• 10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier (Terbaru Tahun 2021)

Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Namun, tidak banyak yang menyadari pentingnya merawat skin barrier. Nyatanya, skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit.


Karena itu, kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merk ternama, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Yuk, disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Sekar Arum
Cici Desri
  • Pembaharuan terakhir: 06 Juni 2021
  • 125 Views
Daftar isi

Apa yang merusak skin barrier?

Apa yang merusak skin barrier?

Skin barrier merupakan lapisan yang terletak pada stratum corneum atau bagian terluar dari kulit. Sesuai namanya, skin barrier berfungsi untuk melindungi kulit dari beragam gangguan eksternal, serta mempertahankan kadar air di kulit.


Meski memiliki peran penting bagi kesehatan kulit, banyak orang yang justru abai terhadap kesehatan skin barrier. Ya, mungkin Anda tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat skin barrier rusak. Berikut adalah beberapa contohnya.


  • Terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari.
  • Cuaca yang terlalu kering atau terlalu lembap.
  • Penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan iritan, alergen, atau polutan.
  • Melakukan pencucian wajah atau eksfoliasi yang berlebihan.
  • Kurang tidur dan terlalu banyak pikiran (stres).

Saat skin barrier telah rusak, beragam masalah kulit akan bermunculan, seperti jerawat, radang, hingga gatal. Kulit juga akan lebih sensitif, kering, dan mudah mengelupas. Akibatnya, kulit jadi terasa kasar saat disentuh.


Anda tentu tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Karena itu, sebaiknya segera gunakan skincare untuk memperbaiki skin barrier saat tanda-tanda kerusakannya mulai muncul. Kami akan membahas cara pemilihan skincare-nya secara lebih mendetail di bawah ini. Mari disimak!

Cara memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier

Ada empat poin utama yang harus Anda perhatikan saat memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Harap perhatikan dengan saksama agar Anda tidak melakukan kesalahan saat membeli produk.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Poin pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kecocokannya dengan jenis kulit. Karena jenis kulit setiap orang tidak sama, kebutuhannya pun pasti berbeda. Untuk menghindari terjadinya iritasi yang justru bisa memperburuk kondisi skin barrier, pilihlah skincare sesuai dengan jenis kulit Anda.


Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, produksi sebum sudah dipastikan cukup tinggi. Supaya skincare tidak menambah beban pada skin barrier, disarankan untuk menggunakan produk dengan tekstur yang ringan. Dengan begitu, skincare akan cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.


Sebaliknya, bagi pemilik kulit kering, skincare yang memiliki kemampuan melembapkan serta mengunci kelembapan lebih disarankan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat kondisi skin barrier. Berbeda lagi untuk kulit sensitif, skincare dengan kandungan bahan alami lebih dianjurkan demi meminimalkan potensi terjadi iritasi.

Perhatikan bahan kandungan di dalamnya

Supaya kondisi skin barrier cepat membaik, Anda perlu menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif khusus. Anda tentu tidak ingin pemakaian skincare sia-sia akibat ketiadaan kandungan yang bermanfaat bagi skin barrier, bukan? Jadi, perhatikan penjelasan kami di bawah ini.

Hidrasi kulit lebih maksimal dengan bahan yang tinggi pelembap

Hidrasi kulit lebih maksimal dengan bahan yang tinggi pelembap

Skin barrier yang rusak umumnya akan membuat kelembapan alami kulit cepat menguap. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering dan mudah mengelupas. Beragam permasalahan kulit pun akan bermunculan. Oleh karenanya, penting untuk memilih skincare dengan bahan aktif yang dapat mengunci kelembapan kulit, misalnya hyaluronic acid atau glycerin.


Selain itu, pemberian bahan pelembap tambahan juga tidak boleh dilupakan, terutama jika kulit Anda sangat kering. Anda bisa mengaplikasikan skincare dengan kandungan ceramide atau niacinamide untuk mendapatkan manfaat ini.

Beri nutrisi ekstra pada kulit dengan kandungan minyak nabati

Beri nutrisi ekstra pada kulit dengan kandungan minyak nabati

Menurut penelitian, kandungan minyak nabati dalam skincare dapat memberi nutrisi lebih pada skin barrier. Dengan begitu, kerusakan skin barrier pun akan cepat pulih. Selain itu, beberapa minyak nabati mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan skin barrier. Contoh kandungan minyak nabati dalam skincare adalah jojoba oil, sunflower oilmarula oil, coconut oil, atau shea butter.

Tenangkan radang dengan bahan antiinflamasi

Tenangkan radang dengan bahan antiinflamasi

Kulit yang memerah atau meradang merupakan pertanda skin barrier yang rusak. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa area tersebut malah menjadi lebih sensitif. Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, segera tenangkan kulit dengan skincare yang mengandung bahan antiinflamasi. Silakan memilih produk-produk dengan kandungan Centella asiatica, green tea, calendula, atau Aloe vera.

Sesuaikan dengan umur pengguna

Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Namun, kondisi kulit dan masalah yang dialami setiap orang tentu sangat berbeda. Supaya skincare dapat memberi hasil yang maksimal, pastikan Anda memilih sesuai tingkatan umur.

Usia remaja hingga 19 tahun: Pilih skincare basic dengan formula lembut

Usia remaja hingga 19 tahun: Pilih skincare basic dengan formula lembut

Pada usia remaja, kelembapan alami kulit masih terjaga dengan baik. Proses regenerasinya pun masih berjalan dengan optimal. Namun, pada masa ini Anda pasti aktif berkegiatan sehingga kulit lebih rentan berminyak dan berjerawat. Terlebih, hormon pubertas sering kali merusak kondisi skin barrier.


Anda tak perlu panik dan memakai terlalu banyak skincare saat muncul tanda kerusakan skin barrier. Cukup gunakan skincare basic seperti face wash, toner, pelembap, dan sunscreen untuk memperbaikinya. Sebisa mungkin, pilihlah juga skincare yang formulanya ringan, serta minim bahan kandungan sehingga lebih lembut di kulit.

Usia 20 hingga 30 tahun: Pilih yang mampu menyeimbangkan pH kulit

Usia 20 hingga 30 tahun: Pilih yang mampu menyeimbangkan pH kulit

Anda yang berusia 20—30 tahun umumnya mengalami perubahan gaya hidup yang cukup signifikan. Selain itu, penambahan usia ikut memengaruhi produksi kolagen alami pada kulit. Pemakaian makeup pun terkadang menimbulkan masalah. Akibatnya, kekuatan skin barrier akan menurun.


Tak heran jika pada masa ini kulit tampak lebih kusam, serta mulai muncul bintik hitam. Ditambah lagi, bekas jerawat juga sulit hilang. Selain menggunakan skincare basic, Anda perlu menambahkan serum yang mampu mengatasi masalah utama kulit. Misalnya, serum yang diklaim mampu mencerahkan kulit kusam, mengurangi kerut halus, dan sebagainya.


Apabila memungkinkan, gunakan juga skincare yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit. Dengan begitu, skin barrier akan tetap sehat dan kuat meski mengalami banyak tekanan.

Usia di atas 40 tahun: Pilih yang tinggi pelembap

Usia di atas 40 tahun: Pilih yang tinggi pelembap

Pada usia di atas empat puluhan, kekuatan skin barrier sudah makin memudar. Kelembapan alami kulit juga sudah sangat menurun. Oleh sebab itu, tanda penuaan kulit tidak dapat dielakkan.


Untuk meningkatkan kondisi skin barrier, kami sarankan Anda memilih skincare dengan fungsi melembapkan yang tinggi. Selain itu, penambahan face oil dalam perawatan wajah Anda juga bisa mendorong perbaikan skin barrier. Hasilnya, kulit akan tampak lebih plumpy meski usia bertambah.

Hindari penggunaan produk exfoliator

Hindari penggunaan produk exfoliator

Jika skin barrier rusak, kulit tidak memiliki lapisan pelindung yang sempurna. Alhasil, kulit akan lebih sensitif ketika Anda mengaplikasikan skincare. Karena itu, kami sarankan Anda menghindari skincare yang memiliki sifat agresif seperti bahan exfoliator. Dengan begitu, lapisan pelindung kulit tidak akan makin terkikis akibat penggunaan skincare.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

HadalaboGokujyun Starter Pack

Mulai dari Rp 35.900,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi skincare terbaik untuk memperbaiki skin barrier

Sekarang saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi produk skincare untuk memperbaiki skin barrier. Perhatikanlah dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda!

10
Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifOlive oil, Aloe vera extract, Calendula officinalis extract, sodium hyaluronate
Isi50 ml, 100 ml
9

WardahUV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 55.000,00

Jenis kulitNormal
Kandungan bahan aktifArtemisia capillaris flower extract
Isi30 ml
8
Jenis kulitBerminyak, kombinasi, sensitif
Kandungan bahan aktifCeramide NP, jojoba oil, sunflower seed oil, green tea leaf extract, turmeric root extract, bisabolol, vitamin E
Isi20 ml
7

For Skin's SakeHyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 225.000,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifHamamelis virginiana water, glycerin, hyaluronic acid, Aloe vera leaf extract, vitamin E, jojoba oil, Centella asiatica extract, green tea
Isi30 ml
6
Jenis kulitNormal, kering
Kandungan bahan aktifGlycerin, shea butter, ceramide NP, ceramide AP, ceramide AS, ceramide NS, ceramide EOP, algae extract, sodium hyaluronate, hydrolized hyaluronic acid
Isi50 ml
5

AvoskinNatural Sublime Facial Cleanser

Mulai dari Rp 109.000,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifGlycerin, niacinamide, Aloe vera leaf extract, sodium hyaluronate, Sclerocarya birrea seed oil, coconut acid, cactus flower extract, Rosa damascena flower oil
Isi100 ml
4

Royal Pesona IndonesiaSomethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Mulai dari Rp 115.500,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifCentella asiatica water, niacinamide, hydrolyzed algae extract, Anthemis nobilis fower extract, beet root extract, caffeine, vitamin E
Isi20 ml, 40 ml
3

AmorepacificMamonde Ceramide Intense Cream

Mulai dari Rp 410.000,00

Jenis kulitKering, kombinasi
Kandungan bahan aktifGlycerin, ceramide NP, Hibiscus syriacus bark extract
Isi50 ml
2

AmorepacificLaneige Cream Skin Refiner

Mulai dari Rp 425.000,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifGlycerin, white leaf tea water
Isi150 ml
1

Sensatia BotanicalsAloe & Cucumber Facial Mist

Mulai dari Rp 100.000,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifAloe barbadensis leaf extract, Averrhoa carambola fruit extract, cucumber seed oil, sodium hyaluronate
Isi120 ml

Tabel perbandingan produk skincare terbaik untuk memperbaiki skin barrier

Gambar produk
1
Sensatia Botanicals Aloe & Cucumber Facial Mist 1

Sensatia Botanicals

2
Amorepacific Laneige Cream Skin Refiner 1

Amorepacific

3
Amorepacific Mamonde Ceramide Intense Cream 1

Amorepacific

4
Royal Pesona Indonesia Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum 4

Royal Pesona Indonesia

5
Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser 1

Avoskin

6
Dr. Jart+ Ceramidin Cream 1

Dr. Jart+

7
For Skin's Sake Hyaluronic Acid Serum 1

For Skin's Sake

8
Kleveru Ceramide Calm Facial Oil 1

Kleveru

9
Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ 1

Wardah

10
Emina Skin Buddy Micellar Water 1

Emina

Nama produk

Aloe & Cucumber Facial Mist

Laneige Cream Skin Refiner

Mamonde Ceramide Intense Cream

Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Natural Sublime Facial Cleanser

Ceramidin Cream

Hyaluronic Acid Serum

Ceramide Calm Facial Oil

UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Skin Buddy Micellar Water

Keunggulan

Pertahankan kesehatan skin barrier di mana saja

Satu produk untuk beragam kebutuhan basic kulit

Perbaiki skin barrier yang rusak dalam tujuh hari!

Melembapkan sekaligus mencerahkan kulit

Bye-bye, kulit kering setelah cuci muka!

Kelembapan ekstra untuk menguatkan skin barrier

Tekstur serum lebih ringan, lebih cepat diserap kulit

Bentengi wajah dari bakteri penyebab jerawat

Cegah efek buruk sinar UV dengan sunscreen lokal

Angkat makeup dengan sempurna tanpa mengikis kulit

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 425.000,00Rp 410.000,00Rp 115.500,00Rp 109.000,00Rp 630.000,00Rp 225.000,00Rp 187.000,00Rp 55.000,00Rp 29.000,00
Jenis kulitSemua jenisSemua jenisKering, kombinasiSemua jenisSemua jenisNormal, keringSemua jenisBerminyak, kombinasi, sensitifNormalSemua jenis
Kandungan bahan aktifAloe barbadensis leaf extract, Averrhoa carambola fruit extract, cucumber seed oil, sodium hyaluronateGlycerin, white leaf tea waterGlycerin, ceramide NP, Hibiscus syriacus bark extractCentella asiatica water, niacinamide, hydrolyzed algae extract, Anthemis nobilis fower extract, beet root extract, caffeine, vitamin EGlycerin, niacinamide, Aloe vera leaf extract, sodium hyaluronate, Sclerocarya birrea seed oil, coconut acid, cactus flower extract, Rosa damascena flower oilGlycerin, shea butter, ceramide NP, ceramide AP, ceramide AS, ceramide NS, ceramide EOP, algae extract, sodium hyaluronate, hydrolized hyaluronic acidHamamelis virginiana water, glycerin, hyaluronic acid, Aloe vera leaf extract, vitamin E, jojoba oil, Centella asiatica extract, green teaCeramide NP, jojoba oil, sunflower seed oil, green tea leaf extract, turmeric root extract, bisabolol, vitamin EArtemisia capillaris flower extractOlive oil, Aloe vera extract, Calendula officinalis extract, sodium hyaluronate
Isi120 ml150 ml50 ml20 ml, 40 ml100 ml50 ml30 ml20 ml30 ml50 ml, 100 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini

Selain memperbaiki skin barrier yang rusak, tak ada salahnya Anda mulai menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Anda bisa memulainya dengan rutin memakai skincare sesuai tahapannya. Mulai dari penggunaan cleansing cream, sabun cuci muka, hydrating toner, hingga sunscreen. Selengkapnya, segera kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Setelah mengetahui pentingnya fungsi skin barrier, kami harap Anda mulai memberikan perhatian khusus pada lapisan pelindung ini. Dengan menggunakan skincare yang tepat, Anda bisa menutrisi skin barrier tanpa harus menunggunya rusak.


Semoga tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak kali ini dapat menjadi referensi bagi Anda. Temukanlah produk yang cocok dan mari jaga kesehatan kulit mulai dari lapisan terluarnya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mendambakan kulit wajah yang putih dan sehat? Langkah awal untuk mendapatkan kulit yang putih dan sehat adalah mencuci muka. Anda harus memilih sabun cuci muka yang mampu memberikan efek memutihkan dan mencerahkan kulit. Namun, manakah pembersih muka yang terbaik untuk kulit Anda? Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sabun cuci muka yang bagus. Baca juga tips tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Tak lupa, temukan rekomendasi merk favorit Anda, seperti Laneige, Senka, hingga SK-II. Mari dapatkan kulit putih, sehat, dan glowing!
    Perawatan wajah
    397.881 Views
  • 10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik yang Harganya Murah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik yang Harganya Murah (Terbaru Tahun 2021)
    Face emulsion diperlukan untuk menjaga kulit tetap lembap. Teksturnya yang cair dan ringan menjadikan face emulsion terasa segar saat diaplikasikan pada kulit. Sayangnya, meski dipercaya memiliki banyak manfaat, tidak banyak orang yang memasukkan face emulsion ke dalam perawatan kulit karena harganya yang cukup tinggi.Di pasaran, sudah banyak beredar produk face emulsion berharga terjangkau dari berbagai merek seperti Inez, Nature Republic, dan Secret Key. Lalu, bagaimana cara memilih produk yang tepat? Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan, yakni kemampuan melembapkan dan teksturnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!
    Perawatan wajah
    6.360 Views
  • 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Clay mask adalah salah satu jenis masker yang banyak digemari oleh para wanita masa kini. Masker berbahan dasar abu vulkanik atau sedimen kaya mineral ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk wajah. Ada clay mask untuk kulit kombinasi, komedo, berjerawat, dan lain-lain yang populer di pasaran.Kali ini kami akan mengulas tips memilih clay mask yang bagus untuk Anda. Selanjutnya, tersedia pula sepuluh rekomendasi clay mask dari berbagai merk, seperti Innisfree, Emina, dan L'Oréal Paris. Temukan juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Silakan disimak!
    Perawatan wajah
    175.827 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2021)
    Wajah yang penuh dengan kilap minyak memang kurang elok untuk dilihat. Untuk itu, Anda membutuhkan rangkaian perawatan kulit agar produksi minyak di wajah tidak berlebih. Salah satu skincare yang bisa membantu Anda mengatasi wajah berminyak dan berjerawat adalah masker. Namun, masker apa yang cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak?Simak artikel ini dan bacalah tips memilih masker yang bagus untuk kulit berminyak. Baca juga tips tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Innisfree, Acnes, dan LUSH. 
    Perawatan wajah
    46.424 Views
  • 10 Rekomendasi Toner Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Toner Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Toner wajah produksi lokal saat ini cukup banyak digemari di kalangan beauty enthusiast. Berbagai merk lokal seperti Wardah, Safi, Biokos, Sariayu, dan Viva turut memproduksi toner yang bagus. Di antara sekian banyak produk toner lokal di pasaran, manakah yang terbaik untuk kulit Anda?Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih toner lokal yang tepat. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh produk toner lokal terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Baca juga penjelasan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Silakan disimak!
    Perawatan wajah
    108.158 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang rutin merawat kulit tentunya sudah tidak asing dengan produk skincare dari Garnier. Berbagai produk perawatan tubuh dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau membuat Garnier diminati masyarakat. Salah satu jenis skincare yang menjadi unggulan Garnier adalah masker wajah.Pada artikel ini kami akan membahas masker Garnier dengan lengkap. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik yang sayang jika Anda lewatkan. Anda bisa menemukan varian masker Garnier yang populer, seperti Pure Active Matcha Onsen Clay Mask, Serum Mask Hydra Bomb Night, dan Lines-smoothing Eye Mask. Ayo, baca sampai selesai!
    Perawatan wajah
    21.837 Views
  • 10 Rekomendasi Air Mawar Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Air Mawar Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari air mawar. Anda pun tidak perlu bersusah payah membuatnya sendiri karena produk air mawar sekarang mudah ditemukan. Kini, sudah banyak merk lokal yang menyediakan produk air mawar siap pakai. Namun, sudahkah Anda mengetahui karakteristik produk air mawar yang bagus?Melalui artikel ini kami akan memberikan tips memilih air mawar dari merk lokal. Ada pula rekomendasi sepuluh produk terbaik dari sejumlah merk lokal, seperti Haple, Purivera Botanicals, dan Everpure. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dan selamat membaca!
    Perawatan wajah
    488 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen L'Oreal Terbaik (Terbaru Tahun 20210
    10 Rekomendasi Sunscreen L'Oreal Terbaik (Terbaru Tahun 20210
    L'Oréal merupakan merk produk perawatan kulit yang menghadirkan pembersih wajah sampai sunscreen. Produk sunscreen L'Oréal bukan hanya melindungi dari sinar UV (ultraviolet), melainkan juga dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah kulit. Harga sunscreen L'Oréal yang tersedia di pasaran pun relatif beragam, tergantung ukuran kemasan serta manfaat tambahannya.  Nah, untuk memudahkan Anda menemukan sunscreen L'Oréal yang bagus, kami telah menyiapkan tips-tips berikut ini. Dalam pemilihannya, Anda juga dapat mempertimbangkan review sunscreen L'Oréal atau rekomendasi produk yang telah kami siapkan. Karena itu, simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
    109 Views
  • 7 Rekomendasi Acnes Facial Wash Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    7 Rekomendasi Acnes Facial Wash Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit berjerawat merupakan salah satu permasalahan yang banyak dialami wanita Indonesia, terlebih para remaja. Karena itu, Acnes berfokus menghadirkan produk facial wash untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit berjerawat. Nah, kira-kira, Acnes facial wash mana yang diperlukan untuk permasalahan kulit Anda, ya?Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih Acnes facial wash yang bagus untuk Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan produk-produk terbaiknya, seperti Acnes Facial Wash Complete White, Acnes Face Wash Yogurt, dan lainnya. Apakah Anda tak sabar memiliki kulit sehat dan bebas jerawat? Baca terus artikelnya, ya!
    Perawatan wajah
    90 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Snail Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Snail Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini kandungan snail secretion atau lendir siput makin banyak digunakan dalam skincare karena manfaatnya yang melimpah. Sejak masker snail Korea populer di dunia, makin banyak merk yang berlomba menawarkan produk terbaik. Manakah produk masker snail yang sebaiknya dipilih?Artikel ini akan membantu Anda memilih masker snail yang bagus dan tepat untuk kulit Anda. Kami akan mengulas tips memilih masker siput untuk berbagai kebutuhan kulit, seperti dehidrasi, berminyak, hingga sensitif. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merk, antara lain Benton, Nature Republic, dan The Saem. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    64 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    860.701 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merk, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya sampai habis!
    Perawatan wajah
    663.429 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    594.041 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    475.058 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi. Dengan demikian, sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit yang baru. Proses eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kami akan memperkenalkan Anda dengan berbagai jenis produk eksfoliasi, serta memberikan tips memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga memberi rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Segera simak artikel ini dan temukan produk eksfoliasi yang pas untuk Anda.
    Perawatan wajah
    124.639 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akibat sinar UV, polusi, atau kelelahan, banyak masalah kulit bermunculan, seperti kulit berjerawat, beruntusan, kusam, dan lainnya. Untuk itu, Anda membutuhkan nutrisi ekstra saat kulit meregenerasi selnya pada malam hari. Salah satu caranya adalah menggunakan sleeping mask yang bagus.Namun, banyaknya sleeping mask di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Untuk Anda, kami akan memberikan tips cara memilih sleeping mask. Setelah itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk dari merk yang terkenal, seperti Laneige, Viva, dan Wardah. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
    224.968 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat penghilang bekas jerawat agar kulit wajah kembali bersih. Saat ini sudah tersedia banyak skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus dan efektif.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih cream penghilang bekas jerawat terbaik. Simaklah juga tips menghilangkan bekas jerawat dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Temukan berbagai rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti COSRX, Everwhite, Safi, Zoya, dan lainnya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    565.701 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori