1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Menjaga kebersihan rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk bersih-bersih. Bagi Anda yang sibuk, serahkan saja urusan menyedot debu hingga mengepel lantai pada robot vacuum cleaner. Alat ini dapat bekerja membersihkan lantai secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.


Banyak merek ternama, seperti Xiaomi, ECOVACS, Kurumi, hingga Roborock memproduksi robot pembersih lantai dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda kebingungan menentukan pilihan, silakan baca artikel ini sampai habis. Temukanlah tips memilih, review, serta rekomendasi robot vacuum cleaner yang bagus dari kami!

Diperbaharui 12-19-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu robot vacuum cleaner?

Apa itu robot vacuum cleaner?

Robot vacuum cleaner adalah alat penyedot debu yang dapat bekerja secara otomatis dan tidak membutuhkan tenaga manusia untuk mengoperasikannya. Anda hanya perlu menekan satu tombol pengoperasian untuk membersihkan lantai rumah.


Robot pembersih lantai ini sangatlah praktis sehingga populer di kalangan orang-orang yang memiliki banyak kesibukan. Kebanyakan robot vacuum cleaner yang dijual di pasaran juga telah dilengkapi fungsi 2-in-1, yakni mampu mengepel lantai. Berikut keunggulan dan kelemahan robot vacuum cleaner.


Keunggulan robot pembersih lantai:

  • Hemat tenaga, dapat membersihkan lantai secara otomatis tanpa bantuan tenaga manusia.
  • Mampu memindai ruangan dan melakukan pemetaan lantai dengan cepat.
  • Dapat terhubung dengan konektivitas Wi-Fi dan dikontrol melalui smartphone.
  • Dilengkapi fitur-fitur canggih yang memudahkan kegiatan bersih-bersih.
  • Bisa menjangkau area yang sulit dibersihkan, seperti kolong meja dan sofa.

Kelemahan robot pembersih lantai:

  • Harganya cenderung tinggi.
  • Rentan terhadap rintangan, misalnya terhalang oleh karpet, baju yang menumpuk di lantai, dan permukaan yang tidak rata.
  • Harus sering dibersihkan karena ukuran dustbin-nya relatif kecil.
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkan seluruh permukaan lantai rumah.

Cara memilih robot vacuum cleaner

Di pasaran, ada beragam spesifikasi robot vacuum cleaner. Supaya tidak bingung, simaklah cara memilih berikut ini agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

① Periksalah fitur-fitur yang dimiliki robot vacuum

Setiap robot vacuum cleaner memiliki fitur yang berbeda-beda. Makin lengkap fitur suatu produk, makin mahal harganya. Namun, belum tentu semua fitur tersebut Anda butuhkan. Untuk itu, kami merangkum beberapa fitur mendasar yang sebaiknya dimiliki oleh robot vacuum cleaner. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan robot vacuum cleaner murah terbaik.

Mopping, membersihkan debu sekaligus mengepel lantai

Mopping, membersihkan debu sekaligus mengepel lantai

Kebanyakan robot vacuum cleaner yang beredar di pasaran telah dilengkapi fungsi 2-in-1. Artinya, robot pembersih rumah ini bisa Anda gunakan untuk menyedot debu dan mengepel lantai. 


Ada juga produk dengan fungsi 3-in-1 yang memiliki fungsi tambahan, yaitu bisa digunakan untuk menyapu lantai (sweeping). Produk yang dilengkapi fitur mopping ideal untuk Anda yang benar-benar tak memiliki waktu membersihkan rumah. Dengan sekali pengoperasian, lantai Anda akan bersih dan kinclong.

Mapping dan navigation, memetakan bentuk ruangan

Mapping dan navigation, memetakan bentuk ruangan

Beberapa produk robot vacuum cleaner sudah dilengkapi dengan sensor yang bisa merekam bentuk ruangan (mapping). Sensor ini bekerja ketika produk mulai membersihkan suatu area. Pada akhirnya, sensor akan dapat memetakan seluruh area yang telah dibersihkan. 


Beberapa manfaat fitur mapping antara lain:

  • Robot vacuum cleaner akan bergerak sesuai dengan data peta yang telah direkamnya.
  • Sensor tersebut memungkinkan robot vacuum cleaner melakukan navigasi dan membaca objek-objek yang ada di sekelilingnya.

Menariknya, robot vacuum cleaner bisa menghindari tembok, kabel, bahkan tangga ketika membersihkan ruangan. Selain menjadikan vacuum cleaner lebih awet, fitur ini juga membuat Anda tak perlu repot mengawasinya saat dioperasikan.

Auto charging, otomatis kembali ke dock station saat baterai lemah

Auto charging, otomatis kembali ke dock station saat baterai lemah

Fitur auto charging ini memastikan robot vacuum cleaner tidak akan berhenti di tengah pekerjaannya. Saat baterai terindikasi lowrobot vacuum cleaner akan otomatis kembali ke dock dan melakukan pengisian daya. Kemudian, saat baterai sudah terisi penuh, robot vacuum cleaner akan kembali ke lokasi pekerjaan sebelumnya. Anda pun tidak perlu khawatir akan adanya area yang terlewat dibersihkan. 

Kamera, bisa digunakan untuk melakukan video call


Beberapa robot vacuum cleaner berkualitas dilengkapi kamera yang bisa digunakan untuk melakukan video call. Fitur ini merupakan penolong bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Anda bisa mengecek kondisi hewan peliharaan meski sedang bepergian. Dengan video call, Anda juga bisa memeriksa kondisi rumah dan mengetahui penyebab vacuum cleaner tiba-tiba berhenti bekerja.

App controlling, mengontrol robot vacuum cleaner dari mana saja

App controlling, mengontrol robot vacuum cleaner dari mana saja

Seperti namanya, app controlling memungkinkan Anda mengatur robot vacuum cleaner melalui aplikasi pada smartphone Anda. Jadi, Anda tidak harus berada dalam jarak yang dekat dengan robot vacuum cleaner, seperti saat penggunaan dengan remote. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur cleaning mode pada vacuum cleaner, jadwal pembersihan, dan lain-lain.

② Perhatikan kapasitas dustbin

Perhatikan kapasitas dustbin

Secara umum, kapasitas dustbin robot vacuum cleaner berkisar antara 200–1.000 ml. Jika area yang dibersihkan luas, pilihlah produk dengan kapasitas dustbin yang besar. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu mengosongkan dustbin di tengah-tengah proses pembersihan. Anda pun bisa meninggalkan robot vacuum cleaner dengan tenang.


Sebagai gambaran, robot vacuum cleaner dengan kapasitas dustbin 240 ml bisa dipakai untuk membersihkan ruangan hingga 300 m². Namun, angka ini tidak bisa Anda jadikan sebagai satu-satunya patokan. Kondisi ruangan yang dibersihkan, jenis lantai, daya isap, hingga fitur dari tiap-tiap robot vacuum juga turut berpengaruh. 

③ Ketahui kebisingan suara yang mungkin ditimbulkan

Ketahui kebisingan suara yang mungkin ditimbulkan

Bagi Anda yang memiliki bayi, penting untuk memeriksa kebisingan yang dihasilkan oleh robot pembersih lantai. Hal ini tentunya agar pengoperasian robot vacuum cleaner tidak menganggu kenyamanan bayi Anda. Adapun tingkat kebisingan biasa dinyatakan dalam satuan desibel (dB). 


Makin besar angkanya, makin bising suaranya. Untuk robot vacuum cleaner, kami sarankan Anda memilih produk yang tingkat kebisingan suaranya berada di rentang 60–80 dB

④ Utamakan produk dengan HEPA filter

Utamakan produk dengan HEPA filter

Hal kecil yang sering luput saat memilih robot vacuum cleaner adalah mengenai filter. Kualitas filter berkaitan dengan kotoran dan debu yang akan dilepaskan kembali ke udara. Makin baik kualitas filternya, makin sedikit pula kotoran dan debu yang dilepaskan. Beberapa produk robot vacuum cleaner menggunakan HEPA filter dan EPA filter.


Filter HEPA merupakan filter yang dapat menyaring udara sampai dengan partikel debu berukuran sangat kecil atau mikron. Filter ini bisa menyaring partikel dengan ukuran hingga 0,3 mikron dengan efektivitas mencapai 99,97%


Sementara itu, filter EPA juga bisa menyaring partikel hingga ukuran 0,3 mikron, tetapi dengan efektivitas sekitar 85%–99,5%. Apabila Anda memiliki alergi terhadap bulu hewan, pastikan Anda memilih produk yang memiliki filter HEPA.

10 Rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk robot vacuum cleaner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Perfin

Robotic Vacuum Cleaner

Perfin Robotic Vacuum Cleaner  1枚目

Robot vacuum cleaner yang dapat bekerja dengan relatif hening

2

ECOVACS

DEEBOT U2 PRO

ECOVACS  DEEBOT U2 PRO 1枚目

Buat lantai jadi bebas bulu hewan peliharaan Anda

3

Kurumi

Robot Vacuum Cleaner

Kurumi Robot Vacuum Cleaner 1枚目

Mampu membersihkan area dengan permukaan tidak rata

4

Xiaomi

Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite

Xiaomi Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite 1枚目

Atur sendiri level air yang Anda butuhkan untuk mengepel lantai

5

Roborock

S7 MaxV Ultra Robot Vacuum with Empty Wash Fill Dock

Roborock  S7 MaxV Ultra Robot Vacuum with Empty Wash Fill Dock 1枚目

Cek kondisi rumah secara real time dengan robot vacuum berkamera

6

Yeedi

K650 With Boundary Strip

Yeedi K650 With Boundary Strip 1枚目

Daya sedotannya kuat, kapasitas dustbin pun besar

7

Umedalife

Tomo R2

Umedalife Tomo R2 1枚目

Mudah dioperasikan, atur jadwal pembersihan sesuai dengan kebutuhan

8

AVARO

X1 +UVC Robotic Home Assistant

AVARO X1 +UVC Robotic Home Assistant 1枚目

Membersihkan lantai dari virus dan bakteri, buah hati pun makin bebas bermain

9

Dreame

F9 Robot Vacuum

Dreame F9 Robot Vacuum 1枚目

Membersihkan rumah saat malam hari pun menjadi mudah

10

Oxone

Robot Vacuum Cleaner

Oxone Robot Vacuum Cleaner 1枚目

Mampu bersihkan karpet hingga tuntas

Perincian produk
Close
No.1

PerfinRobotic Vacuum Cleaner PFRBVC01

Mulai dari Rp399.000,00

Robot vacuum cleaner yang dapat bekerja dengan relatif hening

Kelebihan: 

  • Harganya paling terjaungkau dibandingkan produk lainnya
  • Daya isapnya cukup kuat dengan daya 1.800 Pa

Kekurangan: 

  • Tidak dilengkapi dengan fitur navigasi sehingga produk bekerja tanpa arah yang sesuai kebutuhan
  • Tidak dapat digunakan untuk mengepel lantai

Tingkat kebisingan produk ini saat bekerja adalah 55 dB. Artinya, robot penyedot debu ini dapat membersihkan lantai rumah Anda tanpa mengeluarkan suara berisik. Dengan begitu, produk ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal bersama buah hati. Ditambah, fitur noise reduction pada produk ini dapat membersihkan rumah tanpa khawatir membangunkan si kecil saat tertidur.

No.2

ECOVACS DEEBOT U2 PRO

Mulai dari Rp7.990.000,00

Buat lantai jadi bebas bulu hewan peliharaan Anda

Kelebihan:

  • Dapat membersihkan lantai hingga 200 m² 
  • Kapasitas dustbin hingga 800 ml 
  • Memiliki fitur penjadwalan waktu pembersihan dan jenis pembersihan melalui aplikasi ECOVACS yang diakses melalui smartphone

Kekurangan: 

  • Berdasarkan review pengguna, cukup sulit mengatur area pembersihan karena robot pembersih ini tidak dibekali fitur mapping
  • Ada ulasan yang menyebutkan koneksi antara robot vacuum dengan aplikasi ECOVACS sering disconnect

Apakah Anda memelihara kucing atau hewan berbulu lainnya? Jika iya, serahkan saja urusan membersihkan lantai dengan bulu-bulu anabul yang berserakan dengan robot pembersih ini. ECOVACS DEEBOT U2 PRO dibekali peralatan yang dirancang khusus untuk membersihkan bulu-bulu hingga optimal. Salah satunya, sikat yang bebas kusut meskipun bulu anabul menumpuk dalam jumlah banyak.

No.3

KurumiRobot Vacuum CleanerKV 08

Mulai dari Rp3.300.000,00

Mampu membersihkan area dengan permukaan tidak rata

Kelebihan:

  • Dibekali remote control yang memudahkan pengoperasian
  • Lebih mudah melakukan pemetaan ruang yang akan dibersihkan

Kekurangan:

  • Beberapa user menyebutkan mode pel terkadang membuat alat kurang berfungsi optimal karena alatnya mati saat kebasahan

Anti-fall sensor yang dimiliki produk ini membuatnya lebih aman ketika membersihkan area yang tidak memiliki permukaan yang rata. Dipadukan dengan anti-collision sensor, produk juga dapat mengantisipasi letak benda-benda sehingga dapat menghindari tabrakan. Dengan begitu, produk ini sangat tepat untuk Anda yang ingin mencari vacuum cleaner yang awet digunakan.

No.4

XiaomiMi Robot Vacuum-Mop 2 Lite

Mulai dari Rp2.799.000,00

Atur sendiri level air yang Anda butuhkan untuk mengepel lantai

Kelebihan: 

  • Filter mudah dibersihkan
  • Tangki air yang bisa dikontrol hingga tiga level pengaturan

Kekurangan: 

  • Ada ulasan yang mengeluhkan bahwa harus dilakukan mapping ulang setiap kali akan digunakan

Apakah lantai rumah Anda memiliki permukaan yang tidak rata? Jika iya, pilih saja produk ini! Produk ini memiliki fitur yang dapat melewati permukaan lantai yang tidak merata hingga ketinggian 2 cm.


Ada juga tiga level pengaturan air yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan saat Anda menggunakan mode pel. Anda pun bisa mengepel sesuai dengan jenis lantai dan tingkat kekotorannya sehingga lantai jadi lebih bersih optimal.

No.5

Roborock S7 MaxV Ultra Robot Vacuum with Empty Wash Fill Dock

Mulai dari Rp15.780.000,00

Cek kondisi rumah secara real time dengan robot vacuum berkamera

Kelebihan:

  • Daya isap sangat kuat hingga 5.200 Pa sehingga membersihkan debu hingga tuntas
  • Dibekali fitur child lock sehingga aman untuk Anda yang tinggal bersama batita

Kekurangan:

  • Harganya paling mahal dibandingkan robot vacuum cleaner lainnya dalam rekomendasi

Robot vacuum cleaner yang satu ini dibekali dengan kamera yang dapat memantau kondisi ruangan saat dibersihkan. Terlebih lagi, produk ini bisa Anda operasikan menggunakan smartphone dari mana saja.


Produk ini dibekali dengan mikrofon sehingga Anda bisa berinteraksi dengan orang rumah secara langsung. Meski harganya bisa dibilang pricey, robot pembersih lantai ini kualitasnya sangat sebanding!

No.6

YeediK650 With Boundary Strip

Mulai dari Rp3.999.000,00

Daya sedotannya kuat, kapasitas dustbin pun besar

Kelebihan:

  • Kompatibel dengan Boundary Strips yang dapat Anda gunakan untuk mengunci area yang ingin dibersihkan

Kekurangan: 

  • Ada ulasan yang menyebutkan robot vacuum cleaner tidak kembali ke dock pengisian daya secara otomatis 

Produk ini dibekali tiga pilihan daya sedot mulai dari 600 Pa, 1.200 Pa, hingga 2.000 Pa. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan daya sedotnya dengan kondisi permukaan lantai Anda. Menariknya, daya sedot terkuatnya adalah 2.000 Pa sehingga kotoran dan debu dapat tersedot dengan optimal. Tak hanya itu, kapasitas dustbin-nya cukup besar, yaitu dapat menampung hingga 800 ml.

No.7

Mudah dioperasikan, atur jadwal pembersihan sesuai dengan kebutuhan

Kelebihan: 

  • Dibekali empat mode vakum yang dapat membersihkan partikel halus hingga kasar
  • Dapat menyesuaikan tingkat air yang digunakan saat mode pel

Kekurangan: 

  • Berdasarkan ulasan pengguna, suaranya cukup kencang saat mode vacuum

Bila Anda memiliki tingkat aktivitas yang padat, Anda bisa menyerahkan tugas membersihkan rumah pada robot vacuum cleaner ini. Pasalnya, produk ini dibekali fitur pengaturan jadwal pembersihan yang dapat diakses melalui TUYA, Google Assistant, atau Alexa. Artinya, Anda bisa mengoperasikan produk menggunakan smartphone di mana pun Anda berada.

No.8

AVAROX1 +UVC Robotic Home Assistant

Mulai dari Rp5.999.000,00

Membersihkan lantai dari virus dan bakteri, buah hati pun makin bebas bermain

Kelebihan: 

  • Desain ramping sehingga mampu membersihkan hingga ke sudut ruangan
  • Dibekali sensor AI yang memandu robot pembersih debu untuk menghindari furnitur dan menjaga agar tidak terjatuh dari tangga

Kekurangan:

  • Bobot produk cukup berat, mencapai 15 kg, harus berhati-hati agar tidak jatuh dan rusak

Bagi sebagian besar bunda dengan buah hati yang sedang aktif merangkak, lantai yang bersih merupakan hal penting. Nah, bila Anda ingin lebih percaya diri membebaskan buah hati bermain di lantai, gunakanlah produk yang satu ini. Pasalnya, produk ini dilengkapi dengan cahaya ultraviolet C yang mampu membasmi bakteri dan virus hingga 99,9%. Lantai pun bebas dari debu, bakteri, dan virus.

No.9

DreameF9 Robot Vacuum

Mulai dari Rp4.886.000,00

Membersihkan rumah saat malam hari pun menjadi mudah

Kelebihan: 

  • Dibekali kain pel mikrofiber yang antibakteri 

Kekurangan:

  • Berdasarkan ulasan, after sales-nya terasa kurang responsif

Memiliki kegiatan yang cukup padat terkadang membuat rumah terbengkalai. Nah, produk yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk membantu kegiatan pembersihan rumah. Hal ini terutama bila Anda lebih sering berada di rumah pada malam hari.


Adanya lampu pada konstruksi bodi produk ini dapat digunakan untuk mendeteksi ruangan yang kotor. Membersihkan kediaman Anda saat malam hari pun akan tetap optimal.

No.10

OxoneRobot Vacuum CleanerOX-889

Mulai dari Rp3.290.000,00

Mampu bersihkan karpet hingga tuntas

Kelebihan: 

  • Dibekali dengan wipers yang dapat digunakan untuk membersihkan karpet secara optimal

Kekurangan: 

  • Pergerakannya masih dikontrol secara manual menggunakan remote control

Permukaan lantai rumah Anda didominasi dengan penggunaan karpet? Jika iya, jangan lewatkan menggunakan robot vacuum cleaner yang satu ini! Dilengkapi enam wipers, produk ini dapat membersihkan lantai berkarpet dengan lebih optimal. Sayangnya, produk ini masih dijalankan secara manual menggunakan remote control sehingga Anda tetap harus memantau pergerakannya.

Cara membersihkan robot vacuum cleaner

Cara membersihkan robot vacuum cleaner

Sebagaimana yang disebutkan di atas, kapasitas dustbin atau wadah penampungan debu pada robot vacuum cleaner relatif kecil. Oleh karena itu, Anda perlu mengosongkan wadahnya cukup sering, misalnya setiap selesai pemakaian. Namun, Anda yang baru pertama kali memakai robot vacuum cleaner mungkin kurang familier dengan cara membersihkannya.


Selain wadah penampungan debu, beberapa komponen lain, seperti tangki air, sikat, dan filter juga perlu dibersihkan. Agar tidak salah dan malah merusaknya, ikutilah tips membersihkan robot vacuum cleaner berikut ini.


  • Dustbin

Untuk membersihkannya, buka wadah tersebut lalu kosongkan debu dan kotoran yang ada di dalamnya. Agar debu tidak berceceran, direkomendasikan untuk melepaskan dustbin dari vacuum cleaner dengan memosisikannya di atas tempat sampah. 


  • Tangki air dan kain pel

Jika robot vacuum cleaner Anda memiliki fungsi mengepel lantai, jangan lupa juga membersihkan tangki air dan kain pelnya. Untuk tangki air, lepaskan tangki dari mesin dan cuci sampai bersih. Sementara itu, kain pel perlu Anda cuci sampai bersih dan dikeringkan agar tidak bau saat hendak dipakai kembali.


  • Filter

Filter yang kotor dapat menyebabkan daya isap dari robot vacuum cleaner melemah. Selain itu, debu yang tertampung di dalam dustbin juga berisiko kembali keluar ke udara apabila filternya kotor. Untuk membersihkannya, Anda bisa mencuci filter sampai benar-benar bersih dan mengeringkannya. Anda juga direkomendasikan untuk mengganti filternya setiap beberapa bulan sekali.


  • Sikat

Sikat robot vacuum cleaner biasanya kotor akibat tumpukan rambut dan bulu hewan peliharaan. Bagian ini dapat dibersihkan dengan cara melepaskan penutupnya dan menarik sikatnya. Berhati-hatilah agar tidak memotong atau menarik bulu sikatnya. Anda juga sebaiknya untuk mengganti brush vacuum cleaner setiap 6–12 bulan.

Baca juga rekomendasi produk kebersihan rumah lainnya di sini

Kebersihan setiap area rumah penting untuk dijaga. Hal ini agar para penghuninya bisa tinggal dengan nyaman dan sehat. Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan beberapa artikel berikut ini. 

Kesimpulan

Robot vacuum cleaner adalah peralatan kebersihan rumah tangga yang bekerja secara otomatis. Alat ini merupakan jawaban bagi Anda yang mencari kemudahan dalam membersihkan rumah setiap harinya. 


Saat memilih robot vacuum cleaner, jangan lupa perhatikan kualitas filter, fitur, serta daya tampung dustbin-nya. Hal tersebut akan memaksimalkan kinerja dari robot pembersih lantaiSebagai acuan, Anda bisa melihat produk rekomendasi dari kami. Selamat memilih produk yang tepat dan rasakan kemudahan bersih-bersih lantai! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer