• Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

Review: 5 Rekomendasi Toner Anti-Aging Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat tanda-tanda penuaan seperti keriput tipis, kulit kendur, pori-pori membesar datang, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Salah satu solusi ialah menggunakan toner anti-aging yang mampu mengencangkan, mencerahkan, dan melembabkan kulit. Sekarang banyak merk toner anti-aging yang beredar di masyarakat seperti Hada Labo, Lancome, dan SK-II. Namun, tahukah Anda produk mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda?


mybest original review akan melakukan evaluasi terhadap puluhan toner anti-aging yang populer di pasaran. Seluruh kegiatan review kami lakukan di Jepang dengan mempertimbangkan poin-poin berikut ini:

1. Evaluasi bahan

2. Kemampuan melembapkan

3. Sensasi penggunaan


Di artikel ini, kami juga akan memperkenalkan cara memilih toner anti-aging yang bagus. Bacalah artikel ini untuk menemukan produk yang paling sesuai dengan Anda.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Hatta Shani
Hanifa
Farhati Mardhiyah
  • Pembaharuan terakhir: 15 Juni 2021
  • 4.857 Views
Daftar isi

Cara memilih toner anti-aging

Cara memilih toner anti-aging

Sebelum masuk ke pembahasan mybest original review, kami hendak memperkenalkan empat poin penting saat memilih toner anti-aging. Di mybest original review ini, kami dibantu oleh seorang ilmuwan kecantikan bernama Kaori. 


Kaori memiliki blog yang membahas sains kecantikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Ia berharap pembacanya akan teredukasi dan bisa mengaplikasikan sedikit pengetahuan sains untuk mendapatkan produk kecantikan yang paling cocok. Selain itu, Kaori juga banyak berperan dalam development kosmetik, kegiatan public relations, serta kerja sama dengan sejumlah perusahaan.

① Ceklah kandungan yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit Anda

① Ceklah kandungan yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit Anda

Oksigen aktif yang dihasilkan di dalam kulit adalah salah satu pemicu kekeringan dan berkurangnya kekencangan kulit. Karena itu, toner anti-aging yang mengandung antioksidan direkomendasikan untuk pencegahan harian. Namun, sering kali informasi ini hanya ditulis sebagai "bahan antioksidan" di produk. Karena itu, Anda perlu mengenali dari daftar kandungannya lebih dalam.


<Bahan antioksidan yang direkomendasikan>

  • Bahan vitamin C
  • Fullerene
  • Astaxanthin
  • Coenzyme Q10
  • Sodium tocopheryl phosphate


Anda yang mengkhawatirkan tanda-tanda penuaan kulit juga sebaiknya memilih produk-produk yang dilengkapi bahan anti-aging. Selain itu, cek juga apakah produk pilihan Anda memiliki kandungan yang dilengkapi bahan pelembap guna menjaga kekencangan kulit wajah.


<Kandungan anti-aging>

  • Kandungan untuk memperbaiki kerutan (retinol, NEI-L1, nicotinamide)
  • Tocopheryl retinoate
  • Komponen kaya peptide (galactomyces broth, human stem cell broth, saccharomyces broth, placenta extract, dan lainnya)
  • Aneka peptide (Acetyl Hexapeptide-8, Pentapeptide-18, Acetyl Hexapeptide-30, dan lainnya)

② Pilihlah toner dengan khasiat melembapkan

Saat memilih skincare yang sesuai dengan umur, kandungan pelembap adalah bahan minimal yang harus ada. Untuk mencegah kerutan yang disebabkan oleh kulit kering, jagalah kelembapan kulit Anda. Saat memilih toner anti-aging, ceklah apakah produk tersebut mengandung bahan-bahan yang akan kami sampaikan.


Selain itu, skincare dengan kandungan BG memiliki tekstur yang menyegarkan. Di sisi lain, glycerin memiliki tekstur yang lembap. Jenis kandungan pelembap juga memengaruhi tekstur, lho! Jadi periksalah kandungan bahan dengan saksama. 


<Bahan dan tekstur toner>

  • BG: bertekstur menyegarkan
  • Glycerin: bertekstur lembap
  • Hydrolyzed hyaluronic acid/hydrolyzed collagen: bertekstur tebal
  • Bahan pengental seperti carbomer dan xanthan gum: menyesuaikan ketebalan tekstur dengan jumlah campuran

Menurut Kaori, selain bahan-bahan di atas, natural moisturizing factor (NMF) dan ceramide juga merupakan bahan yang sering tercantum. Tentunya, sulit untuk menilai apakah toner memiliki kekuatan melembapkan yang tinggi hanya dari daftar bahan saja. Di sini, kami juga akan memverifikasi kekuatan melembapkan dari tiap produk. Mari jadikan informasi ini sebagai salah satu bahan pertimbangan Anda.

③ Periksalah kandungan bahan pengawet

③ Periksalah kandungan bahan pengawet

Toner akan dipakai langsung pada kulit Anda. Karena itu, pastikan tidak ada kandungan yang rawan menyebabkan iritasi. Untuk mengecek, pilihan terbaik adalah mencoba produk langsung menggunakan tester. Namun, Anda juga bisa mengira-ngira dengan melihat label komposisi bahan. 


Pengawet adalah salah satu bahan penyebab iritasi. Namun, bahan pengawet seperti paraben dan fenix ethanol tergolong aman kecuali jika tidak cocok dengan kulit Anda. Keduanya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dan dikenal sebagai bahan yang cukup andal. 


Kaori juga menambahkan untuk memeriksa adanya kandungan ekstrak tumbuhan. Ekstrak tumbuhan bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pelembap. Beberapa toner juga membuat produk dengan memasukkan banyak kandungan ekstrak tumbuhan. Namun, produk dengan kandungan ekstrak tumbuhan yang banyak rawan menyebabkan alergi. Karena itu, perhatikanlah bahan ini ketika memilih toner. 

④ Carilah produk yang nyaman untuk Anda gunakan tiap hari

④ Carilah produk yang nyaman untuk Anda gunakan tiap hari

Toner anti-aging sebaiknya dipakai secara kontinu. Karena itu, pilihlah yang paling nyaman Anda pakai tanpa perlu berkompromi. Tiga faktor yang sangat memengaruhi kenyamanan pemakaian adalah tekstur, aroma, dan wadah produk.


Terdapat tiga tekstur toner yang bisa Anda pilih, yaitu tekstur yang menyegarkan, melembapkan, atau kental. Sebagai perawatan anti-aging, mungkin banyak di antara Anda yang memilih toner dengan tekstur kental. Namun, jika Anda menyukai tekstur yang menyegarkan, pilihlah toner dengan kandungan BG di urutan awal komposisi. 


Agar Anda bisa memakai toner dengan senang hati siang dan malam, pilihlah produk dengan aroma yang Anda sukai. Pastikan juga aroma toner pilihan Anda tidak bertabrakan dengan aroma skincare lain yang Anda miliki.


Untuk wadah, pilihlah botol yang mudah dibuka dan tutup. Perhatikan jumlah cairan yang keluar, ukuran botol, dan faktor kenyamanan lainnya. 


Kaori juga menambahkan bahwa harga toner juga dipengaruhi oleh jenis kandungan aktifnya. Untungnya, belakangan ini produk dengan kandungan memperbaiki kerutan dengan harga terjangkau meningkat di pasaran. Untuk bisa mengetahui pasti hasil dari toner pilihan Anda, pakailah toner dalam jangka waktu panjang.


Di antara bahan aktif tersebut, ada juga yang baru memperlihatkan hasilnya setelah pemakaian tiga bulan. Untuk memudahkan pemakaian yang kontinu, penting untuk memilih produk dengan sensasi penggunaan dan budget yang sesuai.

Review produk toner anti-aging terpopuler

Review produk toner anti-aging terpopuler

Di sini, kami akan membahas hasil review dari produk toner anti-aging yang kami kumpulkan. Tiga tahapan verifikasi yang kami lakukan adalah sebagai berikut:

Verifikasi ①:Evaluasi bahan
Verifikasi ②:Kemampuan melembapkan
Verifikasi ③:Sensasi penggunaan

Verifikasi ① : Evaluasi bahan

Verifikasi ① : Evaluasi bahan

Pertama, kami mengecek kandungan bahan yang sangat penting dipertimbangkan saat Anda memilih toner anti-aging. Dua hal yang menjadi fokus kami adalah kelembutan bahan dan keberadaan formula anti-aging dalam produk. Poin-poin khusus yang menjadi penilaian kami adalah:

  • Apakah bahan dasar toner mengandung bahan yang melembapkan?
  • Apakah terdapat kandungan pelembap dengan massa molekul rendah seperti gula dan asam amino?
  • Apakah terdapat kandungan pelembap dengan bahan molekul tinggi seperti hyaluronic acid dan hydrolyzed collagen?
  • Apakah terdapat kandungan bahan antioksidan dan aging care?

[Highlight] Hasil yang maksimal tidak selalu datang dari produk high-end

Tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat banyak produk premium dengan harga tinggi dalam anti-aging skincare. Tidak mengherankan apabila Anda kerap mengasosiasikan skincare anti-aging dengan produk branded yang harganya mahal. Namun, pada evaluasi ini kami menemukan bahwa banyak juga produk-produk drugstore yang menunjukkan hasil memuaskan.

Verifikasi ② : Kemampuan melembapkan

Verifikasi ② : Kemampuan melembapkan

Selanjutnya, kami akan mengecek kemampuan melembapkan dari tiap toner. Pertama, kami mengaplikasikan toner pada lengan dengan jumlah yang disesuaikan. Setelah itu, kami menggunakan alat khusus untuk mengecek kadar air sebelum dan dua jam setelah pemakaian toner. Kami juga mengecek apakah kadar air dapat tetap terjaga dengan baik setelah waktu pengaplikasian. 

[Highlight] Mayoritas produk memiliki daya melembapkan yang di atas rata-rata

[Highlight] Mayoritas produk memiliki daya melembapkan yang di atas rata-rata

Di verifikasi kemampuan melembapkan, ada beberapa toner yang membuat kadar air di kulit menurun dibandingkan sebelum pengaplikasian produk. Namun, banyak juga produk yang mampu meningkatkan kadar air lebih tinggi dari sebelum aplikasi. Beberapa produk bahkan mampu membuat permukaan kulit lembap dua jam setelah waktu pemakaian. 

Verifikasi ③ : Sensasi penggunaan

Verifikasi ③ : Sensasi penggunaan

Terakhir, kami mengecek sensasi penggunaan untuk mengetahui manakah toner yang bisa diharapkan untuk pemakaian dalam jangka waktu panjang. Tiap satu produk toner dipakai oleh tiga staf mybest. Para staf kemudian menilai toner dengan poin-poin berikut:

  • Tekstur (apa lengket atau mudah diratakan?)
  • Aroma
  • Kenyamanan penggunaan wadah

[Highlight] Penting untuk mencari toner yang melembapkan tetapi tidak lengket di kulit

[Highlight] Penting untuk mencari toner yang melembapkan tetapi tidak lengket di kulit

Banyak toner anti-aging memiliki kekuatan melembapkan yang tinggi. Hal yang sama kemungkinan menyebabkan para staf monitor berpendapat bahwa tekstur toner terasa lengket. Sedikit sekali toner yang memiliki tekstur ringan, tetapi tetap berkhasiat melembapkan. 


Kami menemukan kecenderungan penilaian yang tinggi pada penilaian aroma produk. Aroma floral yang elegan dan aroma essential oil yang enak dihirup dalam-dalam mendapatkan skor tinggi. Selain sebagai tahapan skincare, toner dengan aroma yang menenangkan bisa membuat Anda rileks, bukan?

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

L'Oreal ParisRevitalift Crystal Micro-Essence

Mulai dari Rp 239.000,00

Spesialis
mybest

Tabel perbandingan produk toner anti-aging terbaik mybest original review

Gambar produk
1
Rohto Laboratories Hada Labo Gokujyun Alfa Lotion 1

Rohto Laboratories

2
L'Oreal Indonesia Shu Uemura Ultime8 Sublime Beauty Oil in Lotion 1

L'Oreal Indonesia

3
P&G SK-II Facial Treatment Essence PITERA 1

P&G

4
Lancôme Absolue Rose 80 Lotion 1

Lancôme

5
Clarins Extra-Firming Treatment Essence 1

Clarins

Nama produk

Hada Labo Gokujyun Alfa Lotion

Shu Uemura Ultime8 Sublime Beauty Oil in Lotion

SK-II Facial Treatment Essence PITERA

Absolue Rose 80 Lotion

Extra-Firming Treatment Essence

Keunggulan

Mengandung beberapa bahan pelembap terkenal, bermanfaat untuk mengencangkan kulit

Bisa digunakan untuk perawatan anti-aging, tetapi sebaiknya dihindari oleh sensitif

Mengandung Pitera, formula khusus yang dipatenkan oleh SK-II

Kurang cocok dibawa traveling, tetapi teksturnya seperti serum yang melembapkan

Aromanya elegan dan teksturnya kental, tetapi mudah terserap kulit

Harga mulai dariRp 43.000,00Rp 127.000,00Rp 250.000,00Rp 375.000,00Rp 105.000,00
WadahBotolBotolBotolBotolBotol
Bahan aktif-----
Bahan pelembap utamaGlycerin, BG, hyaluronic acid, collagen, peptideGlycerin, ekstrak tumbuhanBGGlycerin, hyaluronic acid, ekstrak tumbuhanGlycerin, BG, hyaluronic acid, ekstrak tumbuhan
Usia rekomendasiBelasan hingga 50-an40-an30-an hingga 50-an20-an hingga 50-an30-an hingga 40-an
Kondisi kulitKering, berminyak, kombinasi, penuaanKombinasiKeringKering, kombinasi, penuaanKering
Isi130 g, 170 g15 ml, 50 ml, 150 ml30 ml, 75 ml, 230 ml50 ml, 150 ml50 ml, 190 ml
Daya melembapkan2.63.31.02.32.3
Evaluasi bahan (anti-aging)3.81.93.11.91.3
Sensasi penggunaan2.93.33.03.34.1
Total penilaian3.32.62.52.32.2
Tautan produk

5 Rekomendasi toner anti-aging terbaik mybest original review

Kami telah memperkenalkan cara memilh toner anti-aging yang bagus dan mengevaluasi berbagai produk yang ada. Setelah ini, kami akan merekomendasikan toner anti-aging yang bisa Anda dapatkan di e-commerce Indonesia. 

1

Rohto LaboratoriesHada Labo Gokujyun Alfa Lotion

Ultimate Anti-aging Series

Mulai dari Rp 43.000,00

WadahBotol
Bahan aktif-
Bahan pelembap utamaGlycerin, BG, hyaluronic acid, collagen, peptide
Usia rekomendasiBelasan hingga 50-an
Kondisi kulitKering, berminyak, kombinasi, penuaan
Isi130 g, 170 g
Daya melembapkan2.6
Evaluasi bahan (anti-aging)3.8
Sensasi penggunaan2.9
Total penilaian3.3
2

L'Oreal IndonesiaShu Uemura Ultime8 Sublime Beauty Oil in Lotion

Mulai dari Rp 127.000,00

WadahBotol
Bahan aktif-
Bahan pelembap utamaGlycerin, ekstrak tumbuhan
Usia rekomendasi40-an
Kondisi kulitKombinasi
Isi15 ml, 50 ml, 150 ml
Daya melembapkan3.3
Evaluasi bahan (anti-aging)1.9
Sensasi penggunaan3.3
Total penilaian2.6
3
P&G SK-II Facial Treatment Essence PITERA 1

P&GSK-II Facial Treatment Essence PITERA

Mulai dari Rp 250.000,00

WadahBotol
Bahan aktif-
Bahan pelembap utamaBG
Usia rekomendasi30-an hingga 50-an
Kondisi kulitKering
Isi30 ml, 75 ml, 230 ml
Daya melembapkan1.0
Evaluasi bahan (anti-aging)3.1
Sensasi penggunaan3.0
Total penilaian2.5
4
WadahBotol
Bahan aktif-
Bahan pelembap utamaGlycerin, hyaluronic acid, ekstrak tumbuhan
Usia rekomendasi20-an hingga 50-an
Kondisi kulitKering, kombinasi, penuaan
Isi50 ml, 150 ml
Daya melembapkan2.3
Evaluasi bahan (anti-aging)1.9
Sensasi penggunaan3.3
Total penilaian2.3
5

ClarinsExtra-Firming Treatment Essence

Mulai dari Rp 105.000,00

WadahBotol
Bahan aktif-
Bahan pelembap utamaGlycerin, BG, hyaluronic acid, ekstrak tumbuhan
Usia rekomendasi30-an hingga 40-an
Kondisi kulitKering
Isi50 ml, 190 ml
Daya melembapkan2.3
Evaluasi bahan (anti-aging)1.3
Sensasi penggunaan4.1
Total penilaian2.2

Kapankan sebaiknya mulai memakai skincare anti-aging?

Kapankan sebaiknya mulai memakai skincare anti-aging?

Mungkin banyak di antara Anda yang bingung kapankah saat yang tepat untuk memulai perawatan anti-aging. Sebetulnya, pencegahan adalah perawatan terhadap penuaan yang paling efektif.


Gunakanlah toner dengan antioksidan sebelum kekencangan berkurang atau tekstur kulit terganggu. Jumlah orang yang merasa elastisitas kulit berkurang meningkat pesat di usia 30-an. Sebagai pencegahan, mulailah memakai skincare dengan bahan antioksidan sejak usia 20-an.


Katanya, jika Anda rutin melakukan perawatan kulit, kemungkinan penurunan fungsi fisiologis kulit akan tertunda. Menggunakan skincare dengan bahan antioksidan bisa dilakukan dari segala usia


Namun, tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan bahan-bahan khusus anti-aging sebelum terjadi perubahan pada kekencangan dan tekstur kulit. Ingatlah untuk memilih formulasi bahan yang sesuai dengan usia dan kondisi kulit Anda.

Baca juga artikel skincare anti-aging lainnya di sini

Seperti yang kami katakan sebelumnya, perawatan anti-aging bisa dilakukan paling cepat sejak usia 20-an. Bukan hanya toner, mungkin Anda juga memerlukan perawatan kulit lain dengan fungsi anti-aging. Mari baca artikel berikut untuk mendapatkan inspirasi produk anti-aging terbaik!

Kesimpulan

Berkurangnya elastisitas kulit dan timbulnya garis-garis halus adalah tanda penuaan yang harus diwaspadai. Perawatan anti-aging bisa dimulai dengan mengganti skincare yang biasa Anda gunakan. Di artikel ini, kami telah membahas cara memilih serta mengevaluasi berbagai macam toner anti-aging


Semoga informasi dan rekomendasi yang kami sampaikan bisa menjadi pertimbangan tambahan saat Anda memilih toner anti-aging terbaik. Mari jaga keremajaan kulit dan tampil awet muda dengan perawatan yang sesuai!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    986.520 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    562.389 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    748.989 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    104.329 Views
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Noda hitam atau flek hitam memang mengganggu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang ampuh. Namun, memilih cream yang bagus untuk menghilangkan flek hitam juga tidak mudah. Untuk itu, kami menyiapkan tips memilih cream penghilang flek hitam terbaik. Beragam merek cream penghilang flek hitam, seperti Olay, L'Oreal, dan ERHA dapat Anda temukan di sini. Ikuti juga tips dari dr. Dia Febrina dan simak ulasan rekomendasi cream penghilang flek hitam dari kami, ya!
    Perawatan wajah
    657.319 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    290.976 Views
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit sensitif sangat rentan terhadap paparan sinar matahari sehingga Anda memerlukan sunscreen. Namun, tidak semua sunscreen aman untuk Anda, terutama jika kulit Anda berminyak atau mudah berjerawat. Apabila Anda kesulitan memilih sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif, artikel ini pas untuk Anda.Kali ini kami akan memberikan tips memilih sunscreen untuk kulit sensitif dan memberi rekomendasi produk yang bagus. Berbagai merek, seperti L'Oreal, Banana Boat, Neutrogena, dan Cetaphil ada di sini. Tidak ketinggalan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    127.305 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori