• 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis (Terbaru Tahun 2021)

Desain grafis merupakan pekerjaan yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi. Tak heran, harga laptop untuk desain grafis di pasaran tidaklah murah, yaitu mulai dari 6 jutaan, bahkan lebih. Saking banyaknya jenis dan merk laptop desain grafis, sering kali konsumen merasa bingung saat hendak membeli produk.


Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih spesifikasi laptop untuk desain grafis. Kami juga akan memberikan rekomendasi laptop yang bagus dengan spesifikasi tinggi untuk desain grafis 3D dan 2D. Merek laptop terbaik dari ASUS, Acer, dan HP juga akan Anda temukan dalam artikel kami. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Sandi Iswahyudi
Diat Zon
Lopiinaz
  • Pembaharuan terakhir: 29 Mei 2021
  • 14.564 Views
Daftar isi

Karakteristik laptop untuk desain grafis

Karakteristik laptop untuk desain grafis

Laptop untuk desain grafis diproduksi dengan mengedepankan kecepatan dan ketahanan. Hal ini karena laptop desain grafis lebih banyak menjalankan software dengan proses kerja berat dan output file yang besar. Sebagai contoh, software CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, 3Ds Max, AutoCAD, Inkscape, dan lainnya.


Mungkin Anda berpikir, apakah laptop gaming dapat digunakan untuk menjalankan berbagai software desain grafis? Jawabannya tentu bisa. Untuk membuat desain 2D dan 3D, dibutuhkan laptop dengan spesifikasi cukup tinggi, khususnya pada bagian GPU dan prosesornya. Poin ini tentu dipenuhi tidak hanya oleh laptop khusus desain grafis, tetapi juga laptop gaming.


Namun, tidak semua laptop gaming mendukung pekerjaan desain grafis. Selain itu, kebanyakan laptop gaming juga memiliki bodi besar sehingga cukup merepotkan untuk dibawa. 

Cara memilih laptop untuk desain grafis

Menentukan laptop yang dapat menunjang pekerjaan desain grafis bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan produk yang tepat. 

Sesuaikan dengan tingkat penggunaan

Makin tinggi spesifikasi dari sebuah laptop, makin mahal pula harganya. Untuk itu, sebelum Anda mengeluarkan banyak biaya, pastikan Anda memilih laptop sesuai kebutuhan penggunaan. 

Intel Core i5, untuk pekerjaan desain ringan

Intel Core i5, untuk pekerjaan desain ringan

Saat Anda membuka aplikasi desain, prosesor laptop akan bekerja lebih berat. Di sisi lain, makin tinggi seri sebuah software desain grafis yang Anda gunakan, makin berat pula kerja prosesornya. Untuk itu, jika Anda ingin memperbarui seri software desain grafis, pertimbangkan juga kemampuan prosesornya. 


Sebenarnya, menggunakan prosesor jenis Intel Core i3 tak jadi masalah. Namun, beban kerja laptop akan menjadi lebih berat. Untuk itu, pilihlah laptop dengan prosesor setidaknya Intel Core i5. Dengan begitu, software yang Anda jalankan kecil kemungkinan mengalami lag atau keterlambatan respon. Jenis prosesor ini juga dapat Anda gunakan untuk pekerjaan desain ringan, seperti cropping, membuat logo, atau mendesain poster. 


Di samping itu, Anda akan menemukan laptop yang menggunakan prosesor AMD. Sebagai kompetitor dari merek Intel, harga prosesor AMD tergolong lebih terjangkau. Untuk merek prosesor AMD sendiri, pilihlah seri AMD Ryzen 5. Jenis prosesor ini memiliki performa yang setara dengan Intel Core i5.

Intel Core i7, untuk profesional dan pekerjaan multitasking

Intel Core i7, untuk profesional dan pekerjaan multitasking

Core merupakan komponen yang sangat penting pada prosesor. Makin banyak jumlah core pada prosesor, proses kerja laptop pun menjadi lebih ringan. Di samping itu, Anda dapat melakukan pekerjaan multitasking dengan membuka aplikasi secara bersamaan tanpa takut kinerja laptop melambat. 


Memang benar, laptop Intel Core i3 sekalipun bisa saja Anda gunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaligus. Namun, kecepatannya tentu tidak bisa dibandingkan dengan laptop Intel Core i7 atau laptop lain yang memiliki kemampuan setara.


Jika Anda desainer profesional, memilih laptop dengan prosesor Intel Core i7 adalah solusi terbaik. Untuk saat ini, prosesor Intel Core i7 masih menjadi salah satu jenis prosesor tertinggi di kelas Intel. Sementara untuk merek AMD, kami merekomendasikan Anda memilih prosesor AMD Ryzen 7. 


Keunggulan dari dua prosesor ini terletak pada daya tahannya yang lebih baik. Saat Anda membuka aplikasi secara bersamaan, mesin laptop tidak gampang panas. Selain itu, keduanya juga menawarkan kecepatan tinggi dalam membuka dan menutup software

Perhatikan GPU atau graphic card-nya

Perhatikan GPU atau graphic card-nya

GPU atau graphic processing unit merupakan komponen laptop yang bekerja untuk menghasilkan gambar di layar monitor. GPU juga sering disebut sebagai graphic card. Makin bagus jenis GPU yang digunakan, gambar pada layar akan terlihat makin halus dan tajam. Efeknya sangat terasa, terlebih lagi saat pekerjaan Anda berhubungan dengan pembuatan model objek dalam bentuk 2D, 3D, hingga rendering


Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan graphic card minimal tingkat mid-end, seperti NVIDIA GeForce, NVIDIA Quadro, dan AMD Radeon. Selain tiga merek tersebut, terdapat juga merek Intel Graphics yang patut dipertimbangkan. Jenis GPU ini cocok untuk menjalankan software ringan dengan kebutuhan desain standar.

Perhatikan ukuran dan resolusi layarnya

Perhatikan ukuran dan resolusi layarnya

Saat Anda menggunakan laptop dengan layar besar, Anda akan mendapatkan bidang kerja yang luas. Namun, bagi Anda yang menginginkan kepraktisan keberadaan layar besar bisa malah terasa merepotkan.


Jika Anda sering membawa laptop ke mana-mana, kami merekomendasikan produk yang ringan dengan ukuran sekitar 13 inci. Laptop dengan ukuran tersebut rata-rata memiliki bobot sekitar 1 kg sehingga tidak begitu berat saat dibawa. Sedangkan untuk Anda yang sering menggunakan laptop di rumah, Anda dapat menggunakan produk berukuran 14 inci atau lebih.


Selain ukuran layarnya, perhatikan juga besaran resolusinya. Makin besar resolusi layarnya, makin detail dan tinggi kontrasnya. Idealnya, untuk pekerjaan desain grafis, pilihlah laptop yang setidaknya memiliki resolusi full HD (1920 x 1080). 

Pilih laptop dengan RAM minimal 8 GB

Pilih laptop dengan RAM minimal 8 GB

RAM atau random access memory merupakan tempat menyimpan data sementara dan menjalankan berbagai instruksi program. Umumnya, software desain grafis memiliki proses kerja yang berat sehingga akan memakan kapasitas RAM cukup besar. Untuk itu, RAM yang dibutuhkan akan lebih besar. 


Sebenarnya, menggunakan laptop dengan RAM berkapasitas 4 GB tak jadi masalah. Namun, proses kerja software Anda akan melambat dan mudah terkena delay atau malah crash. Untuk itu, kami sarankan Anda menggunakan laptop dengan RAM minimal 8 GB agar proses desain lebih maksimal.

Pilih penyimpanan SSD untuk proses yang lebih cepat

Pilih penyimpanan SSD untuk proses yang lebih cepat

Umumnya, hasil rendering software desain grafis memiliki ukuran yang cukup besar. Hal ini tentu akan memakan kapasitas media penyimpanan internal pada laptop. Berbeda jika Anda memiliki budget lebih untuk membeli hard disk eksternal dan menyimpan seluruh file Anda di sana. Mempertimbangkan hal tersebut, pilihlah laptop dengan media penyimpanan minimal 1 TB. 


Di samping itu, jenis media penyimpanan pada laptop memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap proses membaca data. Di pasaran sendiri, terdapat dua jenis media penyimpanan laptop, yaitu jenis HDD (hard disk drive) dan SSD (solid-state drive). Masing-masing media penyimpanan memiliki performa dan harga yang berbeda. 


Untuk Anda yang menginginkan proses kerja dan transfer data yang ringan, pilihlah media penyimpanan SSD. Sayangnya, harga media penyimpanan SSD di pasaran 3x lebih mahal dibanding harga HHD. Sebagai solusinya, memilih SSD dengan kapasitas 512 GB sudahlah cukup. Sisanya, Anda dapat menggunakan hard disk eksternal. 

Spesialis
mybest

ACERPredator Helios 300

PH315-53-71VG

Mulai dari Rp 29.438.700,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

AppleMacBook Air (Retina, 13-inch, 2019)

Mulai dari Rp 14.721.000,00

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk desain grafis

Setelah Anda mengetahui spesifikasi laptop untuk desain grafis, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop yang dapat dibeli secara online. Pilih sesuai kebutuhan, ya! 

10

AcerAspire 3 Slim (A314-22)

NX.HVWSN.005

Mulai dari Rp 6.299.000,00

ProsesorAMD Ryzen 3 3250U
Graphics cardAMD Radeon Graphics
RAM4 GB DDR4 memory
PenyimpananSSD (256 GB PCIe Gen3, 8 GB/s, NVMe)
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFull HD (1920 x 1080)
9
ProsesorIntel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz, 4 cores)
Graphics cardIntel® Iris Xe Graphics, NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6
RAM8 GB LPDDR4X on board
PenyimpananSSD (512 GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0)
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarLayar utama: FHD (1920 x 1080)・ScreenPad Plus: FHD (1920 x 515)
8
ProsesorIntel generasi ke-8®Core™ i7-8750H
Graphics cardNVIDIA® GeForce® GTX 1050 Ti
RAM8 GB DDR4
PenyimpananSSD (16 GB PCIe)
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
7

ASUSROG Zephyrus G14 GA401

GA401IU-R766A8G

Mulai dari Rp 21.999.000,00

ProsesorAMD Ryzen™ 7 4800HS Processor 2.9 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Graphics cardNVIDIA® GeForce® GTX 1660Ti with Max-Q Design 6GB GDDR6
RAM8 GB DDR4 on board
PenyimpananSSD (512 GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0)
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
6

HPSpectre x360 Convertible 14-ea0030TU

2U3P9PA

Mulai dari Rp 27.999.000,00

ProsesorIntel® Core™ i7-1165G7 (up to 4.7 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 12 MB L3 cache, 4 cores)
Graphics cardIntel® Iris® Xᵉ Graphics
RAM16 GB LPDDR4-3200 SDRAM
PenyimpananSSD (2 TB PCIe® NVMe™ TLC M.2)
Ukuran layar13,5 inci
Resolusi layar3K2K (3000 x 2000)
5

HUAWEIMateBook X Pro 2020

MACHC-WAE9LP

Mulai dari Rp 28.350.000,00

ProsesorProsesor Intel® Core ™ i7-10510U Gen ke-10, 1,8 GHz 4 core, Turbo hingga 4,9 GHz
Graphics cardNVIDIA® GeForce® MX250, Intel® UHD Graphics
RAM16 GB LPDDR3 2133 MHz
PenyimpananSSD (1 TB NVMe PCIe)
Ukuran layar13,9 inci
Resolusi layar3K (3000 x 2000)
4

AcerConceptD 3 Ezel Pro | Creator Laptop

NX.C5KSN.001

Mulai dari Rp 32.499.000,00

ProsesorIntel® Core™ i7-10750H
Graphics cardNVIDIA® Quadro T1000 (4 GB GDDR6 VRAM)
RAM16 GB DDR4 SDRAM
PenyimpananSSD (1 TB PCIe Gen3, 8 GB/s, NVMe)
Ukuran layar14 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
3
Prosesor9th Generation Intel® Core™ i7-9750H (12 MB Cache, 6 Core, up to 4.50 GHz)
Graphics cardNVIDIA® GeForce® GTX 1650 4 GB GDDR5
RAM16 GB DDR4-2666MHz, 2 x 8GB
PenyimpananSSD (512 GB M.2 PCIe NVMe)
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layar4K UHD (3840 x 2160)
2

HPOMEN Laptop - 15-dh1020tx

1E8D0PA

Mulai dari Rp 35.299.000,00

ProsesorIntel® Core™ i7-10750H (2.6 GHz base frequency, up to 5.0 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 12 MB L3 cache, 6 cores)
Graphics cardNVIDIA® GeForce® RTX 2070 SUPER™ with Max-Q design (8 GB GDDR6 dedicated)
RAM32 GB DDR4-2933 SDRAM (2 x 16 GB)
PenyimpananSSD (512 GB PCIe® NVMe™ M.2)・HDD (1 TB 7200 rpm SATA)
Ukuran layar15,6 inci
Resolusi layarFHD (1920 x 1080)
1
ProsesorIntel Core i5 quad-core 2,0 GHz
GPUIntel Iris Plus Graphics
RAMLPDDR4X 3733 MHz sebesar 16 GB
PenyimpananSSD (1 TB)
Ukuran layar13,3 inci
Resolusi layar2560 x 1600

Tabel perbandingan produk laptop terbaik untuk desain grafis

Gambar produk
1
Apple MacBook Pro 1

Apple

2
HP OMEN Laptop - 15-dh1020tx 4

HP

3
Dell Touch Laptop XPS 15 1

Dell

4
Acer ConceptD 3 Ezel Pro | Creator Laptop 1

Acer

5
HUAWEI MateBook X Pro 2020 1

HUAWEI

6
HP Spectre x360 Convertible 14-ea0030TU 1

HP

7
ASUS ROG Zephyrus G14 GA401 1

ASUS

8
Lenovo Legion 1

Lenovo

9
ASUS ZenBook Duo 14  1

ASUS

10
Acer Aspire 3 Slim (A314-22) 1

Acer

Nama produk

MacBook Pro

OMEN Laptop - 15-dh1020tx

Touch Laptop XPS 15

ConceptD 3 Ezel Pro | Creator Laptop

MateBook X Pro 2020

Spectre x360 Convertible 14-ea0030TU

ROG Zephyrus G14 GA401

Legion

ZenBook Duo 14

Aspire 3 Slim (A314-22)

Keunggulan

Memberikan kesan classy dan profesional

Bebas lag dan overheat

Manjakan Anda dengan layar 4K UHD yang menawan

Gunakan enam modenya sesuai kebutuhan Anda

Desainnya begitu elegan dengan bodi yang tipis

Dapat dilipat 360°, portabilitasnya pun mumpuni

Tampil keren berkat 1.215 mini LED

Kualitas gambar dan prosesornya luar biasa

Layar gandanya mudahkan Anda mendesain

Performanya dapat diandalkan untuk sehari-hari

Harga mulai dariRp 33.399.000,00Rp 35.299.000,00Rp 24.499.000,00Rp 32.499.000,00Rp 28.350.000,00Rp 27.999.000,00Rp 21.999.000,00Rp 15.999.000,00Rp 18.299.000,00Rp 6.299.000,00
ProsesorIntel Core i5 quad-core 2,0 GHzIntel® Core™ i7-10750H (2.6 GHz base frequency, up to 5.0 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 12 MB L3 cache, 6 cores) 9th Generation Intel® Core™ i7-9750H (12 MB Cache, 6 Core, up to 4.50 GHz)Intel® Core™ i7-10750H Prosesor Intel® Core ™ i7-10510U Gen ke-10, 1,8 GHz 4 core, Turbo hingga 4,9 GHzIntel® Core™ i7-1165G7 (up to 4.7 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 12 MB L3 cache, 4 cores) AMD Ryzen™ 7 4800HS Processor 2.9 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)Intel generasi ke-8®Core™ i7-8750HIntel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz, 4 cores) AMD Ryzen 3 3250U
GPUIntel Iris Plus Graphics NVIDIA® GeForce® RTX 2070 SUPER™ with Max-Q design (8 GB GDDR6 dedicated) NVIDIA® GeForce® GTX 1650 4 GB GDDR5 NVIDIA® Quadro T1000 (4 GB GDDR6 VRAM)NVIDIA® GeForce® MX250, Intel® UHD GraphicsIntel® Iris® Xᵉ Graphics NVIDIA® GeForce® GTX 1660Ti with Max-Q Design 6GB GDDR6NVIDIA® GeForce® GTX 1050 TiIntel® Iris Xe Graphics, NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6AMD Radeon Graphics
RAMLPDDR4X 3733 MHz sebesar 16 GB32 GB DDR4-2933 SDRAM (2 x 16 GB) 16 GB DDR4-2666MHz, 2 x 8GB16 GB DDR4 SDRAM 16 GB LPDDR3 2133 MHz16 GB LPDDR4-3200 SDRAM8 GB DDR4 on board8 GB DDR48 GB LPDDR4X on board4 GB DDR4 memory
PenyimpananSSD (1 TB)SSD (512 GB PCIe® NVMe™ M.2)・HDD (1 TB 7200 rpm SATA) SSD (512 GB M.2 PCIe NVMe)SSD (1 TB PCIe Gen3, 8 GB/s, NVMe)SSD (1 TB NVMe PCIe)SSD (2 TB PCIe® NVMe™ TLC M.2)SSD (512 GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0)SSD (16 GB PCIe)SSD (512 GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0) SSD (256 GB PCIe Gen3, 8 GB/s, NVMe)
Ukuran layar13,3 inci 15,6 inci15,6 inci14 inci13,9 inci13,5 inci14 inci15,6 inci14 inci14 inci
Resolusi layar2560 x 1600FHD (1920 x 1080)4K UHD (3840 x 2160) FHD (1920 x 1080)3K (3000 x 2000)3K2K (3000 x 2000)FHD (1920 x 1080)FHD (1920 x 1080)Layar utama: FHD (1920 x 1080)・ScreenPad Plus: FHD (1920 x 515)Full HD (1920 x 1080)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Saat Anda ingin membeli laptop untuk desain grafis, Anda akan menemukan produk dari berbagai merek. Nah, jika Anda membutuhkan penjelasan dan karakteristik dari tiap merek laptop, silakan cek artikel berikut ini. 

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Saat Anda berencana membeli laptop untuk kebutuhan desain grafis, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Pada dasarnya, spesifikasi laptop untuk desain grafis memiliki kemiripan dengan laptop gaming


Jenis prosesor, besar RAM dan media penyimpanan, hingga ukuran layar bukanlah persyaratan mutlak. Meski begitu, laptop dengan spesifikasi tinggi adalah solusi cerdas untuk menyelesaikan tiap proyek desain grafis dengan cepat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi 2-in-1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin pernah mendengar 2-in-1 laptop atau 2-in-1 tablet. 2-in-1 laptop merupakan jenis laptop flip yang bisa dilipat menjadi tablet. Sementara itu, 2-in-1 tablet adalah laptop dengan keyboard yang bisa dilepas dan difungsikan seperti tablet. Laptop ini tersedia dalam spec yang tangguh, mulai Intel Core i3 dan i5 hingga Ryzen 7 untuk kebutuhan gaming. Ada pula yang dilengkapi stylus pen yang canggih. Berbagai merek 2-in-1 laptop atau tablet yang bagus, seperti Dell, Lenovo, dan ASUS beredar di pasaran. Baca artikel ini sampai selesai supaya Anda tidak bingung saat memilih!
    Laptop
    215.054 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Bukan hanya untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa pun beragam tergantung kebutuhan penggunanya.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk para mahasiswa. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop terbaik dan terbaru untuk Anda. Merek laptop terkenal untuk mahasiswa, seperti Asus, Apple, Lenovo, dan Acer akan Anda temukan dalam daftar produk rekomendasi kami.
    Laptop
    12.841 Views
  • 10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Sedang mencari rekomendasi laptop di bawah 5 juta terbaru? Saat ini, ada banyak pilihan laptop di bawah 5 juta, baik untuk pekerja profesional maupun mahasiswa. Maka dari itu, tentukanlah dahulu spesifikasi dan fitur laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Di artikel ini, Anda akan menemukan beragam merek laptop di bawah 5 juta yang bagus, seperti Lenovo, HP, ASUS, dan lainnya. Fitur-fiturnya pun bervariasi mulai dari memori SSD hingga kamera yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Ayo, temukan laptop dengan harga terjangkau!
    Laptop
    266.040 Views
  • 10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Spek Tinggi Terbaik Seharga 4 Jutaan - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop telah menjadi perlengkapan wajib yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan. Terdapat banyak laptop dengan spesifikasi serta harga yang beragam. Agar aktivitas Anda tidak terganggu pilihlah laptop terbaik dengan spek yang tinggi. Banyak laptop spek tinggi yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas laptop terbaru dengan harga 4 jutaan dengan spek terbaik. Berkolaborasi dengan pakar Yosua Surojo dari software engineer, kami akan merekomendasikan laptop terbaik untuk Anda. Beberapa produk merupakan merek terkenal, seperti Acer, ASUS, HP, dan merek bagus lainnya.
    Laptop
    339.909 Views
  • 10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Laptop Lenovo Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari laptop Lenovo terbaru 2021? Merk Lenovo terkenal sebagai produsen laptop berkualitas. Laptop Lenovo memiliki beragam seri, seperti Ideapad, ThinkPad, dan YOGA. Anda dapat memilih spesifikasi laptop untuk berbagai peruntukan, seperti gaming, editing, ataupun kebutuhan profesional lainnya. Tentunya, tiap-tiap laptop Lenovo memiliki beragam fitur, seperti prosesor core i5 hingga touch screen. Harga laptop Lenovo pun bervariasi, mulai tiga jutaan hingga dua puluh jutaan. Kami akan me-review sepuluh laptop Lenovo yang bagus untuk Anda. Ada juga komentar dari software engineer kami, Yosua Surojo. Mari baca ulasannya sekarang juga.
    Laptop
    187.443 Views
  • 10 Rekomendasi Netbook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Netbook Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Netbook merupakan jenis laptop dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan serta memiliki harga terjangkau. Alat elektronik ini diminati karena mudah dibawa ke mana pun. Oleh sebab itu, netbook sangat cocok bagi Anda yang sering bepergian. Produk ini juga pas buat Anda yang ingin punya varian laptop dengan fungsi dan pengoperasian sederhana. Ada beberapa merk netbook yang tersedia di pasaran, seperti Asus, Acer, HP, dan Lenovo. Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memilih netbook yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk netbook terbaik. Simak terus artikelnya!
    Laptop
    16.386 Views
  • 10 Rekomendasi Notebook Toshiba Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Notebook Toshiba Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Notebook besutan Toshiba merupakan salah satu produk yang diminati banyak orang. Toshiba sendiri telah memproduksi berbagai jenis notebook dengan beragam spesifikasi. Harganya di pasaran pun juga bervariasi. Bagi orang awam, cara memilih notebook yang tepat mungkin akan membingungkan.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu Anda ketahui saat akan membeli notebook Toshiba. Kami juga akan memberikan rekomendasi seri notebook Toshiba seperti Satellite dan Portege yang bisa jadi pertimbangan Anda. Bacalah artikel ini dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.
    Laptop
    31.864 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori