• 10 Rekomendasi Kanvas Lukis yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kanvas Lukis yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Kanvas lukis merupakan salah satu media melukis yang menjadi favorit banyak orang. Kanvas lukis dijual dalam berbagai ukuran. Ada kanvas lukis berukuran kecil dilengkapi rangka kayu dan ada juga kanvas lukis rol yang dijual per meter. Bahan pembuatnya pun beragam dengan keunggulannya masing-masing. 


Beragamnya ukuran dan bahan kanvas lukis mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya. Tak perlu bingung lagi. Kami akan membagikan tips memilih kanvas lukis yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi dari berbagai merek kanvas lukis yang bagus, seperti Bartega, TRG, dan Prima. Baca artikelnya sampai habis, ya. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 November 2022
Daftar isi

Cara memilih kanvas lukis

Tak cuma bahan dan ukuran yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kanvas lukis. Jenis cat yang Anda gunakan pun berpengaruh agar menghasilkan lukisan yang indah dengan kanvas pilihan Anda. Di bawah ini, kami telah menyiapkan tips agar Anda tak salah pilih kanvas lukis.

Ketahui bahan kain kanvas lukis terlebih dahulu

Pada mulanya, kanvas yang digunakan untuk melukis terbuat dari rami. Namun, seiring berjalannya waktu, kanvas mulai diproduksi dari berbagai jenis bahan. Menariknya, jenis kain yang berbeda memiliki kelebihan masing-masing yang bahkan dapat menambah nilai estetika lukisan Anda. Simak ulasan singkat kami mengenai bahan kanvas lukis di bawah ini.

Linen, bahannya kuat dan awet

Linen, bahannya kuat dan awet

Linen melalui proses yang rumit dan panjang untuk dijadikan kanvas lukis. Prosesnya ini yang membuat kanvas linen memiliki kualitas yang premium. Selain itu, proses pembuatannya yang rumit juga memengaruhi harganya. Kanvas linen umumnya dipasarkan dengan harga tinggi dan cukup sulit ditemukan di Indonesia.


Kain linen memiliki karakteristik kurang elastis. Namun, justru karakteristik inilah yang menjadikan kain linen kuat dan awet. Uniknya lagi, kain linen memiliki kandungan minyak alami. Kandungan ini yang membuat cat tak mudah retak ataupun pecah. Lukisan pun menjadi makin awet.

Katun, teksturnya terasa lembut

Katun, teksturnya terasa lembut

Kanvas lukis dari katun merupakan jenis kanvas lukis yang direkomendasikan untuk pemula. Salah satu alasannya adalah harganya yang lebih terjangkau. Selain itu, kain jenis ini memiliki tekstur yang lembut. Karakteristiknya pun fleksibel sehingga dapat direnggangkan dengan maksimal. Melukis pun menjadi lebih mudah.

 
Kanvas lukis berbahan katun lebih sesuai untuk jenis lukisan sederhana tanpa banyak cat. Terlalu banyak cat dapat mengendurkan kanvas lukis katun. Kekurangan lainnya, kanvas lukis katun dapat menyerap cat sehingga lukisan bisa retak bahkan terkikis.

Kanvas marsoto, memiliki tekstur yang khas

Kanvas marsoto, memiliki tekstur yang khas

Jenis kain lain yang digunakan sebagai bahan kanvas lukis adalah kanvas marsoto. Jenis kain ini termasuk kain kanvas paling tebal dengan tekstur yang khas. Permukaan kain ini memiliki tekstur bintik-bintik.


Tak cuma teksturnya yang khas, kain kanvas marsoto juga kuat dan tak mudah robek. Meski demikian, kain kanvas marsoto tetap fleksibel. Karakternya yang fleksibel ini juga menjadikannya pilihan untuk dijadikan aneka kerajinan seperti tas.

Sesuaikan dengan jenis cat yang sering digunakan

Untuk mendapatkan hasil lukisan yang maksimal, jenis cat yang sering Anda gunakan juga perlu dipertimbangkan. Hal ini karena setiap jenis cat memiliki kandungan yang berbeda-beda. Berikut ini ulasan kami tentang jenis cat yang kerap digunakan melukis pada kanvas.

Cat minyak, tepat dioleskan di kanvas berlapis gesso

Cat minyak, tepat dioleskan di kanvas berlapis gesso

Cat minyak menjadi pilihan untuk melukis karena memiliki warna yang nyata. Namun, jenis cat ini mengandung bahan kimia yang dapat merusak permukaan kanvas. Kandungan minyak di dalamnya juga mudah diserap kanvas dan menyisakan bercak kusam di permukaan lukisan.

 
Mempertimbangkan hal tersebut, Anda perlu memilih kanvas lukis yang sudah dilapisi gesso. Gesso adalah bahan pelapis yang berfungsi melindungi permukaan kain kanvas. Selain itu, bahan ini juga menjadikan permukaan kanvas lukis lebih halus. Anda pun bisa lebih mudah mengoleskan cat. 

Cat akrilik, ada tidaknya gesso bukan masalah

Cat akrilik, ada tidaknya gesso bukan masalah

Anda dapat memilih kanvas lukis berlapis gesso ataupun tidak jika lebih sering menggunakan cat akrilik. Ini karena cat akrilik tidak mengandung minyak sehingga tidak merusak kanvas. Namun, hasil lukisan mungkin akan terlihat agak kusam dan tekstur kain kanvas terlihat lebih jelas. 


Jika Anda menginginkan kanvas lukis dengan permukaan lebih halus, kanvas berlapis gesso pilihannya. Saat memilih kanvas berlapis gesso, hindari bahan gesso yang berbasis minyak. Jenis bahan gesso seperti ini membuat permukaan kanvas lukis akan berminyak sehingga lukisan akan mengelupas.

Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan

Di pasaran, Anda akan menemukan kanvas lukis dalam berbagai ukuran. Secara umum, sebaiknya Anda memilih ukuran sesuai kebutuhan. Namun jika Anda masih bingung menentukan ukurannya, pertimbangkan hal-hal berikut ini.


  • Jika Anda ingin lebih bebas berekspresi, pilih kanvas lukis berukuran besar. Anda juga dapat mempertimbangkan membeli kanvas lukis roll meteran. Sebaliknya, bila Anda menyukai miniature painting, kanvas lukis berukuran kecil lebih cocok untuk Anda.

  • Kanvas ukuran sedang (20 cm x 25 cm), paling pas bagi Anda yang senang bereksperimen dengan berbagai teknik melukis. Kanvas tipe ini juga cocok untuk Anda yang masih belajar melukis.

  • Jika ruangan tempat memajang berupa lorong atau ruangan lebar seperti ruang tamu, pilih kanvas landscape. Sementara itu, kanvas portrait sebaiknya dipajang di ruangan dengan dinding yang tinggi.

Pertimbangkan kanvas lukis roll agar lebih bebas berkreasi

Pertimbangkan kanvas lukis roll agar lebih bebas berkreasi

Anda tak menemukan ukuran kanvas yang tepat? Tak perlu khawatir, kanvas lukis juga dijual dalam ukuran meteran atau roll. Anda dapat membelinya per meter sesuai kebutuhan. Anda pun bebas membuat lukisan berbagai ukuran bahkan bentuk. Namun, jika Anda membeli kanvas lukis roll atau meteran, Anda harus menyiapkan spanram atau rangka kayu dan memasangnya sendiri

Gunakan kanvas hitam untuk membuat lukisan yang lebih sederhana

Gunakan kanvas hitam untuk membuat lukisan yang lebih sederhana

Kanvas lukis tidak hanya berwarna putih. Anda juga dapat memilih kanvas lukis berwarna hitam. Kanvas hitam adalah kanvas lukis biasa yang dilapisi gesso warna hitam. Kanvas jenis ini lebih cocok untuk lukisan sederhana karena Anda tak perlu menambahkan banyak detail sebagai latar belakangnya.

 
Melukis pada kanvas lukis berwarna hitam sebenarnya sama saja dengan melukis pada kanvas biasa. Sebelum melukis dan mengoleskan cat warna, lapisi dulu area yang akan Anda lukis dengan cat putih. Lapisan cat putihnya tak perlu terlalu tebal karena akan dilapisi lagi dengan cat warna lainnya. 

10 Rekomendasi kanvas lukis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kanvas lukis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 22 November 2022:
Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Canvas Bandung Kanvas Lukis Spanram menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa TRG Kanvas Lukis memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
TRG Kanvas Lukis 1

TRG

2
Cocoart.id Paint by Number Kit Night View  1

Cocoart.id

3
ABC Kanvas Rol 100 cm x 150 cm 1

ABC

4
Prima  Green Cotton Canvas 1

Prima

5
Mont Martre Canvas Panels Professional Series 1

Mont Martre

6
Akalpa Super Smooth 1

Akalpa

7
Bartega Canvas Regular Size - 30 cm x 40 cm 1

Bartega

8
Langer Basic Cotton Canvas 1

Langer

9
Rumah Karung Goni Kanvas Lukis Hitam Premium 1

Rumah Karung Goni

10
Scoop Ideas Kanvas Lukis Kaki Kayu 10 cm x 15 cm 1

Scoop Ideas

Nama produk

Kanvas Lukis

Paint by Number Kit Night View

Kanvas Rol 100 cm x 150 cm

Green Cotton Canvas

Canvas Panels Professional Series

Super Smooth

Canvas Regular Size - 30 cm x 40 cm

Basic Cotton Canvas

Kanvas Lukis Hitam Premium

Kanvas Lukis Kaki Kayu 10 cm x 15 cm

Keunggulan

Kanvas lukis kuat dengan bahan kombinasi katun dan marsoto

Ada indikator angka, mudahkan Anda melukis

Kanvas lukis meteran untuk bebaskan imajinasi Anda

Kanvas berkualitas dengan spanram bebas rayap

Struktur kokoh dan tak mudah berubah bentuk

Kanvas lukis dengan permukaan superhalus

Cocok untuk berbagai jenis cat plus spidol

Kanvas makin tebal dan kuat dengan tiga lapis gesso

Menjadikan lukisan Anda makin unik dan menarik

Makin mudah digunakan dengan lembaran kayu dan penyangga

Harga mulai dariRp 9.000,00Rp 55.000,00Rp 28.000,00Rp 25.000,00Rp 25.800,00Rp 6.000,00Rp 53.000,00Rp 35.800,00Rp 6.000,00Rp 26.900,00
BahanTeteron cotton & polyester marsotoTidak disebutkanTidak disebutkanKatunTidak disebutkanTidak disebutkanKatunKatunMarsotoTidak disebutkan
Ukuran10 cm x 10 cm, 15 cm x 15 cm, 20 cm x 15 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 30 cm20 cm x 20 cm100 cm x 150 cm15 cm x 15 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 25 cm, 20 cm x 30 cm, 25 cm x 35 cm, 20 cm x 40 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 40 cm10,2 cm x 10,2 cm, 12,7 cm x 17,8 cm, 20,3 cm x 25,4 cm, 25,4 cm x 30,5 cm, 30,5 cm x 40,6 cm10 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm30 cm x 40 cm 10 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 18 cm x 24 cm, 24 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 40 cm, 40 cm x 50 cm, 50 cm x 50 cm, 50 cm x 60 cm, 50 cm x 70 cm, 60 x 80 cm, 80 cm x 80 cm, 50 cm x 100 cm, 70 cm x 100 cm, 80 cm x 120 cm10 cm x 10 cm, 10 cm x 20 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 60 cm10 cm x 15 cm
Cat yang kompatibelCat akrilik dan cat minyakTidak disebutkan (sudah tersedia)Tidak disebutkanCat akrilik dan cat minyakCat akrilik, cat minyak, dan cat airCat akrilik, cat minyak, dan cat posterCat akrilik, cat minyak, spidol, arts and craftCat akrilik dan cat minyakTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk
10

Scoop IdeasKanvas Lukis Kaki Kayu 10 cm x 15 cm

60400301

Mulai dari Rp 26.900,00

BahanTidak disebutkan
Ukuran10 cm x 15 cm
Cat yang kompatibelTidak disebutkan
9

Rumah Karung GoniKanvas Lukis Hitam Premium

Mulai dari Rp 6.000,00

BahanMarsoto
Ukuran10 cm x 10 cm, 10 cm x 20 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 60 cm
Cat yang kompatibelTidak disebutkan
8
BahanKatun
Ukuran10 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 18 cm x 24 cm, 24 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 40 cm, 40 cm x 50 cm, 50 cm x 50 cm, 50 cm x 60 cm, 50 cm x 70 cm, 60 x 80 cm, 80 cm x 80 cm, 50 cm x 100 cm, 70 cm x 100 cm, 80 cm x 120 cm
Cat yang kompatibelCat akrilik dan cat minyak
7

BartegaCanvas Regular Size - 30 cm x 40 cm

Mulai dari Rp 53.000,00

BahanKatun
Ukuran30 cm x 40 cm
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak, spidol, arts and craft
6
BahanTidak disebutkan
Ukuran10 cm x 10 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak, dan cat poster
5

Mont MartreCanvas Panels Professional Series

CMPL1318

Mulai dari Rp 25.800,00

BahanTidak disebutkan
Ukuran10,2 cm x 10,2 cm, 12,7 cm x 17,8 cm, 20,3 cm x 25,4 cm, 25,4 cm x 30,5 cm, 30,5 cm x 40,6 cm
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak, dan cat air
4
BahanKatun
Ukuran15 cm x 15 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 25 cm, 20 cm x 30 cm, 25 cm x 35 cm, 20 cm x 40 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 40 cm
Cat yang kompatibelCat akrilik dan cat minyak
3

ABCKanvas Rol 100 cm x 150 cm

Mulai dari Rp 28.000,00

BahanTidak disebutkan
Ukuran100 cm x 150 cm
Cat yang kompatibelTidak disebutkan
2

Cocoart.idPaint by Number Kit Night View

Mulai dari Rp 55.000,00

BahanTidak disebutkan
Ukuran20 cm x 20 cm
Cat yang kompatibelTidak disebutkan (sudah tersedia)
1
BahanTeteron cotton & polyester marsoto
Ukuran10 cm x 10 cm, 15 cm x 15 cm, 20 cm x 15 cm, 20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 30 cm
Cat yang kompatibelCat akrilik dan cat minyak

Tips membersihkan kanvas lukis

Menempelnya debu pada lukisan mungkin tidak dapat dihindari. Namun, ada cara sederhana untuk membersihkan lukisan dari debu. Anda bahkan dapat menghapus lukisan agar kanvasnya dapat digunakan kembali. Berikut ini tips dari kami untuk membersihkan kanvas lukis.

Cara merawat kanvas lukis agar tetap bersih

Cara merawat kanvas lukis agar tetap bersih

Debu yang menempel pada lukisan tentu menjadikannya kurang menarik. Agar lukisan tetap bersih dari debu, Anda dapat mencoba tips sederhana di bawah ini.


  • Pertama, bersihkan lukisan dengan kuas lembut dan kering. Tak sulit membersihkan debu dari lukisan. Sapulah permukaan lukisan dengan lembut menggunakan kuas yang kering. Setelah debu tersapu, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot habis debutnya.

  • Kedua, manfaatkan kompresor udara atau air duster untuk membersihkan lukisan. Arahkan kompresor udara atau air duster dari jarak 5-7 cm pada bagian yang kotor sedikit demi sedikit. Jaga jarak agar kompresor udara tidak terlalu dekat untuk mencegah lukisan rusak.

Trik sederhana agar kanvas dapat digunakan kembali

Trik sederhana agar kanvas dapat digunakan kembali

Kanvas yang sudah dilukis dapat digunakan kembali. Jika Anda berpikir untuk menggunakan kembali kanvas lukis, tips di bawah ini dapat membantu Anda.

 

  • Cat ulang kanvas, lapisi lukisan dengan cat putih. Agar dapat digunakan kembali, kanvas lukis dapat dicat dengan cat putih. Jika Anda akan menggunakan cat minyak, permukaan kanvas juga perlu dilapisi dengan gesso. Oleskan cat atau gesso beberapa kali agar hasilnya bagus.

  • Ampelas, gosok dengan hati-hati untuk membersihkan kanvas lukis. Sebenarnya, cara ini cukup berisiko, tetapi Anda dapat mencobanya. Gosokkan ampelas dengan lembut dan hati-hati agar kanvas tidak rusak. Setelah itu, oleskan cat di permukaan kanvas lukis. Kanvas lukis siap digunakan kembali.

Baca juga rekomendasi produk cat dan kuas lukis lainnya di sini

Untuk melukis, Anda tak cuma membutuhkan kanvas lukis yang bagus, tetapi juga cat dan kuas. Kami telah menyiapkan beberapa artikel berisi tips memilih dan rekomendasi produk cat dan kuas lukis. Baca artikel lengkapnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Selain memiliki ukuran yang beragam, kanvas lukis juga terbuat dari berbagai jenis kain. Saat memilihnya, jenis kain ini perlu Anda perhatikan juga. Jenis cat yang sering Anda pakai juga perlu dipertimbangkan agar hasil lukisan bagus.

 
Setelah menemukan kanvas lukis sesuai kebutuhan, Anda juga perlu merawatnya agar tetap bersih. Kanvas lukis yang sudah dilukis juga bisa digunakan lagi dengan teknik pembersihan yang tepat. Selamat berkreasi dengan kanvas lukis.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, antijamur, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok terbaik, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan No Drop. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Yuk, temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami akan membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Material bangunan mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan zaman, contohnya bata ringan atau hebel. Bata ringan adalah bahan bangunan yang kini banyak dipakai untuk dinding, menggantikan bata merah dan batako. Karakteristiknya yang ringan, tahan air, tahan api, serta tahan gempa membuat hebel kian diminati oleh banyak kalangan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih bata ringan terbaik dengan membandingkan harga dan spesifikasinya. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek bata ringan yang bagus, seperti CITICON, BRICON, dan BLESSCON. Simak ulasan selengkapnya dari kami agar Anda menemukan hebel terbaik!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pintu merupakan unsur penting untuk sebuah rumah ataupun kamar. Agar pintu bisa dibuka dan ditutup dengan mudah, Anda harus memasang gagang atau handle pintu. Benda ini biasanya terbuat dari stainless, aluminium, dan brass. Ketiga bahan tersebut tidak mudah rusak dan cocok diaplikasikan pada berbagai konsep rumah, termasuk tipe minimalis.Ada beberapa merek handle pintu yang bagus, seperti Dekkson, E-lock, dan Paloma. Merek-merek tersebut menawarkan produk dengan berbagai gaya, mulai dari lever, knob, hingga kupu tarung. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan panduan cara memilih dan rekomendasi produk terbaik.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel roll merupakan gulungan kabel yang berfungsi untuk menyambung aliran listrik. Kabel roll digunakan saat Anda membutuhkan daya di tempat yang jauh dari jangkauan listrik. Sebut saja untuk menyalakan lampu pada pekerjaan outdoor. Apakah Anda masih bingung dalam memilih merek kabel roll yang bagus?Kali ini kami akan membahas produk kabel roll terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Produk merek Kenmaster, Kaiser, dan Uticon juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Temukan produk kabel roll yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Cat Poster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Poster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ingin mengenalkan seni lukis kepada anak-anak, sebaiknya gunakan cat berbahan dasar air karena cenderung mudah dibersihkan. Salah satu cat water-based yang sering digunakan untuk melukis adalah cat poster. Sifat cat poster sedikit berbeda dengan cat air atau gouache. Pada artikel kali ini, kami akan menjabarkan perbedaan cat poster dengan cat water-based lainnya.Selain itu, kami juga akan membantu Anda memilih cat poster terbaik. Beberapa merek cat poster yang bagus, seperti Sakura, Pentel, Joyko, dan Faber Castell juga akan kami ulas untuk Anda. Simak artikelnya, yuk!
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori