1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita muslim
  4. 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gamis Brokat Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2023)

Gamis brokat atau gamis renda adalah pakaian yang sangat digandrungi oleh wanita muslim Indonesia. Modelnya beragam, mulai dari gamis brokat polos hingga kombinasi batik dan bahan satin. Anda bisa mengenakan gamis brokat untuk tampil santun dan menawan saat Lebaran dan menghadiri kondangan. 


Namun, model gamis brokat seperti apa yang cocok untuk wanita gemuk? Bacalah tips memilihnya di sini! Ada rekomendasi gamis brokat superjumbo dari merek IWEARALICE, Agnes Hijab, My Shawl, dan Xtramiles. Tubuh gemuk dan pendek bukan halangan! Temukan gamis brokat yang bagus dan nyaman untuk Anda, ya.

Diperbaharui 03-13-2023
Dian WN
Penyunting
Editor mybest Indonesia

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Maret 2023)

Apakah gamis brokat cocok untuk orang gemuk?

Wanita gemuk tetap bisa tampil cantik mengenakan gamis brokat apabila memilih potongan, bahan, dan warna yang sesuai. Ada beberapa tips dan trik dalam memilih model gamis brokat untuk orang gemuk dalam artikel ini. Namun, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai apa itu pakaian gamis dan bahan brokat. Simak sampai akhir, yuk!

Gamis, pakaian muslim dengan potongan yang mampu menyamarkan bentuk tubuh

Gamis, pakaian muslim dengan potongan yang mampu menyamarkan bentuk tubuh

Sebelum membahas lebih jauh tentang gamis brokat, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan gamis? Gamis adalah baju kurung yang awalnya berasal dari Timur Tengah. Umumnya gamis dikenakan oleh wanita muslim. Berikut ciri-ciri gamis yang sering ditemui di pasaran.


  • Desainnya memiliki panjang semata kaki
  • Memiliki potongan yang longgar atau tidak pas bodi
  • Desainnya cenderung melebar ke bawah
  • Beberapa desain gamis dilengkapi sedikit kerutan atau lekukan pada bagian pinggang

Potongan gamis yang cukup longgar ini merupakan kelebihan gamis karena dapat menyamarkan bentuk tubuh. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi wanita berbadan besar yang ingin menyamarkan bentuk tubuhnya. Jika Anda ingin melihat beragam rekomendasi model gamis yang bagus untuk orang gemuk, klik link berikut ini.

Apa itu brokat? Jangan salah mengenali bahannya

Apa itu brokat? Jangan salah mengenali bahannya

Pakaian berbahan brokat, seperti kebaya, dress brokat, dan gamis brokat, sangatlah populer di Indonesia. Namun, ternyata ada perbedaan mengenai definisi bahan brokat yang ada di pasaran dengan kain brokat (brocade) yang sesungguhnya


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian brokat adalah kain sutra yang bersulam benang emas atau perak. Kain brokat yang asli sangat kaya akan dekorasi dan memiliki kemiripan dengan kain tenun songket. 


Di sisi lain, bahan brokat yang lebih dikenal di pasaran Indonesia sebenarnya merupakan kain lace (renda). Meski sama-sama bermotif dan dipenuhi dekorasi, lace memiliki ciri khas menerawang dan tentunya berbeda dengan kain brokat asli. 


Nah, yang dimaksud dengan bahan brokat di artikel ini adalah kain lace atau tulle (tile) yang lebih populer di pasaran Indonesia. Yuk, simak tips memilih gamis brokat yang cocok dengan wanita bertubuh gemuk di bawah ini!

Cara memilih gamis brokat untuk orang gemuk

Setelah mengetahui pengertian gamis dan bahan brokat, saatnya Anda menyimak cara memilih gamis brokat untuk wanita gemuk. Perhatikan poin-poin di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan gamis brokat yang sesuai.

① Pilih model baju sesuai bentuk tubuh agar terlihat lebih ramping

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pilihlah potongan gamis brokat yang sesuai dengan bentuk tubuh. Pasalnya, pemilihan desain gamis yang tepat dapat meningkatkan penampilan Anda. 

Untuk tubuh gemuk pendek: Gamis brokat A-line dengan potongan di pinggang

Untuk tubuh gemuk pendek: Gamis brokat A-line dengan potongan di pinggang
Sumber: shopee.co.id

Wanita berbadan gemuk dan pendek umumnya tergolong dalam tipe bentuk tubuh apel. Ciri bentuk tubuh ini terlihat bulat di bagian tengah dan tidak memiliki lekukan pinggang. 


  1. Gamis brokat yang memiliki potongan menyempit pada bagian pinggang. Potongan gamis yang demikian membuat lekuk pinggang Anda menjadi lebih terdefinisi. 
  2. Gamis brokat dengan potongan garis pinggang yang tinggi (model high waist). Model ini merupakan pilihan tepat untuk memberikan siluet kaki jenjang. Makin tinggi letak garis pinggang, tubuh pun akan terlihat lebih tinggi. 
  3. Gamis brokat dengan potongan rok A-line yang efektif menyamarkan perut gendut dan pinggul besar. Potongan A-line juga dapat memberikan efek anggun dan elegan.

Untuk tubuh tinggi besar: Gamis brokat lurus tanpa potongan di pinggang

Untuk tubuh tinggi besar: Gamis brokat lurus tanpa potongan di pinggang
Sumber: shopee.co.id

Sebagian dari Anda mungkin bertubuh tinggi. Jika Anda percaya diri dan ingin menonjolkan tubuh tinggi Anda, pilihlah gamis dengan potongan di pinggang. Padukan dengan gamis bersiluet A-line ataupun flared (mengembang). Perpaduan keduanya akan menonjolkan tubuh yang tinggi sekaligus menyamarkan tubuh berisi. 


Namun, jika Anda kurang percaya diri, Anda bisa memilih model gamis brokat sebagai berikut:


  1. Gamis berpotongan lurus dengan atau tanpa potongan pinggang. Anda juga bisa memilih gamis dengan sedikit detail tambahan, misalnya layer atau outer panjang. Namun, pastikan layer-nya tipis atau tidak bertumpuk terlalu banyak agar tubuh tidak terlihat bulky.
  2. Gamis brokat kombinasi dengan aksen brokat hanya di bagian tengah. Detail di bagian tengah akan menempatkan pusat perhatian ke bagian tengah tubuh. Hal ini dapat memberikan ilusi bentuk tubuh yang lebih ramping, apalagi jika gamis berwarna dasar gelap.
  3. Gamis dengan potongan garis di bawah pinggang atau area pinggul, seperti model drop dress. Makin rendah garisnya, kaki akan terlihat lebih pendek. Untuk wanita tinggi besar, model semacam ini bisa menyeimbangkan bentuk tubuh.

② Gamis full brokat atau kombinasi? Ketahui motif brokat yang aman untuk wanita gemuk

Motif pada gamis brokat juga perlu dipertimbangkan untuk orang gemuk. Gamis brokat umumnya memiliki dua tipe, yaitu bahan dominan brokat (atau full brokat) dan motif kombinasi. Manakah yang lebih sesuai untuk tubuh gemuk?

Gamis full brokat atau dominan brokat dengan motif yang simpel atau kecil-kecil

Gamis full brokat atau dominan brokat dengan motif yang simpel atau kecil-kecil
Sumber: shopee.co.id

Tampil dengan gamis cantik yang seluruhnya brokat saat kondangan atau Lebaran? Wah, pasti penampilan Anda akan sangat memukau. Model gamis dominan brokat seperti ini juga biasanya berbahan full furing. Namun, berhatilah-hatilah karena motif gamis brokat yang ramai dan tebal kurang direkomendasikan untuk wanita gemuk


Bagaimana solusinya jika Anda ingin mengenakan gamis dengan desain brokat menyeluruh? Berikut ini triknya:

  • Carilah gamis brokat dengan motif renda yang simpel, kecil, atau jarang-jarang. Hindari motif-motif besar atau bertumpuk yang dapat menambahkan kesan berisi.
  • Pilihlah gamis brokat berwarna gelap atau warna lembut netral.
  • Temukan gamis brokat yang hanya memiliki satu warna.

Gamis brokat kombinasi yang dipadukan dengan corak polos

Gamis brokat kombinasi yang dipadukan dengan corak polos
Sumber: shopee.co.id

Ada banyak gamis brokat kombinasi yang dijual di pasaran. Namun, model gamis brokat kombinasi polos adalah yang paling direkomendasikan untuk wanita gemuk. Gamis brokat kombinasi polos merupakan perpaduan aksen brokat dengan kain polos dalam satu baju. 


Aplikasi bahan brokat biasanya berupa aksen yang terlihat pada kedua sisi pakaian, sisi depan, ujung baju, ataupun outer. Berikut keunggulan gamis brokat kombinasi polos:

  • Penempatan aksen brokat di bagian tertentu dapat menyamarkan kekurangan tubuh besar. 
  • Gamis brokat kombinasi polos rata-rata memiliki desain yang simpel. sehingga cocok digunakan untuk harian dan untuk kantor. 

Anda juga bisa memilih gamis brokat batik. Namun, pastikan warna atau motif batiknya tidak membuat tubuh Anda terlihat lebih berisi, ya.

③ Kenakan warna gelap dan warna cerah yang lembut agar tubuh tidak terlihat makin berisi

Kenakan warna gelap dan warna cerah yang lembut agar tubuh tidak terlihat makin berisi

Warna-warna gelap, seperti hitam, navy, dan hijau tua, memang paling disarankan untuk menyamarkan tubuh gemuk. Namun, warna cerah yang biasanya dihindari oleh orang gemuk juga bisa Anda kenakan. Triknya adalah memadukan warna-warna cerah tersebut dengan warna gelap dan netral. Jadi, bukan berarti Anda tak bisa memilih gamis brokat berwarna terang!


Carilah warna-warna cerah yang lembut dan netral agar tubuh tidak terlihat makin berisi. Namun, jika ingin mengenakan gamis brokat berwarna cerah yang cukup mencolok, pilihlah yang hanya terdiri dari satu warna

④ Utamakan yang bahannya ringan, hindari bahan tebal, kasar, dan mengilat

Utamakan yang bahannya ringan, hindari bahan tebal, kasar, dan mengilat
Pilihlah gamis berbahan ringan dan flowy, seperti woolpeach (wolfis), moscrepe, ceruty, atau katun. Hindari bahan yang tebal, kasar, dan mengilat. Bahan brokat tebal dan kasar membuat tubuh terlihat lebih berisi. Sementara itu, bahan yang shiny akan memantulkan cahaya yang membuat tubuh terlihat makin besar. Namun, Anda tetap bisa memilih gamis brokat kombinasi bahan satin yang tidak terlalu mengilap untuk pesta.

⑤ Temukan ukuran big size yang pas, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat

Temukan ukuran big size yang pas, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat

Untuk menyamarkan tubuh gemuk, sebagian dari Anda mungkin memilih pakaian yang jauh lebih longgar. Namun, pakaian yang terlalu longgar ternyata malah membuat tubuh terlihat lebih gendut. Di sisi lain, pakaian yang terlalu ketat membuat tubuh gemuk tampak lebih jelas. 


Agar tubuh gemuk terlihat lebih proporsional, pilihlah gamis dengan ukuran yang pas. Hindari gamis yang terlalu sempit ataupun terlalu longgar. Jadi, pilihlah ukuran yang paling mendekati ukuran tubuh Anda.


Gamis brokat jumbo atau ukuran plus size di pasaran biasanya memiliki ukuran lingkar dada mulai dari 100–150 cm. Size yang tersedia meliputi L, XL, XXL, XXXL, XXXL, XXXXL, bahkan ukuran 8L. Meski demikian, tiap produk memiliki ukuran lingkar dada dan panjang berbeda tergantung pada produsennya. Agar tak salah memilih, periksalah tabel spesifikasi ukuran yang diberikan oleh seller

10 Rekomendasi gamis brokat terbaik untuk orang gemuk

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gamis brokat terbaik untuk orang gemuk yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Agnes Hijab

Azkha Dress Gamis Muslim Putih Premium Lebaran

Agnes Hijab Azkha Dress Gamis Muslim Putih Premium Lebaran 1枚目

Baik Lebaran maupun umrah, tampil memukau dengan gamis brokat putih

2

Anisha Maxi Gamis Brukat Jumbo

 Anisha Maxi Gamis Brukat Jumbo  1枚目

Buat siluet pinggang lebih sempit dan tubuh lebih tinggi

3

My Shawl

Osana Gamis Brukat Pesta Syar'i Jumbo

My Shawl Osana Gamis Brukat Pesta Syar'i Jumbo 1枚目

Siluet pinggang lebih ramping dengan gaun gamis A-line jumbo!

4

My Shawl

Naila Gamis Brukat Jumbo

My Shawl Naila Gamis Brukat Jumbo 1枚目

Model gamis full brokat yang tidak membuat badan makin gemuk

5

My Shawl

Aina Premium Gamis Syar'i Jumbo Tile Dot

My Shawl  Aina Premium Gamis Syar'i Jumbo Tile Dot 1枚目

Gamis brokat kombinasi polos yang cantik dan simpel untuk harian!

6

IWEARALICE

Naira Gown Gamis Mewah Jumbo

IWEARALICE Naira Gown Gamis Mewah Jumbo 1枚目

Motif brokat mewah bikin Anda jadi pusat perhatian

7

IWEARALICE

Sandra Gamis Muslim Big Size Jumbo Brukat

IWEARALICE  Sandra Gamis Muslim Big Size Jumbo Brukat 1枚目

Pakai warna terang tetap langsing berkat gamis brokat kombinasi polos

8

Vallina Outfit

Mutiara Dress Gamis Maxy Lily Brukat

Vallina Outfit  Mutiara Dress Gamis Maxy Lily Brukat 1枚目

Detail asimetris memberikan siluet tubuh yang lebih tinggi

9

IWEARALICE

Melody Dress Gamis Brukat Big size

IWEARALICE Melody Dress Gamis Brukat Big size 1枚目

Tampilan anggun untuk kondangan dan Lebaran! Motif brokatnya dominan, tetapi tidak berlebihan

10

Xtramiles

Plus Size Long Party Dress

Xtramiles Plus Size Long Party Dress 1枚目

Dress full brokat untuk tubuh big size juga ada!

Perincian produk
Close
No.1

Agnes HijabAzkha Dress Gamis Muslim Putih Premium Lebaran80241

Mulai dari Rp187.250,00

Baik Lebaran maupun umrah, tampil memukau dengan gamis brokat putih

Kelebihan:

  • Ada pilihan ukuran jumbo hingga 8L, cocok untuk berbagai size tubuh
  • Gamis brokat kombinasi silk
  • Renda dengan taburan manik memberikan sentuhan mewah


Kekurangan:

  • Bahan kain dalamnya dinilai terlalu tipis bagi sebagian pengguna

Gamis berwarna putih merupakan salah satu must have item bagi para hijabers. Pilihlah gamis syar'i dari Agnes Hijab jika Anda membutuhkan gamis brokat yang bisa dipakai kapan pun. Selain mudah dipadukan dengan berbagai aksesori, gamis putih cocok digunakan pada berbagai kesempatan, contohnya salat id dan umrah. 


Keseluruhan gamis yang berwarna putih memang terkesan sederhana. Namun, kombinasi bahan silk, brokat glitter, serta aplikasi bordir payet di dada menambah kesan mewah. Sementara itu, bagian bawah gamis mendapat detail layer berpotongan A-line yang membuat tubuh terlihat makin proporsional.   

No.2

Anisha Maxi Gamis Brukat Jumbo

Mulai dari Rp100.800,00

Buat siluet pinggang lebih sempit dan tubuh lebih tinggi

Kelebihan:

  • Banyak pengguna memberikan ulasan positif mengenai size baju yang benar-benar jumbo dan sesuai
  • Model gaun A-line brokat yang anggun untuk acara semiformal dan formal
  • Karet pinggang membuat pinggang terlihat lebih kecil

Kekurangan:

  • Area kerah berbentuk square memberikan efek pundak yang lebih lebar bagi sebagian orang, lebih cocok untuk bentuk tubuh segitiga

Gamis brokat kombinasi bergaya vintage ini pun cocok untuk melengkapi gaya harian Anda. Gamis ini begitu modis karena memiliki potongan square di bagian dada yang terlihat seperti gaun tambahan. Model atasan kerah kotak plus high waist seperti ini membuat tubuh gemuk terlihat lebih kurus, lho!


Selain desain pinggang yang menggunakan karet, potongan roknya adalah flared yang melebar ke bawah. Siluet yang tercipta membuat pinggang Anda lebih kecil dan kaki terlihat lebih panjang. Anda yang memiliki tubuh gemuk pendek cocok mengenakan gamis brokat ini. Jangan lupa pasangkan dengan sepatu heels favorit. 

No.3

My ShawlOsana Gamis Brukat Pesta Syar'i Jumbo

Mulai dari Rp195.000,00

Siluet pinggang lebih ramping dengan gaun gamis A-line jumbo!

Kelebihan:

  • Tersedia ukuran jumbo yang cocok untuk wanita gemuk
  • Gamis full brokat dengan dua motif yang tidak berlebihan
  • Detail potongan pada pinggang memberikan siluet pinggang yang lebih kecil

Kekurangan:

  • Bahan moscrepe yang digunakan tebal dan terasa panas menurut beberapa pengguna


Gamis My Shawl hadir dengan desain kombinasi brokat bermotif polkadot dan bunga. Motif brokat bunganya hanya di bagian atas sehingga tidak terlihat over the top. Selebihnya, keseluruhan gamis dihiasi brokat motif polkadot kecil yang manis. 


Bagian yang menarik adalah detail potongan pada pinggang yang terlihat seperti sabuk berukuran besar. Ditambah dengan rok A-line yang megar, siluet pinggang yang langsing pun dapat tercipta! Jika ingin menyamarkan bentuk tubuh sepenuhnya, Anda bisa memilih gamis brokat warna hitam!

No.4

My ShawlNaila Gamis Brukat Jumbo

Mulai dari Rp249.000,00

Model gamis full brokat yang tidak membuat badan makin gemuk

Kelebihan:
  • Pilihan ukuran jumbo, mulai dari L hingga 5L dengan lingkar dada 140 cm
  • Desain full brokat yang mewah

Kekurangan:

  • Bahan moscrepe yang tebal mungkin akan terasa gerah saat dikenakan pada cuaca panas

Jika Anda mencari gamis full brokat secara keseluruhan, My Shawl punya koleksinya. Meski modelnya berupa layer, tubuh tidak terlihat makin berisi karena warna yang ditawarkan adalah warna netral. Selain itu, motif brokatnya kecil-kecil berupa polkadot dan floral yang tipis. Sangat cantik, tetapi tidak mencolok! Wanita bertubuh big size pasti cantik mengenakannya untuk Lebaran ataupun ke kondangan.

No.5

My Shawl Aina Premium Gamis Syar'i Jumbo Tile Dot

Mulai dari Rp229.000,00

Gamis brokat kombinasi polos yang cantik dan simpel untuk harian!

Kelebihan:

  • Tersedia hingga ukuran 5XL dengan lingkar dada 100–140 cm
  • Pilihan gamis brokat jumbo yang desainnya simpel

Kekurangan:

  • Karena aksen rendanya sedikit, gamis lebih cocok untuk harian atau acara semiformal, kurang mewah untuk pesta

Gamis brokat lebih sering digunakan untuk pesta, kondangan, ataupun hari raya. Jika yang Anda cari adalah gamis brokat jumbo yang cocok untuk daily, ada gamis seri Aina dari My Shawl. Gamis ini memiliki aksen brokat berupa tulle motif bintik di bagian lengan saja. Alhasil, gaya harian Anda mengenakan gamis brokat tidak akan tampak berlebihan. Pilihan warnanya yang netral pun pas untuk harian.

No.6

IWEARALICENaira Gown Gamis Mewah Jumbo

Mulai dari Rp342.900,00

Motif brokat mewah bikin Anda jadi pusat perhatian

Kelebihan:

  • Motif brokat di tengah tampak eye-catching dan mewah untuk pestaAda tali pinggang di belakang
  • Kualitas desain terjamin, ada pengguna yang menyebutkan gamis aslinya lebih bagus daripada di foto


Kekurangan:

  • Sebagian wanita mungkin kurang percaya diri mengenakan pakaian bermotif besar di tengah karena bisa menarik perhatian

Gamis brokat yang satu ini memadukan bahan tulle yang mewah pada bagian tengah. Motif pada kain tulle-nya terlihat agak besar, tetapi berjarak sehingga tidak membuat tubuh terlihat penuh. Karena dilengkapi dengan tali pinggang, Anda bisa mengikatkannya pada bagian belakang untuk menonjolkan bentuk pinggang. 


Pilihan warnanya pun cukup beragam dengan perpaduan yang mencolok, seperti emas-hitam, putih-emas, dan lainnya. Oleh sebab itu, kami merekomendasikan gamis brokat ini jika Anda ingin tampil dengan detail motif yang lebih menonjol.

No.7

IWEARALICE Sandra Gamis Muslim Big Size Jumbo Brukat

Mulai dari Rp325.000,00

Pakai warna terang tetap langsing berkat gamis brokat kombinasi polos

Kelebihan:

  • Pilihan warna-warna cerah dengan desain yang tidak membuat tubuh kelihatan lebih berisi
  • Ada potongan yang mendefinisikan pinggang dan membuat tubuh lebih semampai 

Kekurangan:

  • Desainnya sederhana sehingga lebih cocok dijadikan gamis brokat untuk harian daripada untuk kondangan

Jika Anda memiliki panggul yang cukup lebar, tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan gamis brokat kombinasi ini. Bahan brokatnya hadir sebagai aksen busana pada bagian sisi kanan dan kiri membantu menyamarkan bentuk tubuh yang lebar. Adanya potongan di pinggang dan cutting A-line juga membuat tubuh lebih proporsional. Wanita plus size pun bisa terlihat lebih langsing meski mengenakan warna cerah!

No.8

Vallina Outfit Mutiara Dress Gamis Maxy Lily Brukat

Mulai dari Rp230.000,00

Detail asimetris memberikan siluet tubuh yang lebih tinggi

Kelebihan:

  • Gamis brokat kombinasi polos dengan detail asimetris yang unik
  • Rok layer asimetris memberikan siluet kaki yang lebih panjang
  • Ada lima pilihan warna

Kekurangan:

  • Detail brokat mutiara hanya di bagian atas, mungkin terlihat kurang mewah menurut sebagian orang

Desain asimetris direkomendasikan untuk Anda yang ingin menyamarkan bentuk tubuh. Desain asimetris pada gamis dari Vallina Outfit tampak di bagian torso dan rok. Bagian torsonya unik dengan detail brokat diagonal sehingga membuat tubuh bagian atas terlihat lebih pendek. 


Di sisi lain, rok dengan tambahan layer asimetris memberikan siluet kaki yang lebih jenjang. Hasilnya, tubuh Anda akan terlihat lebih tinggi dan langsing saat mengenakan gamis ini. Rok A-line yang flowy juga membantu menyamarkan bentuk tubuh bagian bawah yang besar.

No.9

IWEARALICEMelody Dress Gamis Brukat Big size

Mulai dari Rp329.000,00

Tampilan anggun untuk kondangan dan Lebaran! Motif brokatnya dominan, tetapi tidak berlebihan

Kelebihan:

  • Gamis brokat kombinasi dengan motif brokat yang dominan
  • Beragam pilihan warna
  • Size jumbonya cocok untuk tubuh plus size dengan ukuran lingkar dada di atas 120 cm

Kekurangan:

  • Hanya ada satu pilihan size jumbo


Melody Dress adalah salah satu gamis terbaru dari IWEARALICE. Gamis ini diberi layer brokat dengan belahan A-line yang motif bunganya cukup besar. Namun, jangan khawatir karena tubuh tidak akan terlihat makin gendut berkat kombinasi corak polosnya. Gamis brokat ini juga didesain dengan hanya satu warna sehingga tetap simple. Gamis ini cocok dipakai saat Lebaran ataupun pesta.

No.10

XtramilesPlus Size Long Party Dress

Mulai dari Rp799.000,00

Dress full brokat untuk tubuh big size juga ada!

Kelebihan:

  • Pilihan dress brokat yang dirancang khusus untuk tubuh gemuk
  • Banyak pilihan warna kekinian
  • Bisa digunakan untuk nonhijaber

Kekurangan:

  • Bagian lengan dress belum dilengkapi furing, perlu menambahkan manset

Dress full brokat memang sangat cantik untuk Lebaran, tetapi mungkin sering dihindari oleh wanita bertubuh besar. Nah, pertimbangkan dress brokat untuk pesta dari Xtramiles yang memang dirancang untuk tubuh curvy. Gaunnya menggunakan renda bermotif bunga, tetapi hanya satu warna sehingga tidak over the top


Kerah berbentuk V dan kancing vertikal memberikan siluet tubuh bagian atas yang lebih melangsingkan. Roknya pun diberi potongan A-line yang menyamarkan pinggul besar. Dress panjang ini cocok dijadikan gamis untuk hijaber ataupun long dress untuk nonhijaber. Untuk hijaber, Anda tinggal menambahkan manset dan hijab berwarna senada, ya! Ada warna ungu yang nge-trend tahun 2023, lho!

Pertanyaan umum seputar gamis untuk orang gemuk

Pertanyaan umum seputar gamis untuk orang gemuk

Mungkin masih ada beberapa pertanyaan seputar gamis untuk orang gemuk yang belum terjawab di atas. Karena itu, beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar gamis untuk orang gemuk akan kami bahas di bawah ini. 

Apakah gamis dan abaya sama?

Pada dasarnya, gamis dan abaya memiliki ciri khas yang sama, yaitu desainnya simpel dan berpotongan longgar. Keduanya merupakan busana hijab modern yang kian berkembang hingga saat ini.

Apakah gamis abaya cocok untuk orang gemuk?

Pada dasarnya, gamis abaya merupakan salah satu jenis pakaian yang cocok dikenakan oleh orang gemuk. Hai ini karena gamis abaya berpotongan longgar sehingga dapat menyamarkan lekuk tubuh dengan lebih sempurna. Namun, utamakan memilih gamis abaya bermotif simpel dan warna yang soft atau gelap.

Baca juga rekomendasi pakaian lainnya untuk wanita gemuk di sini

Barangkali Anda ingin melihat pilihan model tunik, dress, atau jenis pakaian lainnya yang cocok untuk wanita gemuk. Kami telah menyiapkan sejumlah artikel yang berisi tips memilih beserta rekomendasi pakaian terbaik untuk wanita gemuk.

Kesimpulan

Tubuh gemuk tak akan menghalangi Anda untuk tampil cantik dengan gamis brokat! Anda hanya perlu memilih ukuran, potongan, atau model gamis brokat yang bagus dan tepat. Pemilihan warna dan motifnya juga perlu diperhatikan. 


Gamis brokat kombinasi berwarna gelap dan bermotif simpel paling disarankan untuk wanita gemuk. Namun, jika Anda percaya diri dan ingin tampil mencolok, tak ada salahnya memilih gamis full brokat cerah dan bermotif ramai. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Gamis Brokat untuk Orang Gemuk terbaik

No. 1Agnes HijabAzkha Dress Gamis Muslim Putih Premium Lebaran80241

No. 2Anisha Maxi Gamis Brukat Jumbo

No. 3My ShawlOsana Gamis Brukat Pesta Syar'i Jumbo

No. 4My ShawlNaila Gamis Brukat Jumbo

No. 5My Shawl Aina Premium Gamis Syar'i Jumbo Tile Dot

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer