mybest
Clay mask

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Pori-pori yang tampak besar bisa terasa mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri sebagian orang. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan rangkaian skincare untuk perawatan pori-pori, salah satunya clay mask. Namun, ada beberapa kandungan yang perlu Anda utamakan saat memilih clay mask untuk membersihkan pori-pori. Apa saja?


Untuk membantu Anda, simak cara memilih clay mask untuk mengecilkan tampilan pori-pori yang kami susun bersama dermatovenereologist, dr. Rahma Evasari. Simak penjelasan selengkapnya tentang jenis clay mask yang disesuaikan untuk kondisi kulit, termasuk yang sedang berjerawat. Selanjutnya, cek merek clay mask yang bagus, misalnya SKINTIFIC, Innisfree, dan N'Pure. 

Diperbaharui 12/12/2023
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Ervina Sari
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ervina Sari

Ervina Sari, biasa dipanggil Vina, menyukai berbagai hal mengenai makeup dan skincare semenjak SMA. Menurutnya, makeup sama seperti menggoreskan karya seni di wajah. Ketika kuliah, ia juga mengisi waktu luangnya dengan menjadi English interpreter dan student tutor. Ia pun hobi bereksperimen dengan berbagai masakan. Makanan lezat adalah bahan bakar terbaik untuk otak, bukan? Kini, Vina bekerja sebagai editor mybest sembari menikmati waktu bersama keluarganya tercinta. Sebagai lulusan fakultas ekonomi di bidang pemasaran, ia mampu merekomendasikan produk sesuai kebutuhan konsumen. Hal tersebut juga ditunjang dengan pengalaman bekerja bertahun-tahun sebagai professional marketer.

Profil Ervina Sari
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah clay mask bisa mengecilkan pori-pori?

Pakar
Pakar
Penggunaan clay mask saja tidak serta-merta mengecilkan pori-pori, tetapi dapat membuat tampilan pori-pori Anda lebih bersih dan sehat
Apakah clay mask bisa mengecilkan pori-pori?

Pori-pori bukanlah objek yang mudah untuk diperbesar atau diperkecil. Oleh karena itu, penanganan pori-pori membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan penanganan jerawat. Anda juga membutuhkan bantuan profesional untuk mengatasi tampilan pori yang besar. Untuk mengatasi masalah pori-pori, Anda perlu tahu penyebabnya dahulu untuk menentukan skincare dengan kandungan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab pori-pori tampak besar:


  • Paparan sinar UV secara terus-menerus.
  • Aging atau penuaan bisa menjadi penyebab pori-pori tampak besar karena kulit menjadi kendur. Saat usia muda, Anda akan merasa kulit Anda tampak biasa saja. Namun, memasuki usia 30-40-an, Anda bisa saja mulai merasa pori-pori tampak membesar karena hilangnya kolagen.
  • Paparan polusi dan asap rokok akan membuat pori-pori tersumbat dan tampilan pori membesar.
  • Faktor genetik. Jika orang tua Anda memiliki tipe kulit berminyak dan pori-pori besar, Anda pun bisa memiliki tipe kulit tersebut. Enlarged pores karena faktor genetik akan tampak sejak usia muda atau pubertas.
  • Faktor hormonal bisa membuat kulit jadi lebih berminyak dan memiliki pori-pori yang tampak besar. Umumnya, penyebab ini membutuhkan penggunaan obat-obatan untuk mengatasinya.
  • Kulit dehidrasi bisa membuat tampilan pori menjadi besar akibat penumpukan sel-sel kulit mati yang tidak tereksfoliasi dengan baik.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Tidak ada otot pada pori-pori kulit. Jadi, pori-pori tidak bisa dibuka atau ditutup dengan mudah. Kulit dengan pori-pori besar membutuhkan penanganan khusus oleh dokter kulit.

Cara memilih Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori

Untuk menemukan clay mask yang tepat untuk mengecilkan pori-pori, ada caranya, lho. Yuk, perhatikan dengan saksama poin-poin yang akan kami jabarkan di bawah ini!

1

Bila tampilan pori-pori besar disebabkan oleh kulit berminyak, utamakan clay mask berbahan bentonite dan kandungan eksfoliasi

Bila tampilan pori-pori besar disebabkan oleh kulit berminyak, utamakan clay mask berbahan bentonite dan kandungan eksfoliasi

Clay memang merupakan bahan dasar clay mask. Meski begitu, ada berbagai jenis clay yang bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit berminyak, gunakan jenis clay yang efektif menyerap minyak berlebih secara maksimal, seperti bentonite dan French green clay. Mari simak karakteristik dari keduanya.

  • Bentonite

Bentonite disebut juga green clay atau montmorillonite yang berasal dari abu vulkanis. Kandungan mineral di dalamnya cukup kuat untuk menyerap produksi minyak berlebih dan kotoran pada kulit. Selain itu, bentonite juga punya efek antibakteri dan anti-inflamasi.

  • French green clay

Jenis ini dikenal juga dengan nama illite clay atau sea clay. Jenis clay ini ditemukan di Prancis dan warna hijaunya berasal dari dekomposisi tanaman dan iron oxide. Seperti bentonite, French green clay juga efektif menyerap minyak berlebih dan kotoran pada kulit. 

Clay mask dengan kandungan bentonite atau French green clay murni sebetulnya sudah cukup untuk menyerap minyak dan membersihkan pori-pori. Sayangnya, tidak banyak produk yang kandungannya murni. Kebanyakan produk clay mask mencampurkan bentonite dengan kaolinUntuk efek penyerapan minyak yang optimal, pastikan bentonite tertulis di depan kaolin dalam daftar komposisinya. Jika sulit mencari produk yang demikian, bentonite yang ditulis di belakang kaolin pun tak masalah.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Clay mask sering kali disebut sebagai exfoliating mask. Efek eksfoliasinya berasal dari pengangkatan kotoran dan minyak berlebih dari pori-pori karena kandungan mineral di dalam clay itu sendiri.

Namun, jika kulit Anda sangat berminyak, pertimbangkan clay mask dengan kombinasi eksfolian kimia

Namun, jika kulit Anda sangat berminyak, pertimbangkan clay mask dengan kombinasi eksfolian kimia
Ada berbagai clay mask di pasaran yang menawarkan efek eksfoliasi untuk kulit. Biasanya, clay mask ini dilabeli dengan tulisan "pore clarifying" atau "pore purifying". Kandungan eksfoliasinya bisa berupa eksfoliasi fisik ataupun eksfoliasi kimia. 

  • Eksfoliasi fisik: dapat membantu mengangkat kotoran secara langsung. Eksfoliasi fisik bisa berbentuk clay mask dengan butiran scrub atau peel off clay mask.

  • Eksfoliasi kimia: mampu memberikan efek secara bertahap dalam membersihkan pori-pori. Kandungan eksoliasi kimia bisa berupa AHA (aplha hydroxy acid), misalnya glycolic acid, lactic acid, atau mandelic acid. Kemudian, ada juga BHA (beta hydroxy acid), contohnya salicylic acid.

Untuk efek eksfoliasi yang lebih baik, pilihlah jenis peel off mask dengan kandungan eksfoliasi kimia. Contohnya adalah kombinasi bahan kaolin, salicylic acid, atau glycolic acid. Jika Anda kesulitan menemukan produk demikian, carilah clay mask selain peel off dengan kombinasi eksfolian kimia.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Anda perlu berhati-hati saat menggunakan clay mask dengan scrub. Clay mask sudah berperan untuk menarik minyak dari kulit dan membuat kulit jadi lebih kering. Tambahan scrub akan mengikis kulit Anda yang sudah kehilangan kelembapannya. Hal inilah yang nantinya berpotensi mencetus reaksi iritasi pada kulit.

2

Untuk tampilan pori-pori besar karena kulit dehidrasi, pilih clay mask dengan bahan kaolin; Cek juga tambahan PHA sebagai eksfolian

Untuk tampilan pori-pori besar karena kulit dehidrasi, pilih clay mask dengan bahan kaolin; Cek juga tambahan PHA sebagai eksfolian
Pemilik kulit kombinasi yang kulitnya berminyak dan kering kerap kali menghindari eksfoliasi karena khawatir kulitnya teriritasi. Nyatanya, eksfoliasi tetap dibutuhkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit jadi lebih sehat. Anda juga tak perlu khawatir memilih clay mask untuk kulit kering. Alasannya, beberapa jenis clay diklaim lebih ramah untuk kulit kering, bahkan kulit sensitif.

Kaolin atau white clay adalah clay yang cukup gentle sehingga bisa digunakan untuk tipe kulit kombinasi berminyak dan kering atau sensitif. Daya serap kaolin memang tidak sekuat bentonite, tetapi kaolin memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi. Kaolin sendiri terbagi lagi menjadi red clay, purple clay, yellow clay, pink clay, dan blue clay. Warna-warna clay tersebut berbeda-beda karena kandungan mineralnya. 

  • Red clay: berwarna merah karena mengandung iron oxide. Red clay berfungsi untuk balancing, toning, purifying, mencerahkan, dan membantu regenerasi kulit. Clay jenis ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

  • Purple clay: mengandung kadar magnesium yang tinggi dan bermanfaat untuk anti-aging. Magnesium akan membantu menyehatkan sel kulit sehingga Anda tampak awet muda. Namun, clay jenis ini lebih cocok untuk kulit kering.

  • Yellow clay: Kadar iron oxide clay ini lebih rendah daripada red clay. Fungsinya adalah untuk menyerap minyak, membersihkan kulit, serta untuk anti-aging. Jenis ini cocok untuk kulit kombinasi hingga kering yang mudah berjerawat. Namun, berhati-hatilah karena ada produsen yang mencampurkan kaolin dan kunyit lalu menyebutnya sebagai yellow clay mask

  • Pink clay: Jenis ini merupakan kombinasi kaolin (white clay) dan red clay. Ketika menggunakannya, Anda akan mendapatkan efek mencerahkan serta bermanfaat untuk meredakan inflamasi. Jenis ini cocok untuk pemilik kulit sensitif dan kulit kering.

  • Blue clay: merupakan jenis yang paling jarang dijumpai. Blue clay bermanfaat untuk antipolusi dan antioksidan bagi kulit.

Dari berbagai jenis kaolin tersebut, pink clay merupakan jenis yang paling banyak digunakan dalam masker di pasaran Indonesia. Anda bisa mencari pink clay sebagai clay mask untuk tipe kulit kombinasi atau kering Anda. 

Memang kebanyakan masker yang ada di Indonesia mengandung campuran kaolin dan bentonite. Jika Anda kesulitan mencari clay mask dengan kandungan kaolin saja, silakan gunakan yang mengandung campuran bentonite juga. Namun, pastikan kandungan bentonite-nya berada setelah kandungan kaolin atau berada di akhir daftar komposisi.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Jika Anda ingin mencari clay mask dengan jenis kaolin yang berwarna, pastikan warnanya bukan berasal dari bahan tambahan. Beberapa produk clay mask memang menuliskan produknya dengan nama "yellow clay mask" atau "blue clay mask". Namun, warnanya ternyata berasal dari bahan tambahan lainnya. Pastikan Anda membaca daftar komposisi untuk mengetahui jenis clay dengan tepat.

Untuk pilihan lebih gentle bagi kulit kering atau sensitif, cari kaolin clay mask tadi dengan kandungan PHA

Untuk pilihan lebih gentle bagi kulit kering atau sensitif, cari kaolin clay mask tadi dengan kandungan PHA
Pemilik kulit kering sebaiknya menghindari bentuk eksfoliasi fisik, seperti scrub dan peel off mask. Kulit kering cenderung mudah terkelupas sehingga eksfoliasi fisik bisa membuat kulit kering mudah teriritasi. Anda disarankan memilih kandungan eksfoliasi kimia yang lebih ramah untuk kulit kering, yaitu PHA. PHA (polyhydroxy acid) memiliki ukuran molekul yang lebih besar dari AHA dan BHA

Hal itu membuat PHA tidak langsung menyerap ke dalam kulit sehingga tidak menyebabkan reaksi iritasi. Ditambah lagi, PHA punya efek melembapkan kulit. Di dalam daftar komposisi, PHA biasanya ditulis sebagai gluconolactone, galactose, dan lactobionic acids.


Memilih clay mask dengan AHA, seperti lactic acid atau glycolic acid, sebetulnya tidak masalah untuk kulit kering. Namun, pastikan konsentrasinya kecil agar tidak mengiritasi kulit. Biasanya masker tidak mencantumkan konsentrasi bahan pada daftar komposisi. Akan tetapi, bahan yang tertera di urutan paling belakang berarti memiliki konsentrasi lebih kecil. 
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Bisa jadi Anda kesulitan mencari clay mask dengan kandungan PHA yang ramah untuk kulit sensitif. Jika demikian, Anda juga bisa memilih penggunaan skincare lainnya, seperti serum atau krim dengan PHA.
3

Jika pori-pori besar disertai dengan jerawat dan komedo, fokuskan pada clay mask yang mengandung anti-acne

Jika pori-pori besar disertai dengan jerawat dan komedo, fokuskan pada clay mask yang mengandung anti-acne

Jika kulit Anda didominasi dengan jerawat dan komedo, utamakan clay mask dengan kandungan anti-acne. Anti-acne adalah kandungan yang dapat mengatasi masalah jerawat dan komedo. Kandungan anti-acne sendiri meliputi bahan oil control, antibakteri, anti-inflamasi, dan eksfoliasi. Pastikan clay mask pilihan Anda mengandung kombinasi bahan yang disebutkan di bawah ini:

  • Oil control: Clay sendiri sebenarnya sudah berfungsi sebagai oil control. Namun, ada juga clay mask yang menambahkan charcoal dan diatomaceous earth untuk memaksimalkan efek oil control-nya.

  • Antibakteri: merupakan bahan yang membunuh bakteri penyebab jerawat dan komedo. Antibakteri yang banyak digunakan dalam produk acne care adalah tea tree oil.

  • Anti-inflamasi: disebut juga sebagai soothing agent dan berfungsi untuk membantu meredakan iritasi atau peradangan jerawat. Centela asiatica, mugwort (Artemisia), Aloe vera, allantoin, dan green tea banyak digunakan sebagai soothing agent.

  • Eksfoliasi kimia: meliputi AHA (glycolic acid, citric acid, atau lactic acid) dan BHA (salicylic acid). Eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati pada kulit.

Clay mask untuk kulit berjerawat biasanya mengandung kombinasi dari bahan-bahan tersebut agar efeknya menjadi lebih optimal. Untuk contohnya, Anda bisa melihat komposisi produk clay mask berikut ini.

  • Contoh produk dengan kandungan yang bagus untuk mengatasi jerawat:
Kaolin, diatomaceous earth, niacinamide, salicylic acid, Artemisia argyi leaf extract, Centella asiatica extract, Salix alba (willow) bark extract, bisabolol, Calendula officinalis flower extract.

  • Contoh produk dengan soothing agent untuk meredakan peradangan jerawat: 
Kaolin, bentonite, Artemisia vulgaris extract, allantoin, Aloe barbadensis leaf extract, Centella asiatica extract, charcoal powder, Camellia sinensis leaf extract.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Clay mask boleh digunakan oleh pemilik kulit berjerawat asalkan jerawatnya dalam tahapan ringan. Jika jerawat sudah dalam tahap sedang sampai berat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Namun, hati-hati terhadap clay mask yang mengandung mint untuk kulit berjerawat

Namun, hati-hati terhadap clay mask yang mengandung mint untuk kulit berjerawat

Beberapa clay mask untuk acne prone skin ditambahi kandungan mint, seperti peppermint (Mentha piperita) oil, peppermint leaf, atau menthol. Sebetulnya, tambahan bahan mint dapat memberikan sensasi menyejukkan pada kulit. Dengan begitu, rasa gatal pada jerawat yang meradang bisa mereda.


Meski demikian, kandungan mint bisa berisiko membuat kulit teriritasi. Oleh karena itu, penggunaan clay mask dengan bahan mint perlu dievaluasi dengan baik. Jika kulit Anda terasa cekit-cekit saat menggunakannya, sebaiknya segera bilas dengan air agar tidak menimbulkan efek negatif.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Kandungan mint juga tidak direkomendasikan jika Anda punya kulit sensitif. Meski memberikan efek menyejukkan, mint berisiko mencetus iritasi pada kulit sensitif.

4

Bagi Anda yang tampilan pori-porinya disebabkan oleh penuaan kulit, carilah masker yang mengandung bahan anti-aging

Bagi Anda yang tampilan pori-porinya disebabkan oleh penuaan kulit, carilah masker yang mengandung bahan anti-aging

Pada kulit yang mengalami penuaan, pori-pori bisa tampak besar akibat hilangnya kolagen pada kulit. Penggunaan clay mask memang tidak serta-merta mengatasi permasalahan aging. Clay mask hanya memberikan efek kulit yang tertarik sehingga terasa lebih kencang, tetapi sifatnya hanya sementara.


Anda bisa menggunakan clay mask sebelum menggunakan makeup. Dengan begitu, tampilan makeup pada kulit aging akan lebih baik. Masker dengan kandungan kolagen lebih direkomendasikan jika Anda mengalami pori-pori besar karena aging. Kandungan kolagen dapat membantu mengisi kekosongan di antara sel-sel kulit sehingga elastisitas kulit dapat kembali.

Pemilik kulit aging sebetulnya lebih disarankan untuk menggunakan sheet mask atau sleeping mask yang lebih menghidrasi. Selain itu, sheet mask atau sleeping mask lebih kaya bahan aktif yang bisa membantu memperlambat proses penuaan kulit. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 12 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis clay
Jenis masker
Kandungan AHA
Kandungan BHA
Kandungan PHA
Klaim acne-care
Soothing agent
Kandungan antibakteri
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan anti-aging
Brightening agent
Kandungan mint
Scrub
Isi
BPOM
1

SKINTIFIC

Mugwort Acne Clay Stick

SKINTIFIC  Mugwort Acne Clay Stick 1

Rp139.000

Agak Mahal

Berbentuk stick, rawat wajah di mana pun dan kapan pun dengan mudah

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Centella asiatica extract, salicylic acid

Pinus densiflora leaf extract

Mugwort

Curcuma longa root extract

Niacinamide, Curcuma longa root extract

40 gram

NA11220200288

2

Skintific

Alaska Volcano Clay Mask

Skintific Alaska Volcano Clay Mask 1

Rp139.000

Agak Mahal

Pori-pori bebas kotoran meski sering berada di luar ruangan

Volcanic clay mask

Rinse off

Glycolic acid

Tidak ada

Tidak ada

Allantoin, bisabolol, Avena sativa kernel flour

Scutellaria baicalensis root extract

Scutellaria baicalensis root extract

Collagen

Saccharomyces ferment filtrate

55 gram

NA11220200199

3

Innisfree

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 1

Rp225.000

Lebih Mahal

Dengan abu vulkanik Jeju, komplet atasi permasalahan kulit wajah berminyak

Volcanic clay mask

Rinse off

Lactic acid

Tidak ada

Tidak ada

Camellia sinensis leaf extract

Camellia sinensis leaf extract

Camellia sinensis leaf extract

Lactic acid

Citrus unshiu peel extract

100 ml

NA26190205138

4

SOMETHINC

Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing

SOMETHINC  Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 1

Rp98.000

Menengah

Pertolongan pertama pada kulit merah dan meradang

Bentonite

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Allantoin, Aloe vera, rosemary leaf extract

Scutellaria baicalensis root extract

Mugwort

Centella asiatica

Glycyrrhiza glabra root extract

60 ml

NA 18210200719

5

N'Pure

Chocomint Clay Mask

N'Pure Chocomint Clay Mask 1

Rp119.000

Menengah

Bertabur cokelat Prancis dan wangi mint yang menyegarkan kulit

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Centella asiatica extract, tea tree leaf oil, allantoin

Tea tree leaf oil

Centella asiatica extract, tea tree leaf oil

Centella asiatica extract, tea tree leaf oil

Niacinamide

50 gram

NA18200200618

6

The Originote

BHA Charcoal Clay Mask

The Originote BHA Charcoal Clay Mask 1

Rp65.000

Agak Murah

Kombinasi BHA dengan probiotic dan charcoal, mengangkat sel kulit mati pada wajah

Kaolin

Rinse off

Glycolic acid

Salicylic acid, willow bark extract

Tidak ada

Panthenol

Salicylic acid

Calendula extract, salicylic acid

Niacinamide

Niacinamide, bamboo charcoal, licorice extract

50 gram

NA18220201016

7

Wardah

Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Wardah Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask 1

Rp20.000

Lebih Murah

Dengan kandungan CarboActiv, bisa menyerap polutan dan minyak berlebih

Kaolin, bentonite

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Witch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract

Witch hazel leaf extract, Caprae lac extract

Witch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract

Tocopheryl acetate

Ulva lactuca extract

(Kaolin, charcoal powder)

60 ml

NA18180200469

8

Glad2glow

Mugwort Clay Mask Stick

Glad2glow Mugwort Clay Mask Stick 1

Rp99.000

Menengah

Masker berbentuk stick, praktis untuk digunakan!

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Centella asiatica

Mugwort, Pinus densiflora leaf extract, salicylic acid

Mugwort, Curcuma longa root extract

Tidak diketahui

Curcuma longa root extract

25 gram

NA11230200091

9

Azarine®

Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Azarine® Purifying Deep Cleansing Clay Mask 1

Rp65.000

Agak Murah

Solusi lengkap untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juice extract, allantoin

Piper betle leaf extract

Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract

Ceramide, Camellia sinensis leaf extract

Turmeric root extract

60 g

NA18200200925

10

Azrina

2x Super Charcoal Clay Mask

Azrina 2x Super Charcoal Clay Mask 1

Rp46.950

Agak Murah

Aman dipakai untuk remaja berkat hero ingredients yang juara

Kaolin, bentonite

Rinse off

Glycolic acid

Tidak ada

Tidak ada

Tidak diketahui

Grape seed extract

Grape seed extract

Ceramide

Citric acid

25 ml, 50 ml

NA18220200650

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SKINTIFIC Mugwort Acne Clay Stick

Mugwort Acne Clay Stick 1
Sumber: skintific.id
Mugwort Acne Clay Stick 2
Sumber: skintific.id
Mugwort Acne Clay Stick 3
Sumber: skintific.id
Mugwort Acne Clay Stick 4
Sumber: skintific.id
Mugwort Acne Clay Stick 5
Sumber: skintific.id
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Berbentuk stick, rawat wajah di mana pun dan kapan pun dengan mudah

Produk ini cocok dibawa ketika traveling berkat kemasannya yang berbentuk stick. Anda cukup memutar bodi produk, mengeluarkan isinya, kemudian langsung diaplikasikan ke wajah. Anda tidak perlu khawatir soal ingredients produk dari SKINTIFIC ini. Produk ini mengandung bahan ciamik untuk membersihkan bekas jerawat, di antaranya salicylic acid, niacinamide, dan Centella asiatica. Tidak hanya bekas jerawat hilang, pori-pori pun mengecil sehingga kulit makin glowing dan sehat!

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, salicylic acid
Kandungan antibakteriPinus densiflora leaf extract
Kandungan anti-inflamasiMugwort
Kandungan anti-agingCurcuma longa root extract
Brightening agentNiacinamide, Curcuma longa root extract
Kandungan mint
Scrub
Isi40 gram
BPOMNA11220200288
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SkintificAlaska Volcano Clay Mask

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Pori-pori bebas kotoran meski sering berada di luar ruangan

Apabila Anda sering menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, kami merekomendasikan masker untuk mengecilkan pori-pori merek Skintific. Produk ini memanfaatkan Alaska volcano clay yang secara alami dapat mengangkat partikel-partikel polutan yang menempel di kulit. Kulit pun akan mengalami detoksifikasi sehingga terasa lebih bersih.


Produk ini juga diperkaya dengan probiotics complex yang bertugas untuk menjaga skin barrier sekaligus merangsang proses regenerasi kulit. Pemakaian produk ini bisa membuat kulit terlihat makin sehat. Uniknya lagi, clay mask untuk mengecilkan pori-pori ini tidak membuat kulit kering setelah pemakaian, justru makin lembap.

Jenis clayVolcanic clay mask
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHAGlycolic acid
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentAllantoin, bisabolol, Avena sativa kernel flour
Kandungan antibakteriScutellaria baicalensis root extract
Kandungan anti-inflamasiScutellaria baicalensis root extract
Kandungan anti-agingCollagen
Brightening agentSaccharomyces ferment filtrate
Kandungan mint
Scrub
Isi55 gram
BPOMNA11220200199
View all
No.3

InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask 2X

Harga referensi
Rp225.000
Lebih Mahal

Dengan abu vulkanik Jeju, komplet atasi permasalahan kulit wajah berminyak

Bagi Anda yang memiliki wajah sangat berminyak dan ingin bebas kilap, cobalah menggunakan masker ini secara rutin. Jeju volcanic cluster sphere yang terkandung di dalam clay mask ini sanggup serap minyak 2 kali lebih banyak. Dengan begitu, pori-pori tampak mengecil dan wajah tak akan terlihat mengilap.


Di samping menyerap minyak, masker ini mampu membersihkan pori secara mendalam. Komedo dan debu halus pun dapat bersih dengan sempurna. Tambahan walnut shell powder bermanfaat memberikan kulit yang lebih halus.

Jenis clayVolcanic clay mask
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHALactic acid
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCamellia sinensis leaf extract
Kandungan antibakteriCamellia sinensis leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCamellia sinensis leaf extract
Kandungan anti-agingLactic acid
Brightening agentCitrus unshiu peel extract
Kandungan mint
Scrub
Isi100 ml
BPOMNA26190205138
View all
No.4

SOMETHINC Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing

Harga referensi
Rp98.000
Menengah

Pertolongan pertama pada kulit merah dan meradang

Satu lagi solusi untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat. Masker SOMETHINC yang satu ini menawarkan manfaat deep cleansing yang membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.


Selain membersihkan, wash off mask ini juga dapat menenangkan kulit yang memerah dan jerawat meradang. Di samping itu, masker wajah ini dapat mengontrol produksi minyak berlebih dan membantu memperkuat skin barrier. Menariknya lagi, produk ini aman digunakan sejak Anda berusia 11 tahun, lho!

Jenis clayBentonite
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentAllantoin, Aloe vera, rosemary leaf extract
Kandungan antibakteriScutellaria baicalensis root extract
Kandungan anti-inflamasiMugwort
Kandungan anti-agingCentella asiatica
Brightening agentGlycyrrhiza glabra root extract
Kandungan mint
Scrub
Isi60 ml
BPOMNA 18210200719
View all
No.5

N'PureChocomint Clay Mask

Harga referensi
Rp119.000
Menengah

Bertabur cokelat Prancis dan wangi mint yang menyegarkan kulit

Rasakan kesegaran sekaligus kemewahan saat Anda menggunakan clay mask ini. N'Pure Chocomint Clay Mask dilengkapi dengan taburan cokelat Prancis yang bisa memberi efek relaksasi sekaligus kaya akan antioksidan. Adanya aroma mint dari Mentha piperita oil juga bisa memberi sensasi kesegaran. Pas sekali bila Anda relaksasi menggunakan masker ini. Pori-pori wajah terasa bersih, kulit juga lebih lembut dan cerah. 

Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, tea tree leaf oil, allantoin
Kandungan antibakteriTea tree leaf oil
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract, tea tree leaf oil
Kandungan anti-agingCentella asiatica extract, tea tree leaf oil
Brightening agentNiacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi50 gram
BPOMNA18200200618
View all
No.6

The OriginoteBHA Charcoal Clay Mask

Harga referensi
Rp65.000
Agak Murah

Kombinasi BHA dengan probiotic dan charcoal, mengangkat sel kulit mati pada wajah

The Originote BHA Charcoal Clay Mask adalah masker wajah yang diformulasikan dengan kombinasi BHA dan charcoal. Kombinasi bahan tersebut dapat mengangkat sel kulit mati, mengurangi produksi minyak berlebih, dan merawat kulit berjerawat. Kandungan charcoal-nya juga dapat mencerahkan kulit wajah Anda.


Masker ini memang memiliki tekstur yang kental, tetapi mudah diaplikasikan. Setelah diaplikasikan, masker akan mengering dan mengeras dalam waktu sekitar 15 menit. Saat masker sudah kering, Anda tinggal membilasnya dengan air.

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHAGlycolic acid
Kandungan BHASalicylic acid, willow bark extract
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentPanthenol
Kandungan antibakteriSalicylic acid
Kandungan anti-inflamasiCalendula extract, salicylic acid
Kandungan anti-agingNiacinamide
Brightening agentNiacinamide, bamboo charcoal, licorice extract
Kandungan mint
Scrub
Isi50 gram
BPOMNA18220201016
View all
No.7

WardahNature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Harga referensi
Rp20.000
Lebih Murah

Dengan kandungan CarboActiv, bisa menyerap polutan dan minyak berlebih

Jangan biarkan polusi lingkungan menempel di wajah karena lama-kelamaan bisa merusak skin barrier Anda. Rawatlah wajah Anda menggunakan clay mask Wardah yang diformulasikan dengan CarboActiv untuk menyerap polutan ini. Di dalamnya terkandung juga clarifying mineral untuk detoksifikasi wajah. Dengan pemakaian sesuai yang disarankan, wajah akan terasa bersih, halus, bebas minyak dan jerawat.

Jenis clayKaolin, bentonite
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentWitch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan antibakteriWitch hazel leaf extract, Caprae lac extract
Kandungan anti-inflamasiWitch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate
Brightening agentUlva lactuca extract
Kandungan mint
Scrub(Kaolin, charcoal powder)
Isi60 ml
BPOMNA18180200469
View all
No.8

Glad2glowMugwort Clay Mask Stick

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Masker berbentuk stick, praktis untuk digunakan!

Untuk Anda yang malas mengotori tangan dengan masker, Anda wajib mencoba masker stick dari Glad2Glow ini. Bentuk stick seperti ini membuat tangan jadi tidak kotor dan penggunaannya lebih praktis.


Masker ini mengandung mugwort dan salicylic acid. Kombinasi sempurna untuk mengobati jerawat dan beruntusan sekaligus menghaluskan kulit wajah. Tekstur clay mask-nya juga efektif mengangkat komedo, lho. 

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica
Kandungan antibakteriMugwort, Pinus densiflora leaf extract, salicylic acid
Kandungan anti-inflamasiMugwort, Curcuma longa root extract
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Brightening agentCurcuma longa root extract
Kandungan mint
Scrub
Isi25 gram
BPOMNA11230200091
View all
No.9

Azarine®Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Harga referensi
Rp65.000
Agak Murah

Solusi lengkap untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat

Kulit berminyak kerap kali disertai dengan kondisi pori-pori yang besar, jerawat, dan tampilan kulit yang mengilap. Nah, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah jika Anda menggunakan masker Azarine ini secara rutin.


Clay mask Azarine dapat membersihkan, membuat pori tampak kecil, dan mengontrol produksi minyak berlebih di wajah Anda. Teksturnya lembut dan tidak membuat kulit terasa kering. Masker ini cocok untuk mengatasi kulit berjerawat dan breakout.

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juice extract, allantoin
Kandungan antibakteriPiper betle leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract
Kandungan anti-agingCeramide, Camellia sinensis leaf extract
Brightening agentTurmeric root extract
Kandungan mint
Scrub
Isi60 g
BPOMNA18200200925
View all
No.10

Azrina2x Super Charcoal Clay Mask

Harga referensi
Rp46.950
Agak Murah

Aman dipakai untuk remaja berkat hero ingredients yang juara

Brand skincare lokal ini aman dipakai untuk kalangan remaja hingga dewasa. Produk clay mask yang memiliki kandungan charcoal ini bisa digunakan sejak usia 13 tahun. Masker ini juga dapat diandalkan oleh Anda yang ingin membersihkan komedo, pori-pori, dan menghaluskan tekstur kulit wajah yang kasar. Berkat hero ingredients seperti AHA dan citric acid di dalamnya, Anda bisa merasakan wajah lebih bersih, mulus, dan cerah.

Jenis clayKaolin, bentonite
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHAGlycolic acid
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentTidak diketahui
Kandungan antibakteriGrape seed extract
Kandungan anti-inflamasiGrape seed extract
Kandungan anti-agingCeramide
Brightening agentCitric acid
Kandungan mint
Scrub
Isi25 ml, 50 ml
BPOMNA18220200650
View all

5 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori terbaik

No. 1: SKINTIFIC Mugwort Acne Clay Stick

No. 2: SkintificAlaska Volcano Clay Mask

No. 3: InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask 2X

No. 4: SOMETHINC Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing

No. 5: N'PureChocomint Clay Mask

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Mengecilkan Pori-Pori Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.