mybest
Sedotan

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Karena dapat digunakan berulang-ulang, stainless straw mulai banyak dipakai. Produk yang juga dikenal dengan sedotan stainless ini adalah salah satu usaha untuk mengurangi limbah plastik. Meskipun demikian, produknya tetap selalu aman digunakan asalkan dirawat dengan benar.


Kali ini kami akan membahas cara memilih stainless straw terbaik untuk Anda. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari merk yang bagus seperti Janji Jiwa, demibumi, dan lainnya. Ulasan produknya pun akan kami bagikan untuk Anda. Ada yang dalam setnya terdapat sedotan khusus untuk boba, lho. Sudah tidak sabar memilih? Yuk, dimulai!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu stainless straw atau sedotan stainless?

Apa itu stainless straw atau sedotan stainless?

Stainless straw adalah sedotan besi yang mulai banyak digunakan demi mengurangi limbah plastik. Produknya muncul sebagai reaksi dari menumpuknya sampah plastik yang berbahaya bagi biota laut. 


Sedotan stainless dapat digunakan berulang-ulang karena bisa dicuci. Selain itu, produknya lebih aman dibandingkan sedotan plastik yang mengandung BPA (Bisphenol A). Zat tersebut berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu berbagai penyakit.


Sayangnya, meskipun aman bagi tubuh, ternyata stainless straw memiliki efek lain terhadap bumi. Produksinya menghasilkan emisi karbon dioksida (CO2) paling besar di antara jenis sedotan lainnya. Perlu diketahui, emisi CO2 adalah satu penyebab pemanasan global. 

Jumlah penggunaan yang disarankan untuk sebuah stainless straw adalah 149 kali. Jumlah tersebut baru akan mengimbangi tingkat emisi CO2 yang dihasilkan produknya. Jadi, pastikan Anda tidak membeli produknya hanya karena tren, ya. Gunakanlah sedotan stainless sebagai usaha untuk menyelamatkan bumi dari sampah plastik.

Cara memilih stainless straw

Memilih tipe stainless straw yang tepat akan membuat Anda lebih nyaman memakainya. Keamanan produknya pun perlu dipastikan. Untuk itu, simak poin cara memilihnya dari kami berikut ini agar Anda mendapatkan produk terbaik.

1

Ketahui tipe stainless straw yang beredar di pasaran

Ketahui tipe stainless straw yang beredar di pasaran
Tipe sedotan stainless yang paling umum beredar di pasaran adalah lurus dan bengkok. Tipe bengkok lebih mudah digunakan karena bisa diarahkan ke mulut Anda. Sementara itu, tipe lurus memiliki struktur yang membuatnya lebih mudah dibersihkan

Jika Anda menggemari bubble tea, sedotan tipe boba bisa dipilih. Tipe ini memiliki diameter lubang yang lebih besar. Dengan begitu, boba dari minuman Anda bisa dengan mudah terisap lewat sedotan.

Salah satu kekurangan sedotan stainless adalah materialnya yang keras sehingga sulit disimpan. Namun, tidak demikian dengan stainless straw tipe teleskopik dan tipe lipat. Keduanya bisa dibuat compact. Alhasil, produknya cocok untuk traveling


Stainless straw tipe teleskopik memiliki model seperti teleskop. Anda bisa memanjangkan dan memendekkannya. Jadi, saat sedang tidak dipakai, Anda dapat memendekkannya, lalu menyimpannya di tas. Tipe lipat juga tak kalah ringkasnya. Seperti namanya, Anda bisa melipatnya sehingga tidak merepotkan untuk dibawa-bawa.


Stainless straw umumnya memiliki ukuran panjang 21—22 cm dengan diameter lubang 0,6 cm. Ukuran tipe boba tentu berbeda. Diameter lubang pada sedotan stainless tipe boba adalah 1,2 cm. Tipe tersebut akan membutuhkan tempat yang lebih luas saat Anda membawanya bepergian. Jadi, pastikan produknya sesuai tujuan penggunaan, ya.

2

Pertimbangkan produk yang berupa set

Pertimbangkan produk yang berupa set

Tidak perlu membeli produknya satu per satu bila Anda membutuhkan beberapa tipe stainless straw sekaligus. Pilih saja produk dalam bentuk set agar Anda lebih hemat. Produknya biasanya terdiri dari satu tipe lurus, satu tipe bengkok, dan satu tipe boba. 


Produk yang set umumnya juga sudah termasuk sikat untuk membersihkan sedotan, serta kantong untuk menyimpan sedotan. Jadi, Anda tidak perlu membelinya lagi secara terpisah.


Akan tetapi, Anda bisa saja menemukan satu set stainless straw dengan tipe yang sama. Produknya dapat dipilih jika Anda ingin membelikan sedotan stainless untuk beberapa orang sekaligus. Ingin memiliki beberapa sedotan cadangan? Produk seperti ini juga akan pas untuk Anda.

3

Pastikan stainless straw pilihan Anda aman digunakan

Selain sesuai dengan kebutuhan, stainless straw pilihan Anda juga harus aman digunakan. Berikut ini kami akan menjabarkan hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjamin keamanan produknya. Disimak baik-baik, ya.

Stainless steel 304, menjamin produknya food grade

Stainless steel 304, menjamin produknya food grade
Anda sebaiknya tidak mudah tergoda dengan stainless straw yang harganya murah. Produknya mungkin saja menggunakan material stainless steel 201 yang mudah korosi sehingga berbahaya untuk kesehatan. Produk yang aman dibuat dengan menggunakan material stainless steel 304 atau SS 304. Material tersebut tergolong sebagai logam yang food grade.

SS 304 juga biasa disebut dengan stainless steel 18/8. Besinya mengandung kandungan kromium sebesar 18% dan nikel sebesar 8%. Kromium berfungsi untuk melindungi bahan dari proses oksidasi. Sementara itu, nikel akan mencegah bahannya mengalami korosi. Nah, besaran kandungan keduanya sudah mencukupi untuk melindungi material dari karat. SS 304 juga aman bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman.


Tidak perlu ragu untuk menanyakan material stainless straw kepada penjual bila informasinya belum dicantumkan. Karena berkaitan dengan kesehatan Anda, pastikan lebih dahulu produk pilihan Anda menggunakan material SS 304, ya.

Silicone tip, melindungi gigi dari benturan

Silicone tip, melindungi gigi dari benturan

Karena materialnya keras, stainless straw tentu bisa menimbulkan rasa sakit saat tidak sengaja membentur gigi Anda. Oleh karena itu, pastikan produknya dilengkapi silicone tip atau mulut silikon. Silicone tip akan membuat bagian sedotan yang bersentuhan dengan mulut Anda menjadi lebih lembut.


Di samping itu, material stainless steel juga dapat menghantarkan suhu. Suhu terlalu dingin membuat sedotan stainless menjadi dingin. Sebaliknya, suhu terlalu panas akan membuatnya turut panas. Sifat tersebut tentu mengurangi kenyamanan saat menggunakan produknya. 


Nah, silikon tidak memiliki sifat tersebut sehingga mampu menjaga suhu mulut sedotan tetap normal. Namun, pastikan materialnya BPA free dan food grade agar aman bagi kesehatan Anda, ya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi stainless straw terbaik

Kini saatnya bagi Anda untuk memilih stainless straw terbaik. Kami sudah menyiapkan sepuluh rekomendasinya untuk Anda. Produknya pun telah kami ulas sebagai bahan pertimbangan Anda. Silakan dipilih yang sesuai kebutuhan!
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Namastraw

Foldable Stainless Straw

Namastraw Foldable Stainless Straw 1

Rp190.000

Agak Mahal

Isinya lengkap, aman, dan mudah digunakan

2

demibumi

Sedotan Stainless Set / Stainless Straw Set

demibumi Sedotan Stainless Set / Stainless Straw Set 1

Rp100.000

Agak Mahal

Kantongnya bisa dikeringkan, barang lain tetap aman

3

Kopi Janji Jiwa

Pull & Go Stainless Straw

Kopi Janji Jiwa Pull & Go Stainless Straw 1

Rp40.000

Menengah

Aman sebagai teman ngopi

4

Klean Kanteen

8mm Straw 4-Pack

Klean Kanteen 8mm Straw 4-Pack 1

Rp249.900

Lebih Mahal

Silicone tip lebih panjang untuk kenyamanan ekstra

5

Sedotan Stainless Tumbler Straw

 Sedotan Stainless Tumbler Straw 1

Rp33.000

Menengah

Cukup tinggi untuk digunakan pada tumbler

6

Okidoki

Stainless Steel Straw 4 Pcs/Set362-4 SW

Okidoki Stainless Steel Straw 4 Pcs/Set 1

Rp49.900

Menengah

Tak perlu khawatir kehabisan sedotan bersih

7

Stainless Steel Straw Spoon Sendok Sedotan

 Stainless Steel Straw Spoon Sendok Sedotan 1

Rp10.000

Lebih Murah

Bisa dijadikan sendok, tidak ada topping yang terlewat!

8

Stainless Straw Set Polos

 Stainless Straw Set Polos 1

Rp11.500

Agak Murah

Banyak pilihan warna untuk mengekspresikan diri Anda

9

Reusable Telescopic Straw

 Reusable Telescopic Straw 1

Rp50.000

Menengah

Lengkap dengan carabiner, makin mudah dibawa-bawa

10

Sedotan Lipat Stainless

 Sedotan Lipat Stainless 1

Rp24.000

Agak Murah

Sedotan lurus atau bengkok? Bisa semua!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NamastrawFoldable Stainless Straw

Foldable Stainless Straw 1
Sumber: tokopedia.com
Harga referensi
Rp190.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp190.000
Agak Mahal

Isinya lengkap, aman, dan mudah digunakan

Stainless straw ini dilengkapi case, rak, karet pembersih, dan kantong. Semuanya memiliki fungsi dan dapat didaur ulang. Keamanannya juga terjamin. Sedotan dan silikonnya food grade. Bahkan, case dan rak pengeringnya BPA free. Jika Anda mengutamakan keamanan, Namastraw Foldable Stainless Straw bisa diandalkan.


Sedotan stainless ini akan lurus dengan sendirinya saat dikeluarkan dari case. Pembersihnya terbuat dari silikon yang dapat menyerap air dengan satu tarikan. Anda bisa menjadikannya gantungan kunci sehingga mudah dibawa pergi. Saat Anda di rumah, letakkan saja stainless straw ini pada rak pengeringnya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

demibumiSedotan Stainless Set / Stainless Straw Set

Harga referensi
Rp100.000
Agak Mahal

Kantongnya bisa dikeringkan, barang lain tetap aman

demibumi merupakan brand yang aktif menawarkan produk eco-friendly. Produk-produknya dimaksudkan untuk mengurangi limbah plastik sambil tetap berfungsi tinggi, tidak terkecuali produk ini. Kantongnya dapat langsung Anda keringkan ketika basah! Jadi, set sedotan ini tidak akan membasahi barang lainnya saat disimpan di dalam tas.


Kantongnya sendiri terbuat dari sisa bahan blind. Anda mungkin saja mendapatkan kantong dengan motif yang lain karena tergantung dari ketersediaan bahan sisa. Oleh karenanya, produk ini akan cocok untuk Anda yang ingin go green total. Tidak ada unsur plastik sama sekali di dalam set stainless straw ini, lho.

No.3

Kopi Janji JiwaPull & Go Stainless Straw

Harga referensi
Rp40.000
Menengah

Aman sebagai teman ngopi

Anda gemar ngopi? Mulailah tinggalkan sedotan plastik dari gerai kedai kopi dan gunakan produk ini. Stainless straw ini sendiri merupakan produk dari salah satu brand kedai kopi ternama di Indonesia yaitu Janji Jiwa. Tentunya produk ini akan melengkapi momen ngopi di mana pun Anda berada. Mau panas atau dingin? Semuanya aman dengan silicone tip sedotan ini.


Anda diberikan dua pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera. Case produk ini juga sudah diberikan lubang. Bagian tersebut bisa Anda tambahkan gantungan kunci sendiri. Alhasil, Anda tidak hanya dapat menyimpannya di dalam kantong. Digantungkan pada barang bawaan Anda pun bisa.

No.4

Klean Kanteen8mm Straw 4-Pack

Harga referensi
Rp249.900
Lebih Mahal

Silicone tip lebih panjang untuk kenyamanan ekstra

Pilih produk ini jika Anda berencana membelikan stainless straw untuk keluarga. Produk ini terdiri dari empat sedotan dengan silicone tip yang berbeda warna. Tiap-tiap sedotannya bisa didedikasikan untuk setiap orang di rumah berdasarkan warnanya. Dengan demikian, keamanan dan kesehatan anggota keluarga di rumah lebih terjamin.


Sedotan stainless ini juga menawarkan kenyamanan. Silicone tip produk ini tidak akan menyulitkan Anda. Bagian tersebut tidak akan terasa terlalu pendek karena ukurannya cukup panjang. Meskipun panjang, Anda masih bisa melepaskannya untuk dibersihkan secara terpisah. Selain itu, silicone tip produk ini sudah BPA free sehingga aman digunakan.

No.5

Sedotan Stainless Tumbler Straw

Harga referensi
Rp33.000
Menengah

Cukup tinggi untuk digunakan pada tumbler

Stainless straw biasa tentu tidak cukup panjang untuk tumbler yang tinggi. Nah, bila Anda ingin mengganti sedotan tumbler dengan yang stainless steel, pilihlah produk ini. Sedotan stainless ini memiliki ukuran panjang 26,7 cm sehingga cocok untuk kebanyakan tumbler. Agar tak salah pilih, sebaiknya ukur lebih dahulu tinggi tumbler Anda, ya.


Produk ini tersedia dalam banyak pilihan warna, seperti silver, gold, rose gold, black, rainbow, blue, dan purple. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan warna tumbler Anda agar terlihat lebih matching. Sebagai informasi, produk ini tidak sesuai untuk boba karena diameter lubangnya 6 mm saja.

No.6

OkidokiStainless Steel Straw 4 Pcs/Set362-4 SW

Harga referensi
Rp49.900
Menengah

Tak perlu khawatir kehabisan sedotan bersih

Menggunakan stainless straw berarti Anda harus bersiap membersihkannya lebih dahulu sebelum digunakan kembali. Hal tersebut tentunya tidak sepraktis sedotan plastik. Nah, jika Anda ingin bisa praktis seperti itu, produk ini dapat dipilih. Pasalnya, produk ini terdiri dari empat sedotan stainless


Saat akan pergi, Anda tidak perlu membersihkan yang kotor lebih dahulu karena Anda memiliki cukup banyak cadangan. Anda bahkan dapat meninggalkan sepasang di kantor agar tidak perlu selalu membawa sedotan pulang pergi. Jika demikian, menyiapkan sebuah sikat pembersih lagi tentu akan lebih praktis untuk Anda.

No.7

Stainless Steel Straw Spoon Sendok Sedotan

Harga referensi
Rp10.000
Lebih Murah

Bisa dijadikan sendok, tidak ada topping yang terlewat!

Apabila Anda berencana menggunakan stainless straw untuk berbagai jenis minuman, produk ini akan cocok. Sedotan stainless ini dapat sekaligus dimanfaatkan sebagai sendok mini. Produknya cocok digunakan untuk menyendok minuman dengan topping. Anda tidak akan kesulitan mengambil isi dari koktail buah, es campur, dan lainnya. Whipped cream atau es krim pada kopi pun bisa tersendok dengan mudah.


Bagian ujung produk ini dibuat sedikit bengkok untuk memudahkan Anda menyedot minuman. Bagian mulutnya juga dibuat gepeng, tidak bulat seperti stainless straw pada umumnya. Dengan desainnya, produk ini tentu akan menawarkan sensasi berbeda untuk Anda.

No.8

Stainless Straw Set Polos

Harga referensi
Rp11.500
Agak Murah

Banyak pilihan warna untuk mengekspresikan diri Anda

Bosan dengan warna stainless straw yang standar? Produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Pilihan warnanya beragam, dari blue, purple, black, rainbow, rose gold, gold, hingga silver. Pilih saja sedotan stainless yang sesuai dengan warna favorit. 


Produk ini juga akan menjadi paket hemat untuk Anda, lho. Dengan harganya yang ramah di kantong, Anda sudah mendapatkan tiga sedotan stainless yang tipenya berbeda-beda. Kantong kanvas untuk menyimpannya pun sudah tersedia. Jadi, Anda hanya perlu menambahkan silicone tip untuk membuat produk ini makin aman digunakan.

No.9

Reusable Telescopic Straw

Harga referensi
Rp50.000
Menengah

Lengkap dengan carabiner, makin mudah dibawa-bawa

Mungkin Anda tidak bisa selalu menduga kapan akan menggunakan stainless straw. Solusinya tentu adalah senantiasa membawa produknya ke mana pun Anda pergi. Namun, sedotan stainless tidak sepraktis itu. Anda membutuhkan produk yang ringkas dan fleksibel seperti produk ini.


Membawa produk ini bepergian akan mudah sekali, baik saat traveling maupun nongkrong bersama teman. Case-nya dilengkapi carabiner sehingga dapat digantungkan pada berbagai barang bawaan lainnya. Anda bisa memanfaatkannya sebagai gantungan kunci tas atau bahkan menggantungnya di lubang ikat pinggang celana. Membawa stainless straw ke mana-mana jadi makin praktis, deh!

No.10

Sedotan Lipat Stainless

Harga referensi
Rp24.000
Agak Murah

Sedotan lurus atau bengkok? Bisa semua!

Belum bisa menentukan tipe stainless straw yang cocok untuk Anda? Gunakan saja sedotan ini. Produk ini merupakan tipe lipat yang bisa menjadi sedotan lurus atau bengkok. Jadi, Anda mendapatkan tiga tipe sedotan sekaligus. Sedotan ini memungkinkan dilipat karena terdapat silikon di dalamnya. Bagian tersebut juga sudah food grade.


Produk ini menjadi sedotan lurus saat terbuka. Namun, karena terdapat silikon pada bagian dalamnya, Anda bisa membengkokkan salah satu ujung sedotan ini. Sebagai informasi, Anda mungkin perlu menyiapkan sikat pembersih baru. Karena terlipat, sikat produk ini bisa saja sulit diluruskan untuk menjangkau seluruh bagian dalam sedotan.

Apakah stainless straw berbahaya?

Apakah stainless straw berbahaya?

Meskipun lebih aman dari sedotan plastik, bukan berarti tidak ada risiko saat Anda menggunakan stainless straw. Produknya bisa berbahaya jika tidak dibersihkan dengan benar. Proses mencuci yang kurang bersih dapat membuat sisa minuman atau sabun tertinggal di bagian dalamnya. Pasti Anda tidak ingin endapannya masuk ke dalam tubuh Anda, bukan?


Oleh karenanya, kami akan membagikan tips merawat sedotan stainless untuk Anda. Langkah-langkah berikut bisa Anda ikuti agar produknya selalu aman saat Anda gunakan. Disimak dengan saksama, ya!


  1. Aliri bagian dalam sedotan dengan air bersih. Air mengalir dapat merontokkan sisa minuman pada bagian dalam sedotan. Air panas perlu digunakan bila sedotan sudah lama tidak dibersihkan.
  2. Gosok dengan sikat dan sabun. Gunakan sikat yang dapat masuk ke bagian dalam sedotan. Basahi sikat dengan sabun cuci piring lebih dahulu.
  3. Bersihkan juga bagian luar sedotan. Selain bagian dalam, bagian luar perlu dibersihkan, terutama bagian yang bersentuhan dengan mulut.
  4. Bilas sedotan dengan air mengalir. Tetaplah gunakan air panas jika sedotan sudah lama tidak dicuci. Pastikan semua kotoran dan sabun sudah rontok.
  5. Jemur hingga benar-benar kering. Jangan buru-buru memasukkan sedotan ke dalam kantong. Bagian dalam yang masih basah akan menjadi lembap dan bau. Jadi, jemurlah dalam posisi berdiri.

Baca juga rekomendasi produk peralatan makan dan minum lainnya di sini

Selain stainless straw, masih banyak sedotan lain yang aman digunakan, lho. Anda juga bisa memilih sedotan kertas atau sedotan ramah lingkungan lainnya. Botol minum stainless atau tumbler stainless pun bisa dipilih untuk melengkapi sedotan besi Anda. Berikut ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produk beserta ulasannya khusus untuk Anda. Jangan dilewatkan, ya.

Kesimpulan

Anda sudah menemukan stainless straw yang sesuai kebutuhan? Jika akan selalu dibawa pergi, sedotan stainless tipe lipat dan teleskopik akan memudahkan Anda. Sementara itu, produk berupa set cocok untuk Anda yang membutuhkan beberapa tipe sekaligus.


Keamanan produknya pun perlu Anda periksa. Pastikan produknya menggunakan material stainless steel 304 yang food grade. Silicone tip juga dapat dipertimbangkan agar Anda makin nyaman menggunakannya. Yuk, gunakan stainless straw terbaik untuk mengurangi limbah plastik!

5 Rekomendasi Stainless Straw terbaik

No. 1: NamastrawFoldable Stainless Straw

No. 2: demibumiSedotan Stainless Set / Stainless Straw Set

No. 3: Kopi Janji JiwaPull & Go Stainless Straw

No. 4: Klean Kanteen8mm Straw 4-Pack

No. 5: Sedotan Stainless Tumbler Straw

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Rekomendasi Stainless Straw Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.