1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Laptop Terbaik untuk Desain Grafis - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Desain grafis merupakan pekerjaan yang membutuhkan laptop berspesifikasi tinggi. Tak heran bila harga laptop desain grafis di pasaran tidaklah murah, yaitu mulai dari 6 jutaan. Saking banyaknya laptop desain grafis, Anda mungkin merasa bingung saat hendak membeli produk.


Karena itu, kami akan memberikan tips memilih spesifikasi laptop untuk desain grafis. Kami juga akan memberikan rekomendasi laptop yang bagus dengan spesifikasi tinggi untuk desain grafis 3D dan 2D. Merek laptop terbaik, seperti ASUS, Acer, dan MSI, akan Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo.

Diperbaharui 11-30-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Karakteristik laptop untuk desain grafis

Karakteristik laptop untuk desain grafis

Laptop untuk desain grafis diproduksi dengan mengedepankan kecepatan dan ketahanan. Hal ini karena laptop desain grafis lebih banyak menjalankan software dengan proses kerja berat dan output file yang besar. Beberapa contohnya ialah software CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, 3Ds Max, dan AutoCAD, Inkscape.


Mungkin Anda bertanya, apakah laptop gaming dapat digunakan untuk menjalankan berbagai software desain grafis? Jawabannya adalah bisa. Untuk membuat desain 2D dan 3D, dibutuhkan laptop dengan spesifikasi cukup tinggi, khususnya pada bagian GPU dan prosesornya. Poin ini dipenuhi tidak hanya oleh laptop khusus desain grafis, tetapi juga laptop gaming.


Namun, tidak semua laptop gaming mendukung pekerjaan desain grafis. Selain itu, kebanyakan laptop gaming memiliki bodi besar sehingga cukup merepotkan untuk dibawa.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop untuk desain grafis

Menentukan laptop yang dapat menunjang pekerjaan desain grafis bukanlah perkara mudah. Simaklah penjelasan berikut ini untuk mendapatkan produk yang tepat.

① Sesuaikan dengan tingkat penggunaan

Makin tinggi spesifikasi dari sebuah laptop, makin tinggi juga harganya. Untuk itu, sebelum Anda mengeluarkan banyak biaya, pastikan Anda memilih laptop sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Intel Core i5, untuk pekerjaan desain ringan

Intel Core i5, untuk pekerjaan desain ringan

Saat Anda membuka aplikasi desain, prosesor laptop akan bekerja lebih berat. Di sisi lain, makin tinggi seri sebuah software desain grafis yang Anda gunakan, makin berat pula kerja prosesornya. Untuk itu, jika Anda ingin memperbarui seri software desain grafis, pertimbangkan juga kemampuan prosesornya.


Sebenarnya, menggunakan prosesor jenis Intel Core i3 tak masalah. Namun, beban kerja laptop akan menjadi lebih berat. Untuk itu, pilihlah laptop berprosesor setidaknya Intel Core i5. Dengan begitu, kecil kemungkinan software mengalami lag atau keterlambatan respons. Jenis prosesor ini juga dapat digunakan untuk pekerjaan desain ringan, seperti cropping, membuat logo, atau mendesain poster.


Di samping itu, Anda akan menemukan laptop yang menggunakan prosesor AMD. Sebagai kompetitor dari merek Intel, harga prosesor AMD tergolong lebih terjangkau. Untuk merek prosesor AMD sendiri, pilihlah seri AMD Ryzen 5. Jenis prosesor ini memiliki performa yang setara dengan Intel Core i5.

Intel Core i7, untuk profesional dan pekerjaan multitasking

Intel Core i7, untuk profesional dan pekerjaan multitasking

Core merupakan komponen yang sangat penting pada prosesor. Makin banyak jumlah core pada prosesor, proses kerja laptop pun menjadi lebih ringan. Di samping itu, Anda dapat melakukan pekerjaan multitasking dengan membuka aplikasi secara bersamaan tanpa takut kinerja laptop melambat.


Meskipun laptop Intel Core i3 mampu membuka banyak aplikasi sekaligus, kecepatannya tetap tidak setara laptop Intel Core i7. Jika Anda desainer profesional, memilih laptop dengan prosesor Intel Core i7 adalah solusi terbaik. Untuk saat ini, prosesor Intel Core i7 masih menjadi salah satu jenis prosesor tertinggi di kelas Intel. Sementara untuk merek AMD, kami merekomendasikan prosesor AMD Ryzen 7.


Keunggulan dari dua prosesor ini terletak pada daya tahannya yang lebih baik. Saat Anda membuka aplikasi secara bersamaan, mesin laptop tidak gampang panas. Selain itu, keduanya juga menawarkan kecepatan tinggi dalam membuka dan menutup software.

② Perhatikan GPU atau graphic card-nya

Perhatikan GPU atau graphic card-nya

GPU atau graphic processing unit merupakan komponen laptop yang bekerja untuk menghasilkan gambar di layar monitor. GPU sering disebut sebagai graphic card. Makin bagus jenis GPU yang digunakan, gambar pada layar akan terlihat makin halus dan tajam. Efeknya sangat terasa, terlebih untuk pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan objek dalam bentuk 2D, 3D, hingga rendering.


Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan graphic card minimal tingkat mid-end, seperti NVIDIA GeForce, NVIDIA Quadro, dan AMD Radeon. Selain tiga merek tersebut, terdapat juga merek Intel Graphics yang patut dipertimbangkan. Jenis GPU ini cocok untuk menjalankan software ringan dengan kebutuhan desain standar.

③ Periksa ukuran dan resolusi layarnya

Periksa ukuran dan resolusi layarnya

Saat Anda menggunakan laptop dengan layar besar, Anda akan mendapatkan bidang kerja yang luas. Namun, bagi Anda yang menginginkan kepraktisan, keberadaan layar besar malah mungkin terasa merepotkan.


Jika Anda sering membawa laptop ke mana-mana, kami merekomendasikan produk yang ringan dengan ukuran sekitar 13 inci. Laptop dengan ukuran tersebut rata-rata memiliki bobot sekitar 1 kg sehingga tidak begitu berat saat dibawa. Sementara itu, untuk Anda yang sering menggunakan laptop di rumah, silakan gunakan produk berukuran 14 inci atau lebih.


Selain ukuran layarnya, perhatikan juga besaran resolusinya. Makin besar resolusi layarnya, makin detail dan tinggi kontrasnya. Idealnya, untuk pekerjaan desain grafis, pilihlah laptop yang setidaknya memiliki resolusi full HD (1920 x 1080).

④ Gunakan laptop dengan RAM minimal 8 GB

Gunakan laptop dengan RAM minimal 8 GB

RAM atau random access memory merupakan tempat menyimpan data sementara dan menjalankan berbagai instruksi program. Umumnya, software desain grafis memiliki proses kerja yang berat sehingga akan memakan kapasitas RAM cukup besar. Untuk itu, RAM yang dibutuhkan akan lebih besar.


Sebenarnya, menggunakan laptop dengan RAM berkapasitas 4 GB tak jadi masalah. Namun, proses kerja software Anda akan melambat dan mudah terkena delay atau malah crash. Untuk itu, kami sarankan Anda menggunakan laptop dengan RAM minimal 8 GB agar proses desain lebih maksimal.

⑤ Pertimbangkan media penyimpanan SSD untuk proses yang lebih cepat

Pertimbangkan media penyimpanan SSD untuk proses yang lebih cepat

Umumnya, hasil rendering software desain grafis memiliki ukuran yang cukup besar. Hal ini tentu akan memakan kapasitas media penyimpanan internal pada laptop. Berbeda jika Anda memiliki budget lebih untuk membeli hard disk eksternal dan menyimpan seluruh file Anda di sana. Mempertimbangkan hal tersebut, pilihlah laptop dengan media penyimpanan minimal 1 TB.


Di samping itu, jenis media penyimpanan pada laptop memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap proses membaca data. Di pasaran terdapat dua jenis media penyimpanan laptop, yaitu jenis HDD (hard disk drive) dan SSD (solid-state drive). Tiap-tiap media penyimpanan memiliki performa dan harga yang berbeda.


Untuk Anda yang menginginkan proses kerja dan transfer data yang ringan, pilihlah media penyimpanan SSD. Sayangnya, harga media penyimpanan SSD di pasaran 3x lebih tinggi dibandingkan harga HDD. Sebagai solusinya, memilih SSD dengan kapasitas 512 GB sudah cukup. Sisanya, Anda dapat menggunakan hard disk eksternal.

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk desain grafis

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk laptop terbaik untuk desain grafis yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Acer

Nitro 5 (AN515-57)

Acer Nitro 5 (AN515-57) 1枚目

Display smooth dan punya teknologi pendingin mesin yang canggih

2

HUAWEI

MateBook D15

HUAWEI MateBook D15 1枚目

Laptop untuk desainer pemula yang bertenaga dan aesthetic

3

Lenovo

Legion 5

Lenovo Legion 5 1枚目

Laptop berspesifikasi tinggi dengan storage yang lega

4

MSI

Modern 14 C11M

MSI Modern 14 C11M 1枚目

Memiliki desain yang ramping dengan dapur pacu yang powerful

5

ASUS

ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14  1枚目

Tampil keren berkat 1.215 mini LED

6

Acer

Spin 3 Active (SP313-51N)

Acer Spin 3 Active (SP313-51N) 1枚目

Memiliki tampilan lebih detail dan tajam dengan layar resolusi tinggi

7

MSI

Creator Z17 A12UGST

MSI Creator Z17 A12UGST 1枚目

Dibekali hardware mumpuni dan fitur canggih yang memanjakan para creator

8

ASUS

TUF Gaming F15 (2022)

ASUS TUF Gaming F15 (2022) 1枚目

Fitur eye care-nya membuat mata Anda tidak mudah lelah

9

Acer

ConceptD 3 Ezel

Acer ConceptD 3 Ezel 1枚目

Gunakan enam modenya sesuai kebutuhan Anda

10

ASUS

ZenBook Duo 14

ASUS ZenBook Duo 14 1枚目

Layar gandanya mudahkan Anda dalam mendesain

Perincian produk
Close
No.1

AcerNitro 5 (AN515-57)

Mulai dari Rp16.439.000,00

Display smooth dan punya teknologi pendingin mesin yang canggih

Kelebihan:

  • Desain keren dengan warna hitam doff yang dominan dan aksen merah pada bagian ekor laptop
  • Tingkat kecerahan mencapai 300 nits sehingga akurasi warna cukup baik
  • Pada keyboard-nya dilengkapi lampu backlit RGB dengan empat zona warna

Kekurangan:

  • Bobot masih tergolong berat sehingga kurang nyaman untuk Anda yang bekerja dengan mobilitas tinggi

Jika Anda membutuhkan laptop dengan tampilan yang jernih dan responsif, pastikan tak melewatkan produk ini. Acer Nitro 5 didukung oleh prosesor generasi ke-11 Intel sehingga display-nya lebih smooth. Performa laptop juga lebih stabil dan durabilitasnya lebih lama dengan adanya teknologi Acer CoolBoost. Jadi, laptop Anda tidak akan mudah panas saat dipakai bekerja dalam waktu berjam-jam.

No.2

HUAWEIMateBook D15

Mulai dari Rp11.499.000,00

Laptop untuk desainer pemula yang bertenaga dan aesthetic

Kelebihan:

  • Desain premium, simpel, dan berkelas
  • Ukuran touchpad luas sehingga mudah menerapkan berbagai fungsi mouse
  • Layar laptop memiliki tingkat akurasi warna yang mumpuni

Kekurangan:

  • Keyboard belum dilengkapi backlight sehingga cukup merepotkan proses pengetikan di tempat yang cahayanya redup

Laptop untuk desain grafis ini cocok dipilih jika Anda mementingkan estetika sebagai pertimbangan utama saat memilih laptop. Huawei Matebook D15 memiliki build quality yang sangat bagus dengan menerapkan bahan logam pada beberapa bagian body luarnya.


Selain itu, laptop ini juga dibekali spesifikasi terbaik untuk dijalankan oleh desainer pemula. Ditambah dukungan prosesor Intel Core i5 Gen 11 dan RAM 8 GB, performa laptop jadi tetap maksimal. Nah, untuk Anda yang baru terjun di dunia desain grafis, tak ada salahnya memilih produk ini.

No.3

Laptop berspesifikasi tinggi dengan storage yang lega

Kelebihan:

  • Kapasitas SSD besar dan masih bisa ditambahkan dengan hard disk opsional
  • Memiliki sistem pendingin yang baik dengan kinerja kipas yang relatif senyap
  • Keyboard nyaman digunakan

Kekurangan:

  • Port konektivitas kurang lengkap dengan tidak adanya slot kartu memori SD

Lenovo Legion 5 dikenal sebagai laptop dengan spesifikasi gaming. Namun, hal itu menjadi keunggulan tersendiri bagi Anda yang mencari laptop desain grafis yang multifungsi.


Laptop ini ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 dan graphic card NVIDIA GeForce RTX 3060 untuk memaksimalkan performanya. Ditambah storage berkapasitas besar, Anda bisa lebih leluasa saat menyimpan data dan file penting di laptop. Memori laptop ini juga besar sehingga proses rendering jadi lebih lancar tanpa hambatan.

No.4

Memiliki desain yang ramping dengan dapur pacu yang powerful

Kelebihan:

  • Harganya terbilang terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni
  • Ukuran tombol pada keyboard ringkas sehingga nyaman digunakan

Kekurangan:

  • Gamut warnanya masih NTSC 45% sehinga warna kurang akurat

Laptop keluaran MSI ini memiliki harga terjangkau, tetapi dilengkapi dapur pacu yang tak bisa dianggap remeh. Dibekali GPU Intel Iris Xe Graphics, laptop ramping ini jadi lebih efisien dalam menggunakan daya saat bekerja.


Jika Anda mencari laptop untuk desain grafis yang sederhana, simpel, dan punya ketahanan yang baik, produk ini cocok dipilih. Laptop ini juga memenuhi standar militer MIL-STD-810G sehingga daya tahannya tak perlu diragukan lagi.

No.5

ASUSROG Zephyrus G14 GA401

Mulai dari Rp20.409.000,00

Tampil keren berkat 1.215 mini LED

Kelebihan:

  • Desain terlihat modern dan mewah
  • Didukung prosesor AMD Ryzen 7 sehingga laptop dapat mengoperasikan software berat bersamaan

Kekurangan:

  • Dengan harga belasan juta, sayangnya laptop ini tidak dibekali webcam

Dengan warna abu-abu metalik, laptop ini terlihat mewah. Bagian casing-nya juga didesain unik dan dilengkapi fitur AniMe Matrix™. Fitur tersebut terdiri dari 1.215 mini LED yang dapat menampilkan animasi, teks, dan berbagai efek menarik. Serunya lagi, Anda juga bisa mengatur dan memodifikasi tampilannya. 


Tidak hanya terlihat keren, laptop ini tentunya memadai untuk menunjang profesi Anda sebagai seorang desainer. Prosesor berkualitas tingginya juga menjamin Anda bisa mengoperasikan software berat secara bersamaan. Bila Anda mencari laptop untuk desain grafis dengan personalisasi tampilan fleksibel, produk ini adalah partner terbaik.

No.6

AcerSpin 3 Active (SP313-51N)

Mulai dari Rp15.499.000,00

Memiliki tampilan lebih detail dan tajam dengan layar resolusi tinggi

Kelebihan:

  • Layarnya bisa diputar 360 derajat ke bawah
  • Mendukung input sentuh lebih dari satu jari
  • Dilengkapi stylus dengan sertifikasi dari Wacom

Kekurangan:

  • Bezel pada layar masih tergolong tebal sehingga terkesan kurang modern

Bagi Anda pekerja yang aktif, mobile, dan ingin lebih produktif, kami rekomendasikan produk ini untuk Anda. Memiliki desain unik ala Spin dengan bobot yang ringan, laptop ini mudah dibawa ke mana saja.


Selain itu, laptop ini dibekali layar 13,3 inci multi touch dengan resolusi 2K. Ditambah teknologi panel IPS dan cakupan warna hingga 100% sRGB, Anda akan mendapatkan warna yang akurat. Jadi, konten yang Anda buat akan terlihat lebih detail dan tajam.

No.7

MSICreator Z17 A12UGST

Mulai dari Rp54.999.000,00

Dibekali hardware mumpuni dan fitur canggih yang memanjakan para creator

Kelebihan:

  • Dibekali layar sentuh yang lega dengan resolusi QHD+ yang detail dan warna akurat
  • Mampu menghasilkan animasi lebih mulus dengan refresh rate 165 Hz

Kekurangan:

  • Harganya tinggi dan kurang cocok digunakan oleh content creator pemula karena beberapa fitur cukup rumit untuk dipahami

Untuk para pekerja kreatif, laptop ini sangat mendukung kinerja Anda dengan hardware yang mumpuni dan berbagai fitur menarik. Didukung layar sentuh IPS 17 inci berakurasi tinggi, laptop ini membantu Anda dalam seleksi warna saat merancang sebuah karya.


Selain itu, disediakan juga pena stylus yang dapat diandalkan untuk melakukan navigasi dan menggambar objek. Dengan berbagai fitur canggihnya, laptop desain grafis ini sangat direkomendasikan untuk pekerja profesional.

No.8

ASUSTUF Gaming F15 (2022)

Mulai dari Rp30.999.000,00

Fitur eye care-nya membuat mata Anda tidak mudah lelah

Kelebihan:

  • Performa CPU dan GPU termasuk kencang di kelasnya
  • Layar smooth dengan refresh rate 300Hz
  • Memiliki fitur eye care untuk melindungi mata agar tidak mudah lelah

Kekurangan:

  • Harga masih cukup tinggi untuk digunakan desainer pemula

Anda membutuhkan laptop untuk desain grafis yang nyaman dipakai berjam-jam tanpa membuat mata lelah? Silakan pertimbangkan laptop keluaran ASUS yang satu ini. Laptop ini membenamkan fitur eye care agar mata tidak lekas lelah saat menatap monitor dalam waktu lama.


Selain itu, ASUS TUF Gaming F15 ditenagai oleh prosesor mumpuni yaitu Core i7 H series generasi ke-12. Hasilnya, pekerjaan Anda akan makin ringan dan cepat meski membuka banyak aplikasi yang berat.

No.9

AcerConceptD 3 EzelNX.C5KSN.001

Mulai dari Rp29.999.000,00

Gunakan enam modenya sesuai kebutuhan Anda

Kelebihan:

  • Layar bisa diputar-putar hingga enam mode pemakaian berbeda
  • Akurasi warna sudah 100% sRGB sehingga warna yang ditampilkan lebih jelas

Kekurangan:

  • Kecerahan layar saat dipakai di luar ruangan masih kurang kontras

Mungkin Anda butuh laptop dengam mode penggunaan beragam untuk membantu Anda membuat desain. Nah, produk ini tepat Anda pilih. Untuk desainnya, laptop ini mengusung bodi berwarna putih yang dilengkapi lampu backlit keyboard berwarna oranye. Keunggulan lain laptop ini terletak pada dukungan layar sentuh dan prosesor yang mumpuni.


Selain itu, laptop ini dapat digunakan dalam enam mode berbeda. Jika Anda ingin mempresentasikan hasil pekerjaan, gunakanlah mode display. Saat menggambar, gunakanlah mode stand. Anda juga dapat menggunakan mode float untuk mendapat sudut gambar ideal. Selain itu, Anda bisa mengubahnya menjadi mode laptop, share, atau pad kapan pun diperlukan. Asyik!

No.10

ASUSZenBook Duo 14UX482

Mulai dari Rp18.495.000,00

Layar gandanya mudahkan Anda dalam mendesain

Kelebihan:

  • Dilengkapi fitur layar ganda agar pekerjaan lebih produktif
  • Dibekali dengan ScreenPad Plus sehingga pekerjaan Anda lebih multitasking
  • Menggunakan layar touchscreen beresolusi Full HD

Kekurangan:

  • Desain keyboard berada di tepi sehingga kurang nyaman saat mengetik di pangkuan

Laptop ini menawarkan layar ganda dengan teknologi unggul. Bagian layar sekunder atau ScreenPad Plus laptop ini telah dilengkapi fitur layar sentuh. Bagi seorang desainer yang memiliki jam terbang padat, keberadaan ScreenPad Plus tentu sangat membantu.


Lewat layar ScreenPad, Anda bisa melakukan perluasan viewtask group, atau mengakses control panel. Selain itu, app navigator pada ScreenPad dan layar utama juga akan memberi Anda kontrol yang lebih baik dan praktis. Dengan performanya yang canggih, laptop ini ideal untuk Anda yang menginginkan kepraktisan saat mendesain.

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Saat Anda ingin membeli laptop untuk desain grafis, Anda akan menemukan produk dari berbagai merek. Nah, jika Anda membutuhkan penjelasan dan karakteristik dari tiap merek laptop, silakan cek artikel berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Sebelum membeli laptop untuk kebutuhan desain grafis, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Pada dasarnya, spesifikasi laptop untuk desain grafis memiliki kemiripan dengan laptop gaming.


Jenis prosesor, besar RAM dan media penyimpanan, hingga ukuran layar bukanlah persyaratan mutlak. Meski begitu, laptop dengan spesifikasi tinggi adalah solusi cerdas untuk menyelesaikan tiap proyek desain grafis dengan cepat. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer