1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sepatu Consina Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Ingin mencari sepatu trekking yang berkualitas dan tidak membuat dompet bolong? Consina adalah salah satu merek lokal yang dapat dipertimbangkan. Sepatu Consina dapat digunakan untuk hiking santai, mendaki gunung di berbagai medan, atau kegiatan outdoor lainnya. Tak hanya untuk pria, Consina juga menyediakan sepatu seri khusus wanita melalui Women Series.


Model sepatu Consina beragam, misalnya Explorer, Mustang, Jomsom, Futura, Rapid, Chameleon, dan sebagainya. Kami akan memberikan tips memilih serta merekomendasikan produk sepatu Consina yang bagus dengan kualitas dan harga terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.

Diperbaharui 04-15-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Keuntungan memakai produk Consina


Consina merupakan brand perlengkapan outdoor yang didirikan oleh Disyon Toba sejak 1994 dan mulai berbadan hukum sejak 2001. Berawal dari tas gunung, kini Consina sudah menjual berbagai peralatan outdoor yang cukup lengkap, termasuk sepatu. Sepatu merupakan perlengkapan esensial dalam melakukan aktivitas outdoor di alam bebas.


Daya tarik sepatu Consina adalah harganya yang terjangkau bagi banyak kalangan, mulai dari anak SMA, kuliahan, hingga orang kantoran. Mulai dari harga 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan sepatu outdoor yang bagus.


Secara kualitas, sepatu Consina tidak kalah dengan merek lokal lain seperti Eiger, bahkan menjadi kompetitor produk-produk luar negeri. Dari segi desain dan pilihan warnanya, sepatu Consina tersedia dalam banyak variasi.


Fiturnya pun sudah modern, misalnya penggunaan waterproof, sol Vibram, antiselip, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut tentunya merupakan hasil analisis pasar sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan para pencinta alam bebas dari berbagai kalangan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepatu Consina

Consina memiliki berbagai macam tipe sepatu, mulai dari yang low cut, mid cut, atau hi cut. Selain tipenya, ada yang sudah dilengkapi fitur waterproof atau teknologi lainnya. Jika ini adalah pertama kali Anda membeli sepatu Consina, simak tips memilih berikut ini.

① Pilih tipe sepatu berdasarkan proteksinya

Setiap tipe sepatu Consina memiliki tingkat proteksi dan kenyamanan yang berbeda. Sesuaikan sepatu pilihan Anda dengan tingkat proteksi yang Anda butuhkan. 

Hi cut: Melindungi hingga atas mata kaki

Sepatu Consina tipe high cut, hi cut, atau hi top akan memberikan perlindungan maksimal kepada Anda. Saat Anda membawa banyak barang di tas gunung atau ingin melakukan perjalanan jauh, sebaiknya gunakan sepatu hi cut. Makin berat barang bawaan Anda, energi akan lebih mudah terkuras dan fokus lebih cepat menurun. Akibatnya, Anda lebih berpotensi salah pijak atau tergelincir.


Sepatu ini akan melindungi mata kaki Anda dari batu, kerikil tajam, atau kemungkinan terkilir. Selain itu, saat melewati genangan air atau sungai kecil, kaos kaki Anda tidak akan basah. Jenis sepatu ini sangat direkomendasikan untuk penjelajahan di gunung dengan tipe hutan basah. "Lantai hutan" hutan basah biasanya berupa semak atau perdu yang mungkin merupakan sarang binatang, seperti ular dan sebagainya. 


Namun, kekurangan sepatu jenis ini adalah membutuhkan waktu sedikit lama untuk memakai atau melepasnya. Selain itu, gerakan Anda jadi lebih terbatas.

Mid cut: Seimbang antara kenyamanan dan proteksi

Sepatu tipe mid cut juga banyak diincar oleh para pemula. Tingginya sedikit di atas mata kaki sehingga bisa dibilang tingkat proteksinya masih cukup bagus. Modelnya juga lebih stylish dan tidak sekaku tipe hi cut. Selain itu, kenyamanannya juga baik karena gerakan Anda tidak terlalu dibatasi. Jika Anda bimbang harus memilih antara kenyamanan atau keamanannya, pilih saja model mid cut.


Berada di antara hi cut dan low cut, mid cut akan sangat nyaman digunakan untuk penjelajahan yang bukan merupakan "tembus hutan". Selain ringkas dan cukup ringan, jenis sepatu mid cut tetap memberikan perlindungan pergelangan kaki.

Low cut: Gerakan lebih bebas, tetapi perlindungan mata kaki minimal

Sepatu low cut lebih banyak digunakan untuk trekking jarak pendek, trail running, atau jika Anda sudah sering mendaki gunung. Pemula tidak disarankan menggunakan sepatu low cut karena perlindungan mata kakinya kurang maksimal.


Tinggi sepatunya di bawah mata kaki sehingga tidak melindungi Anda dari goresan batang, batu, atau gangguan lainnya. Low cut lebih direkomendasikan untuk kegiatan alam bebas di tempat terbuka, seperti padang rumput atau yang menggunakan kendaraan.


Namun, tentu pergerakan Anda jadi lebih bebas saat memakai sepatu ini. Sepatu ini juga lebih cocok Anda pakai saat tidak membawa barang banyak, misalnya hanya daypack dan peralatan hiking dasar. Kelebihan lainnya adalah lebih praktis dan mudah dilepas pasang.

② Perhatikan bahan-bahan yang digunakan

Saat memilih sepatu Consina, perhatikan bagian upper, midsole, dan outsole-nya. Umumnya sepatu Consina menggunakan bahan kulit suede. Suede adalah bahan kulit bagian dalam yang karakteristiknya halus. Bahan ini membuat sepatu tidak panas saat dipakai trekking dalam waktu lama.


Di bagian midsole, pilih sepatu yang menggunakan bahan EVA. Karakteristiknya elastis, mampu menahan benturan dengan baik, dan cukup empuk di kaki. Kaki Anda jadi tidak mudah lelah. Untuk bagian outsole-nya, beberapa model sepatu Consina sudah menggunakan bahan karet Vibram.


Vibram merupakan bahan sol yang menjadi andalan produsen sepatu gunung yang sudah ada sejak 1937. Vibram berfokus pada sol sepatu untuk kegiatan-kegiatan pendakian gunung dan alam bebas.


Sol Vibram memberikan traksi yang bagus di berbagai medan, karakternya kuat, dan membuat kaki Anda tetap hangat. Akan tetapi, tetap sesuaikan dengan kaos kaki yang Anda pakai agar kaki tetap bisa bernapas.

③ Pilih sepatu yang dilengkapi bahan waterproof

Pilih sepatu yang dilengkapi bahan waterproof

Saat melakukan trekking atau pendakian gunung, jalan yang Anda lewati tidak selalu kering. Tak jarang Anda harus menyeberang sungai atau genangan air yang membuat sepatu Anda basah. Selain itu, sepatu Anda juga bisa basah karena hujan. 


Tentunya tidak mungkin Anda akan memilih berhenti dan melindungi sepatu Anda dari hujan. Tidak mungkin juga Anda menyimpan sepatu saat hujan agar tidak basah. Sebisa mungkin pilihlah sepatu Consina yang dilengkapi fitur waterproof. Mungkin harganya akan sedikit lebih tinggi, tetapi semua itu akan terbayarkan saat Anda sedang melakukan perjalanan.


Aliran air, genangan, atau tanah yang gembur bisa membuat kaki Anda basah sehingga Anda harus menggonta-ganti kaos kaki. Jika tidak diganti, kaki Anda bisa terkena trench foot atau jamur karena lembap. Dengan fitur waterproof, Anda bisa lebih hemat kaos kaki dan hiking dengan nyaman.

10 Rekomendasi sepatu Consina terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu Consina terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Consina

Explorer

Consina Explorer 1枚目

Nyaman dan melindungi dengan baik

2

Consina

Mustang

Consina Mustang 1枚目

Fitur lengkap, desain lebih fresh dan keren

3

Consina

Jomsom

Consina Jomsom 1枚目

Harga miring, sudah dapat waterproof yang berkualitas!

4

Consina

Trango

Consina Trango 1枚目

Menggunakan bahan full grain leather di bagian upper-nya!

5

Consina

Futura

Consina Futura 1枚目

Desain tangguh siap melahap berbagai medan

6

Consina

Fave Low

Consina Fave Low 1枚目

Tampilan lebih kasual sehingga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan

7

Consina

Mt Roke Women

Consina Mt Roke Women 1枚目

Nyaman untuk para pemula

8

Consina

Chameleon

Consina Chameleon 1枚目

Dilengkapi bahan water and stain repellent

9

Consina

Alpine Women

Consina Alpine Women 1枚目

Tampil lebih feminin, meskipun di tengah hutan belantara

10

Consina

Rapid

Consina Rapid 1枚目

Sepatu trekking model klasik sejuta umat

Perincian produk
Close
No.1

Nyaman dan melindungi dengan baik

Consina Explorer akan sangat membantu Anda saat melakukan penjelajahan atau perjalanan jarak jauh dalam waktu lama. Dari segi kenyamanan, bagian upper-nya terbuat dari campuran kulit dan mesh sehingga sirkulasi udaranya bagus. Ditambah lagi, ada fitur eVent yang membuat desain sepatu Anda tahan air. 


Sepatu model hi cut ini juga sangat kukuh. Bagian outsole-nya dilengkapi bahan Vibram yang kuat. Di bagian toe cap dan tumitnya juga menggunakan bahan karet yang kuat. Tipe hi cut yang satu ini sudah pasti sangat memadai untuk kegiatan tembus hutan.

No.2

Fitur lengkap, desain lebih fresh dan keren

Dari segi spesifikasi dan fitur, sepatu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Consina Jomsom. Outsole-nya menggunakan produk khas Consina, yakni sol komodo. Sol ini kuat, antiselip, dan bisa menahan benturan dengan baik. Anda bisa mengandalkannya di medan yang sulit sekalipun.


Namun, perbedaan utamanya terletak di desain upper-nya. Consina Mustang dilengkapi garis-garis tidak beraturan di sisi upper-nya. Untuk Anda yang tidak suka sepatu polos, produk ini bisa jadi alternatif yang bagus.

No.3

Harga miring, sudah dapat waterproof yang berkualitas!

Sepatu trekking yang dilengkapi bahan waterproof berkualitas biasanya harganya selangit. Namun, dengan harga di bawah satu juta, Consina Jomsom sudah memiliki fitur Uneebtex yang merupakan membran tahan air. Bahan waterproof-nya bisa tahan hingga beberapa tahun. Kaki Anda jadi tetap kering dan nyaman selama perjalanan.


Ditambah lagi, bahan upper-nya terbuat dari kulit suede dan oxford yang terkenal halus dan adem. Tipe ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang suka dengan tantangan rimba, tetapi kurang suka dengan hi cut yang lebih berat. Produk ini juga menjadi solusi untuk Anda yang mencari sepatu waterproof di bawah satu jutaan.

No.4

Menggunakan bahan full grain leather di bagian upper-nya!

Penggemar sepatu kulit asli pasti menyukai Consina Trango. Bagian upper-nya terbuat dari campuran bahan kulit nubuck yang halus dengan full grain leather. Bahan full grain leather terkenal dengan guratan-guratannya dan karakteristiknya yang kuat. Sepatu ini terkesan sangat manly dan cocok untuk petualangan jangka panjang. Ditambah lagi, sepatu ini sudah dilengkapi bahan waterproof, lho!

No.5

ConsinaFutura

Mulai dari Rp950.000,00

Desain tangguh siap melahap berbagai medan

Consina Futura memiliki desain outsole yang sangat kukuh. Dilengkapi sol berbahan Vibram dengan motif bergerigi membuatnya kuat dan antiselip. Sol yang kuat adalah jaminan sepatu ini akan tahan lama. Anda jadi tidak perlu sering-sering membeli sepatu gunung. 


Di bagian upper-nya ada gambar pohon cemara khas Consina dan jahitan untuk mempermanis tampilannya. Mengutamakan keawetan sepatu? Pilih Consina Futura!

No.6

Tampilan lebih kasual sehingga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan

Sepatu trekking Consina Fave Low terkesan lebih santai dengan potongan rendahnya. Dari segi perlindungan, sepatu ini mungkin tidak sebaik sepatu tipe mid atau hi cut. Namun, sepatu ini memungkinkan Anda bergerak lebih bebas. Sepatu sporty casual ini bisa Anda pakai untuk mini hikingcamping, hill trekkingatau kegiatan kasual lainnya. Lalu, bahan mesh di bagian upper-nya membuatnya lebih adem untuk dipakai seharian.

No.7

ConsinaMt Roke Women

Mulai dari Rp495.000,00

Nyaman untuk para pemula

Satu lagi Consina Women Series yang perlu Anda lirik, yakni Mt Roke Women. Sepatu model mid cut ini cukup digemari karena harganya yang ekonomis. Bagian upper-nya menggunakan bahan sintetis yang kuat dan suede yang nyaman di kulit. Pilihan warnanya juga bagus-bagus, yakni cokelat campur biru dan abu-abu dengan corak hitam.

No.8

Dilengkapi bahan water and stain repellent

Saat trekking, tentu Anda akan melewati medan yang tak terduga, bisa saja becek atau berlumpur. Nah, sepatu ini sudah dilengkapi water and stain repellent. Meskipun tidak sehebat waterproof, tetapi lapisan tahan airnya cukup bisa diandalkan. Lapisan tahan airnya berguna untuk kondisi cuaca hujan kabut atau hujan ringan saat berada di hutan rimba.


Jika terkena tumpahan air atau noda, sepatu Anda tidak mudah basah dan nodanya bisa dibersihkan. Sepatu ini investasi yang bagus dengan harga yang terjangkau!

No.9

Tampil lebih feminin, meskipun di tengah hutan belantara

Kualitas memang penting, tetapi gaya tidak kalah penting. Consina Alpine Women adalah salah satu produk yang banyak diburu para wanita. Desain yang colorful membuatnya trendi dan tidak membosankan untuk dilihat. Warna pink cukup banyak diburu karena memberi kesan feminin. Warna birunya pun tidak kalah pamor untuk wanita yang memang ingin tampil sedikit lebih maskulin. 


Gabungan karakter yang kuat dengan desain feminin menjadi daya tarik sendiri dari sepatu ini. Ditambah lagi, ia sudah dilengkapi bahan waterproof, lho. Para wanita jangan sampai melewatkan yang satu ini!

No.10

Sepatu trekking model klasik sejuta umat

Saat Anda mendaki gunung, jangan heran jika Anda sering melihat sepatu Consina Rapid dipakai pendaki lain. Meskipun model klasik dan sudah diluncurkan beberapa tahun lalu, popularitas sepatu ini masih sangat tinggi. Model yang simpel, bodi yang kukuh, warna yang matching, dan keawetannya menjadi daya tarik utama.


Sepatu ini memiliki perlindungan yang cukup baik, terutama di bagian ujung kaki dan tumit. Bahan solnya tebal dan elastis sehingga nyaman untuk dipakai, bahkan pemula sekalipun. Motif outsole-nya didesain khusus agar sepatu tidak mudah selip di lapangan.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Terlepas dari pilihan terhadap warna dan model, sepatu untuk aktivitas outdoor merupakan perlengkapan yang sangat penting di alam bebas. Pastikan sepatu yang Anda gunakan nyaman digunakan berjam-jam.


Perlu adanya penyesuaian nomor sepatu yang akan Anda gunakan untuk kegiatan alam bebas. Pilih nomor sepatu satu angka lebih besar dari sepatu yang Anda gunakan sehari-hari. Hal ini dilakukan untuk memperhitungkan tebal dari kaus kaki yang akan digunakan pada sepatu outdoor tersebut.

Baca juga rekomendasi perlengkapan outdoor lainnya di sini

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan produk sepatu Consina terbaik? Untuk pemula, sebaiknya pilih sepatu high cut atau mid cut yang proteksinya maksimal. Pertimbangkan juga ada tidaknya fitur-fitur yang berguna saat pendakian Anda, misalnya waterproof.


Kualitas sepatu Consina yang bagus dengan harga bersahabat menjadi daya tariknya. Nah, tak perlu produk luar negeri atau yang harganya selangit, sepatu Consina juga bisa diandalkan untuk trekking atau mendaki gunung, bukan?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer