1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2023)

Usia 1 tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan edukasi anak 1 tahun dan mainan anak 1 tahun belajar jalan adalah beberapa yang perlu Anda berikan.


Kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia 1 tahun. Selain itu, kami akan merekomendasikan mainan anak usia 1 tahun yang bagus seperti merek Sugar Baby dan Fisher-Price. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.

Diperbaharui 01-31-2023
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Dona Handayani

Dona Handayani merupakan lulusan dari Universitas Multimedia Nusantara jurusan jurnalistik. Kecintaannya terhadap menulis sudah melekat sejak masih duduk di bangku SMA. Setelah lulus kuliah, Dona sempat bekerja di perhotelan dan perusahaan startup fashion. Namun, sekarang ibu satu anak ini fokus menjaga sang buah hati sambil terus melakukan hobi menulisnya. Di waktu senggang, Dona senang melakukan wisata kuliner. Mencoba makanan atau mendatangi tempat yang sedang hype dan populer adalah kegiatan favoritnya.

Profil Dona Handayani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 26 Januari 2023.

Cara memilih mainan anak untuk usia 1 tahun

Ternyata memilih mainan anak 1 tahun tidaklah boleh sembarangan. Berikut ini kami akan membahas poin-poin terpenting dalam memilih mainan untuk anak 1 tahun. Yuk, langsung dibaca penjelasan di bawah ini.

① Sesuaikan mainan dengan jenis kelamin anak

Membedakan mainan anak 1 tahun sesuai gender anak memanglah tidak diwajibkan. Akan tetapi, setiap gender umumnya punya permainan yang lebih disukai. Maka dari itu, Anda juga bisa mencari mainan berdasarkan gender anak. 

Laki-laki: Mainan yang melibatkan gerak fisik atau motorik kasar

Laki-laki: Mainan yang melibatkan gerak fisik atau motorik kasar

Dibandingkan dengan anak perempuan, anak laki-laki umumnya lahir dengan massa otot yang lebih besar. Meski tidak semua sama, biasanya anak laki-laki cenderung menyukai mainan edukasi anak 1 tahun yang melibatkan motorik kasar. Mainan yang membuat mereka bergerak cenderung lebih disukai.


Anda bisa membelikan mainan seperti perosotan, sepeda, rocking horse, atau sebagainya. Selain itu, mainan seperti mobil-mobilan, robot, dan dinosaurus juga cenderung disukai oleh anak laki-laki

Perempuan: Mainan pretend play atau keterampilan khusus

Perempuan: Mainan pretend play atau keterampilan khusus

Dibandingkan anak laki-laki yang lebih menyukai aktivitas fisik, anak perempuan umumnya lebih menyukai aktivitas yang melibatkan motorik halusnya.


Anak perempuan cenderung lebih suka permainan yang melibatkan konsentrasi, keterampilan khusus, dan semacamnya. Permainan seperti masak-masakan, pretend play dengan boneka, atau puzzle mungkin disukai anak perempuan.


Meskipun begitu, mainan edukasi anak 1 tahun yang melibatkan motorik halus dan konsentrasi juga dibutuhkan oleh anak laki-laki. Begitu pula permainan yang melibatkan motorik kasar juga dibutuhkan oleh anak perempuan. Jadi, Anda tetap harus memilih kedua mainan tersebut untuk dimainkan oleh anak Anda apa pun gender-nya, ya. 

② Pilihlah mainan edukasi anak 1 tahun yang mendidik

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, anak-anak membutuhkan stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mainan yang bisa digunakan untuk stimulasi ini adalah mainan edukasi. Mainan edukasi anak 1 tahun apa saja yang sebaiknya diberikan? Temukan jawabannya berikut ini.

Mainan untuk anak belajar jalan dan bergerak: Push walker, stand up toys, atau bola

Mainan untuk anak belajar jalan dan bergerak: Push walker, stand up toys, atau bola

Beda anak, beda pula tingkat pertumbuhannya. Namun, usia 1 tahun adalah usia anak mulai berjalan perlahan. Anda dapat memberikan mainan anak 1 tahun belajar jalan seperti push walker atau stand up toys. Kedua mainan ini bisa menstimulasi anak agar bisa berdiri seimbang dengan kakinya sendiri.


Apabila ingin si kecil aktif bergerak, berikan anak mainan seperti bola, sepeda roda tiga, dan mainan setipe lainnya. Perlu Anda ketahui, anak-anak memang perlu aktif bergerak agar fisik dan mentalnya berkembang dengan baik.

Mainan yang meningkatkan daya kognitif dan motorik anak: Lego, puzzle, blok, atau activity table

Mainan yang meningkatkan daya kognitif dan motorik anak: Lego, puzzle, blok, atau activity table

Apabila Anda ingin meningkatkan daya kognitif, sebaiknya pilih mainan edukasi anak 1 tahun, seperti puzzle, lego, atau blok. Ketika menyusun kepingan-kepingan puzzle, si kecil akan berusaha mengingat posisi sebelumnya. Dengan begitu, daya kognitif anak akan meningkat.


Selain itu, bermain puzzle, lego, dan blok bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan motorik anak. Tangan dan mata anak akan berkoordinasi untuk memegang, menyusun, atau melepaskan lego dan puzzle tersebut.


Satu lagi mainan untuk meningkatkan daya kognitif serta motorik halus dan kasar anak adalah activity table. Mainan ini merupakan mainan berbentuk seperti meja dengan banyak tombol yang dapat bergerak dan mengeluarkan bunyi.

Mainan yang melatih kemampuan bicara anak: Flash card atau buku cerita

Mainan yang melatih kemampuan bicara anak: Flash card atau buku cerita

Kemampuan bicara anak penting untuk distimulasi sejak usia dini. Periode emas ini adalah waktu yang tepat untuk menstimulasi kemampuan bicara anak. Salah satu alat untuk menstimulasi kemampuan bicara anak adalah melalui mainan flash card.


Melalui gambar dan huruf yang menarik, anak juga akan tertarik untuk menirukan kata yang Anda ucapkan. Selain flash card, Anda juga bisa menggunakan media buku cerita. Pilihlah buku cerita yang memiliki tokoh kartun dan binatang dengan warna-warna yang cerah.


Buku dengan teks cukup panjang tidak masalah untuk anak usia 1 tahun ke atas. Bacakan buku seekspresif mungkin agar anak tertarik. Makin banyak membaca buku, kemampuan berbahasa dan perbendaharaan kata anak juga akan bertambah.

③ Sebaiknya pilih mainan yang berwarna cerah

Sebaiknya pilih mainan yang berwarna cerah

Usia 1 tahun adalah usia di mana penglihatan anak mulai berkembang. Anak pada usia ini dapat membedakan warna cerah dan warna yang kusam. Berikan anak-anak mainan dengan warna cerah dan menarik. Dengan begitu, anak akan tertarik dan makin semangat bermain.


Bukan hanya itu, dengan mainan berwarna cerah ini, anak-anak juga dapat belajar untuk mengingat warna. Anak-anak juga makin tertarik jika mainan tersebut berbentuk karakter atau hewan yang dikenalinya.

④ Pastikan mainan aman untuk anak

Pastikan mainan aman untuk anak

Poin penting yang tidak boleh diabaikan adalah memastikan keamanan dari mainan yang Anda beli. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat label kemasan, misalnya bahan yang digunakan serta ada tidaknya kandungan zat berbahaya. Pastikan juga mainan anak yang Anda beli memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia) atau standar internasional.


Pilihlah mainan yang mudah dicuci dan tidak berujung tajam. Akan lebih aman jika memilih mainan yang tidak mengandung pelapis cat yang berbahaya. Hal ini dikarenakan pada usia 1 tahun anak-anak sering bereksplorasi dengan memasukkan mainan ke dalam mulut. Dari semua itu, tentu saja Anda harus tetap mengawasi saat anak sedang bermain.

10 Rekomendasi mainan anak terbaik untuk usia 1 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan anak terbaik untuk usia 1 tahun yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sugar Baby

Mini Car Push Walker

Sugar Baby Mini Car Push Walker 1枚目

Yuk, bantu anak belajar jalan dengan push walker

2

Fisher Price

Pretend Tablet Learning Toy With Lights And Music, Gray, Baby And Toddler Toy

Fisher Price  Pretend Tablet Learning Toy With Lights And Music, Gray, Baby And Toddler Toy 1枚目

Belajar makin asyik dengan tablet yang edukatif

3

IQ Angel

Construction Truck Toys

IQ Angel Construction Truck Toys 1枚目

Materialnya aman, tak masalah meski masuk ke dalam mulut

4

Leleoncare

6 Pcs Soft Building Blocks

Leleoncare  6 Pcs Soft Building Blocks 1枚目

Teksturnya lembut, bisa dijadikan berbagai jenis mainan

5

Beiens

Baby Balance Bikes Toddler

Beiens  Baby Balance Bikes Toddler 1枚目

Belajar keseimbangan sepeda sedari dini

6

Satu Keluarga

Mainan Edukasi Puzzle Kayu

Satu Keluarga Mainan Edukasi Puzzle Kayu 1枚目

Hadir dalam warna yang supercolorful untuk menarik minat anak

7

Playgro

Baby 2 in 1 Light Up Music Maker

Playgro Baby 2 in 1 Light Up Music Maker 1枚目

Dilengkapi 20 lagu dengan tuts yang menyala, seru!

8

Hongzhuo

Rocking Horse

Hongzhuo Rocking Horse 1枚目

Berlatih keseimbangan dengan cara menyenangkan

9

Early Learning Centre

Little Senses Glowing Stacking Rings

Early Learning Centre Little Senses Glowing Stacking Rings 1枚目

Si bulat warna-warni yang bagus untuk sensorik anak

10

Mizan

Flash Card: Human Body

Mizan Flash Card: Human Body 1枚目

Ajak anak menghafal nama anggota tubuh dengan flash card yang menarik

Perincian produk
Close
No.1

Sugar BabyMini Car Push Walker

Mulai dari Rp290.000,00

Yuk, bantu anak belajar jalan dengan push walker

Kelebihan:

  • Terdapat beberapa aktivitas dalam satu mainan

Kekurangan:

  • Bobotnya terlalu ringan sehingga memungkinkan anak terjatuh saat mendorongnya
  • Suara musiknya kurang keras

Ingin melatih anak agar bisa berjalan? Cobalah menggunakan mainan anak 1 tahun untuk belajar jalan yang satu ini. Mainan ini dapat membantu anak Anda yang sedang belajar jalan agar lebih lancar. Mainan yang memiliki roda dan handel ini memang dirancang agar anak mendorongnya.


Dengan begitu, kekuatan, keseimbangan, dan kepercayaan diri anak akan tumbuh. Push walker ini juga dilengkapi mainan edukasi lain, seperti flip book, telepon genggam, piano, dan papan tulis. Lengkap sekali, bukan?

No.2

Fisher Price Pretend Tablet Learning Toy With Lights And Music, Gray, Baby And Toddler Toy

Mulai dari Rp372.900,00

Belajar makin asyik dengan tablet yang edukatif

Kelebihan:

  • Memiliki teknologi Smart Stages, tablet dapat digunakan sesuai dengan usia anak

Kekurangan:

  • Beberapa orang mendapat barang dengan tuts yang tidak bisa ditekan

Dibandingkan memberi anak gadget, lebih baik belikan mereka mainan edukasi anak 1 tahun ini. Berbentuk seperti tablet, mainan ini memiliki 28 tombol yang dapat ditekan untuk mengeluarkan suara, musik, dan frasa. Selain itu, si kecil juga bisa belajar huruf dan cara pengucapannya sehingga mereka bisa sekaligus belajar.


Nilai plusnya lagi, tablet ini dilengkapi dengan teknologi Smart Stages yang terdiri dari tiga level. Anda bisa mengatur konten edukasi yang bisa disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan anak Anda. 

No.3

IQ AngelConstruction Truck Toys

Mulai dari Rp42.000,00

Materialnya aman, tak masalah meski masuk ke dalam mulut

Kelebihan:

  • Bagian atas mainan bisa digerakkan (berputar, turun naik)
  • Bahan aman meski masuk mulut dan tidak ada sudut tajam

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mendapatkan mainan yang tidak bisa digerakkan bagian atasnya

Anak Anda masih sering memasukkan benda-benda dan mainannya ke mulut? Kalau begitu, Anda perlu membelikan mainan yang berbahan aman sehingga tidak masalah meski dimasukkan ke dalam mulut sekalipun.


Mainan dari IQ Angel ini terbuat dari material plastik ABS food grade yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Permukaan mainan ini juga sangat halus dan tidak ada sudut yang tajam sama sekali. Bahannya kuat dan tahan banting meski dilempar oleh si kecil. Mobil-mobilan ini dijamin akan menjadi mainan favorit jagoan Anda!


No.4

Leleoncare 6 Pcs Soft Building Blocks

Mulai dari Rp99.600,00

Teksturnya lembut, bisa dijadikan berbagai jenis mainan

Kelebihan:

  • Bisa berbunyi jika dipencet, membuat permainan menjadi lebih menarik untuk anak 1 tahun
  • Bahan lentur dan lembut, serta aman jika digigit atau dilempar bayi

Kekurangan:

  • Terdapat aroma karet meski tidak menyengat, akan lebih baik disterilisasi dahulu sebelum digunakan bermain

Permainan blok dapat meningkatkan kemampuan motorik anak. Namun, blok yang satu ini tak hanya untuk disusun saja. Karena bahannya yang lentur, blok ini juga bisa dijadikan squeeze toys.


Lalu, karena mudah dibersihkan, mainan ini juga aman dijadikan teether. Ada dua pilihan yang bisa Anda pilihkan untuk si kecil, model angka dan binatang. Namun, untuk model angka, anak bisa sekaligus belajar bentuk, tekstur, dan menyusunnya. 

No.5

Beiens Baby Balance Bikes Toddler

Mulai dari Rp929.000,00

Belajar keseimbangan sepeda sedari dini

Kelebihan:

  • Ban terbuat dari bahan EVA sehingga aman dipakai di dalam maupun luar ruangan

Kekurangan:

  • Ukuran cukup kecil sehingga tidak bisa dipakai lama (sekitar 2 tahun saja)

Jika Anda ingin mengajarkan keseimbangan sepeda pada anak sedari dini, Anda bisa menggunakan balance bike yang satu ini. Sepeda ini terdiri dari empat roda yang tampak seperti tiga roda. Namun, berkebalikan dengan sepeda roda tiga pada umumnya, di bagian depan sepeda ini justru terdapat dua roda.


Hal ini membuat anak harus lebih menjaga keseimbangannya agar tidak jatuh. Sepeda ini pas dipakai untuk usia 1-2 tahun. Rodanya dirancang antiselip, dengan dudukan yang ergonomis, serta pegangan dari karet yang nyaman digenggam anak. Dengan desainnya, sepeda ini bisa dimainkan baik di dalam maupun di luar ruangan. 

No.6

Satu KeluargaMainan Edukasi Puzzle KayuM94

Mulai dari Rp96.000,00

Hadir dalam warna yang supercolorful untuk menarik minat anak

Kelebihan:

  • Tersedia dalam banyak varian dengan warna-warni cerah yang menarik untuk anak

Kekurangan:

  • Packing kurang bagus sehingga menyebabkan mainan yang datang rentan rusak atau patah

Puzzle biasa mungkin masih terlalu dini dan sulit untuk dimainkan oleh anak usia 1 tahun. Namun, mainan edukasi anak 1 tahun yang satu ini pasti akan menarik dan menyenangkan untuk dimainkan oleh mereka.


Ada berbagai macam model yang bisa Anda pilih, mulai dari puzzle yang dilengkapi pancing ikan sampai cincin lingkar warna-warni. Yang membuat puzzle ini makin menarik adalah karena tersedia dalam warna-warni yang eye-catching

No.7

PlaygroBaby 2 in 1 Light Up Music Maker

Mulai dari Rp429.000,00

Dilengkapi 20 lagu dengan tuts yang menyala, seru!

Kelebihan:

  • Pilihan musik banyak dan beragam, serta dilengkapi lampu yang berkedip mengikuti irama

Kekurangan:

  • Volume suaranya kecil

Anak usia 1 tahun umumnya menyukai permainan yang mengeluarkan suara dan cahaya. Anda bisa mendapatkan keduanya dari mainan yang satu ini. Mainan berbentuk alat musik drum dan piano ini menarik karena bisa mengeluarkan musik. Selain itu, jika tuts piano ditekan akan terdengar suara dan lampu yang mengikuti irama. Ajak anak menekan-nekan, bernyanyi, serta menari bersama alat musik ini!

No.8

HongzhuoRocking Horse

Mulai dari Rp999.000,00

Berlatih keseimbangan dengan cara menyenangkan

Kelebihan:

  • Dapat dijadikan jungkat-jungkit dan bisa dikendarai juga
  • Terbuat dari bahan yang aman dan kuat

Kekurangan:

  • Bagian bawah jungkat-jungkitnya licin sehingga mudah bergeser jika tidak diberi alas

Jungkat-jungkit adalah salah satu permainan yang menyenangkan bagi anak-anak. Kegiatan motorik ini juga bisa mengasah keseimbangan mereka dan hal ini baik untuk tumbuh kembangnya.


Tak hanya jungkat-jungkit, rocking horse yang satu ini juga bisa dilepas bagian bawahnya dengan mudah dan dijadikan riding horse. Alhasil, anak bisa berseluncur dengan kuda-kudaannya di seluruh ruangan. Kuda ini juga dilengkapi klakson bersuara lucu serta safety belt agar lebih aman. 

No.9

Early Learning CentreLittle Senses Glowing Stacking Rings

Mulai dari Rp429.000,00

Si bulat warna-warni yang bagus untuk sensorik anak

Kelebihan:

  • Bagian donatnya terbuat dari berbagai macam tekstur sehingga anak bisa sekaligus melatih sensoriknya saat bermain
  • Dwifungsi, dapat dijadikan mainan dan lampu tidur

Kekurangan:

  • Harganya tergolong mahal untuk tipe mainan susun

Jika dilihat, mainan edukasi anak 1 tahun ini memang terlihat sederhana. Namun, mainan warna-warni berbentuk bulat seperti donat ini ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Dari permainan ini si kecil akan berlatih berkonsentrasi saat berusaha menyusun kepingan donat menjadi menara utuh.


Si kecil juga akan mengenal warna dan tekstur yang berbeda-beda melalui mainan ini. Selain itu, bagian paling atas yang bergambar wajah akan menyala setelah diletakkan. Lampunya akan berubah-ubah sehingga anak akan tertarik saat memainkannya. Anda juga bisa menjadikannya lampu tidur karena cahayanya lembut dan menenangkan. 

No.10

MizanFlash Card: Human BodyMAP-21

Mulai dari Rp65.000,00

Ajak anak menghafal nama anggota tubuh dengan flash card yang menarik

Kelebihan:

  • Kartu terdiri dari dua bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
  • Ilustrasi lucu dan menarik

Kekurangan:

  • Flash card hanya berupa pengenalan anggota tubuh, tidak ada pelajaran abjad atau lainnya

Si kecil belum hafal nama anggota tubuh? Ubah cara mengajar Anda dengan beralih menggunakan flash card ini. Tidak seperti flash card persegi panjang pada umumnya, produk ini berbentuk oval yang unik. Tidak hanya gambar anggota tubuh manusia, bagian belakang kartu ini juga dilengkapi terjemahan dalam bahasa Inggris. Proses menghafal lebih asyik, si kecil pun bisa sekaligus belajar bahasa asing.

Baca juga rekomendasi mainan anak lainnya di sini

Selain untuk anak usia 1 tahun, kami juga telah menyiapkan artikel mengenai mainan edukasi untuk berbagai usia anak. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui tips memilih serta produk rekomendasinya? Langsung saja klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Itulah tips dari kami tentang cara memilih mainan untuk anak usia 1 tahun. Ingat selalu untuk memperhatikan hal-hal berikut, seperti menyesuaikan mainan dengan jenis kelamin anak serta memilih mainan yang edukatif. Pastikan juga mainan yang Anda beli aman dan menarik untuk anak. 


Kami berharap Anda terbantu dengan artikel ini. Apakah ada produk mainan anak dari rekomendasi kami yang Anda inginkan? Akhir kata, selamat bermain bersama si kecil, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer