1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Kebaya Abu-Abu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kebaya Abu-Abu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kebaya Abu-Abu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kebaya Abu-Abu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kebaya Abu-Abu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kebaya Abu-Abu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kebaya Abu-Abu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Baru-baru ini, trend kebaya warna abu-abu makin banyak dicari oleh konsumen. Mulai dari kebaya abu-abu modern, kebaya abu-abu silver, hingga kebaya abu-abu untuk pengguna hijab. Lantas, apakah Anda bingung memilih kebaya abu-abu yang bagus? Tenang saja, artikel ini hadir untuk menjawab keresahan Anda.


Di artikel ini, kami akan membahas cara memilih kebaya warna abu-abu yang cantik dikenakan untuk lamaran, tunangan, ataupun wisuda. Tak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi produk kebaya abu-abu dari berbagai macam merek. Anda dapat membelinya dengan mudah dari link e-commerce yang tersedia. Happy shopping girls!

Diperbaharui 01-30-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 21 Januari 2023.

Apa itu kebaya?

Apa itu kebaya?

Kebaya adalah busana tradisional khas Indonesia yang umumnya dipakai oleh para perempuan. Kebaya bukan sekadar pakaian biasa karena pakaian ini menyimpan makna dan memiliki nilai-nilai kehidupan. Sebagai contoh, kesederhanaan, kepatuhan, ketenangan, dan kelembutan terkandung dalam awal mula terciptanya busana ini.


Dahulu, masyarakat memakai kebaya untuk kegiatan sehari-hari atau untuk keperluan upacara adat. Namun, kini kebaya banyak dirancang sebagai baju fashion. Model, bahan, dan warnanya yang kian bervariasi membuat banyak wanita suka memakai kebaya untuk acara tertentu. Pemakaiannya yang praktis menjadikan kebaya banyak diminati oleh orang tua dan generasi muda.

Alasan kebaya abu-abu menarik untuk dipilih

Alasan kebaya abu-abu menarik untuk dipilih

Warna abu-abu yang tidak mencolok membuat warna ini cocok dikenakan oleh siapa saja dan oleh warna kulit apa pun. Pemilik warna kulit putih ataupun sawo matang bisa mengenakan kebaya berwarna abu-abu dan tetap terlihat menarik. Pasalnya, warna abu-abu merupakan warna yang netral dan kalem. Anda bisa memadukannya dengan hijab dan bawahan berwarna tanpa harus takut terlihat tidak match.

Cara memilih kebaya abu-abu

Apa saja poin penting yang perlu diperhatikan saat hendak membeli kebaya abu-abu? Anda perlu memperhatikan bahan kain, kenyamanan saat dipakai, motif, serta warnanya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

① Pilih berdasarkan bahan kain

Memilih bahan kain kebaya abu-abu yang tepat akan membuat Anda nyaman ketika memakainya. Akan tetapi, tak jarang banyak orang salah memilih kebaya karena kurang memahami bahannya. Maka dari itu, kami akan membahas bahan kebaya secara detail untuk Anda.

Katun: Bahan lembut dan menyerap keringat

Katun: Bahan lembut dan menyerap keringat

Katun merupakan salah satu jenis kain yang sudah dijadikan bahan kebaya sejak dahulu. Kain ini memiliki karakteristik lembut dan tidak membuat gerah. Mudah dijahit dan dibordir merupakan kelebihan lain dari kain ini.


Berhubung bahan kain ini menyerap keringat, cukup banyak kebaya encim yang menggunakan bahan ini. Kekurangan bahan ini adalah mudah kusut sehingga Anda mungkin harus menyetrikanya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Brokat: Kaya akan dekorasi

Brokat: Kaya akan dekorasi

Menurut pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), brokat adalah kain sutra yang bersulam benang emas atau perak. Namun, brokat yang dikenal masyarakat Indonesia sendiri sebetulnya merupakan kain lace. Di artikel ini, kami akan lebih fokus membahas mengenai jenis brokat lace. Ciri khas dari kain ini adalah memiliki hiasan dan pola ukiran cantik serta umumnya menerawang.


Hal itulah yang membuat kebaya berbahan brokat sangat cocok untuk dijadikan pakaian malam yang mewah. Tekstur bahannya yang berbentuk ukiran menjadikan kebaya dengan kain ini tidak perlu disetrika. Kebaya berbahan brokat juga lebih aman jika dicuci dengan sistem dry cleaning

Organdi: Memiliki tekstur yang lembut dan berkilau

Organdi: Memiliki tekstur yang lembut dan berkilau

Jika kebaya yang terbuat dari bahan katun memberikan kesan sederhana, lain halnya dengan kain organdi. Di pasaran, bahan kain ini juga dikenal dengan nama organza.


Tidak hanya lembut, tekstur berkilau membuatnya mampu memberikan kesan glamor dan elegan. Karakteristik tersebut membuatnya pantas dijadikan kebaya pesta atau kebaya pengantin. Sayangnya, kain organdi tidak menyerap keringat. Jadi, Anda yang mudah berkeringat sebaiknya jangan memilih kain ini, ya.

Tule: Ringan dan tahan lama

Tule: Ringan dan tahan lama

Kain tule adalah kain yang transparan dan ringan. Bahan ini biasa dipakai untuk gorden atau kelambu. Selain itu, kain tule juga tidak mudah sobek sehingga banyak kebaya kekinian yang dikombinasikan dengan bahan ini. Terlebih lagi, aksen payet dan bordir juga mudah dijahit di atas kain ini. 

Satin: Permukaannya mengilap dan licin

Satin: Permukaannya mengilap dan licin

Kain satin ditenun dengan cara tertentu yang menghasilkan dua sisi berbeda. Bagian luar kain satin terlihat berkilau, sedangkan bagian dalamnya tidak. Kain satin juga memiliki karakter yang halus, lembut, dan jatuhnya indah.

② Periksa model dan aksennya

Selanjutnya, pilihlah model kebaya yang pas dan sesuai dengan postur tubuh Anda. Hal ini juga akan memengaruhi nyaman atau tidaknya kebaya yang Anda kenakan.

Model peplum: Cocok untuk Anda yang berhijab atau memiliki badan berisi

Model peplum: Cocok untuk Anda yang berhijab atau memiliki badan berisi

Melebar pada bagian bawah, umumnya kebaya tipe ini tidak menempel ketat di badan. Dengan demikian, kebaya model peplum ini cocok untuk Anda yang sehari-hari menggunakan hijab. Tidak hanya itu, pemilik badan padat berisi pun tepat membeli kebaya tipe ini.

Model asimetris: Memperlihatkan detail lekukan tubuh untuk memberikan kesan seksi

Model asimetris: Memperlihatkan detail lekukan tubuh untuk memberikan kesan seksi

Kebalikan dari model peplum, kebaya asimetris menempel pada tubuh sehingga memberikan kesan seksi. Jika Anda suka menonjolkan bentuk tubuh Anda, pilihlah kebaya tipe ini. Terlebih lagi, desainnya yang asimetris juga menghadirkan keunikan tersendiri.

Aksen ikat pinggang, bordir, dan ekor: Untuk menambah kesan manis

Aksen ikat pinggang, bordir, dan ekor: Untuk menambah kesan manis

Kebaya modern saat ini banyak yang memberikan aksen pada kebaya. Sebagai contoh, Anda akan menemukan kebaya yang dihiasi ikat pinggang kain (obi), bordir, atau ekor yang menjuntai pada bagian belakang. Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan aksen hiasan ini agar penampilan Anda makin memesona.

③ Sesuaikan kombinasi warnanya dengan acara yang dihadiri

Sesuaikan kombinasi warnanya dengan acara yang dihadiri

Untuk menghindari salah kostum, sesuaikanlah warna kebaya abu-abu yang Anda pakai dengan acara yang akan dihadiri. Berikut sekilas penjelasan kami mengenai warna abu-abu.


  • Abu-abu silver dan abu-abu muda: Warna soft memberi kesan teduh dan elegan. Jika Anda mencari kebaya abu-abu untuk menghadiri acara semiformal dan nonformal, kebaya jenis ini layak dipilih. Selain itu, kebaya jenis ini juga dapat menimbulkan kesan feminin sekaligus keibuan.

  • Abu-abu tua: Warna gelap memberi kesan berkelas. Warna abu-abu tua memberikan kesan glamor sehingga cocok untuk dipakai menghadiri acara formal atau pesta. Selain itu, kebaya warna abu-abu tua juga memberi kesan tegas pada pemakainya.

10 Rekomendasi kebaya abu-abu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kebaya abu-abu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Set Safitri Kebaya

 Set Safitri Kebaya 1枚目

Tetap fashionable saat berbusana tertutup, dipakai saat wisuda pun oke!

2

Set Kinanti Kebaya Batik

 Set Kinanti Kebaya Batik 1枚目

Aksen ruffles dan ikat pinggang berikan kesan manis dan feminin

3

Setelan Kebaya Brokat Aurora

 Setelan Kebaya Brokat Aurora 1枚目

Model kebaya hijabnya menonjolkan sisi kalem Anda

4

Kebaya Bali Brokat Sofia Lengan 3/4

null Kebaya Bali Brokat Sofia Lengan 3/4 1枚目

Kebaya feminin yang harganya ekonomis

5

Kebaya Aurora Selendang Diana 2 Silver

null Kebaya Aurora Selendang Diana 2 Silver 1枚目

Berkelas dengan adanya aksen selendang

6

Kebaya Muslim Katun Abu Hitam Tangan Lonceng

 Kebaya Muslim Katun Abu Hitam Tangan Lonceng 1枚目

Tampilan kebaya klasik cendera mata khas Indonesia

7

Set Kebaya Aisyah Brokat

 Set Kebaya Aisyah Brokat 1枚目

Aksen jahitan miring jadikan kebaya ini tampak modern

8

Kebaya Tule Modern Busui

null Kebaya Tule Modern Busui 1枚目

Kemeja longgar dengan bukaan depan untuk busui

9

Batik Couple Kebaya Amalia Putih Abu

 Batik Couple Kebaya Amalia Putih Abu 1枚目

Kebaya abu-abu silver yang pas untuk acara tunangan ataupun lamaran

10

Tsabita

Setelan Kebaya Brokat Pendek Leher Shanghai

Tsabita Setelan Kebaya Brokat Pendek Leher Shanghai 1枚目

Perpaduan budaya Indonesia dan Tiongkok lahirkan kebaya cantik

Perincian produk
Close
No.1

Tetap fashionable saat berbusana tertutup, dipakai saat wisuda pun oke!

Kelebihan:

  • Tersedia dalam ukuran jumbo

Kekurangan:

  • Belum satu set dengan pashmina

Kebaya abu-abu hijab ini sendiri berbahan brokat full furing dan masih cukup panjang. Jadi, Anda dapat menutup aurat Anda, tetapi tetap tampil fashionable. Bagi Anda yang ingin tampil stylish dalam balutan busana tertutup, produk ini adalah pilihan yang pas. Di samping itu, desainnya yang minimalis membuat produk ini juga cocok dikenakan saat wisuda. Sopan dan cantik!

No.2

Set Kinanti Kebaya Batik

Mulai dari Rp90.000,00

Aksen ruffles dan ikat pinggang berikan kesan manis dan feminin

Kelebihan:

  • Full furing, terkesan elegan

Kekurangan:

  • Bahan karet pada pinggang bisa melar seiring dengan penggunaan

Untuk Anda yang ingin tampil feminin, Anda bisa mempertimbangkan kebaya satu ini. Tampilannya sangat manis berkat adanya aksen ruffles dan ikat pinggangnya. Anda bisa mengikat dan membuat pita untuk menambah kesan girly. Tidak hanya itu, kebaya ini bisa dimiliki dengan harga yang sangat terjangkau, lho. Meski demikian, tampilannya dijamin tidak murahan!

No.3

Setelan Kebaya Brokat Aurora

Mulai dari Rp200.000,00

Model kebaya hijabnya menonjolkan sisi kalem Anda

Kelebihan:

  • Roknya halus di kulit

Kekurangan:

  • Tinggi rok 100 cm, perlu digunting sebelum digunakan apabila hendak digunakan wanita bertubuh pendek

Butuh kebaya untuk halalbihalal pada saat lebaran? Jatuhkan pilihan Anda pada kebaya hijab ini. Kombinasi kebaya berbahan brokat dan rok katun memberikan kesan kalem ketika dipakai. Bahannya yang tidak tembus pandang juga membuat Anda tampak kian santun. Ditambah dengan aksen obi pada bagian perut, Anda pun akan terlihat lebih slim.

No.4

Kebaya Bali Brokat Sofia Lengan 3/4

Mulai dari Rp55.000,00

Kebaya feminin yang harganya ekonomis

Kelebihan:

  • Harganya sangat ramah kantong

Kekurangan:

  • Desain ketat menjadikannya kurang pas dipadukan dengan hijab

Untuk mempertegas kesan feminin, Anda sebaiknya membeli produk ini. Kombinasi lengan 3/4 berpadu dengan desain tanpa kancing dan press body akan membuat Anda terlihat kian menawan dan girly.


Harganya pun ekonomis, tidak akan mengganggu pengeluaran bulanan Anda. Bagi Anda yang membutuhkan kebaya abu-abu untuk dresscode di hari Kartini, tak ada salahnya juga memakai busana ini. 

No.5

Kebaya Aurora Selendang Diana 2 Silver

Mulai dari Rp175.000,00

Berkelas dengan adanya aksen selendang

Kelebihan:

  • Roknya berbahan sutra lembut

Kekurangan:

  • Kain tule rentan tersangkut benda kecil

Kombinasi bahan tule plus warna silver menjadikan kebaya ini mengilap. Tidak hanya itu, adanya hiasan tambahan berupa selendang juga akan membuat tampilan Anda lebih elegan. Anda pun akan terlihat lebih stand out dan berkelas saat mengenakannya. Untuk Anda yang menyukai citra sebagai wanita high-class, produk ini adalah partner tepat.

No.6

Kebaya Muslim Katun Abu Hitam Tangan Lonceng

Mulai dari Rp120.000,00

Tampilan kebaya klasik cendera mata khas Indonesia

Kelebihan:

  • Dihiasi bordir di area dada, tangan, dan kerah

Kekurangan:

  • Anda perlu membeli bawahan secara terpisah

Teman foreigner Anda akan pulang ke negaranya untuk selamanya? Produk ini tepat Anda hadiahkan sebagai kenang-kenangan dari Indonesia. Dihiasi bordiran di segala sisi, kebaya ini tampak begitu atraktif. Tidak hanya itu, nuansa khas Indonesia juga terpancar begitu kuat berkat desainnya yang klasik.


Hebatnya lagi, produk ini juga menyediakan beragam pilihan ukuran, bahkan hingga 5L! Anda pun tidak akan kesulitan menemukan ukuran kebaya yang paling pas. Lalu, model lonceng pada bagian lengannya juga membuat orang yang memakainya lebih bebas bergerak.

No.7

Set Kebaya Aisyah Brokat

Mulai dari Rp160.000,00

Aksen jahitan miring jadikan kebaya ini tampak modern

Kelebihan:

  • Sudah satu set dengan rok

Kekurangan:

  • Tidak tersedia dalam ukuran S

Berbeda dengan kebaya kebanyakan, kebaya satu ini memiliki desain yang tidak biasa. Jahitannya sengaja dibuat miring agar terlihat unik dan modern. Untuk Anda yang ingin mengenakan kebaya tanpa terlihat kuno, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Jika dipadukan dengan sepatu berwarna silver atau putih, pasti makin keren!

No.8

Kebaya Tule Modern Busui

Mulai dari Rp175.000,00

Kemeja longgar dengan bukaan depan untuk busui

Kelebihan:

  • Berdesain longgar, makin nyaman untuk busui

Kekurangan:

  • Rok idealnya digunakan oleh wanita yang beratnya tidak lebih dari 90 kg

Tangan kemeja ini panjang dan longgar sehingga tidak terasa gerah saat digunakan. Adanya bukaan depan pun membuatnya kian mudah dibuka tutup. Selain itu, kebaya ini juga memiliki aksen bunga-bunga yang menjadikannya terkesan makin menawan saat Anda gunakan. Untuk digunakan oleh para busui, produk ini wajib diperhitungkan.

No.9

Batik Couple Kebaya Amalia Putih Abu

Mulai dari Rp199.000,00

Kebaya abu-abu silver yang pas untuk acara tunangan ataupun lamaran

Kelebihan:

  • Bisa digunakan couple dengan kemeja batik pria motif sejenis

Kekurangan:

  • Payet rentan copot ketika bergesekan dengan benda lain

Menghadirkan kebaya berbahan tule dengan aplikasi payet, produk ini akan membuat Anda kian cantik. Hadir dalam tiga pilihan ukuran, Anda pun makin mudah memilih kebaya sesuai ukuran tubuh.


Ketika membeli produk ini, Anda akan mendapatkan satu set kebaya abu-abu silver beserta kemeja batik untuk laki-laki. Kemeja batiknya bercorak senada dengan rok kebaya Anda, lho. Untuk tampil selaras dengan pasangan ketika acara tunangan atau lamaran, pilih saja produk ini!

No.10

TsabitaSetelan Kebaya Brokat Pendek Leher Shanghai

Mulai dari Rp190.000,00

Perpaduan budaya Indonesia dan Tiongkok lahirkan kebaya cantik

Kelebihan:

  • Makin cantik berkat leher shanghai dan lengan pendek

Kekurangan:

  • Tidak tersedia dalam ukuran S

Bagaimana jadinya jika budaya Indonesia berpadu dengan budaya Tiongkok? Tentu saja tercipta busana yang tampak menarik seperti kebaya satu ini! Atasan ini memiliki aksen kerah shanghai yang menarik, tetapi dalam balutan kebaya Indonesia yang manis.


Di samping itu, kebaya ini memiliki lengan pendek sehingga akan tampak makin unik. Sebaiknya produk ini tidak Anda lewatkan jika Anda ingin memiliki kebaya manis hasil perpaduan dua negara tersebut.

Tips memadukan dan merawat kebaya

Agar tampak makin memesona, Anda tentu perlu menggunakan busana dengan warna atau model yang cocok satu sama lain. Nah, berikut akan kami bahas hal-hal penting dalam memadukan dan merawat kebaya.

Tips padu padan kebaya abu-abu

Tips padu padan kebaya abu-abu

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, warna abu-abu termasuk warna yang netral. Anda bisa memadukannya dengan hijab ataupun bawahan berwarna lain. Sebagai panduan, berikut warna yang tidak akan salah ketika digabungkan dengan kebaya abu-abu.


  • Untuk hijab: Warna putih dan hitam akan selalu pas ketika digabungkan dengan kebaya abu-abu. Namun, jika Anda ingin lebih menampilkan warna dalam berbusana, Anda bisa mempertimbangkan hijab berwarna cokelat, cream, atau merah muda.

  • Untuk rok: Rok batik berwarna monokrom akan sangat cocok dipadukan dengan kebaya abu-abu. Apabila ingin tampak elegan sekaligus menguatkan kesan tradisional modern, cobalah menggunakan rok batik berwarna cokelat. Agar penampilan makin sempurna, pasangkan dengan sepatu heels berwarna silver.

Cara merawat kebaya

Cara merawat kebaya

Tidak seperti pakaian biasa, kebaya merupakan busana yang istimewa. Oleh sebab itu, cara merawatnya tidak bisa sembarangan. Jika, salah mencuci atau menyimpannya, kebaya bisa rusak dan menjadi tidak indah lagi saat dipakai. Berikut tips merawat kebaya yang benar.


  • Jangan terlalu sering dicuci

Sebaiknya Anda tidak mencuci kebaya setiap kali selesai dipakai. Anda cukup menjemurnya di tempat yang sejuk atau ruangan ber-AC.


  • Cucilah kebaya dengan teknik yang benar

Jika Anda ingin mencuci kebaya, gunakanlah cara manual dan pakailah detergen pewangi yang tidak mengandung pemutih. Supaya hiasan pada kebaya tidak lepas, jangan disikat atau dikucek. Anda cukup meremas dengan lembut.


  • Lapisi dengan kain sebelum menyetrika

Lapisilah kebaya dengan bahan kain di atasnya sebelum disetrika. Tujuannya untuk menjaga agar kain kebaya tidak rusak terkena panas setrika secara langsung. Namun, untuk kebaya berbahan tule jangan sampai digosok. Hal tersebut dapat menyebabkan bahan tule pada kebaya menjadi lemas dan rusak.


  • Simpanlah dalam kotak atau gantung di lemari

Setelah dicuci dan disetrika, simpanlah kebaya dengan baik dan benar. Anda dapat menyimpan kebaya yang memiliki aksen payet dan brokat dalam kotak mika atau kardus. Sementara itu, untuk kebaya berbahan satin dan sutra Anda dapat menggantungnya di hanger padding.


  • Hindari penggunaan kapur barus, gantilah dengan silica gel

Penggunaan kapur barus dapat merusak bahan kebaya. Jadi, untuk menjaga agar kebaya Anda tetap awet, gunakanlah silica gel ketika menyimpannya. Silica gel juga dapat menyerap kelembapan sehingga kebaya Anda bisa terbebas dari jamur.


  • Agar tidak merusak tekstur warna, jangan menyemprot parfum langsung ke kebaya

Warna kebaya dapat luntur jika terlalu sering terkena parfum. Jadi, untuk Anda yang suka memakai parfum, semprotkan saja pada permukaan kulit, ya.

Baca juga rekomendasi kebaya warna lainnya di sini

Anda ingin mencari kebaya dengan warna atau model lainnya? Kami memiliki artikel yang membahas kebaya, seperti kebaya pink, kebaya putih, dan kebaya muslim. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasinya secara lengkap.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan kebaya abu-abu yang sesuai selera? Jangan lupa untuk memperhatikan poin cara memilih yang sudah kami jelaskan di atas sebelum Anda menentukan pilihan.


Beragamnya model kebaya abu-abu tentunya akan memberikan kesan yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda pun bisa terus tampil stylish. Sekian artikel kebaya abu-abu untuk wanita kali ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda memilih baju kebaya abu-abu yang tepat.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer