1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Aksesori komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Uninterruptible Power Supply Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Uninterruptible power supply (UPS) adalah perangkat yang berfungsi mengamankan data-data di komputer ketika tiba-tiba mati listrik. Saat listrik padam, UPS menjadi sumber listrik sementara sehingga Anda dapat mem-backup data-data Anda. Anda pun bisa mematikan PC secara normal sehingga akan meminimalkan kerusakan.


Kali ini kami akan mengulas poin penting dalam memilih UPS terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek UPS yang bagus, seperti Prolink, ICA, dan APC. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Jika Anda sedang mencari UPS, bacalah artikel ini hingga akhir!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Yustisia Putri

Yustisia Putri, akrab dipanggil Yusti, adalah mahasiswa Fakultas Psikologi dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Berkat keahliannya dalam menulis, ia pernah bekerja paruh waktu sebagai guru les privat. Semasa kuliah, ia juga aktif dalam organisasi jurnalistik dan paduan suara. Kini, ia bekerja sebagai freelance content writer di mybest Indonesia sembari berkuliah. Dalam waktu senggangnya, ia senang bermain game di komputer dan laptop. Yusti juga pernah merakit komputer dan memiliki pemahaman yang cukup tentang komputer. Selain itu, Yusti juga hobi menyanyi dan mengolah musik di komputer. Yusti pun sering menghabiskan waktu di depan komputernya untuk bermain game dan mengedit lagu.

Profil Yustisia Putri
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 18 Januari 2023)

Apa itu UPS?

Apa itu UPS?

UPS adalah perangkat yang dapat mencegah kerusakan peralatan elektronik saat aliran listrik tiba-tiba terputus. Perangkat ini sangat berguna untuk Anda yang bekerja menggunakan PC atau komputer. Ada beberapa fungsi UPS yang harus Anda ketahui di bawah ini.


  • Saat listrik tiba-tiba padam, UPS berfungsi untuk menjaga komputer tetap menyala selama beberapa waktu. Dengan demikian, Anda memiliki cukup waktu untuk menyimpan data-data penting yang sedang Anda kerjakan agar tidak hilang.

  • Ada pula UPS yang dipasang di dalam gedung dan bekerja dalam skala besar. Jenis UPS ini berfungsi untuk mem-backup lift agar tidak berhenti di tengah-tengah saat listrik padam.

  • UPS juga dapat menjadi backup sementara untuk Anda yang menggunakan genset. Saat listrik padam, ada jeda waktu yang cukup untuk Anda menyalakan genset. UPS menjadi sumber listrik sementara pada jeda waktu tersebut. Jadi, berbagai peralatan elektronik di dalam gedung bisa berfungsi dengan aman hingga genset menyala.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih uninterruptible power supply

Selanjutnya, kami akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli UPS. Anda dapat menjadikan poin-poin berikut sebagai panduan untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

① Sesuaikan jenis UPS dengan kebutuhan Anda

Ada beberapa jenis UPS yang beredar di pasaran. Tiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui setiap tipe UPS yang tersedia dan mencocokkannya dengan kebutuhan Anda.

Standby UPS, harga terjangkau untuk penggunaan personal

Standby UPS, harga terjangkau untuk penggunaan personal

Standby UPS sering digunakan untuk penggunaan pribadi. UPS ini biasanya dipakai untuk mem-backup beberapa komputer saja. Saat listrik padam atau aliran tidak stabil, UPS akan otomatis mengambil alih arus listrik. Karena digunakan untuk skala kecil, ukuran UPS ini lebih kecil serta harganya pun terjangkau. Sayangnya standby UPS saat ini sudah sulit ditemukan di Indonesia.

Line-interactive UPS, voltase lebih stabil dan tahan lama

Line-interactive UPS, voltase lebih stabil dan tahan lama

Line-interactive UPS didesain untuk infrastruktur bisnis berskala kecil, pengembang web, hingga server pemerintah. Tipe UPS ini memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi dan mampu menyesuaikan tegangan dengan cukup baik.

Jenis UPS ini juga dilengkapi sistem yang dapat melindungi komponen ketika terjadi power surges. Dengan begitu, UPS dan perlengkapan elektronik Anda tetap aman saat terjadi kenaikan voltase mendadak. Tentunya tipe UPS ini cocok digunakan di tempat dengan kondisi listrik yang tidak menentu.

Online UPS, kapasitas penggunaan untuk skala besar

Online UPS, kapasitas penggunaan untuk skala besar

Untuk penggunaan dalam skala besar, Anda membutuhkan online UPS. Jenis UPS ini paling banyak digunakan untuk tegangan 5 kVA ke atas. Ada dua jenis online UPS, yakni double conversion online dan delta conversion online. Karena digunakan untuk kebutuhan berskala besar, ini merupakan tipe UPS dengan harga yang mahal.


Double conversion online mampu menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan dengan sangat baik. Jenis double conversion juga mudah disambungkan secara paralel. Delta conversion online juga memiliki penyesuaian voltase yang baik.


Kelebihan lainnya, jenis UPS ini mampu meminimalkan energi yang terbuang sehingga memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Delta conversion juga kompatibel dengan banyak jenis generator.


Untuk penggunaan dalam skala besar, Anda membutuhkan online UPS. Jenis UPS ini paling banyak digunakan untuk tegangan 5 kVA ke atas. Kelebihan online UPS adalah mampu meminimalkan energi yang terbuang sehingga memiliki tingkat efisiensi yang tinggi.


Karena digunakan untuk kebutuhan berskala besar, produk ini merupakan tipe UPS dengan harga yang tinggi. Ada dua jenis online UPS, yakni double conversion online dan delta conversion online.


  • Double conversion online mampu menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan dengan baik. Jenis double conversion juga mudah disambungkan secara paralel.

  • Delta conversion online memiliki penyesuaian voltase yang baik. Selain itu, delta conversion kompatibel dengan banyak jenis generator.

② Hitung jumlah daya yang dibutuhkan oleh peralatan yang tersambung

Hitung jumlah daya yang dibutuhkan oleh peralatan yang tersambung

Ketahuilah kapasitas UPS agar bisa memenuhi kebutuhan Anda. Jika daya perangkat Anda lebih besar daripada UPS, perangkat tersebut tidak dapat beroperasi. Sebaliknya, banyak daya yang terbuang sia-sia jika kapasitas UPS terlalu besar.


Selain mengetahui kapasitas UPS, Anda perlu mengetahui power factor UPS. Keterangan mengenai kapasitas dan power factor biasanya bisa ditemukan pada spesifikasi produk.


Kapasitas UPS ditandai dengan satuan kVA (kilo-volt ampere). Idealnya UPS dengan 1 kVA berarti mampu menyalurkan 1.000 volt ampere. Namun, daya (watt) yang dapat digunakan dari UPS adalah sekitar 50% hingga 100%. Hal ini tergantung dari power factor-nya. Misalnya, daya yang dapat digunakan pada UPS 1 kVA dengan power factor 0,6 adalah sekitar 600 watt.

③ Pertimbangkan juga durasi waktu operasi UPS

Pertimbangkan juga durasi waktu operasi UPS

Sebagai sumber daya sementara, durasi operasi UPS saat listrik padam tidak terlalu lama. Beberapa UPS hanya mampu membuat komputer menyala selama 5–15 menit. Waktu yang singkat tersebut digunakan untuk menyimpan pekerjaan Anda dan mematikan perangkat komputer dengan benar.


Dengan UPS, file pekerjaan Anda tidak hilang dan komputer Anda tidak cepat rusak. Jika Anda bekerja dengan banyak aplikasi berat, kami merekomendasikan UPS dengan waktu operasi yang lama.

④ Pilih UPS dengan baterai yang awet dan tahan lama

Pilih UPS dengan baterai yang awet dan tahan lama

Seiring dengan waktu pemakaiannya, kemampuan baterai UPS menjadi menurun. Apabila hal itu terjadi, performa UPS juga menurun. Jika Anda ingin UPS dengan pemakaian yang lebih lama, pertimbangkanlah memilih produk dengan baterai yang bisa diganti. Saat baterai yang lama sudah aus, Anda dapat menggantinya dengan baterai baru.


Ada beberapa jenis baterai yang digunakan pada UPS, yakni valve regulated lead acid (VRLA), baterai flooded cell atau VLA, dan lithium-ion. Untuk penggunaan dalam waktu yang lama, kami merekomendasikan produk dengan baterai lithium-ion. Baterai lithium-ion memiliki ukuran yang kecil dengan bobot yang ringan.


Lithium-ion juga memiliki manajemen baterai yang terintegrasi. Dengan begitu, baterai mampu mengatur keseimbangan arus muatan, voltase sel, hingga mengatasi UPS panas. Namun, UPS dengan baterai lithium-ion memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya.

10 Rekomendasi uninterruptible power supply terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk uninterruptible power supply terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Laplace

Triden 850

Laplace Triden 850 1枚目

Kinerjanya efisien berkat fitur Boost and Buck!

2

APC by Schneider Electric

BVX700LUI-MS

APC by Schneider Electric BVX700LUI-MS 1枚目

Tegangannya pas sebagai UPS untuk CCTV dan Modem Wi-Fi

3

Kenika

KE-600 VA

Kenika KE-600 VA 1枚目

Solusi hemat untuk melindungi PC

4

GPOWER

GP200

GPOWER GP200 1枚目

Menawarkan beragam perlindungan dengan smart multiple protection

5

Inforce

UPS 1200WA

Inforce UPS 1200WA 1枚目

Bisa menyesuaikan dengan segala situasi berkat auto sensing frequency

6

PROLINK

PRO700SFC

PROLINK PRO700SFC 1枚目

Charging lebih cepat dengan manajemen baterai yang cerdas

7

Micropack

MFU-1200

Micropack MFU-1200 1枚目

Aman untuk si kecil berkat penutup soket

8

CyberPower

BU650E

CyberPower BU650E 1枚目

Backup perangkat gaming Anda agar lebih aman!

9

ICA

UPS SE 3100

ICA UPS SE 3100 1枚目

Kapasitas mumpuni untuk backup mesin berdaya besar

10

CyberPower

OLS1000EA

CyberPower OLS1000EA 1枚目

Cocok untuk penggunaan di kantor berkat pure sine wave output

Perincian produk
Close
No.1

Kinerjanya efisien berkat fitur Boost and Buck!

Kelebihan:

  • Terdapat fitur Boost and Buck yang mengalirkan listrik lebih kencang dan efisien
  • Ada fitur auto restart sehingga tidak perlu repot menekan tombol ketika ingin melakukan restart komputer

Kekurangan:

  • Ada review pembeli yang mengatakan bahwa tidak ada lampu indikator charging sehingga sulit mengetahui apakah baterainya sudah penuh

Laplace Trident 850 merupakan UPS yang multifungsi untuk PC. Tidak hanya sebagai backup daya listrik, UPS ini dilengkapi AVR dengan teknologi Boost and Buck. Tegangan listrik yang diberikannya lebih kencang dan efisien.


Selain itu, uninterruptible power supply ini memiliki teknologi auto restart sehingga Anda tidak perlu repot menekan tombol. Jika Anda ingin kinerja komputer yang lebih efisien, pilih produk ini.

No.2

APC by Schneider ElectricBVX700LUI-MS

Mulai dari Rp937.000,00

Tegangannya pas sebagai UPS untuk CCTV dan Modem Wi-Fi

Kelebihan:

  • Dapat menyala dalam waktu yang lama untuk modem Wi-Fi dan CCTV
  • Terdapat port USB di bagian depan untuk mengecas daya gadget

Kekurangan:

  • Beberapa review pembeli mengatakan bahwa UPS cepat panas

Produk ini dikenal sebagai salah satu UPS terbaik untuk modem Wi-Fi dan CCTV. Hal ini karena kapasitas dayanya awet untuk menjaga modem Wi-Fi dan CCTV agar tetap bekerja. Uninterruptible power supply ini bahkan memiliki port USB di bagian depan untuk mengecas gadget Anda.


Dengan segala kemudahannya, UPS listrik rumah ini cocok bagi Anda yang sering work from home. Anda dapat melakukan virtual meeting di laptop atau PC tanpa perlu takut jaringan terputus.

No.3

Solusi hemat untuk melindungi PC

Kelebihan:

  • Harganya ekonomis jika dibandingkan UPS lain dengan fitur serupa

Kekurangan:

  • Kapasitasnya kecil, kurang cocok untuk perangkat berdaya besar

Apakah Anda sedang mencari rekomendasi UPS untuk PC, tetapi terbatas oleh dana? Kalau begitu, Anda bisa mempertimbangkan salah satu UPS terbaik untuk PC ini. KENIKA KE-600 VA merupakan uninterruptible power supply dengan harga terjangkau sekaligus kemampuan yang baik. Produk ini bahkan tidak hanya bisa berfungsi sebagai backup daya, tetapi juga stabilisator tegangan listrik.

No.4

Menawarkan beragam perlindungan dengan smart multiple protection

Kelebihan:

  • Dilengkapi smart multiple protection yang memberikan perlindungan ekstra

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa tegangannya kurang stabil untuk perangkat dengan motor

Bila Anda menginginkan rekomendasi uninterruptible power supply yang ekstra aman, produk ini dapat diandalkan. GPOWER GP200 memiliki smart multiple protection yang bisa menjaga UPS dari segala masalah. Proteksi tersebut meliputi surge, short circuit protection, battery overcharge, overload, dan lainnya. Ragam proteksinya melindungi Anda dari bahaya korsleting listrik, overcharge, serta daya listrik yang kurang stabil.

No.5

Bisa menyesuaikan dengan segala situasi berkat auto sensing frequency

Kelebihan:

  • Frekuensinya dapat disesuaikan dengan perangkat yang terhubung

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur soft start sehingga kurang cocok untuk rumah dengan tegangan listrik rendah

Bagi Anda yang mencari uninterruptible power supply untuk berbagai perangkat, Inforce UPS 1200WA bisa dipertimbangkan. Salah satu UPS stabilizer terbaik untuk komputer ini memiliki auto sensing frequency. Jadi, frekuensinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Produk ini memiliki dua mode untuk penggunaan yang berbeda. Mode pure sine wave bisa digunakan pada perangkat dengan konverter AC ke DC, seperti perangkat bermotor. Sementara itu, mode simulated sine wave cocok sebagai UPS untuk laptop, PC, dan peralatan elektronik lainnya.

No.6

Charging lebih cepat dengan manajemen baterai yang cerdas

Kelebihan:

  • Ada fitur fast charging sehingga daya terisi lebih cepat ketika baterai UPS habis

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan UPS akan panas ketika digunakan dalam waktu yang lama

PROLINK PRO700SFC menawarkan fitur fast charging. Baterai dari uninterruptible power supply ini dapat terisi hingga 90% dalam jangka waktu 2–4 jam. Dengan begitu, produk ini menjadi salah satu UPS terbaik untuk dipilih jika listrik di rumah Anda sering mati. Produk ini juga dilengkapi soket universal. Jadi, perangkat yang kompatibel dengannya makin beragam.

No.7

Aman untuk si kecil berkat penutup soket

Kelebihan:

  • Ada fitur pengaman soket khusus untuk menghindari bahaya sengatan listrik

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan untuk peralatan elektronik dengan motor

Jika Anda memiliki home office, tentunya si kecil pernah menjamah perangkat komputer Anda. Nah, kami punya rekomendasi UPS yang bagus untuk situasi tersebut. Agar Anda tidak perlu khawatir anak tersengat listrik, uninterruptible power supply dari Microlink ini hadir dengan pengaman soket. Jadi, anak Anda dapat leluasa bermain ketika Anda sedang bekerja.

No.8

Backup perangkat gaming Anda agar lebih aman!

Kelebihan:

  • Cocok untuk konsol game karena tegangannya tidak terlalu tinggi


Kekurangan:

  • Ada beberapa review yang mengatakan bahwa dayanya mudah naik dan turun

Apakah Anda mencari UPS untuk gaming device? Jika iya, silakan lirik produk ini. CyberPower BU650E cocok untuk segala jenis perangkat game Anda, dari PC hingga konsol. Saat arus listrik terputus, perangkat gaming Anda lebih terlindungi.


Kelebihan lain uninterruptible power supply ini adalah kompatibel dengan sumber listrik genset. Untuk Anda yang memiliki genset di rumah, tentu fitur ini akan membantu. Produk ini pun bisa digunakan sebagai UPS untuk banyak komputer, lho. Hal itu karena produk ini menawarkan tiga outlet.

No.9

Kapasitas mumpuni untuk backup mesin berdaya besar

Kelebihan:

  • Memiliki daya yang besar sehingga cocok untuk mesin yang besar

Kekurangan:

  • Harganya cenderung lebih tinggi dari UPS lain dengan fitur serupa

ICA memproduksi uninterruptible power supply dengan kapasitas daya yang besar. UPS SE 3100 berkapasitas 3 kVA. Jadi, produk ini dapat menjadi sumber listrik sementara untuk mesin percetakan dan mesin dengan daya besar lainnya.


Selain kapasitas dayanya besar, produk ini memiliki performa yang baik. Hal ini berkat dua buah kipas yang menjaga UPS tetap dingin saat sedang digunakan. Karena itu, produk ini cocok bagi Anda yang butuh rekomendasi UPS untuk kebutuhan industri.

No.10

CyberPowerOLS1000EA

Mulai dari Rp5.150.000,00

Cocok untuk penggunaan di kantor berkat pure sine wave output

Kelebihan:

  • Menghasilkan pure sine wave output yang cocok untuk perangkat dengan motor

Kekurangan:

  • Tidak menawarkan simulated sine wave sehingga kurang cocok untuk penggunaan di rumah

Uninterruptible power supply ini didesain untuk segala jenis perangkat dengan motor. Hal ini karena CyberPower OLS1000EA menghasilkan pure sine wave. Produk ini pun cocok untuk perangkat yang memakan daya, seperti server. Jadi, penggunaannya cukup fleksibel. Produk ini juga lengkap dengan kipas yang antibising untuk sirkulasi udara. Jika Anda butuh UPS untuk digunakan di kantor, jangan lewatkan produk ini.

Baca juga rekomendasi aksesori komputer lainnya di sini

Agar penggunaan PC menjadi lebih nyaman, ada beberapa aksesori komputer yang bisa Anda miliki selain UPS. Anda juga dapat menambahkan printer, wrist rest, dan USB hub. Jika Anda membutuhkan artikelnya, silakan kunjungi tautan-tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

UPS merupakan perlengkapan penting untuk Anda yang sering menggunakan PC, terlebih jika aliran listrik di rumah Anda tidak stabil. Dengan adanya UPS, perangkat komputer Anda menjadi lebih awet.


Saat ini ada banyak merek UPS yang tersedia di pasaran dengan spesifikasi dan harga yang bervariasi. Jika Anda bingung, Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan untuk mencari rekomendasi UPS. Semoga Anda dapat menemukan UPS terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer