudahan Anda untuk mendengarkan segala data audio dalam ponsel melalui perangkat audio mobil. Anda pun bisa mendengarkan lagu dari layanan streaming musik digital, radio internet, siniar, dan lainnya melalui speaker mobil. Anda tak lagi perlu membawa cakram padat (CD) atau copy file lagu dari komputer ke USB untuk diputar di mobil.


Dengan Bluetooth, Anda juga jadi lebih mudah mendengarkan lagu dari bermacam perangkat di speaker mobil. Ketika di mobil ada banyak orang, Anda jadi bisa bergantian menghubungkan ponsel ke audio mobil. Suasana pun akan jadi makin seru karena Anda bisa saling merekomendasikan musik bagus.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih audio mobil yang dilengkapi Bluetooth

Saat ini, head unit audio mobil yang beredar di pasaran sangat beragam. Ada beberapa hal yang perlu Anda tentukan sebelum memilih audio mobil, seperti fungsi, tipe, kejernihan suara, kemampuan navigasi, dan lainnya. Sebelum masuk ke daftar rekomendasinya, mari cari tahu dahulu cara memilih audio mobil yang dilengkapi Bluetooth terbaik untuk Anda. 

Pilih tipe audio mobil sesuai ukuran instalasi dan fungsinya

Ada dua tipe audio mobil yang dilengkapi Bluetooth, yakni 1DIN dan 2DIN. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan serta selera Anda. 

Tipe 1DIN yang hemat tempat dan biaya

Tipe 1DIN yang hemat tempat dan biaya

Jika Anda lebih suka fungsi sederhana yang tidak memakan banyak ruang, kami sarankan Anda untuk memilih 1DIN. Audio mobil tipe ini berukuran ringkas dengan panjang 50 mm dan lebar 178 mm. Artinya, audio mobil ini tidak akan memakan banyak tempat di dalam kendaraan Anda. 


Dengan audio mobil 1DIN, Anda bisa dengan mudah menikmati musik dan radio. Anda juga dapat memasang peralatan lain di ruang kosong yang tersisa. Kelebihan lainnya adalah ada banyak produk tipe ini yang harganya terjangkau. Tipe ini juga disarankan bagi Anda yang baru akan mencoba membeli audio mobil yang dilengkapi Bluetooth.

Tipe 2D1N menghadirkan fitur audio dan kendali dari monitor

Tipe 2D1N menghadirkan fitur audio dan kendali dari monitor

Bila Anda ingin menikmati musik yang bisa diatur dengan layar sentuh, pilih tipe 2DIN dengan monitor. Tipe 2DIN rata-rata berukuran panjang 100 mm dan lebar 178 mm. Ukuran audio tipe ini lebih besar daripada 1DIN. Dengan monitor, Anda juga bisa menonton video di dalam mobil dan anak-anak pun pasti menyukainya.


Karena ukurannya yang besar, ada banyak produk audio mobil yang dilengkapi dengan monitor. Bila monitor kompatibel dengan panel sentuh, tombol-tombolnya juga akan ditampilkan pada monitor. Bagian ini akan memudahkan penggunaan, terutama untuk memutar musik atau DVD. 


Namun, saat Anda akan membeli audio dengan layar sentuh, pastikan selalu cek ulang dengan penjualnya. Hal ini karena ada atau tidaknya monitor bergantung pada merek dan produk tertentu. Jika audio mobil Anda tidak memiliki monitor, pengoperasiannya masih bisa dilakukan dengan layar ponsel yang terhubung.

Kemudian, pastikan kualitas head unit yang spesifikasinya lengkap. Head unit yang bagus biasanya memiliki fitur time alignment yang berfungsi menghasilkan audio yang bagus. Jadi, pastikan untuk memeriksa kelengkapan audio mobil sebelum Anda membelinya, ya!

Rasakan kemudahan pengaturan audio dengan Bluetooth Ver4.0 atau di atasnya

Rasakan kemudahan pengaturan audio dengan Bluetooth Ver4.0 atau di atasnya

Sejak dipasarkan pada 1999, Bluetooth telah mengalami pembaruan berkali-kali, mulai dari Ver1.0 hingga Ver5.0. Bagi Anda yang ingin mendengarkan musik dengan nyaman, kami rekomendasikan Bluetooth Ver5.0. Versi ini memiliki kecepatan komunikasi data dua kali lipat dari Ver4.0.


Kami juga menyarankan Anda untuk lebih teliti saat memilih versi Bluetooth. Produk yang dilengkapi Bluetooth Ver2.0 dan sebelumnya kemungkinan memiliki fungsi yang tak sebanyak versi terkini. Ver2.0 diperkenalkan ke pasaran pada 2004. Karena itu, kami sarankan Anda untuk membeli audio mobil yang diproduksi setelah tahun tersebut.

Cek kecocokan media selain Bluetooth, seperti USB/CD/DVD

Cek kecocokan media selain Bluetooth, seperti USB/CD/DVD

Bila Anda berencana menggunakan fitur selain Bluetooth, periksa juga kecocokan media dan jenis datanya seperti WMA dan FLAC. Sebagai contoh, USB sangat mudah digunakan karena ringan, mungil, dan mudah dibawa. 


Bila Anda penyuka CD, cek apakah terdapat fungsi pemutarnya. Anda juga bisa merekam dan mendengarkan CD bila audio mobil memiliki fungsi CD-R dan CD-RW. Selain itu, bila Anda memilih tipe 2DIN, kami juga merekomendasikan alat yang bisa memutar DVD. Fungsi ini akan membantu Anda ketika dalam perjalanan panjang, terutama jika bersama anak.


Pilihlah audio dengan fitur paling lengkap yang mampu memutar musik dengan format MP3 ataupun dalam bentuk DVD dan USB. Cermati pula apakah audio sudah dilengkapi dengan rear, front, dan sub. Perlengkapan tersebut berguna ketika menggunakan amplifier agar kualitas suara menjadi lebih jernih.

Bila Anda mengutamakan kualitas suara, gunakan sumber yang beresolusi tinggi

Bila Anda mengutamakan kualitas suara, gunakan sumber yang beresolusi tinggi

Jika Anda mengutamakan kejernihan dan kualitas suara, pilih produk yang mendukung resolusi tinggi. Umumnya, resolusi tinggi memiliki data 6,5 kali lebih banyak dari sumber data di CD. Karena sifatnya digital, lagu dalam bentuk ini bisa menyimpan detail suara lebih banyak. Ketika diputar, lagu pun terasa akan lebih menyenangkan dibandingkan CD.


Selain itu, bila audio mendukung data digital LDAC yang baru dikembangkan SONY, audio mobil bisa memutar data digital beresolusi tinggi. Namun, kebanyakan produk yang kompatibel dengan sumber audio beresolusi tinggi harganya cukup tinggi. Jadi, pastikan untuk memeriksa kedua hal ini terlebih dahulu.


Untuk memastikan kualitas suara, Anda bisa melakukan cek sound terlebih dahulu. Setting terlebih dahulu suara yang keluar mulai dari setting equalizer audio mobil hingga balance suara. Pastikan kabel tidak salah pasang atau tertukar karena hal ini akan memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Pertimbangkan perangkat yang mendukung navigasi

Pertimbangkan perangkat yang mendukung navigasi

Saat membeli audio mobil, periksa pula fitur tambahan yang memberi kenyamanan lebih. Jika Anda memilih 2DIN tanpa sistem navigasi, kami merekomendasikan tipe yang kompatibel dengan navigasi. Jika kompatibel dengan aplikasi seperti Apple CarPlay dan Android Auto, Anda dapat menampilkan navigasi ponsel cerdas di monitor audio mobil. 


Selain itu, jika Anda sering melakukan panggilan di dalam mobil, lihat produk yang mendukung fungsi panggilan bebas genggam. Namun, kami ingatkan, panggilan bebas genggam saat mengemudi itu berbahaya, jadi selalu berhati-hati saat menggunakannya, ya.

10 Rekomendasi audio mobil terbaik yang dilengkapi Bluetooth

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk audio mobil terbaik yang dilengkapi Bluetooth yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

10
Tipe2DIN
Ukuran layar7 inci
Fungsi lainMirrorLink, port USB
9
Tipe2DIN
Ukuran layar9 inci
Fungsi lainApple CarPlay, Android Auto, port USB
8
Tipe2DIN
Ukuran layar7, 9, dan 10 inci
Fungsi lainMirrorLink, port USB
7
Tipe2DIN
Ukuran layar9 inci
Fungsi lainApple CarPlay, AndroidAuto, port USB
6
Tipe2DIN
Ukuran layar10,1 inci
Fungsi lainMirrorlink, port USB
5
Tipe2DIN
Ukuran layar6,95 inci
Fungsi lainMirrorlink, port USB
4

Intersis Sejahtera AbadiIntersys IDT-9155

Mulai dari Rp 2.199.000,00

Tipe2DIN
Ukuran layar9 inci
Fungsi lainAndroid Auto, Apple CarPlay, port USB
3
Tipe2DIN
Ukuran layar7 inci
Fungsi lainAndroid Auto, Apple CarPlay, port USB
2
Tipe2DIN
Ukuran layar6,95 inci
Fungsi lainApple CarPlay, Android Auto, port USB
1
Tipe2DIN
Ukuran layar6,8 inci
Fungsi lainAndroid Auto, Apple CarPlay, USB Quick Charge 3.0

Tabel perbandingan produk audio mobil terbaik yang dilengkapi Bluetooth

Gambar produk
1
Pioneer DMH-Z6350BT 1

Pioneer

2
SONY XAVAX5000 1

SONY

3
KENWOOD DDX8020S 1

KENWOOD

4
Intersis Sejahtera Abadi Intersys IDT-9155  1

Intersis Sejahtera Abadi

5
Sansui  SA5202i 1

Sansui

6
Intersis Sejahtera Abadi Asuka AK-2000 1

Intersis Sejahtera Abadi

7
Alpine Halo9  1

Alpine

8
Orca ADR-9988 Pro 1

Orca

9
Tokio iDroid 10 1

Tokio

10
DHD DHD-4300 1

DHD

Nama produk

DMH-Z6350BT

XAVAX5000

DDX8020S

Intersys IDT-9155

SA5202i

Asuka AK-2000

Halo9

ADR-9988 Pro

iDroid 10

DHD-4300

Keunggulan

Mudah terkoneksi ke banyak sistem yang disukai pengendara

Tampilan simpel dengan user interface yang memudahkan penggunaan

Memenuhi kebutuhan pengendara dengan fitur serta musik yang mumpuni

Bisa dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang dibutuhkan penggunanya

Layar full HD, bisa putar CD, bahkan menonton televisi!

Memanjakan pengguna yang mengutamakan hiburan visual

Layar mengambangnya memudahkan pengoperasian dan memberi sudut pandang terbaik

Dilengkapi sistem keamanan dan hiburan yang beragam

Lebis puas dengan kapasitas memori yang besar!

Audio mobil dengan Bluetooth yang cocok untuk berbagai jenis mobil di Indonesia

Harga mulai dariRp 11.500.000,00Rp 5.600.000,00Rp 6.700.000,00Rp 2.199.000,00Rp 1.200.000,00Rp 6.950.000,00Rp 13.500.000,00Rp 1.300.000,00Rp 6.300.000,00Rp 575.000,00
Tipe2DIN2DIN2DIN2DIN2DIN2DIN2DIN2DIN2DIN2DIN
Ukuran layar6,8 inci6,95 inci7 inci9 inci6,95 inci10,1 inci9 inci 7, 9, dan 10 inci9 inci7 inci
Fungsi lainAndroid Auto, Apple CarPlay, USB Quick Charge 3.0Apple CarPlay, Android Auto, port USBAndroid Auto, Apple CarPlay, port USBAndroid Auto, Apple CarPlay, port USBMirrorlink, port USBMirrorlink, port USBApple CarPlay, AndroidAuto, port USBMirrorLink, port USBApple CarPlay, Android Auto, port USBMirrorLink, port USB
Tautan produk

Jangan lupa cek profil Bluetooth

Jangan lupa cek profil Bluetooth

Bluetooth memiliki standar yang disebut profil yang ditentukan oleh aplikasi. Terdapat dua jenis profil yang kompatibel untuk audio mobil dengan Bluetooth, A2DP dan AVRCP. A2DP adalah profil untuk memutar stereo musik berkualitas tinggi dan AVRCP mengontrol pemutaran musik. 


Jika perangkat dapat dihubungkan dengan kedua profil ini, perangkat jadi dapat diputar dan dioperasikan melalui Bluetooth. Dengan begitu, Anda pun bisa mendengarkan musik berkualitas tinggi. Jika audio mobil kompatibel dengan Bluetooth, musik sudah pasti bisa dimainkan melaluinya. Meskipun begitu, tak ada salahnya Anda memeriksa profil ini.

Baca juga rekomendasi aksesori lainnya untuk mobil di sini

Bagi Anda yang suka mendandani kendaraan roda empat, Anda pasti penasaran ingin lihat produk rekomendasi lain. Silakan membaca artikel-artikel berikut ini sebagai inspirasi untuk mencari aksesori mobil menarik lainnya.

Kesimpulan

Nah, bagaimana menurut Anda artikel rekomendasi audio mobil yang dilengkapi Bluetooth ini? Semoga artikel ini membantu Anda menentukan pilihan yang tepat dan sesuai kebutuhan, ya. 


Memutar musik dari ponsel membantu Anda mengurangi kerepotan jika harus membawa CD dan USB. Tentunya, hal semacam ini akan membuat pengalaman berkendara jadi lebih menyenangkan. Akhir kata, selamat memilih audio mobil yang tepat untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wiper Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Wiper mobil adalah alat yang memiliki peran penting bagi pengendara agar pandangan tetap maksimal kala hujan turun. Di gerai online, Anda dapat menemukan variasi wiper mobil dengan berbagai bentuk dan merek. Akan tetapi, di antara bermacam-macam wiper yang dijual di pasaran, produk manakah yang tepat untuk Anda?Kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi wiper mobil yang bagus, seperti Bosch, DENSO, dan ASPIRA. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Aksesori mobil
  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih lagi, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!
    Aksesori mobil
  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Nakamichi. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Sebagai contoh, cover mobil dapat melindungi dari paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil dari COVERSUPER, Krisbow, dan sebagainya. Selamat berburu cover mobil yang tepat!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di masa seperti ini, kehabisan daya baterai gadget bisa menimbulkan masalah. Terlebih saat ada pembicaraan atau urusan penting, kehabisan daya baterai fatal akibatnya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal demikian, charger HP di mobil sangat tepat Anda miliki.Anda akan menemukan merek charger mobil terbaik yang berkualitas keluaran Baseus, Xiaomi, Aukey, dan sebagainya dalam artikel ini. Tenang saja, cara memilih charger  HP mobil yang bagus juga akan kami berikan untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat dan mudah menemukan produk terbaik. Silakan baca artikel ini sampai tuntas!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Karpet Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karpet dasar mobil sangat penting untuk melindungi lantai mobil dari kotoran, seperti debu, pasir, atau tumpahan makanan dan minuman. Selain produk asli buatan pabrikan mobil, ada banyak produsen yang juga menjual karpet dengan berbagai jenis dan ukuran. Namun, seperti apakah karpet mobil yang bagus menurut Anda?Supaya Anda tidak bingung, melalui artikel ini kami akan memberikan tips memilih karpet mobil terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek seperti Continental atau Trapo di sini. Temukan karpet yang tepat supaya mobil Anda tetap terjaga kebersihannya.
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori