1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Teknik menghangatkan bayi menggunakan kain bedong atau swaddle sering dilakukan pada bayi baru lahir. Kini, terdapat juga bedong bayi instan yang lebih praktis dan stylish. Jenis bahan yang digunakan pun beragam. Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki buah hati, tentu merasa bingung saat memilih kain bedong untuk si kecil.


Sekarang, kami akan membahas cara memakaikan dan memilih kain bedong bayi yang tepat. Merek kain bedong bayi yang bagus seperti Yobo, Little Palmerhaus, dan Libby akan diulas dalam rekomendasi kami. Simak artikelnya dan temukanlah kain bedong bayi terbaik di sini!

Diperbaharui 01-04-2023
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Lilien Wijayanti

Lilien Wijayanti, biasa dipanggil Lilin mengawali karir sebagai Social Media Officer di sebuah agensi di Yogyakarta. Lulusan Ilmu Komunikasi UGM ini dipercaya membuat perencanaan konten untuk akun medsos perusahaan skincare lokal dan baju lurik. Berkat pengalamannya, Lilin mampu riset lebih dalam untuk merekomendasikan produk terbaik di artikel-artikel mybest. Kini, ia banyak menulis konten perawatan tubuh dan fashion wanita di mybest Indonesia. Ia juga menghabiskan waktunya dengan si kecil sembari mencari inspirasi untuk menulis. Berkeliling kota bersama keluarga kecilnya setiap akhir pekan merupakan rutinitas yang tidak boleh dilewatkan olehnya.

Profil Lilien Wijayanti
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Manfaat bedong bagi bayi

Manfaat bedong bagi bayi

Bedung atau swaddle merupakan kain untuk membalut badan bayi yang baru lahir. Jika digunakan dengan benar, membedung bayi memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Beberapa manfaat menggunakan bedung bayi adalah sebagai berikut.


  • Mengurangi refleks kaget atau refleks moro yang sering dialami bayi newbornDengan demikian, tidur bayi akan lebih tenang dan tidak mudah terbangun. Tenang saja, refleks tersebut akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia bayi.
  • Menjaga suhu bayi tetap hangat. Hal ini karena bayi membutuhkan adaptasi agar terbiasa dengan dunia di luar rahim ibu.
  • Membedung dapat membantu Anda menenangkan bayi yang sedang rewel. Memakaikan kain bedung pada si kecil memberikan efek seperti dipeluk. Hal ini tentu membuat nyaman bayi Anda sehingga tangisnya pun berkurang dan menjadi tenang kembali.

Membedung bayi memang memberi banyak manfaat. Namun, Anda sebaiknya memperhatikan hal-hal yang sebaiknya dihindari saat membedung si kecil.


  • Jangan membedung bayi terlalu ketat
Beberapa anggapan menyebut tujuan membedung adalah untuk meluruskan kaki bayi. Faktanya, membedung bayi terlalu ketat dengan kaki lurus berisiko menyebabkan displasia pinggul hingga SIDS atau sindrom kematian mendadak. Pemakaian bedung yang benar adalah agak longgar dan biarkan tangan serta kaki bayi bisa bergerak.

  • Jangan membedung terlalu lama

Umumnya, usia bayi yang disarankan untuk dibedung adalah 0–3 bulan. Lebih dari usia tersebut, gerakan bayi makin aktif sehingga tidak lagi membutuhkan bedung. Tidak dianjurkan membedung bayi sepanjang hari karena dapat membuat bayi tidak nyaman dan minim bergerak. Anda dapat membuka bedung 1–2 jam sekali supaya tangan dan kaki bayi dapat bergerak bebas.

Cara memilih kain bedong bayi

Sebelum memasuki ulasan daftar rekomendasi, kami akan memberikan tips memilih bedung bayi. Simaklah poin-poin berikut ini agar tak bingung dalam menentukan pilihan.

① Pilih berdasarkan tipe bedong

Selain kain bedung bayi, kini terdapat pula bedung bayi instan. Bacalah penjelasannya untuk mengetahui keunggulan dari tiap-tiap tipe bedung bayi.

Tipe kain, multifungsi dan lebih umum digunakan

Tipe kain, multifungsi dan lebih umum digunakan

Tipe bedung bayi yang tradisional dan paling umum digunakan sejak dahulu ialah kain. Biasanya, kain bedung bayi memiliki ukuran 90 cm x 100 cm. Namun, ada pula ukuran yang lebih besar, seperti 120 cm x 120 cm. Makin lebar ukuran kainnya, makin banyak pula lipatan pada saat pemasangan bedung.


Berhubung penggunaan bedung bayi dianjurkan hanya sampai umur 3 bulan, memilih tipe kain dapat menghemat pengeluaran. Saat sudah tidak digunakan untuk membedung, kain masih bisa difungsikan untuk berbagai hal. Anda dapat memanfaatkannya sebagai selimut bayi, alas tidur, serta alas di stroller.

Tipe instan, pemakaian lebih praktis dan mudah

Tipe instan, pemakaian lebih praktis dan mudah
Sumber: ergobaby.com

Kini, Anda tak perlu ribet untuk memakaikan bedung pada bayi. Terdapat bedung instan yang lebih praktis dan memudahkan Anda dalam merawat bayi. Bedung bayi instan juga cenderung lebih aman digunakan karena longgar. Tak hanya hangat, bayi juga masih dapat menggerakkan tangan dan kakinya untuk perkembangan sistem saraf motorik.


Bedung bayi instan tersedia dalam berbagai desain yang modern. Untuk pemasangannya, ada yang dilengkapi ritsleting atau perekat. Beberapa merek bedung bayi instan juga melengkapi produknya dengan hoodie atau penutup kepala. Bahkan, ada pula yang memiliki lubang di bagian lengan sehingga tangan bayi dapat dikeluarkan.

② Pastikan bahannya nyaman bagi kulit bayi

Bedung bayi yang nyaman di kulit harus terbuat dari bahan yang bagus. Berikut ini bahasan mengenai bahan bedung bayi yang umum ditemukan di pasaran.

Katun bambu, antibakteri dan ramah lingkungan

Katun bambu, antibakteri dan ramah lingkungan

Kain katun bambu atau cotton bamboo merupakan campuran dari katun dan serat bambu. Kain ini memiliki banyak sekali keunggulan, seperti antibakteri, ramah lingkungan, serta tidak menghantarkan listrik statis. Daya serap keringat pada katun bambu juga sangat baik sehingga sejuk saat dipakai.


Kain bedung berbahan katun bambu memiliki tampilan premium sehingga tak heran jika harganya cenderung lebih mahal. Biasanya, material katun bambu untuk bedung bayi juga dikombinasikan dengan kain muslin. Muslin merupakan kain katun lembut dan hangat yang banyak digunakan untuk membuat pakaian bayi. Dengan begitu, tampilan kain bedung ini terlihat berkelas dan ideal untuk dijadikan bingkisan.

Flanel, harganya ramah di kantong

Flanel, harganya ramah di kantong

Flanel terbuat dari serat wol dengan proses penguapan. Kain bedung bayi berbahan flanel biasanya memiliki warna cerah dan motif ceria. Jika dibandingkan dengan kain katun premium, kain flanel tentu jauh lebih murah. Kain flanel juga cenderung kaku dan agak panas. Sebaiknya, gunakan kain bedung berbahan flanel pada malam hari saat cuaca sedang dingin.

③ Periksa isi per kemasan

Kain bedung bayi dikemas dengan jumlah yang berbeda-beda. Kemasan yang biasa dijumpai ialah berisi 1 pc, 3 pcs, dan 6 pcs. Bagi Anda yang ingin praktis dengan membeli banyak produk sekaligus, pilihlah isi setengah lusin. Sebaliknya, jika ingin membeli produk dengan merek yang berbeda-beda, kami sarankan untuk memilih isi 1 atau 3 pcs.


Kain bedung berbahan premium biasanya dikemas satuan, begitu pula dengan bedung instan. Namun, membeli satu per satu tentu akan memakan biaya yang lebih besar. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan anggaran!

④ Pertimbangkan juga modelnya

Pertimbangkan juga modelnya

Anda bisa mempertimbangkan model bedung polos atau bermotif sesuai dengan selera Anda. Dari segi warna, kami sarankan untuk memilih bedung berwarna soft atau cerah. Dengan begitu, ketika ada serangga seperti nyamuk atau semut menempel pada bedung, Anda dapat melihatnya dengan jelas. Memakaikan warna cerah pada bayi juga akan membuat tampilannya fresh sehingga membuat mood ibu selalu baik.

10 Rekomendasi kain bedong bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bedong bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yobo

Baby Swaddle Wrap

Yobo Baby Swaddle Wrap 1枚目

Motifnya superlucu, bikin si kecil terlihat makin menggemaskan!

2

Little Palmerhaus

RETRO Bedong Instan

Little Palmerhaus RETRO Bedong Instan 1枚目

Antiribet saat ganti popok dengan ritsleting dua arah

3

Libby Baby

Bedong Earth Colour

Libby Baby Bedong Earth Colour 1枚目

Bedung polos dengan warna earth tone untuk pemakaian harian

4

Miabelle

Bedong Bayi Set 4 Pcs

Miabelle Bedong Bayi Set 4 Pcs 1枚目

Bedung lembut yang membuat bayi serasa dipeluk

5

Little Me

Baby Swaddle Polos

Little Me Baby Swaddle Polos 1枚目

Material hypoallergenic-nya aman untuk kulit sensitif

6

Fluffy

Bedong Bayi Isi 3 pcs

Fluffy Bedong Bayi Isi 3 pcs 1枚目

Lembut dan antikusut tanpa harus disetrika

7

Vinata

Bedong Bayi Bahan Flanel Isi 6

Vinata Bedong Bayi Bahan Flanel Isi 6 1枚目

Kain bedung ekonomis, tak bikin dompet meringis

8

Bohopanna

Swaddle Dino

Bohopanna Swaddle Dino 1枚目

Warna bedung tidak pasaran, cocok untuk bayi laki-laki Anda

9

Baby Leon

Bedong Bayi Lipat Single Knit

Baby Leon Bedong Bayi Lipat Single Knit 1枚目

Penggunaan praktis, tinggal lipat untuk berikan kenyamanan pada si kecil

10

I am Cotton

Bedong Instan Bayi/Baby Swaddle

I am Cotton Bedong Instan Bayi/Baby Swaddle 1枚目

Penggunaan cotton interlock premium untuk pemakaian siang hari, antigerah!

Perincian produk
Close
No.1

Motifnya superlucu, bikin si kecil terlihat makin menggemaskan!

Kelebihan:

  • Pilihan motif dan warnanya beragam, bisa bergonta-ganti untuk meningkatkan mood ibu

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebut bahan kain agak kasar di bagian luar
  • Kualitas dan jenis kain bisa berbeda-beda tiap motif menurut user

Yobo mengeluarkan produk kain bedung dengan pilihan motif dan warna beragam yang bisa Anda pilih. Motif yang tidak norak dengan warna-warna cerah tentunya bisa membuat si kecil terlihat makin menggemaskan. Anda bisa memakaikan bedung ini sehabis mandi agar bayi Anda merasa hangat. Ukurannya yang cukup besar membuat bedung ini bisa dijadikan selimut juga, lho!

No.2

Little PalmerhausRETRO Bedong Instan

Mulai dari Rp109.000,00

Antiribet saat ganti popok dengan ritsleting dua arah

Kelebihan:

  • Bahan melar, dapat menyesuaikan dengan ukuran tubuh bayi
  • Ada pelindung zipper di bagian atas bedung

Kekurangan:

  • Ukuran kecil untuk usia 0–3 bulan, hanya dapat dipakai sebentar

Saat si kecil memakai bedung, sering kali menyulitkan Anda saat akan mengganti popok. Little Palmerhaus menawarkan bedung instan dengan dua arah ritsleting. Anda pun hanya perlu membuka ritsleting dari bawah saat akan mengganti popok.


Bedung yang terbuat dari bahan modal cotton ini juga diklaim mampu menyesuaikan dengan cuaca. Si kecil tidak akan kepanasan saat cuaca terik ataupun sebaliknya.

No.3

Libby BabyBedong Earth Colour

Mulai dari Rp53.200,00

Bedung polos dengan warna earth tone untuk pemakaian harian

Kelebihan:

  • Warna earth tone terlihat elegan
  • Jahitan sangat rapi menurut pengguna

Kekurangan:

  • Bagian pinggir kain bedung menggulung setelah dicuci dan disetrika
  • Kain agak tipis dibandingkan seri lainnya

Anda yang sedang mencari kain bedung untuk dipakai sehari-hari, bedung polos Libby bisa menjadi pilihan. Terbuat dari kain katun membuat bedung ini terasa dingin saat dipakai bayi. Pilihan warna earth tone-nya pun kekinian. Bayi Anda akan terlihat makin keren dalam balutan kain bedung yang lembut.

No.4

MiabelleBedong Bayi Set 4 Pcs

Mulai dari Rp175.000,00

Bedung lembut yang membuat bayi serasa dipeluk

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan kaus yang lembut dan melar

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mendapati jahitan yang kurang rapi

Membedung si kecil bisa memberi kenyamanan seperti saat Anda memeluknya. Miabelle menawarkan produk bedung berbahan kaos lembut yang hangat saat digunakan. Bahannya yang cenderung melar bisa memberi sensasi pelukan saat dipakai bayi Anda. Anda bisa juga menggunakan bedung ini sebagai selimut atau alas tidur si kecil. Selain itu, variasi warna pastelnya lucu dan tidak membosankan!

No.5

Little MeBaby Swaddle Polos

Mulai dari Rp49.000,00

Material hypoallergenic-nya aman untuk kulit sensitif

Kelebihan:

  • Bahan adem tidak membuat bayi gerah saat dipakai

Kekurangan:

  • Ukuran lebih kecil dibandingkan bedung kain pada umumnya

Kulit bayi yang masih sensitif terhadap zat kimia berisiko alergi jika Anda salah memilih kain bedung. Nah, Anda tak perlu khawatir jika menggunakan produk ini karena bahannya bersifat hypoallergenic. Terbuat dari material cotton bamboo, bedung ini aman bagi kulit bayi dan juga bersifat antibakteri. Selain itu, Anda bisa request packaging kardus dengan kartu ucapan jika ingin menjadikan produk ini sebagai kado.

No.6

FluffyBedong Bayi Isi 3 pcs

Mulai dari Rp193.000,00

Lembut dan antikusut tanpa harus disetrika

Kelebihan:

  • Bahan lembut dan adem
  • Variasi warna cukup beragam untuk bayi perempuan dan laki-laki

Kekurangan:

  • Harga cenderung mahal untuk 3 pcs kain bedung

Untuk menghindari tampilan kusut, pilihlah pakaian berbahan lembut tanpa perlu disetrika. Produk dari Fluffy ini patut dicoba karena terbuat dari bahan kaus TC yang lembut. Bahan yang diklaim lebih unggul dari bahan cotton lain ini merupakan kombinasi serat alam dan sintetis. Selain berdaya serap baik, bedung ini nyaman dipakai sehingga bayi seakan merasakan hangatnya pelukan ibu.

No.7

VinataBedong Bayi Bahan Flanel Isi 6

Mulai dari Rp88.950,00

Kain bedung ekonomis, tak bikin dompet meringis

Kelebihan:

  • Terdapat pilihan ukuran standar dan jumbo
  • Pilihan warna dan motif bervariasi untuk bayi laki-laki dan perempuan

Kekurangan:

  • Bahan flanel cenderung berbulu setelah dicuci
  • Beberapa ulasan menyebut bedung kurang menyerap air

Untuk menghemat budget perlengkapan bayi, Anda bisa membeli kain bedung dalam jumlah banyak sekaligus. Bedung Vinata ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang ekonomis.


Terbuat dari bahan flanel yang sudah berlabel SNI, bedung Vinata tentunya aman bagi kulit si kecil. Kain bedung ini juga dapat digunakan sebagai selimut karena berukuran lebar, yaitu 90 cm x 125 cm. Jika dirasa kebesaran, Anda juga bisa memilih ukuran standar, kok!

No.8

Warna bedung tidak pasaran, cocok untuk bayi laki-laki Anda

Kelebihan:

  • Motif dan warna unik, tidak pasaran
  • Bisa dibeli set kaus kaki dan topi dengan motif yang sama

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebut kain bedung cenderung tipis

Jika Anda memiliki bayi laki-laki dan ingin memakaikan bedung yang tidak pasaran, cobalah produk Bohopanna ini. Motif dinosaurusnya lucu dan bisa menarik perhatian si kecil nantinya. Variasi warnanya juga tergolong unik dan jarang ditemui di pasaran. Anda juga bisa membeli set kaus kaki dan topi dengan motif yang sama, lho!

No.9

Baby LeonBedong Bayi Lipat Single KnitBC-108

Mulai dari Rp39.999,00

Penggunaan praktis, tinggal lipat untuk berikan kenyamanan pada si kecil

Kelebihan:

  • Bahan lembut dan adem menyerap keringat

Kekurangan:

  • Sejumlah ulasan mengeluhkan bahan kain bedung yang tipis
  • Ukuran bedung kecil

Hari-hari pertama si kecil tidak jarang diwarnai dengan tangisan karena baru beradaptasi. Anda bisa memberikan si kecil kenyamanan dengan membedungnya.


Agar tidak ribet, Anda bisa menggunakan bedung instan dari Baby Leon. Cukup masukkan si kecil ke dalam bedung, kemudian lipat dan bayi Anda akan merasa hangat serta nyaman. Pilihan motifnya pun lucu-lucu, bisa Anda sesuaikan dengan jenis kelamin si kecil.

No.10

I am CottonBedong Instan Bayi/Baby Swaddle

Mulai dari Rp74.000,00

Penggunaan cotton interlock premium untuk pemakaian siang hari, antigerah!

Kelebihan:

  • Bahan halus dan jahitan rapi
  • Diproduksi dengan standar SNI

Kekurangan:

  • Hanya terdapat satu ukuran, tidak bisa dimanfaatkan lagi jika bayi makin besar

Cuaca panas di siang hari sering kali membuat badan menjadi gerah. Kondisi ini tentunya akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Jika ingin tetap membedung bayi saat siang hari, Anda bisa menggunakan produk ini. Penggunaan bahan cotton interlock premium menjadikan bedung ini tetap sejuk dan lembut digunakan. Produk premium ini juga awet karena dijahit dengan rapi dan kuat.

Pertanyaan umum seputar bedong bayi

Pertanyaan umum seputar bedong bayi

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produk bedung bayi, kami juga telah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer seputar bedung bayi. Anda bisa menyimak jawaban di bawah ini agar lebih paham tentang penggunaan bedung bayi.

Bagaimana cara memakaikan bedong bayi yang benar?

Memakaikan bedung bayi tipe kain harus dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan risiko. Khususnya untuk para orang tua baru yang belum berpengalaman, simaklah cara membedung bayi berikut ini.


  • Letakkan bedung bayi pada permukaan datar dengan posisi belah ketupat, lipat sedikit bagian atasnya hingga membentuk segitiga. Kemudian letakkan bayi di atas kain bedung dengan posisi lipatan berada sejajar di bagian bahu bayi.
  • Pastikan salah satu sisi kain lebih pendek kira-kira selebar badan bayi. Tempatkan kedua tangan bayi ke samping, yaitu mengapit tubuhnya.
  • Dahulukan membalut badan bayi dengan sisi kain yang lebih pendek.
  • Lakukan hal yang sama pada sisi kain yang lebih panjang, angkat badan bayi perlahan untuk membalut bagian belakangnya.
  • Kumpulkan sisa kain pada bagian kaki bayi, lalu ikat atau bisa juga diselipkan.
  • Pastikan bahwa Anda telah membedung dengan longgar dan kaki bayi masih dapat bebas bergerak.

Bolehkah bayi tidur pakai bedong?

Dokter anak di Indonesia menyarankan agar membedung bayi hanya saat tidur. Pemakaian bedung yang tepat bisa memberi rasa nyaman pada bayi sehingga tidurnya lebih tenang dan nyenyak. Pastikan Anda memilih kain bedung yang tidak panas agar bayi tidak gerah saat tidur. Anda juga bisa melepas bedung setiap 2 jam atau saat bayi terbangun untuk menyusu.

Baca juga rekomendasi berbagai pakaian bayi lainnya di sini

Bedung termasuk salah satu pakaian untuk bayi baru lahir yang bertujuan menghangatkan. Selain bedung, kami juga telah mengulas rekomendasi produk yang tergolong sebagai pakaian bayi. Sebut saja topi, kaus kaki, dan sarung tangan. Ayo klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan perlengkapan bayi terbaik!

Kesimpulan

Pembahasan mengenai kain bedung bayi terbaik sudah kami ulas dengan tuntas. Di antara bedung kain dan bedung instan, manakah yang sesuai dengan selera Anda? Keduanya merupakan bedung bayi yang bagus asalkan dikenakan dengan tepat.


Anda juga wajib memastikan kain bedung terbuat dari bahan berkualitas agar bayi dapat nyaman tidur. Pilihlah bahan yang mampu menyerap keringat, hangat, serta aman bagi kulit bayi. Happy shopping!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer