• 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Menjaga kebersihan rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk bersih-bersih. Bagi Anda yang sibuk, serahkan saja urusan menyedot debu hingga mengepel lantai pada robot vacuum cleaner. Alat ini dapat bekerja membersihkan lantai secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.


Banyak merek ternama, seperti Samsung, Xiaomi, Bardi, ECOVACS, dan Kurumi, memproduksi robot pembersih lantai dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda kebingungan menentukan pilihan, silakan baca artikel ini sampai habis. Temukanlah tips memilih, review, serta rekomendasi robot vacuum cleaner yang bagus dari kami. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Agustus 2022
Daftar isi

Apa itu robot vacuum cleaner?

Apa itu robot vacuum cleaner?

Robot vacuum cleaner adalah alat penyedot debu yang dapat bekerja secara otomatis dan tidak membutuhkan tenaga manusia untuk mengoperasikannya. Alat ini bisa bekerja layaknya sebuah robot yang telah diprogram. Anda hanya perlu menekan satu tombol pengoperasian untuk membersihkan lantai rumah.


Robot pembersih lantai ini sangatlah praktis sehingga populer di kalangan orang-orang yang memiliki banyak kesibukan. Kebanyakan robot vacuum cleaner yang dijual di pasaran juga telah dilengkapi fungsi 2-in-1, yakni mampu mengepel lantai. Adapun keunggulan dan kelemahan robot vacuum cleaner adalah sebagai berikut:


Keunggulan robot pembersih lantai

  • Hemat tenaga, dapat membersihkan lantai secara otomatis tanpa bantuan tenaga manusia.
  • Mampu memindai ruangan dan melakukan pemetaan lantai dengan cepat.
  • Dapat terhubung dengan konektivitas Wi-Fi dan dikontrol melalui ponsel pintar.
  • Dilengkapi fitur-fitur canggih yang memudahkan kegiatan bersih-bersih.
  • Bisa menjangkau area yang sulit dibersihkan, seperti kolong meja dan sofa.

Kelemahan robot pembersih lantai

  • Harganya cenderung tinggi.
  • Rentan terhadap rintangan, misalnya terhalang oleh karpet, baju yang menumpuk di lantai, dan permukaan yang tidak rata.
  • Harus sering dibersihkan karena ukuran dustbin-nya relatif kecil.
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkan seluruh permukaan lantai rumah.

Cara memilih robot vacuum cleaner

Di pasaran, ada beragam spesifikasi robot vacuum cleaner. Supaya tidak bingung, simaklah cara memilih berikut ini agar Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Periksalah fitur-fitur yang dimiliki robot vacuum

Setiap robot vacuum cleaner memiliki fitur yang berbeda-beda. Biasanya, makin lengkap fitur suatu produk, makin mahal harganya. Namun, belum tentu semua fitur tersebut Anda butuhkan. Untuk itu, kami merangkum beberapa fitur mendasar yang sebaiknya dimiliki oleh robot vacuum cleaner. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan robot vacuum cleaner murah terbaik.

Mopping, membersihkan debu sekaligus mengepel lantai

Mopping, membersihkan debu sekaligus mengepel lantai

Kebanyakan robot vacuum cleaner yang beredar di pasaran telah dilengkapi fungsi 2-in-1, yakni untuk menyedot debu dan mengepel lantai. Selain itu, ada juga produk dengan fungsi 3-in-1 yang bisa digunakan untuk menyapu lantai (sweeping). Produk yang dilengkapi fitur mopping ideal untuk Anda yang benar-benar tak memiliki waktu membersihkan rumah. Dengan sekali pengoperasian, lantai Anda akan bersih dan kinclong.

Mapping dan navigation, memetakan bentuk ruangan

Mapping dan navigation, memetakan bentuk ruangan

Beberapa produk robot vacuum cleaner sudah dilengkapi dengan sensor yang bisa merekam bentuk ruangan (mapping). Sensor ini bekerja ketika produk mulai membersihkan suatu area. Pada akhirnya, sensor akan dapat memetakan seluruh area yang telah dibersihkan. Pada penggunaan selanjutnya, robot vacuum cleaner akan bergerak sesuai data peta yang telah direkamnya.


Sensor tersebut juga memungkinkan robot vacuum cleaner melakukan navigasi dan membaca objek-objek yang ada di sekelilingnya. Ketika membersihkan ruangan, robot vacuum cleaner bisa menghidari tembok, kabel, bahkan tangga. Selain menjadikan vacuum cleaner lebih awet, fitur ini juga membuat Anda tak perlu repot mengawasinya saat dioperasikan.

Auto charging, otomatis kembali ke dock station saat baterai lemah

Auto charging, otomatis kembali ke dock station saat baterai lemah

Fitur auto charging ini memastikan robot vacuum cleaner tidak akan berhenti di tengah pekerjaannya. Saat baterai terindikasi low, robot vacuum cleaner akan otomatis kembali ke dock dan melakukan pengisian daya. Kemudian, saat baterai sudah terisi penuh, robot vacuum cleaner akan kembali ke lokasi pekerjaan sebelumnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan adanya area yang terlewat dibersihkan. 

Kamera, bisa digunakan untuk melakukan video call

Beberapa robot vacuum cleaner berkualitas dilengkapi kamera yang bisa digunakan untuk melakukan video call. Fitur ini merupakan penolong bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Anda bisa mengecek kondisi hewan peliharaan meski sedang bepergian. Dengan video call, Anda juga bisa memeriksa kondisi rumah dan mengetahui penyebab saat vacuum cleaner tiba-tiba berhenti bekerja.

App controlling, mengontrol robot vacuum cleaner dari mana saja

App controlling, mengontrol robot vacuum cleaner dari mana saja

Sesuai namanya, app controlling memungkinkan Anda mengatur robot vacuum cleaner melalui aplikasi pada smartphone Anda. Jadi, Anda tidak harus berada dalam jarak yang dekat dengan robot vacuum cleaner, seperti saat penggunaan dengan remote. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur cleaning mode pada vacuum cleaner, jadwal pembersihan, dan lain-lain.

Perhatikan kapasitas dustbin

Perhatikan kapasitas dustbin

Secara umum, kapasitas dustbin robot vacuum cleaner berkisar antara 200–1.000 ml. Jika area yang dibersihkan luas, pilihlah produk dengan kapasitas dustbin yang besar. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu mengosongkan dustbin di tengah-tengah proses pembersihan. Anda pun bisa meninggalkan robot vacuum cleaner dengan tenang.


Sebagai gambaran, robot vacuum cleaner dengan kapasitas dustbin 240 ml bisa dipakai untuk membersihkan ruangan hingga 300 m². Namun, angka ini tidak bisa Anda jadikan sebagai satu-satunya patokan. Kondisi ruangan yang dibersihkan, jenis lantai, daya isap, hingga fitur dari tiap-tiap robot vacuum juga turut berpengaruh. 

Ketahui kebisingan suara yang mungkin ditimbulkan

Ketahui kebisingan suara yang mungkin ditimbulkan

Bagi Anda yang memiliki bayi, penting untuk memeriksa kebisingan yang dihasilkan oleh robot pembersih lantai. Hal ini tentunya agar pengoperasian robot vacuum cleaner tidak menganggu kenyamanan bayi Anda. Adapun kebisingan suatu produk biasa dinyatakan dalam satuan desibel (dB). Makin besar angkanya, makin bising suaranya


Suara orang berbicara biasanya memiliki tingkat kebisingan 60 dB. Sementara itu, suara knalpot motor memiliki tingkat kebisingan 100 dB. Untuk robot vacuum cleaner, kami sarankan Anda memilih produk yang tingkat kebisingan suaranya berada di rentang 60–80 dB

Utamakan produk dengan HEPA filter

Utamakan produk dengan HEPA filter

Hal kecil yang sering luput saat memilih robot vacuum cleaner adalah mengenai filter. Kualitas filter berkaitan dengan kotoran dan debu yang akan dilepaskan kembali ke udara. Makin baik kualitas filternya, makin sedikit pula kotoran dan debu yang dilepaskan. Beberapa produk robot vacuum cleaner menggunakan HEPA filter dan EPA filter.


HEPA filter merupakan filter yang dapat menyaring udara sampai dengan partikel debu berukuran sangat kecil atau mikron. HEPA filter bisa menyaring partikel dengan ukuran hingga 0,3 mikron dengan efektivitas mencapai 99,97%


Sementara itu, EPA filter sendiri juga bisa menyaring partikel hingga ukuran 0,3 mikron, tetapi dengan efektivitas sekitar 85%–99,5%. Apabila Anda memiliki alergi terhadap bulu hewan, pastikan Anda memilih produk yang memiliki HEPA filter.

10 Rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk robot vacuum cleaner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di bawah. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
ECOVACS DEEBOT OZMO 950 1

ECOVACS

2
Umedalife TOMO 2.0 1

Umedalife

3
Kurumi KV 03 Laser+ 1

Kurumi

4
Perfin Robot Vacuum Cleaner 1

Perfin

5
Xiaomi Robot Vacuum-Mop 2C 1

Xiaomi

6
Yeedi Mop Station  1

Yeedi

7
Roborock  S7 MaxV Ultra 1

Roborock

8
Avaro  LASER 1

Avaro

9
Bardi Smart Robot Vacuum Mopping Cleaner 1

Bardi

10
Samsung VR5000RM Vacuum Robot  1

Samsung

Nama produk

DEEBOT OZMO 950

TOMO 2.0

KV 03 Laser+

Robot Vacuum Cleaner

Robot Vacuum-Mop 2C

Mop Station

S7 MaxV Ultra

LASER

Smart Robot Vacuum Mopping Cleaner

VR5000RM Vacuum Robot

Keunggulan

Efektif bersihkan lantai pada rumah bertingkat dengan fitur Multi-Floor Mapping

Bodi ramping yang dapat menjangkau dan membersihkan area sempit

Lantai bersih dan bebas kuman dengan bantuan sinar UV

Robot vacuum cleaner murah yang dilengkapi noise reduction

Pengaturan level air untuk mengepel lantai sesuai kebutuhan

Robot pel yang bisa membersihkan dan mengeringkan kain pelnya secara mandiri

Daya isap superkuat untuk pembersihan yang maksimal

Dengan belt antiselip agar rodanya tidak mudah tergelincir

Cek kondisi rumah secara real time dengan robot vacuum yang dilengkapi kamera

8 mode pembersihan yang menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan

Harga mulai dariRp 11.990.000,00Rp 3.990.000,00Rp 5.050.000,00Rp 299.000,00Rp 2.950.000,00Rp 9.900.000,00Rp 11.999.000,00Rp 2.999.000,00Rp 4.450.000,00Rp 6.830.000,00
Kapasitas dustbin430 ml600 ml600 mlTidak disebutkan600 mlTidak disebutkan400 ml 600 ml800 ml200 ml
Tingkat kebisingan66 dB< 65 dB50–65 dB< 55 dBTidak disebutkanTidak disebutkan68 dBTidak disebutkan≤ 55 dB77 dB
Kapasitas, ketahanan baterai5.200 mAh, 200 menit3.200 mAh, 150 menit3.200 mAh, 120 menit1.200 mAh, ±2 jam3.200 mAh, 110 menit5.200 mAh, 180 menit5.200 mAh, 180 menit3.000 mAh, 120 menit2.600 mAh, 120 menit3.400 mAh, 150 menit
HEPA filter--
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging×-
Kamera××× ×××××
App controling×
Fitur lainCarpet detection, virtual wall, stair safety tech, schedule cleaning, dark room modeAnti-fall sensor, anti-tangleUV light, virtual wall, breakpoint continue cleaningNoise reductionVirtual wall, automatic dockingCarpet detection, anti fall, support Amazon Alexa, Siri, & Google HomeAuto dust emptying, fast charging, dark room mode, carpet detection, schedule cleaning, support Amazon Alexa & Google AssistantAuto schedule, anti-slip, continuos cleaning, anti-noise, AI sensor anti bump & fallAnti-falling, anti-tangling, support Amazon Alexa & Google Assistant, security guardEZ empty dustbin, auto scheduling
Tautan produk
10

SamsungVR5000RM Vacuum Robot

VR05R5050WK/SE

Mulai dari Rp 6.830.000,00

Kapasitas dustbin200 ml
Tingkat kebisingan77 dB
Kapasitas, ketahanan baterai3.400 mAh, 150 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera×
App controling
Fitur lainEZ empty dustbin, auto scheduling
9

BardiSmart Robot Vacuum Mopping Cleaner

Mulai dari Rp 4.450.000,00

Kapasitas dustbin800 ml
Tingkat kebisingan≤ 55 dB
Kapasitas, ketahanan baterai2.600 mAh, 120 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera
App controling
Fitur lainAnti-falling, anti-tangling, support Amazon Alexa & Google Assistant, security guard
8
Kapasitas dustbin600 ml
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Kapasitas, ketahanan baterai3.000 mAh, 120 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera×
App controling
Fitur lainAuto schedule, anti-slip, continuos cleaning, anti-noise, AI sensor anti bump & fall
7
Kapasitas dustbin400 ml
Tingkat kebisingan68 dB
Kapasitas, ketahanan baterai5.200 mAh, 180 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera
App controling
Fitur lainAuto dust emptying, fast charging, dark room mode, carpet detection, schedule cleaning, support Amazon Alexa & Google Assistant
6
Kapasitas dustbinTidak disebutkan
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Kapasitas, ketahanan baterai5.200 mAh, 180 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera×
App controling
Fitur lainCarpet detection, anti fall, support Amazon Alexa, Siri, & Google Home
5
Kapasitas dustbin600 ml
Tingkat kebisinganTidak disebutkan
Kapasitas, ketahanan baterai3.200 mAh, 110 menit
HEPA filter-
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging-
Kamera×
App controling
Fitur lainVirtual wall, automatic docking
4

PerfinRobot Vacuum Cleaner

PFRBVC02

Mulai dari Rp 299.000,00

Kapasitas dustbinTidak disebutkan
Tingkat kebisingan< 55 dB
Kapasitas, ketahanan baterai1.200 mAh, ±2 jam
HEPA filter-
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging×
Kamera×
App controling×
Fitur lainNoise reduction
3
Kapasitas dustbin600 ml
Tingkat kebisingan50–65 dB
Kapasitas, ketahanan baterai3.200 mAh, 120 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera×
App controling
Fitur lainUV light, virtual wall, breakpoint continue cleaning
2
Kapasitas dustbin600 ml
Tingkat kebisingan< 65 dB
Kapasitas, ketahanan baterai3.200 mAh, 150 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera×
App controling
Fitur lainAnti-fall sensor, anti-tangle
1
Kapasitas dustbin430 ml
Tingkat kebisingan66 dB
Kapasitas, ketahanan baterai5.200 mAh, 200 menit
HEPA filter
Mopping
Mapping
Navigation
Auto charging
Kamera×
App controling
Fitur lainCarpet detection, virtual wall, stair safety tech, schedule cleaning, dark room mode

Cara membersihkan robot vacuum cleaner

Cara membersihkan robot vacuum cleaner

Sebagaimana yang disebutkan di atas, kapasitas dustbin atau wadah penampungan debu pada robot vacuum cleaner relatif kecil. Oleh karena itu, Anda perlu mengosongkan wadahnya cukup sering, misalnya setiap selesai pemakaian. Namun, Anda yang baru pertama kali memakai robot vacuum cleaner mungkin kurang familiar dengan cara membersihkannya.


Selain wadah penampungan debu, beberapa komponen lain, seperti tangki air, sikat, dan filternya, juga perlu dibersihkan. Agar tidak salah dan justru merusaknya, ikutilah tips membersihkan robot vacuum cleaner berikut ini.


  • Dustbin

Wadah penampungan debu terletak di  bawah robot vacuum cleaner, tepatnya di bagian tengah atau belakang mesin. Untuk membersihkannya, buka wadah tersebut lalu kosongkan debu dan kotoran yang ada di dalamnya. Agar debu tidak berceceran, direkomendasikan untuk melepaskan dustbin dari vacuum cleaner dengan memposisikannya di atas tempat sampah. 


  • Tangki air dan kain pel

Jika robot vacuum cleaner Anda memiliki fungsi mengepel lantai, jangan lupa juga membersihkan tangki air dan kain pelnya. Biasanya, tangki air tersebut terletak di bagian samping vacuum cleaner. Untuk tangki air, lepaskan tangki dari mesin dan cuci sampai bersih. Sementara itu, kain pel perlu Anda cuci sampai bersih dan dikeringkan agar tidak bau saat hendak dipakai kembali.


  • Filter

Filter yang kotor dapat menyebabkan daya isap dari robot vacuum cleaner melemah. Selain itu, debu yang tertampung di dalam dustbin juga berisiko kembali keluar ke udara apabila filternya kotor. Untuk membersihkannya, Anda bisa mencuci filter sampai benar-benar bersih dan mengeringkannya. Selain itu, beberapa produsen robot pembersih lantai merekomendasikan untuk mengganti filternya setiap dua bulan sekali.


  • Sikat

Sikat robot vacuum cleaner biasanya kotor akibat tumpukan rambut dan bulu hewan peliharaan. Bagian ini dapat dibersihkan dengan cara melepaskan penutupnya dan menarik sikatnya. Anda bisa menggunting atau menarik kotoran yang menumpuk pada sikat. Namun, harap berhati-hati agar tidak memotong atau menarik bulu sikatnya. Anda juga direkomendasikan untuk mengganti brush vacuum cleaner setiap 6-12 bulan.

Baca juga rekomendasi produk vacuum cleaner lainnya di sini

Kebersihan setiap area rumah penting untuk dijaga. Hal ini agar para penghuninya bisa tinggal dengan nyaman dan sehat. Di samping robot, tersedia juga vacuum cleaner berbentuk stik, tabung, dan yang ukurannya portabel. Silakan baca review lengkapnya melalui tautan di bawah!

Kesimpulan

Robot vacuum cleaner adalah peralatan kebersihan rumah tangga yang bekerja secara otomatis. Alat ini merupakan jawaban bagi Anda yang mencari kemudahan dalam membersihkan rumah setiap harinya. 


Saat memilih robot vacuum cleaner, jangan lupa perhatikan kualitas filter, fitur, serta daya tampung dustbin-nya. Hal tersebut akan memaksimalkan kinerja dari robot pembersih lantaiSebagai acuan, Anda bisa melihat produk rekomendasi dari kami. Selamat memilih produk yang tepat dan rasakan kemudahan bersih-bersih lantai! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Detergen cair yang mudah larut dalam air membuat proses mencuci pakaian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut. Lewat artikel ini, kami akan mengulas tips memilih deterjen atau sabun cuci baju cair yang bagus untuk Anda. Berbagai merek deterjen cair terbaik, seperti Rinso, Attack, dan Gentle Gen akan kami ulas keunggulannya. Ada juga produk rekomendasi deterjen cair yang wanginya tahan lama dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Saat ini bahkan sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula antibakteri hingga antiseptik. Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merek terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan Daia.Namun, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Simak ulasan kami hingga tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merek deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga SoKlin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi pemutih pakaian atau bleach adalah untuk menghilangkan warna noda membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Produk tersebut juga efektif untuk memutihkan warna pakaian, membasmi kuman, jamur, serta menghilangkan bau tak sedap pada pakaian.Berbagai merek pemutih pakaian, seperti Bayclin, Vanish, dan Soklin Pemutih memiliki keunggulan masing-masing dalam menghilangkan warna noda. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan memberikan tipsnya. Tidak sampai di situ, kami juga akan merekomendasikan produk pemutih pakaian yang ampuh dan bagus untuk Anda. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Parfum Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Parfum Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Aroma kurang sedap dari sepatu tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, parfum sepatu dapat mengatasi bau tersebut secara instan. Beragam merek parfum sepatu yang tahan lama dengan aneka wewangian pun telah banyak beredar di pasaran. Produk manakah yang bagus untuk dipilih?Di artikel ini kami akan membahas cara memilih parfum sepatu terbaik. Kami juga akan membagikan tips menghindari bau sepatu. Tak lupa, ada sepuluh rekomendasi produk terbaik, mulai dari yang ukuran kecil hingga parfum sepatu literan. Ada parfum sepatu QaQiQu, Prodigo, dan Talas Indonesia. Baca artikelnya sampai habis, ya!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori