• 10 Kerupuk Udang Mentah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Kerupuk Udang Mentah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Kerupuk Udang Mentah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Kerupuk Udang Mentah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Kerupuk Udang Mentah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Kerupuk Udang Mentah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kerupuk merupakan salah satu makanan kering yang banyak penggemarnya. Di Indonesia, banyak orang yang menganggap makan terasa kurang lengkap bila tanpa kerupuk. Ada berbagai macam jenis kerupuk, salah satunya adalah kerupuk udang. Selain kerupuk udang siap makan, banyak juga produsen yang menjual kerupuk udang mentah.  


Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih kerupuk udang mentah yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh kerupuk udang mentah terbaik dan terenak dari berbagai macam merk. Mulai dari kerupuk udang mentah ukuran kecil hingga ukuran besar akan Anda temukan. Yuk, disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Mei 2021
Daftar isi

Kerupuk udang mentah, paduan lezat tapioka plus udang

Kerupuk udang mentah, paduan lezat tapioka plus udang

Kerupuk dibuat dari bahan baku utama dan bahan tambahan. Sumber bahan baku utama yang digunakan untuk membuat kerupuk adalah pati. Pati yang digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan kerupuk disebut puffable material. Bahan inilah yang membuat kerupuk dapat mekar ketika digoreng.


Kerupuk udang terbuat dari tepung tapioka (pati ekstrak umbi singkong) yang diberi campuran udang. Tidak sekadar renyah, rasa udang yang kuat pun menghadirkan kelezatan yang khas. Nikmat disantap begitu saja atau dicampur makanan lain seperti sup atau nasi goreng. Jadi, sediakanlah selalu kerupuk udang di meja makan Anda!

Cara memilih kerupuk udang mentah

Menentukan kerupuk udang mentah yang paling tepat untuk Anda beli tidaklah sulit. Kami akan berikan kepada Anda beberapa poin yang bisa dijadikan acuan.

Periksa ukurannya

Di pasaran kerupuk udang mentah terbagi menjadi tiga ukuran, yaitu ukuran kecil, sedang, dan besar. Berikut akan kami bahas lebih jauh.

Kerupuk udang mentah kecil, cocok untuk camilan

Kerupuk udang mentah kecil, cocok untuk camilan

Kerupuk udang berukuran kecil tepat dipilih jika Anda membutuhkan camilan untuk dikonsumsi sendiri. Ukurannya yang one bite size menjadikan kerupuk ini lebih cepat dan mudah dilahap dibandingkan kerupuk ukuran lainnya. 


Berukuran sekitar 5 cm x 4 cm, tidak heran kerupuk udang kecil kadang disebut juga dengan nama kerupuk kancing. Selain untuk camilan, kerupuk mini ini juga biasa dijadikan teman makan nasi goreng atau gado-gado. 

Kerupuk udang mentah sedang dan besar, asyik disantap bersama makanan berkuah

Kerupuk udang mentah sedang dan besar, asyik disantap bersama makanan berkuah

Anda akan menemukan kerupuk udang mentah besar yang ukurannya mencapai 5 cm x 8 cm. Selain itu, ada juga kerupuk berukuran sedang atau medium yang secara ukuran berada di antara kerupuk besar dan kecil.


Kedua jenis kerupuk tersebut kadang disebut sebagai kerupuk gondang dan banyak ditemukan di warung atau kantin. Ukuran besar membuatnya cocok ditambahkan sebagai pelengkap makanan berkuah, seperti rawon, soto, atau sop buntut. Bagi Anda yang ingin menyimpan kerupuk udang untuk santapan keluarga, kerupuk sedang dan besar cocok dipilih.


Penting untuk diingat, tidak semua seller mencantumkan ukuran kerupuk yang dijualnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menanyakan hal tersebut kepada penjual sebelum memutuskan untuk membeli kerupuk udang.

Pilih kemasan kerupuk udang sesuai kebutuhan

Menyimpan kerupuk mentah terlalu lama dapat menyebabkan kerupuk ditumbuhi oleh jamur. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan isi kemasan kerupuknya agar pembelian yang dilakukan tidak mubazir.

Kemasan eceran, pas untuk keluarga kecil

Kemasan eceran, pas untuk keluarga kecil

Anda sedang mencari kerupuk yang cukup untuk keluarga kecil Anda? Kerupuk udang mentah kemasan eceran merupakan pilihan yang pas. Kerupuk ini biasanya dijual dalam ukuran isi 250 gram hingga 500 gram. 


Hal tersebut membuatnya cukup untuk dikonsumsi oleh dua hingga lima orang. Isinya yang tidak terlalu banyak membuat Anda bisa menggoreng semua kerupuk ini sekaligus.

Kemasan bal, harga lebih ekonomis untuk acara keluarga atau bisnis katering

Kemasan bal, harga lebih ekonomis untuk acara keluarga atau bisnis katering

Bagi Anda yang membutuhkan hidangan kerupuk udang untuk acara besar yang dihadiri banyak orang, pilihlah kerupuk kemasan bal. Mengapa demikian? Selain harganya lebih ekonomis, kerupuk mentah kemasan bal di-packing dalam ukuran isi 1–5 kg. Hal tersebut membuatnya lebih praktis untuk disajikan dalam acara keluarga besar. 


Jika Anda memiliki bisnis katering, kemasan bal juga lebih efisien guna memenuhi pesanan yang berlimpah. Akan tetapi, isi kerupuk yang banyak membuat Anda harus menggorengnya sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan. Simpanlah kembali kerupuk mentah ini pada tempat yang kering dan tidak lembap supaya tidak cepat rusak. 

Pertimbangan kerupuk udang pedas sebagai variasi

Pertimbangan kerupuk udang pedas sebagai variasi

Dahulu kerupuk udang mentah hanya tersedia dalam rasa asin saja. Namun, kini kerupuk udang mentah juga ada yang rasa pedas. Agar tidak bosan dengan satu rasa saja, tak ada salahnya untuk mencoba kerupuk udang rasa pedas ini. Dengan begitu, makanan Anda sudah nikmat meski tak ditambah sambal lagi.

10 Rekomendasi kerupuk udang mentah terbaik

Sebelumnya kami telah menjelaskan cara memilih kerupuk udang mentah. Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kerupuk udang mentah terbaik. Simak terus, ya!

10
UkuranTidak disebutkan
KemasanBal
Isi500 gr, 1 kg
RasaAsin
9
UkuranTidak disebutkan
KemasanEcer
Isi500 gr
RasaAsin
8

Komodo FoodsKomodo Merah Shrimp Crackers SPP/GK

Mulai dari Rp 56.000,00

UkuranBesar (5 cm x 8 cm)
KemasanEcer
Isi500 gr
RasaAsin
7

Komodo FoodsKomodo Hijau Mini Shrimp Crackers

Mulai dari Rp 43.000,00

UkuranTidak disebutkan
KemasanEcer
Isi400 gr
RasaAsin
6
UkuranBesar (5 cm x 8 cm)
KemasanEcer
Isi500 gr
RasaAsin
5

Cap BeruangKerupuk Pedas Sari Udang

Mulai dari Rp 25.000,00

UkuranKecil
KemasanBal
Isi1 kg
RasaPedas
4
UkuranKecil
KemasanEcer
Isi250 gr
RasaAsin
3
UkuranTidak disebutkan
KemasanBal
Isi5 kg
RasaAsin
2

Udang WinduKerupuk Udang Ikan Sidoarjo

Mulai dari Rp 47.000,00

UkuranSedang
KemasanBal
Isi1 kg, 5 kg
RasaAsin
1

Legong Bali NusantaraKerupuk Udang Aloha Baru

Mulai dari Rp 55.000,00

UkuranBesar (5 cm x 8 cm)
KemasanEcer
Isi500 gr
RasaAsin

Tabel perbandingan produk kerupuk udang mentah terbaik

Gambar produk
1
Legong Bali Nusantara Kerupuk Udang Aloha Baru 1

Legong Bali Nusantara

2
Udang Windu Kerupuk Udang Ikan Sidoarjo 1

Udang Windu

3
GD Kerupuk Udang 1

GD

4
Candi Jaya Amerta Kerupuk Udang Kancing 1

Candi Jaya Amerta

5
Cap Beruang Kerupuk Pedas Sari Udang 1

Cap Beruang

6
Sekar Laut FINNA Gondang Pita 1

Sekar Laut

7
Komodo Foods Komodo Hijau Mini Shrimp Crackers 1

Komodo Foods

8
Komodo Foods Komodo Merah Shrimp Crackers SPP/GK 1

Komodo Foods

9
Ny Siok Kerupuk Udang Oval 1

Ny Siok

10
RWM Kerupuk Udang Walet 1

RWM

Nama produk

Kerupuk Udang Aloha Baru

Kerupuk Udang Ikan Sidoarjo

Kerupuk Udang

Kerupuk Udang Kancing

Kerupuk Pedas Sari Udang

FINNA Gondang Pita

Komodo Hijau Mini Shrimp Crackers

Komodo Merah Shrimp Crackers SPP/GK

Kerupuk Udang Oval

Kerupuk Udang Walet

Keunggulan

Kerupuk udang kekinian dengan kearifan lokal!

Bereksplorasilah dengan kerupuk udang windu!

Ingin berbisnis kerupuk udang? Cobalah produk ini

Kecil-kecil menggemaskan, bisa dijadikan sebagai oleh-oleh

Mau dibuat jadi seblak bisa, jadi camilan juga oke

Big size, cocok untuk pelengkap ransum Anda

Fat free, cocok untuk Anda yang sedang diet

Tersertifikasi HACCP, makin higienis dan aman dikonsumsi

Nikmati si oval renyah yang buat hari jadi lebih menyenangkan

Tumpas habis laparmu dengan kriuknya!

Harga mulai dariRp 55.000,00Rp 47.000,00Rp 150.000,00Rp 7.800,00Rp 25.000,00Rp 28.000,00Rp 43.000,00Rp 56.000,00Rp 108.000,00Rp 35.000,00
UkuranBesar (5 cm x 8 cm)SedangTidak disebutkanKecilKecilBesar (5 cm x 8 cm)Tidak disebutkanBesar (5 cm x 8 cm)Tidak disebutkanTidak disebutkan
KemasanEcerBalBalEcerBalEcerEcerEcerEcerBal
Isi500 gr1 kg, 5 kg5 kg250 gr1 kg500 gr400 gr500 gr500 gr500 gr, 1 kg
RasaAsinAsinAsinAsinPedasAsinAsinAsinAsinAsin
Tautan produk

Cara menggoreng kerupuk udang mentah

 Cara menggoreng kerupuk udang mentah

Menggoreng kerupuk merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah. Apabila terlalu matang, kerupuk akan terasa pahit. Sebaliknya, apabila kurang matang, kerupuk akan menjadi keras dan susah ditelan. Lantas, bagaimana cara menggoreng kerupuk agar mekar dan renyah sempurna? Berikut akan kami paparkan beberapa cara menggoreng kerupuk udang mentah yang benar. 


  • Jemur kerupuk sebelum digoreng
Menjemur kerupuk merupakan poin yang paling penting untuk menghasilkan kerupuk yang baik. Jika tidak dijemur, kerupuk mentah akan tetap alot dan sukar dikunyah meskipun sudah digoreng. Oleh karena itu, jemurlah kerupuk sekitar 10 menit di bawah terik sinar matahari.  

  • Pilih wajan yang tepat
Poin berikutnya yang penting untuk diperhatikan adalah memilih wajan yang tepat. Wajan yang pas untuk menggoreng kerupuk adalah yang bentuknya cekung. Wajan cekung membuat kerupuk tenggelam sempurna dalam minyak panas. Hal tersebut akan membuat kerupuk matang secara merata.

  • Perhatikan pengaturan api
Minyak yang terlampau panas dapat membuat kerupuk cepat gosong dan melempem. Di sisi lain, minyak yang suam-suam menjadikan kerupuk sulit mekar. Oleh karena itu, aturlah api besar pada saat minyak masih dingin. Namun, apabila minyak sudah panas, gunakanlah api yang sedang supaya kerupuk dapat mekar dengan sempurna.

  • Goreng satu per satu dan sedikit ditekan
Pada saat menggoreng kerupuk udang berukuran kecil, tidak masalah bila Anda memasukkan segenggam kerupuk secara bersamaan. Namun, ketika menggoreng kerupuk udang berukuran sedang atau besar, sebaiknya gorenglah kerupuk satu per satu. Setelah itu, tekanlah bagian tengah kerupuk dengan sutil agar kerupuk cepat mekar dan tidak melengkung. 

  • Aduk kerupuk saat digoreng
Untuk mendapatkan kematangan yang rata, aduklah kerupuk pada saat digoreng. Agar kerupuk tidak bantat, bolak-balik kedua sisi kerupuk hingga warnanya menjadi kecokelatan. Menggoreng kerupuk dengan suhu pas dan teknik yang benar akan menghasilkan kerupuk yang gurih, renyah, dan enak. 

  • Segera angkat kerupuk setelah matang dan tiriskan
Terakhir, angkat kerupuk dari penggorengan. Kemudian, tiriskan kerupuk di atas wadah yang sudah dilapisi dengan kertas merang. Diamkan sejenak supaya kerupuk menjadi dingin, lalu masukkan ke dalam stoples dan tutup rapat setelahnya. 

Baca juga rekomendasi berbagai kerupuk dan keripik lainnya di sini

Makanan ringan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita. Selain kerupuk udang, ada juga berbagai macam kerupuk rasa lain, misalnya saja kerupuk gendar dan kerupuk ikan. Tidak hanya itu, kami juga masih memiliki rekomendasi keripik yang bisa Anda jadikan camilan. Silakan cek di artikel-artikel berikut, ya!

Kesimpulan

Jadi, apakah produk rekomendasi dari kami ada yang menarik perhatian Anda? Kerupuk udang adalah makanan ringan yang dapat disantap dalam segala suasana. Baik untuk dimakan sendiri maupun dipakai sebagai teman makan nasi, sama-sama lezatnya!


Variasi rasa asin dan pedas juga menjadikan kerupuk udang makin banyak peminatnya. Sekian tips dan rekomendasi produk kerupuk udang mentah dari kami. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan kerupuk udang mentah yang sesuai selera. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Snack Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Snack Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring dengan perkembangan janin, ibu hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan. Selain itu, wanita yang sedang hamil memang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dibandingkan biasanya. Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi snack atau camilan sebelum jam makan tiba. Namun, jangan sampai salah memilih camilan, ya. Pilihlah snack yang bagus dengan kandungan nutrisi di dalamnya.Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih snack yang sehat dan baik untuk ibu hamil. Tidak ketinggalan, ada juga rekomendasi merk snack terbaik untuk ibu hamil, seperti merek Soyjoy, Fitchips, dan lainnya. Silakan membaca sampai habis.
    Makanan kecil & snack
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Slim & Fit. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!
    Makanan kecil & snack
  • 9 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Permen karet bebas gula adalah permen karet rendah kalori yang tidak merusak gigi saat dikonsumsi. Selain dapat mengusir rasa pahit di mulut, permen ini dipercaya mampu menekan asam lambung. Permen karet tanpa gula bahkan aman untuk ibu hamil, lho!Namun, produk seperti apa yang bagus untuk dikonsumsi? Kali ini kami akan membahas tips memilih permen karet bebas gula, serta memberikan sembilan rekomendasi produknya. Ada beragam merek terbaik seperti Happydent, Lotte Xylitol, dan Mentos. Selain harga yang bervariasi, rasanya juga bermacam-macam, mulai dari peppermint, spearmint, hingga rasa jeruk. Jadi, mari disimak!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak suka menyantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat bersantai maupun berpesta di rumah, akan terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Ada merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, dan sebagainya. Sebelumnya, kami pun akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih snack agar Anda mudah menemukan yang sesuai selera. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari tiga jenis coklat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, dark chocolate menjadi jenis coklat yang paling banyak diminati. Pasalnya, dark chocolate memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk saat diet. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan juga melihat rekomendasi produk dark chocolate terbaik dari Indonesia, mulai dari merek Chocolate Monggo, SilverQueen, Tulip, dan Pipiltin Cocoa. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bermacam masalah tenggorokan seperti batuk, tenggorokan sakit atau gatal bisa datang tiba-tiba. Tentunya masalah tersebut bisa membuat hari Anda kurang nyaman. Ditambah lagi, jika Anda sehari-hari harus sering bertemu dengan banyak orang. Salah satu solusi tercepat dalam menanganinya adalah mengonsumsi permen pelega tenggorokan.Beberapa merek terkenal, seperti Ricola, Fisherman, dan Strepsil sudah sejak lama memproduksi permen pelega tenggorokan yang ampuh meredakan masalah tenggorokan. Kali ini kami akan menjelaskan cara tepat memilih permen pelega tenggorokan dan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus untuk Anda. Pastikan untuk menyimak sampai habis, ya!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Biskuit Merk Monde Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Biskuit Merk Monde Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selama lebih dari tiga dekade, kue Monde menemani keluarga Indonesia. Merk camilan yang satu ini rasanya memang sudah tidak diragukan lagi. Beberapa dari Anda mungkin menggemari Egg Rolls Monde, sedangkan sebagian lainnya mungkin lebih menyukai Monde Butter Cookies.Jenis biskuit Monde lainnya pun menjadi favorit banyak orang. Nah, bagi Anda ingin mencoba kue Monde, ada beberapa tips memilih yang dapat dipertimbangkan. Tidak hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Selamat membaca!
    Makanan kecil & snack
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori