• 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kanvas lukis merupakan media yang terbuat dari kain dan tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 20x20 cm, 20x30 cm, dan 30x40 cm. Namun, ternyata pemilihan jenis cat juga perlu disesuaikan dengan bahan kanvasnya. Ukuran, bahan, dan harga kanvas gambar yang bervariasi mungkin sering membuat Anda kebingungan dalam memilih. 


Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih kanvas lukis yang bagus di artikel ini. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk kanvas lukis dari merk Winsor & Newton, TRG, Bartega, Prima, dan brand lainnya. Untuk mendapatkan kanvas lukis terbaik, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih kanvas lukis

Anda yang sudah menekuni hobi gambar atau melukis sejak lama mungkin tidak akan kesulitan saat memilih kanvas lukis. Akan tetapi, memilih kanvas lukis bisa menjadi kegiatan yang membingungkan bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia melukis. Untuk menghindari kesalahan membeli kanvas lukis, Anda sebaiknya memperhatikan poin-poin di bawah ini ketika memilih kanvas lukis di e-commerce.

Ketahui bahan kain kanvas lukis terlebih dahulu

Kanvas sudah digunakan untuk melukis sejak abad ke-14 dan pada waktu itu kanvas terbuat dari rami. Seiring berjalannya waktu, kanvas yang terbuat dari rami menurun dan muncullah kanvas yang terbuat dari kain linen, katun, dan bahan anyaman marsoto. Apa saja kelebihan kanvas yang terbuat dari bahan tersebut?

Linen, bahannya kuat dan awet

Linen, bahannya kuat dan awet

Kain linen memerlukan waktu lebih lama untuk ditenun karena bahannya tidak elastis. Di pihak lain, bahan linen juga harus melewati berbagai proses sebelum menjadi sebuah kanvas lukis. Hal itulah yang membuat kanvas linen dijual dengan harga yang tinggi. Walaupun demikian, banyak seniman yang menyukai dan memakai kanvas lukis berbahan linen karena kuat dan awet.


Tekstur yang kaku membuat kanvas berbahan linen sering digunakan untuk membuat lukisan berukuran besar. Selain itu, kanvas linen juga mampu mempertahankan minyak alami yang ada di dalamnya. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan, salah satunya menjaga cat agar tidak retak dan pecah. Jadi, Anda dapat mengoleskan cat tanpa perlu khawatir lukisan akan rusak ketika kering.

Katun, teksturnya terasa lembut

Katun, teksturnya terasa lembut

Anda yang baru memasuki dunia seni lukis disarankan untuk menggunakan kanvas berbahan katun karena bahannya lembut. Selain itu, kanvas lukis yang terbuat dari katun juga lebih fleksibel sehingga dapat diregangkan dengan maksimal. Saat kanvas katun diregangkan, permukaannya akan tertarik dan media untuk melukis pun akan terasa makin kencang.


Namun, bahan katun bisa menyerap cat dan mengakibatkan lukisan retak atau terkikis. Karena itu, kanvas katun sebaiknya tidak digunakan untuk membuat lukisan yang rumit dan membutuhkan banyak cat. Jika Anda tetap menggunakan banyak cat, kanvas lukis akan mendapat tekanan berlebih dan menjadi kendur. Meskipun demikian, kanvas lukis yang terbuat dari katun banyak dipilih karena harganya murah.

Kanvas marsoto, memiliki tekstur yang khas

Kanvas marsoto, memiliki tekstur yang khas

Bahan lain yang sering digunakan untuk membuat kanvas lukis adalah kanvas marsoto. Kain jenis ini memiliki tekstur yang khas (bintik-bintik) di permukaannya. Di samping itu, kanvas marsoto juga tebal dan tidak mudah robek sehingga banyak produsen kanvas lukis yang menggunakan bahan ini. Selain digunakan untuk membuat kanvas lukis, kain ini juga sering dipakai untuk membuat pakaian dan aksesori.

Sesuaikan dengan jenis cat yang sering digunakan

Cat apa yang Anda gunakan untuk melukis? Pertanyaan tersebut harus Anda jawab sebelum membeli kanvas lukis untuk meminimalkan kesalahan memilih kanvas lukis. Selain itu, memilih kanvas yang cocok dengan cat yang sering digunakan juga bisa membuat lukisan terlihat lebih maksimal.

Cat minyak, gunakan kanvas yang telah dilapisi gesso

Cat minyak, gunakan kanvas yang telah dilapisi gesso

Warna yang nyata mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Anda melukis dengan cat minyak. Namun, kandungan minyak yang ada di dalam cat bisa meresap ke dalam kanvas dan meninggalkan bercak kusam di permukaan lukisan. Bahan kimia di dalam cat minyak juga bisa merusak kanvas. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan kanvas yang sudah dilapisi gesso


Gesso tidak hanya melindungi kanvas dari kerusakan, tetapi juga membuat permukaan kanvas menjadi lebih halus. Alhasil, proses mengoleskan cat menggunakan kuas pun terasa lebih mudah. Semua jenis kanvas dapat dijadikan media untuk melukis dengan cat minyak. Jadi, tidak ada patokan khusus apakah Anda harus menggunakan kanvas linen, katun, atau kanvas marsoto.

Cat akrilik, pilih yang dilapisi gesso atau tidak dilapisi gesso

Cat akrilik, pilih yang dilapisi gesso atau tidak dilapisi gesso

Anda bisa membuat lukisan menggunakan cat akrilik di atas permukaan kanvas linen, katun, atau kanvas marsoto. Akan tetapi, para pelukis biasanya menggunakan kanvas berbahan katun karena lebih mudah untuk didapatkan. 


Cat akrilik tidak mengandung minyak sehingga tidak akan merusak kanvas. Jadi, Anda dapat mengaplikasikan cat akrilik di permukaan kanvas yang belum dilapisi gesso. Akan tetapi, warna lukisannya mungkin akan terlihat agak kusam dan tekstur kanvasnya akan terlihat jelas.


Apabila Anda menginginkan media lukis dengan permukaan yang halus, kanvas yang sudah dilapisi gesso bisa menjadi pilihan yang tepat. Saat Anda memilih kanvas yang telah dilapisi gesso, hindari kanvas berlapis gesso berbasis minyak. Apabila Anda tetap menggunakan kanvas tersebut, lukisan Anda kemungkinan besar akan mengelupas karena permukaan kanvas yang berminyak. 

Pilih ukuran kanvas lukis yang sesuai kebutuhan

Pilih ukuran kanvas lukis yang sesuai kebutuhan

Kanvas lukis yang dijual di pasaran tersedia dalam beragam ukuran. Anda sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan karena tidak ada patokan khusus dalam memilih ukuran kanvas. Apabila Anda masih kebingungan ketika memilih ukuran kanvas lukis, Anda bisa mempertimbangkan poin-poin berikut ini:


  • Teknik melukis: Anda yang menggemari miniature painting dapat memilih kanvas lukis berukuran 10 cm x 15 cm atau lebih kecil. Sementara itu, kanvas ukuran besar, contohnya 91 cm x 121 cm, lebih cocok untuk Anda yang ingin bebas berekspresi.

  • Fungsi: Beberapa dari Anda mungkin membutuhkan kanvas yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan berbagai teknik melukis. Jika demikian, kanvas berukuran sedang, contohnya 20 cm x 25 cm, cocok untuk Anda. Kanvas berukuran sedang juga cocok untuk Anda yang masih belajar melukis.

  • Ruangan: Setelah Anda selesai melukis, apakah Anda akan memajangnya atau menjualnya? Kalau Anda berencana memajang lukisan tersebut, Anda sebaiknya memilih kanvas yang cocok dengan keadaan ruangan. Kanvas potrait sebaiknya dipajang di dinding yang tinggi, sedangkan kanvas landscape cocok digantung di atas sofa atau di lorong.

Gunakan kanvas hitam untuk membuat lukisan yang lebih sederhana

Gunakan kanvas hitam untuk membuat lukisan yang lebih sederhana

Saat memilih kanvas lukis, Anda mungkin menemukan beberapa kanvas berwarna hitam. Kanvas hitam merupakan kanvas lukis biasa yang dilapisi gesso warna hitam. Akhirnya, terciptalah kanvas warna hitam yang dapat membuat lukisan tampak lebih kontras.


Di pihak lain, kanvas hitam membuat lukisan lebih cepat selesai karena Anda tak perlu memasukkan banyak detail sebagai background. Alhasil, lukisan pun akan terlihat lebih sederhana. Kanvas berwarna hitam juga memungkinkan Anda untuk membiarkan area yang luas tanpa melukisnya.


Anda ingin mencoba melukis di atas kanvas hitam, tetapi Anda juga ragu karena belum pernah melakukan hal tersebut? Sebenarnya, melukis di atas kanvas hitam tak jauh berbeda dengan melukis di atas kanvas putih. Anda hanya perlu melapisi area yang akan dilukis menggunakan cat putih terlebih dahulu. Lapisan cat putihnya tak perlu terlalu tebal karena nanti Anda akan mengoleskan cat warna lain di atas.

10 Rekomendasi kanvas lukis terbaik

Apakah Anda sudah memiliki gambaran kira-kira ingin membeli kanvas lukis hitam atau putih? Jika Anda masih ragu dalam menentukan jenis dan ukuran kanvas lukis, Anda bisa mempertimbangkan rekomendasi produk berikut ini.

10

Scoop IdeasKanvas Lukis Kaki Kayu

60400301

Mulai dari Rp 26.900,00

BahanTidak disebutkan
Cat yang kompatibelTidak disebutkan
Ukuran10 cm x15 cm
Direkomendasikan untukPemula dan profesional
Dilapisi gessoTidak disebutkan
9
BahanKatun
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak, spidol, serta arts and craft
Ukuran30 cm x 40 cm
Direkomendasikan untukPemula dan profesional
Dilapisi gessoYa
8
BahanMarsoto
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat air
Ukuran10 cm x 10 cm, 10 cm x 20 cm, 20 c x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 60 cm
Direkomendasikan untukMiniature painters, pemula, profesional
Dilapisi gessoYa
7
BahanTidak disebutkan
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak, cat air
Ukuran20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm
Direkomendasikan untukPemula
Dilapisi gessoYa
6
BahanTeteron cotton, polyester marsoto
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak
Ukuran10 cm x 10 cm
Direkomendasikan untukMiniature painters
Dilapisi gessoTidak disebutkan
5

ArtemediaPrima Green Kanvas Lukis

Mulai dari Rp 32.000,00

Bahan100% katun
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak
Ukuran20 cm x 20 cm
Direkomendasikan untukSiswa atau pemula
Dilapisi gessoYa
4
BahanLinen
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak
Ukuran2,1 m x 10 m
Direkomendasikan untukPelukis landscape, abstrak, dan muralis
Dilapisi gessoYa
3
BahanTeteron cotton
Cat yang kompatibelCat akrilik
Ukuran10 cm x 10 cm
Direkomendasikan untukPemula dan profesional
Dilapisi gessoYa
2
BahanKatun
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak
Ukuran20 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 50 cm, 40 cm x 60 cm, dan sebagainya
Direkomendasikan untukPemula
Dilapisi gessoYa
1
Bahan100% katun
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyak
Ukuran20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 40 cm x 50 cm
Direkomendasikan untukPemula dan profesional
Dilapisi gessoYa

Tabel perbandingan produk kanvas lukis terbaik

Gambar produk
1
Canvas Bandung Kanvas Lukis Spanram 1

Canvas Bandung

2
Winsor & Newton Classic Canvas 1

Winsor & Newton

3
Kanvas Lukis Spanram Segitiga 1

4
Claessens Canvas 166 1

Claessens

5
Artemedia Prima Green Kanvas Lukis 1

Artemedia

6
TRG Kanvas Lukis 1

TRG

7
Kanvas Lukis Hitam 1

8
Rumah Karung Goni Canvas Lukis Marsoto 1

Rumah Karung Goni

9
Bartega Canvas Regular Size 1

Bartega

10
Scoop Ideas Kanvas Lukis Kaki Kayu 1

Scoop Ideas

Nama produk

Kanvas Lukis Spanram

Classic Canvas

Kanvas Lukis Spanram Segitiga

Canvas 166

Prima Green Kanvas Lukis

Kanvas Lukis

Kanvas Lukis Hitam

Canvas Lukis Marsoto

Canvas Regular Size

Kanvas Lukis Kaki Kayu

Keunggulan

Ada dua pilihan tekstur kain, pilih yang Anda sukai

Pengerjaannya dilakukan manual, hasilnya pun lebih maksimal

Bentuknya tak biasa, imajinasi jadi lebih tertantang

Kanvas bebas bolongan berkat dua lapisan gesso

Kanvas ekonomis dan berkualitas untuk para pemula

Ukurannya mini, dinding jadi cantik dan tetap terlihat luas

Bebas berekspresi dengan beragam cat di atas kanvas hitam

Ukurannya bervariasi dan tersedia juga ukuran custom

Melukis dengan cat atau spidol? Tak Masalah!

Dilengkapi kayu, minimalkan risiko kanvas mengkerut

Harga mulai dariRp 31.500,00Rp 66.000,00Rp 9.000,00Rp 13.050.000,00Rp 32.000,00Rp 8.500,00Rp 15.250,00Rp 4.500,00Rp 47.500,00Rp 26.900,00
Bahan100% katunKatunTeteron cottonLinen100% katunTeteron cotton, polyester marsotoTidak disebutkanMarsotoKatunTidak disebutkan
Cat yang kompatibelCat akrilik, cat minyakCat akrilik, cat minyakCat akrilikCat akrilik, cat minyakCat akrilik, cat minyakCat akrilik, cat minyakCat akrilik, cat minyak, cat airCat akrilik, cat airCat akrilik, cat minyak, spidol, serta arts and craftTidak disebutkan
Ukuran20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 40 cm x 50 cm20 cm x 20 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 50 cm, 40 cm x 60 cm, dan sebagainya10 cm x 10 cm2,1 m x 10 m20 cm x 20 cm10 cm x 10 cm20 cm x 20 cm, 20 cm x 30 cm10 cm x 10 cm, 10 cm x 20 cm, 20 c x 20 cm, 20 cm x 30 cm, 30 cm x 30 cm, 30 cm x 40 cm, 40 cm x 60 cm30 cm x 40 cm10 cm x15 cm
Direkomendasikan untukPemula dan profesionalPemulaPemula dan profesionalPelukis landscape, abstrak, dan muralisSiswa atau pemulaMiniature paintersPemulaMiniature painters, pemula, profesionalPemula dan profesionalPemula dan profesional
Dilapisi gessoYaYaYaYaYaTidak disebutkanYaYaYaTidak disebutkan
Tautan produk

Tips membersihkan kanvas lukis

Anda ingin membersihkan lukisan yang sudah tertutup debu atau mungkin Anda ingin menghapus lukisan agar kanvasnya bisa digunakan kembali? Kalau begitu, coba Anda simak tips yang ada di bawah ini.

Cara merawat kanvas lukis agar tetap bersih

Cara merawat kanvas lukis agar tetap bersih

Permukaan kanvas yang telah dilukis pasti akan membuat ruangan Anda makin indah. Namun, debu yang menempel di permukaan kanvas bisa membuat keindahan lukisan berkurang. Untuk menjaga lukisan Anda tetap bersih, silakan Anda coba dua tips sederhana di bawah ini:


  • Pertama, Anda bisa memakai kuas lembut dan kering untuk membersihkan lukisan. Cara membersikannya pun mudah. Anda hanya perlu menyapu permukaan lukisan dengan lembut dan perlahan. Agar debu langsung tersingkir, Anda dapat memakai vacum untuk menyedot semua debu yang telah tersapu oleh kuas.

  • Kedua, kompresor udara atau air duster dapat dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan kanvas, lho! Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengarahkan alat tersebut ke bagian yang kotor sedikit demi sedikit. Agar lukisan tetap terjaga, Anda sebaiknya mengarahkan air duster tersebut dari jarak 5–7 cm.

Trik sederhana agar kanvas dapat digunakan kembali

Trik sederhana agar kanvas dapat digunakan kembali

Makin sering Anda melukis, makin banyak pula jumlah kanvas yang digunakan. Apakah Anda pernah terpikir untuk menggunakan kembali kanvas yang pernah digunakan untuk melukis lagi? Jika Anda sedang memikirkan hal tersebut, tips di bawah ini sepertinya dapat membantu:


  • Cat ulang kanvas: Hal pertama yang bisa Anda coba adalah mengecat ulang permukaan kanvas dengan cat putih. Jika Anda berencana menggunakan cat minyak, permukaan lukisan juga bisa dilapisi dengan gesso. Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda bisa mengoleskan beberapa lapisan cat atau gesso.

  • Ampelas: Sebenarnya, cara kedua ini cukup berisiko, tetapi Anda bisa mencobanya. Agar kanvas tidak rusak pada saat diampelas, Anda harus melakukannya dengan lembut dan perlahan. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan cat di permukaan kanvas dan Anda dapat menggunakannya kembali.

Baca juga rekomendasi cat dan kuas lukis di sini

Kanvas lukis termasuk salah satu peralatan inti yang harus dimiliki pelukis atau Anda yang ingin belajar melukis. Anda juga harus mempunyai cat dan kuas karena sebuah lukisan tidak akan tercipta jika semua peralatan tersebut tidak ada. Untuk membantu Anda menemukan cat dan kuas lukis, kami telah menyiapkan beberapa artikel yang bisa Anda baca. Silakan buka tautan yang kami sediakan dan temukan produk yang tepat.

Kesimpulan

Kami telah menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan sebelum membeli kanvas lukis. Selain itu, kami pun telah merekomendasikan kanvas lukis dari beberapa merek. Semoga pembahasan kami dapat membantu Anda menemukan kanvas lukis terbaik.


Saat memilih kanvas lukis, jangan lupa memperhatikan ukuran dan warnanya. Jika Anda ingin membuat lukisan miniatur, pilihlah kanvas berukuran kecil. Namun, jika Anda berencana membuat lukisan untuk pajangan dinding, Anda membutuhkan kanvas berukuran besar. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, antijamur, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok terbaik, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan No Drop. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Yuk, temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring dengan perkembangan zaman, material bangunan pun mengalami banyak perubahan, misalnya saja bata ringan. Bata ringan kini menjadi bahan bangunan yang banyak dipakai untuk dinding, menggantikan bata merah dan batako. Karakteristiknya yang tahan air, tahan api, dan ringan membuat bahan ini kian diminati oleh banyak kalangan. Meski begitu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli. Kami akan menjelaskannya untuk Anda dan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus, seperti bata ringan Citicon, Bricon dan sebagainya. Simak informasinya dan tentukan produk pilihan Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mau mengecat tembok, jendela kayu, pagar besi, atau bahkan motor Anda? Jangan cuma beli catnya karena Anda juga akan membutuhkan thinner cat. Sudah tahu thinner seperti apa yang harus Anda beli? Thinner cat ada berbagai macam jenis, misalnya thinner untuk cat duco, cat besi, cat kayu, dan sebagainya.Kami akan memberikan tips memilih thinner cat yang bagus beserta rekomendasi produknya. Ada beberapa merek terkenal, seperti Imapala, Cobra, ND, dan sebagainya. Kami juga akan memberikan cara mencampur cat dengan thinner yang benar. Simak sampai selesai, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keramik Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keramik lantai biasanya terbuat dari tanah liat dan dibentuk menjadi berbagai ukuran. Keramik lantai dapat digunakan untuk melapisi lantai dapur, kamar mandi, teras, hingga ruang tamu. Ada banyak motif dan warna keramik yang sesuai untuk rumah bergaya klasik hingga minimalis.Nah, kami akan mengulas tips memilih keramik lantai yang bagus. Setelahnya, kami akan merekomendasikan keramik lantai dari KIA Ceramics, Mulia Ceramics, dan Wisma Sehati. Ada keramik lantai motif batu alam yang cocok untuk lantai garasi hingga keramik lantai motif kayu, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pintu merupakan unsur penting untuk sebuah rumah ataupun kamar. Agar pintu bisa dibuka dan ditutup dengan mudah, Anda harus memasang handle atau gagang pintu. Benda ini biasanya terbuat dari stainless, zinc alloy, dan brass. Ketiga bahan tersebut tidak mudah rusak dan memberikan kesan minimalis. Selain itu, ada juga gagang pintu unik berbahan kayu.Pilihan yang beragam pasti membuat Anda kebingungan. Nah, untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan merekomendasikan produk gagang pintu dari brand Dekson, Paloma, hingga Evomab. Namun, Anda sebaiknya menyimak tips memilihnya terlebih dahulu.
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori