• 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kain Bedong Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Teknik menghangatkan bayi menggunakan kain bedong atau swaddle sering dilakukan pada bayi yang baru lahir. Kini, terdapat juga bedong bayi instan yang lebih praktis dan stylish. Jenis bahan yang digunakan pun beragam. Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki buah hati, tentu merasa bingung untuk memilih produk yang tepat. 


Sekarang, kami akan membahas cara memakaikan dan memilih produk kain bedong bayi yang tepat. Merk kain bedong bayi yang bagus seperti Palmerhaus, MOOIMOM, dan Ergobaby akan diulas dalam rekomendasi kami. Temukanlah kain bedong bayi terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat bedong bagi bayi

Manfaat bedong bagi bayi

Bedong atau swaddle merupakan kain untuk membalut badan bayi yang baru lahir. Membedong bayi bertujuan untuk mengurangi refleks kaget yang sering dialami bayi newborn atau biasa disebut refleks moro. Dengan demikian, tidur bayi akan lebih tenang dan tidak mudah terbangun. Tenang saja, refleks tersebut akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia bayi. 


Bedong juga bermanfaat untuk menjaga suhu bayi tetap hangat layaknya di dalam rahim. Hal ini dikarenakan bayi membutuhkan adaptasi agar terbiasa dengan dunia di luar rahim ibu. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa tujuan penggunaan bedong ialah untuk meluruskan kaki bayi. Dalam kondisi ini, kaki bayi dipaksa lurus dan dibedong dengan kencang, padahal hal tersebut tidak dianjurkan. 


Membedong bayi terlalu ketat dapat berisiko terjadinya displasia pinggul, bahkan SIDS atau sindrom kematian mendadak pada bayi. Untuk itu, sebaiknya Anda membedong bayi dengan agak longgar dan biarkan kakinya menekuk sesuai kondisi lahir. Sama seperti refleks moro, kondisi kaki menekuk pada bayi juga lama-kelamaan akan berubah. 


Oleh sebab itu, usia bayi yang disarankan untuk dibedong adalah 0–3 bulan. Lebih dari usia tersebut, gerakan bayi makin aktif sehingga tidak lagi membutuhkan bedong. Selain itu, gunakanlah bedong hanya pada saat bayi tertidur, tidak perlu sepanjang hari. Anda dapat membuka bedong 1–2 jam sekali supaya tangan dan kaki bayi dapat bergerak bebas.

Cara memilih kain bedong bayi

Sebelum memasuki ulasan daftar rekomendasi, kami akan memberikan tips memilih bedong bayi. Simaklah poin-poin berikut ini agar tak bingung dalam menentukan pilihan.

Pilih berdasarkan tipe bedong

Selain kain bedong bayi, kini terdapat pula bedong bayi instan. Bacalah penjelasannya untuk mengetahui keunggulan dari masing-masing tipe bedong bayi.

Tipe kain, multifungsi dan lebih umum digunakan

Tipe kain, multifungsi dan lebih umum digunakan

Tipe bedong bayi yang tradisional dan paling umum digunakan sejak dahulu ialah kain. Biasanya, kain bedong bayi memiliki ukuran 90 cm x 100 cm. Namun, ada pula ukuran yang lebih besar, seperti 120 cm x 120 cm. Makin lebar ukuran kainnya, makin banyak pula lipatan pada saat pemasangan bedong. 


Oleh karena penggunaan bedong bayi dianjurkan hanya sampai umur tiga bulan, memilih tipe kain dapat menghemat pengeluaran. Saat sudah tidak digunakan untuk membedong, kain masih bisa difungsikan untuk berbagai hal. Anda dapat memanfaatkannya sebagai selimut bayi, alas tidur, serta alas di stroller

Tipe instan, pemakaian lebih praktis dan mudah

Kini, Anda tak perlu ribet untuk memakaikan bedong pada bayi. Terdapat bedong instan yang lebih praktis dan memudahkan Anda dalam merawat bayi. Bedong bayi instan juga cenderung lebih aman digunakan karena longgar. Tak hanya hangat, bayi juga masih dapat menggerakkan tangan dan kakinya untuk perkembangan sistem saraf motorik.


Bedong bayi instan tersedia dalam berbagai desain yang modern. Untuk pemasangannya, ada yang dilengkapi ritsleting atau perekat. Beberapa merek bedong bayi instan juga melengkapi produknya dengan hoodie atau penutup kepala. Bahkan, ada pula yang memiliki lubang di bagian lengan sehingga tangan bayi dapat dikeluarkan.

Pilih bahan yang nyaman bagi kulit bayi

Bedong bayi yang nyaman di kulit harus terbuat dari bahan yang bagus. Berikut ini bahasan mengenai bahan bedong bayi yang umum ditemukan di pasaran.

Katun bambu, antibakteri dan ramah lingkungan

Katun bambu, antibakteri dan ramah lingkungan

Kain katun bambu atau cotton bamboo merupakan campuran dari katun dan serat bambu. Kain ini memiliki banyak sekali keunggulan, seperti antibakteri, ramah lingkungan, serta tidak menghantarkan listrik statis. Daya serap keringat pada katun bambu juga sangat baik sehingga sejuk saat dipakai.


Kain bedong berbahan katun bambu memiliki tampilan premium sehingga tak heran jika harganya cenderung lebih mahal. Biasanya, material katun bambu untuk bedong bayi juga dikombinasikan dengan kain muslin. Muslin merupakan kain katun lembut dan hangat yang banyak digunakan untuk membuat pakaian bayi. Dengan begitu, tampilan kain bedong ini terlihat berkelas dan ideal untuk dijadikan bingkisan.

Flanel, harganya ramah di kantong

Flanel, harganya ramah di kantong

Flanel terbuat dari serat wol dengan proses penguapan. Kain bedong bayi berbahan flanel biasanya memiliki warna cerah dan motif ceria. Jika dibandingkan dengan kain katun premium, kain flanel tentu jauh lebih murah. Kain flanel juga cenderung kaku dan agak panas. Sebaiknya, gunakan kain bedong berbahan flanel pada malam hari saat cuaca sedang dingin.

Periksa isi per kemasan

Kain bedong bayi dikemas dengan jumlah yang berbeda-beda. Kemasan yang biasa dijumpai ialah berisi 1 pc, 3 pcs, dan 6 pcs. Bagi yang ingin praktis dengan membeli banyak produk sekaligus, pilihlah isi setengah lusin atau 6 pcs. Sebaliknya, jika ingin membeli produk dengan merek yang berbeda-beda, kami sarankan untuk memilih isi 1 atau 3 pcs.


Kain bedong berbahan premium biasanya dikemas satuan, begitu pula dengan bedong instan. Namun, membeli satu per satu tentu akan memakan biaya yang lebih besar. Jadi, pilihlah produk yang sesuai dengan anggaran!

Pertimbangkan juga modelnya

Pertimbangkan juga modelnya

Memilih kain bedong bayi berdasarkan modelnya juga perlu dipertimbangkan. Baik bedong bayi polos maupun bermotif, pilihlah sesuai selera Anda. Dari segi warna, kami sarankan untuk memilih bedong berwarna soft ataupun cerah. Dengan begitu, ketika ada serangga seperti nyamuk dan semut yang menempel pada bedong, Anda dapat melihatnya dengan jelas. Memakaikan warna cerah pada bayi juga akan membuat tampilannya selalu fresh sehingga membuat mood ibu selalu baik.

10 Rekomendasi kain bedong bayi terbaik

Sekarang, kami akan mengulas satu per satu produk rekomendasi kain bedong bayi yang bagus untuk si kecil. Silakan pilih sesuai selera dan anggaran yang Anda miliki. 

10
TipeKain
BahanFlanel
Isi6 pcs
ModelMotif
9
TipeKain
Bahan60% viscose, 40% cotton
Isi1 pc
ModelMotif (Flying Dumbo, Mickey Anchor, Pooh Balloon, Animals Kingdom, Rainbow, dan sebagainya)
8

Felicia TjongBedong Bayi Polos Rainbow Isi 6

Mulai dari Rp 110.000,00

TipeKain
Bahan100% katun
Isi6 pcs
ModelPolos (warna rainbow muda dan tua)
7

MOOIMOMBaby Muslin Swaddle Blanket - Selimut Bedong Bayi

Mulai dari Rp 189.000,00

TipeKain
Bahan100% kapas organik
Isi1 pc
ModelMotif (cross, feathers, fish, giraffe, grey stars, lighting, peace, white stars)
6

HoppipollakidsKain Bedong Bayi Muslin Swaddle

Mulai dari Rp 84.500,00

TipeKain
BahanBamboo rayon, katun (tergantung motif)
Isi1 pc
ModelMotif
5

Madre BabyMuslin Swaddle (Bedong) Organic Bamboo

Mulai dari Rp 60.000,00

TipeKain
Bahan70% bamboo, 30% cotton
Isi1 pc
ModelPolos dan motif
4
TipeKain
Bahan100% premium cotton
Isi1 pc
ModelPolos dan motif
3
TipeKain
BahanKaos TC (kombinasi serat kapas alami dan sintetis)
Isi3 pcs
ModelPolos dan motif
2

I am CottonBedong Instan Bayi / Baby Swaddle

Mulai dari Rp 65.000,00

TipeInstan
BahanCotton interlock premium
Isi1 pc
ModelPolos
1
TipeInstan
Bahan100% cotton
Isi1 pc
ModelMotif

Tabel perbandingan produk kain bedong bayi terbaik

Gambar produk
1
Ergobaby Swaddler 1

Ergobaby

2
I am Cotton Bedong Instan Bayi / Baby Swaddle 1

I am Cotton

3
Fluffy Bedong Bayi Isi 3 pcs 1

Fluffy

4
Bohobaby Bohopanna Swaddle  1

Bohobaby

5
Madre Baby Muslin Swaddle (Bedong) Organic Bamboo 1

Madre Baby

6
Hoppipollakids Kain Bedong Bayi Muslin Swaddle 1

Hoppipollakids

7
MOOIMOM Baby Muslin Swaddle Blanket - Selimut Bedong Bayi 1

MOOIMOM

8
Felicia Tjong Bedong Bayi Polos Rainbow Isi 6 1

Felicia Tjong

9
Palmerhaus Muslin Swaddle 1

Palmerhaus

10
Vinata Bedong Bayi Bahan Flanel Isi 6 1

Vinata

Nama produk

Swaddler

Bedong Instan Bayi / Baby Swaddle

Bedong Bayi Isi 3 pcs

Bohopanna Swaddle

Muslin Swaddle (Bedong) Organic Bamboo

Kain Bedong Bayi Muslin Swaddle

Baby Muslin Swaddle Blanket - Selimut Bedong Bayi

Bedong Bayi Polos Rainbow Isi 6

Muslin Swaddle

Bedong Bayi Bahan Flanel Isi 6

Keunggulan

Antirepot saat mengganti popok

Desain sleeveless unik untuk pemakaian di siang hari, antigerah!

Lembut dan antikusut tanpa harus disetrika

Mau warna earth tone, pastel, atau motif? Semuanya stylish!

Material hypoallergenic-nya aman untuk kulit sensitif

Tetap hangat saat tidur di ruangan ber-AC

Nyaman dikenakan di segala cuaca

Pilihan bedong polos warna pelangi untuk penggunaan harian

Material bebas toxic untuk jaga kesehatan si kecil

Kain bedong ekonomis, nggak bikin dompet meringis

Harga mulai dariRp 619.000,00Rp 65.000,00Rp 162.000,00Rp 50.000,00Rp 60.000,00Rp 84.500,00Rp 189.000,00Rp 110.000,00Rp 85.000,00Rp 89.000,00
TipeInstanInstanKainKainKainKainKainKainKainKain
Bahan100% cottonCotton interlock premiumKaos TC (kombinasi serat kapas alami dan sintetis)100% premium cotton70% bamboo, 30% cottonBamboo rayon, katun (tergantung motif)100% kapas organik100% katun60% viscose, 40% cottonFlanel
Isi1 pc1 pc3 pcs1 pc1 pc1 pc1 pc6 pcs1 pc6 pcs
ModelMotifPolosPolos dan motifPolos dan motifPolos dan motifMotifMotif (cross, feathers, fish, giraffe, grey stars, lighting, peace, white stars)Polos (warna rainbow muda dan tua)Motif (Flying Dumbo, Mickey Anchor, Pooh Balloon, Animals Kingdom, Rainbow, dan sebagainya) Motif
Tautan produk

Cara memakaikan bedong bayi

Cara memakaikan bedong bayi

Memakaikan bedong bayi tipe kain harus dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan risiko. Khususnya untuk para orang tua baru yang belum berpengalaman, simaklah cara membedong bayi berikut ini.


  • Letakkan bedong bayi pada permukaan datar dengan posisi belah ketupat, lipat sedikit bagian atasnya hingga membentuk segitiga
  • Letakkan bayi di atas kain bedong dengan posisi lipatan berada sejajar di bagian bahu bayi
  • Pastikan salah satu sisi kain lebih pendek kira-kira selebar badan bayi
  • Tempatkan kedua tangan bayi ke samping, yaitu mengapit tubuhnya
  • Sisi kain yang lebih pendek didahulukan untuk membalut badan bayi
  • Lakukan hal yang sama pada sisi kain yang lebih panjang, angkat badan bayi perlahan untuk membalut bagian belakangnya
  • Kumpulkan sisa kain pada bagian kaki bayi, lalu ikat atau bisa juga diselipkan
  • Pastikan bahwa Anda telah membedong dengan longgar dan kaki bayi masih dapat bebas bergerak.

Baca juga rekomendasi berbagai pakaian bayi lainnya di sini

Bedong termasuk salah satu pakaian untuk bayi baru lahir yang bertujuan menghangatkan. Selain bedong, kami juga telah mengulas rekomendasi produk yang tergolong sebagai pakaian bayi. Sebut saja topi, kaos kaki, sarung tangan, dan sebagainya. Ayo klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan perlengkapan bayi terbaik!

Kesimpulan

Pembahasan mengenai kain bedong bayi terbaik sudah kami ulas dengan tuntas. Di antara bedong kain dan bedong instan, manakah yang sesuai dengan selera Anda? Keduanya merupakan bedong bayi yang bagus asalkan dikenakan dengan tepat.


Anda juga wajib memastikan kain bedong terbuat dari bahan berkualitas agar bayi dapat nyaman tidur. Pilihlah bahan yang mampu menyerap keringat, hangat, serta aman bagi kulit bayi. Semoga Anda tidak lagi bingung dalam menentukan pilihan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus. Tentunya dengan mempertimbangkan bahan botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek terbaik, seperti Sweety, Baby HUKI, Pigeon, dan lainnya. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Kaos Kaki Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kaos Kaki Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan kaus kaki pada bayi sering menjadi pro kontra para orang tua, boleh atau tidak dipakaikan? Di sini, kami akan membahas penggunaan kaus kaki yang tepat untuk bayi serta cara memilih produk terbaik. Sebelumnya, Anda bisa mengukur telapak kaki bayi dahulu sebelum membeli produknya. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi merek kaus kaki bayi yang bagus. Ada merek Libby, Little Palmerhaus, atau I am Cotton. Anda bisa memilih model kaus kaki untuk bayi perempuan atau kaus kaki bayi laki-laki. Mari temukan kaus kaki bayi yang sesuai untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori