• 10 Skincare Terbaik untuk Maskne - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Skincare Terbaik untuk Maskne - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Skincare Terbaik untuk Maskne - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Skincare Terbaik untuk Maskne - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Skincare Terbaik untuk Maskne - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Skincare Terbaik untuk Maskne - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Di tengah merebaknya virus seperti sekarang, penggunaan masker sudah menjadi hal wajib dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pemakaian masker ternyata bisa menyebabkan jerawat di area wajah yang tertutup. Kondisi kulit inilah yang dikenal sebagai maskne.


Karena itu, di sini kami akan membahas tentang cara memilih skincare yang bagus untuk mengatasi maskne. Sepuluh rekomendasi produk terbaik dari berbagai merk, seperti Sensatia Botanicals, Somethinc, hingga Avene juga telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Yuk, simak hingga selesai!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.

Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Penyebab munculnya maskne

Penyebab munculnya maskne

Maskne adalah akronim dari mask acne atau kondisi breakout pada kulit wajah yang diakibatkan oleh pemakaian masker. Sesuai definisinya, maskne biasanya muncul di pipi, dagu, atau hidung. Kondisi kulit yang terkena efek buruk pemakaian masker ini tidak hanya terbatas pada munculnya jerawat.


Tergantung pada kondisi kulit, Anda bisa juga mengalami maskne dalam bentuk lain, misalnya rosacea, dermatitis kontak, hingga folliculitisFolliculitis adalah peradangan yang muncul pada satu atau beberapa folikel rambut.


Pemakaian masker dalam jangka waktu yang lama diyakini sebagai penyebab utama munculnya maskne di wajah. Masker akan menutup pori-pori kulit sehingga sirkulasi udara di area ini jadi terganggu. Kelembapan kulit juga akan meningkat karena keringat dan udara dari napas terjebak di dalamnya. Alhasil, bakteri dan kuman penyebab maskne jadi lebih mudah berkembang biak.


Selain itu, gesekan antara masker dengan kulit dapat memicu lecet dan iritasi. Peradangan di kulit pun tidak bisa dihindari. Terlebih lagi bila kulit Anda cenderung sensitif atau alergi terhadap jenis bahan masker tertentu.


Masalah maskne ini bisa Anda konsultasikan ke dermatologis untuk penanganan yang tepat. Break out yang muncul mungkin memerlukan terapi dengan krim corticosteroid ringan, antibiotik atau antijamur topikal.


Namun, untungnya saat ini telah hadir beragam jenis skincare yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi maskne. Dengan pemakaian teratur, kondisi kulit akan membaik dan terasa lebih sehat meski harus tetap mengenakan masker.


Anda pasti penasaran dengan produk-produk yang bakal kami bahas, bukan? Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya lebih dahulu. Jangan dilewatkan, ya!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare untuk maskne

Pada bagian ini, kami akan menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan saat Anda memilih skincare untuk maskne. Perhatikanlah dengan saksama agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam membeli produk.

Pilih berdasarkan waktu penggunaannya

Berdasarkan waktu penggunaannya, skincare untuk maskne dibagi menjadi dua yaitu sebelum dan sesudah memakai masker. Anda harus memperhatikan hal ini karena setiap produk memiliki tujuan penggunaan, tekstur, dan manfaat yang berbeda. Jangan sampai tertukar, ya.

Sebelum pemakaian masker: Pilih skincare yang formulanya menyegarkan dan cepat meresap

Sebelum pemakaian masker: Pilih skincare yang formulanya menyegarkan dan cepat meresap

Pada dasarnya, pengaplikasian skincare sebelum memakai masker berfungsi untuk meningkatkan kekuatan lapisan pelindung kulit. Dengan begitu, bakteri tidak mudah menempel di kulit sehingga maskne tidak akan terbentuk.


Namun, penggunaan skincare sebelum memakai masker juga berpotensi menutup pori-pori kulit. Alhasil, kulit justru tidak bisa bernapas sehingga keringat, kotoran, dan debu akan menumpuk. Jika sudah begini, maskne pasti segera muncul.


Karena itu, pada tahap ini sebaiknya Anda menggunakan skincare yang formulanya ringan dan cepat meresap di kulit. Jadi, kulit tidak akan meninggalkan sisa-sisa skincare saat memakai masker. Anda pun tak perlu khawatir akan rasa lengket atau terjadi penutupan pori-pori. 


Kami juga sarankan agar Anda memilih skincare yang memiliki efek menyegarkan. Pemakaian masker dalam waktu yang lama dapat membuat kulit terasa gerah dan gatal. Dengan memakai skincare yang memiliki efek menyegarkan, kulit akan senantiasa terasa sejuk meski memakai masker.

Setelah pemakaian masker: Pilih skincare yang efektif membersihkan atau menenangkan

Setelah pemakaian masker: Pilih skincare yang efektif membersihkan atau menenangkan

Setelah memakai masker, terutama jika Anda seharian beraktivitas, kulit akan merasa lelah. Belum lagi kotoran, debu, dan keringat ikut menumpuk sehingga akan membebani kulit. Pada saat seperti inilah lapisan pelindung kulit melemah sehingga membuat maskne mudah muncul.


Oleh karenanya, gunakanlah skincare yang efektif membersihkan kulit hingga lapisan terdalam. Dengan begitu, segala jenis kotoran dapat terangkat sempurna. Namun, perlu diingat, proses pembersihan seperti ini bisa melukai kulit sehingga merangsang terjadinya iritasi. Jadi, pastikan produk yang digunakan lembut bagi kulit, ya.


Selain itu, ada baiknya Anda mengaplikasikan skincare yang dapat menenangkan kulit. Hal ini bertujuan untuk meredakan peradangan yang mungkin terjadi akibat pemakaian masker atau proses pembersihan kulit. Skincare yang kaya nutrisi juga sangat baik digunakan untuk mengembalikan kekuatan pelindung kulit serta merangsang regenerasi sel.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Sesuaikan dengan jenis kulit

Salah satu poin terpenting dalam memilih skincare untuk maskne adalah mengetahui jenis kulit. Seperti diketahui, tiap-tiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda sehingga kebutuhannya pun tidak sama. Supaya skincare dapat memberi manfaat maksimal dalam mencegah dan mengatasi maskne, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit.


Jika kulit Anda tergolong kering, silakan gunakan skincare yang mengandung banyak bahan pelembap. Kulit yang kering cenderung lebih mudah iritasi saat terjadi gesekan antara kulit dengan masker. Dengan memberi kelembapan ekstra, Anda bisa mengurangi potensi terjadinya lecet.


Untuk pemilik kulit berminyak, kami sarankan Anda memilih skincare yang efektif menyerap sebum. Hal ini bertujuan untuk mengontrol produksi minyak di wajah supaya bakteri penyebab jerawat tidak mudah tumbuh. 


Lain halnya dengan pemilik kulit sensitif. Anda sangat disarankan menggunakan skincare maskne berbahan alami. Tujuannya untuk meminimalkan reaksi kulit terhadap bahan iritan.

Periksa bahan kandungan dalam skincare

Untuk mengatasi dan mencegah maskne, tentu Anda harus menggunakan skincare secara rutin. Karena akan digunakan dalam jangka panjang, disarankan agar Anda memilih skincare dengan bahan kandungan selembut mungkin. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan keberadaan bahan aktif yang dapat menghalau datangnya maskne.

Cek keberadaan bahan yang dapat mengatasi maskne

Cek keberadaan bahan yang dapat mengatasi maskne

Kehadiran bahan antibakteri seperti tea tree atau Centella asiatica dinilai sangat penting dalam skincare pilihan Anda. Dengan begitu, Anda bisa yakin bahwa kuman dan bakteri tidak akan bersarang di wajah.


Untuk menenangkan maskne, Anda bisa mencari keberadaan lotuspeppermint extract, niacinamide, dan witch hazel dalam skincare. Sementara itu, untuk mengurangi rasa gatal yang mungkin ditimbulkan maskne, pastikan di dalamnya terkandung calendula extract.


Jika kondisi maskne sudah terlanjur parah, kami sarankan Anda menggunakan medicated skincare untuk mengatasinya. Produk-produk yang tergolong dalam medicated skincare ditunjukkan dengan keberadaan salicylic acid atau benzoyl peroxide.

Hindari keberadaan bahan iritan dalam produk pilihan

Hindari keberadaan bahan iritan dalam produk pilihan

Sebisa mungkin, hindarilah skincare yang mengandung alkohol, pewangi, atau pengawet buatan (paraben). Dengan begitu, potensi timbulnya iritasi pada kulit bisa berkurang. Akan lebih bagus lagi bila Anda bisa menemukan skincare dengan formula non-comedogenic supaya tidak membebani kulit. Jadi, penyumbatan pori-pori kulit pun bisa dihindari.

10 Rekomendasi skincare terbaik untuk maskne

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik untuk maskne yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10

GaldermaCetaphil Moisturizing Cream

Mulai dari Rp 272.900,00

Waktu penggunaanSebelum dan setelah pemakaian masker
Jenis kulitKering, sensitif
Kandungan aktifAlmond oil, glycerin
AlkoholX
Pewangi buatanX
Paraben
Isi100 gr, 453 gr
9

AmorepacificLaneige Mini Pore Waterclay Mask

Mulai dari Rp 360.000,00

Waktu penggunaanSetelah pemakaian masker
Jenis kulitKulit berminyak
Kandungan aktifMineral mud, glycerin, sea silt, kaolin, peppermint extract
Alkohol
Pewangi buatanX
ParabenX
Isi70 ml
8
Waktu penggunaanSebelum pemakaian masker
Jenis kulitBerminyak, kombinasi
Kandungan aktifTea tree leaf extract, niacinamide, salicylic acid
AlkoholX
Pewangi buatanX
ParabenX
Isi50 ml
7
Waktu penggunaanSebelum dan setelah pemakaian masker
Jenis kulitKulit kering
Kandungan aktifVitamin E, hyaluronic acid, Avene thermal spring water
AlkoholX
Pewangi buatan
ParabenX
Isi200 ml
6

Mitra Kreasi NaturalThe Bath Box Bloomka Sugar Cane + Calendula Exfoliating Facial Toner

Mulai dari Rp 92.000,00

Waktu penggunaanSebelum dan setelah pemakaian masker
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifBilberry fruit extract, sugar cane extract, orange fruit extract, lemon fruit extract, sugar maple extract, Calendula officinalis flower extract
AlkoholX
Pewangi buatan
ParabenX
Isi100 ml
5

Royal Pesona IndonesiaSomethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Mulai dari Rp 99.000,00

Waktu penggunaanSebelum dan setelah pemakaian masker
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifJapanese mugwort extract, tea tree leaf oil, Centella asiatica leaf water, Calendula officinalis flower extract, peppermint oil
AlkoholX
Pewangi buatanX
ParabenX
Isi15 ml, 100 ml
4

AmorepacificMamonde Micro Deep Cleansing Oil

Mulai dari Rp 270.000,00

Waktu penggunaanSetelah pemakaian masker
Jenis kulitTidak disebutkan
Kandungan aktifLotus flower, lotus root powder, lotus seed
AlkoholX
Pewangi buatan
ParabenX
Isi200 ml
3

AvoskinYour Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Mulai dari Rp 139.000,00

Waktu penggunaanSebelum dan setelah pemakaian masker
Jenis kulitNormal, kering, berminyak
Kandungan aktifSalicylic acid, zinc, Melaleuca alternifolia leaf extract
AlkoholX
Pewangi buatanX
ParabenX
Isi30 ml
2

For Skin's SakeWeightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Mulai dari Rp 190.000,00

Waktu penggunaanSebelum pemakaian masker
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifNiacinamide, Centella asiatica extract
AlkoholX
Pewangi buatanX
ParabenX
Isi7 ml, 45 ml
1

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Spot Treatment

Mulai dari Rp 110.000,00

Waktu penggunaanSetelah pemakaian masker
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan aktifSunflower seed oil, niacinamide, glycerin, argan oil, tea tree leaf oil, licorice root extract, tocopherol, lemon peel oil, peppermint oil, rosemary extract
AlkoholX
Pewangi buatanX
ParabenX
Isi20 ml

Tabel perbandingan produk skincare terbaik untuk maskne

Gambar produk
1
Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment 1

Sensatia Botanicals

2
For Skin's Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++ 1

For Skin's Sake

3
Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 1

Avoskin

4
Amorepacific Mamonde Micro Deep Cleansing Oil 1

Amorepacific

5
Royal Pesona Indonesia Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser 1

Royal Pesona Indonesia

6
Mitra Kreasi Natural The Bath Box Bloomka Sugar Cane + Calendula Exfoliating Facial Toner 1

Mitra Kreasi Natural

7
Avene Gentle Milk Cleanser 1

Avene

8
Dr. Jart+ Teatreement Moisturizer 1

Dr. Jart+

9
Amorepacific Laneige Mini Pore Waterclay Mask 1

Amorepacific

10
Galderma Cetaphil Moisturizing Cream 1

Galderma

Nama produk

Tea Tree & Lemon Spot Treatment

Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Mamonde Micro Deep Cleansing Oil

Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

The Bath Box Bloomka Sugar Cane + Calendula Exfoliating Facial Toner

Gentle Milk Cleanser

Teatreement Moisturizer

Laneige Mini Pore Waterclay Mask

Cetaphil Moisturizing Cream

Keunggulan

Kempeskan jerawat meradang dengan cepat

Cegah terjadinya maskne akibat paparan sinar matahari

Atasi maskne dengan kandungan 2% salicylic acid

Memakai makeup seharian? Tak takut lagi!

Tekstur jeli yang unik sebagai bahan pembersih

Hilangkan bekas jerawat dengan bahan pengeksfoliasi alami

Makin dibersihkan, kulit makin sehat

Tak perlu menunggu lama sebelum memakai masker

Ucapkan selamat tinggal pada sarang bakteri

Pelembap multifungsi tanpa kandungan yang mengiritasi

Harga mulai dariRp 110.000,00Rp 190.000,00Rp 139.000,00Rp 270.000,00Rp 99.000,00Rp 92.000,00Rp 308.000,00Rp 270.000,00Rp 360.000,00Rp 272.900,00
Waktu penggunaanSetelah pemakaian maskerSebelum pemakaian maskerSebelum dan setelah pemakaian maskerSetelah pemakaian maskerSebelum dan setelah pemakaian maskerSebelum dan setelah pemakaian maskerSebelum dan setelah pemakaian maskerSebelum pemakaian maskerSetelah pemakaian maskerSebelum dan setelah pemakaian masker
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitNormal, kering, berminyakTidak disebutkanSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit keringBerminyak, kombinasiKulit berminyakKering, sensitif
Kandungan aktifSunflower seed oil, niacinamide, glycerin, argan oil, tea tree leaf oil, licorice root extract, tocopherol, lemon peel oil, peppermint oil, rosemary extractNiacinamide, Centella asiatica extractSalicylic acid, zinc, Melaleuca alternifolia leaf extractLotus flower, lotus root powder, lotus seedJapanese mugwort extract, tea tree leaf oil, Centella asiatica leaf water, Calendula officinalis flower extract, peppermint oilBilberry fruit extract, sugar cane extract, orange fruit extract, lemon fruit extract, sugar maple extract, Calendula officinalis flower extractVitamin E, hyaluronic acid, Avene thermal spring waterTea tree leaf extract, niacinamide, salicylic acidMineral mud, glycerin, sea silt, kaolin, peppermint extractAlmond oil, glycerin
AlkoholXXXXXXXXX
Pewangi buatanXXXXXXX
ParabenXXXXXXXXX
Isi20 ml7 ml, 45 ml30 ml200 ml15 ml, 100 ml100 ml200 ml50 ml70 ml100 gr, 453 gr
Tautan produk

Tips mencegah munculnya maskne

Tips mencegah munculnya maskne

Pemakaian skincare yang tepat memang bisa meningkatkan kondisi kulit sehingga maskne tidak mudah berkembang biak. Meski begitu, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mencegah munculnya maskne. Berikut adalah beberapa tipsnya.


  • Usahakan untuk tidak menggunakan makeup yang terlalu tebal saat memakai masker. Lebih baik hindari pemakaian makeup di bagian yang tertutup masker atau pilihlah makeup yang nonkomedogenik. Foundation, concealer, dan blush on dapat menutup pori dan memperparah maskne.
  • Pastikan bahan masker yang dipakai nyaman dan cocok untuk kulit. Hindari jenis masker yang menempel ketat dengan kulit selain bagian tepinya.
  • Gunakan masker disposable dan gantilah masker setiap empat jam sekali dan berikan jeda 15 menit sebelum memakai masker. Jadi, selalu siapkan masker cadangan agar Anda bisa segera berganti masker saat yang dipakai sudah terasa lembap.
  • Bila Anda menggunakan masker kain, pastikan Anda rajin mencucinya. Kemudian, gunakan detergen lembut yang hipoalergenik dan tanpa bahan iritan, seperti pewangi, softener, dan bleach.
  • Segera bersihkan wajah setelah pemakaian masker. Saat mengalami maskne, hindari skincare yang mengandung bahan physical exfoliator (scrub), AHA konsentrasi tinggi, dan retinoid yang terlalu kuat.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda sudah berperan lebih dalam menjaga kulit dari maskne. Jika kulit Anda sehat, skincare pun akan terserap dengan lebih sempurna.

Baca juga rekomendasi produk pencegah terjadinya maskne di sini

Untuk mencegah dan mengatasi maskne, Anda tidak bisa hanya berfokus pada pemilihan skincare. Anda juga perlu memperhatikan alat pelindung wajah yang dipakai sehari-hari supaya tidak merangsang timbulnya maskne. Sebut saja masker kain, masker olahraga, hingga face shield. Selain itu, pemilihan hand sanitizer juga tak kalah penting. Selengkapnya, kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dengan makin merebaknya penyebaran virus, penggunaan masker menjadi kewajiban yang tidak boleh terlupakan. Sayangnya, mulai muncul permasalahan kulit yang ditimbulkan oleh pemakaian masker atau sering disebut maskne. Karena itu, meski wajah tertutup masker, bukan berarti Anda bisa mengesampingkan kondisi kesehatan kulit. Untungnya, hal ini bisa diatasi dengan penggunaan skincare yang tepat.


Semoga pembahasan kami kali ini bisa memberi gambaran pada Anda tentang skincare untuk mengatasi dan mencegah maskne. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin banyak di antara Anda yang mengalami berbagai masalah kulit saat berusia 40-an. Kulit kering, noda hitam, keriput, kendur, kusam, dan pori-pori yang terbuka adalah contohnya. Untuk menghindari masalah kulit dan menjaganya agar tetap awet muda, Anda perlu menggunakan essence yang cocok bagi kulit usia 40-an.Namun, banyaknya pilihan essence yang ada di pasaran tentu akan membuat Anda bingung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih essence untuk Anda yang memasuki usia 40-an. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik beserta ulasannya.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Terbaik untuk Mencerahkan Wajah - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Semua orang tentunya ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat. Untuk itu, banyak orang yang mencari serum untuk mencerahkan wajah. Saat ini sudah banyak produk serum untuk memutihkan wajah dengan efek brightening yang membuat wajah tampak lebih cerah. Nah, kali ini kami akan membagikan tips memilih serum yang bagus untuk mencerahkan wajah. Temukan rekomendasi serum whitening dari berbagai merek, seperti Wardah, Azarine, dan Dear Me Beauty. Baca juga tips memilih serum dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari. Pastikan Anda menemukan serum brightening terbaik, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sikat pembersih wajah (sering disebut facial cleansing brush atau pore brush) adalah alat yang dapat membantu perawatan kesehatan kulit wajah. Sikat pembersih wajah tersedia dalam beragam bahan, bentuk, dan harga. Dengan penggunaan yang tepat, perawatan kulit Anda pun makin optimal.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sikat pembersih wajah yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti MINISO, Holika Holika, dan Inone. Selamat memilih produk terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit Anda!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shaving Gel (Gel Cukur) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bercukur adalah satu satu bentuk perawatan wajah untuk pria. Sebagai pelumas untuk mencukur, saat ini shaving gel atau gel cukur semakin diminati baik di antara pengguna pisau cukur maupun alat cukur elektrik. Anda akan menemukan berbagai merek gel cukur yang nyaman di kulit, seperti Aveeno, Gilette, atau Sukin beredar di pasaran.Setiap produk mengusung kelebihan masing-masing, jadi Anda harus jeli untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi gel cukur terbaik agar Anda bisa menemukan produk yang paling tepat. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    Seperti kita ketahui, pemilihan produk skincare harus disesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulit. Bioderma termasuk merek yang sangat memperhatikan kesesuaian tersebut. Tidak heran, semua produknya dibagi berdasarkan masalah dan jenis kulit, salah satunya adalah untuk kulit berminyak. Dalam rangkaian produk perawatan kulit tersebut, Bioderma menyediakan semua jenis skincare, dari facial wash sampai sunscreen. Meski tersedia beragam pilihan, Anda tidak perlu bingung memilihnya. Berikut ini, kami akan memberikan tips memilih produk Bioderma beserta rekomendasi produknya. Simak sampai tuntas, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2022)
    Permasalahan jerawat mungkin sering membuat Anda merasa kurang percaya diri. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan yang teratur dan menggunakan produk kecantikan yang aman untuk kulit berjerawat. Selain itu, produk dengan formula efektif yang dapat memutihkan kulit atau menghilangkan bekas jerawat juga penting untuk perawatan lanjutan.Wardah memiliki seri Acnederm yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Akan tetapi, selain seri ini, Wardah juga mengeluarkan produk lainnya yang dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit berjerawat. Kami akan mengulasnya lebih lanjut dan merekomendasikan produk terbaiknya. Simak pembahasannya sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kombinasi punya kebutuhan yang berbeda dengan kondisi kulit lainnya. Agar kulit senantiasa sehat, Anda butuh skincare yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Kali ini, secara spesial kami akan mengulas skincare merk Emina yang bagus untuk digunakan pada kulit kombinasi.Rangkaian produk Emina terbaik, mulai dari face wash, toner, pelembap, dan sunscreen akan kami ulas lengkap. Tidak ketinggalan, review serum Emina terbaru juga ada di sini! Kami juga telah menyediakan tips memilih skincare Emina yang sesuai untuk kulit kombinasi. Penasaran dengan ulasan kami? Yuk, simak sampai habis!
    Perawatan wajah
  • 8 Rekomendasi Skincare Lacoco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Skincare Lacoco Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Produk perawatan kulit berbahan alami banyak digemari oleh para beauty enthusiast di tanah air. Salah satu merk skincare lokal pendatang baru yang berhasil mencuri perhatian adalah Lacoco. Merk yang satu ini memproduksi beragam skincare, mulai dari essence, eye serum, soothing mist, mask, hingga sunscreen.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk Lacoco yang bagus untuk kebutuhan kulit Anda. Pastinya, kami pun akan merekomendasikan produk-produk terbaiknya, seperti Dark Spot Essence, Watermelon Glow Mask, Intensive Treatment Eye Serum, dan lainnya. Baca terus artikel ini, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare MS GLOW Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare MS GLOW Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini banyak merek skincare lokal yang bagus di pasaran, salah satunya adalah MS GLOW. Merek ini menyediakan beragam jenis skincare, mulai dari serum, night cream, masker, hingga essence. Tentunya, kulit wajah Anda akan lebih mudah beradaptasi jika menggunakan rangkaian produk dari satu merek.Jenis produk yang dimiliki pun beragam sesuai masalah kulit Anda. Ada Flawless Glow Red Jelly, Acne Spot Treatment, atau Whitening Gold Serum. Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi produk skincare MS GLOW terbaik. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Wash Kiehl's Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Wash Kiehl's Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kiehl's merupakan merek skincare ternama dari Amerika Serikat. Perjalanannya dimulai dari sebuah apotek di New York pada 1851. Sejak saat itu, Kiehl's telah memiliki berbagai macam produk yang bisa dirasakan manfaatnya. Salah satu produk Kiehl's yang sering digunakan adalah face wash. Anda dapat menemukan face wash yang telah melalui uji klinis ahli dermatologi untuk jenis kulit Anda. Produk seperti Facial Fuel Energizing Face Wash dan Calendula Deep Cleansing Foaming Face tentu ada dalam rekomendasi kami. Sebelumnya, kami akan menjelaskan tips memilih face wash yang bagus untuk Anda. 
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Madu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak kenal madu? Cairan kental dengan rasa manis yang kaya manfaat ini rupanya memiliki sejumlah khasiat untuk kulit. Salah satu cara untuk memanfaatkan khasiat madu di kulit adalah menggunakannya sebagai masker. Di antara banyaknya produk masker madu yang ditawarkan, manakah yang sebaiknya Anda pilih?Di artikel ini, kami akan membahas cara memilih masker madu dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Anda bisa menemukan produk dari Cosrx, Sensatia Botanicals, Freeman, dan merek lainnya. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori