mybest
Clay mask

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Istilah beruntusan, salah satunya bisa mengacu pada jerawat atau komedo. Ada berbagai macam faktor yang memicu munculnya beruntusan, seperti penyumbatan pada pori-pori dan infeksi bakteri. Penggunaan clay mask bisa membantu mengatasi dan mencegah beruntusan karena kemampuannya dalam menyerap kotoran dan minyak berlebih. Namun, mana yang aman dipilih?


Untuk membantu Anda, kami telah menyusun cara memilih clay mask untuk beruntusan bersama dermatovenereologist, dr. Rahma Evasari. Simak kandungan penting yang bisa membantu Anda mengatasi beruntusan berdasarkan kondisi kulit. Setelah itu, cek sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Wardah, Innisfree, dan The Originote. 

Diperbaharui 12/12/2023
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Laila
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Laila

Laila lulusan dari Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya pada tahun 2013. Tugas akhir Laila saat menyelesaikan jenjang sarjananya berkaitan dengan dunia wanita. Oleh sebab itu, saat menyelesaikan magisternya dari Universitas Airlangga pada tahun 2017, ia juga melakukan penelitian mengenai wanita. Ketertarikannya untuk melakukan riset tentang hobi dan dunia wanita makin diperdalam sejak bergabung dengan mybest Indonesia. Untuk itu, wanita yang juga hobi memasak ini banyak membahas topik seputar perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Laila
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah clay mask efektif untuk beruntusan?

Apakah clay mask efektif untuk beruntusan?
Clay mask efektif dalam mengatasi dan mencegah beruntusan jika keluhannya berupa jerawat atau komedo. Banyak orang mengeluhkan tentang kulit yang beruntusan. Setelah ditelaah oleh dokter kulit, keluhan beruntusan bisa berupa milia, lentigo, seboroik, atau xanthelasma. Nah, jika masalah utamanya merupakan salah satu kondisi tersebut, clay mask tidak bisa memberikan hasil yang diharapkan.

 

Clay mask berfungsi untuk kulit yang mengalami jerawat atau komedo dengan cara berikut ini:

  • Memberikan efek detoksifikasi dengan cara menyerap minyak berlebih dan kotoran pada kulit. Hal ini membantu mencegah pembentukan komedo baru.
  • Kandungan mineral di dalam clay membantu meredakan peradangan pada jerawat.
  • Sifat antibakteri dari clay membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan komedo.

Sebagai informasi tambahan, jerawat dan komedo sebenarnya sama saja karena terbentuk akibat penyumbatan pori. Namun, jerawat merupakan komedo yang mengalami peradangan sehingga menimbulkan sensasi gatal, perih, dan panas.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Penggunaan clay mask tidak bertujuan untuk menghilangkan komedo, tetapi untuk mencegah terbentuknya komedo. Komedo sendiri butuh penanganan berupa ekstraksi yang dilakukan oleh dokter kulit agar tidak terjadi iritasi lebih lanjut.

Cara memilih Clay Mask untuk Beruntusan

Kini Anda sudah tahu efek penggunaan clay mask terhadap beruntusan. Selanjutnya, simak cara memilih clay mask untuk mengatasi beruntusan sesuai dengan jenis kulit Anda.

1

Jika beruntusan yang Anda keluhkan adalah komedo, fokuskan pada clay mask dengan kandungan eksfoliasi

Pakar
Pakar

Clay mask sendiri sering kali disebut sebagai exfoliating mask. Efek eksfoliasi tersebut berasal dari kandungan mineral di dalamnya yang efektif mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada kulit.

Poin pertama adalah memilih clay mask dengan kandungan exfoliator, baik fisik maupun kimia. Pilihlah yang sesuai dengan preferensi kulit Anda. Exfoliator fisik mengangkat sel-sel kulit mati secara mekanis. Sementara itu, exfoliator kimia menggunakan bahan seperti AHA atau BHA untuk membersihkan pori-pori secara lebih mendalam.

Jika kulit Anda sangat berminyak, pilih yang punya kombinasi exfoliator fisik dan kimia

Jika kulit Anda sangat berminyak, pilih yang punya kombinasi exfoliator fisik dan kimia
Saat ini terdapat beragam clay mask yang memberikan manfaat eksfoliasi pada kulit. Umumnya, clay mask ini diberi label "pore clarifying" atau "pore purifying". Eksfoliasi dalam masker ini dapat berupa metode fisik atau kimia untuk membersihkan kulit dengan lebih mendalam.

  • Eksfoliasi fisik bekerja dengan menghilangkan kotoran secara langsung. Beberapa bentuk efsfoliasi fisiknya adalah clay mask yang mengandung scrub atau pell off.
  • Eksfoliasi kimia membersihkan pori-pori secara bertahap menggunakan zat seperti AHA, seperti glycolic acid, lactic acid, atau mandelic acid. Ada juga BHA, seperti salicylic acid.

Untuk eksfoliasi yang lebih efektif, Anda bisa memilih clay mask dengan kombinasi eksfoliasi kimia. Contohnya adalah peel mask dengan kandungan kaolin, salicylic acid, atau glycolic acid

Bila Anda kesusahan mencari kombinasi keduanya, prioritaskan yang memiliki eksfoliasi fisik

Bila Anda kesusahan mencari kombinasi keduanya, prioritaskan yang memiliki eksfoliasi fisik

Bagaimana bila Anda kesulitan mencari clay mask yang mengombinasikan eksfolian fisik dan kimia? Jika iya, tidak masalah untuk menggunakan clay mask dengan eksfolian fisik saja. Clay mask dengan eksfolian fisik bisa berupa peel off mask atau wash off mask dengan scrub.


  • Peel off mask
Untuk mencegah beruntusan lebih lanjut, prioritaskan tipe peel off mask yang memberikan eksfoliasi fisik. Saat dikelupas, tumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori akan terangkat. Hal ini akan mengurangi risiko terbentuknya beruntusan dalam arti komedo. 

  • Wash off mask dengan scrub
Wash off mask dengan scrub bisa membantu mengangkat kotoran pada pori-pori. Namun, penting untuk berhati-hati saat membersihkannya agar scrub tersebut tidak menimbulkan iritasi. Hindari gesekan yang terlalu keras karena dapat berdampak buruk pada kulit yang telah kehilangan kelembapan saat menggunakan clay mask.

Namun, bagi pemilik kulit kering dan sensitif sebaiknya menghindari penggunaan clay mask dengan eksfolian fisik. Eksfoliasi fisik dapat memicu reaksi iritasi pada kulit yang kering dan sensitif. Alasannya, kulit yang kering cenderung lebih rentan terkelupas. Proses pengelupasan tambahan hanya akan meningkatkan iritasi pada kulit.

Namun, jika kulit mudah teriritasi oleh gesekan, pertimbangkan clay mask dengan eksfoliasi kimia saja dengan hasil lebih bertahap

Namun, jika kulit mudah teriritasi oleh gesekan, pertimbangkan clay mask dengan eksfoliasi kimia saja dengan hasil lebih bertahap
Beberapa kulit berminyak yang mengalami beruntusan mungkin sensitif terhadap gesekan eksfolian fisik. Solusinya, Anda bisa memilih clay mask dengan kandungan eksfoliasi kimia. Walaupun efeknya tidak langsung, eksfolian kimia cukup efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara bertahap. Kandungan eksfoliasi kimia adalah:

  • AHA (alpha hydroxy acid) bekerja dengan cara mengendurkan pengikat antarsel kulit. Lactic acid, glycolic acid, dan mandelic acid adalah golongan AHA.
  • BHA (beta hydroxy acid) atau salicylic acid adalah asam yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, BHA bisa menembus lapisan kulit lebih dalam. Efek lain dari BHA adalah membuat kulit lebih kering sehingga lebih pas untuk kulit berminyak.
  • PHA (polyhydroxy acid) memiliki ukuran molekul lebih besar daripada AHA dan BHA. PHA umumnya tidak menyebabkan iritasi dan memiliki efek melembapkan pada kulit. Untuk itu, PHA cocok untuk kulit kering dan sensitif. Contoh PHA adalah gluconolactone, galactose, dan lactobionic acids.

Tidak masalah apabila memilih clay mask dengan satu jenis kandungan eksfoliasi tersebut. Namun, efeknya akan lebih optimal jika masker tersebut memiliki kombinasi kandungan tersebut.
2

Periksa jenis clay mask yang digunakan; Bentonite lebih cocok untuk kulit berminyak dan kaolin untuk kulit kering

Meski kandungan dasarnya adalah tanah liat, jenis clay sangat beragam. Setidaknya ada dua jenis clay yang umum dimanfaatkan dalam pembuatan clay mask, yakni bentonite dan kaolin. Kedua jenis ini dinilai mampu membantu menyerap minyak, memberikan detoksifikasi, anti-inflamasi, dan antibakteri. Meskipun demikian, kemampuannya dalam menyerap minyak tetap memiliki perbedaan.

Untuk kulit berminyak hingga sangat berminyak, pilih bentonite yang maksimal menyerap minyak

Untuk kulit berminyak hingga sangat berminyak, pilih bentonite yang maksimal menyerap minyak

Bentonite (montmorillonite) adalah clay dari abu vulkanis yang direkomendasikan untuk jenis kulit yang sangat berminyak dan acne prone skin. Hal ini berhubungan dengan kandungan mineral di dalamnya yang sangat kaya. Kandungan mineral tersebut efektif menyerap minyak berlebih, memberikan efek antibakteri, sekaligus anti-inflamasi.


Ada beberapa merek yang menawarkan bentonite murni tanpa bahan tambahan. Anda bisa mencoba salah satu merek yang menawarkan clay mask dengan kandungan bentonite murni tersebut. Namun, kebanyakan clay mask yang ada di pasaran biasanya mencampurkan bentonite dengan clay lainnya seperti kaolin. Karena itu, coba cek cara memilih ini:


  • Untuk efek yang lebih baik untuk kulit berminyak, pastikan bentonite ada di urutan awal dalam daftar komposisinya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan manfaatnya dengan lebih maksimal. 


  • Jika Anda kesulitan mencari produk yang demikian, urutan penulisan bentonite yang terletak di belakang kaolin pun tak masalah. Namun, pastikan terdapat kombinasi bahan oil control lainnya seperti charcoal.

Untuk kulit kering dan sensitif, pilih kaolin yang cenderung lebih gentle

Untuk kulit kering dan sensitif, pilih kaolin yang cenderung lebih gentle

Salah satu jenis clay yang sering digunakan dalam clay mask adalah kaolin. Kaolin atau white clay merupakan jenis clay yang lebih lembut sehingga lebih cocok untuk kulit sensitif atau kering. Meskipun kemampuan kaolin dalam menyerap minyak tidak sekuat bentonite, kaolin tetap memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Kaolin sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu red clay, purple clay, yellow clay, pink clay, dan blue clay. Perbedaan warna pada clay tersebut disebabkan oleh perbedaan kandungan mineralnya. 


  • Red clay: Warna merah pada clay ini menandakan kandungan iron oxide yang banyak. Manfaat dari red clay adalah untuk menyeimbangkan, meratakan warna kulit, membersihkan, mencerahkan, serta membantu regenerasi kulit. Umumnya, red clay ini cocok untuk semua jenis kulit.

  • Purple clay: Jenis ini memiliki kadar magnesium yang tinggi. Purple clay bermanfaat untuk detoksifikasi, mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, menghaluskan, mencerahkan, dan melembapkan kulit. Purple clay dipercaya aman untuk kulit kering hingga sensitif dan direkomendasikan untuk kulit aging.

  • Yellow clay: Mengandung iron oxide yang lebih rendah dibandingkan red clay. Kemampuannya menyerap minyak tanpa mengganggu keseimbangan kulit menjadi kelebihannya. Clay ini cocok untuk kulit kombinasi hingga kering yang berjerawat. 

  • Pink clay: Merupakan kombinasi kaolin berwarna putih dan red clay. Umumnya, clay ini cocok untuk kulit kering dan sensitif. Manfaat yang Anda dapatkan adalah membuat kulit tampak lebih cerah dan mampu meredakan peradangan. 

  • Blue clay: Jenis clay ini jarang bisa Anda temukan. Umumnya, blue clay khusus digunakan untuk mendapatkan efek antipolutan dan antioksidan. 

Beberapa varian kaolin tersebut memang tidak banyak beredar di pasar Indonesia. Salah satu kaolin yang bisa Anda temui dalam produk di Indonesia adalah pink clay. Bila Anda mengalami kesulitan menemukan masker dengan kaolin saja, campuran bentonite pun tak apa. Namun, pilihlah clay mask dengan kandungan bentonite di belakang kaolin atau di ujung komposisinya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi efek drying dari clay mask.


Clay mask dengan kandungan kaolin saja juga direkomendasikan untuk tipe kulit kombinasiClay mask berbahan kaolin bisa Anda gunakan pada area yang berminyak sekaligus kering. Jadi, tak perlu repot-repot mencari dua jenis clay mask.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Jika Anda ingin mencari clay mask dengan jenis kaolin yang berwarna tersebut, pastikan warnanya bukan berasal dari bahan tambahan. Beberapa produk clay mask memang menuliskan produknya dengan nama "yellow clay mask" atau "blue clay mask". Warna pada clay mask tersebut sayangnya berasal dari bahan tambahan lainnya. Pastikan Anda membaca daftar komposisi untuk mengetahui jenis clay dengan tepat.

3

Untuk kulit beruntusan dengan jerawat aktif, cari clay mask dengan bahan anti-acne yang memberikan efek menenangkan jerawat

Untuk kulit beruntusan dengan jerawat aktif, cari clay mask dengan bahan anti-acne yang memberikan efek menenangkan jerawat

Pada dasarnya, clay mask dapat memberikan perawatan pada kulit berjerawat. Namun, sulit menemukan masker yang sepenuhnya terbuat hanya dari clay. Oleh karena itu, penting untuk mencari bahan-bahan anti-acne, yakni bahan yang bisa mengatasi akar masalah jerawat dan komedo. Kandungan anti-acne mencakup kandungan oil control, antibakteri, anti-inflamasi, dan eksfoliasi.


  • Bahan oil control efektif dalam mengatur produksi minyak berlebih pada kulit yang cenderung berminyak. Manfaat oil control sebenarnya telah ada dalam komposisi dasar clay itu sendiri. Ada jenis clay mask yang melengkapi manfaat oil control dengan menambahkan charcoal dan diatomaceous earth.

  • Bahan antibakteri merupakan bahan yang efektif membunuh bakteri penyebab jerawat dan komedo. Salah satu bahan antibakteri yang banyak digunakan dalam produk acne care adalah tea tree oil

  • Bahan anti-inflamasi atau yang umumnya dikenal dengan nama soothing agent bermanfaat untuk meredakan iritasi dan peradangan akibat jerawat. Beberapa bahan anti-inflamasi antara lain, Centela asiatica, mugwort (Artemisia), Aloe vera, allantoin, dan green tea.

  • Bahan eksfoliasi kimia yang banyak digunakan adalah AHA dan BHA atau salicylic acid. Fungsi eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang terdapat di dalam kulit. Contoh bahan AHA, seperti glycolic acid, citric acid, dan lactic acid. Sebagai informasi tambahan, salicylic acid membuat kulit jadi makin kering sehingga sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit kering.


Clay mask yang ditujukan bagi kulit berjerawat sering kali mengandung campuran bahan-bahan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan hasil yang lebih optimal bagi kulit berjerawat Anda. Karena itu, pastikan clay mask pilihan Anda punya kombinasi bahan-bahan yang disebutkan di atas.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 12 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis clay
Jenis masker
Kandungan AHA
Kandungan BHA
Kandungan PHA
Klaim acne-care
Soothing agent
Kandungan antibakteri
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan anti-aging
Brightening agent
Kandungan mint
Scrub
Isi
BPOM
1

SKINTIFIC

Mugwort Acne Clay Stick

SKINTIFIC Mugwort Acne Clay Stick  1

Rp139.000

Agak Mahal

Coverage optimal, satu usapan bisa menutup kulit wajah

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Beta-glucan, curcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, salicylic acid

Pinus densiflora leaf extract

Centella asiatica extract

Curcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, Pinus densiflora leaf extract

Curcuma longa (turmeric) root extract, niacinamide

40 gram

NA11220200288

2

Wardah

Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Wardah Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask 1

Rp20.000

Lebih Murah

Dengan kandungan CarboActiv, bisa menyerap polutan dan minyak berlebih

Kaolin, bentonite

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Witch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract

Witch hazel leaf extract, Caprae lac extract

Witch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract

Tocopheryl acetate

Ulva lactuca extract

(Kaolin, charcoal powder)

60 ml

NA18180200469

3

Innisfree

Super Volcanic Pore Clay Mask

Innisfree  Super Volcanic Pore Clay Mask 1

Rp225.000

Lebih Mahal

Memberi sensasi dingin dan teksturnya ringan

Volcanic clay mask

Rinse off

Lactic acid

Tidak ada

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tocopherol

Tidak diketahui

(Volcanic ash, kaolin, juglans regia [walnut] shell powder, zea mays [corn] starch)

100 ml

NA26190205138

4

The Originote

BHA Charcoal Clay Mask

The Originote BHA Charcoal Clay Mask 1

Rp65.000

Menengah

Bantu mengeksfoliasi dan mengencangkan kulit dengan formula BHA

Kaolin

Rinse off

Glycolic acid

Salicylic acid

Tidak ada

Panthenol, salicylic acid, willow bark extract, bisabolol, Calendula officinalis flower extract, Centella asiatica extract

Chlorphenesin, betaine salicylate

Centella asiatica extract

Hydroxyacetophenone

Niacinamide

50 gram

NA18220201016

5

N'Pure

Chocomint Clay Mask

N'Pure Chocomint Clay Mask 1

Rp119.000

Menengah

Bertabur cokelat Prancis dan wangi mint yang menyegarkan kulit

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Centella asiatica extract, tea tree leaf oil, allantoin

Tea tree leaf oil

Centella asiatica extract, tea tree leaf oil

Centella asiatica extract, tea tree leaf oil

Niacinamide

50 gram

NA18200200618

6

Azarine®

Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Azarine® Purifying Deep Cleansing Clay Mask 1

Rp65.000

Menengah

Kaya bahan alami, aman digunakan oleh bumil dan busui

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juice extract, allantoin, turmeric root extract, cucumber fruit extract, Portulaca oleracea extract

Chlorphenesin, piper betle leaf extract

Centella asiatica extract

Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Olea europaea fruit oil, turmeric root extract, Portulaca oleracea extract

Turmeric root extract

60 gram

NA18200200925

7

Glad2Glow

Mugwort Clay Mask

Glad2Glow  Mugwort Clay Mask 1

Rp99.000

Menengah

Kemasan kecil yang ringan dan travel friendly

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Centella asiatica extract, turmeric root extract

Pinus densiflora leaf extract, Artemisia vulgaris extract

Centella asiatica extract, Artemisia vulgaris extract

Pinus densiflora leaf extract, turmeric root extract

Tidak ada

25 gram

NA11230200091

8

Rohto

Acnes Tea Tree Oil Clay Mask

Rohto Acnes Tea Tree Oil Clay Mask 1

Rp42.000

Agak Murah

Mengurangi kemerahan kulit akibat jerawat dan meningkatkan metabolisme kulit

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Tea tree leaf oil, dipotassium glycyrrhizate, Aloe barbadensis leaf extract

Tea tree leaf oil, alcohol

Aloe barbadensis leaf extract

Tea tree leaf oil

Tidak ada

50 gram

NA18190200028

9

FEALI

Green Tea Clay Mask

FEALI  Green Tea Clay Mask 1

Rp75.000

Menengah

Lebih hijau dan pekat berkat 3X ekstrak green tea untuk mengurangi jerawat

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Allantoin

Camellia sinensis leaf extract

Camellia sinensis leaf extract

Tidak diketahui

Camellia sinensis leaf extract

100 gram

NA11220200195

10

Kouru

Crazy Rich Juice Clay Mask

Kouru Crazy Rich Juice Clay Mask 1

Rp149.000

Agak Mahal

Formula anti-acne fruit extract berteknologi Jepang, atasi jerawat selama 2 minggu

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Oat extract, Centella asiatica extract, cucumber fruit extract, salicylic acid, allantoin, pineapple fruit exract, dipotassium glycyrrhizate

Grape seed extract

Centella asiatica extract

Oat extract, Centella asiatica extract, yuzu seed extract, satsuma orange peel extract, grape seed extract

Satsuma orange peel extract

(oat scrub)

125 gram

NA18210200062

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SKINTIFICMugwort Acne Clay Stick

Mugwort Acne Clay Stick  1
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  2
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  3
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  4
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Coverage optimal, satu usapan bisa menutup kulit wajah

Clay mask dari SKINTIFIC ini praktis digunakan. Selain dikemas dalam bentuk stik, coverage-nya pun bagus. Hanya dengan sekali usap, clay mask dapat menutup satu area pada wajah. Dengan tiga key ingredients, masker ini dapat mengatasi beruntusan pada wajah Anda. 


Ekstrak mugwort yang bersifat anti-inflamasi dapat menenangkan kulit yang beruntusan. Salicylic acid dapat mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori, sedangkan niacinamide dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentBeta-glucan, curcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, salicylic acid
Kandungan antibakteriPinus densiflora leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract
Kandungan anti-agingCurcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, Pinus densiflora leaf extract
Brightening agentCurcuma longa (turmeric) root extract, niacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi40 gram
BPOMNA11220200288
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

WardahNature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Harga referensi
Rp20.000
Lebih Murah

Dengan kandungan CarboActiv, bisa menyerap polutan dan minyak berlebih

Jangan biarkan polusi lingkungan menempel di wajah karena lama-kelamaan bisa merusak skin barrier Anda. Rawatlah wajah Anda menggunakan clay mask Wardah yang diformulasikan dengan CarboActiv untuk menyerap polutan ini. Di dalamnya terkandung juga clarifying mineral untuk detoksifikasi wajah. Dengan pemakaian sesuai yang disarankan, wajah akan terasa bersih, halus, bebas minyak dan jerawat.

Jenis clayKaolin, bentonite
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentWitch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan antibakteriWitch hazel leaf extract, Caprae lac extract
Kandungan anti-inflamasiWitch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate
Brightening agentUlva lactuca extract
Kandungan mint
Scrub(Kaolin, charcoal powder)
Isi60 ml
BPOMNA18180200469
View all
No.3

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Harga referensi
Rp225.000
Lebih Mahal

Memberi sensasi dingin dan teksturnya ringan

Pemilik kulit berminyak atau kombinasi tidak perlu khawatir lagi memilih masker. Anda bisa menggunakan Super Volcanic Pore Clay Mask dari Innisfree yang teksturnya creamy dan ringan. Formulanya juga telah teruji aman untuk kulit yang iritasi. Sensasi dingin akan Anda rasakan sehingga bisa menyegarkan wajah. Bahkan, masker ini diklaim 98% efektif mengangkat sebum berlebih hanya dengan satu kali penggunaan!

Jenis clayVolcanic clay mask
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHALactic acid
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentTidak diketahui
Kandungan antibakteriTidak diketahui
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan anti-agingTocopherol
Brightening agentTidak diketahui
Kandungan mint
Scrub(Volcanic ash, kaolin, juglans regia [walnut] shell powder, zea mays [corn] starch)
Isi100 ml
BPOMNA26190205138
View all
No.4

The OriginoteBHA Charcoal Clay Mask

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Bantu mengeksfoliasi dan mengencangkan kulit dengan formula BHA

Kulit Anda rentan berjerawat? Gunakan clay mask yang dilengkapi BHA karena lebih lembut dalam mengeksfoliasi kulit. Masker The Originote ini diformulasikan dengan ekstrak bamboo charcoal yang bisa mengangkat sel kulit mati, merawat komedo dan jerawat. Wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan minyak berlebih pada kulit dapat diangkat. Selain itu, efek rasa kencang pada kulit juga dapat terasa.

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHAGlycolic acid
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentPanthenol, salicylic acid, willow bark extract, bisabolol, Calendula officinalis flower extract, Centella asiatica extract
Kandungan antibakteriChlorphenesin, betaine salicylate
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract
Kandungan anti-agingHydroxyacetophenone
Brightening agentNiacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi50 gram
BPOMNA18220201016
View all
No.5

N'PureChocomint Clay Mask

Harga referensi
Rp119.000
Menengah

Bertabur cokelat Prancis dan wangi mint yang menyegarkan kulit

Rasakan kesegaran sekaligus kemewahan saat Anda menggunakan clay mask ini. N'Pure Chocomint Clay Mask dilengkapi dengan taburan cokelat Prancis yang bisa memberi efek relaksasi sekaligus kaya akan antioksidan. Adanya aroma mint dari Mentha piperita oil juga bisa memberi sensasi kesegaran. Pas sekali bila Anda relaksasi menggunakan masker ini. Pori-pori wajah terasa bersih, kulit juga lebih lembut dan cerah. 

Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, tea tree leaf oil, allantoin
Kandungan antibakteriTea tree leaf oil
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract, tea tree leaf oil
Kandungan anti-agingCentella asiatica extract, tea tree leaf oil
Brightening agentNiacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi50 gram
BPOMNA18200200618
View all
No.6

Azarine®Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Kaya bahan alami, aman digunakan oleh bumil dan busui

Sedang hamil atau menyusui tidak menghalangi Anda untuk merawat wajah. Anda bisa menggunakan clay mask ini karena formulanya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Selain itu, masker ini juga non comedogenic, bebas alkohol, fragrance, dan oil.

Terdapat 12 veggie green tox dalam clay mask ini, mulai dari brokoli, rapseed, Aloe vera, timun, sirih, dan sebagainya. Selain bisa atasi kulit berminyak, produk ini juga mampu mengatasi breakout, pori-pori besar, dan juga jerawat meradang.
Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juice extract, allantoin, turmeric root extract, cucumber fruit extract, Portulaca oleracea extract
Kandungan antibakteriChlorphenesin, piper betle leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract
Kandungan anti-aging Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Olea europaea fruit oil, turmeric root extract, Portulaca oleracea extract
Brightening agentTurmeric root extract
Kandungan mint
Scrub
Isi60 gram
BPOMNA18200200925
View all
No.7

Glad2Glow Mugwort Clay Mask

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Kemasan kecil yang ringan dan travel friendly

Ukurannya cukup mini, clay mask ini juga ringan jika dibawa traveling. Meski bentuknya mini, manfaatnya cukup besar. Hanya dalam tiga kali pemakaian, masker ini diklaim bisa meredakan kemerahan atau beruntusan di wajah. Selain itu, tekstur kulit juga diklaim jadi lebih halus. Anda yang memiliki jerawat tidak perlu takut akan melukai jerawat saat membilasnya karena masker ini mudah dibilas.

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, turmeric root extract
Kandungan antibakteriPinus densiflora leaf extract, Artemisia vulgaris extract
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract, Artemisia vulgaris extract
Kandungan anti-agingPinus densiflora leaf extract, turmeric root extract
Brightening agentTidak ada
Kandungan mint
Scrub
Isi25 gram
BPOMNA11230200091
View all
No.8

RohtoAcnes Tea Tree Oil Clay Mask

Harga referensi
Rp42.000
Agak Murah

Mengurangi kemerahan kulit akibat jerawat dan meningkatkan metabolisme kulit

Pemilik kulit berminyak biasanya lebih rentan terkena jerawat. Masker dengan tea tree oil patut dicoba. Tea tree oil terkenal dengan manfaatnya untuk menyeimbangkan produksi sebum dan mencegah penyumbatan pori-pori penyebab jerawat.

 

Anda bisa menggunakan clay mask ini untuk mengurangi kemerahan di wajah akibat jerawat. Kandungan mineral alaminya juga bisa merawat tekstur kulit dan meningkatkan metabolisme kulit. Skin barrier pun akan lebih kuat sehingga jerawat enggan datang.
Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentTea tree leaf oil, dipotassium glycyrrhizate, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan antibakteriTea tree leaf oil, alcohol
Kandungan anti-inflamasiAloe barbadensis leaf extract
Kandungan anti-agingTea tree leaf oil
Brightening agentTidak ada
Kandungan mint
Scrub
Isi50 gram
BPOMNA18190200028
View all
No.9

FEALI Green Tea Clay Mask

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Lebih hijau dan pekat berkat 3X ekstrak green tea untuk mengurangi jerawat

Tekstur masker ini sangat halus dan lembut. Efek dingin langsung dirasakan karena kandungannya dari ekstrak green tea. Bahkan, dalam satu jar, masker ini mengandung 3X ekstrak green tea sehingga manfaatnya juga terasa 3X lebih baik. 


Selain bisa mencerahkan wajah, masker ini juga bisa mengurangi jerawat dan peradangan. Minyak berlebih, komedo, dan kotoran yang menempel di wajah juga bisa disingkirkan. Untuk Anda yang ingin relaksasi dengan maskeran, pertimbangkan produk ini, ya!

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentAllantoin
Kandungan antibakteriCamellia sinensis leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCamellia sinensis leaf extract
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Brightening agentCamellia sinensis leaf extract
Kandungan mint
Scrub
Isi100 gram
BPOMNA11220200195
View all
No.10

KouruCrazy Rich Juice Clay Mask

Harga referensi
Rp149.000
Agak Mahal

Formula anti-acne fruit extract berteknologi Jepang, atasi jerawat selama 2 minggu

Keistimewaan masker ini adalah mengandung anti-acne fruit extract, yaitu kiwi, anggur, stroberi, manggis, nanas, yuzu, orange, dan timun. Kedelapan buah tersebut diformulasikan dengan teknologi Jepang untuk memberi manfaat pada kulit berjerawat. Klaimnya adalah bisa mengatasi jerawat dalam waktu dua minggu.

Dilengkapi pula dengan oat scrub yang halus untuk eksfoliasi pori-pori, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan lembut. Dengan menggunakan masker ini, tak hanya jerawat saja yang minggat, tetapi kulit juga lebih sehat.
Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentOat extract, Centella asiatica extract, cucumber fruit extract, salicylic acid, allantoin, pineapple fruit exract, dipotassium glycyrrhizate
Kandungan antibakteriGrape seed extract
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract
Kandungan anti-agingOat extract, Centella asiatica extract, yuzu seed extract, satsuma orange peel extract, grape seed extract
Brightening agentSatsuma orange peel extract
Kandungan mint
Scrub(oat scrub)
Isi125 gram
BPOMNA18210200062
View all

5 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan terbaik

No. 1: SKINTIFICMugwort Acne Clay Stick

No. 2: WardahNature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

No. 3: Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

No. 4: The OriginoteBHA Charcoal Clay Mask

No. 5: N'PureChocomint Clay Mask

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Beruntusan Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.