• 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mau mengecat tembok, jendela kayu, pagar besi, atau bahkan motor Anda? Jangan cuma beli catnya karena Anda juga akan membutuhkan thinner cat. Sudah tahu thinner seperti apa yang harus Anda beli? Thinner cat ada berbagai macam jenis, misalnya thinner untuk cat duco, cat besi, cat kayu, dan sebagainya.


Kami akan memberikan tips memilih thinner cat yang bagus beserta rekomendasi produknya. Ada beberapa merek terkenal, seperti Imapala, Cobra, ND, dan sebagainya. Kami juga akan memberikan cara mencampur cat dengan thinner yang benar. Simak sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Ketahui fungsi thinner cat

Ketahui fungsi thinner cat

Untuk memperbaiki atau memperindah bagian rumah atau kendaraan pribadi Anda, cat saja tidak cukup. Anda juga membutuhkan thinner. Thinner dan cat adalah dua pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Thinner berfungsi untuk membuat cat lebih encer sehingga kekentalannya menjadi sesuai kebutuhan. Cat yang terlalu kental membuat pemakaiannya boros dan susah kering.


Selain itu, thinner juga bisa digunakan sebagai bahan pelarut, pembersih karat besi, dan bahan finishing. Saat ingin mengecat jendela, pintu, pagar, motor, mobil, dan bagian rumah lainnya, pasti Anda membutuhkan thinner. Setelah mengetahui fungsinya, sekarang saatnya mendapatkan thinner yang sesuai kebutuhan Anda!

Cara memilih thinner cat

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, kami akan membagikan tips memilih thinner cat. Anda perlu mengetahui jenis-jenis thinner, hasil akhir, serta waktu yang dibutuhkan untuk kering.

Kenali jenis-jenis thinner

Setidaknya ada dua jenis thinner yang akan kami bahas kali ini, yakni nitrocellulose (NC) dan polyurethane (PU). Simak fungsi, kelebihan, kekurangan dan karakteristiknya, ya!

Thinner nitrocellulose: Lebih cepat kering

Thinner nitrocellulose (NC) atau duco termasuk ke dalam campuran cat yang medium. Artinya, ia tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk kering. Ada tiga jenis thinner NC yang dijual di pasaran, yakni tipe A, B, dan super.


  • Thinner A: Digunakan sebagai pengencer semua jenis cat duco/NC. Thinner ini paling sering digunakan saat proses pengecatan dasar menggunakan bahan epoxy. Waktu keringnya sangat cepat.
  • Thinner B: Digunakan sebagai pengencer cat sintetis yang digunakan untuk mengecat pagar, besi, dan kayu.
  • Thinner A Special: Hampir mirip dengan thinner A, tetapi lebih sering digunakan untuk proses finishing atau clear coating.

Harga thinner NC cenderung lebih ekonomis dibandingkan thinner polyurethane. Namun, hasil akhirnya tidak begitu glossy dan tidak begitu awet. Thinner ini lebih sering digunakan untuk mengecat mobil bak terbuka, truk, dan sejenisnya.

Thinner polyurethane: Lebih lambat kering, tetapi hasil akhir lebih bagus

Thinner polyurethane: Lebih lambat kering, tetapi hasil akhir lebih bagus

Thinner polyurethane dikenal juga dengan nama dagang thinner HG (high gloss), Super HG, PU Slow, dan PU Extra Slow. Secara umum, thinner PU dibedakan menjadi thinner PU biasa dan thinner PU Slow.


  • Thinner PU: Waktu kering sekitar 6 jam, tingkat glossy medium, dan harganya lebih ekonomis dari thinner PU Slow.
  • Thinner PU Slow: Waktu kering sekitar 12 jam, tingkat glossy sangat mengilap, harganya lebih tinggi dari thinner PU.

 

Thinner PU lebih banyak digunakan untuk coating jenis city car hingga mobil mewah karena hasil akhirnya yang lebih bagus dan awet. 

Pilih jenis thinner sesuai kebutuhan Anda

Setiap cat penggunaannya tentu berbeda, ada yang khusus untuk besi, kayu, kendaraan bermotor, dan sebagainya. Oleh karena itu, jenis thinner yang digunakan juga berbeda. Untuk hasil ideal, pilihlah jenis thinner yang sesuai kebutuhan.

Thinner untuk campuran cat kendaraan bermotor

Thinner untuk campuran cat kendaraan bermotor

Mengecat motor atau mobil biasanya melewati tiga tahapan, yakni menggunakan cat epoxy sebagai dasar, cat warna, dan clear coat. Setiap tahap tentunya menggunakan thinner yang berbeda untuk hasil yang ideal. Berikut panduan jenis thinner yang dibutuhkan untuk setiap tahapan pengecatan kendaraan bermotor:


  1. Pengecatan dasar: cat epoxy campur thinner A, NC, atau A super. Cat epoxy berguna untuk menutup pori-pori permukaan dan menghilangkan bekas goresan.
  2. Pengecatan warna utama bodi: thinner HG atau thinner A super. Keduanya membuat hasil akhirnya lebih halus dan memudahkan proses selanjutnya, yakni clear coating.
  3. Proses clear coating atau pernis: thinner PU. Hasilnya lebih glossy dan tahan lama, bahkan hingga 5 tahun.

Thinner untuk mengecat bahan kayu dan besi

Thinner untuk mengecat bahan kayu dan besi

Cat dan thinner juga digunakan untuk memoles bagian rumah, seperti pagar besi, pintu kayu, dan sebagainya. Untuk mengecat kayu atau besi, Anda bisa menggunakan jenis thinner yang sama. Setelah proses pengamplasan, gunakan cat dasar yang dicampur dengan thinner A atau thinner super. 


Jika Anda menginginkan hasil akhir yang glossy, gunakan cat dan thinner PU saat melakukan proses pernis. Untuk benda-benda yang terbuat dari besi, thinner juga berfungsi untuk menghilangkan karat sehingga barang lebih awet.

Ketahui kandungan thinner dan keamanannya

Ketahui kandungan thinner dan keamanannya

Thinner merupakan cairan bening yang terbuat dari campuran toluena atau metilbenzena. Toluena sebagai komponen utama berguna untuk membuat cat lebih menyebar saat digunakan dan memberikan hasil akhir yang lebih mengilap. Aroma senyawa ini sangat menyengat dan berbahaya jika dihirup dalam waktu lama. Oleh karena itu, saat memakai thinner dan cat, gunakanlah sarung tangan dan masker agar aromanya tidak terhirup.

10 Rekomendasi thinner cat terbaik

Berikut ini sepuluh thinner terbaik yang sudah kami pilihkan untuk Anda. Pilih jenis dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

10
Isi1 liter dan 5 liter
Digunakan untuk jenis catCat kayu, cat duco, minyak, melamin, besi
9
Isi1 liter dan 5 liter
Digunakan untuk jenis catCat duco, minyak, besi, kayu
8
Isi0,5 liter dan 1 liter
Digunakan untuk jenis catCat besi, cat kayu
7

RajawaliThinner HG

Mulai dari Rp 21.000,00

Isi0,9 liter
Digunakan untuk jenis catCat kayu dan besi
6
Isi0,8 liter dan 20 liter
Digunakan untuk jenis catEpoxy
5
Isi1 liter dan 4 liter
Digunakan untuk jenis catCat mobil, clear coating
4
Isi1 liter
Digunakan untuk jenis catCat kayu, cat besi, cat tembok
3

Victory Paint IndustryBlinken Thinner Polyurethane BC 30

Mulai dari Rp 60.000,00

Isi1 liter
Digunakan untuk jenis catCat polyurethane, base dan clear coating
2
Isi0,8 liter
Digunakan untuk jenis catCat kayu, cat sintetis, lem kayu
1
Isi1 liter
Digunakan untuk jenis catCat duco, cat lacquer

Tabel perbandingan produk thinner cat terbaik

Gambar produk
1
Nippon Paint Nippe Super Thinner 1

Nippon Paint

2
Sari Sarana Kimia Herin 1

Sari Sarana Kimia

3
Victory Paint Industry Blinken Thinner Polyurethane BC 30 1

Victory Paint Industry

4
Dulux Thinner A850-41 1

Dulux

5
Pacific Paint Thinner Autoglow 1

Pacific Paint

6
Propan Thinner Epoxy 1

Propan

7
Rajawali Thinner HG 1

Rajawali

8
Mataram EMCO Thinner B 1

Mataram

9
ML Indonesia  Cobra 1

ML Indonesia

10
Impala Thinner 1

Impala

Nama produk

Nippe Super Thinner

Herin

Blinken Thinner Polyurethane BC 30

Thinner A850-41

Thinner Autoglow

Thinner Epoxy

Thinner HG

EMCO Thinner B

Cobra

Thinner

Keunggulan

Cepat kering, mengilap, dan multifungsi!

Bisa juga untuk mengencerkan lem kuning Aica Aibon

Mobil berkelas harus pakai thinner berkelas juga!

Reputasi bagus, hasil akhir tepercaya

Lambat kering, tetapi hasil kinclong maksimal

Tersedia dalam jeriken besar juga, lho!

Untuk finishing yang lebih mengilap!

Dikemas lebih modern dan lebih praktis

Hasil cat lebih tahan lama

Cepat kering dan hasil akhirnya super glossy

Harga mulai dariRp 28.000,00Rp 19.000,00Rp 60.000,00Rp 32.000,00Rp 42.000,00Rp 42.000,00Rp 21.000,00Rp 12.500,00Rp 35.000,00Rp 28.000,00
Isi1 liter0,8 liter1 liter1 liter1 liter dan 4 liter0,8 liter dan 20 liter0,9 liter0,5 liter dan 1 liter1 liter dan 5 liter1 liter dan 5 liter
Digunakan untuk jenis catCat duco, cat lacquerCat kayu, cat sintetis, lem kayuCat polyurethane, base dan clear coatingCat kayu, cat besi, cat tembokCat mobil, clear coatingEpoxyCat kayu dan besiCat besi, cat kayuCat duco, minyak, besi, kayuCat kayu, cat duco, minyak, melamin, besi
Tautan produk

Cara mencampurkan thinner dengan cat yang aman

Cara mencampurkan thinner dengan cat yang aman

Apa pun benda yang akan dicat, umumnya akan melewati tiga tahap, yakni cat dasar, cat utama, dan pernis. Setiap merek cat tentunya memiliki perbandingan campuran dengan thinner yang berbeda. Namun, ada beberapa patokan yang bisa Anda ikuti. Berikut ini contohnya.


  • Cat dasar: buatlah cat lebih kental karena tujuan utama tahap ini adalah untuk menutupi pori-pori benda tersebut, misalnya perbandingan cat : thinner sekitar 1:0,5
  • Cat utama: buatlah cat lebih encer, gunakan perbandingan cat : thinner sekitar 1:3
  • Pernis: gunakan perbandingan cat : thinner 1:0,5

Anda bisa menggunakan perbandingan ini untuk mengecat tembok, kayu, besi, kendaraan bermotor, dan perabotan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa kandungan nitrocellulose atau polyurethane di dalam cat atau thinner bisa memengaruhi hasil akhirnya. Oleh karena itu, Anda bisa memodifikasi perbandingannya sesuai kebutuhan.

Baca juga rekomendasi cat dan perlengkapan finishing lainnya

Selain thinner, Anda perlu mengetahui beberapa jenis cat yang bisa digunakan untuk mempercantik tembok, kayu, besi, ataupun kendaraan bermotor milik Anda. Kami mengulas tips memilih hingga rekomendasi produk dari merek-merek terbaik yang merajai pasar Indonesia. Silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Thinner adalah barang yang wajib ada saat Anda ingin mengecat sesuatu. Jika tidak mencampurkan cat dengan thinner, jumlah cat yang Anda habiskan akan lebih boros dan tidak efektif. Thinner juga membuat hasil akhirnya lebih bagus. 


Sesuaikan jenis thinner dengan benda yang ingin Anda cat. Pilihlah merek thinner yang memiliki reputasi baik di pasaran, ya. Ingat selalu juga untuk menggunakan masker saat mengecat agar kesehatan Anda terjaga.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, antijamur, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok terbaik, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan No Drop. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Yuk, temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel roll merupakan gulungan kabel yang berfungsi untuk menyambung aliran listrik. Kabel roll digunakan saat Anda membutuhkan daya di tempat yang jauh dari jangkauan listrik. Sebut saja untuk menyalakan lampu pada pekerjaan outdoor. Apakah Anda masih bingung dalam memilih kabel roll yang bagus?Kali ini, kami akan membahas produk kabel roll terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Produk merk Krisbow, GAO, dan Uticon juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Segera temukan produk kabel roll yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kanvas lukis merupakan media yang terbuat dari kain dan tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 20x20 cm, 20x30 cm, dan 30x40 cm. Namun, ternyata pemilihan jenis cat juga perlu disesuaikan dengan bahan kanvasnya. Ukuran, bahan, dan harga kanvas gambar yang bervariasi mungkin sering membuat Anda kebingungan dalam memilih. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih kanvas lukis yang bagus di artikel ini. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk kanvas lukis dari merk Winsor & Newton, TRG, Bartega, Prima, dan brand lainnya. Untuk mendapatkan kanvas lukis terbaik, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori