• 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.


Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Galih Manggala
  • Pembaharuan terakhir: 06 September 2021
  • 15.643 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI dan sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional untuk meningkatkan kompetensi.


Saat ini dr. Galih berpraktek di RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, dan Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, dan sebagainya. Beliau juga aktif membuat konten edukasi di akun Instagram-nya.

Apa yang merusak skin barrier?

Apa yang merusak skin barrier?

Skin barrier merupakan lapisan yang terletak pada stratum corneum atau bagian terluar dari kulit. Sesuai namanya, skin barrier berfungsi untuk melindungi kulit dari beragam gangguan eksternal, serta mempertahankan kadar air di kulit.


Meski memiliki peran penting bagi kesehatan kulit, banyak orang yang justru abai terhadap kesehatan skin barrier. Ya, mungkin Anda tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat skin barrier rusak. Berikut adalah beberapa contohnya.


  • Terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari.
  • Cuaca yang terlalu kering atau terlalu lembap.
  • Penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan iritan, alergen, atau polutan.
  • Melakukan pencucian wajah atau eksfoliasi yang berlebihan.
  • Kurang tidur dan terlalu banyak pikiran (stres).

Saat skin barrier telah rusak, beragam masalah kulit akan bermunculan, seperti jerawat, radang, hingga gatal. Kulit juga akan lebih sensitif, kering, dan mudah mengelupas. Akibatnya, kulit jadi terasa kasar saat disentuh.


Anda tentu tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Karena itu, sebaiknya segera gunakan skincare untuk memperbaiki skin barrier saat tanda-tanda kerusakannya mulai muncul. Kami akan membahas cara pemilihan skincare-nya secara lebih mendetail di bawah ini. Mari disimak!

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Selain yang disebutkan diatas, penggunaan cream kecantikan ataupun tindakan perawatan wajah juga dapat menimbulkan kerusakan skin barrier. Kebiasaan mandi atau berendam dengan air panas terlalu lama juga dapat mengakibatkan kerusakan skin barrier.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier

Ada empat poin utama yang harus Anda perhatikan saat memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Harap perhatikan dengan saksama agar Anda tidak melakukan kesalahan saat membeli produk.

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Poin pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kecocokannya dengan jenis kulit. Karena jenis kulit setiap orang tidak sama, kebutuhannya pun pasti berbeda. Untuk menghindari terjadinya iritasi yang justru bisa memperburuk kondisi skin barrier, pilihlah skincare sesuai dengan jenis kulit Anda.


Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, produksi sebum sudah dipastikan cukup tinggi. Supaya skincare tidak menambah beban pada skin barrier, disarankan untuk menggunakan produk dengan tekstur yang ringan. Dengan begitu, skincare akan cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.


Sebaliknya, bagi pemilik kulit kering, skincare yang memiliki kemampuan melembapkan serta mengunci kelembapan lebih disarankan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat kondisi skin barrier. Berbeda lagi untuk kulit sensitif, skincare dengan kandungan bahan alami lebih dianjurkan demi meminimalkan potensi terjadi iritasi.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Penggunaan produk skin barrier terutama pada kulit sensitif atau kulit dengan riwayat atopik juga harus benar. Gunakan lotion pelembap segera setelah mandi dan digunakan dengan jumlah yang cukup. Pengolesan lotion yang terlalu tipis tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.

Perhatikan bahan kandungan di dalamnya

Supaya kondisi skin barrier cepat membaik, Anda perlu menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif khusus. Anda tentu tidak ingin pemakaian skincare sia-sia akibat ketiadaan kandungan yang bermanfaat bagi skin barrier, bukan? Jadi, perhatikan penjelasan kami di bawah ini.

Hidrasi kulit lebih maksimal dengan bahan yang tinggi pelembap

Hidrasi kulit lebih maksimal dengan bahan yang tinggi pelembap

Skin barrier yang rusak umumnya akan membuat kelembapan alami kulit cepat menguap. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering dan mudah mengelupas. Beragam permasalahan kulit pun akan bermunculan. Oleh karenanya, penting untuk memilih skincare dengan bahan aktif yang dapat mengunci kelembapan kulit, misalnya hyaluronic acid atau glycerin.


Selain itu, pemberian bahan pelembap tambahan juga tidak boleh dilupakan, terutama jika kulit Anda sangat kering. Anda bisa mengaplikasikan skincare dengan kandungan ceramide atau niacinamide untuk mendapatkan manfaat ini.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Ceramide merupakan salah satu natural moisturising factor yang berfungsi mengisi celah pada barrier kulit. Dengan demikian, kelembapan kulit dapat terjaga lebih lama. Ceramide juga merupakan golongan humektan yang membantu menarik air dari kelembapan ruang sekitar ke dalam kulit sehingga kulit lebih lembap.

Beri nutrisi ekstra pada kulit dengan kandungan minyak nabati

Beri nutrisi ekstra pada kulit dengan kandungan minyak nabati

Menurut penelitian, kandungan minyak nabati dalam skincare dapat memberi nutrisi lebih pada skin barrier. Dengan begitu, kerusakan skin barrier pun akan cepat pulih. Selain itu, beberapa minyak nabati mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan skin barrier. Contoh kandungan minyak nabati dalam skincare adalah jojoba oil, sunflower oilmarula oil, coconut oil, atau shea butter.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Penggunaan pelembap dengan minyak nabati memang cukup baik karena mudah didapat dan harganya tidak terlalu mahal. Minyak nabati termasuk golongan emolien dan oklusif yang dapat menghambat penguapan air pada kulit sehingga kulit tetap lembap dan tidak kering

Tenangkan radang dengan bahan anti-inflamasi

Tenangkan radang dengan bahan anti-inflamasi

Kulit yang memerah atau meradang merupakan pertanda skin barrier yang rusak. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa area tersebut malah menjadi lebih sensitif. Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, segera tenangkan kulit dengan skincare yang mengandung bahan anti-inflamasi. Silakan memilih produk-produk dengan kandungan Centella asiatica, green tea, calendula, atau Aloe vera.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Penggunaan antiradang ini dapat memberikan sensasi yang melegakan pada pasien. Hal ini disebabkan oleh gatal atau panas menghilang dan pasien cenderung tidak menggaruk lagi. Dengan demikian, kerusakan barrier akibat garukan dapat dihindari.


Bila radang masih dirasakan tidak berkurang setelah beberapa hari pemakaian, sebaiknya pertimbangkan konsultasi ke dokter kulit pribadi Anda.

Sesuaikan dengan umur pengguna

Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Namun, kondisi kulit dan masalah yang dialami setiap orang tentu sangat berbeda. Supaya skincare dapat memberi hasil yang maksimal, pastikan Anda memilih sesuai tingkatan umur.

Usia remaja hingga 19 tahun: Pilih skincare basic dengan formula lembut

Usia remaja hingga 19 tahun: Pilih skincare basic dengan formula lembut

Pada usia remaja, kelembapan alami kulit masih terjaga dengan baik. Proses regenerasinya pun masih berjalan dengan optimal. Namun, pada masa ini Anda pasti aktif berkegiatan sehingga kulit lebih rentan berminyak dan berjerawat. Terlebih, hormon pubertas sering kali merusak kondisi skin barrier.


Anda tak perlu panik dan memakai terlalu banyak skincare saat muncul tanda kerusakan skin barrier. Cukup gunakan skincare basic seperti face wash, toner, pelembap, dan sunscreen untuk memperbaikinya. Sebisa mungkin, pilihlah juga skincare yang formulanya ringan, serta minim bahan kandungan sehingga lebih lembut di kulit.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Pada usia remaja, aktivitas memang lebih tinggi. Paparan sinar matahari dan polusi dapat merusak skin barrier. Penggunaan tabir surya minimal SPF 33 dengan pengulangan setiap 2–3 jam dapat efektif menangkal efek buruk sinar matahari.


Bersihkan wajah dengan facial wash dan toner dua kali sehari agar kotoran dan polusi dapat dihilangkan. Namun, jangan menggunakan pembersih terlalu berlebihan karena dapat merusak pH alami kulit.

Usia 20 hingga 30 tahun: Pilih yang mampu menyeimbangkan pH kulit

Usia 20 hingga 30 tahun: Pilih yang mampu menyeimbangkan pH kulit

Anda yang berusia 20–30 tahun umumnya mengalami perubahan gaya hidup yang cukup signifikan. Selain itu, penambahan usia ikut memengaruhi produksi kolagen alami pada kulit. Pemakaian makeup pun terkadang menimbulkan masalah. Akibatnya, kekuatan skin barrier akan menurun.


Tak heran jika pada masa ini kulit tampak lebih kusam, serta mulai muncul bintik hitam. Ditambah lagi, bekas jerawat juga sulit hilang. Selain menggunakan skincare basic, Anda perlu menambahkan serum yang mampu mengatasi masalah utama kulit. Misalnya, serum yang diklaim mampu mencerahkan kulit kusam, mengurangi kerut halus, dan sebagainya.


Apabila memungkinkan, gunakan juga skincare yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit. Dengan begitu, skin barrier akan tetap sehat dan kuat meski mengalami banyak tekanan.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Penggunaan sabun dalam sehari idealnya adalah dua sampai tiga kali. Menurut literatur, cuci muka terlalu sering dapat merusak pH kulit sehingga terjadi kerusakan skin barrier. Penggunaan makeup nonkomedogenik sangat penting karena dapat menurunkan episode acne Anda.

Usia di atas 40 tahun: Pilih yang tinggi pelembap

Usia di atas 40 tahun: Pilih yang tinggi pelembap

Pada usia di atas empat puluhan, kekuatan skin barrier sudah makin memudar. Kelembapan alami kulit juga sudah sangat menurun. Oleh sebab itu, tanda penuaan kulit tidak dapat dielakkan.


Untuk meningkatkan kondisi skin barrier, kami sarankan Anda memilih skincare dengan fungsi melembapkan yang tinggi. Selain itu, penambahan face oil dalam perawatan wajah Anda juga bisa mendorong perbaikan skin barrier. Hasilnya, kulit akan tampak lebih plumpy meski usia bertambah.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Pada usia ini, biasanya kulit menjadi lebih sensitif. Anda sebaiknya memilih kosmetik yang mengandung bahan seperti asam hialuronat dan peptide. Bahan-bahan ini dapat membantu merejuvenasi kulit Anda. Gunakan juga pelembap yang memiliki kandungan ceramide agar kulit tetap sehat.

Hindari penggunaan produk exfoliator

Hindari penggunaan produk exfoliator

Jika skin barrier rusak, kulit tidak memiliki lapisan pelindung yang sempurna. Alhasil, kulit akan lebih sensitif ketika Anda mengaplikasikan skincare. Karena itu, kami sarankan Anda menghindari skincare yang memiliki sifat agresif seperti bahan exfoliator. Dengan begitu, lapisan pelindung kulit tidak akan makin terkikis akibat penggunaan skincare.

10 Rekomendasi skincare terbaik untuk memperbaiki skin barrier

Sekarang saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi produk skincare untuk memperbaiki skin barrier. Perhatikanlah dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda! Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Galih Manggala Mahardika.

10
Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifOlive oil, Aloe vera extract, Calendula officinalis extract, sodium hyaluronate
Isi50 ml, 100 ml
9

WardahUV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 55.000,00

Jenis kulitNormal
Kandungan bahan aktifArtemisia capillaris flower extract
Isi30 ml
8
Jenis kulitBerminyak, kombinasi, sensitif
Kandungan bahan aktifCeramide NP, jojoba oil, sunflower seed oil, green tea leaf extract, turmeric root extract, bisabolol, vitamin E
Isi20 ml
7

For Skin's SakeHyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 225.000,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifHamamelis virginiana water, glycerin, hyaluronic acid, Aloe vera leaf extract, vitamin E, jojoba oil, Centella asiatica extract, green tea
Isi30 ml
6
Jenis kulitNormal, kering
Kandungan bahan aktifGlycerin, shea butter, ceramide NP, ceramide AP, ceramide AS, ceramide NS, ceramide EOP, algae extract, sodium hyaluronate, hydrolized hyaluronic acid
Isi50 ml
5
Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifGlycerin, niacinamide, Aloe vera leaf extract, sodium hyaluronate, Sclerocarya birrea seed oil, coconut acid, cactus flower extract, Rosa damascena flower oil
Isi100 ml
4

Royal Pesona IndonesiaSomethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Mulai dari Rp 115.500,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifCentella asiatica water, niacinamide, hydrolyzed algae extract, Anthemis nobilis fower extract, beet root extract, caffeine, vitamin E
Isi20 ml, 40 ml
3

AmorepacificMamonde Ceramide Intense Cream

Mulai dari Rp 410.000,00

Jenis kulitKering, kombinasi
Kandungan bahan aktifGlycerin, ceramide NP, Hibiscus syriacus bark extract
Isi50 ml
2

AmorepacificLaneige Cream Skin Refiner

Mulai dari Rp 425.000,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifGlycerin, white leaf tea water
Isi150 ml
1

Sensatia BotanicalsAloe & Cucumber Facial Mist

Mulai dari Rp 100.000,00

Jenis kulitSemua jenis
Kandungan bahan aktifAloe barbadensis leaf extract, Averrhoa carambola fruit extract, cucumber seed oil, sodium hyaluronate
Isi120 ml

Tabel perbandingan produk skincare terbaik untuk memperbaiki skin barrier

Gambar produk
1
Sensatia Botanicals Aloe & Cucumber Facial Mist 1

Sensatia Botanicals

2
Amorepacific Laneige Cream Skin Refiner 1

Amorepacific

3
Amorepacific Mamonde Ceramide Intense Cream 1

Amorepacific

4
Royal Pesona Indonesia Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum 1

Royal Pesona Indonesia

5
Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser 1

Avoskin

6
Dr. Jart+ Ceramidin Cream 1

Dr. Jart+

7
For Skin's Sake Hyaluronic Acid Serum 1

For Skin's Sake

8
Kleveru Ceramide Calm Facial Oil 1

Kleveru

9
Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ 1

Wardah

10
Emina Skin Buddy Micellar Water 1

Emina

Nama produk

Aloe & Cucumber Facial Mist

Laneige Cream Skin Refiner

Mamonde Ceramide Intense Cream

Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Natural Sublime Facial Cleanser

Ceramidin Cream

Hyaluronic Acid Serum

Ceramide Calm Facial Oil

UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

Skin Buddy Micellar Water

Keunggulan

Pertahankan kesehatan skin barrier di mana saja

Satu produk untuk beragam kebutuhan basic kulit

Perbaiki skin barrier yang rusak dalam tujuh hari!

Melembapkan sekaligus mencerahkan kulit

Bye-bye, kulit kering setelah cuci muka!

Kelembapan ekstra untuk menguatkan skin barrier

Tekstur serum lebih ringan, lebih cepat diserap kulit

Bentengi wajah dari bakteri penyebab jerawat

Cegah efek buruk sinar UV dengan sunscreen lokal

Angkat makeup dengan sempurna tanpa mengikis kulit

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 425.000,00Rp 410.000,00Rp 115.500,00Rp 109.000,00Rp 630.000,00Rp 225.000,00Rp 187.000,00Rp 55.000,00Rp 29.000,00
Jenis kulitSemua jenisSemua jenisKering, kombinasiSemua jenisSemua jenisNormal, keringSemua jenisBerminyak, kombinasi, sensitifNormalSemua jenis
Kandungan bahan aktifAloe barbadensis leaf extract, Averrhoa carambola fruit extract, cucumber seed oil, sodium hyaluronateGlycerin, white leaf tea waterGlycerin, ceramide NP, Hibiscus syriacus bark extractCentella asiatica water, niacinamide, hydrolyzed algae extract, Anthemis nobilis fower extract, beet root extract, caffeine, vitamin EGlycerin, niacinamide, Aloe vera leaf extract, sodium hyaluronate, Sclerocarya birrea seed oil, coconut acid, cactus flower extract, Rosa damascena flower oilGlycerin, shea butter, ceramide NP, ceramide AP, ceramide AS, ceramide NS, ceramide EOP, algae extract, sodium hyaluronate, hydrolized hyaluronic acidHamamelis virginiana water, glycerin, hyaluronic acid, Aloe vera leaf extract, vitamin E, jojoba oil, Centella asiatica extract, green teaCeramide NP, jojoba oil, sunflower seed oil, green tea leaf extract, turmeric root extract, bisabolol, vitamin EArtemisia capillaris flower extractOlive oil, Aloe vera extract, Calendula officinalis extract, sodium hyaluronate
Isi120 ml150 ml50 ml20 ml, 40 ml100 ml50 ml30 ml20 ml30 ml50 ml, 100 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perawatan wajah lainnya di sini

Selain memperbaiki skin barrier yang rusak, tak ada salahnya Anda mulai menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Anda bisa memulainya dengan rutin memakai skincare sesuai tahapannya. Mulai dari penggunaan cleansing cream, sabun cuci muka, hydrating toner, hingga sunscreen. Selengkapnya, segera kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Setelah mengetahui pentingnya fungsi skin barrier, kami harap Anda mulai memberikan perhatian khusus pada lapisan pelindung ini. Dengan menggunakan skincare yang tepat, Anda bisa menutrisi skin barrier tanpa harus menunggunya rusak.


Semoga tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak kali ini dapat menjadi referensi bagi Anda. Temukanlah produk yang cocok dan mari jaga kesehatan kulit mulai dari lapisan terluarnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    952.732 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    536.673 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    726.142 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, facial scrub, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    87.371 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    Usia 40-an adalah masa ketika kulit cenderung bermasalah dengan tanda penuaan, seperti garis halus, flek hitam, dan kulit kering. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan wajah menggunakan serum anti-aging. Namun, dari banyaknya produk serum anti-aging, manakah yang cocok untuk kulit Anda?Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih serum wajah terbaik untuk usia 40 ke atas. Rekomendasi merek serum untuk usia 40 tahun yang bagus, seperti Wardah, Olay, dan Pond's juga kami sediakan. Tak ketinggalan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan informasi tambahan.
    Perawatan wajah
    270.308 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    437.573 Views
  • 10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Nama The Ordinary akhir-akhir ini cukup hype di kalangan pencinta skincare. Efektivitas yang optimal dipadu dengan harga yang ramah di dompet menjadi selling point dari brand ini. Di antara semua produknya, serum The Ordinary bisa dibilang sebagai produk yang paling dicari. The Ordinary menawarkan serum yang bagus untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, hingga mencegah penuaan dini.Di artikel ini, Anda bisa mendapatkan tips memilih sekaligus rekomendasi serum The Ordinary terbaik. Kami juga akan mengulas produk terbaiknya, seperti Salicylic Acid 2% Solution, Alpha Arbutin 2% + HA, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    8.838 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori