• 10 Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Hyaluronic Acid Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Hyaluronic acid atau yang lebih sering disebut HA adalah senyawa penting yang berperan menjaga kelembapan kulit. Belakangan ini hyaluronic acid sedang hype di dunia skincare. Namun, sebenarnya apa itu hyaluronic acid? Seberapa penting manfaat serum hyaluronic acid


Kali ini kami akan mengulas serta memberikan rekomendasi serum hyaluronic acid secara lengkap. Baca juga tips tambahannya dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Temukan produk dari berbagai merk lokal, seperti Somethinc, BIYU, Dear Me Beauty, dan Avoskin. Simak ulasan kami dan temukan serum hyaluronic acid yang bagus untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Apa manfaat hyaluronic acid?

Apa manfaat hyaluronic acid?

Sudahkah Anda memakai produk yang mengandung hyaluronic acid? Jika belum, mungkin Anda belum menyadari seberapa penting hyaluronic acid untuk kulit Anda. 


  • Penggunaan hyaluronic acid dengan kadar minimal 0,1% secara signifikan dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit. Ini adalah langkah awal dalam melawan tanda-tanda penuaan.
  • Solusi efektif untuk mengatasi garis halus dan kerutan yang dalam. Hyaluronic acid berkontribusi dalam menjaga kelembapan, kekencangan, kekenyalan, dan elastisitas kulit. Anda benar-benar bisa melihat efek hidrasinya secara instan!
  • Hyaluronic acid bekerja dengan menarik dan mengunci kelembapan guna memperbaiki lapisan terluar kulit Anda. 
  • Hyaluronic acid juga bersifat sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

Menambahkan hyaluronic acid dalam perawatan Anda akan memaksimalkan tingkat penyerapan skincare lain. Di samping itu, senyawa ini juga mendukung kerja antioksidan lainnya, seperti vitamin C.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah suatu senyawa polisakarida yang mampu mengikat air. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelembapan lingkungan di sekitarnya. Asam hialuronat secara alamiah terdapat dalam tubuh manusia, terutama pada kulit, mata, persendian, dan jaringan ikat tubuh.


Seiring pertambahan usia, jumlah asam hialuronat alami tubuh menjadi berkurang. Hal ini ditandai dengan gejala pada kulit, seperti kulit menjadi lebih kering, kekenyalan berkurang, dan munculnya kerutan.

Apakah hyaluronic acid sama dengan sodium hyaluronate?

Apakah hyaluronic acid sama dengan sodium hyaluronate?

Selain hyaluronic acid, Anda mungkin pernah mendengar tentang sodium hyaluronate. Belakangan ini banyak produk skincare yang menyebut kedua zat ini sebagai kandungan utamanya.  Sama-sama disebut hyaluron, adakah perbedaan dari keduanya? Pada dasarnya, hyaluronic acid dan sodium hyaluronate punya manfaat serupa. Keduanya juga memiliki sifat gentle yang dapat menghidrasi kulit tanpa rasa berminyak.


Perbedaan keduanya terletak pada ukuran molekul yang berbeda. Sodium hyaluronate memiliki ukuran molekul yang lebih kecil dan lebih mudah diserap kulit dari pada hyaluronic acid. Meski demikian, bukan berarti sodium hyaluronate lebih baik dari hyaluronic acid, ya. Gabungan kedua zat ini justru akan memberi manfaat menyeluruh pada kulit Anda.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Hyaluronic acid merupakan bentuk alami yang ditemukan di dalam tubuh dan memiliki berat molekul yang besar. Berat molekul yang besar ini menyebabkan hyaluronic acid tidak dapat terserap secara langsung ke dalam kulit. Akibatnya, manfaatnya tidak dapat dirasakan melalui aplikasi secara topikal di permukaan kulit. Penggunaan bentuk hyaluronic acid biasanya dilakukan dengan cara injeksi.


Sodium hyaluronate adalah bentuk garam dari hyaluronic acid yang memiliki berat molekul sangat kecil. Ukuran molekul yang kecil ini membuat sodium hyaluronate mampu masuk ke dalam kulit melalui aplikasi topikal di permukaan kulit. Oleh karena itu, sodium hyaluronate banyak dipilih sebagai zat aktif di dalam produk skincare.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum hyaluronic acid lokal

Anda sudah tahu betapa pentingnya menggunakan hyaluronic acid, bukanNah, di bawah ini kami punya cara mudah memilih serum hyaluronic acid lokal yang bagus untuk Anda. Simak sampai habis, ya!

Sesuaikan komposisi tambahan berdasarkan kebutuhan kulit Anda

Hyaluronic acid punya sifat menghidrasi yang cocok digunakan pada semua jenis kulit. Hyaluronic acid juga fleksibel untuk digunakan dengan bahan aktif lainnya. Namun, beberapa kondisi kulit membutuhkan perpaduan hyaluronic acid dengan bahan aktif lainnya. 

Kulit berminyak, cari produk yang melembapkan tanpa membuat greasy

Kulit berminyak, cari produk yang melembapkan tanpa membuat greasy

Kulit berminyak dapat disebabkan oleh kulit yang kurang terhidrasi dengan baik. Minyak yang dihasilkan kelenjar kulit Anda adalah upaya kulit dalam melindungi diri. Untuk itulah kulit berminyak tetap membutuhkan hidrasi yang cukup. 


Nah, untuk tipe kulit berminyak, Anda dapat memilih serum bertekstur ringan dan tidak lengket. Dengan demikian, Anda akan tetap nyaman mengenakan serum tanpa merasa greasy (berminyak). 


Kami menyarankan Anda menggunakan serum hyaluronic acid dengan ceramide, marine, dan proteinHyaluronic acid dapat diserap kulit berminyak dengan ringan dan tidak menimbulkan kesan mengilap. Dengan kelembapan yang seimbang, produksi minyak pada wajah juga tidak akan berlebihan. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Jenis kulit berminyak memiliki jumlah dan aktivitas kelenjar sebum yang berlebih. Produksi sebum berlebih akan menyebabkan kulit berminyak mudah mengalami sumbatan yang akhirnya akan menyebabkan jerawat.


Di sisi lain, kulit berminyak pun dapat mengalami kekeringan akibat hidrasi air yang buruk. Pemilihan pelembap yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan hidrasi kulit tanpa membuat kulit makin berminyak dan tersumbat. Pada kondisi ini, sebaiknya Anda memilih jenis pelembap yang mampu mengikat air tanpa bersifat oklusif dan lengket. 


Pilihlah pelembap yang berbahan dasar air (water-based). Cari juga keterangan seperti oil free dan non-comedogenic. Produk yang memiliki tanda ini relatif lebih sesuai untuk kulit berminyak dan kulit yang cenderung berjerawat.


Pelembap dengan bahan dasar hyaluronic acid atau sodium hyaluronate cocok untuk jenis kulit berminyak. Hal ini karena kandungan ini bersifat sebagai humektan yang menarik dan mengikat air serta tidak lengket ataupun berminyak.

Kulit kering, pilih yang dapat mengikat kadar air dalam wajah

Kulit kering, pilih yang dapat mengikat kadar air dalam wajah

Kulit kering mengakibatkan pori-pori, garis halus, dan tekstur kulit terlihat makin jelas. Hal ini dapat memperparah tanda penuaan kulit Anda. Kulit kering dapat diatasi dengan serum yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, glycerin, vitamin E, dan antioksidan. Kandungan tersebut tidak hanya menghidrasi, tetapi juga menjaga kelembapan kulit Anda dengan efektif.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Pemilik kulit kering perlu memperhatikan hidrasi kulitnya. Kadar air yang kurang akan menyebabkan kulit menjadi makin kering dan berpotensi menimbulkan peradangan pada kulit. 


Terdapat beberapa bentuk moisturizer yang ada di pasaran:


  1. Humektan: Humektan merupakan tipe moisturizer yang mampu mengikat air dan mempertahankan kelembapan di sekitarnya. 
  2. Emolien: Tipe ini dapat mengisi kekosongan struktur di antara sel kulit sehingga membuat kulit lebih halus dan terjaga kelembapannya. 
  3. Oklusif: Tipe ini bekerja dengan cara menutup permukaan kulit sehingga mencegah hilangnya air dari permukaan kulit. 

Ketiga bentuk pelembap ini dapat digunakan pada jenis kulit yang kering.

Berjerawat, temukan bahan yang ampuh mengatasi peradangan

Berjerawat, temukan bahan yang ampuh mengatasi peradangan

Serum hyaluronic acid juga bisa digunakan pada kulit berjerawat. Tekstur hyaluronic acid yang ringan dan nyaman adalah perawatan yang baik untuk kondisi ini. 


Untuk perawatan yang lebih efektif, temukan serum hyaluronic acid yang juga mengandung salicylic acid dan vitamin C. Salicylic acid dan vitamin C dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, salicylic acid juga lembut sehingga tidak memicu iritasi saat digunakan.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk kulit berjerawat, moisturizer dengan kandungan zat yang dapat mengurangi inflamasi atau efek soothing bisa dijadikan pilihan. Moisturizer yang mengandung Aloe vera, calendula, chamomile, niacinamide, panthenol, colloidal, oatmeal, licorice, dan green tea dapat menjadi pilihan.

Ketahui kadar hyaluronic acid yang tepat

Ketahui kadar hyaluronic acid yang tepat

Hyaluronic acid memberikan banyak manfaat pada kulit Anda. Namun, penggunaannya harus disertai dengan kadar yang tepat. Berapa kadar serum hyaluronic acid yang Anda butuhkan?


Serum hyaluronic acid umumnya memiliki konsentrasi berkisar 0,25%–1,75%. Jumlah ini terlihat cukup rendah, tetapi inilah kadar serum yang dianjurkan. Hyaluronic acid memiliki sifat menarik molekul air. Jika Anda menggunakan konsentrasi yang terlalu tinggi, hyaluronic acid justru akan menarik kelembapan kulit Anda sendiri. 


Memilih serum dengan konsentrasi seimbang akan menghidrasi kulit Anda dengan baik. Bila Anda pengguna baru hyaluronic acid, kami sarankan untuk mulai mencoba dari serum yang berkadar rendah dulu, ya.


Satu tips untuk Anda, saat memilih serum hyaluronic acid, perhatikan daftar ingredients yang tertulis. Ingredients umumnya ditulis dengan urutan kandungan tertinggi hingga terendah. Maka, bahan yang tertulis di bagian awal menunjukkan komposisi terbanyak dari produk tersebut.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Skincare yang mengandung hyaluronic acid yang diaplikasikan secara topikal pada dasarnya memiliki bahan aktif sodium hyaluronate. Tipe seperti ini dapat diaplikasikan dengan cara dioleskan ke permukaan kulit.


Kadar sodium hyaluronate yang tepat untuk melembapkan kulit adalah 2% atau kurang. Karena sodium hyaluronate merupakan bentuk garam, kandungan ini malah dapat menyebabkan kulit menjadi kering pada konsentrasi yang tinggi. 

Hindari bahan tambahan yang memicu iritasi

Hindari bahan tambahan yang memicu iritasi

Saat ingin membeli sebuah skincare, Anda harus selalu mencermati kandungan di dalamnya. Pastikan serum hyaluronic acid Anda bebas dari bahan yang dapat memicu iritasi kulit Anda.


Hindarilah kandungan berbahaya, seperti paraben, silikon, dan mineral oil. Jika kulit Anda termasuk tipe sensitif, kandungan tambahan seperti pewarna dan pewangi buatan juga sebaiknya Anda hindari.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Pada produk skincare, sering kali terdapat penambahan zat yang bertujuan memberikan efek tambahan seperti wewangian ataupun zat warna. Untuk jenis kulit yang sensitif, sebaiknya gunakanlah bahan kosmetik tanpa pewangi


Beberapa bahan pewangi memiliki kemungkinan menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang sensitif. Hindari bahan aktif seperti alkohol, sulfat, dan paraben karena dapat berpotensi mengiritasi kulit. Hyaluronic acid dikenal sebagai bahan aktif yang bersifat tidak iritatif.

10 Rekomendasi serum hyaluronic acid lokal

Di bawah ini, kami punya sepuluh review serum hyaluronic acid lokal terbaik untuk Anda. Semua produk di bawah merupakan produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Indah Maharani. Gunakan cara memilih yang telah kami jelaskan untuk menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda.

10
Jenis kulitKering cenderung normal
Kandungan lainnyaAloe vera dan vitamin E
KlaimSoothing agent, menambah kekenyalan, dan melindungi kulit dari radikal bebas
Ukuran yang tersedia5×5 ml
9

NaturMiracle Brightening Face Serum: Vitamin C & Sour Lime

Mulai dari Rp 170.000,00

Jenis kulitBerminyak dan kusam
Kandungan lainnyaVitamin C dan sour lime
KlaimMelembapkan, mencerahkan, dan mengontrol minyak berlebih
Ukuran yang tersedia30 ml
8
Jenis kulitNormal, kombinasi, kering, dehidrasi, dan sensitif
Kandungan lainnyaEkstrak cannona cherimola, ekstrak licorice, dan saccharide isomerate
KlaimMenenangkan kulit, memperbaiki skin barrier, dan melembapkan
Ukuran yang tersedia5 ml dan 30 ml
7

Mitra Kreasi Natural BLOOMKA Edelweiss Hyaluronate Serum

Mulai dari Rp 115.000,00

Jenis kulitKering
Kandungan lainnyaEdelweiss extract dan glycerin
KlaimMenghidrasi
Ukuran yang tersedia20 ml
6
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan lainnyaWitch hazel, organic Aloe, vitamin E, green tea, MSM
KlaimKulit yang lebih plumpy, lembut, dan halus
Ukuran yang tersedia30 ml
5
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan lainnyaVitamin B5, vitamin C, vitamin B3, algae extract, centella asiatica, dan glycerin
KlaimKulit kenyal dan cerah
Ukuran yang tersedia30 ml
4
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan lainnyaPolyglutamic acid dan ekstrak swertia chirata
KlaimMeningkatkan regenerasi dan hidrasi sel kulit
Ukuran yang tersedia15 ml
3
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan lainnyaVitamin B5
KlaimMelembapkan, antikusam, dan antiaging
Ukuran yang tersedia20 ml dan 40 ml
2

AvoskinYour Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

Mulai dari Rp 139.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit cenderung kering
Kandungan lainnyaGreen tea dan glycerin
KlaimMelembapkan, menjaga skin barrier, mengurangi inflamasi, dan garis halus
Ukuran yang tersedia30 ml
1

Dear Me BeautySingle Activator Face Serum Hyaluronic Acid + Pomegranate Extract

Mulai dari Rp 79.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan lainnyaPomegranate extract
KlaimMelembapkan, mengurangi kadar trans-epidermal water loss, meningkatkan fungsi skin barrier, menenangkan kulit, dan menyamarkan tanda penuaan
Ukuran yang tersedia12 ml

Tabel perbandingan produk serum hyaluronic acid lokal terbaik

Gambar produk
1
Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Hyaluronic Acid + Pomegranate Extract 1

Dear Me Beauty

2
Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea 1

Avoskin

3
Somethinc HYALuronic B5 Serum 1

Somethinc

4
BIYU HA Serum 1

BIYU

5
Westcare Bounce And Glow Serum 1

Westcare

6
For Skin's Sake Hyaluronic Acid Serum 1

For Skin's Sake

7
Mitra Kreasi Natural  BLOOMKA Edelweiss Hyaluronate Serum 1

Mitra Kreasi Natural

8
DUVADERM Hyaluronic Calming Serum 1

DUVADERM

9
Natur Miracle Brightening Face Serum: Vitamin C & Sour Lime  1

Natur

10
Wardah  Nature Daily Aloe Hydramild Serum 1

Wardah

Nama produk

Single Activator Face Serum Hyaluronic Acid + Pomegranate Extract

Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

HYALuronic B5 Serum

HA Serum

Bounce And Glow Serum

Hyaluronic Acid Serum

BLOOMKA Edelweiss Hyaluronate Serum

Hyaluronic Calming Serum

Miracle Brightening Face Serum: Vitamin C & Sour Lime

Nature Daily Aloe Hydramild Serum

Keunggulan

Kemasan mini untuk manfaat maksimal

Lembapkan wajah tiga kali lebih intens!

Melembapkan dan mencegah produksi minyak berlebih

Serum multitasking, bisa digunakan sebagai primer!

Multi-moisturizer untuk kulit wajah lebih kenyal

100% Hyaluron murni dari tumbuhan!

Lembapkan wajah dengan bahan natural

Nutrisi untuk meningkatkan kualitas skin barrier

Memberikan hasil wajah lembap dan cerah

Harga affordable untuk pengguna skincare pemula

Harga mulai dariRp 79.000,00Rp 139.000,00Rp 115.500,00Rp 139.000,00Rp 250.000,00Rp 225.000,00Rp 115.000,00Rp 158.000,00Rp 170.000,00Rp 47.500,00
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulit cenderung keringSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitKeringNormal, kombinasi, kering, dehidrasi, dan sensitifBerminyak dan kusamKering cenderung normal
Kandungan lainnyaPomegranate extractGreen tea dan glycerinVitamin B5Polyglutamic acid dan ekstrak swertia chirataVitamin B5, vitamin C, vitamin B3, algae extract, centella asiatica, dan glycerinWitch hazel, organic Aloe, vitamin E, green tea, MSMEdelweiss extract dan glycerinEkstrak cannona cherimola, ekstrak licorice, dan saccharide isomerateVitamin C dan sour limeAloe vera dan vitamin E
KlaimMelembapkan, mengurangi kadar trans-epidermal water loss, meningkatkan fungsi skin barrier, menenangkan kulit, dan menyamarkan tanda penuaanMelembapkan, menjaga skin barrier, mengurangi inflamasi, dan garis halusMelembapkan, antikusam, dan antiagingMeningkatkan regenerasi dan hidrasi sel kulitKulit kenyal dan cerahKulit yang lebih plumpy, lembut, dan halusMenghidrasiMenenangkan kulit, memperbaiki skin barrier, dan melembapkanMelembapkan, mencerahkan, dan mengontrol minyak berlebihSoothing agent, menambah kekenyalan, dan melindungi kulit dari radikal bebas
Ukuran yang tersedia12 ml30 ml20 ml dan 40 ml15 ml30 ml30 ml20 ml5 ml dan 30 ml30 ml5×5 ml
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Sebaiknya, gunakanlah pelembap pada saat kulit Anda dalam keadaan lembap. Karena itu, sebaiknya Anda mengaplikasikannya sesaat setelah membersihkan muka dengan air. Anda bisa mengaplikasikannya kira-kira tiga menit segera setelah mandi atau mencuci muka.

Baca juga rekomendasi produk serum lainnya di sini

Selain serum hyaluronic acid lokal, masih banyak serum lainnya yang bisa Anda coba. Kami menyediakan pilihan beragam serum wajah terbaik untuk Anda. Klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut, ya!

Kesimpulan

Menjaga kelembapan penting bagi semua jenis kulit, tak terkecuali kulit berminyak. Memilih serum yang ringan bisa menjadi solusi untuk wajah berminyak atau berjerawat. Serum hyaluronic acid adalah pilihan tepat untuk Anda coba. 


Saat ini, telah banyak beredar skincare lokal yang berkualitas. Untuk menemukan produk terbaik, gunakan tips memilih dari kami. Jangan lupa juga untuk menyimak review produk pilihan kami. Semoga artikel ini membantu dan selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • Review: 7 Rekomendasi Moisturizer Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Review: 7 Rekomendasi Moisturizer Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Moisturizer Cream atau dikenal juga sebagai krim wajah adalah salah satu skincare untuk mencegah kulit kering. Krim dari merk Nivea, Kiehl's, Cetaphil, dan lainnya telah banyak beredar di pasaran. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang ditujukan untuk kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, hingga kulit sensitif. Banyaknya pilihan produk yang bagus tentu membuat Anda kebingungan, bukan?Kali ini mybest original review akan memverifikasi puluhan cream wajah yang populer. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi moisturizer cream terbaik untuk Anda! Seluruh verifikasi dilakukan di Jepang dengan tolok ukur berikut ini.1. Daya melembapkan2. Evaluasi bahan3. Sensasi pemakaian4. KelengketanTidak ketinggalan, kami juga akan menjelaskan poin-poin penting saat mencari cream wajah terbaik. Manakah produk terbaik bagi Anda? Mari simak artikel berikut!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori