mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Hyaluronic acid atau sering disebut HA adalah senyawa yang berperan menjaga kelembapan kulit. Belakangan ini hyaluronic acid sedang hype di dunia skincare lokal. Namun, apa manfaat hyaluronic acid sebenarnya? Lalu, seberapa penting manfaat serum hyaluronic acid?


Untuk menjawab pertanyaan di atas, kami telah menyiapkan cara memilih serum hyaluronic acid dibantu oleh Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi. Kandungan tambahan pada serum hyaluronic acid yang baik untuk kulit kering atau berminyak juga kami bahas di sini. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya, seperti The Originote, Implora, SOMETHINC, dan sebagainya.

Diperbaharui 22/03/2024
dr. Dian Pratiwi
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Lanjut membaca
Noni Rosliyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Noni Rosliyani

Noni Rosliyani, akrab disapa Noni, adalah lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sudah aktif menulis sejak masa sekolah. Pengalamannya menjadi editor profesional untuk buku anak dan parenting selama 14 tahun membuatnya tertarik menjadi pegiat Read Aloud Trainer. Sesekali, ia membagikan pengalaman dunia family dan parenting-nya di blog pribadinya. Di waktu senggangnya, Noni menikmati aktivitas bersama keluarganya, seperti memasak, menonton film, atau traveling. Ia percaya bahwa kesehatan jiwa dan raga keluarga serta dirinya adalah yang utama. Jadi, supaya hidupnya lebih bersemangat, Noni pun gemar mencari tahu buku best seller, fashion terkini, skincare terbaru, atau snack terpopuler yang harus dicobanya.

Profil Noni Rosliyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa fungsi hyaluronic acid?

Apa fungsi hyaluronic acid?

Hyaluronic acid adalah bahan pelembap jenis humektan yang memiliki kemampuan melembapkan kulit. Hyaluronic acid memiliki sifat yang mild sehingga bisa dipakai setiap hari oleh semua jenis kulit. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir memasukkan serum hyaluronic acid ke dalam daily skincare routine


  • Fungsi utama dari serum hyaluronic acid adalah melembapkan kulit wajah. 

  • Serumhyaluronic acidjuga bisa digunakan untuk menguatkanskin barrier. Bahkan, kulit yang mengalami penipisan (atrofi) dapat dirawat menggunakan serum ini agar kembali seperti semula.


  • Serum hyaluronic acid dapat membuat kulit lebih kenyal dan menyamarkan garis halus atau kerutan. 

Segudang manfaat tersebut membuat banyak merek skincare lokal memproduksi serum yang mengandung hyaluronic acidTambahan lagi, serum hyaluronic acid aman dikombinasikan dengan skincare berbahan aktif lain, misalnya niacinamide atau vitamin C.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Bahan pelembap terbagi menjadi tiga jenis, yaitu humektan, emolien, dan oklusif. Hyaluronic acid merupakan pelembap jenis humektan yang menarik air dari lingkungan sekitarnya. Bahan ini efektif untuk melembapkan kulit. Serum hyaluronic acid bersifat mild sehingga dapat digunakan setiap hari, baik pagi maupun malam hari.

Cara memilih serum hyaluronic acid lokal

Anda sudah tahu manfaat menggunakan hyaluronic acid, bukan? Serum untuk kulit kering dan berminyak tentu akan berbeda kandungannya. Sebelum menentukan produk yang tepat, di bawah ini kami sudah menyiapkan cara memilih serum hyaluronic acid lokal terbaik untuk Anda. 

1

Kenali konsentrasi hyaluronic acid pada serum; sebaiknya kadarnya tidak kurang atau lebih dari 2%

Kenali konsentrasi hyaluronic acid pada serum; sebaiknya kadarnya tidak kurang atau lebih dari 2%

Konsentrasi hyaluronic acid menentukan seberapa efektif serum tersebut dapat melembapkan kulit. Berikut ini kami berikan penjelasan lengkapnya.


  • Kadarnya tidak lebih dari 2% agar tak mengiritasi

Supaya serumnya dapat melembapkan kulit dengan baik, carilah produk dengan konsentrasi hyaluronic acid sekitar 2%. Apabila konsentrasinya jauh lebih dari itu, terdapat resiko kulit justru menjadi kering dan iritasi. Hal ini karena hyaluronic acid memiliki sifat menarik molekul air. 


  • Kadarnya juga tidak dianjurkan kurang dari 2% karena kurang efektif

Sebaliknya, apabila konsentrasinya terlalu rendah, serum menjadi kurang efektif untuk melembapkan kulit. 


  • Berat molekul

Makin rendah berat molekul hyaluronic acid, makin kecil juga ukurannya. Molekul hyaluronic yang berukuran kecil akan lebih mudah masuk ke dalam kulit sehingga dapat melembapkan dari dalam. Sementara itu, hyaluronic dengan molekul berukuran besar dapat memberikan efek instan, misalnya melembapkan kulit dan menyamarkan kerutan secara cepat.

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Sayangnya, kebanyakan produk serum hyaluronic acid jarang menyebutkan persentase konsentrasi hyaluronic acid yang ada di dalamnya. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa posisi hyaluronic acid pada daftar ingredients. Makin atas posisinya, makin besar juga persentase hyaluronic acid dibandingkan bahan lainnya. Hal tersebut juga berlaku untuk kebalikannya.


Kebanyakan produsen serum juga jarang menyebutkan berat molekul atau ukuran dari hyaluronic acid yang mereka gunakan. Namun, Anda bisa melihat dari klaim fungsinya. Sebagai contoh, serum dengan klaim "dapat mengurangi kerutan secara instan" biasanya memiliki molekul yang besar.

2

Untuk pemilik kulit kering, utamakan serum yang dilengkapi bahan pelembap lain, seperti glycerin, ceramide, dan minyak tumbuhan

Untuk pemilik kulit kering, utamakan serum yang dilengkapi bahan pelembap lain, seperti glycerin, ceramide, dan minyak tumbuhan

Kulit kering memiliki ciri kulit yang tidak tampak berkilau dan make-up sulit menempel. Bahkan, bila keringnya terlalu ekstrem, kulit akan kering atau bersisik ketika pagi. Kulit juga terasa seperti ditarik, terutama setelah mencuci muka. Karena itu, untuk pemilik kulit kering direkomendasikan serum oil-based yang teksturnya thick atau kental. Jadi, serum bisa bertahan lebih lama di kulit Anda.

Di samping hyaluronic acid, perhatikan juga kandungan bahan pelembap lainnya. Beberapa serum hyaluronic acid lokal umumnya mengandung pelembap, seperti glycerin, ceramide, allantoin, dan minyak tumbuhan (plant-based oil)

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Kulit kering rentan iritasi atau sensitif sehingga bahan iritan, seperti pewangi, perlu dihindari. Selain itu, hindari juga serum atau produk perawatan kulit lainnya yang memiliki efek mattifying karena akan membuat kulit makin mengering.

3

Apabila kulit Anda mudah berminyak dan berjerawat, prioritaskan serum yang mengandung niacinamide, salicylic acid, atau glycolic acid

Apabila kulit Anda mudah berminyak dan berjerawat, prioritaskan serum yang mengandung niacinamide, salicylic acid, atau glycolic acid
Apabila kulit terasa berminyak saat bangun tidur atau tidak lama setelah mencuci muka, bisa jadi Anda memiliki jenis kulit berminyak. Selain itu, ciri lain dari kulit berminyak adalah pori-pori yang tampak besar. Kulit menjadi berminyak akibat produksi sebum yang berlebihan. Sebum tersebut juga dapat menyumbat pori-pori sehingga berpotensi menyebabkan jerawat, lho.

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah serum water-based yang ringan dan tidak lengket di kulit. Selain itu, cari juga serum lokal dengan bahan tambahan, seperti niacinamide, salicylic acid, AHA, atau BHA. Berikut adalah manfaat dari bahan-bahan tersebut.

  • Niacinamide
Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih, meratakan warna kulit, dan mengurangi tampilan pori-pori besar. Niacinamide juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang dapat membantu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit. Selain itu, zat ini dapat meningkatkan kelembapan kulit dan memperbaiki kehalusan tekstur kulit. 

  • AHA (alpha hydroxy acid)
AHA dapat membantu mengeksfoliasi permukaan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati, bahkan menyamarkan bekas jerawat. Bahan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus, serta meningkatkan tekstur kulit. 

  • BHA (beta hydroxy acid)
BHA merupakan jenis asam yang larut dalam minyak. BHA dapat meresap ke dalam pori-pori dan membantu membersihkan kotoran dan sel kulit mati dari dalam. Kandungan BHA efektif dalam mengobati jerawat, komedo, dan kulit berminyak. BHA juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan kemerahan dan iritasi kulit. 

Contoh BHA yang banyak digunakan pada serum hyaluronic acid adalah asam salisilat atau salicylic acid. 

dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, hindari pelembap yang bersifat oklusif (menutupi permukaan kulit) sepertiplant-based oil. Jenis pelembap ini bekerja dengan cara mengunci kelembapan yang sudah ada di dalam lapisan kulit. Jika memakai pelembap oklusif, sebum di kelenjar kulit akan tertutup. Hal ini nantinya justru akan membuat kulit lebih mudah berjerawat dan berkomedo.

4

Perhatikan kandungan bahan dan efek lainnya, seperti vitamin C apabila Anda ingin sekaligus mencerahkan kulit kusam

Perhatikan kandungan bahan dan efek lainnya, seperti vitamin C apabila Anda ingin sekaligus mencerahkan kulit kusam
Kulit yang kering atau berminyak biasanya juga terlihat kusam dan kurang segar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami merekomendasikan serum hyaluronic acid dengan tambahan vitamin C. Kombinasi hyaluronic acid dan vitamin C dapat membuat wajah terlihat lebih cerah, kenyal, serta sehat dari luar dan dalam.

Di sisi lain, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Bahan ini juga dapat merangsang produksi kolagen untuk mengurangi garis halus dan kerutan, serta meningkatkan elastisitas kulit. 
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

Opsi lainnya, Anda bisa memilih serum yang mengandung licorice, alpha arbutin, atau traxenamic acid. Tak hanya mencerahkan kulit yang kusam, kandungan tersebut juga dapat meratakan warna kulit dan memudarkan bekas jerawat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 22 Maret 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Tekstur serum
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

The Originote

Hyalu-C Serum

The Originote  Hyalu-C Serum 1

Rp64.000

Menengah

Kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit wajah

NA18222000545

20 ml

Water-based

Hyaluronic acid, vitamin C, Centella asiatica, niacinamide

Botol pump

Semua jenis kulit, terutama kulit kusam dan hiperpigmentasi

Mencerahkan kulit, sebagai antioksidan, merawat keremajaan kulit

Niacinamide, vitamin C

Glycerin, butylene glycol, allantoin, hyaluronic acid

Niacinamide, allantoin, Centella asiatica extract

Niacinamide, daisy extract, Centella asiatica extract

Pagi, malam

2

Implora

Hydrating Serum

Implora  Hydrating Serum 1

Rp35.000

Agak Murah

Memberikan ekstra kelembapan dengan harga yang ramah di kantong

NA18212000524

20 ml

Water-based

Hyaluronic acid, Aloe vera, Chenopodium quinoa seed extract, niacinamide

Botol pipet

Semua jenis kulit

Membantu proses regenerasi kulit, miningkatkan fungsi skin barrier, mencegah tanda-tanda penuaan

Niacinamide

Butylene glycol, propylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate

Niacinamide, Aloe vera extract

Chenopodium quinoa seed extract

Pagi, malam

3

SOMETHINC

HYALuronic9+ Advanced + B5 Serum

SOMETHINC HYALuronic9+ Advanced + B5 Serum 1

Rp131.000

Lebih Mahal

Dengan beragam ukuran hyaluronic acid, andalan untuk mengatasi kulit dehidrasi

NA18210102692

20 ml, 40 ml

Water-based

Hyaluronic acid, B5 (panthenol), Belgium onsen sui water, Chlorella vulgaris extract

Botol pump

Semua jenis kulit

Melembapkan kulit, menjaga elastisitas kulit, meredakan kemerahan, menghaluskan tekstur kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini

Tidak diketahui

65% Onsen Belgium Hot Spring Water, butylene glycol, panthenol, hyaluronic acid

Panthenol

Tocopherol

Pagi, malam

4

Deka

White Story Brightening Serum

Deka White Story Brightening Serum 1

Rp52.700

Agak Murah

Mengandung 10% niacinamide dan licorice untuk mencerahkan wajah

NA18201901749

20 ml

Water-based

Niacinamide, licorice, sodium hyaluronate

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, melembabkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi/kemerahan, membantu memperkuat skin barrier

Niacinamide, licorice extract

Propylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate

Niacinamide, allantoin

Licorice extract

Pagi, malam

5

Scarlett

Scarlett Whitening Hyalu B5 + Reishi Mushroom & Bifida Serum

Scarlett Scarlett Whitening Hyalu B5 + Reishi Mushroom & Bifida Serum 1

Rp75.000

Menengah

Efektif bantu atasi tanda-tanda penuaan dini yang muncul pada wajah

NA18210111285

15 ml

Water-based

Hyaluronic acid, black ginseng water, reishi mushroom, licorice extract

Botol pipet

Semua jenis kulit

Melembapkan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, membantu menyamarkan noda gelap

Licorice extract

Glycerin, allantoin, panthenol, sodium hyaluronate

Allantoin, panthenol

Black ginseng water

Pagi, malam

6

Eka Jaya Internasional

Hanasui Power Barrier Serum

Eka Jaya Internasional Hanasui Power Barrier Serum 1

Rp30.800

Lebih Murah

Menghidrasi kulit kering hingga 72 jam!

NA18220104002

20 ml

Water-based

Hyaluronic acid, ceramide, pentavitin, Centella asiatica, niacinamide

Botol pipet

Semua jenis kulit, terutama kering

Melembapkan dan menghidrasi kulit, memperbaiki dan memperkuat skin barrier

Niacinamide

Glycerin, pentylene glycol, hyaluronic acid, ceramide NP

Niacinamide, Centella asiatica extract, allantoin

Vitamin E, Centella asiatica extract

Pagi, malam

7

EIEM BEAUTY

Hydration Booster Serum

EIEM BEAUTY Hydration Booster Serum 1

Rp75.000

Menengah

Serum fungal acne safe diperkaya hydrolyzed collagen, berikan nutrisi ekstra pada kulit

NA18210109598

20 ml

Water-based

Hyaluronic acid, niacinamide 4%, lactobacillius ferment, hydrolzyed collagen, acetyl glucosamine, allantoin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menghidrasi kulit, menjaga kesehatan skin barrier, mengurangi kemerahan dan iritasi, mencerahkan kulit

Niacinamide

Sodium hyaluronate, honey, panthenol, allantoin

Niacinamide, allantoin

Honey

Pagi, malam

8

ElsheSkin

Hydracare Calming Serum

ElsheSkin  Hydracare Calming Serum 1

Rp109.000

Agak Mahal

Hadir dengan formula baru, perbaiki skin barrier dalam dua jam!

NA18210104820

15 ml, 30 ml

Water-based

Hyaluronic acid, 7 moisturizing agents, royal jelly protein, black pearl, galactomyces, niacinamide, alpha-arbutin

Botol pipet

Kering, iritasi, sensitif

Memperbaiki skin barrier, menenangkan kulit sensitif, melembapkan kulit dan mengurangi dry patch

Niacinamide, alpha-arbutin, licorice extract

Pentylene glycol, glycerin, ceramide NP, panthenol, hyaluronic acid

Niacinamide, bisabolol, allantoin, asiatic acid

Niacinamide, alpha-arbutin, licorice extract

Pagi, malam

9

Whitelab

Hydrating Serum

Whitelab Hydrating Serum 1

Rp84.300

Menengah

Kulit lembap lebih cepat dalam 15 menit

NA18220109812

20 ml

Water-based

Hyaluronic acid, panthenol, probiotic

Botol pipet

Semua jenis kulit

Merawat dan meningkatkan fungsi skin barrier kulit, menghidrasi kulit, menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit

Tidak ada

Glycerin, galactomyces ferment filtrate, panthenol, hyaluronic acid

Panthenol, allantoin

Soluble collagen

Pagi, malam

10

True to Skin

Multi Hyaluronic Hydrating Serum

True to Skin Multi Hyaluronic Hydrating Serum 1

Rp105.000

Agak Mahal

Lebih kaya dengan 11 macam hyaluronic acid, kulit terhidrasi lebih menyeluruh

NA18220107065

20 ml

Water-based

Hyaluronic acid, Panthenol, onsen water, prickly pear extract

Botol pipet

Semua jenis kulit, terutama kering

Melembapkan kulit, memperbaiki skin-barrier, meredakan kulit kemerahan

Tidak ada

Pentylene gycol, butylene gycol, panthenol, hyaluronic acid

Panthenol, allantoin

Hyaluronic acid

Pagi, malam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

The Originote Hyalu-C Serum

Hyalu-C Serum 1
Sumber: theoriginote.id
Harga referensi
Rp64.000
Menengah
Harga referensi
Rp64.000
Menengah

Kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga keremajaan kulit wajah

Dengan kandungan lima jenis hyaluronic acid, serum ini efektif untuk melembapkan kulit dan menyamarkan garis-garis halus. Tambahan kandungan tiga macam vitamin C pun membuatnya makin cocok bagi Anda yang mencari serum antiaging dengan fungsi mencerahkan. 


Masalah kulit kusam dan flek hitam bisa pula Anda coba atasi dengan serum hyaluronic acid lokal satu ini. Selain mencerahkan, kandungan antioksidan pada produk ini juga mampu menjaga keremajaan kulit dan membantu mempercepat produksi kolagen.

BPOM
Nomor BPOMNA18222000545
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, vitamin C, Centella asiatica, niacinamide
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kulit kusam dan hiperpigmentasi
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, sebagai antioksidan, merawat keremajaan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, vitamin C
Kandungan pelembapGlycerin, butylene glycol, allantoin, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin, Centella asiatica extract
Kandungan antiagingNiacinamide, daisy extract, Centella asiatica extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Implora Hydrating Serum

Harga referensi
Rp35.000
Agak Murah

Memberikan ekstra kelembapan dengan harga yang ramah di kantong

Kondisi kulit wajah kering kerap dialami masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis. Jika tidak segera diatasi, wajah jadi terlihat kusam dan kurang sehat. Solusinya, gunakan hydrating serum dari Implora ini. Serum ini menggabungkan hyaluronic dan Aloe vera sehingga memberikan ekstra kelembapan tanpa membuat kantong Anda jadi kering.


Kedua kandungan ini akan melembapkan dan menghidrasi kulit dengan lebih optimal. Produk ini juga memiliki kandungan Chenopodium quinoa seed extract. Kandungan ini diklaim mampu membuat kulit wajah jadi kenyal dan mencegah penuaan dini!

BPOM
Nomor BPOMNA18212000524
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, Aloe vera, Chenopodium quinoa seed extract, niacinamide
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMembantu proses regenerasi kulit, miningkatkan fungsi skin barrier, mencegah tanda-tanda penuaan
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapButylene glycol, propylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, Aloe vera extract
Kandungan antiagingChenopodium quinoa seed extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

SOMETHINCHYALuronic9+ Advanced + B5 Serum

Harga referensi
Rp131.000
Lebih Mahal

Dengan beragam ukuran hyaluronic acid, andalan untuk mengatasi kulit dehidrasi

Kami merekomendasikan serum hyaluronic acid SOMETHINC bagi Anda yang memiliki kulit dehidrasi dan sensitif. Selain hypoallergenic dan non-irritation formula, serum ini juga fungal acne-friendly, noncomedogenic, dan sudah dermatologically tested. Bahkan, diklaim cocok pada kulit eksem berkat adanya pantenol yang bersifat anti-inflamasi.

Serum ini mengusung sembilan macam ukuran partikel hyaluronic acid. Selain dapat meresap hingga lapisan epidermis terdalam, kandungan tersebut juga dapat mengunci kelembapan pada kulit selama 48 jam! Kandungan 65% Onsen Belgium Hot Spring Water menjadikan serum ini mampu memberikan kelembapan intens dan merevitalisasi kulit.

BPOM
Nomor BPOMNA18210102692
Isi/varian isi20 ml, 40 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, B5 (panthenol), Belgium onsen sui water, Chlorella vulgaris extract
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan kulit, menjaga elastisitas kulit, meredakan kemerahan, menghaluskan tekstur kulit, mencegah tanda-tanda penuaan dini
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan pelembap65% Onsen Belgium Hot Spring Water, butylene glycol, panthenol, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiPanthenol
Kandungan antiagingTocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

DekaWhite Story Brightening Serum

Harga referensi
Rp52.700
Agak Murah

Mengandung 10% niacinamide dan licorice untuk mencerahkan wajah

Kandungan sodium hyaluronate yang dipadukan dengan 10% niacinamide dan licorice membuat serum ini dapat melembapkan kulit dengan sangat baik. Selain melembapkan, kandungan niacinamide yang tinggi membuat serum ini bisa membantu Anda mencerahkan wajah.


Serum ini pas untuk Anda yang memiliki masalah kulit kusam, kulit kasar, noda hitam, garis halus, dan kerutan. Sembari mencerahkan dan merawat elastisitas kulit, produksi minyak pun terkontrol untuk tampilan wajah yang lebih glowing bebas kilap.

BPOM
Nomor BPOMNA18201901749
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifNiacinamide, licorice, sodium hyaluronate
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, melembabkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi/kemerahan, membantu memperkuat skin barrier
Kandungan pencerahNiacinamide, licorice extract
Kandungan pelembapPropylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin
Kandungan antiagingLicorice extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

ScarlettScarlett Whitening Hyalu B5 + Reishi Mushroom & Bifida Serum

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Efektif bantu atasi tanda-tanda penuaan dini yang muncul pada wajah

Kerutan, garis halus, dan noda hitam merupakan tanda-tanda aging pada kulit yang tak boleh disepelekan. Agar tak berlanjut menjadi lebih parah, segera tangani dengan menggunakan serum Scarlett yang satu ini.


Selain mengandung 4D hyaluronic acid, produk ini pun mengandung black ginseng water dan reishi mushroomKombinasi tersebut menjadi antioksidan yang efektif untuk menjaga kelembapan serta mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah. Kemudian, kandungan licorice extract pada serum ini akan membantu menyamarkan noda gelap pada kulit Anda.

BPOM
Nomor BPOMNA18210111285
Isi/varian isi15 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, black ginseng water, reishi mushroom, licorice extract
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, membantu menyamarkan noda gelap
Kandungan pencerahLicorice extract
Kandungan pelembapGlycerin, allantoin, panthenol, sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiAllantoin, panthenol
Kandungan antiagingBlack ginseng water
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

Eka Jaya InternasionalHanasui Power Barrier Serum

Harga referensi
Rp30.800
Lebih Murah

Menghidrasi kulit kering hingga 72 jam!

Bila Anda memiliki kulit kering sekaligus skin barrier yang lemah, serum merek Hanasui ini layak dijadikan pilihan. Dengan Hyaluron 11 Multi Complex, Hydrovance, ceramide, dan pentavitin 100%, serum ini mampu melembapkan kulit lebih lama. Bahkan, serum hyaluronic acid ini diklaim bisa menghidrasi wajah hingga 72 jam!


Skin barrier Anda yang sedang bermasalah dapat diperbaiki sekaligus diperkuat dengan kandungan vitamin E dan panthenol. Kandungan tersebut pun bagus untuk merawat kulit kering Anda yang sensitif dan kemerahan.

BPOM
Nomor BPOMNA18220104002
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, ceramide, pentavitin, Centella asiatica, niacinamide
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kering
Fungsi/manfaatMelembapkan dan menghidrasi kulit, memperbaiki dan memperkuat skin barrier
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, pentylene glycol, hyaluronic acid, ceramide NP
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, Centella asiatica extract, allantoin
Kandungan antiagingVitamin E, Centella asiatica extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

EIEM BEAUTYHydration Booster Serum

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Serum fungal acne safe diperkaya hydrolyzed collagen, berikan nutrisi ekstra pada kulit

Berikan kulit Anda hidrasi dan nutrisi ekstra dengan Hydration Booster Serum dari EIEM BEAUTY ini. Kandungan hyaluronic acid, hydrolyzed collagen, honey, allantoin, dan lactobacillus ferment-nya mampu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit Anda. Menariknya lagi, serum fungal acne safe dan noncomedogenic ini cocok untuk semua jenis kulit. 


Sembari menghidrasi kulit dan merawat skin barrier, serum ini bisa mengurangi kemerahan, iritasi, dan sebum berlebih. Memasukkan serum ini ke dalam skincare harian tentu tak akan membuat Anda menyesal. Efek kulit yang lebih cerah juga dapat Anda rasakan karena serum hyaluronic acid ini diformulasikan dengan kandungan niacinamide 4%.

BPOM
Nomor BPOMNA18210109598
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, niacinamide 4%, lactobacillius ferment, hydrolzyed collagen, acetyl glucosamine, allantoin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenghidrasi kulit, menjaga kesehatan skin barrier, mengurangi kemerahan dan iritasi, mencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, honey, panthenol, allantoin
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin
Kandungan antiagingHoney
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

ElsheSkin Hydracare Calming Serum

Harga referensi
Rp109.000
Agak Mahal

Hadir dengan formula baru, perbaiki skin barrier dalam dua jam!

Hydracare Calming Serum kini hadir dengan new upgraded formula. Diperkaya dengan tujuh moisturizing agents, serum ini tak hanya efektif untuk melembapkan, tetapi juga memperbaiki skin barrier. Bahkan, produk ini diklaim dapat memberikan efek instant calming dan memperbaiki lapisan pelindung kulit dalam dua jam. 

Kandungan hyaluronic acid, ceramide, black pearl, dan galactomyces akan memberikan kelembapan yang lebih lama sembari menenangkan kulit yang iritasi. Anda dapat mengandalkannya untuk mengatasi masalah kulit kering dehidrasi, kemerahan akibat sunburn, kulit gatal, dry-patches, dan kulit kurang kenyal.

BPOM
Nomor BPOMNA18210104820
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, 7 moisturizing agents, royal jelly protein, black pearl, galactomyces, niacinamide, alpha-arbutin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKering, iritasi, sensitif
Fungsi/manfaatMemperbaiki skin barrier, menenangkan kulit sensitif, melembapkan kulit dan mengurangi dry patch
Kandungan pencerahNiacinamide, alpha-arbutin, licorice extract
Kandungan pelembapPentylene glycol, glycerin, ceramide NP, panthenol, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, bisabolol, allantoin, asiatic acid
Kandungan antiagingNiacinamide, alpha-arbutin, licorice extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

WhitelabHydrating Serum

Harga referensi
Rp84.300
Menengah

Kulit lembap lebih cepat dalam 15 menit

Tak perlu waktu lama, serum hyaluronic acid Whitelab ini dapat membuat kulit 44% lebih lembap dalam 15 menit. Formula HyaluComplex-10, kombinasi sepuluh jenis molekul hyaluron, pada serum ini mampu meningkatkan level hidrasi pada lapisan kulit yang berbeda. Alhasil, kelembapan wajah Anda dapat terjaga sepanjang hari. Sangat cocok untuk segera menghidrasi dan merevitalisasi kulit kering bagi Anda yang kerap berada di ruangan ber-AC, bukan?

BPOM
Nomor BPOMNA18220109812
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, panthenol, probiotic
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMerawat dan meningkatkan fungsi skin barrier kulit, menghidrasi kulit, menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin, galactomyces ferment filtrate, panthenol, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiPanthenol, allantoin
Kandungan antiagingSoluble collagen
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

True to SkinMulti Hyaluronic Hydrating Serum

Harga referensi
Rp105.000
Agak Mahal

Lebih kaya dengan 11 macam hyaluronic acid, kulit terhidrasi lebih menyeluruh

Keunggulan serum ini adalah memiliki sebelas macam hyaluronic acid dengan tingkatan mini, low, medium, dan high molecular weight. Alhasil, kelembapan yang diberikan jadi lebih merata di setiap lapisan kulit. Inilah jawaban bila Anda membutuhkan serum yang dapat menghidrasi kulit dengan lebih maksimal dan menyeluruh.


Ditambah dengan cactus extract dan Onsen water, kelembapan dan hidrasi pada kulit Anda pun dapat senantiasa terjaga. Kulit Anda sedang mengalami kemerahan atau iritasi? Tenang, True to Skin hyaluronic acid serum ini memiliki efek calming sehingga dapat Anda gunakan pula untuk meredakannya. Kulit jadi lembap terhidrasi, iritasi pun ikut teratasi.

BPOM
Nomor BPOMNA18220107065
Isi/varian isi20 ml
Tekstur serumWater-based
Bahan aktifHyaluronic acid, Panthenol, onsen water, prickly pear extract
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, terutama kering
Fungsi/manfaatMelembapkan kulit, memperbaiki skin-barrier, meredakan kulit kemerahan
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembap Pentylene gycol, butylene gycol, panthenol, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiPanthenol, allantoin
Kandungan antiagingHyaluronic acid
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal terbaik

No. 1: The Originote Hyalu-C Serum

No. 2: Implora Hydrating Serum

No. 3: SOMETHINCHYALuronic9+ Advanced + B5 Serum

No. 4: DekaWhite Story Brightening Serum

No. 5: ScarlettScarlett Whitening Hyalu B5 + Reishi Mushroom & Bifida Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.