• 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Siapa bilang skincare hanya diperlukan oleh orang dewasa? Ternyata, bayi juga memerlukan skincare. Kondisi kulit bayi cenderung lebih halus, lembut, dan sensitif daripada kulit orang dewasa. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat memilih skincare bayi. Terlebih lagi, produk-produk tersebut akan digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh bayi. 


Untuk membantu Anda, kami akan membagikan tips memilih produk perawatan bayi. Kami juga akan memberi rekomendasi produk skincare bayi yang bagus, seperti merek Pigeon, Purebaby, dan Zwitsal. Pastinya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Afriyani Khusna
  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2021
  • 5.256 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter Umum, dr. Afriyani Khusna

Profil pakar: Dokter Umum, dr. Afriyani Khusna
dr. Afriyani Khusna
Dokter umum
dr. Afriyani Khusna

dr. Afriyani Khusna adalah dokter umum yang sudah aktif berpraktik sejak 2016. Pengalaman kerjanya meliputi dokter IGD dan dokter ruangan di RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Batu Aji Kota Batam. dr. Afri juga pernah bertugas di Klinik Melati, Klinik Abditama Kabupaten Tangerang, klinik perusahaan Mattel Indonesia, dan ICU RSUD Meuraxa Banda Aceh.


Saat ini dr. Afri bekerja sebagai staf NGO lokal yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Jakarta. Pemilik akun @doctorafree ini juga aktif memberikan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat melalui Instagram dan YouTube-nya. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare untuk bayi

Melakukan perawatan dengan produk skincare merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Namun, pastikan Anda memilih skincare yang aman karena kulit bayi sangat sensitif. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya.

Perhatikan kandungan dan bahan-bahannya

Perhatikan kandungan dan bahan-bahannya

Produk skincare untuk bayi tidak bisa disamakan dengan produk skincare yang ditujukan untuk umum atau orang dewasa. Kulit bayi berbeda dengan kulit dewasa.


Perbedaan yang paling signifikan adalah:

  • Stratum corneum (lapisan epidermis terluar) yang lebih tipis sehingga lebih rentan terhadap iritasi dan reaksi alergi.
  • PH kulit bayi juga lebih tinggi dibandingkan orang dewasa.
  • Kandungan asam lemak di kulit bayi lebih sedikit daripada kulit orang dewasa.

Pemilihan produk skincare untuk bayi tentu saja harus sangat berhati-hati dan harus disesuaikan dengan karakteristik kulit bayi. Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, pewangi, pewarna, dan zat-zat yang rentan menimbukan reaksi alergi. Hindari produk yang memiliki paraben, propyelene glycol, SLS, SLES, dan lainnya.


Sejumlah penelitian menyarankan agar Anda menghindari penggunaan produk pembersih dan pelembap selama beberapa minggu setelah bayi lahir (2–4 minggu untuk bayi yang lahir cukup bulan dan 6–8 minggu untuk bayi yang lahir prematur). Hal ini dilakukan agar kulit bayi memiliki cukup waktu untuk matang secara alami.


Misalnya, pilihlah baby wash yang mengandung bahan pembersih lembut dan mampu menjaga keseimbangan pH kulit bayi. Selain itu, Anda dapat memprioritaskan produk-produk berbahan alami. Anda juga bisa mempertimbangkan produk dengan kandungan pelembap seperti minyak alami. Dengan begitu, kelembapan kulit bayi selalu terjaga serta ruam dan iritasi pada kulit pun bisa dihindari.

Pastikan Anda paham manfaat setiap jenis produk

Banyaknya jenis skincare bayi mungkin membuat Anda cukup kebingungan. Tidak heran jika Anda belum memahami beberapa jenis produk secara rinci. Berikut kami paparkan beberapa jenis produk yang umum digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit bayi.

Baby cream: Cegah ruam dan kering pada kulit bayi

Baby cream: Cegah ruam dan kering pada kulit bayi

Baby cream adalah salah satu produk yang penting untuk merawat kulit bayi. Fungsi utamanya adalah untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Umumnya, baby cream mengandung minyak, air, dan vitamin untuk menutrisi kulit bayi. 


Krim adalah emulsi semisolid dengan viskositas lebih tinggi (lebih tebal). Krim merupakan emulsi yang mengandung air lebih dari 20% dan volatil (mudah menguap) dan/atau lebih dari 50% hidrokarbon, lilin, atau polyols sebagai vehicle (agennya). Karena krim mengandung oil phase yang lebih tinggi, krim cenderung lebih greasy.


Krim ini baik untuk mengurangi pengelupasan kulit bayi, terutama pada area lipatan tubuh yang sering mengalami gesekan, seperti tangan, leher, dan paha. Pengelupasan kulit biasanya terjadi karena aktivitas penggantian popok. Bahkan, hal tersebut sering mengakibatkan timbul ruam pada kulit bayi.


Untuk menenangkan kulit bayi dan mengatasi kemerahan karena ruam, Anda dapat mengaplikasikan baby cream setelah mandi. Perlu diingat agar Anda tidak terlalu sering mengaplikasikan baby cream untuk menghindari ketergantungan.


Namun, rekomendasi terkait penggunaan krim pelembap pada bayi dengan kulit normal (tidak mengalami eczema) masih menjadi pro kontra. Pada penelitian yang dilakukan oleh Garcia Barthels, et al., penggunaan emolien yang diformulasikan dengan tepat dapat mempertahankan fungsi sawar pelindung kulit saat digunakan setelah mandi minimal dua kali seminggu.


Krim pelembap juga sebaiknya dioles tipis-tipis saja pada kulit yang kering dan sering mengalami gesekan. Sebelum membeli pelembap, pastikan produk tersebut bebas dari kandungan 

  • benzyl alcohol
  • cholecalciferol
  • fragrance
  • glycerin
  • hexylene glycol
  • isopropyl palmitate
  • lactic acid
  • paraben, 
  • PEGs, 
  • propylene glycol
  • Quaternium-15
  • sodium borate
  • sodium hydroxide, 
  • stearic acid
  • talc, atau 
  • triethanolamine.

Baby oil: Menjaga kelembapan dan kebersihan kulit bayi

Baby oil: Menjaga kelembapan dan kebersihan kulit bayi

Baby oil adalah salah satu produk perawatan kulit bayi yang memiliki banyak fungsi. Selain dapat melembapkan kulit, baby oil sebagai emolien juga dapat digunakan sebagai minyak pijiat. Sama seperti orang dewasa, proses memijat ini akan memberikan relaksasi dan ketenangan pada bayi.


Beberapa penelitian telah melaporkan manfaat penggunaan baby oil. Selain bisa mencegah hilangnya air pada stratum korneum, baby oil bisa menjaga kulit tetap bersih dari sisik dan krusta.


Biasanya, baby oil mengandung mineral oil, vitamin, dan minyak alami. Karena itu, penggunaan baby oil juga dapat memberikan kehangatan pada bayi. Baby oil dapat digunakan untuk perawatan wajah dan kepala si kecil. Selain itu, baby oil juga dapat membantu membersihkan tubuh bayi dengan melunakkan kotoran, terutama pada bagian lipatan. 


Namun, penggunaan minyak zaitun dan mustard sebaiknya dihindari karena berisiko mengakibatkan dermatitis kontak. Minyak yang dapat digunakan untuk baby oil adalah mineral oil dan vegetable oil. Ingat, gunakan atau oleskan minyak dalam jumlah kecil saja.

Minyak telon: Memberi kehangatan untuk si buah hati

Minyak telon: Memberi kehangatan untuk si buah hati

Minyak telon merupakan paduan dari minyak adas (Oleum Foeniculi), minyak kayu putih (Oleum Cajuputi) dan minyak kelapa (Oleum Cocos). Aroma khas dan rasa hangat ketika diaplikasikan pada kulit adalah ciri khas minyak telon. Di samping itu, bahan-bahan minyak alaminya memberikan kelembapan pada kulit bayi.


Rasa hangat yang dihasilkan minyak telon membantu bayi agar terhindar dari perut kembung akibat masuk angin. Aromanya pun melegakan pernapasan sehingga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, aroma ini rupanya tidak disukai nyamuk sehingga menghindarkan bayi Anda dari gigitan nyamuk.

Baby wash: Membersihkan kotoran dan keringat

Baby wash: Membersihkan kotoran dan keringat

Sama seperti sabun lainnya, baby wash memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membersihkan kulit. Meski begitu, sabun khusus bayi umumnya tidak mengandung bahan pemicu iritasi sehingga tidak menyebabkan kerusakan kulit. Anda pun dapat menemukan baby wash dalam bentuk sabun batang dan sabun cair.


Jika Anda mengharapkan produk yang lebih praktis, pilihlah sabun cair. Karena refleks bayi belum terlatih, kami sarankan Anda memilih baby wash yang tidak pedih bila terkena mata. Selain itu, prioritaskan produk yang menawarkan pH seimbang sehingga kulit bayi terjaga kelembapannya.

Sun protector: Melindungi kulit dari sinar matahari langsung

Sun protector: Melindungi kulit dari sinar matahari langsung

FDA dan AAP (American Academy of Pediatric) merekomendasikan bayi berusia di bawah 6 bulan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Perlindungan sinar UV terbaik adalah tetap berada di tempat teduh dan menggunakan pakaian tertutup yang melindungi bayi dari sinar matahari.


Untuk anak usia kurang dari 6 bulan, pilihan sunscreen yang direkomendasikan oleh AAD (American Academy of Dermatology) adalah physical sunscreen. Sunscreen yang direkomendasikan ini mengandung zinc oxide dan titanium dioxide dengan SPF 15 sampai 30.


Penggunaan sun protector bertujuan untuk melindungi kulit bayi yang masih sensitif terhadap sinar matahari. Jaringan kulit bayi belum terbentuk sempurna sehingga sinar matahari dapat menyebabkan terlepasnya pigmen kulit. 


Saat beraktivitas di luar rumah, sebaiknya Anda mengoleskannya ke bagian tubuhnya yang tidak tertutup pakaian. Lakukan re-apply setiap dua jam sekali saat Anda membawa bayi beraktivitas di luar ruangan.

Pilih produk dengan kemasan yang mudah dibuka

Pilih produk dengan kemasan yang mudah dibuka

Saat Anda hendak mengaplikasikan skincare pada bayi, Anda membutuhkan keterampilan ekstra. Hal itu karena Anda harus menjaga bayi, memeganginya agar tidak banyak bergerak, sekaligus mengaplikasikan skincare ke tubuhnya. Pilihlah kemasan yang mudah dikeluarkan isinya dengan menggunakan satu tangan saja. Kemasan skincare yang sulit dibukan tentu akan makin menyulitkan Anda.


Selain itu, pastikan juga produk masih tersegel sebelum Anda membukanya untuk pertama kali. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa dan lamanya produk bisa bertahan setelah dibuka. Umumnya, skincare bayi bertahan dalam jangka waktu satu tahun. Setelah dibuka lebih dari satu tahun dan produk belum habis, sebaiknya hentikan pemakaian untuk menghindari risiko iritasi.

10 Rekomendasi skincare terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Afriyani Khusna.

10

Galenium PharmasiaCaladine Baby Soap

Mulai dari Rp 12.000,00

JenisBaby wash
KandunganAlpha bisabolol, Aloe vera, olive oil, dan vitamin B5
Keterangan tambahanMemiliki pH tinggi sehingga lebih disarankan untuk bayi usia di atas 1 tahun
9
JenisSun protector
KandunganZinc oxide dan apricot kernel oil
Keterangan tambahanTidak ada
8
JenisMinyak telon
KandunganCitronella, chamomile, dan eucalyptus
Keterangan tambahanTidak ada
7
JenisSun protector
KandunganZinc oxide, shea butter, dan red raspberry seed oil
Keterangan tambahanHindari menyemprotkan langsung pada wajah
6
JenisBaby oil
KandunganPro-vitamin B5, licorice, dan chamomile extract
Keterangan tambahanProduk ini mengandung fragrance
5
JenisBaby cream
KandunganZinc oxide, castor oil, ekstrak chamomile, dan ekstrak jojoba
Keterangan tambahanProduk ini mengandung fragrance
4
JenisSabun
KandunganChamomile dan ekstrak tanaman
Keterangan tambahanProduk ini mengandung alkohol dan parfum
3

GaldermaCetaphil Baby Daily Lotion with Organic Calendula

Mulai dari Rp 255.000,00

JenisBaby cream
KandunganOrganic calendula, sweet almond oil, dan sunflower seed oil
Keterangan tambahanProduk ini mengandung parfum dan propylene glycol dalam persentase kecil
2
JenisMinyak telon
KandunganMinyak adas, minyak kayu putih, minyak kelapa, dan jojoba oil
Keterangan tambahanTidak ada
1
JenisBaby oil
KandunganAvocado oil, pomegranate seed oil, dan sunflower oil
Keterangan tambahanProduk ini mengandung parfum dalam persentase kecil

Tabel perbandingan produk skincare terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Mustela Baby Oil 1

Mustela

2
Unilever Zwitsal Baby Minyak Telon Natural 1

Unilever

3
Galderma Cetaphil Baby Daily Lotion with Organic Calendula 1

Galderma

4
Sebapharma Sebamed Baby Bubble Bath 1

Sebapharma

5
Pigeon Baby Diaper Rash 1

Pigeon

6
Bambi Baby Oil 1

Bambi

7
Beauty Barn Kid - Sun Shield  1

Beauty Barn

8
My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus 1

My Baby

9
Purebaby Sunblock 1

Purebaby

10
Galenium Pharmasia Caladine Baby Soap 1

Galenium Pharmasia

Nama produk

Baby Oil

Zwitsal Baby Minyak Telon Natural

Cetaphil Baby Daily Lotion with Organic Calendula

Sebamed Baby Bubble Bath

Baby Diaper Rash

Baby Oil

Kid - Sun Shield

Minyak Telon Plus Eucalyptus

Sunblock

Caladine Baby Soap

Keunggulan

Memanjakan dan melembapkan kulit bayi dengan bahan-bahan alami pilihan

Memberi kehangatan pada si kecil di mana dan kapan saja!

Melembapkan kulit bayi baru lahir dengan kandungan tiga bahan alami

Formula ultra-mild, aman bagi kulit bayi yang sangat sensitif sekalipun!

Berikan kelembapan dan atasi kemerahan akibat ruam popok

Formula bernutrisi yang mengunci kelembapan di kulit bayi

Melindungi kulit dengan SPF 30 dari bahan-bahan alami

Tidak hanya menghangatkan, tetapi juga menjaga bayi dari gigitan nyamuk!

Melembapkan dan melindungi kulit bayi dari paparan sinar matahari

Mengatasi iritasi dan membantu mengurangi kemerahan pada kulit bayi

Harga mulai dariRp 205.000,00Rp 33.000,00Rp 255.000,00Rp 160.000,00Rp 18.200,00Rp 30.500,00Rp 85.000,00Rp 28.000,00Rp 174.900,00Rp 12.000,00
JenisBaby oilMinyak telonBaby creamSabunBaby creamBaby oilSun protectorMinyak telonSun protectorBaby wash
KandunganAvocado oil, pomegranate seed oil, dan sunflower oilMinyak adas, minyak kayu putih, minyak kelapa, dan jojoba oilOrganic calendula, sweet almond oil, dan sunflower seed oilChamomile dan ekstrak tanamanZinc oxide, castor oil, ekstrak chamomile, dan ekstrak jojobaPro-vitamin B5, licorice, dan chamomile extractZinc oxide, shea butter, dan red raspberry seed oilCitronella, chamomile, dan eucalyptusZinc oxide dan apricot kernel oilAlpha bisabolol, Aloe vera, olive oil, dan vitamin B5
Keterangan tambahanProduk ini mengandung parfum dalam persentase kecilTidak adaProduk ini mengandung parfum dan propylene glycol dalam persentase kecilProduk ini mengandung alkohol dan parfumProduk ini mengandung fragranceProduk ini mengandung fragranceHindari menyemprotkan langsung pada wajahTidak adaTidak adaMemiliki pH tinggi sehingga lebih disarankan untuk bayi usia di atas 1 tahun
Tautan produk

Pastikan produk sudah terdaftar di BPOM

Pastikan produk sudah terdaftar di BPOM

Penting bagi Anda untuk mengecek apakah skincare bayi yang Anda pilih sudah mendapat izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Sistem pengawasan ini bertujuan untuk melindungi keselamatan, keamanan, dan kesehatan penggunanya. 


Apabila Anda merasa ragu, segera cek nomor registrasinya pada situs BPOM untuk memastikan legalitas produk tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan komposisi skincare tersebut karena sudah dinyatakan aman untuk bayi.


Sebagai konsumen, Anda harus tahu cara memilih produk yang tepat sesuai dengan slogan KLIK.

  • Kemasan: pastikan produk tidak rusak, penyok, tidak kotor dan berubah warna, tidak berbau serta konsistansi isi di dalamnya baik

  • Label: pastikan label tercantum dengan jelas dan lengkap (nama kosmetik, kegunaan, cara pakai, komposisi, tanggal kedaluwarsa, ukuran, isi bersih, peringatan, nomor notifikasi, nama, dan negara produsen).

  • Izin edar: pilihlah kosmetik yang memiliki izin edar atau notifikasi dari BPOM

  • Kegunaan dan cara penggunaan: bacalah kegunaan dan cara pakai yang terkandung dalam kemasan.

  • Kedaluwarsa: batas kedaluwarsa jangan sampai lewat.


Sebaiknya untuk bayi, terutama yang berusia di bawah 1 tahun, pilihlah baby wash yang cair (liquid), bukan sabun batangan (bar). Sabun batangan cenderung memiliki pH yang tinggi dan dapat merusak acid mantle (lapisan pelindung) kulit bayi. 

Tips dari dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna

Tips dari dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna

Bayi sebaiknya dimandikan tidak terlalu sering, cukup satu kali sehari. Ada juga yang merekomendasikan agar bayi dimandikan 2 kali dalam seminggu hingga bayi dapat merangkak. Durasi mandi bayi juga tidak boleh lebih dari 5 menit


Dalam pemilihan produk body wash, Anda wajib memilih produk yang berbentuk cair, ringan, dan bebas sabun (tidak mengandung surfaktan seperti SLS dan SLES). Selain itu, produk tersebut harus bebas pewarna buatan, alkohol, pewangi, memiliki pH netral atau sedikit asam, dan tidak mengiritasi kulit atau mata dan tidak merusak lapisan pelindung kulit.

Baca juga rekomendasi produk bayi lainnya di sini

Selain skincare untuk bayi, pastikan juga Anda menyediakan stok kebutuhan lainnya untuk buah hati kesayangan. Carilah produk sesuai kebutuhan bayi Anda pada artikel-artikel di bawah ini. Semoga berguna!

Kesimpulan

Skincare bayi adalah salah satu cara untuk merawat dan melindungi kulit bayi Anda. Perlu diingat, penting untuk memahami produk pilihan Anda sebelum memberikannya kepada si buah hati.


Pahami jenis dan manfaat setiap produk, serta jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan di dalamnya. Rawat kulit bayi sedini mungkin dengan produk yang tepat agar terhindar dari ruam dan masalah kulit lain. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    253.090 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    336.725 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    173.629 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    311.538 Views
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merk populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    189.087 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    81.131 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Timbangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kenaikan berat badan yang teratur menandakan perkembangan yang positif pada bayi. Biasanya, penimbangan dilakukan secara berkala di rumah sakit atau posyandu. Namun, akan lebih baik bila Anda juga memiliki timbangan bayi atau baby scale sendiri di rumah.Kini produk timbangan bayi digital, seperti Beurer, Serenity, OneMed, Gea, dan lainnya, dapat dibeli dengan mudah di pasaran. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara memilih timbangan bayi. Sebagai referensi, kami pun akan memaparkan sepuluh produk rekomendasinya untuk Anda. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    13.857 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori