1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Masker Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Masker Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Masker Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Masker Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Masker Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Masker Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Masker Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tak hanya untuk keperluan medis, masker juga bisa dipakai sebagai aksesori atau pelengkap style fashion Anda. Terkait hal ini, masker berwarna hitam adalah salah satu yang paling populer. Jenisnya pun cukup beragam, mulai dari masker hitam medis, nonmedis, polos, bermotif, hingga yang didesain ala Korea.


Kali ini, kami telah menyiapkan sepuluh merk masker hitam terbaik, seperti Sensi, Evo Plusmed, Brodo, dan Stayhoops untuk Anda. Selain itu, kami juga akan mengulas cara memilih masker hitam yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari simak selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai akhir!

Diperbaharui 04-15-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih masker hitam

Saat memilih masker hitam, terdapat beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan. Supaya mempermudah, kami telah membaginya dalam empat kategori. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

① Masker hitam medis atau nonmedis? Pilih berdasarkan jenisnya

Secara umum, masker hitam pelindung wajah terbagi ke dalam dua jenis, yaitu masker medis dan nonmedis. Masing-masing jenis masker tersebut memiliki kegunaannya tersendiri. Ketahui selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Masker medis: Efektif menghalau virus

Masker medis: Efektif menghalau virus

Sesuai namanya, masker medis adalah masker yang dirancang untuk keperluan medis atau kesehatan. Masker ini telah memenuhi persyaratan mutu serta lulus uji terkait keamanan dan filtrasi virus maupun bakteri. Hal ini penting dilakukan mengingat masker ini biasa dipakai oleh tenaga kesehatan dan orang dengan penyakit menular.


Masker medis atau masker bedah terbuat dari bahan nonwoven dan spunbound yang hanya bisa digunakan untuk satu kali pakai. Sesuai standar yang berlaku, masker medis memiliki 3 lapisan pelindung. Apabila Anda mencari produk yang mampu melindungi dari paparan virus, masker hitam medis adalah pilihan yang tepat.

Masker nonmedis: Ramah lingkungan dan sebagai pelengkap fashion

Masker nonmedis: Ramah lingkungan dan sebagai pelengkap fashion

Masker nonmedis biasanya terbuat dari bahan kain. Namun, ada juga masker nonmedis yang bentuknya mirip masker medis sehingga Anda perlu teliti saat memastikan jenisnya. Masker ini dapat dicuci dan dipakai berulang kali untuk melindungi wajah dari polusi. Masker nonmedis juga bisa dijadikan sebagai pelengkap fashion karena biasanya memiliki desain yang unik dan fashionable.


Sebagai contoh, Anda bisa menemukan masker dengan motif batik, bunga, hingga tulisan dan gambar lainnya. Selain itu, tersedia juga masker hitam nonmedis polos yang cocok dipakai untuk melengkapi tampilan kasual Anda. Adapun bahan yang sering dipakai untuk membuat masker nonmedis adalah kain katun, spandex, polyester, dan scuba.

② Periksa model masker

Selain tipenya, Anda juga bisa memilih masker hitam berdasarkan modelnya. Model masker hitam yang populer di pasaran adalah masker lipit, duckbill, 3D, dan exhaust. Yuk, ketahui perbedaannya dengan membaca penjelasan berikut ini!

Masker lipit: Memudahkan Anda saat berbicara

Masker lipit: Memudahkan Anda saat berbicara

Masker lipit adalah model masker yang memiliki lipatan-lipatan kecil di kedua sisinya. Anda pun bisa menarik dan menyesuaikan lebar masker hingga menutupi seluruh area mulut sampai dagu dan hidung. Model ini akan memudahkan Anda saat berbicara karena masker tidak mudah tergelincir atau merosot. Model lipit bisa ditemui dalam jenis masker hitam medis maupun nonmedis.

Masker duckbill dan 3D: Nyaman dipakai dan tidak menempel di bibir

Masker duckbill dan 3D: Nyaman dipakai dan tidak menempel di bibir

Selanjutnya, tersedia model masker duckbill dan 3D yang nyaman dipakai dan tidak menempel di bibir Anda. Masker duckbill memiliki bentuk yang lancip di tengah dan mampu menyesuaikan dengan bentuk wajah penggunanya. Disebut dengan duckbill karena masker ini sepintas menyerupai paruh bebek.


Di sisi lain, masker tiga dimensi atau 3D dilengkapi penutup di bagian atas dan bawahnya. Berkat hal tersebut, Anda akan memiliki ruang bernapas yang lebih leluasa dan tidak kepanasan saat memakainya. Kedua model ini cocok untuk Anda yang tak ingin makeup terhapus atau rusak saat memakai masker.

Masker exhaust: Dilengkapi katup kecil untuk melancarkan pernapasan

Masker exhaust: Dilengkapi katup kecil untuk melancarkan pernapasan

Masker exhaust atau valve adalah model masker hitam yang dilengkapi katup kecil untuk melancarkan pernapasan. Karenanya, model masker ini ideal dipakai oleh para pekerja konstruksi dan saat melakukan olahraga berat. Katup tersebut akan menyaring udara kotor menjadi udara bersih yang aman dihirup oleh hidung kita.


Selanjutnya, udara lembab dari pernapasan akan dihembuskan kembali melalui katupnya. Karena hal ini, masker berkatup ini tidak direkomendasikan untuk orang yang sedang sakit, terutama penderita penyakit menular. Sebab, udara yang mengandung virus dan dihembuskan melalui katup bisa menular pada orang-orang di sekitarnya.

③ Sesuaikan model tali dengan kebutuhan Anda

Poin ketiga yang perlu Anda perhatikan saat memilih masker hitam adalah memilih model tali yang sesuai dengan kebutuhan. Terkait hal ini, masker hitam terbagi ke dalam tiga model tali, yakni earloop, headloop, dan kombinasi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Earloop: Praktis dikaitkan di telinga

Earloop: Praktis dikaitkan di telinga
Masker bertali earloop sangat praktis karena dipakai dengan cara dikaitkan ke telinga. Tali pengikat masker terletak di tiap sisi masker dan tidak terhubung satu sama lain. Tali pengikatnya pun memiliki ukuran lebih pendek dibanding masker headloop.

Biasanya, panjang tali earloop akan disesuaikan dengan target pasarnya, misalnya untuk dewasa dan anak-anak. Masker hitam bertali earloop ideal untuk Anda yang menyukai tampilan simple atau clean look.

Headloop: Nyaman dipakai oleh wanita berhijab

Headloop: Nyaman dipakai oleh wanita berhijab

Sementara itu, masker bertali headloop memiliki tali yang saling berhubungan dari sisi satu ke sisi lainnya. Tali pada masker ini dipakai dengan cara diikatkan pada kepala dan disesuaikan dengan ukuran kepala penggunanya. Masker headloop banyak diminati oleh wanita yang mengenakan hijab karena Anda tak perlu membuka hijab untuk memakainya.

Kombinasi: Cocok untuk beragam kebutuhan

Kombinasi: Cocok untuk beragam kebutuhan
Sumber: bro.do


Di samping itu, ada juga masker hitam yang talinya merupakan gabungan dari tali earloop dan headloop. Model tali masker ini bisa Anda pakai dengan tiga cara, yaitu earloop saja, headloop saja, atau keduanya. Masker dengan tali kombinasi bersifat lebih kukuh dan tidak mudah bergeser atau berubah posisi dari wajah Anda.


Meski begitu, cara memakainya sedikit lebih rumit dibandingkan masker dengan tali biasa. Karenanya, tali masker ini kurang disarankan untuk Anda yang terburu-buru dan mementingkan kepraktisan.

④ Pertimbangkan pula jumlah lapisan filter-nya

Pertimbangkan pula jumlah lapisan filter-nya
Hal terakhir yang perlu diperhatikan guna memperoleh masker hitam yang bagus adalah memeriksa jumlah lapisan filter-nya. Masker hitam yang umum ditemukan di pasaran biasanya terdiri dari dua sampai tiga lapis. Masker dua lapis atau 2 ply hanya terdiri dari lapisan luar dan dalam tanpa filter. Karenanya, masker hitam 2 ply kurang efektif untuk mencegah droplet atau cairan dari mulut.

Sementara itu, masker hitam 3 ply terdiri dari lapisan luar, filter, dan lapisan dalam. Masker ini cocok digunakan untuk masker medis atau bedah karena mampu menyaring droplet. Masker 3 ply juga direkomendasikan untuk Anda yang sedang terjangkit virus atau penyakit menular. Terakhir, perhatikan juga apakah masker tersebut memiliki slot tambahan untuk memasukan filter berupa tisu.

10 Rekomendasi masker hitam terbaik

Setelah menjelaskan mengenai cara memilih, kini tiba saatnya kami merekomendasikan produk terbaik. Berikut ini sepuluh rekomendasi masker hitam dengan beragam keunggulan yang bisa Anda jadikan referensi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sensi

Convex Mask Earloop 20 pcs

Sensi Convex Mask Earloop 20 pcs 1枚目

Dilengkapi empat lapis filter dan nose support untuk keamanan ekstra

2

Evo Plusmed

Masker 4D Super Black

Evo Plusmed Masker 4D Super Black 1枚目

Pelopor masker 4D pertama di Indonesia!

3

Brodo

Ergo Activ Mask Jet Black

Brodo Ergo Activ Mask Jet Black 1枚目

Bernapas lebih lega meski sedang aktif bergerak

4

Pancajaya Sejati

Duraking Masker Kain Anti Virus DK MASKER CARBON BLACK

Pancajaya Sejati Duraking Masker Kain Anti Virus DK MASKER CARBON BLACK 1枚目

Dibekali beragam fitur unggul yang akan melindungi Anda saat berkendara

5

Stayhoops

The Hood Black

Stayhoops The Hood Black 1枚目

Hasilkan dua gaya berbeda dengan satu produk

6

Geoff Max

Madera Black

Geoff Max Madera Black 1枚目

Desain trendi untuk tampil kekinian

7

Proway

Masker Korea KF94 (Hitam)

Proway Masker Korea KF94 (Hitam) 1枚目

Masker hitam untuk tampil ala idola Korea

8

Third Day

Masker Kain Headloop 2 ply + 1ply

Third Day Masker Kain Headloop 2 ply + 1ply  1枚目

Breathable dan memiliki lapisan luar waterproof

9

MIISOO

Disposable Protective Mask

MIISOO Disposable Protective Mask 1枚目

Isi lebih banyak untuk dipakai seluruh anggota keluarga

10

Livehaf Global Digital

Head Hijab Mask Black

Livehaf Global Digital Head Hijab Mask Black 1枚目

Pilihan sempurna untuk para hijaber

Perincian produk
Close
No.1

SensiConvex Mask Earloop 20 pcs

Mulai dari Rp165.000,00

Dilengkapi empat lapis filter dan nose support untuk keamanan ekstra

Sering mengalami masker merosot saat Anda berbicara? Dengan masker hitam Sensi Convex Mask Earloop, masalah tersebut tak akan terulang lagi. Produk ini telah dilengkapi penyangga hidung atau nose support berbentuk V-cut yang pas di hidung Anda.


Dengan empat lapis filter, produk ini siap melindungi Anda dari risiko terpapar virus, bakteri, dan berbagai partikel mikro lainnya. Produk ini bisa digunakan oleh Anda yang berisiko terpapar virus, misalnya petugas kesehatan atau orang yang bekerja di rumah sakit.

No.2

Evo PlusmedMasker 4D Super Black

Mulai dari Rp210.000,00

Pelopor masker 4D pertama di Indonesia!

Bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan, Masker 4D Super Black dari Evo Plusmed adalah pilihan yang tepat. Masker ini didesain dalam model empat dimensi yang mengoptimalkan kenyamanan dan sesuai dengan bentuk wajah Anda.


Karena kenyamanannya, produk ini juga telah direkomendasikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, lho! Anda dapat memakainya sebagai masker harian untuk melindungi tubuh dari virus, bakteri, hingga polusi di jalanan.

No.3

BrodoErgo Activ Mask Jet Black

Mulai dari Rp99.000,00

Bernapas lebih lega meski sedang aktif bergerak

Memakai masker saat berolahraga atau beraktivitas berat terkadang membuat kita kesulitan bernapas. Nah, jika Anda mengalami hal serupa, cobalah memakai masker hitam dari Brodo ini. Ergo Activ Mask Jet Black dibekali katup atau vent untuk memudahkan Anda saat bernapas.


Produk ini juga memiliki 3M Scotchlite Reflector yang akan membuat Anda tetap terlihat saat keadaan gelap. Masker ini adalah pilihan sempurna untuk Anda yang aktif bergerak di masa pandemi, baik pada siang atau malam hari.

No.4

Pancajaya SejatiDuraking Masker Kain Anti Virus DK MASKER CARBON BLACK

Mulai dari Rp20.000,00

Dibekali beragam fitur unggul yang akan melindungi Anda saat berkendara

Masker hitam Duraking terdiri dari dua lapisan yang dibekali beragam fitur bermanfaat untuk pengendara sepeda motor. Pada lapisan pertama, produk ini menggunakan bahan yang dilengkapi kemampuan tahan jamur, bakteri, virus, dan air. Selanjutnya, lapisan keduanya dibekali fitur HeiQ Smart Temp, HeiQ Fresh, dan antibakteri.


Masker ini mampu menyaring udara kotor, seperti asap kendaraan, debu, asap rokok, bau tidak sedap, polusi, dan lain-lain. Untuk pengendara sepeda motor, pejalan kaki, dan orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, produk ini sangat kami rekomendasikan.

No.5

Hasilkan dua gaya berbeda dengan satu produk

Masker kain hitam The Hood Black memiliki desain yang berbeda di kedua sisinya. Anda bisa memakai masker dengan motif batik di bagian luar saat ingin tampil penuh gaya. Lalu, gunakan masker dengan warna hitam polos di sisi luar untuk mendapatkan tampilan yang simple dan casual


Menariknya lagi, masker hitam ini juga dilengkapi kancing pengait yang akan memudahkan Anda saat memakainya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tampilan berbeda hanya dengan satu produk, jangan lewatkan masker yang satu ini, ya!

No.6

Desain trendi untuk tampil kekinian

Apakah Anda sedang mencari masker hitam dengan desain yang kekinian? Jika iya, produk buatan Geoff Max ini bisa dijadikan pilihan. Madera Black didesain dengan tampilan yang trendi dan cocok untuk generasi masa kini.


Masker ini juga memiliki serat kain yang halus dan rapat sehingga tidak akan membuat kulit menjadi gatal. Anda yang memiliki kulit sensitif dapat memakainya tanpa perlu khawatir muncul reaksi alergi.

No.7

ProwayMasker Korea KF94 (Hitam)

Mulai dari Rp36.600,00

Masker hitam untuk tampil ala idola Korea

Produk masker hitam Korea keluaran Proway ini dibekali kemampuan KF94. Artinya, produk ini memiliki kemampuan filtrasi sebanyak 94 persen. Masker KF94 ini direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pelindung dari virus semasa pandemi COVID-19.


Bagi Anda yang menyukai budaya Korea, gunakanlah masker ini untuk tampil serupa dengan idola atau artis favorit Anda. Tak hanya terlihat keren, Anda pun akan terlindungi dari virus berbahaya. Masker hitam ala Korea ini tersedia dalam kemasan berisi 6, 30, dan 50 buah masker.

No.8

Third DayMasker Kain Headloop 2 ply + 1ply AMB12

Mulai dari Rp90.000,00

Breathable dan memiliki lapisan luar waterproof

Third Day adalah clothing brand yang memuat sentuhan budaya streetwear Jepang di tiap produknya. Oleh karena itu, masker AMB13 buatan mereka sangat cocok untuk Anda yang menyukai budaya Jepang. Produk ini terbuat dari bahan breathable yang nyaman dipakai karena ringan, lembut, dan bebas gerah. 


Masker ini dilengkapi comfortable nose pad yang membuat masker tidak mudah merosot saat dibawa beraktivitas. Ia juga menggunakan lapisan luar waterproof sehingga Anda tak perlu khawatir terpapar droplet dari orang lain. Talinya juga dibekali stoper yang dapat disesuaikan dengan lingkar kepala dan Anda. Sangat menarik, bukan?

No.9

MIISOODisposable Protective Mask

Mulai dari Rp60.000,00

Isi lebih banyak untuk dipakai seluruh anggota keluarga

Tak seperti produk lainnya, masker hitam polos ini memiliki lapisan berwarna putih di bagian dalamnya. Masker ini juga memiliki particulate filtration efficiency (PFE) sebesar ≥90 persen atau hampir setara dengan masker medis.


Tersedia dalam kemasan box yang berisi 50 masker, MIISOO Disposable Protective Mask memiliki harga yang cukup terjangkau. Produk ini bisa menjadi pilihan ideal untuk Anda yang ingin memberikan perlindungan maksimal bagi seluruh anggota keluarga.

No.10

Livehaf Global DigitalHead Hijab Mask Black

Mulai dari Rp49.500,00

Pilihan sempurna untuk para hijaber

Memakai masker saat mengenakan hijab bisa dibilang cukup tricky. Sebagian besar hijaber pasti pernah mengalami masker yang kendur, membuat telinga sakit, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang berhijab, gunakanlah produk dari Livehaf Global Digital ini. Masker hitam hijab ini bisa dikencangkan dan diatur sesuai kenyamanan Anda. Produk ini juga terlihat fashionable dengan tulisan LIVEHAF di pojok kirinya.

Baca juga rekomendasi face shield dan masker lainnya di sini

Tak hanya masker hitam, Anda juga bisa memakai face shield untuk melindungi wajah dari debu, polusi, hingga virus. Selain itu, temukan pula rekomendasi masker lainnya pada tautan yang telah kami siapkan di bawah ini. Selamat membaca!

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari kami mengenai cara memilih dan rekomendasi masker hitam terbaik untuk Anda. Semoga ulasan tersebut telah membantu Anda menemukan produk yang tepat.


Selain dari poin-poin di atas, sesuaikanlah harga masker hitam dengan dana yang Anda miliki. Selain itu, tak masalah untuk memilih masker kain dengan harga yang tinggi karena bisa dipakai berulang kali. Segera miliki masker hitam untuk melengkapi gaya sekaligus melindungi wajah Anda. Selamat memilih! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer