• 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)

Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.


Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Putri Normalita
Inda Chakim
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih mainan anak untuk usia 1 tahun

Ternyata memilih mainan untuk anak usia satu tahun tidaklah boleh sembarangan. Berikut ini kami akan membahas poin-poin terpenting dalam memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Yuk, langsung dibaca penjelasan di bawah ini.

Sesuaikan mainan dengan jenis kelamin anak

Membedakan mainan sesuai gender anak memanglah tidak diwajibkan. Akan tetapi, sejak dalam rahim ibu anak-anak menerima hormon yang berbeda. Karena itu, akan lebih baik jika anak-anak memainkan mainan sesuai dengan jenis kelaminnya.

Laki-laki, pilih mainan yang bernuansa maskulin

Laki-laki, pilih mainan yang bernuansa maskulin

Dibandingkan dengan anak perempuan, anak laki-laki lahir dengan massa otot yang lebih besar dan juga lebih aktif. Karena itu, anak laki-laki lebih menyukai permainan yang melibatkan gerak fisiknya. Untuk anak laki-laki Anda, pilihlah mainan yang bernuansa maskulin.


Mainan seperti mobil-mobilan, sepeda, balok, robot, dan lain-lain akan cocok untuk mereka. Beberapa contoh mainan ini dapat membantu tumbuh kembang anak. Mainan-mainan ini nantinya juga akan mendidik anak untuk lebih gigih, tangguh, dan kuat.

Perempuan, pilih mainan berwarna pastel atau warna cerah lain

 Perempuan, pilih mainan berwarna pastel atau warna cerah lain

Secara alami, anak perempuan memiliki kecenderungan menyukai mainan yang tidak terlalu banyak menggunakan fisik. Mainan anak perempuan biasanya juga identik dengan warna-warna feminin khas perempuan. Karena itu, untuk putri Anda, pilihkan mainan yang berwarna pastel semisal pink atau warna cerah lainnya.


Selain itu, anak-anak biasanya meniru kebiasaan orang di sekitarnya, termasuk anak perempuan Anda. Misalnya saja, saat melihat ibunya memasak, anak akan menganggap memasak adalah pekerjaan perempuan. Untuk itu, anak perempuan usia satu tahun ke atas umumnya lebih menyukai mainan seperti boneka atau masak-masakan.

Pilihlah mainan edukasi atau yang mendidik

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, anak-anak membutuhkan stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mainan yang bisa digunakan untuk stimulasi ini adalah mainan edukasi. Sesuai dengan namanya, mainan edukasi bersifat mendidik. Mainan edukasi apa saja yang sebaiknya diberikan untuk anak usia satu tahun? Temukan jawabannya berikut ini.

Untuk melatih anak belajar jalan dan bergerak, pilih push walker, stand up toys, atau bola

Untuk melatih anak belajar jalan dan bergerak, pilih push walker, stand up toys, atau bola

Beda anak, beda pula tingkat pertumbuhannya. Namun, usia satu tahun adalah usia anak mulai berjalan perlahan. Anda dapat memberikan mainan yang dapat membantu anak belajar jalan seperti push walker atau stand up toys. Kedua mainan ini bisa menstimulasi anak agar bisa berdiri seimbang dengan kakinya sendiri.


Apabila ingin si kecil aktif bergerak, berikan anak mainan seperti bola, sepeda roda tiga, dan mainan setipe lainnya. Perlu Anda ketahui, anak-anak memang perlu untuk aktif bergerak agar fisik dan mentalnya berkembang dengan baik.

Untuk meningkatkan daya kognitif dan motorik anak, pilih lego, puzzle, blok, atau activity table

Untuk meningkatkan daya kognitif dan motorik anak, pilih lego, puzzle, blok, atau activity table

Apabila Anda ingin meningkatkan daya kognitif anak, sebaiknya pilih mainan edukatif, seperti puzzle, lego, atau blok. Ketika menyusun kepingan-kepingan puzzle, si kecil akan berusaha mengingat posisi sebelumnya. Dengan begitu, daya kognitif anak akan meningkat. Untuk anak usia satu tahun, kami menyarankan Anda untuk memilih puzzle atau lego yang simpel dan tidak terlalu rumit.


Selain itu, bermain puzzle, lego, dan blok bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan motorik anak. Tangan dan mata anak akan berkoordinasi untuk memegang, menyusun, atau melepaskan lego dan puzzle tersebut. Satu lagi mainan untuk meningkatkan daya kognitif serta motorik halus dan kasar anak adalah activity table. Mainan ini merupakan mainan berbentuk seperti meja dengan banyak tombol yang dapat bergerak dan mengeluarkan bunyi.

Untuk melatih kemampuan bicara anak, pilih flash card atau buku cerita

 Untuk melatih kemampuan bicara anak, pilih flash card atau buku cerita

Kemampuan bicara anak penting untuk distimulasi sejak usia dini. Pada usia satu tahun dalam periode emas ini adalah waktu yang tepat untuk menstimulasi kemampuan bicara anak. Salah satu alat untuk menstimulasi kemampuan bicara anak adalah melalui mainan flash card. Melalui gambar dan huruf yang menarik, anak juga akan tertarik untuk menirukan kata yang Anda ucapkan.


Selain flash card, Anda juga bisa menggunakan media buku cerita. Pilihlah buku cerita yang memiliki tokoh kartun dan binatang dengan warna-warna yang cerah. Buku dengan teks cukup panjang tidak masalah untuk anak usia satu tahun ke atas. Bacakan buku seekspresif mungkin agar anak tertarik. Makin banyak membaca buku, kemampuan berbahasa dan perbendaharaan kata anak juga akan bertambah.

Sebaiknya pilih mainan yang berwarna cerah

Sebaiknya pilih mainan yang berwarna cerah

Usia satu tahun adalah usia di mana penglihatan anak mulai berkembang. Anak pada usia ini dapat membedakan warna cerah dan warna yang kusam. Berikan anak-anak mainan dengan warna cerah dan menarik. Dengan begitu, anak akan tertarik dan makin semangat bermain.


Bukan hanya itu, dengan mainan berwarna cerah ini, anak-anak juga dapat belajar untuk mengingat warna. Anak-anak juga makin tertarik jika mainan tersebut berbentuk karakter atau hewan yang dikenalinya.

Pastikan mainan aman untuk anak

Pastikan mainan aman untuk anak

Poin penting yang tidak boleh diabaikan adalah memastikan keamanan dari mainan yang Anda beli. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat label kemasan, misalnya bahan yang digunakan serta ada tidaknya kandungan zat berbahaya. Pastikan juga mainan anak yang Anda beli memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia).


Pilihlah mainan yang mudah dicuci dan tidak berujung tajam. Akan lebih aman jika memilih mainan yang tidak mengandung pelapis cat yang berbahaya. Hal ini dikarenakan pada usia satu tahun anak-anak sering bereksplorasi dengan memasukkan mainan ke dalam mulut. Dari semua itu, tentu saja Anda harus tetap mengawasi saat anak sedang bermain.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi mainan anak terbaik untuk usia 1 tahun

Apakah Anda sudah penasaran dengan mainan terbaik untuk anak satu tahun rekomendasi kami? Jika ya, berikut rekomendasi sepuluh mainan yang bisa dibeli untuk anak Anda yang berusia satu tahun.

10

CMK009 Rainbow Tower Puzzle Kayu Mainan Edukasi Anak

Mulai dari Rp 14.820,00

Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatUntuk melatih motorik halus, melatih konsentrasi, mengenal warna & bentuk, dan lain-lain
Varian warna/motifRed, pink
KeamananTidak ada sudut tajam
9
Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatUntuk mengenalkan musik, mengenal suara hewan, melatih kemampuan motorik, dan lain-lain
Varian warna/motifRed, yellow
KeamananBerstandar SNI
8
Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatUntuk membantu anak belajar jalan, melatih motorik, mengenalkan musik, dan lain-lain
Varian warna/motifTrunky, Fred, Vanny, Tommie
KeamananBebas BPA, berstandar SNI, dan bersertifikasi EN71
7

SK-M6 Mainan Tenda Anak Terowongan 4 in 1

Mulai dari Rp 147.999,00

Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatUntuk melatih ketangkasan anak, melatih kemampuan motorik, dan lain-lain
Varian warna/motifBlue, yellow, red, purple
KeamananTidak disebutkan
6

Fisher-PriceMEGA BLOKS Big Building Block

Mulai dari Rp 299.900,00

Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatUntuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, konsentrasi, melatih keterampilan motorik halus dan kasar, dan lain-lain
Varian warna/motifMulticolor
KeamananSudut lego tidak tajam, bebas BPA, tidak beracun
5
Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatUntuk meningkatkan kemampuan bicara, untuk menambah kosakata anak, melatih kemampuan otak
Warna/motifTidak disebutkan
KeamananTidak disebutkan
4
Untuk jenis kelaminPerempuan
ManfaatUntuk melatih anak bergerak, merangsang indera visual dan pendengaran, mengasah motorik anak
Varian warnaPink
KeamananTidak disebutkan
3
Untuk jenis kelaminLaki-laki
ManfaatMeningkatkan kemampuan motorik anak, menumbuhkan rasa berani
Varian warna/motifRed, blue
KeamananTidak disebutkan
2
Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatUntuk melatih kemampuan bicara, belajar mengenal nama hewan
Varian warna/motifTidak disebutkan
KeamananTidak disebutkan
1

Sugar Baby10IN1 Premium Activity Walker & Table - Parrot Basketball / Push Walker Baby Walker

Mulai dari Rp 410.000,00

Untuk jenis kelaminUnisex
ManfaatMembantu anak belajar jalan, meningkatkan motorik halus dan kasar anak, sebagai media belajar warna, dan lain-lain
Varian warna/motifBlue green, red blue
KeamananBerstandar Eropa EN 71 dan SNI, bebas BPA

Tabel perbandingan produk mainan anak terbaik untuk usia 1 tahun

Gambar produk
1
Sugar Baby 10IN1 Premium Activity Walker & Table - Parrot Basketball / Push Walker Baby Walker 1

Sugar Baby

2
Igloo Books My First Animals 1

Igloo Books

3
SHP Toys CT 619 1

SHP Toys

4
Fisher-Price Rollin' Tune Unicorn 1

Fisher-Price

5
Mizan Flash Card: Human Body 1

Mizan

6
Fisher-Price MEGA BLOKS Big Building Block 1

Fisher-Price

7
SK-M6 Mainan Tenda Anak Terowongan 4 in 1 1

8
Sugar Baby Mini Car Push Walker 1

Sugar Baby

9
Mainan Anak Animal Farm Piano 1

10
CMK009 Rainbow Tower Puzzle Kayu Mainan Edukasi Anak  1

Nama produk

10IN1 Premium Activity Walker & Table - Parrot Basketball / Push Walker Baby Walker

My First Animals

CT 619

Rollin' Tune Unicorn

Flash Card: Human Body

MEGA BLOKS Big Building Block

SK-M6 Mainan Tenda Anak Terowongan 4 in 1

Mini Car Push Walker

Mainan Anak Animal Farm Piano

CMK009 Rainbow Tower Puzzle Kayu Mainan Edukasi Anak

Keunggulan

Sepuluh permainan dalam satu alat, lebih praktis!

Membaca makin fun dengan suara hewan asli

Tampil gagah berani dengan truk superkeren!

Main kuda-kudaan berkarakter unicorn yang menggemaskan

Ajak anak menghafal nama anggota tubuh dengan flash card yang menarik

Blok aman dan berkualitas untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak

Tidak perlu ke mall, bikin playground sendiri di rumah, yuk!

Yuk, bantu anak belajar jalan dengan push walker

Asyiknya mengenal suara hewan sambil mendengarkan musik

Si bulat warna-warni siap melatih konsentrasi anak

Harga mulai dariRp 410.000,00Rp 184.000,00Rp 308.660,00Rp 999.900,00Rp 65.000,00Rp 299.900,00Rp 147.999,00Rp 281.400,00Rp 37.000,00Rp 14.820,00
Untuk jenis kelaminUnisexUnisexLaki-lakiPerempuanUnisexUnisexUnisexUnisexUnisexUnisex
ManfaatMembantu anak belajar jalan, meningkatkan motorik halus dan kasar anak, sebagai media belajar warna, dan lain-lainUntuk melatih kemampuan bicara, belajar mengenal nama hewanMeningkatkan kemampuan motorik anak, menumbuhkan rasa beraniUntuk melatih anak bergerak, merangsang indera visual dan pendengaran, mengasah motorik anakUntuk meningkatkan kemampuan bicara, untuk menambah kosakata anak, melatih kemampuan otakUntuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, konsentrasi, melatih keterampilan motorik halus dan kasar, dan lain-lainUntuk melatih ketangkasan anak, melatih kemampuan motorik, dan lain-lainUntuk membantu anak belajar jalan, melatih motorik, mengenalkan musik, dan lain-lainUntuk mengenalkan musik, mengenal suara hewan, melatih kemampuan motorik, dan lain-lainUntuk melatih motorik halus, melatih konsentrasi, mengenal warna & bentuk, dan lain-lain
Varian warna/motifBlue green, red blueTidak disebutkanRed, bluePinkTidak disebutkanMulticolorBlue, yellow, red, purpleTrunky, Fred, Vanny, TommieRed, yellowRed, pink
KeamananBerstandar Eropa EN 71 dan SNI, bebas BPATidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSudut lego tidak tajam, bebas BPA, tidak beracunTidak disebutkanBebas BPA, berstandar SNI, dan bersertifikasi EN71Berstandar SNITidak ada sudut tajam
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk mainan anak lainnya di sini

Selain untuk anak usia 1 tahun, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai mainan untuk berbagai usia anak. Ada juga artikel tentang mainan yang dikhususkan untuk anak laki-laki dan perempuan. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui tips memilih serta produk terbaik rekomendasi kami? Langsung saja klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Itulah tips dari kami tentang cara memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Ingat selalu untuk memperhatikan hal-hal berikut, yaitu menyesuaikan mainan dengan jenis kelamin anak serta memilih mainan yang edukatif. Pastikan juga mainan yang Anda beli aman dan menarik untuk anak. 


Kami berharap Anda terbantu dengan artikel ini. Apakah ada produk mainan anak dari rekomendasi kami yang Anda inginkan? Akhir kata, selamat bermain bersama si kecil, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Masak-Masakan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan masak-masakan merupakan salah satu mainan yang berfungsi untuk mengedukasi anak-anak. Mulai dari mainan memotong sayuran, set peralatan dapur dan meja, sampai mainan bakery, semua tipe telah banyak beredar di pasaran. Namun, mainan masak-masakan seperti apa yang cocok untuk anak Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan masak-masakan sekaligus merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Berbagai mainan mengasyikkan yang bagus akan kami perkenalkan untuk Anda, contohnya mainan dari merek Mother Garden, Nunukids, dan Play-Doh. Selamat membaca sampai akhir, ya!
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori