• 10 Merk Kaos Dalam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Kaos Dalam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Kaos Dalam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Kaos Dalam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Kaos Dalam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Kaos Dalam Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Mayoritas pria pasti menggunakan kaos dalam (undershirt) sebelum mengenakan kemeja. Salah satu fungsi utama dari kaos dalam adalah menyerap keringat agar tidak mengenai pakaian luar sehingga penampilan Anda tetap maksimal. Namun, masih banyak pria yang asal-asalan memilih kaos dalam. Penggunaan kaos dalam pun menjadi kurang efektif.


Karena itu, kami membuat tips cara memilih kaos dalam yang bagus untuk pria. Kami juga merekomendasikan kaos dalam pria branded dari merk Rider, GT Man, Marks & Spencer, hingga Crocodile. Anda bisa menemukan kaos dalam pria lengan pendek dengan harga terbaik. Selamat membaca, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 April 2022
Daftar isi

Ketahui perbedaan kaos dalam (undershirt) dengan T-shirt

Ketahui perbedaan kaos dalam (undershirt) dengan T-shirt

Apakah Anda termasuk salah seorang yang sering menggunakan T-shirt sebagai kaus dalam? Jika hal tersebut benar, Anda sebaiknya tidak mengulangi kebiasaan itu karena kaus dalam berbeda dengan T-shirt.


Bahan yang digunakan untuk membuat T-shirt cenderung lebih tebal dibandingkan kaus dalam. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa kurang nyaman ketika digunakan bersama kemeja. Selain itu, desain T-shirt dan kaus dalam juga berbeda, lho! Desain kaus dalam lebih panjang supaya dapat dimasukkan ke dalam celana. Lengannya pun lebih pendek agar tidak muncul ketika dipakai bersama kemeja pendek.


Hal lain yang membedakan kaus dalam dengan T-shirt adalah ukurannya. Kaus dalam biasanya didesain supaya pas di badan sehingga tidak membuat tubuh lebih berisi ketika dipakai. Sementara itu, kebanyakan T-shirt memiliki potongan yang agak longgar agar pas dengan berbagai bentuk tubuh. Desain T-shirt yang longgar mampu menutupi lemak berlebih di perut dan area lain di sekitar tubuh bagian atas.

Cara memilih kaos dalam untuk pria

Kaus dalam memiliki rib yang berbeda-beda dan bahan yang digunakan pun bervariasi. Hal tersebut mungkin membuat Anda kebingungan saat memilih kaus dalam. Untuk membantu Anda menemukan kaus dalam yang tepat, kami telah membuat poin-poin di bawah ini. Silakan Anda simak dengan saksama!

Sesuaikan dengan luaran yang akan digunakan

Kaus dalam yang ada di pasaran sering kali dilengkapi dengan rib berdesain V-neck dan crewneck. Sebelum memilih salah satu di antara kedua desain rib tersebut, ada baiknya Anda mencari tahu jenis luaran yang sering dikenakan. Dengan begitu, Anda tidak akan salah memilih kaus dalam.

V-neck, pas dipakai dengan kemeja tanpa dasi

V-neck, pas dipakai dengan kemeja tanpa dasi

Rib yang berbentuk V-neck cocok untuk Anda yang sering memakai kemeja tanpa dasi. Potongan yang menurun di bagian dada membuat kaus dalam tidak akan terlihat meski Anda membuka kancing paling atas kemeja. Namun, beberapa kaus dalam V-neck tetap akan terlihat ketika digunakan karena potongannya tidak terlalu rendah. Jadi, sebelum Anda membeli kaus dalam, Anda harus memastikan kedalaman rib-nya terlebih dahulu.


Beberapa dari Anda mungkin gemar membuka beberapa kancing atas kemeja karena panas atau alasan gaya. Jika demikian, Anda sebaiknya memilih kaus dalam dengan V-neck yang lebih dalam daripada kaus dalam model V-neck pada umumnya. Bagian rib biasanya cukup tebal dan bisa tercetak dengan jelas di balik kemeja. Jika hal tersebut dirasa mengganggu penampilan, Anda bisa mencari kaus dalam yang rib-nya tipis.

Crewneck, cocok digunakan bersama kemeja dan dasi

Crewneck, cocok digunakan bersama kemeja dan dasi

Anda harus memakai kemeja dan dasi ketika pergi ke kantor? Jika demikian, Anda bisa memilih kaus dalam model rib crewneck. Ketika Anda menggunakan dasi, kancing yang ada di bagian kerah pasti harus dikancingkan. Dengan demikian, pakaian yang telah digunakan oleh U.S. Navy sejak awal abad ke-20 ini tidak akan terlihat. Di pihak lain, kaus dalam yang tak terlihat saat dipakai akan membuat penampilan jadi lebih rapi.


Posisi rib berbentuk crewneck cenderung lebih tinggi. Akibatnya, bagian rib-nya akan terlihat dengan jelas pada saat Anda mengenakan kemeja tanpa dasi. Jika Anda tidak menyukainya, Anda sebaiknya menghindari kaus dalam crewneck. Namun, apabila Anda ingin memberikan kesan leher seimbang, Anda bisa menyampingkan aturan tersebut.

Sleeveless (tanpa lengan), lebih ringan ketika dikenakan

Sleeveless (tanpa lengan), lebih ringan ketika dikenakan

Sleeveless undershirts (kaus dalam tanpa lengan) memiliki desain leher yang rendah dan lebar sehingga Anda bisa menggunakannya bersama kemeja tanpa dasi. Namun, kaus dalam jenis ini akan terlihat dengan jelas ketika digunakan. Kelemahan lain dari kaus dalam jenis sleeveless adalah tidak mampu menyerap keringat yang berasal dari lipatan bawah lengan. Area lengan pada kemeja pun menjadi basah dan mengakibatkan penampilan jadi kurang maksimal.


Walaupun demikian, kaus dalam jenis ini tetap digemari banyak orang karena mampu menjaga ventilasi di area lengan dengan baik. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai lengan yang tumpang tindih saat mengenakan kemeja lengan pendek. Kaus dalam model sleeveless juga diklaim lebih nyaman karena lengan dapat bergerak dengan bebas.

Pilih warna kaos dalam yang sesuai

Pilih warna kaos dalam yang sesuai

Mayoritas kaus dalam untuk pria tersedia dalam warna putih. Sebenarnya, tak ada yang salah dengan warna putih, tetapi kaus dalam berwarna putih kadang bukan pilihan yang terbaik. Kaus dalam berwarna putih akan terlihat jelas ketika Anda mengenakan kemeja putih atau kemeja berwarna cerah. Di samping itu, area lengan pada kaus dalam warna putih juga lebih rentan terkena noda.


Anda yang sering beraktivitas memakai kemeja warna putih sebaiknya memilih kaus dalam yang sesuai warna kulit. Jika Anda memiliki kulit yang terang, Anda bisa memilih warna abu-abu muda atau krem. Namun, apabila Anda memiliki warna kulit yang lebih gelap, kaus dalam berwarna abu-abu gelap atau nuansa cokelat bisa menjadi pilihan tepat. Warna-warna tersebut akan tersamarkan saat dipakai bersama kemeja putih. 

Pastikan ukurannya pas di badan Anda

Pastikan ukurannya pas di badan Anda

Kaus dalam yang longgar mungkin terasa sejuk ketika dipakai. Akan tetapi, kaus dalam berukuran longgar akan membuat kemeja terlihat penuh karena adanya penumpukan di beberapa area, contohnya perut. Kaus dalam yang kebesaran juga dapat menimbulkan kerutan dan menyebabkan kemeja terlihat kurang rapi. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih ukuran kaus dalam yang pas di badan.


Meskipun demikian, Anda tetap harus memastikan sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik, ya! Anda juga harus menghindari kaus dalam yang terlalu ketat karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Ukuran rib di bagian leher juga sebaiknya sama besar dengan ukuran kerah kemeja saat dikancingkan. Jadi, leher Anda tidak akan terasa seperti tercekik. 


Apabila Anda masih ragu ketika memilih ukuran kaus dalam, Anda bisa memperhatikan ukuran lebar dada ataupun lingkar dadanya. Kaus dalam berukuran S biasanya memiliki lingkar dada 86–91 cm, sedangkan ukuran M memiliki lingkar dada 96–101 cm. Lingkar dada pada kaus dalam berukuran L dan XL biasanya 106–111 cm dan 116–121 cm. Jika ukuran lingkar dada Anda berada di antara dua ukuran, pilihlah ukuran yang besar.

Pilih yang terbuat dari bahan alami dan menyerap keringat

Pilih yang terbuat dari bahan alami dan menyerap keringat

Produsen kaus dalam pasti menggunakan bahan yang berbeda-beda ketika membuat kaus dalam. Dari sekian banyak bahan yang digunakan, Anda sebaiknya memilih bahan alami yang mampu menyerap keringat. Salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan adalah katun. Bahan ini terkenal memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik.


Selain bahan tersebut, Anda mungkin akan menemukan kaus dalam yang terbuat dari microfiber. Bahan ini tidak hanya mampu menyerap keringat dengan baik, tetapi juga mampu mengering dengan cepat. Keunggulan lain dari bahan microfiber adalah tidak mudah kusut, tidak mudah berubah bentuk, dan memiliki daya tahan yang baik.

10 Rekomendasi kaos dalam terbaik untuk pria

Kami telah menjabarkan poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih kaus dalam untuk pria. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk kaus dalam pria. Silakan Anda lihat semuanya dan pilihlah yang paling sesuai.

10

Ricky Putra GlobalindoGTman Singlet Pria

302B

Mulai dari Rp 55.000,00

ModelSleeveless, O-neck
WarnaPutih
Bahan100% katun
Ukuran Lingkar dada: 34 (84–92 cm), 36 (90–98 cm), 38 (96–104 cm), 40 (102–110 cm)
9

WGBV-neck Grey Underwear Kaos Pria Jumbo

Mulai dari Rp 119.000,00

ModelV-neck
WarnaAbu-abu
BahanKatun ribbed
UkuranLebar dada: XL–2XL (60 cm), 3XL–4XL (70 cm), 5XL–6XL (75 cm)
8

FlyManSporty Cross Tanktop

FMA 555

Mulai dari Rp 94.900,00

ModelSleeveless, crewneck
WarnaHItam, abu-abu, putih
BahanKatun
UkuranLebar dada: M (41 cm), L (43 cm), XL (45 cm), XL (47 cm)
7
ModelSleeveless, crewneck
WarnaMoka, putih tulang, hitam, biru muda, biru tua
BahanKatun
UkuranLingkar dada: S (75 cm), M (80 cm), L (85 cm), XL (90 cm)
6

MadelonLong John Pria Pakaian Dalam Musim Dingin

Art 101

Mulai dari Rp 380.000,00

ModelCrewneck
WarnaHitam, navy
BahanSpandeks
UkuranFree size
5

JockeyShort Sleeve R Neck Sport Undershirt

M-Sgvsps217A202

Mulai dari Rp 249.900,00

ModelCrewneck
WarnaSilver
BahanPoliester, spandeks
UkuranLingkar dada: S (91–97 cm), M (97–102 cm), L (107–112 cm), XL (117–122 cm)
4

ChameleonR Neck T-Shirt Microfiber

Mulai dari Rp 99.900,00

ModelCrewneck
WarnaNavy, oranye, dark grey, putih, hitam
Bahan100% mikrofiber
UkuranLebar dada: S (47 cm), M (48 cm), L (53 cm), XL (55 cm)
3

Marks & SpencerPremium Cotton V-Neck T-Shirt Vest

MSS1680A-T14

Mulai dari Rp 299.000,00

ModelV-neck
WarnaHitam, putih
Bahan46% modal, 46% katun, dan 8% elastane
UkuranLingkar dada: S (87–94 cm), M (97–102 cm), L (104–109 cm), XL (112–117 cm), XXL (119–125 cm)
2

Mulia Knitting FactoryRider Sport Tanktop Man

R226BP

Mulai dari Rp 67.900,00

ModelSleeveless, V-neck
WarnaPutih
Bahan100 % katun
UkuranLingkar dada: S (80–88 cm), M (86–94 cm), L (92–100 cm), XL (98–106 cm)
1
ModelSleeveless, crewneck
WarnaPutih
BahanKatun Cotton USA
UkuranLebar dada: S (41cm), M (43 cm), L (45 cm), XL (47 cm), XXL (51 cm)

Tabel perbandingan produk kaos dalam terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Byford Kaos Dalam Kerah Bulat 1

Byford

2
Mulia Knitting Factory Rider Sport Tanktop Man 1

Mulia Knitting Factory

3
Marks & Spencer Premium Cotton V-Neck T-Shirt Vest 1

Marks & Spencer

4
Chameleon R Neck T-Shirt Microfiber 1

Chameleon

5
Jockey Short Sleeve R Neck Sport Undershirt 1

Jockey

6
Madelon Long John Pria Pakaian Dalam Musim Dingin 1

Madelon

7
Crocodile Singlet Pria Jala 1

Crocodile

8
FlyMan Sporty Cross Tanktop 1

FlyMan

9
WGB V-neck Grey Underwear Kaos Pria Jumbo 1

WGB

10
Ricky Putra Globalindo GTman Singlet Pria 1

Ricky Putra Globalindo

Nama produk

Kaos Dalam Kerah Bulat

Rider Sport Tanktop Man

Premium Cotton V-Neck T-Shirt Vest

R Neck T-Shirt Microfiber

Short Sleeve R Neck Sport Undershirt

Long John Pria Pakaian Dalam Musim Dingin

Singlet Pria Jala

Sporty Cross Tanktop

V-neck Grey Underwear Kaos Pria Jumbo

GTman Singlet Pria

Keunggulan

Cotton USA membuat produk ini lebih lembut dan kuat

Teknologi shrunkenize mampu meminimalkan penciutan pada kaos dalam pria Rider

Nyaman dan sejuk ketika mengenakan kaos dalam pria branded ini

Mampu serap keringat dan mengeringkannya dengan cepat

Kainnya ringan dan stretch sehingga tak sesak saat dipakai

Cocok digunakan pada musim hujan karena lengannya panjang

Anda mudah gerah? Pakailah kaos dalam pria Crocodile ini

Tidak ada lagi sensasi tertarik di area punggung jika mengenakan kaos dalam ini

Kaos dalam ukuran jumbo untuk Anda yang bertubuh plus

Tingkatkan rasa nyaman dengan kaos dalam pria GT Man seamless

Harga mulai dariRp 129.900,00Rp 67.900,00Rp 299.000,00Rp 99.900,00Rp 249.900,00Rp 380.000,00Rp 21.800,00Rp 94.900,00Rp 119.000,00Rp 55.000,00
ModelSleeveless, crewneckSleeveless, V-neckV-neckCrewneckCrewneckCrewneckSleeveless, crewneckSleeveless, crewneckV-neckSleeveless, O-neck
WarnaPutihPutihHitam, putihNavy, oranye, dark grey, putih, hitamSilverHitam, navyMoka, putih tulang, hitam, biru muda, biru tuaHItam, abu-abu, putihAbu-abuPutih
BahanKatun Cotton USA100 % katun46% modal, 46% katun, dan 8% elastane100% mikrofiberPoliester, spandeksSpandeksKatunKatunKatun ribbed100% katun
UkuranLebar dada: S (41cm), M (43 cm), L (45 cm), XL (47 cm), XXL (51 cm)Lingkar dada: S (80–88 cm), M (86–94 cm), L (92–100 cm), XL (98–106 cm)Lingkar dada: S (87–94 cm), M (97–102 cm), L (104–109 cm), XL (112–117 cm), XXL (119–125 cm)Lebar dada: S (47 cm), M (48 cm), L (53 cm), XL (55 cm)Lingkar dada: S (91–97 cm), M (97–102 cm), L (107–112 cm), XL (117–122 cm)Free sizeLingkar dada: S (75 cm), M (80 cm), L (85 cm), XL (90 cm)Lebar dada: M (41 cm), L (43 cm), XL (45 cm), XL (47 cm)Lebar dada: XL–2XL (60 cm), 3XL–4XL (70 cm), 5XL–6XL (75 cm) Lingkar dada: 34 (84–92 cm), 36 (90–98 cm), 38 (96–104 cm), 40 (102–110 cm)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kaos dan baju atasan untuk pria lainnya di sini

Bagaimana pembahasan rekomendasi kaus dalam untuk pria dari kami? Semoga bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat. Pembahasan di artikel ini memang berfokus pada kaus dalam untuk pria. Apabila Anda memerlukan informasi tentang jenis kaus dan baju atasan lainnya, Anda bisa membuka tautan yang telah kami siapkan di bawah ini.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih kaus dalam, seperti jenis rib, ukuran, hingga bahan yang digunakan. Pada saat memilih jenis rib, Anda harus menentukan apakah kemejanya akan digunakan bersama dasi atau tidak.

 

Untuk urusan warna Anda sebaiknya memilih yang sesuai warna kulit agar kaus dalam tidak tercetak jelas di balik kemeja. Selesai sudah pembahasan mengenai kaus dalam untuk pria. Sekarang tiba giliran Anda untuk memilih dan menentukan pilihan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Celana Dalam Pria yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Celana Dalam Pria yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Memilih celana dalam yang tepat bagi pria adalah suatu hal yang krusial. Selain untuk melindungi bagian vital, celana dalam juga menentukan kenyamanan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Saat ini, celana dalam pria sudah banyak dijual dengan berbagai jenis dan bahan. Apakah Anda sedang mencari celana dalam pria atau sedang mencari hadiah untuk pasangan Anda?Agar tidak bingung menentukan pilihan, di artikel ini kami akan memberikan tips memilih celana dalam pria yang bagus. Ada berbagai rekomendasi produk dari merk-merk terkenal, seperti Giordano, Levi's, dan Jockey. Simak penjelasannya sampai tuntas, ya!
    Pakaian dalam pria
  • 10 Merk Celana Dalam Boxer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Dalam Boxer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Celana dalam boxer merupakan salah satu keperluan berpakaian yang dibutuhkan oleh pria. Sebagai celana dalam, boxer memiliki banyak pilihan yang fashionable dan nyaman dipakai. Namun, banyaknya pilihan boxer mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih celana dalam boxer pria terbaik secara detail. Kami pun akan memberi rekomendasi berbagai produk yang bagus, seperti merek GTman, UNIQLO, Rider, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, silakan simak ulasan berikut ini!
    Pakaian dalam pria
  • 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gerakan menggunakan sneakers lokal makin gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai percaya diri memakai sneakers dari brand lokal, seperti Ventela, Compass, atau Brodo. Ditambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik. Di beberapa kesempatan, launching produk sneakers lokal dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap brand lokal, bahkan tidak kalah dengan sneakers luar. Di artikel kali ini, kami akan membahas tips memilih sneakers lokal yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Yuk, ikuti pembahasannya! 
    Sepatu pria
  • 10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda diminta memilih satu celana yang bisa diandalkan untuk setiap kesempatan, celana chino-lah jawabannya. Awalnya, celana chino terbuat dari katun twill yang kemudian disebut “chino” dalam bahasa Spanyol. Saat ini, celana chino menjadi celana favorit pria karena bahannya yang kuat dan lentur.Tersedia dalam berbagai warna, celana chino juga mudah dikombinasikan untuk berbagai gaya. Kami akan membahas cara memilih celana chino serta merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Merek terkenal, seperti Erigo, Edwin Jeans, dan VENGOZ ada dalam daftar rekomendasi kami, lho. Mari temukan celana chino terbaik untuk Anda!
    Pakaian pria
  • 10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    Sneakers sudah menjadi bagian dari gaya berpakaian sehari-hari karena kenyamanannya di kaki. Dahulu, sneakers mungkin identik dengan harga yang tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak brand yang menghadirkan sneakers dengan harga terjangkau dan berkualitas.Agar tidak salah pilih, simak artikel ini untuk mengetahui tips memilih sneakers terbaik dengan harga yang terjangkau. Temukan juga berbagai rekomendasi merek sneakers yang bagus untuk pria, seperti NAH Project, Reebok, dan Bata. Ikuti terus pembahasannya dan tentukan sneakers favorit Anda di sini!
    Sepatu pria
  • 10 Baju Gym Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Gym Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kurang berolahraga akan menurunkan stamina, kekuatan, serta massa otot bagi pria. Itulah sebabnya banyak pria rajin melatih tubuh di pusat kebugaran. Namun, Anda memerlukan pakaian training yang nyaman untuk menunjang aktivitas berolahraga. Ada banyak merek baju gym atau sportswear lokal pria yang bagus untuk dipilih.Kami akan berbagi tips memilih jenis pakaian olahraga pria, baik kaos running maupun celana training untuk pemula. Temukan juga rekomendasi brand lokal pakaian olahraga pria, seperti Tiento, FLEXZONE, SFIDN FITS, dan MILLS. Merek luar yang populer, yakni adidas dan 2XU, juga ada di sini.
    Pakaian pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori