1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Skincare Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)

Siapa bilang skincare hanya diperlukan oleh orang dewasa? Ternyata bayi juga memerlukan skincare. Kondisi kulit bayi cenderung lebih halus, lembut, dan sensitif daripada kulit orang dewasa. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat memilih skincare bayi. Terlebih lagi, produk-produk tersebut akan digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh bayi. 


Untuk membantu Anda, kami akan membagikan tips memilih produk perawatan bayi. Kami juga akan memberi rekomendasi produk skincare bayi yang bagus, seperti merek Zwitsal, Johnson n Johnson, dan My Baby. Pastinya artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna.

Diperbaharui 12-01-2022
Pakar
Dokter umum
dr. Afriyani Khusna

dr. Afriyani Khusna adalah dokter umum yang sudah aktif berpraktik sejak 2016. Pengalaman kerjanya meliputi dokter IGD dan dokter ruangan di RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Batu Aji Kota Batam. dr. Afri juga pernah bertugas di Klinik Melati, Klinik Abditama Kabupaten Tangerang, klinik perusahaan Mattel Indonesia, dan ICU RSUD Meuraxa Banda Aceh. Saat ini dr. Afri bekerja sebagai staf NGO lokal yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Jakarta. Pemilik akun @doctorafree ini juga aktif memberikan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat melalui Instagram dan YouTube-nya.

Profil dr. Afriyani Khusna
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Citta Yowati

Citta Yowati lulus dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada pada 2017. Selama masa kuliahnya, ia pernah mendapat beasiswa untuk belajar di Ferris University, Jepang. Sebagai Japanese speaker, Citta mengawali kariernya sebagai sales engineer di salah satu perusahaan multinasional Jepang. Kini, wanita penyuka sastra ini melanjutkan kariernya sebagai koordinator konten di mybest Indonesia dan banyak membimbing penulis saat riset berbagai jenis produk. Ketertarikannya pada seni dan bangunan kuno membuatnya betah tinggal di Tokyo. Citta sering menghabiskan waktu di toko buku, memotret, dan bermeditasi.

Profil Citta Yowati
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare untuk bayi

Melakukan perawatan dengan produk skincare merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Namun, pastikan Anda memilih skincare yang aman karena kulit bayi sangat sensitif. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya.

① Perhatikan kandungan dan bahan-bahannya

Perhatikan kandungan dan bahan-bahannya

Produk skincare untuk bayi tidak bisa disamakan dengan produk skincare yang ditujukan untuk umum atau orang dewasa. Kulit bayi berbeda dengan kulit dewasa. Perbedaan yang paling signifikan adalah:

  • Stratum corneum (lapisan epidermis terluar) yang lebih tipis sehingga lebih rentan terhadap iritasi dan reaksi alergi.
  • PH kulit bayi juga lebih tinggi dibandingkan orang dewasa.
  • Kandungan asam lemak di kulit bayi lebih sedikit daripada kulit orang dewasa.

Pemilihan produk skincare untuk bayi tentu saja harus sangat berhati-hati dan harus disesuaikan dengan karakteristik kulit bayi. Beberapa zat atau kandungan yang perlu dihindari untuk menghindari masalah pada kulit bayi adalah:

  • Produk yang mengandung alkohol.
  • Pewangi, pewarna, dan zat-zat yang rentan menimbulkan reaksi alergi.
  • Produk yang memiliki paraben, propylene glycol, SLS, dan SLES.

Sejumlah penelitian menyarankan Anda menghindari penggunaan produk pembersih dan pelembap beberapa minggu setelah bayi lahir. Waktu yang disarankan adalah sekitar 2–4 minggu setelah bayi lahir atau 6–8 minggu untuk bayi lahir prematur. Hal ini untuk meminimalkan reaksi negatif karena kulit bayi perlu waktu untuk matang. Selain itu, prioritaskan pula penggunaan produk berbahan alami untuk menjaga kelembapan kulit bayi.

② Pastikan Anda paham manfaat setiap jenis produk

Banyaknya jenis skincare bayi mungkin membuat Anda cukup kebingungan. Tidak heran jika Anda belum memahami beberapa jenis produk secara rinci. Berikut kami paparkan beberapa jenis produk yang umum digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit bayi.

Baby cream: Cegah ruam dan kering pada kulit bayi

Baby cream: Cegah ruam dan kering pada kulit bayi

Baby cream adalah salah satu produk yang penting untuk merawat kulit bayi. Fungsi utamanya adalah untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Umumnya baby cream mengandung minyak, air, dan vitamin untuk menutrisi kulit bayi. Karena mengandung minyak, tekstur baby cream biasanya cenderung lebih greasy.


Krim bayi ini baik untuk mengurangi pengelupasan kulit bayi. Hal ini terutama pada area lipatan tubuh yang sering mengalami gesekan, seperti tangan, leher, dan paha. Biasanya pengelupasan kulit terjadi karena penggantian popok. Aktivitas ini juga sering menyebabkan kemerahan dan ruam pada kulit bayi. Untuk mengatasinya, aplikasikan baby cream setelah mandi.


Sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengaplikasikan baby cream untuk menghindari ketergantungan. Namun, penggunaan krim pelembap pada kulit normal bayi (tidak mengalami eczema) masih menjadi pro kontra. Pada penelitian yang dilakukan oleh Garcia Barthels, et al., penggunaan emolien atau pelembap minimal dua kali seminggu setelah mandi dapat mempertahankan skin barrier bayi.


Sebelum membeli pelembap, disarankan Anda mengecek kandungan produk baby cream. Pastikan produk tersebut bebas dari kandungan yang berbahaya untuk kulit bayi, seperti:

  • benzyl alcohol
  • cholecalciferol
  • fragrance
  • glycerin
  • hexylene glycol
  • isopropyl palmitate
  • lactic acid
  • paraben
  • PEGs
  • propylene glycol
  • Quaternium-15
  • sodium borate
  • sodium hydroxide
  • stearic acid
  • talc
  • triethanolamine

Baby oil: Menjaga kelembapan dan kebersihan kulit bayi

Baby oil: Menjaga kelembapan dan kebersihan kulit bayi

Baby oil adalah salah satu produk perawatan kulit bayi yang memiliki banyak fungsi, di antaranya:

  • Melembapkan kulit: Kandungan mineral oil dan vitamin pada baby oil mampu menjaga kadar air di kulit bayi. Hal ini membuat kulit bayi tetap lembap serta bersih dari sisik.
  • Minyak pijatBaby oil dapat digunakan sebagai minyak pijat. Aktivitas ini akan memberikan relaksasi dan ketenangan pada bayi.
  • Memberikan kehangatan pada bayi: Selain mengandung mineral oil dan vitamin, baby oil biasanya juga mengandung minyak alami. Oleh karena itu, baby oil bisa memberikan kehangatan untuk si kecil.
  • Membersihkan kotoranBaby oil dapat membantu Anda membersihkan kotoran di bagian lipatan tubuh dengan cara melunakkan kotoran tersebut. Untuk bayi newborn, Anda bisa menggunakan baby oil di kepala dan wajahnya untuk membantu membersihkan kulit yang mengelupas.

Minyak yang dapat digunakan untuk baby oil adalah mineral oil dan vegetable oil. Jika Anda menemukan penggunaan minyak zaitun dan mustard, sebaiknya dihindari karena berisiko mengakibatkan dermatitis kontak. Perlu diingat, gunakan atau oleskan minyak dalam jumlah kecil saja untuk mencegah reaksi alergi pada kulit si kecil.

Minyak telon: Memberi kehangatan untuk si buah hati

Minyak telon: Memberi kehangatan untuk si buah hati

Minyak telon merupakan paduan dari minyak adas (oleum foeniculi), minyak kayu putih (oleum cajuputi) dan minyak kelapa (oleum cocos). Aroma khas dan rasa hangat ketika diaplikasikan pada kulit adalah ciri khas minyak telon. Di samping itu, bahan-bahan minyak alaminya memberikan kelembapan pada kulit bayi.


Rasa hangat yang dihasilkan minyak telon membantu bayi agar terhindar dari perut kembung akibat masuk angin. Aromanya pun melegakan pernapasan sehingga dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, aroma ini rupanya tidak disukai nyamuk sehingga menghindarkan bayi Anda dari gigitan nyamuk.

Baby wash: Membersihkan kotoran dan keringat

Baby wash: Membersihkan kotoran dan keringat

Sama seperti sabun lainnya, baby wash memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membersihkan kulit. Meski begitu, sabun khusus bayi umumnya tidak mengandung bahan iritan sehingga tidak menyebabkan kerusakan kulit. Anda pun dapat menemukan baby wash dalam bentuk sabun batang dan sabun cair.


Jika Anda mengharapkan produk yang lebih praktis, pilihlah sabun cair. Karena refleks bayi belum terlatih, kami sarankan Anda memilih baby wash yang tidak pedih bila terkena mata. Selain itu, prioritaskan produk yang menawarkan pH seimbang sehingga kulit bayi terjaga kelembapannya.

Sun protector: Melindungi kulit dari sinar matahari langsung

Sun protector: Melindungi kulit dari sinar matahari langsung

FDA dan AAP (American Academy of Pediatric) merekomendasikan bayi berusia di bawah 6 bulan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Perlindungan sinar UV terbaik adalah berada di tempat teduh dan menggunakan pakaian tertutup yang melindungi bayi dari sinar matahari.


Untuk usia kurang dari 6 bulan, pilihan sunscreen yang direkomendasikan oleh AAD (American Academy of Dermatology) adalah physical sunscreen. Sunscreen yang direkomendasikan ini mengandung zinc oxide dan titanium dioxide dengan SPF 15 sampai 30.


Saat beraktivitas di luar rumah, sebaiknya Anda mengoleskan sun protector ke bagian tubuh si kecil yang tidak tertutup pakaian. Hal ini bertujuan melindungi kulit bayi yang masih sensitif terhadap sinar matahari. Lakukan reapply setiap dua jam sekali saat Anda membawa bayi beraktivitas di luar ruangan.

③ Pilih produk dengan kemasan yang mudah dibuka

Pilih produk dengan kemasan yang mudah dibuka

Saat hendak mengaplikasikan skincare pada bayi, Anda membutuhkan keterampilan ekstra. Hal itu karena Anda harus menjaga bayi, memeganginya agar tidak banyak bergerak, sekaligus mengaplikasikan skincare. Jadi, pilihlah kemasan yang mudah dikeluarkan isinya dengan menggunakan satu tangan saja. Kemasan skincare yang sulit dibuka tentu akan makin menyulitkan Anda.


Selain itu, pastikan juga produk masih tersegel sebelum Anda membukanya untuk pertama kali. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa dan lamanya produk bisa bertahan setelah dibuka. Umumnya skincare bayi bertahan dalam jangka waktu satu tahun. Setelah dibuka lebih dari satu tahun dan produk belum habis, sebaiknya hentikan pemakaian untuk menghindari risiko iritasi.

10 Rekomendasi skincare terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Afriyani Khusna.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Zwitsal Baby Bath Hair and Body Natural Aloe Vera

Unilever Zwitsal Baby Bath Hair and Body Natural Aloe Vera 1枚目

Hasilkan busa halus dan tidak pedih di mata

2

Johnson & Johnson

Baby Oil

Johnson & Johnson Baby Oil 1枚目

Gunakan untuk pijat dan pererat bonding dengan si kecil

3

My Baby

Minyak Telon Plus Eucalyptus

My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus 1枚目

Hangatkan tubuh si kecil dan lindungi dari gigitan nyamuk semalaman

4

Doodle

Minyak Telon Greentea

Doodle Minyak Telon Greentea 1枚目

Beri kehangatan pada si kecil di mana dan kapan saja!

5

Cussons

Baby Newborn Hair & Body Wash

Cussons Baby Newborn Hair & Body Wash 1枚目

Formula ekstra lembut untuk bayi baru lahir

6

Pigeon

Baby Diaper Rash

Pigeon Baby Diaper Rash 1枚目

Efektif atasi kemerahan akibat ruam popok

7

Bambi

Baby Face Cream

Bambi Baby Face Cream 1枚目

Wajah si kecil jadi mulus dan lembap sepanjang hari

8

Buds Organics

Super Soothing Intensive Repair Cream

Buds Organics Super Soothing Intensive Repair Cream 1枚目

Produk organic untuk atasi ruam berat di kulit si kecil

9

Momami

Rub a Dub Dub Sun Lotion

Momami Rub a Dub Dub Sun Lotion 1枚目

Lindungi kulit dan wajah si kecil dari bahaya sinar UV

10

Mama's Choice

Baby Gentle Sunscreen

Mama's Choice Baby Gentle Sunscreen 1枚目

Bebas bermain di luar tanpa takut panas!

Perincian produk
Close
No.1

UnileverZwitsal Baby Bath Hair and Body Natural Aloe Vera

Mulai dari Rp15.000,00

Hasilkan busa halus dan tidak pedih di mata

Kelebihan:

  • Tidak pedih di mata
  • Busa tidak licin dan mudah dibersihkan
  • Mudah ditemui di offline atau online store

Kekurangan:

  • Kemasan pump mudah bocor dan pecah jika membeli melalui marketplace
  • Harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk sejenis

Memandikan si kecil terkadang menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang bayi menangis karena mata pedih terkena busa sabun. Produk dari Zwitsal satu ini bisa menjawab kegelisahan Anda! Tidak hanya tidak pedih di mata, busa sabunnya pun tidak licin dan mudah dibersihkan. Anda pun bisa memegang bayi Anda dengan erat tanpa perlu takut terjatuh di bak mandi.

No.2

Johnson & JohnsonBaby Oil

Mulai dari Rp11.100,00

Gunakan untuk pijat dan pererat bonding dengan si kecil

Kelebihan:

  • Banyak ulasan yang menyukai wangi baby oil ini
  • Kemasan mudah dibuka dan tidak gampang tumpah

Kekurangan:

  • Mengandung parfum, kurang cocok untuk bayi dengan kulit hipersensitif
  • Sensasi licin bertahan cukup lama

Anda bisa menggunakan Johnson n Johnson Baby Oil ini untuk memijat lembut tubuh anak Anda. Teksturnya yang lembut dan tidak panas bisa membuat si kecil merasa nyaman di saat momen bonding dengan Anda. Namun, tetap perhatikan reaksi pada kulit si kecil karena produk ini mengandung parfum. Jika tidak ada reaksi alergi, produk ini aman digunakan setiap hari.

No.3

My BabyMinyak Telon Plus Eucalyptus

Mulai dari Rp18.700,00

Hangatkan tubuh si kecil dan lindungi dari gigitan nyamuk semalaman

Kelebihan:

  • Wangi minyak telon bertahan lama
  • Mudah meresap dan tidak lengket

Kekurangan:

  • Meski sudah menggunakan telon ini, nyamuk masih tetap dapat menggigit si kecil

Minyak telon dari My Baby ini diformulasikan berbeda dari minyak telon lainnya. Aroma chamomile-nya yang lembut dan menyegarkan dapat menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk dan serangga. Produk ini juga dapat membantu meredakan perut kembung si kecil, lho! Walaupun bertekstur minyak, tidak akan ada rasa lengket yang tertinggal karena produk ini cepat meresap pada kulit.

No.4

DoodleMinyak Telon Greentea

Mulai dari Rp32.000,00

Beri kehangatan pada si kecil di mana dan kapan saja!

Kelebihan:

  • Memiliki aroma green tea yang jarang ditemukan pada produk minyak telon pada umumnya
  • Tersedia kemasan travel size

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebut efek menghangatkan kurang terasa
  • Tekstur lebih lengket daripada telon pada umumnya
  • Aroma green tea tidak bertahan lama

Selain menghangatkan, minyak telon ini juga bisa menjaga bayi Anda dari gigitan nyamuk. Aromanya yang eksklusif khas green tea membuat wanginya tidak pasaran. Formulanya pun tidak menyengat di mata sehingga nyaman untuk digunakan bayi baru lahir. Anda juga tidak perlu khawatir karena produk satu ini sudah terdaftar BPOM dan sertifikat halal MUI.

No.5

CussonsBaby Newborn Hair & Body Wash

Mulai dari Rp14.500,00

Formula ekstra lembut untuk bayi baru lahir

Kelebihan:

  • Tidak membuat kulit bayi kering
  • Terdapat kemasan refill

Kekurangan:

  • Tekstur sabun tetap terasa licin meskipun sudah dibasuh dengan air

Memilih produk body wash untuk bayi baru lahir memang harus berhati-hati. Pastinya Anda tidak ingin salah pilih dan membuat kulit si kecil menjadi bermasalah, bukan? Agar kulit si kecil tetap lembap dan halus sepanjang hari, Anda bisa memandikannya menggunakan produk ini. Produk satu ini diformulasi khusus  untuk bayi baru lahir. Anda pun bisa merasakan halusnya kulit si kecil sepanjang hari.

No.6

PigeonBaby Diaper Rash

Mulai dari Rp24.200,00

Efektif atasi kemerahan akibat ruam popok

Kelebihan:

  • Dapat meredakan bentol akibat gigitan nyamuk
  • Mudah didapat baik di marketplace online maupun offline

Kekurangan:

  • Tekstur lengket dan lama meresap ke kulit, cenderung greasy

Baby cream ini membantu melindungi kulit bayi dari ruam popok sekaligus mengatasi kemerahan akibat iritasi ringan. Formulanya yang hypoallergenic dan bebas pewarna akan meminimalkan risiko iritasi pada kulit si kecil. Gunakan produk ini setelah mandi atau setelah mengganti popok agar si kecil makin nyaman dan bebas ruam.

No.7

Wajah si kecil jadi mulus dan lembap sepanjang hari

Kelebihan:

  • Wangi soft, tidak menyengat
  • Tekstur krim lembut, tidak lengket, dan mudah terserap

Kekurangan:

  • Tidak disebutkan ketahanan produk setelah dibuka

Memiliki bayi dengan kulit sensitif dan sering beruntusan memang sering membuat khawatir. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan produk ini. Cream satu ini diformulasi khusus untuk wajah bayi. Jika dipakai secara teratur, beruntusan dan kemerahan di wajah bayi dapat mereda. Bahkan, kulit si kecil bisa kembali mulus dan lembap. Produk ini bisa digunakan untuk bayi sejak lahir, lho!

No.8

Buds OrganicsSuper Soothing Intensive Repair Cream

Mulai dari Rp259.900,00

Produk organic untuk atasi ruam berat di kulit si kecil

Kelebihan:

  • Dibuat menggunakan bahan organik dan berkemasan biodegradable
  • Tekstur mudah meresap
  • Klaim meredakan ruam, alergi, dan iritasi di kulit bayi terasa setelah pemakaian beberapa hari

Kekurangan:

  • Harga cukup mahal untuk produk bayi
  • Kemasan kecil, cepat habis untuk pemakaian sehari-hari

Kulit bayi yang sensitif memang perlu perawatan dan penanganan ekstra. Agar bayi Anda tidak rewel karena kulitnya meradang, Anda bisa mengoleskan Buds Organics Super Soothing Intensive Repair Cream. Dibuat dari bahan-bahan organik, krim ini diklaim mampu meredakan kemerahan, iritasi, radang, hingga ruam berat kulit si kecil. Oleskan secara teratur agar kulit bayi Anda kembali halus.

No.9

MomamiRub a Dub Dub Sun Lotion

Mulai dari Rp139.000,00

Lindungi kulit dan wajah si kecil dari bahaya sinar UV

Kelebihan:

  • Praktis, dapat dipakai untuk kulit badan dan wajah sekaligus
  • Produk lebih steril karena kemasan berbentuk pump
  • Tekstur mudah di-blend

Kekurangan:

  • Tekstur kental, rawan lengket saat bayi berkeringat

Sunscreen dari Momami ini diperkaya SPF 50 PA+++ yang berfungsi melindungi kulit si kecil dari bahaya sinar UV. Formulanya juga dilengkapi Aloe vera yang menjaga kulit tetap lembap sepanjang hari. Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen ini 30 menit sebelum aktivitas di luar, ya. Gunakan secara teratur agar kulit bayi Anda tidak menghitam akibat terlalu banyak terpapar matahari.

No.10

Mama's ChoiceBaby Gentle Sunscreen

Mulai dari Rp99.000,00

Bebas bermain di luar tanpa takut panas!

Kelebihan:

  • Tekstur tidak lengket sehingga mudah di-blend
  • Beraroma segar
  • SPF 30++, cukup tinggi untuk melindungi bayi dari paparan sinar UV

Kekurangan:

  • Krim sunscreen agak susah dikeluarkan dari kemasan
  • Cukup pricey untuk ukuran produk 30 ml

Kini Anda tidak perlu khawatir saat membawa si kecil keluar rumah pada siang hari. Cukup oleskan Baby Gentle Sunscreen dari Mama’s Choice, kulit si kecil pun akan terlindungi dari bahaya sinar UV. Tidak hanya itu, kulit bayi Anda juga akan ternutrisi dan lembap berkat kandungan Aloe vera dan avocado di produk ini. Jangan lupa tetap pakaikan topi agar perlindungan si kecil maksimal, ya!

Hal yang harus diperhatikan terkait skincare untuk bayi

Setelah membahas rekomendasi produk, kami juga memiliki penjelasan mengenai hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli skincare bayi. Setelah itu, dokter kami juga akan memberikan sedikit tipsnya. Mari simak berikut ini.

Pastikan produk sudah terdaftar di BPOM

Pastikan produk sudah terdaftar di BPOM

Penting bagi Anda untuk mengecek apakah skincare bayi yang dipilih sudah mendapat izin edar dari BPOM. Apabila Anda merasa ragu, ceklah nomor registrasinya pada situs BPOM untuk memastikan legalitas produk tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan komposisi skincare tersebut karena sudah dinyatakan aman untuk bayi.


Sebagai konsumen, Anda harus tahu cara memilih produk yang tepat sesuai dengan slogan KLIK.

  • Kemasan: Pastikan produk tidak rusak, penyok, tidak kotor dan berubah warna, tidak berbau serta konsistensi isi di dalamnya baik

  • Label: Pastikan label tercantum dengan jelas dan lengkap. Hal tersebut meliputi nama produk, kegunaan, cara pakai, komposisi, tanggal kedaluwarsa, ukuran, isi bersih, dan peringatan.

  • Izin edar: Pilihlah kosmetik yang memiliki izin edar atau notifikasi dari BPOM

  • Kegunaan dan cara penggunaan: Bacalah kegunaan dan cara pakai yang terkandung dalam kemasan.

  • Kedaluwarsa: Batas kedaluwarsa jangan sampai terlewat.


Sebaiknya untuk bayi, terutama yang berusia di bawah 1 tahun, pilihlah baby wash yang cair (liquid), bukan sabun batangan (bar). Sabun batangan cenderung memiliki pH yang tinggi dan dapat merusak acid mantle (lapisan pelindung) kulit bayi. 

Tips dari dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna

Tips dari dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna

Bayi sebaiknya dimandikan tidak terlalu sering, cukup satu kali sehari. Ada juga yang merekomendasikan agar bayi dimandikan dua kali dalam seminggu hingga bayi dapat merangkak. Durasi mandi bayi juga tidak boleh lebih dari 5 menit


Dalam pemilihan produk body wash, Anda wajib memilih produk yang berbentuk cair, ringan, dan bebas sabun (tidak mengandung surfaktan seperti SLS dan SLES). Produk tersebut harus bebas pewarna buatan, alkohol, pewangi, dan memiliki pH netral atau sedikit asam. Selain itu, body wash bayi haruslah tidak mengiritasi kulit atau mata dan tidak merusak lapisan pelindung kulit.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk bayi di sini

Selain skincare untuk bayi, pastikan juga Anda menyediakan stok kebutuhan lainnya untuk buah hati kesayangan. Carilah produk sesuai dengan kebutuhan bayi Anda pada artikel-artikel di bawah ini. Semoga berguna!

Kesimpulan

Skincare bayi adalah salah satu cara untuk merawat dan melindungi kulit bayi Anda. Perlu diingat, penting untuk memahami produk pilihan Anda sebelum memberikannya kepada si buah hati.


Pahami jenis dan manfaat setiap produk, serta jangan lupa untuk selalu mengecek kandungan di dalamnya. Rawat kulit bayi sedini mungkin dengan produk yang tepat agar terhindar dari ruam dan masalah kulit lain. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer