10 Rekomendasi Wireless LAN Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Wireless LAN Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Wireless LAN adapter adalah alat yang menghubungkan laptop, komputer, atau smartphone ke koneksi internet. Saat ini, wireless LAN adapter juga dapat digunakan untuk perangkat lain seperti kamera, atau speaker.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih wireless LAN adapter. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi wireless LAN adapter terbaik yang mudah digunakan, dan memiliki koneksi internet yang stabil.

Daftar isi

Cara memilih wireless LAN adapter

Hal utama yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk wireless LAN adapter adalah kemudahan dalam penggunaannya, aman, dan koneksi internet yang stabil.

Pilihlah produk dengan standar keamanan yang baik

Pilihlah produk dengan standar keamanan yang terjaga dengan baik

Walau poin ini bukanlah hal yang mudah, tetapi cobalah memilih wireless LAN adapter yang sudah memenuhi standar keamanan yang berlaku. Hal ini akan mengurangi resiko penyadapan data secara ilegal, yang dapat mengakibatkan kebocoran informasi pribadi.

Ada beberapa standar keamanan, tetapi WEP, WPA dan WPA2 merupakan yang terbaik. Berbagai protokol keamanan juga hadir dan menawarkan fungsi yang berbeda pada setiap produk. Berikut akan kami jelaskan beberapa protokol keamanan, dan apa saja perbedaannya.

  • Wired Equivalent Privacy (WEP) adalah security wireless yang sangat umum digunakan. Anda dapat mengakses koneksi internet yang dilengkapi wireless security ini dengan menggunakan passphrase.
  • Wi-Fi Protected Access (WPA) tidak jauh berbeda dengan WEP, hanya saja lebih update dan kemungkinan disadap akan mengambil masa lebih lama dari WEP.
  • Wi-Fi Protected Access II (WPA2) adalah security wireless terbaru. Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption yaitu, Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP).

Ketiga standar keamanan ini akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyadapan terhadap komputer pribadi Anda.

Pilihlah produk dengan koneksi internet yang stabil dan berkecepatan tinggi

Pilihlah produk dengan koneksi internet yang stabil dan berkecepatan tinggi

Berbeda dengan jenis adapter kabel, wireless LAN adapter memiliki potensi ketidakstabilan koneksi internet yang lebih besar. Hal ini diakibatkan karena wireless LAN adapter tidak langsung terhubung dengan perangkat, dan dapat diakses lebih dari satu perangkat.

Pada Februari 2017, standar tercepat untuk wireless LAN adapter tipe USB adalah IEEE802.11ac, dengan standar transfer USB tercepat yaitu USB 3.0. Periksalah bagian spesifikasi sebelum Anda membeli, serta pilihlah produk dengan standar keamanan yang baik dan berkecepatan tinggi, untuk mendukung semua pekerjaan Anda agar dapat selesai lebih cepat.

Pilihlah produk dengan pengaturan yang mudah

Pilihlah produk dengan pengaturan yang mudah

Jika wireless LAN adapter Anda mendukung fungsi AOSS (metode koneksi satu sentuhan LAN nirkabel), Anda dapat menyambungkan antara koneksi internet induk dengan perangkat lain hanya dengan satu sentuhan. Tentu saja, Anda harus memikirkan standar keamanan yang memenuhi syarat terlebih dahulu.

Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis PC Anda

Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis PC Anda

Wireless LAN adapter dengan ukuran ekstra kecil banyak digunakan pemegang komputer kecil seperti laptop atau notebook. Anda hanya butuh mencolokkannya ke terminal USB PC di laptop atau notebook Anda, dan koneksi internet sudah dapat tersambung.

Namun, jika Anda akan menggunakannya dengan jarak yang sangat jauh, Anda tetap membutuhkan antena untuk menarik sinyal dari koneksi induk ke perangkat Anda.

10 Rekomendasi wireless LAN adapter terbaik

10. Tenda W311M

10. Tenda W311M

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Harga terjangkau untuk koneksi internet di komputer pribadi

Wireless LAN adapter yang satu ini memiliki standar Lite-N IEEE 802.11b/g/n yang memberikan kecepatan transfer data secara nirkabel atau wireless hingga 150Mbps, serta mendukung SoftAP, dan disediakan tombol WPS untuk keamanan koneksi. Tombol WPS ini memiliki fungsi serupa dengan AOSS, yaitu untuk memudahkan Anda dalam menyambungkan PC dengan koneksi internet.

Namun, yang menjadi kekurangan produk ini adalah kecepatan transfer USB-nya yang masih USB2.0. Produk ini cocok bagi Anda yang menggunakan laptop atau notebook untuk pekerjaan ringan. Dengan harga yang ditawarkan, produk ini sudah mampu menyalurkan koneksi internet ke perangkat Anda dengan cukup baik.

9. D-Link DWA-132

9. D-Link DWA-132

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 171.000

Pas di genggaman

Produk ini memiliki casing berwarna hitam. Bentuknya tidak terlalu kecil, dan dilengkapi dengan tutup sebagai pelindung. Jika Anda adalah seseorang yang pelupa, produk ini cocok untuk Anda karena ukurannya yang tidak terlalu kecil, maka mudah ditemukan.

Produk ini sudah memiliki kecepatan wireless hingga 300Mbps. Anda akan menikmati kemudahan dalam berbagi foto, video, musik, atau files dengan koneksi internet yang cepat. Produk ini juga mudah dalam pemasangan dan pemakaiannya.

8. TP-LINK WN723N

8. TP-LINK WN723N

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 88.000

Kecepatan wireless tidak sekecil bentuknya

Produk ini memiliki casing berwarna putih pada keseluruhan badan produk. Besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa dan dilengkapi tutup sebagai pelindung. Fitur easy one-touch wireless security encryption yang menjadi andalan produk ini, memudahkan Anda untuk menyambungkan koneksi internet hanya dengan tombol WPS pada PC Anda.

Produk ini menawarkan kecepatan wireless hingga 150Mbps dan dapat digunakan pada berbagai sistem komputer seperti Windows 10/8.1/8/7/Vista/XP, Mac OS X 10.7~10.10, dan Linux. Bagi Anda yang sering menggunakan PC untuk mendukung pekerjaan, produk ini cocok untuk Anda. Selain itu, desainnya yang kecil tidak akan memakan tempat saat Anda menyambungkannya ke komputer pribadi. Menarik bukan?

7. Xiaomi Wifi Extender Version 2

7. Xiaomi Wifi Extender Version 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 109.800

Menjangkau seluruh ruangan rumah Anda

Saat ini akses internet menjadi hal penting karena semua kegiatan dilakukan dengan smartphone. Wireless LAN adapter selanjutnya yang kami rekomendasikan dikeluarkan oleh brand Xiaomi. Berbeda dengan versi sebelumnya, produk ini tidak lagi menggunakan antena eksternal.

Dengan kecepatan wireless 300 Mbps, produk ini memastikan semua ruang dalam rumah Anda akan mendapat koneksi internet yang baik. Jika Anda dan seluruh anggota keluarga sangat bergantung pada koneksi internet, kami sarankan untuk segera membeli produk ini.

6. Asus USB-N14 Wireless Adapter

6. Asus USB-N14 Wireless Adapter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Memfasilitasi koneksi internet di rumah

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, wireless LAN adapter tidak semua berbentuk USB. Seperti produk selanjutnya yang dikeluarkan oleh brand Asus. Berbeda dengan jenis wireless LAN adapter lain yang mengandalkan tipe kecil, produk ini justru mengandalkan fitur external high-gain antenna yang mendukung sinyal agar lebih kuat dan stabil, 10x lebih baik dari produk lainnya.

Untuk standar keamanan, produk ini sudah mendukung fitur 64-bit WEP, 128-bit WEP, WPA2-PSK, WPA-PSK dan WPS. Dengan fitur WPS yang ditawarkan, Anda dapat menyambukan PC dengan koneksi internet hanya dengan satu sentuhan. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari wireless LAN adapter untuk pemakaian di rumah karena kecepatan wireless 300Mbps-nya akan menemani waktu luang Anda. Tunggu apa lagi!

5. TP-LINK TL-WN851ND

5. TP-LINK TL-WN851ND

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Streaming video tanpa buffering

Produk selanjutnya berasal dari brand TP-LINK. Dengan wireless yang luar biasa hingga 300Mbps, produk ini akan membuat Anda betah menonton video berjam-jam. Dilengkapi teknologi MIMO dengan penetrasi kekuatan sinyal lebih kuat, jangkauan nirkabel yang lebih luas, sehingga memberikan kinerja yang lebih baik dan stabilitas.

Untuk standar keamanan Anda tidak perlu khawatir, produk ini dilengkapi dengan fitur pengaman QSS (Quick Security Setup). Bagi Anda yang hobi menonton vlog atau streaming film, produk ini cocok untuk Anda. Segera miliki!

4. D-Link DWA-171

4. D-Link DWA-171

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 289.900

Bagi para pecinta game online

Wireless LAN adapter lain dari brand D-Link ini memiliki kecepatan wireless hingga 433Mbps. Bagi Anda pencinta online game, kami sangat merekomendasikan produk ini untuk Anda. Fitur Wireless AC yaitu 802.11ac sebagai standar network terbaru akan menampilkan gambar yang halus serta suara yang jernih saat Anda bermain online game atau menonton video.

Produk ini juga mudah digunakan, sehingga PC atau smartphone Anda akan secara cepat tersambung dengan koneksi internet. Koneksinya tetap stabil, bahkan saat Anda mengakses berbagai website secara bersamaan. Produk ini memiliki casing berwarna hitam, seperti yang menjadi ciri khas produk wireless LAN adapter dari brand D-Link selama ini. Ayo segera miliki!

3. Comfast 2 in 1 Wireless Adapter

3. Comfas 2 in 1 Wireless Adapter

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.500

Jarak Wi-Fi hingga 100-200 meter

Dengan warna hitam mengilap, badan produk ini dilapisi plastik berkualitas baik. Berukuran mini hanya 4cm x 2cm, tanpa eksternal antena yang rentan patah produk ini akan mudah disimpan atau dibawa kemana saja. Mengenai standar keamanan Anda tidak perlu ragu karena produk ini sudah dilengkapi standar keamanan WPA/WPA2.

Dengan adanya teknologi wireless CCA yang secara otomatis akan menyesuaikan frekuensi internet, hal ini dapat menghindari terjadinya interferensi dengan channel lain yang mungkin berada di sekitar Anda. Wireless LAN adapter ini akan memudahkan pekerjaan Anda dengan kecepatan koneksi wireless hingga 150Mbps 2,4GHz. Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai sesuatu yang praktis.

2. Tenda U1

2. Tenda U1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Mudah digunakan

Produk ini dapat diakses pada semua sistem komputer Anda, mulai dari Windows 10/8.1/7/XP/Vista, Linux, dan Mac OS 10.6~10.11. Tenda menawarkan koneksi internet yang cepat dan tersambung dengan mudah. Teknologi 2T2R high transceiver-nya membuat koneksi internet lebih kuat dan stabil. Anda dapat mengakses internet dengan kecepatan wireless hingga 300Mbps, yang akan tetap stabil walau terhalang dinding.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur 360° omni-directional rotating antenna for perfect 2.4GHz, yang memberi cakupan sinyal luar biasa, serta memungkinkan Anda memutar antena eksternal hingga 360 derajat, sehingga memudahkan Anda ketika bepergian dan harus membawa produk ini. Sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan internet sebagai sarana pendukung pekerjaan Anda.

1. TP-LINK Archer T4U AC1200

1. TP-LINK Archer T4U AC1200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 370.000

Tidak ada tandingannya

Produk yang sangat kami banggakan dan kami rekomendasikan untuk Anda kembali dikeluarkan oleh brand TP-LINK. Fitur SuperSpeed USB 3.0 port menjadikan produk ini memiliki kecepatan transfer USB 10x lebih cepat dari produk lainnya. Yang terpenting adalah, Anda dapat mengakses internet hingga kecepatan 867Mbps.

Tidak ketinggalan, adanya fitur AOSS yang melengkapi produk ini akan memudahkan Anda menyambungkan koneksi internet ke PC dengan sistem one stop connect. Anda dapat mengakses youtube, bermain online game, dan membuka sosial media secara bersamaan tanpa mengurangi kecepatan maupun kualitas gambarnya. Bagi Anda yang bahkan sering mengunggah video pribadi, dengan produk ini Anda tidak perlu lagi menunggu lama untuk waktu upload.

Kesimpulan

Dengan menggunakan wireless LAN adapter, Anda dapat menghubungkan berbagai perangkat pribadi Anda ke internet. Adapter jenis wireless juga lebih mudah penggunaanya jika dibandingkan dengan yang jenis kabel. Anda dapat membawa perangkat pribadi kemana pun tanpa terkendala dengan kabel yang dirasa kurang panjang.

Jadi, mengapa tidak segera mencoba wireless LAN adapter yang bisa membuat Anda menjadi lebih praktis ini. Carilah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Selamat memilih!