• 10 Senter Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Senter Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Senter Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Senter Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Senter Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Senter Jarak Jauh Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda tipe orang yang suka menjelajahi alam bebas? Jika iya, senter jarak jauh merupakan alat yang perlu disertakan dalam perlengkapan Anda. Selain untuk bernavigasi pada malam hari, senter jarak jauh juga berfungsi sebagai sinyal darurat dan pengusir hewan liar.


Agar Anda tidak kebingungan saat memilih, simak tips memilih senter jarak jauh yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan beberapa senter jarak jauh terbaik dari merek Joyko, Eiger, JETBeam, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih senter jarak jauh

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli senter, seperti output cahaya, mode, serta durasi penggunaannya. Berikut ini, kami akan membahas poin-poin terpenting dalam memilih senter jarak jauh. Selamat membaca!

Perhatikan jarak yang dapat disorot senter

Perhatikan jarak yang dapat disorot senter

Senter jarak jauh memiliki jarak pandang yang beragam sehingga perlu disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Apabila Anda ingin jalan-jalan pada malam hari, produk dengan jarak pandang 100 meter harusnya cukup. Namun, kalau Anda akan pergi berburu atau mengamankan sebuah lokasi, Anda membutuhkan senter dengan jarak pandang lebih tinggi.


Beberapa produk memiliki jarak pandang lebih dari 300 meter sehingga memudahkan Anda untuk mencari target atau penyusup. Sementara itu, senter jarak jauh 1 km atau 2 km akan memudahkan proses pencarian dan juga penyelamatan setelah bencana. Senter jarak jauh 10 km juga dijual di pasaran, tetapi makin tinggi jarak pandangnya, makin berat juga bobot senter.


Sebaiknya Anda sesuaikan jarak sorot senter dengan medan aktivitas yang akan Anda lakukan. Jarak sorot yang jauh tentunya tidak optimal jika Anda memasuki rimba atau hutan yang cukup lebat. Sinar yang dihasilkan senter akan terhalang dengan rimbunnya hutan. Sebaliknya, jarak sorot yang dekat kurang efektif jika lokasi aktivitas Anda di padang rumput atau sabana yang luas.

Cek kekuatan lampunya juga, ya!

Senter yang paling terang tidak selalu berarti yang terbaik. Pada beberapa kasus, cahaya senter yang terlalu terang mungkin malah mengganggu pandangan Anda. Oleh karena itu, kekuatan lampu senter perlu disesuaikan dengan lingkungan dan kegiatan Anda. Untuk mendapatkan senter jarak jauh yang tepat, periksa besar lumen dan kandelanya.

Lumen: Menentukan seberapa terang senter jarak jauh Anda

Lumen: Menentukan seberapa terang senter jarak jauh Anda

Lumen (lm) merupakan ukuran untuk menyatakan tingkat kecerahan cahaya senter. Dengan kata lain, makin tinggi nilai lumen, makin terang pula cahaya senter tersebut. Umumnya, orang akan memilih senter dengan lumen yang tinggi. Di sisi lain, tingkat luminositas cahaya senter sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas Anda.


  • Senter berkekuatan 20–200 lumen sudah mencukupi untuk kebutuhan dasar. Pada level ini, senter cukup untuk dibawa hiking, camping, atau digunakan untuk kebutuhan pengamanan lingkungan. Dengan kekuatan 200 lm, senter Anda sudah mampu menyorot hingga jarak 250 meter.


  • Pada kekuatan 200–500 lumen, senter jarak jauh cocok untuk aktivitas outdoor di alam. Anda dapat membawanya untuk climbing, berburu, memancing, hingga berlayar. Petugas SAR juga dapat menggunakannya sebagai pendukung aktivitasnya.


  • Sementara itu, senter dengan luminositas 600 hingga lebih dari 1.000 lumen umumnya digunakan untuk tactical flashlight atau senter SWAT. Meskipun begitu, banyak juga yang menggunakannya untuk berburu, camping, dan kegiatan outdoor lainnya. Senter dengan kekuatan ini mampu menyorot hingga jarak 1 km lebih.

Perlu Anda ingat bahwa biasanya lampu senter dengan lumen yang besar atau kuat akan memerlukan daya yang besar pula. 

Kandela: Menentukan luas area yang mampu disorot oleh senter

Kandela: Menentukan luas area yang mampu disorot oleh senter

Berbeda dari lumen, kandela (cd) menentukan seberapa luas area yang disinari oleh senter Anda. Makin besar nilai kandelanya, makin luas pula area yang diterangi oleh cahaya senter. Yang perlu diperhatikan, luas area ini berbanding terbalik dengan jarak sorot senter Anda. Jadi, makin luas wilayah yang disinari, makin pendek juga jarak sorotnya.


  • Jika Anda menginginkan senter yang dapat menyorot hingga jarak jauh, pilih produk dengan nilai kandela kecil. Senter jarak jauh untuk berburu, search and rescue, serta hiking dan climbing membutuhkan jarak sorotan hingga beberapa ratus meter. Senter dengan nilai kandela kecil cocok untuk jenis aktivitas tersebut.


  • Sebaliknya, pilih senter yang nilai kandelanya besar jika Anda memakainya untuk kegiatan sehari-hari. Senter dengan nilai kandela besar mampu menyinari area lebih luas sehingga cocok untuk digunakan di rumah saat mati lampu. Selain itu, senter dengan kandela besar juga cocok dibawa di mobil. Jadi, Anda bisa berjaga-jaga saat mobil mogok di jalan dan perlu membetulkan mesinnya.

Sayangnya, tidak semua produk menginformasikan nilai kandelanya. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kini sudah banyak senter yang memiliki fitur zoom sehingga Anda dapat mengatur sendiri fokus cahaya senter Anda.

Pilih senter sesuai mode yang tersedia

Pilih senter sesuai mode yang tersedia

Senter pada umumnya memiliki tiga pengaturan intensitas cahaya, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Namun, beberapa produk juga memiliki mode strobe, SOS, serta beacon. Ketiga mode cahaya tersebut berguna ketika dalam situasi darurat.


Strobe mengeluarkan cahaya yang berkedip dengan cepat sehingga bisa dipakai untuk mengalihkan perhatian seseorang atau satwa liar. Mode SOS memancarkan cahaya dalam kode morse untuk memanggil bantuan. Sementara itu, beacon menghasilkan cahaya berkedip dengan tempo yang pelan untuk menandai posisi Anda saat sedang bergerak.

Cek durasi penggunaan dan jenis baterainya

Cek durasi penggunaan dan jenis baterainya

Ada senter yang menggunakan baterai sekali pakai, ada pula senter yang kompatibel dengan baterai isi ulang. Baterai sekali pakai adalah pilihan yang paling aman jika Anda akan berada di alam untuk waktu lama. Ini dikarenakan baterai isi ulang lebih cepat habis. Sebaliknya, baterai isi ulang lebih ekonomis dalam jangka panjang dan cocok untuk penggunaan sehari-hari.


Beberapa produk bahkan bisa menggunakan dua-duanya. Sebelum membeli senter, cari tahu juga durasi nyala senter. Jadi, Anda bisa lebih tenang jika membawa senter dengan durasi penggunaan yang lama. Jangan lupa untuk membawa baterai tambahan atau mengisi ulang baterai senter Anda sebelum berangkat.

Akan lebih bagus jika memilih yang tahan air dan bantingan

Akan lebih bagus jika memilih yang tahan air dan bantingan

Cuaca di luar bisa berubah secara tiba-tiba. Adakala Anda harus menggunakan senter dalam kondisi hujan. Karena itu, pilihlah produk yang tahan air. Untuk mengetahui apakah senter Anda antiair, cek rating IPX-nya.


IPX4 mengindikasikan bahwa senter dapat digunakan di lingkungan yang lembap atau saat hujan ringan. Sementara itu, senter bertanda IPX6 tidak akan rusak meski disemprot dengan air yang banyak. Jika Anda ingin menggunakan senter di dalam air, pilihlah produk dengan peringkat IPX8. Namun, jangan lupa untuk mengecek juga kedalaman air yang aman untuk senter Anda.


Beberapa produk memiliki label shock, drop, atau impact resistant pada bungkusnya. Artinya, apabila Anda tidak sengaja menjatuhkan senter pada ketinggian yang dicantumkan, senter tidak akan rusak. Senter jarak jauh yang bagus harus bisa tahan terhadap bantingan.

10 Rekomendasi senter jarak jauh terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senter jarak jauh terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

Gambar produk
1
Senter Selam Swat Police 1

2
Senter LED Flashlight USB Rechargeable 1

3
Xiaomi BEEbest LED Flashlight 1000 Lumens 1

Xiaomi

4
Joyko Rechargeable LED Flashlight 1

Joyko

5
Eiger Osbert Flashlight 1

Eiger

6
Sunrei Youdo5 Handy Motile Headlamp 1

Sunrei

7
Hike n Run Senter Outdoor Jarak Jauh 1

Hike n Run

8
Allefix Senter LED Cas Super Terang Jarak Jauh 1

Allefix

9
Vocoal Senter Mini Kecil LED 1

Vocoal

10
JETBeam T6 Pro Flashlight 1

JETBeam

Nama produk

Senter Selam Swat Police

Senter LED Flashlight USB Rechargeable

BEEbest LED Flashlight 1000 Lumens

Rechargeable LED Flashlight

Osbert Flashlight

Youdo5 Handy Motile Headlamp

Senter Outdoor Jarak Jauh

Senter LED Cas Super Terang Jarak Jauh

Senter Mini Kecil LED

T6 Pro Flashlight

Keunggulan

Terangi area menyelam dengan produk ini

Bahan bodinya kokoh! Tak khawatir saat terjatuh

Gowes ke kantor lebih aman dengan senter satu ini

Multifungsi! Bisa jadi senter sekaligus jadi powerbank!

Ringkas, praktis, dan mudah dioperasikan

Atur posisi lampu dan kecerahan sesuai kebutuhan

Senter kecil yang cocok untuk cuaca berkabut

Daya jangkau capai 2000 meter, cocok untuk beragam aktivitas

Cukup 3 jam! Baterai akan terisi penuh

Dibekali dengan fitur beacon agar Anda tidak tersasar

Harga mulai dariRp 157.000,00Rp 180.400,00Rp 325.000,00Rp 90.200,00Rp 189.000,00Rp 275.000,00Rp 340.000,00Rp 179.714,00Rp 127.900,00Rp 1.657.000,00
Kekuatan cahaya70–1200 lmTidak disebutkan1.000 lm300 lm200 lm2–215 lm70–1.000 lmTidak disebutkanTidak disebutkan30–4.350 lm・119.500 cd
Jarak pandang50–100 m600–1000 m365 m200 m200 m8–70 mSekitar 300 m pada cuaca berkabut2000 m1000 m750 m
Tipe bateraiBaterai isi ulang 18650Dua buah baterai isi ulang 186501 baterai 18650 (baterai tanam)Baterai isi ulang 18650 (baterai tanam)3 baterai AAA atau baterai isi ulang Li-ion 186503 baterai AAAIsi ulang dengan USB tipe CBaterai isi ulangIsi ulang4 baterai 18650
Durasi penggunaan1,5–10 jam3 jam39,5 jamTidak disebutkan3–6 jam8–135 jam4–50 jam8 jam3 jam1,8–300 jam
Jumlah mode5, termasuk strobe dan SOSTidak disebutkan6, termasuk strobe dan SOS3, termasuk strobe3, termasuk strobe6, termasuk SOS dan strobe5, termasuk SOS dan strobe4, termasuk SOS3, termasuk SOS7, termasuk SOS, strobe, dan beacon
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX8)Tahan air (IPX4) dan bantinganTahan air (IPX6) dan bantingan (1,5 m)Tidak disebutkanTidak disebutkanTahan air (IPX7)Tahan air (IPX4)Tahan airTahan air (IPX6)Tahan air (IPX8) dan bantingan (1,5 m)
Dimensi155 mm x 42 mm x 25 mm60 mm x 60 mm x 245 mm141 mm x 28 mm130 mm x 38 mm165 mm x 35 mm x 10 mm60 mm x 35 mm x 44 mm120 mm x 28 mm x 28 mm120 mm x 165 mm128 mm x 30 mm163 mm x 88 mm
Bobot160 gTidak disebutkan150 gTidak disebutkan100 g54 g130 gTidak disebutkanTidak disebutkan543 g
Tautan produk
10
Kekuatan cahaya30–4.350 lm・119.500 cd
Jarak pandang750 m
Tipe baterai4 baterai 18650
Durasi penggunaan1,8–300 jam
Jumlah mode7, termasuk SOS, strobe, dan beacon
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX8) dan bantingan (1,5 m)
Dimensi163 mm x 88 mm
Bobot543 g
9
Kekuatan cahayaTidak disebutkan
Jarak pandang1000 m
Tipe bateraiIsi ulang
Durasi penggunaan3 jam
Jumlah mode3, termasuk SOS
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX6)
Dimensi128 mm x 30 mm
BobotTidak disebutkan
8

AllefixSenter LED Cas Super Terang Jarak Jauh

COB 4

Mulai dari Rp 179.714,00

Kekuatan cahayaTidak disebutkan
Jarak pandang2000 m
Tipe bateraiBaterai isi ulang
Durasi penggunaan8 jam
Jumlah mode4, termasuk SOS
Tahan air dan bantinganTahan air
Dimensi120 mm x 165 mm
BobotTidak disebutkan
7

Hike n RunSenter Outdoor Jarak Jauh

NH20ZM007

Mulai dari Rp 340.000,00

Kekuatan cahaya70–1.000 lm
Jarak pandangSekitar 300 m pada cuaca berkabut
Tipe bateraiIsi ulang dengan USB tipe C
Durasi penggunaan4–50 jam
Jumlah mode5, termasuk SOS dan strobe
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX4)
Dimensi120 mm x 28 mm x 28 mm
Bobot130 g
6

SunreiYoudo5 Handy Motile Headlamp

Mulai dari Rp 275.000,00

Kekuatan cahaya2–215 lm
Jarak pandang8–70 m
Tipe baterai3 baterai AAA
Durasi penggunaan8–135 jam
Jumlah mode6, termasuk SOS dan strobe
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX7)
Dimensi60 mm x 35 mm x 44 mm
Bobot54 g
5
Kekuatan cahaya200 lm
Jarak pandang200 m
Tipe baterai3 baterai AAA atau baterai isi ulang Li-ion 18650
Durasi penggunaan3–6 jam
Jumlah mode3, termasuk strobe
Tahan air dan bantinganTidak disebutkan
Dimensi165 mm x 35 mm x 10 mm
Bobot100 g
4

JoykoRechargeable LED Flashlight

FL-85

Mulai dari Rp 90.200,00

Kekuatan cahaya300 lm
Jarak pandang200 m
Tipe bateraiBaterai isi ulang 18650 (baterai tanam)
Durasi penggunaanTidak disebutkan
Jumlah mode3, termasuk strobe
Tahan air dan bantinganTidak disebutkan
Dimensi130 mm x 38 mm
BobotTidak disebutkan
3

XiaomiBEEbest LED Flashlight 1000 Lumens

FZ101

Mulai dari Rp 325.000,00

Kekuatan cahaya1.000 lm
Jarak pandang365 m
Tipe baterai1 baterai 18650 (baterai tanam)
Durasi penggunaan39,5 jam
Jumlah mode6, termasuk strobe dan SOS
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX6) dan bantingan (1,5 m)
Dimensi141 mm x 28 mm
Bobot150 g
2

Senter LED Flashlight USB Rechargeable

XHP90.2 - JHS522X

Mulai dari Rp 180.400,00

Kekuatan cahayaTidak disebutkan
Jarak pandang600–1000 m
Tipe bateraiDua buah baterai isi ulang 18650
Durasi penggunaan3 jam
Jumlah modeTidak disebutkan
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX4) dan bantingan
Dimensi60 mm x 60 mm x 245 mm
BobotTidak disebutkan
1

Senter Selam Swat Police

T6 LED XZT 8760

Mulai dari Rp 157.000,00

Kekuatan cahaya70–1200 lm
Jarak pandang50–100 m
Tipe bateraiBaterai isi ulang 18650
Durasi penggunaan1,5–10 jam
Jumlah mode5, termasuk strobe dan SOS
Tahan air dan bantinganTahan air (IPX8)
Dimensi155 mm x 42 mm x 25 mm
Bobot160 g

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Selain mepertimbangkan hal-hal yang sudah dibahas di atas, Anda juga perlu memerhatikan switch on dan off pada senter. Switch atau tombol pada senter termasuk bagian yang paling penting. Setelah pemakaian yang lama, tombol bisa saja menjadi berkarat atau macet sehingga senter tidak bisa berfungsi saat dibutuhkan.


Saat ini, banyak produk yang letak tombolnya ada di belakang senter dan tidak mudah aktif. Dengan demikian, risiko tombol tergeser dan menyala oleh barang lain di dalam tas akan berkurang. Selain itu, sebaiknya baterai dikeluarkan dari senter saat akan disimpan. Namun, simpan keduanya dalam satu tempat agar Anda bisa cepat memasangnya kembali saat dibutuhkan.

Baca juga rekomendasi senter lainnya di sini

Senter jarak jauh adalah alat yang wajib dibawa jika Anda berencana untuk trekking, hiking, dan mungkin saat menyelam. Selain membahas senter jarak jauh, kami juga pernah membahas tentang senter jenis lainnya. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Senter jarak jauh bisa dipakai untuk berbagai kegiatan, seperti berburu, keamanan, serta hiking. Pilihlah senter dengan intensitas cahaya yang tinggi untuk mendapatkan jarak penglihatan yang lebih luas. Jangan lupa untuk mengecek mode lampu yang tersedia juga!


Selain itu, pastikan juga apakah lama penerangannya cukup untuk aktivitas yang hendak Anda lakukan. Jangan lupa untuk mengecek tipe baterai yang dipakai apakah bisa diisi ulang atau sekali pakai. Selamat beraktivitas dan stay safe!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang bagus di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas berbagai merek cooler box terbaik, seperti Rubbermaid, LION STAR, IGLOO, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini terus, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa angin adalah item yang digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, kolam renang mini, pelampung, dan lain-lain. Pompa angin sendiri ada berbagai jenis, mulai dari yang portabel, manual, hingga memiliki beberapa katup berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pompa angin yang bagus?Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi pompa angin terbaik seperti merek United dan Wheel Up. Tidak lupa kami juga akan memberitahukan cara memilih pompa angin yang tepat untuk Anda. Jadi, pastikan Anda membaca artikel kami sampai selesai, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda berencana pergi ke luar negeri saat musim salju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau down jacket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari merek The North Face, CONSINA, UNIQLO, dan lain sebagainya.Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan maupun yang mudah dilipat. Bukan hanya itu, kami juga akan memberitahukan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan down jacket yang bagus. Jadi, selamat menyimak dengan saksama, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Peluit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peluit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peluit adalah alat yang menghasilkan bunyi apabila ditiup. Peluit atau dikenal juga dengan sempritan memiliki banyak sekali manfaat. Sebagai contoh, untuk digunakan wasit dalam bidang olahraga, bermain siulan, memanggil hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Banyaknya variasi bentuk, warna, dan frekuensi peluit yang ada bisa jadi membuat Anda bingung menentukan pilihan. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan tips memilih peluit yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk peluit dari pelbagai merek terkenal seperti Acme, Molten, dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis dan temukan peluit favorit Anda. 
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kursi Lipat Outdoor Coleman / Coleman Chairs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Lipat Outdoor Coleman / Coleman Chairs Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Di antara banyak merek kursi lipat outdoor di pasaran, Coleman menjadi salah satu merek yang banyak digemari. Tentu saja ini karena produknya yang dikenal berkualitas dan nyaman digunakan. Kursi lipat outdoor yang ditawarkannya pun beragam, ada yang dilengkapi meja, drink holder, atau dapat dimiringkan sandarannya. Namun, dari semua model yang ada, manakah yang paling cocok untuk Anda? Untuk membantu Anda memilih, kali ini kami akan membagikan informasi tentang kursi lipat outdoor merek Coleman. Baca rekomendasi produknya dan temukan kursi lipat outdoor yang siap menemani Anda bersantai di alam bebas!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori