• 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dewasa ini kebutuhan mesin cutting sticker makin meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, kini banyak juga yang mencari mesin cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.


Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merk, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adhi Hermawan
  • Pembaharuan terakhir: 02 Juni 2021
Daftar isi

Apa itu mesin cutting sticker?

Cutting sticker adalah stiker yang diciptakan menggunakan perangkat mesin yang terhubung dengan komputer sebagai media desain. Nah, mesin khusus yang dilengkapi pisau untuk memotong cutting sticker disebut mesin cutting sticker.


Pola yang dapat diciptakan oleh mesin ini beraneka ragam sesuai dengan desain yang dimasukkan dalam software. Mesin cutting sticker memiliki banyak sebutan lain, seperti vinyl cuttercutting plotter, alat potong sticker, dan lain-lain.

Cara memilih mesin cutting sticker

Sebelum membeli mesin cutting sticker, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasinya. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan? Simak pembahasan kami berikut ini. 

Cek jenis bahan yang dapat dipotong

Cek jenis bahan yang dapat dipotong

Mesin cutting yang Anda pilih sebaiknya mampu memotong berbagai macam material stiker. Banyak sekali bahan stiker yang umum digunakan, seperti polyflex, scotchlite, vinyl, oracal, glitter, carbon, dan lain sebagainya. Berbeda bahannya, berbeda pula ketebalan, tekstur, dan karakteristik stikernya. Maka dari itu, mengecek jenis material yang dapat dipotong mesin cutting sticker incaran Anda adalah langkah tepat.

Periksa kecepatan memotongnya

Periksa kecepatan memotongnya

Mungkin Anda ingin membeli mesin cutting sticker untuk berbisnis. Jika demikian, pilihlah mesin yang mampu mengimbangi kecepatan produksi yang Anda butuhkan. Tujuannya agar pekerjaan dapat selesai lebih cepat, tepat, dan efisien. 


Meski begitu, bukan berarti Anda wajib memilih produk dengan kecepatan memotong setinggi mungkin. Anda perlu menyesuaikan kecepatannya dengan ukuran dan desain stiker. Mesin yang cutting speed-nya sekitar 20 mm/detik ideal digunakan memotong stiker yang banyak lekukan, misalnya logo klub sepakbola. Selain itu, stiker kecil yang ukurannya sekitar 10 cm x 10 juga dapat dipotong dengan akurat menggunakan mesin jenis ini.


Ada juga produk dengan kecepatan mencapai 700 mm/detik. Mesin seperti ini adalah pilihan terbaik untuk memotong stiker jumbo, misalnya yang ukurannya mencapai 70 cm x 50 cm. Stiker berbentuk persegi panjang, segitiga, atau bentuk sederhana lainnya juga bisa dengan cepat dipotong mesin tipe ini.

Ketahui cutting force-nya

Ketahui cutting force-nya

Makin besar cutting force mesin potong stiker, makin besar pula tenaganya. Hal tersebut membuat proses memotong bahan yang tebal jadi lebih mudah. Alat potong stiker kebanyakan memiliki cutting force 350 gram sampai 700 gram. Namun, biasanya standar tekanan yang terdapat pada mesin cutting sticker adalah 500 gram. 


Jangan heran bila Anda menemukan produk yang cutting force-nya dinyatakan dengan gram-force (gf). Gram dan gf sama-sama merupakan satuan untuk menunjukkan kekuatan tekanan. Perbandingan angka antara keduanya pun 1:1. Artinya, cutting force 500 gram bila dikonversi ke gf akan berubah menjadi 500 gf.

Pilih berdasarkan repeatability

Pilih berdasarkan repeatability

Banyak yang menggunakan mesin cutting sticker untuk mencetak ratusan, bahkan ribuan stiker, bukan? Ketika mencetak stiker dalam jumlah besar, pisau pemotong pada mesin akan terus bergerak. Kemungkinan adanya potongan stiker yang agak meleset akibat static friction, backlash, atau perubahan suhu bisa saja terjadi. 


Nah, repeatability menyatakan akurasi mesin cutting sticker ketika memotong stiker berulang kali. Anda bisa memilih produk dengan repeatability sekitar 0,1 mm jika menginginkan mesin yang akurasinya tinggi. Seandainya ada potongan yang meleset, selisihnya hanya 0,1 mm sehingga tidak akan terlalu kentara pada stiker yang telah dicetak.

Ketahui software yang kompatibel

Ketahui software yang kompatibel

Banyaknya software yang kompatibel akan menjadi nilai lebih pada mesin cutting. Anda akan lebih bebas mendesain dan mencetak stiker sesuai dengan software yang paling Anda sukai. ARTCUT, Flexi Sign, dan CorelDraw adalah contoh software yang kompatibel dengan berbagai mesin cutting sticker.

Kenali fitur yang ditawarkan

Ada mesin yang dilengkapi fitur auto contour cut dan print and cut. Manakah fitur yang paling cocok untuk Anda?

Auto contour cut, otomatis memotong pola yang telah dicetak

Auto contour cut, otomatis memotong pola yang telah dicetak

Banyak mesin cutting sticker memiliki sistem manual contour cut. Sistem tersebut membuat Anda perlu mengarahkan mesin secara manual ke tiap registration mark pada stiker yang telah dicetak. Hal ini biasanya dilakukan dengan bantuan keyboard komputer. Setelah mesin mengetahui lokasi dan urutan registration mark, barulah mesin cutting sticker melakukan contour cut.


Tenang saja, saat ini sudah ada mesin dengan fitur automatic contour cut. Fitur tersebut menjadikan mesin mampu mencari registration mark pada stiker tanpa perlu Anda arahkan secara manual. Setelah tiap registration mark diketahui dengan pasti, mesin cutting sticker akan langsung melakukan contour cut. Lebih praktis!

Print and cut, bisa langsung mencetak dan memotong stiker

Print and cut, bisa langsung mencetak dan memotong stiker

Mesin cutting sticker dengan fitur print and cut makin populer belakangan ini. Fitur ini memungkinkan Anda langsung mencetak sekaligus memotong stiker pada satu mesin yang sama. Anda pun tidak perlu repot lagi memindahkan stiker dari mesin printing ke cutting, deh!

Cek ukuran area yang dapat dipotong

Cek ukuran area yang dapat dipotong

Anda juga mengecek seberapa besar area yang dapat dipotong mesin cutting sticker. Media size memang menunjukkan ukuran maksimal material stiker yang dapat Anda masukkan ke mesin. Namun, untuk memastikan seberapa luas area yang dapat dipotong sebaiknya Anda memerhatikan cutting size pada mesin incaran.


Untuk digunakan berbisnis, pilihlah mesin cutting sticker yang cutting size-nya minimal setingkat ukuran A3 (29,7 cm x 42 cm). Dengan begitu, Anda dapat memotong banyak stiker dalam waktu sesingkat mungkin. Meski begitu, produk ini memiliki ukuran yang tergolong besar sehingga harganya pun cukup tinggi.


Bisa jadi Anda membutuhkan mesin cutting sticker untuk hobi atau produksi kecil-kecilan. Jika demikian, mesin cutting stiker dengan cutting size setara A4 (21 cm x 29, 7 cm) tepat dimiliki. Dimensi produk model ini biasanya cukup kecil sehingga mudah dipindah sesuai kebutuhan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi mesin cutting sticker terbaik

Sekarang Anda sudah tahu cara memilih mesin cutting sticker yang bagus, bukan? Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi mesin cutting sticker terbaik.

10

Redsail Mesin Cutting Sticker

RS720C

Mulai dari Rp 5.700.000,00

Compatible mediaVinyl, film, flock, flex, decal vinyl, dan sebagainya
Cutting force10-500 gram
Repeatability0,01 mm
Software yang kompatibelARTCUT, WinPCSIGN, Flexi Sign, dan sebagainya
Maximum media size・Cutting size72 cm・62 cm
Cutting speed600 mm/detik
Ada auto contour cutTidak disebutkan
9
Compatible mediaPhone front/back film, watches screen film, earbuds protective cover film, camera display screen film, dan hydrogel
Cutting forceTidak disebutkan
Repeatability±0,1 mm
Software yang kompatibelAplikasi handphone
Maximum media size・Cutting sizeTidak disebutkan
Cutting speedBisa diatur langsung dari aplikasi
Ada auto contour cutYa
8
Compatible mediaCardstock paper, soft magnetic, rhinestone stencil, flock heat transfer, PU film, dan sebagainya
Cutting force5-350 gram
Repeatability±0.1 mm
Software yang kompatibelGreatCut, SignPal 12, FlexiSign 12, dan sebagainya
Maximum media size・Cutting size33 cm・100 cm x 30,5 cm
Cutting speed300 mm/detik
Ada auto contour cutYa
7
Compatible mediaTidak disebutkan
Cutting force20-500 gram
Repeatability0.01 mm
Software yang kompatibelCorelDraw, Flexi, Enycut, dan sebagainya
Maximum media size・Cutting size72 cm ・63 cm
Cutting speed10-800 mm/detik
Ada auto contour cutYa
6

JinkaMesin Cutting Sticker

PRO 722 LED

Mulai dari Rp 7.500.000,00

Compatible mediaSticker paper, vinyl, polyflex
Cutting force20-500 gram
RepeatabilityTidak disebutkan
Software yang kompatibelARTCUT, CorelDraw
Maximum media size・Cutting size72 cm ・61 cm
Cutting speed20-800 mm/detik
Ada auto contour cutYa
5

JinkaMesin Cutting Sticker

JK 361

Mulai dari Rp 3.533.000,00

Compatible mediaPolyflex, PolyFlock, vinyl, scotchlite, gliter, dan sebagainya
Cutting force 500 gram (maksimal)
Repeatability2 mm
Software yang kompatibelCorelDraw, ARTCUT
Maximum media size・Cutting size36 cm・27 cm
Cutting speed 800 mm/detik
Ada auto contour cutYa
4

SilhouetteCameo 4 Plus

SILH-CAMEO-4-PLUS-4T

Mulai dari Rp 5.200.000,00

Compatible mediaVinyl, heat transfer material, cardstock, photo paper, corrugated paper, dan sebagainya
Cutting force210-500 gram
RepeatabilityTidak disebutkan
Software yang kompatibelAdobe, PixScan, Silhouette Studio
Maximum media size・Cutting size38,1 cm・30,4 cm
Cutting speedTidak disebutkan
Ada auto contour cutYa
3

SilhouettePortrait 3

SILH-PORTRAIT-3-4T

Mulai dari Rp 3.700.000,00

Compatible mediaStiker vinyl, polyflex, transfer paper, fabric, dan sebagainya
Cutting force210 gram (maksimal)
RepeatabilityTidak disebutkan
Software yang kompatibelPixScan, Silhouette Studio
Maximum media size・Cutting sizeTidak disebutkan・20,3 cm x 30, 5 cm (dengan cutting mat) atau 20,3 cm x 300 cm (dengan roll feeder)
Cutting speedTidak disebutkan
Ada auto contour cutYa
2
Compatible mediaPolyflex, transfer paper, art paper
Cutting force5-500 gram
RepeatabilityTidak disebutkan
Software yang kompatibelCorelDraw, CAD, Adode Illustrator, dan sebagainya
Maximum media size・Cutting sizeTidak disebutkan
Cutting speed800 mm/detik
Ada auto contour cutYa
1
Compatible mediaSelf-adhesive vinyl film, light reflective film, etching resist, paint-masking film, rhinestone pattern media, dan sebagainya
Cutting force450 gram (maksimal)
RepeatabilityMaximum 0.1 mm per 2m
Software yang kompatibelCutting Master 4, GRAPHTEC Pro Studio, GRAPHTEC Studio, Windows Driver
Maximum media size・Cutting size137,2 cm・127 cm x 5.000 cm
Cutting speed1.000 mm/detik
Ada auto contour cutYa

Tabel perbandingan produk mesin cutting sticker terbaik

Gambar produk
1
GRAPHTEC CE7000-130 1

GRAPHTEC

2
Rhinotec  RC 60 XA 1

Rhinotec

3
Silhouette Portrait 3 1

Silhouette

4
Silhouette Cameo 4 Plus 1

Silhouette

5
Jinka Mesin Cutting Sticker 1

Jinka

6
Jinka Mesin Cutting Sticker 1

Jinka

7
Harizo Mesin Cutting Sticker 1

Harizo

8
GCC I-Craft 1

GCC

9
USAMS Mobile Screen Protector Cutting Machine 1

USAMS

10
Redsail  Mesin Cutting Sticker 1

Redsail

Nama produk

CE7000-130

RC 60 XA

Portrait 3

Cameo 4 Plus

Mesin Cutting Sticker

Mesin Cutting Sticker

Mesin Cutting Sticker

I-Craft

Mobile Screen Protector Cutting Machine

Mesin Cutting Sticker

Keunggulan

Mesin super fast untuk bisnis Anda

Bisa untuk menggambar desain juga, lho!

Mesin cutting sticker mini berbobot ringan

Sangat praktis berkat print and cut dan wireless

Harga ekonomis, cocok untuk UMKM

Sanggup memotong berbagai desain dalam satu kertas

Berteknologi standar Jepang, kualitasnya jempolan

Kaya fitur untuk puaskan hobi Anda

Pemotong screen guard, cemerlang untuk usaha modern

Ingin bisnis cutting sticker? Izinkan Redsail membantu Anda

Harga mulai dariRp 75.000.000,00Rp 6.000.000,00Rp 3.700.000,00Rp 5.200.000,00Rp 3.533.000,00Rp 7.500.000,00Rp 5.590.000,00Rp 4.500.000,00Rp 7.500.000,00Rp 5.700.000,00
Compatible mediaSelf-adhesive vinyl film, light reflective film, etching resist, paint-masking film, rhinestone pattern media, dan sebagainyaPolyflex, transfer paper, art paperStiker vinyl, polyflex, transfer paper, fabric, dan sebagainyaVinyl, heat transfer material, cardstock, photo paper, corrugated paper, dan sebagainyaPolyflex, PolyFlock, vinyl, scotchlite, gliter, dan sebagainyaSticker paper, vinyl, polyflexTidak disebutkanCardstock paper, soft magnetic, rhinestone stencil, flock heat transfer, PU film, dan sebagainyaPhone front/back film, watches screen film, earbuds protective cover film, camera display screen film, dan hydrogelVinyl, film, flock, flex, decal vinyl, dan sebagainya
Cutting force450 gram (maksimal)5-500 gram210 gram (maksimal)210-500 gram 500 gram (maksimal)20-500 gram20-500 gram5-350 gramTidak disebutkan10-500 gram
RepeatabilityMaximum 0.1 mm per 2mTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan2 mmTidak disebutkan0.01 mm ±0.1 mm±0,1 mm0,01 mm
Software yang kompatibelCutting Master 4, GRAPHTEC Pro Studio, GRAPHTEC Studio, Windows DriverCorelDraw, CAD, Adode Illustrator, dan sebagainyaPixScan, Silhouette StudioAdobe, PixScan, Silhouette StudioCorelDraw, ARTCUTARTCUT, CorelDrawCorelDraw, Flexi, Enycut, dan sebagainya GreatCut, SignPal 12, FlexiSign 12, dan sebagainyaAplikasi handphoneARTCUT, WinPCSIGN, Flexi Sign, dan sebagainya
Maximum media size・Cutting size137,2 cm・127 cm x 5.000 cmTidak disebutkanTidak disebutkan・20,3 cm x 30, 5 cm (dengan cutting mat) atau 20,3 cm x 300 cm (dengan roll feeder)38,1 cm・30,4 cm36 cm・27 cm72 cm ・61 cm72 cm ・63 cm33 cm・100 cm x 30,5 cmTidak disebutkan72 cm・62 cm
Cutting speed1.000 mm/detik800 mm/detikTidak disebutkanTidak disebutkan 800 mm/detik20-800 mm/detik10-800 mm/detik300 mm/detikBisa diatur langsung dari aplikasi600 mm/detik
Ada auto contour cutYaYaYaYaYaYaYaYaYaTidak disebutkan
Tautan produk

Cara menggunakan mesin cutting stiker

Cara menggunakan mesin cutting stiker

Di bawah ini kami akan memberikan panduan cara menggunakan mesin cutting sticker. Akan tetapi, sistem yang kami jabarkan di bawah ini adalah cara yang general. Jadi, sebaiknya Anda tetap membaca petunjuk lebih detail mengenai penggunaan dari produk yang Anda beli.  


  • Persiapkan peralatan dan bahan
Pertama persiapkanlah bahan dan alat yang dibutuhkan sebagai berikut:
1. Mesin cutting sticker dalam keadaan hidup.
2. Komputer yang telah terinstal program ARTCUT.
3. Peralatan potong: pinset, gunting, pisau atau pen cutter, dan penggaris.

  • Sambungkan mesin cutting dan komputer
Selanjutnya, sambungkan mesin cutting sticker dengan komputer. Caranya Anda tinggal memasukkan colokan port USB ke dalam lubang USB pada komputer. Lalu setting-lah program ARTCUT yang telah terinstal tadi agar mesin dan komputer dapat terhubung. 

  • Buatlah gambar desain
Lalu, buatlah gambar desain stiker Anda (dapat berupa gambar maupun tulisan). Sebaiknya, Anda mendesain menggunakan CorelDraw karena aplikasi tersebut dikenal mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Setelah selesai mendesain, eksporlah gambar tersebut ke program ARTCUT. 

  • Pasang sticker ke mesin cutting
Jika desain sudah beres, pasanglah bahan stiker Anda ke dalam mesin cutting sticker. Masukkan bahan stiker pada rol atau roda penjepit mesin. Umumnya mesin cutting sticker memiliki 3 penjepit. Tahap ini dapat dilewatkan bila Anda menggunakan mesin berfitur print and cut.

  • Persiapkan mesin cutting

Berikutnya, persiapkanlah mesin cutting sticker Anda, dengan cara sebagai berikut:


1. Luruskanlah bahan stiker yang sudah dijepit dengan roda tadi. Lalu, cobalah untuk menjalankannya maju mundur guna memastikan bahan sudah terpasang dengan benar. Perhatikanlah posisi kertasnya dengan saksama karena bahan yang tidak lurus akan mengakibatkan hasil cetakan jadi miring.

2. Masukkan jarum atau pisau ke dalam catridge pemotong. Kemudian, pastikan catridge tersebut sudah bergerak ke kiri dan ke kanan dengan benar.

3. Aturlah kecepatan dan tekanan jarum pada pisau sesuai kebutuhan.


  • Plotting gambarnya di komputer
Langkah selanjutnya, bukalah program ARTCUT yang telah menampilkan desain dari CorelDraw yang ingin dicetak. Pastikan gambar sudah sesuai dengan ukuran bahan yang terpasang. Lalu, klik cut/plot dan tekan tombol start. Mesin akan mulai berjalan untuk mencetak desain Anda.


  • Finishing 
Terakhir, setelah stiker tercetak Anda perlu melakukan finishing. Caranya adalah dengan mengelupas bagian-bagian stiker yang tidak tercetak menggunakan pinset, cutter, atau gunting. Setelah selesai, tutuplah bagian atas stiker dengan stiker bening (masking sticker). 

Baca juga rekomendasi printer lainnya di sini

Untuk melengkapi mesin cutting sticker, mungkin Anda membutuhkan printer yang memadai untuk mencetak desain stiker. Kami juga memiliki banyak rekomendasi mengenai printer yang bagus. Silakan cek tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Ada banyak hal yang perlu Anda cek saat hendak membeli mesin cutting sticker. Cutting speed, cutting force, dan repeatability adalah beberapa di antaranya. Bila Anda menyukai kepraktisan, pilihlah produk dengan fitur auto contour cut atau print and cut.


Ingatlah juga untuk membeli cutting sticker sesuai kapasitas dan kebutuhan agar Anda tidak kesulitan mengoperasikannya. Akhir kata, semoga artikel kami dapat Anda jadikan bahan referensi ketika akan membeli mesin cutting sticker.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer yang bagus adalah Epson. Epson merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto. Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Nah, untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, dan EcoTank. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Printer label saat ini sudah tidak asing bagi sebagian banyak orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, harga barang, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Bila Anda berencana membeli printer label, simak artikel ini dengan baik. Kami akan berikan tips dan rekomendasi printer label dari berbagai merk yang bagus! Printer label dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Jadi, simak artikelnya sampai habis, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin tidak asing lagi dengan scanner dokumen. Alat ini dibutuhkan untuk menduplikasi dokumen-dokumen Anda untuk disimpan dalam bentuk PDF atau digital file format lainnya. Ada berbagai merek scanner dokumen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari Plustek, Canon, hingga Epson.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk scanner dokumen terbaik. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi ada juga yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Simak artikel ini untuk menemukan produk scanner dokumen terbaik yang cocok bagi Anda.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk melindungi dokumen penting dari kotoran dan kerusakan adalan melaminasinya menggunakan mesin laminating. Meski sepintas terlihat sama, ternyata terdapat bermacam-macam mesin laminating. Di antaranya adalah mesin laminating A3, mesin laminating roll, mesin laminating untuk ukuran kertas A4, dan banyak lainnya. Spesifikasi dan kualitas yang berbeda mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Oleh karena itu, kami akan mengulas cara memilih mesin laminating terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Anda dapat menemukan berbagai merek terkenal, seperti Dynamic, Joyko, GBC, dan lainnya. Simaklah sampai akhir!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memilih laser printer bukanlah perkara mudah karena banyaknya model yang ditawarkan. Seperti diketahui, laser printer sangat cocok untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak sehingga sering digunakan untuk keperluan kantor. Karena harganya tidak murah, sangat disayangkan jika Anda tidak mendapatkan kualitas yang terbaik.Di artikel ini kami akan membahas cara memilih laser printer untuk memudahkan Anda saat membelinya. Selain itu, kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Canon, Brother, dan HP. Jadikan artikel ini referensi saat Anda ingin mencari laser printer, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin fotocopy termasuk salah satu kebutuhan penting di kantor. Untuk efisiensi tempat dan biaya, Anda bisa memilih mesin fotocopy mini. Selain ukurannya yang minimalis, harganya juga lebih terjangkau. Anda juga dapat menggunakan mesin fotocopy mini untuk usaha fotocopy di rumah. Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih mesin fotocopy mini yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin fotocopy mini untuk menunjang pekerjaan Anda. Merek-merek poopuler, seperti Epson, Canon, Brother, dan Kyocera, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi tersebut. Selamat membaca dan memilih.
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori