• 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kaca Film Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Kenaikan suhu dalam kabin mobil karena paparan sinar matahari dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Terlebih, sinar matahari yang menyilaukan mata dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Karena itu, penting untuk memasang kaca film yang bagus, baik di kaca depan, samping, maupun belakang. 


Kali ini, kami akan membahas cara memilih kaca film, mulai dari yang murah sampai premium. Kami juga akan mengulas beberapa pilihan kaca film mobil terbaik dari merek-merek ternama, seperti 3M, V-Kool, dan Solar Gard. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ardanto Sigit
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.
Ardanto Sigit
Guru Teknik Otomotif
Ardanto Sigit

Ardanto Sigit, S.Pd, Gr. adalah guru teknik otomotif yang memiliki sertifikasi guru profesional dan sertifikasi bidang kompetensi teknik otomotif. Fokusnya yaitu pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.


Ardanto menekuni bidang otomotif selama sepuluh tahun. Ia memiliki pengalaman bekerja di salah satu dealer Mitsubishi di Yogyakarta. Setelah itu, ia memutuskan untuk melanjutkan studi pada bidang Pendidikan Teknik Otomotif.

Fungsi kaca film mobil

Fungsi kaca film mobil

Saat membeli mobil baru, biasanya kaca mobil Anda sudah memiliki kaca film bawaan. Namun, kebanyakan kaca film bawaan efektivitasnya kurang. Oleh karena itu, lazimnya kaca film bawaan dari mobil diganti demi mendapatkan fungsi lebih maksimal. 


Fungsi utama dan terpenting dari kaca film adalah melindungi penumpang dari sinar matahari berlebihan. Dengan adanya kaca film, sinar matahari yang memasuki kabin akan tersaring. Artinya, dampak buruk dari sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) dan inframerah akan berkurang. 


Selain itu, kaca film berperan dalam efisiensi energi, lho! Dengan menyaring sinar matahari yang masuk ke kabin, temperatur di dalam kabin akan lebih terjaga. Saat temperatur dalam kabin tidak terlalu tinggi, mesin pendingin tidak akan bekerja terlalu berat. Alhasil, bahan bakar mobil pun jadi lebih irit.


Kaca film mobil juga memiliki fungsi keamanan. Jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kaca mobil pecah, kaca film dapat berfungsi sebagai perekat pecahan kaca agar tidak berhamburan. Jadi, pecahan kaca tidak akan mengenai pengendara dan penumpang. 


Tak hanya itu, kaca film mobil juga dapat menambah kenyamanan Anda di dalam mobil. Kaca film akan menjaga privasi penumpang dan pengendara sehingga aktivitas di dalam mobil tidak terlalu terlihat dari luar. Plus, penampilan mobil Anda akan jadi lebih keren setelah diberi kaca film.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kaca film mobil

Sebelum menentukan produk kaca film terbaik, ayo pahami hal-hal yang harus diperhatikan berikut ini. Dengan mempertimbangkannya sebaik mungkin, Anda pasti dapat menemukan produk yang tepat untuk mobil Anda. 

Pilih berdasarkan material kaca film

Kaca film tipe dyed window tinting, metalized window tinting, dan hybrid window tinting sempat digemari. Namun, seiring perkembangan zaman, tipe kaca film terpopuler adalah carbon window tinting dan ceramic auto window tinting. Berikut penjelasan kami lebih jelas mengenai kedua tipe kaca film tersebut.

Carbon window tinting: Finishing matte yang elegan

Carbon window tinting: Finishing matte yang elegan

Berbeda dengan kaca film jenis lainnya, hasil akhir dari carbon window tinting akan membuat kaca mobil terlihat matte. Hal tersebut menjadi keunikan yang ditawarkan oleh kaca film ini.


Tidak hanya tampilan, kaca film carbon window tinting juga memiliki kinerja yang patut diacungi jempol. Alasannya, kaca film matte dapat memblokir 40% radiasi inframerah dari luar mobil. Selain itu, carbon window tinting juga tidak mudah pudar dan lebih awet. 

Ceramic auto window tinting: Produk premium berkualitas tinggi

Ceramic auto window tinting: Produk premium berkualitas tinggi

Ceramic auto window tinting merupakan varian kaca film yang relatif baru. Jenis ini tergolong premium sehingga harganya cukup tinggi. Akan tetapi, Anda pasti tidak akan merasa sia-sia membayar mahal karena kualitas kaca film ini sangat baik. 


Seperti namanya, komponen kaca film ini adalah partikel keramik yang bersifat nonkonduktif. Komponen ini sangat kuat sehingga kinerja kaca film dapat bertahan lebih lama. Karena komponen tersebut jugalah kaca film jenis ini efektif mengurangi 50% panas matahari dan memblokir 99% sinar UV.

Perhatikan fitur kaca film

Semua kaca film punya fitur berbeda-beda yang wajib Anda pertimbangkan. Dari sekian banyak fitur yang ada, terdapat empat fitur utama kaca film untuk diingat, yaitu VLT, UVR, IRR, dan TSER. 

Visible Light Transmission, tentukan kepekatan warna kaca film

Visible Light Transmission, tentukan kepekatan warna kaca film

Visible Light Transmission atau disingkat VLT menunjukkan kemampuan kaca film dalam meneruskan cahaya. Fitur inilah yang menentukan kepekatan warna kaca film. Akan tetapi, kepekatan ini hanya berpengaruh pada penglihatan dari luar. Sebagai penumpang di dalam mobil, Anda akan tetap bisa melihat ke luar kaca dengan baik, kok!


VLT ditunjukkan dalam bentuk persentase. Makin rendah persentasenya berarti makin gelap kaca film. Sebagai contoh, kaca film dengan VLT 5% akan lebih gelap daripada VLT 70%. Hal ini menjadi faktor penting yang wajib diperhatikan karena ada hubungannya dengan posisi pemasangan kaca film. 

UVR, IRR dan TSER, indikator untuk kenyamanan berkendara

UVR, IRR dan TSER, indikator untuk kenyamanan berkendara

UV Rejection (UVR), Infrared Rejection (IRR), dan Total Solar Energy Rejected (TSER) dapat menjadi indikator kenyamanan berkendara. Makin tinggi persentase dari ketiga fitur ini, kemungkinan besar Anda akan makin nyaman bekendara


Sesuai namanya, UVR adalah fitur yang berfungsi menangkis sinar UV. Makin tinggi presentasi UVR, makin banyak sinar UV yang dapat disaring oleh kaca film. Artinya, akan makin kecil kemungkinan kulit Anda terbakar akibat paparan sinar UV. Selain itu, dengan sinar UV yang minim, warna dashboard dan jok mobil akan tetap terjaga.


Di sisi lain, IRR adalah indikator yang menunjukkan kemampuan kaca film dalam menyaring sinar inframerah. Bagaimana dengan TSER? Bisa dibilang TSER menampilkan persentase total energi matahari yang ditolak kaca film. Total energi tersebut memperhitungkan sinar UV dan inframerah, lengkap dengan cahaya yang diteruskan dalam kabin. Makin tinggi TSER, makin besar energi matahari yang dihalau.

Sesuaikan kepekatan kaca film dengan posisi pemasangan

Sesuaikan kepekatan kaca film dengan posisi pemasangan

Persentase kegelapan kaca mobil memiliki pengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan berkendara. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui angka ideal kepekatan kaca film. 


Di Indonesia sendiri terdapat rekomendasi dari pemerintah untuk dijadikan acuan dalam memilih kaca film. Anda dapat menemukan detailnya dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.


Secara singkat, menurut pemerintah, persentase gelap kaca film untuk kaca depan yang ideal adalah 20%. Alasannya, lebih dari persentase tersebut besar kemungkinan penglihatan Anda akan terganggu, terutama saat mengemudi di malam hari. Namun, Anda masih bisa memilih film dengan persentase maksimal 40% jika Anda merasa sensitif terhadap cahaya. 


Selanjutnya, untuk kaca pengemudi dan penumpang, kepekatan paling pas adalah satu tingkat di atas persentase kaca depan. Tujuannya agar mata lebih mudah beradaptasi dengan cahaya dari kaca bagian depan dan samping. Sebagai contoh, kalau kaca depan menggunakan film 20%, sebaiknya pakailah film 40% pada kaca samping.


Untuk kaca belakang, Anda disarankan menggunakan film dengan tingkat kegelapan maksimal 60%. Rekomendasi ini dimaksudkan agar Anda tidak terganggu dengan pantulan cahaya dari spion tengah saat mengemudi. Namun, Anda bisa menggunakan kaca film 20% atau 40% jika kaca spion tengah Anda sudah dilengkapi mode rayben. Sebaiknya hindari memakai kaca film 80% agar tidak mengganggu visibilitas saat perlu memundurkan mobil. 

Pertimbangkan pemilihan warna kaca film

Pertimbangkan pemilihan warna kaca film

Meski berfungsi untuk menyaring cahaya masuk ke kabin mobil, terdapat pilihan kaca film yang berfungsi sebagai aksesori. Umumnya, kaca film yang digunakan sebagai aksesori disebut sebagai kaca film artistik atau dekoratif. 


Kaca film artistik bisa Anda pertimbangkan kalau menginginkan mobil terlihat lebih estetis. Sebagai contoh, ada kaca film yang reflektif atau seperti cermin saat dilihat dari luar. Namun, Anda disarankan menghindari high reflective film. High reflective film adalah kaca film mobil yang berpotensi memantulkan cahaya yang tinggi. Kaca mobil yang seperti itu berisiko mengakibatkan kecelakaan.


Selain dari luar, kaca film juga dapat memengaruhi nuansa di dalam kabin mobil. Bagi sebagian orang, terkadang warna kaca film tertentu dapat menyebabkan rasa pusing sehingga perjalanan jadi tidak nyaman. Oleh karena itu, warna kaca film juga jangan luput dari perhatian Anda, ya!

10 Rekomendasi kaca film mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kaca film mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ardanto Sigit, S.Pd, Gr.

10

Krisant Pundimas SejahteraWincos Automotive Film HCD

Mulai dari Rp 2.850.000,00

Jenis kaca film Tidak disebutkan
VLTHCD-30G (34%), HCD-20G (23%), HCD-10G (10%), HCD-3G (5%)
UVR99%
IRRHCD-30G (94%), HCD-20G (94%), HCD-10G (96%), HCD-3G (97%)
TSERHCD-30G (53%), HCD-20G (57%), HCD-10G (62%), HCD-3G (64%)
Kepekatan (±)HCD-30G (20%), HCD-20G (40%), HCD-10G (60%), HCD-3G (80%)
WarnaHitam
9

PerfectionsWindow Film Black Crystal

Mulai dari Rp 700.000,00

Jenis kaca film Ceramic auto window tinting
VLTBlack Crystal 40 (37%), Black Crystal 60 (12%), Black Crystal 80 (5%)
UVR99%
IRRBlack Crystal 40 (83%), Black Crystal 60 (82%), Black Crystal 80 (86%)
TSERBlack Crystal 40 (47%), Black Crystal 60 (53%), Black Crystal 80 (61%)
Kepekatan (±)Black Crystal 40 (40%), Black Crystal 60 (60%), Black Crystal 80 (80%)
WarnaHitam solid
8
Jenis kaca film Tidak disebutkan
VLTBlack Shinju 35 (35%), Black Shinju 20 (13%), Black Shinju 10 (7%)
UVR99%
IRRBlack Shinju 35 (91%), Black Shinju 20 (92%), Black Shinju 10 (93%)
TSERBlack Shinju 35 (71%), Black Shinju 20 & 10 (72%)
Kepekatan (±)Black Shinju 10 (80%), Black Shinju 20 (60%), Black Shinju 35 (40%)
WarnaHitam
7
Jenis kaca film Tidak disebutkan
VLT26%
UVR99%
IRR73%
TSER63%
Kepekatan (±)Tidak disebutkan
WarnaHitam
6
Jenis kaca film Ceramic window auto tinting
VLT35%
UVR>99%
IRR98%
TSER70%
Kepekatan (±)25%
WarnaBening
5

Iceberg Window FilmsICE Series

Mulai dari Rp 2.100.000,00

Jenis kaca film Carbon window tinting
VLTIce 20 (62%), Ice 40 (37%), Ice 60 (20,6%), Ice 80 (10,2%)
UVR99%
IRRIce 20 (95%), Ice 40 (99,5%), Ice 60 (96,5%), Ice 80 (96,4%)
TSERIce 20 (60%), Ice 40 (70,8%), Ice 60 (77%), Ice 80 (81,2%)
Kepekatan (±)Tidak disebutkan
WarnaHitam
4

Jaya Kreasi IndonesiaLlumar Stratos Series

Mulai dari Rp 5.350.000,00

Jenis kaca film Ceramic auto window tinting
VLTStratos 15 (17%), Stratos 30 (32%), Stratos 50 (56%),
UVR>99%
IRRStratos 15 (95%), Stratos 30 (96%), Stratos 50 (97%),
TSERStratos 15 (63%), Stratos 30 (59%), Stratos 50 (54%),
Kepekatan (±)Stratos 15 (60%), Stratos 30 (40%), Stratos 50 (30%),
WarnaTidak disebutkan
3

3MAutomotive Window Film Black Chrome

Mulai dari Rp 1.300.000,00

Jenis kaca film Tidak disebutkan
VLTBlack Chrome 20 (17%) Black Chrome 40 (42%)
UVR99%
IRRTidak disebutkan
TSERBlack Chrome 20 (68%), Black Chrome 40 (55%)
Kepekatan (±)Tidak disebutkan
WarnaHitam chrome
2

Solar Gard IndonesiaPlatinum Series Black Phantom

Mulai dari Rp 2.250.000,00

Jenis kaca film Ceramic auto window tinting
VLTBlack Phantom 5 (5%), Black Phantom 15 (14%), Black Phantom 30 (31%), Black Phantom 50 (52%)
UVR>99%
IRRBlack Phantom 5 (96%), Black Phantom 15 (95%), Black Phantom 30 (94%), Black Phantom 50 (93%)
TSERBlack Phantom 5 (63%), Black Phantom 15 (60%), Black Phantom 30 (54%), Black Phantom 50 (47%)
KepekatanBlack Phantom 5 (80%), Black Phantom 15 (60%), Black Phantom 30 (40%), Black Phantom 50 (30%)
WarnaHitam
1
Jenis kaca film Tidak disebutkan
VLT70%
UVR99%
IRR94%
TSER55%
KepekatanTidak disebutkan
WarnaBening

Tabel perbandingan produk kaca film mobil terbaik

Gambar produk
1
V-Kool Indonesia V-KOOL 70 1

V-Kool Indonesia

2
Solar Gard Indonesia Platinum Series Black Phantom  1

Solar Gard Indonesia

3
3M Automotive Window Film Black Chrome 1

3M

4
Jaya Kreasi Indonesia Llumar Stratos Series  1

Jaya Kreasi Indonesia

5
Iceberg Window Films ICE Series 1

Iceberg Window Films

6
Huper Optik Huper Drei  1

Huper Optik

7
Spectrum  40 Black IR 70 1

Spectrum

8
Masterpiece Window Film Black Shinju 1

Masterpiece Window Film

9
Perfections Window Film Black Crystal 1

Perfections

Nama produk

V-KOOL 70

Platinum Series Black Phantom

Automotive Window Film Black Chrome

Llumar Stratos Series

ICE Series

Huper Drei

40 Black IR 70

Black Shinju

Window Film Black Crystal

Keunggulan

Pandangan super clear berkat VLT 70%

Film dengan warna hitam paling pekat sekaligus jernih

Gelap sekaligus reflektif, unik untuk jaga privasi

Tangkis sinar matahari tanpa ganggu sinyal gadget

Kaca film terjernih dengan teknologi mutakhir terkini

Bening dan TSER-nya tinggi

Bantu cegah kabin mobil memudar

Kabin tetap sejuk dan teduh meski cuaca panas

Ekonomis, tetapi tetap berkualitas tinggi

Harga mulai dariRp 8.250.000,00Rp 2.250.000,00Rp 1.300.000,00Rp 5.350.000,00Rp 2.100.000,00Rp 6.600.000,00Rp 1.500.000,00Rp 2.080.000,00Rp 700.000,00
Jenis kaca film Tidak disebutkan Ceramic auto window tintingTidak disebutkan Ceramic auto window tintingCarbon window tintingCeramic window auto tintingTidak disebutkan Tidak disebutkan Ceramic auto window tinting
VLT70%Black Phantom 5 (5%), Black Phantom 15 (14%), Black Phantom 30 (31%), Black Phantom 50 (52%)Black Chrome 20 (17%) Black Chrome 40 (42%)Stratos 15 (17%), Stratos 30 (32%), Stratos 50 (56%),Ice 20 (62%), Ice 40 (37%), Ice 60 (20,6%), Ice 80 (10,2%)35%26%Black Shinju 35 (35%), Black Shinju 20 (13%), Black Shinju 10 (7%)Black Crystal 40 (37%), Black Crystal 60 (12%), Black Crystal 80 (5%)
UVR99%>99%99%>99%99%>99%99%99% 99%
IRR94%Black Phantom 5 (96%), Black Phantom 15 (95%), Black Phantom 30 (94%), Black Phantom 50 (93%)Tidak disebutkan Stratos 15 (95%), Stratos 30 (96%), Stratos 50 (97%),Ice 20 (95%), Ice 40 (99,5%), Ice 60 (96,5%), Ice 80 (96,4%)98%73%Black Shinju 35 (91%), Black Shinju 20 (92%), Black Shinju 10 (93%)Black Crystal 40 (83%), Black Crystal 60 (82%), Black Crystal 80 (86%)
TSER55%Black Phantom 5 (63%), Black Phantom 15 (60%), Black Phantom 30 (54%), Black Phantom 50 (47%)Black Chrome 20 (68%), Black Chrome 40 (55%)Stratos 15 (63%), Stratos 30 (59%), Stratos 50 (54%),Ice 20 (60%), Ice 40 (70,8%), Ice 60 (77%), Ice 80 (81,2%)70%63%Black Shinju 35 (71%), Black Shinju 20 & 10 (72%)Black Crystal 40 (47%), Black Crystal 60 (53%), Black Crystal 80 (61%)
KepekatanTidak disebutkan Black Phantom 5 (80%), Black Phantom 15 (60%), Black Phantom 30 (40%), Black Phantom 50 (30%)Tidak disebutkanStratos 15 (60%), Stratos 30 (40%), Stratos 50 (30%),Tidak disebutkan25% Tidak disebutkanBlack Shinju 10 (80%), Black Shinju 20 (60%), Black Shinju 35 (40%)Black Crystal 40 (40%), Black Crystal 60 (60%), Black Crystal 80 (80%)
WarnaBeningHitamHitam chromeTidak disebutkan HitamBeningHitamHitamHitam solid
Tautan produk

Hati-hati terhadap barang palsu!

Hati-hati terhadap barang palsu!

Saat memilih kaca film, tidak jarang orang tergiur dengan harga yang murah. Namun, kaca film yang harganya terlampau murah itu patut dicurigai, apalagi kalau produknya cukup ternama seperti V-KOOL dan 3M. 


Pada dasarnya, tidak ada patokan yang mengenai harga resmi dari produk kaca film. Meski demikian, kebanyakan kaca film memiliki kisaran harga satuan 1–2 juta rupiah atau 3–5 juta rupiah full set. Kisaran harga ini bisa lebih tinggi untuk produk premium dan high-end


Jika Anda ingin lebih yakin dengan keaslian produk saat berbelanja online, ada baiknya Anda mempertimbangkan kredibilitas penjual. Pilihannya adalah membeli dari penjual resmi atau membaca review beserta informasi produknya dengan teliti. Walaupun mungkin harganya lebih tinggi, produk yang Anda beli pasti lebih terjamin keasliannya!


Akan tetapi, kami menyarankan Anda untuk membeli kaca film di bengkel variasi. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin mengenai keaslian produk serta mendapatkan garansi. Anda juga dapat sekaligus meminta penjual untuk melakukan pemasangan kaca film.

Baca juga rekomendasi aksesori mobil lainnya di sini

Dunia otomotif, khususnya mobil, menjadi salah satu kegemaran kaum pria. Tidak heran bila banyak aksesori yang ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan atau sekedar mencapai kepuasan pribadi. Di bawah ini, kami telah merangkum artikel terkait aksesori mobil yang bisa Anda jadikan acuan sebelum memilih. Segera klik tautannya dan temukan produk yang Anda butuhkan!

Kesimpulan

Sampai di sini, Anda sudah mengetahui cara memilih kaca film yang tepat, bukan? Bisa jadi Anda sudah menemukan solusi dan siap klik produk yang ingin dibeli? Yang pasti, pertimbangkan kebutuhan dan hasil yang Anda inginkan terlebih dahulu, ya!


Jangan lupa, belilah kaca film sesuai dengan budget. Selain itu, hati-hati dengan barang palsu. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Speaker Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, dan Kenwood. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Mari temukan speaker mobil untuk menemani Anda berkendara!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Charger Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di masa seperti ini, kehabisan daya baterai gadget bisa menimbulkan masalah. Terlebih saat ada pembicaraan atau urusan penting, kehabisan daya baterai fatal akibatnya. Untuk mencegah terjadinya hal-hal demikian, charger mobil sangat tepat Anda miliki.Anda akan menemukan charger mobil berkualitas keluaran Baseus, Xiaomi, Aukey, dan sebagainya dalam artikel ini. Tenang saja, cara memilih charger mobil juga akan kami berikan untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat dan mudah menemukan produk terbaik. Silakan baca artikel ini sampai tuntas!
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover mobil dapat melindungi mobil Anda dari berbagai kondisi. Misalnya paparan air hujan, debu, dan kotoran yang dapat menggores permukaan cat mobil. Selain itu, cover mobil juga mampu melindungi mobil dari sinar UV. Dengan demikian, cat mobil Anda lebih terlindungi dan tidak cepat kusam.Untuk mendapatkan cover mobil yang bagus, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cover mobil terbaik. Anda akan menemukan cover mobil Krisbow, Durable, Urban dan sebagainya. Semoga Anda menemukan cover mobil yang tepat setelah membaca artikel ini, ya.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cover Jok Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cover jok mobil berguna untuk mencegah kotoran menempel, serta mempercantik interior mobil. Produknya juga dikenal sebagai sarung jok mobil. Anda bisa memilih tipe universal atau yang khusus untuk mobil Anda, misalnya Avanza atau Brio. Meskipun demikian, material dan fiturnya beragam. Jadi, produk seperti apa yang bagus untuk mobil Anda?Simak artikel ini agar Anda memahami cara memilih cover jok mobil terbaik. Rekomendasi beserta ulasan produknya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Ada produk dari merk Nobleman, Sparco, dan lainnya. Baik untuk Xenia, Calya, atau Sigra, semuanya ada. Yuk, dimulai!
    Aksesori mobil
  • 10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Subwoofer Kolong Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Menikmati musik di dalam mobil bisa membuat Anda relaks, terlebih saat terjebak kemacetan. Nah, ada aksesori tambahan pada mobil yang bisa Anda gunakan untuk menikmati musik dengan maksimal, yaitu subwoofer kolong. Subwoofer kolong yang bagus akan membuat suara musik dalam mobil lebih jernih dan berkualitas.Terdapat banyak merek subwoofer kolong yang patut dipertimbangkan, seperti Pioneer, JBL, dan Venom. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk unggulan untuk Anda. Tak lupa, kami juga menyiapkan panduan cara memilih subwoofer kolong terbaik. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori mobil
  • 10 Rekomendasi Cup Holder Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cup Holder Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apa itu cup holder mobil? Sesuai dengan namanya, cup holder adalah alat yang digunakan untuk meletakkan botol minuman di dalam mobil. Cup holder berfungsi untuk mencegah minuman tumpah dan mengotori mobil Anda. Dengan adanya cup holder, Anda makin aman membawa botol minuman dan tetap terhidrasi selama perjalanan panjang.Kali ini, kami akan memperkenalkan pada Anda produk-produk cup holder mobil dari merek yang bagus seperti USAMS. Ada juga cup holder yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan handphone, lho. Temukan produk terbaik dan konsumsi cairan yang diperlukan oleh tubuh!
    Aksesori mobil
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori