• 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Printer thermal saat ini sudah tidak asing bagi sebagian orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.


Apabila Anda berencana membeli printer thermal, simak artikel ini dengan baik. Kami akan memberikan tips dan rekomendasi printer thermal dari berbagai merek yang bagus! Printer thermal dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Semua produk tersedia di marketplace atau online shop, lho!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juli 2022
Daftar isi

Apa yang dimaksud dengan printer thermal?

Apa yang dimaksud dengan printer thermal?

Printer thermal adalah jenis printer yang banyak dipakai di berbagai sektor bisnis, seperti toko, restoran, dan lainnya. Biasanya printer ini digunakan untuk mencetak setruk, karcis, label, dan sebagainya. Berbeda dengan printer lain yang menggunakan tinta, printer thermal memanfaatkan panas untuk menghasilkan tulisan. Kuncinya ada pada gulungan kertas thermal yang dapat berubah menjadi gelap saat dipanaskan. 


Selain hemat biaya pemeliharaan karena tidak membutuhkan tinta atau toner, printer thermal juga punya banyak kelebihan lain, lho. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan printer thermal.


  • Simpel dan mudah digunakan

Penggunaan printer thermal sangatlah simpel dan mudah. Anda tidak akan menemukan banyak tombol pengaturan. Selain itu, Anda hanya perlu mengganti gulungan kertas tanpa harus isi ulang tinta atau toner saat habis.


  • Tidak berisik saat proses mencetak

Jika dibandingkan jenis printer lain, seperti dotmatrix atau inkjet, printer ini lebih senyap. Printer ini tidak mengeluarkan suara yang berisik saat proses mencetak.


  • Harga, model, dan ukuran sangat bervariasi

Printer thermal juga tersedia dalam berbagai harga, model, dan ukuran. Anda bisa menemukan printer thermal di online shop dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal itu tentu selaras dengan fitur yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan.


  • Kinerja lebih efisien dan tahan lama

Jika dibandingkan jenis printer lain, kinerja printer thermal lebih efisien. Ditambah lagi, cara kerjanya yang simpel juga membuat printer ini lebih tahan lama dan awet.


Meski banyak kelebihan, printer thermal tetaplah memiliki kekurangan. Printer thermal tidak dapat mencetak warna dengan baik. Selain itu, hasil cetakannya cenderung mudah pudar dan hilang. Jadi, pertimbangkan hal itu sebelum Anda membelinya, ya!

Cara memilih printer thermal

Anda akan menemukan banyak produk saat mencari kata kunci printer thermal di e-commerce. Agar bisa menemukan yang cocok, pertama-tama simaklah tips memilihnya dari kami berikut ini.

Pilih jenis printer thermal berdasarkan metode cetak

Saat memilih printer thermal, hal yang perlu Anda perhatikan adalah metode cetak yang dipakai. Hal itu karena metode cetak sangat memengaruhi hasil cetak yang akan Anda dapatkan.

Direct thermal, lebih simpel dan hemat

Direct thermal, lebih simpel dan hemat

Direct thermal merupakan metode cetak yang sangat sederhana. Tulisan atau label akan langsung dicetak pada kertas thermal tanpa membutuhkan ribbon. Karena pengoperasian yang sederhana itulah printer ini jadi lebih hemat dan awet.


Meski demikian, printer jenis ini tetap memiliki kekurangan. Hasil cetakan dari printer ini akan lebih mudah pudar dan hilang akibat perubahan suhu atau sebab lainnya. Selain itu, printer ini hanya bisa menghasilkan warna hitam saja.

Thermal transfer, hasil cetak tahan lebih lama

Thermal transfer, hasil cetak tahan lebih lama

Metode thermal transfer menggunakan ribbon atau pita warna sebagai media transfer. Printer akan mengirimkan panas pada ribbon, kemudian memindahkannya pada kertas atau media label. Teknologi tersebut membuat kualitas cetaknya menjadi lebih baik dan lebih tahan lama.


Tulisan tidak mudah pudar meski mengalami perubahan suhu atau terpapar sinar matahari sekalipun. Akan tetapi, kebutuhan ribbon atau pita warna tentu membuat Anda jadi harus menyiapkan dana ekstra.

Cek konektivitas perangkat untuk kemudahan penggunaan

Cek konektivitas perangkat untuk kemudahan penggunaan

Berikutnya, Anda juga perlu memeriksa konektivitas dari printer pilihan Anda. Sama seperti printer pada umumnya, kebanyakan produk printer thermal juga menggunakan USB untuk menghubungkannya pada komputer atau laptop. Hal itu mungkin cocok untuk Anda yang bekerja pada satu tempat dan tidak berpindah-pindah. 


Akan tetapi, untuk penggunaan yang lebih simpel dan portabel, Anda bisa pertimbangkan printer yang mendukung adanya koneksi Bluetooth. Hal itu memungkinkan Anda untuk menggunakan printer tidak hanya pada PC saja, tetapi juga langsung dari smartphone.

Sesuaikan dengan ukuran label yang dibutuhkan

Sesuaikan dengan ukuran label yang dibutuhkan

Tiap printer memiliki ukuran berbeda sesuai besarnya label yang dibutuhkan. Anda bisa menemukan label mulai dari ukuran 3,5 mm hingga 108 mm. Beberapa produk printer thermal juga ada yang memiliki beberapa pilihan ukuran yang bisa diatur. Biasanya ukuran tersebut kelipatan 3 mm, misalnya 6 mm, 9 mm, 12 mm, dan seterusnya.


Ukuran label dipengaruhi oleh jumlah baris dan data yang akan dicetak. Makin banyak data yang perlu dicetak, jumlah baris makin banyak dan ukuran label pun makin lebar. Untuk label sticker, Anda bisa pilih ukuran di bawah 50 mm. Sementara itu, untuk label barcode, resi pengiriman, dan lainnya, pilihlah ukuran di atas itu. Jadi, silakan sesuaikan ukuran printer dengan label yang Anda butuhkan.

Periksa jumlah baris yang dapat dicetak

Periksa jumlah baris yang dapat dicetak

Tergantung pada situasi dan kebutuhan, Anda mungkin saja harus menampilkan beberapa data sekaligus dalam satu label, contohnya setruk belanja, karcis parkir, resi pengiriman, dan sebagainya. Untuk itu, Anda mungkin akan membutuhkan jumlah baris lebih dari tiga. 


Apabila Anda hanya membutuhkan label untuk menandai suatu barang, satu baris pun bisa jadi sudah mencukupi. Namun, berhubung tidak semua produk mencantumkan hal ini, ada baiknya Anda mencari info tambahan dari review konsumen lain.

Pertimbangkan adanya fitur cutter otomatis

Pertimbangkan adanya fitur cutter otomatis

Adanya fitur cutter otomatis pada printer thermal juga termasuk hal yang perlu Anda pertimbangkan. Fitur tersebut akan sangat membantu Anda ketimbang harus memotongnya secara manual. Selain lebih mudah dan menghemat waktu, hasil potongannya pun akan lebih rapi.

Ketahui kecepatan printer dalam mencetak

Ketahui kecepatan printer dalam mencetak

Untuk efisiensi waktu, jangan lupa untuk memeriksa kecepatan printer thermal dalam mencetak. Kecepatan printer ditunjukkan dalam satuan milimeter per second (mm/s). Makin tinggi kecepatan cetak printer tentu membuat pekerjaan Anda selesai lebih cepat. 


Kecepatan tersebut juga dipengaruhi oleh ukuran label yang akan Anda cetak. Untuk label satu atau dua baris, kecepatan di bawah 50 mm/s mungkin sudah cukup


Namun, untuk mencetak label barcode dengan ukuran besar seperti resi pengiriman, pilih yang kecepatannya tinggi. Kami sarankan Anda untuk memilih kecepatan 100 mm/s ke atas. Hal ini penting apabila kebutuhan cetak Anda banyak. Jangan biarkan Anda menunggu proses cetak yang terlalu lama, ya!

10 Rekomendasi printer thermal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk printer thermal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Metode cetakTidak disebutkan
KonektivitasUSB
Ukuran label6 mm, 9 mm, 12 mm, 16 mm, 18 mm, 24 mm
CutterOtomatis
Kecepatan printer20 mm/s
9

Epson LabelWorks Bluetooth PC-Connectable Label Printer

LW-600P

Mulai dari Rp 1.450.000,00

Metode cetakThermal transfer
KonektivitasUSB 2.0, Bluetooth
Ukuran label6 mm, 9 mm, 12 mm, 18 mm, 24 mm
CutterOtomatis
Kecepatan printer15 mm/s
8
Metode cetakTidak disebutkan
KonektivitasBluetooth, USB, port cash drawer connector
Ukuran label58 mm
CutterTidak disebutkan
Kecepatan printer70 mm/s
7

ArgoxDesktop Barcode Printer

CP-2140

Mulai dari Rp 2.141.000,00

Metode cetakDirect thermal, thermal transfer
KonektivitasUSB device, RS-232, parallel
Ukuran labelMaksimal 104 mm
CutterTidak disebutkan
Kecepatan printer127 mm/s
6

Mesin Kasir OnlinePostek Dekstop Printer

C168

Mulai dari Rp 2.424.700,00

Metode cetakThermal transfer
KonektivitasRS-232 Serial, USB 2.0
Ukuran labelMaksimal 104 mm
CutterTidak disebutkan
Kecepatan printer101,6 mm/s
5

ZEBRA Printer Barcode Label

ZD230

Mulai dari Rp 2.757.500,00

Metode cetakDirect thermal, thermal transfer
KonektivitasUSB 2.0, RS232C
Ukuran labelMaksimal 36 mm
CutterTidak disebutkan
Kecepatan printerMaksimal 80 mm/s
4
Metode cetakThermal transfer
KonektivitasTidak disebutkan
Ukuran label3,5 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mm
CutterManual
Kecepatan printer20 mm/s
3

Okay Printer Resi Label Pengiriman

OK 80BL

Mulai dari Rp 950.000,00

Metode cetakTidak disebutkan
KonektivitasUSB, Bluetooth
Ukuran label80 mm
CutterTidak disebutkan
Kecepatan printer80 mm/s
2

WincodeDesktop Label Printer

C342C

Mulai dari Rp 2.550.000,00

Metode cetakDirect thermal, thermal transfer
KonektivitasUSB 2.0
Ukuran labelMaksimal 108 mm
CutterTidak disebutkan
Kecepatan printer127 mm/s
1

BLUEPRINT Printer Thermal Portable Bluetooth

BP - LITE58

Mulai dari Rp 446.500,00

Metode cetakTidak disebutkan
KonektivitasUSB, Bluetooth
Ukuran label57 mm
CutterTidak disebutkan
Kecepatan printerTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk printer thermal terbaik

Gambar produk
1
 BLUEPRINT  Printer Thermal Portable Bluetooth 1

BLUEPRINT

2
Wincode Desktop Label Printer 1

Wincode

3
Okay  Printer Resi Label Pengiriman  1

Okay

4
Brother  Label Printer 1

Brother

5
ZEBRA  Printer Barcode Label  1

ZEBRA

6
Mesin Kasir Online Postek Dekstop Printer 1

Mesin Kasir Online

7
Argox Desktop Barcode Printer 1

Argox

8
Deli Receipt Printer 1

Deli

9
Epson  LabelWorks Bluetooth PC-Connectable Label Printer 1

Epson

10
CASIO LABEL IT 1

CASIO

Nama produk

Printer Thermal Portable Bluetooth

Desktop Label Printer

Printer Resi Label Pengiriman

Label Printer

Printer Barcode Label

Postek Dekstop Printer

Desktop Barcode Printer

Receipt Printer

LabelWorks Bluetooth PC-Connectable Label Printer

LABEL IT

Keunggulan

Memungkinkan membaca gap khusus koneksi Bluetooth

Dipakai 12 jam untuk online shop pun dijamin bebas overheat!

Ideal untuk cetak resi dan mendukung berbagai format file

Simbol dan bingkainya sangat variatif, deh!

Mungil ukurannya, detail hasil cetaknya

Kapasitas kertasnya besar, jadi tidak perlu sering mengganti

Satu printer, dua metode cetak!

Printer ini bisa langsung dihubungkan ke mesin kasir

Mendukung banyak perangkat dan punya banyak pilihan ukuran

Bebas atur tata letak dan baris label sesuai keinginan

Harga mulai dariRp 446.500,00Rp 2.550.000,00Rp 950.000,00Rp 690.000,00Rp 2.757.500,00Rp 2.424.700,00Rp 2.141.000,00Rp 490.000,00Rp 1.450.000,00Rp 3.418.000,00
Metode cetakTidak disebutkanDirect thermal, thermal transferTidak disebutkanThermal transferDirect thermal, thermal transferThermal transferDirect thermal, thermal transferTidak disebutkanThermal transferTidak disebutkan
KonektivitasUSB, BluetoothUSB 2.0USB, BluetoothTidak disebutkanUSB 2.0, RS232CRS-232 Serial, USB 2.0USB device, RS-232, parallelBluetooth, USB, port cash drawer connector USB 2.0, BluetoothUSB
Ukuran label57 mmMaksimal 108 mm 80 mm3,5 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mmMaksimal 36 mmMaksimal 104 mmMaksimal 104 mm58 mm6 mm, 9 mm, 12 mm, 18 mm, 24 mm6 mm, 9 mm, 12 mm, 16 mm, 18 mm, 24 mm
CutterTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanManualTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanOtomatisOtomatis
Kecepatan printerTidak disebutkan127 mm/s80 mm/s20 mm/sMaksimal 80 mm/s101,6 mm/s127 mm/s70 mm/s15 mm/s20 mm/s
Tautan produk

Baca juga rekomendasi printer lainnya di sini

Apakah rekomendasi produk printer thermal kami di atas ada yang cocok untuk Anda? Selain printer thermal, kami juga punya rekomendasi printer jenis lain dari berbagai merek, lho. Anda bisa membacanya di tautan berikut!

Kesimpulan

Printer thermal membuat berbagai pekerjaan jadi lebih simpel dan mudah. Anda yang memiliki bisnis jual-beli barang, pengiriman, dan lainnya pasti sangat terbantu dengan alat ini. Selain spesifikasi yang dimiliki, jangan lupa perhatikan garansi dan layanan pasca pembelian, ya. 


Demikian tips dan rekomendasi produk printer thermal dari kami. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan produk yang cocok sehingga dapat menunjang pekerjaan serta bisnis yang Anda rintis.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer yang bagus adalah Epson. Epson merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto. Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Nah, untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, dan EcoTank. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Inkjet printer adalah mesin cetak yang mampu mencetak foto dan dokumen berkualitas tinggi. Foto dan dokumen yang dicetak dengan printer ini lebih tahan lama dan kaya warna. Terdapat berbagai merk inkjet printer yang sudah terkenal dan banyak digunakan, seperti Canon, Epson, HP, dan Brother.Masing-masing produsen memiliki berbagai jenis inkjet printer dengan berbagai jenis kertas dan tinta yang sesuai untuk digunakan. Kali ini kami akan memaparkan tentang cara memilih inkjet printer yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi alat tersebut. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy termasuk salah satu kebutuhan penting di kantor. Untuk efisiensi tempat dan biaya, Anda bisa memilih mesin fotocopy mini. Selain ukurannya yang minimalis, harganya juga lebih terjangkau. Anda juga dapat menggunakan mesin fotocopy mini untuk usaha fotocopy di rumah. Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih mesin fotocopy mini yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin fotocopy mini untuk menunjang pekerjaan Anda. Merek-merek poopuler, seperti Epson, Canon, Brother, dan Kyocera, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi tersebut. Selamat membaca dan memilih.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menggandakan dokumen dalam jumlah banyak dengan cepat. Selain untuk kegiatan bisnis, mesin fotocopy juga dapat digunakan untuk menunjang aktivitas administrasi perkantoran. Nah, tentu Anda penasaran dengan harga mesin fotocopy terbaru, seperti merek Canon, Xerox, Kyocera, dan Brother, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih dan membeli mesin fotocopy yang bagus secara online. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin fotocopy terbaik dari merek ternama. Jika Anda penasaran, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan akan mesin cutting sticker terus meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, banyak juga yang mencari alat cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merek, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Telepon Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Telepon Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Telepon rumah merupakan alat komunikasi yang sudah ada sejak seratus tahun lalu. Banyak orang menganggap telepon rumah sebagai alat komunikasi jadul. Namun, telepon rumah masih eksis hingga saat ini. Supaya keberadaannya tidak tertinggal oleh ponsel, telepon rumah terus dikembangkan.Telepon rumah tanpa kabel/wireless dan telepon rumah dengan beragam fitur misalnya memori dan caller ID pun sudah ada. Nah, untuk membantu Anda memilih telepon rumah yang bagus, kami telah menyiapkan tipsnya di bawah ini. Ada juga rekomendasi telepon rumah wireless dan berkabel yang bagus merek Panasonic, VTech, Sahitel, dan sebagainya.
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori