• 10 Rekomendasi Curved Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Curved Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Curved Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Curved Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Curved Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Curved Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, banyak curved monitor berspesifikasi tinggi dapat Anda temukan. Salah satunya adalah curved monitor dengan refresh rate 144 Hz ke atas. Jenis monitor ini didesain untuk gaming dan editing. Ukuran curved monitor juga bervariasi, mulai dari 24 inci, 27 inci, 32 inci, hingga 49 inci.


Ada banyak merk curved monitor yang bagus di pasaran, seperti Samsung, ASUS, AOC, Xiaomi, msi, dan LG. Tergantung spesifikasinya, Anda juga dapat memilih curved monitor dengan harga murah. Jika Anda sedang mencari curved monitor, simaklah tips memilih curved monitor pada artikel ini. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 21 Mei 2021
  • 1.375 Views
Daftar isi

Cara memilih curved monitor terbaik

Sebelum memilih curved monitor, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Bacalah dengan saksama tiap-tiap poinnya sebagai acuan agar Anda mendapatkan jenis dan spesifikasi curved monitor yang sesuai. 

Pilih curved monitor sesuai dengan kebutuhan Anda

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis monitor makin berkembang dan bervariasi. Ada yang menggunakan monitor untuk keperluan pekerjaan kantor, tugas sekolah, gaming, dan lainnya. Maka dari itu, spesifikasi dan jenis monitor yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Anda perlu mengetahui jenis keperluan Anda sehingga dapat menentukan spesifikasi monitor yang tepat. 

Gaming, periksa nilai refresh rate dan response time-nya

Gaming, periksa nilai refresh rate dan response time-nya

Jika Anda mencari curved monitor untuk gaming, perhatikan nilai refresh rate dan response speed-nya. Dua hal ini memengaruhi kualitas dan tingkat ketajaman tampilan visual dari monitor.


Refresh rate memengaruhi tingkat kemulusan gerakan gambar yang ditampilkan curved monitor. Makin tinggi nilai refresh rate, makin halus juga gambar yang ditampilkan. 


Untuk kebutuhan gaming, kami menyarankan menggunakan monitor dengan refresh rate 144 Hz ke atas. Dengan begitu, gerakan gambar akan terlihat halus dan minim lag. Anda pun dapat lebih fokus saat gaming.


Sementara itu, response speed menunjukkan kecepatan dan kemampuan monitor dalam mengubah warna. Berbanding terbalik dengan refresh rate, makin rendah nilai response time, kualitas gambar yang ditampilkan monitor makin baik. 


Nilai response time yang rendah ini menunjukkan after image atau gambar sebelumnya yang muncul makin sedikit. Agar dapat menikmati keindahan visual dan ketepatan gerakan saat gaming, pilihlah monitor dengan response time 1 ms.

Profesional, gunakanlah monitor dengan ukuran, aspek rasio, dan resolusi yang besar

Profesional, gunakanlah monitor dengan ukuran, aspek rasio, dan resolusi yang besar

Curved monitor juga sering digunakan untuk kebutuhan profesional, khususnya untuk Anda yang bekerja sebagai video editor. Untuk kebutuhan profesional, kami merekomendasikan curved monitor dengan ukuran dan aspek rasio yang besar. 


Pada umumnya, monitor bisa memiliki aspek rasio 16:9. Namun, untuk curved monitor, Anda dapat memilih aspek rasio yang lebih besar, mulai dari 21:9 hingga 32:9. Dengan spesifikasi tersebut, area kerja monitor Anda lebih besar. Anda pun bisa melakukan editing video lebih detail.


Untuk editing video, gunakanlah monitor dengan resolusi tinggi FHD ke atas. Video beresolusi tinggi akan menghasilkan kualitas yang lebih memuaskan. Namun, monitor resolusi tinggi ini membutuhkan CPU dengan spesifikasi tinggi. Anda juga perlu menyesuaikan dengan CPU yang Anda miliki. Selain itu, jenis monitor ini juga memiliki harga yang cukup mahal.

Periksa nilai screen curvature yang dimiliki monitor

Periksa nilai screen curvature yang dimiliki monitor

Sebelum membeli curved monitor, Anda perlu memperhatikan nilai screen curvature (kelengkungan monitor). Screen curvature juga akan menentukan jarak pandang yang optimal.


Biasanya, screen curvature pada monitor antara 1.800 R hingga 4.000 R. R di sini merupakan lambang dari jari-jari, sedangkan angka sebelumnya merupakan panjang jari-jari dalam milimeter. Nilai tersebut juga sebagai tanda jarak pandang maksimum yang disarankan.


Misalnya, monitor dengan screen curvature 3.000 R berarti radius monitor lengkung tersebut adalah 3.000 mm atau tiga meter. Dengan begitu, posisi Anda dan curved monitor dianjurkan tidak lebih dari tiga meter. Jika Anda melebihi angka itu, pengalaman menggunakan curved monitor menjadi kurang sempurna.

Cek jenis panel yang dipasang pada curved monitor

Ada dua jenis panel yang dipasang pada curved monitor, yakni IPS (in-plane switching) dan VA (vertical alignment). Kami akan menjelaskan karakteristik dan keunggulan tiap-tiap panel ini. 

IPS, koleksi warna pada monitor lebih luas dan detail

IPS, koleksi warna pada monitor lebih luas dan detail

Panel IPS (in-plane switching) merupakan jenis panel yang dikembangkan oleh LG. Jenis panel ini memiliki view angle yang besar dengan gamut warna yang bagus. Bahkan, panel IPS mempunyai gamut warna terluas yang biasanya digunakan di bioskop digital. Perpaduan view angle yang besar dan gamut warna luas ini membuat tampilan warna panel IPS tidak berubah. 


Karena karakteristiknya tersebut, jenis panel ini direkomendasikan untuk para content creator dan desainer. Selain itu, panel IPS juga menawarkan sensasi bermain game yang menyenangkan. Jika Anda dapat mentoleransi masalah-masalah kecil, panel IPS akan memberikan sensasi bermain yang lebih nyata. Anda juga akan dimanjakan dengan grafis dan visual yang kaya warna.

VA, contrast ratio lebih tinggi memberikan warna hitam yang dalam

VA, contrast ratio lebih tinggi memberikan warna hitam yang dalam

Vertical alignment (VA) merupakan jenis panel yang paling banyak digunakan pada curved monitor. Jenis panel VA mempunyai rasio kontras yang sangat baik sehingga menawarkan warna hitam yang sangat baik pula. 


Selain itu, panel VA ini memiliki view angle dan warna yang cukup baik meskipun masih di bawah IPS panel. Jenis panel VA juga mampu menggunakan refresh rate yang tinggi. Oleh karena itu, panel VA disukai oleh gamer yang bermain game dengan beragam genre.

Periksa juga konektor input yang terpasang pada monitor

Meski bersifat tambahan, kami menyarankan Anda untuk memeriksa jenis dan jumlah port konektor input yang tersedia. Biasanya, port konektor utama yang sering digunakan adalah port yang ada di CPU. Meskipun demikian, port konektor pada monitor membantu Anda menggunakan perangkat-perangkat lainnya dengan lebih praktis.


Umumnya, monitor-monitor ini mempunyai port HDMI, DisplayPort, USB-C, dan audio jack. Ada juga beberapa produk yang mempunyai port USB. Jika Anda sering menggunakan HDMI dan DisplayPort, ada baiknya Anda memeriksa dan memilih versi port terbaru. Anda pun dapat memutar video dengan resolusi tinggi. 

Lihat juga fitur lain yang melindungi mata Anda

Saat memilih monitor, Anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur yang melindungi mata Anda. Dengan begitu, Anda dapat tetap fokus dan mata Anda tetap sehat meskipun melihat layar dalam waktu lama. 

Flicker-free, kurangi kedipan layar monitor

Flicker-free, kurangi kedipan layar monitor

Biasanya, monitor LCD konvensional berkedip (flicking) sangat cepat. Dalam satu detik, monitor berkedip 250 kali sehingga tidak terlihat langsung oleh mata. Dengan acuan tersebut, apabila Anda melihat monitor selama 8 jam, mata Anda melihat sekitar 5,8 juta flicker. Tingkat exposure flicker yang tinggi ini akan berdampak serius pada kesehatan mata. Mata Anda akan cepat lelah sehingga kinerja Anda menjadi menurun.


Jika Anda menggunakan monitor dalam waktu yang lama, sebaiknya carilah monitor yang dilengkapi teknologi flicker-free. Fitur ini berfungsi untuk memastikan gambar tidak berkedip sehingga dapat mengurangi tekanan pada mata. Saat digunakan dalam waktu yang lama, mata Anda juga tidak cepat lelah.

Low blue light, lebih aman saat menggunakan monitor dalam waktu lama

Blue light merupakan jenis cahaya dari monitor yang dianggap berbahaya untuk mata. Saat Anda menggunakan monitor dalam waktu yang lama, blue light akan memengaruhi makula retina. Blue light diketahui dapat menekan produksi hormon melatonin sehingga Anda dapat mengalami gangguan tidur. Selain itu, blue light juga bisa menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan mata Anda.


Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memilih monitor yang memiliki fitur low blue light. Fitur ini dapat menyaring blue light sehingga saat menggunakan monitor, mata Anda terlindungi. Fitur low blue light diketahui efektif melindungi mata dari kelelahan, kekeringan, dan ketegangan. Fitur ini juga mampu mempertahankan kinerja warna yang nyata pada gambar yang tampil di layar monitor Anda.

Ergonomic stand, sudut yang lebih fleksibel untuk kenyamanan Anda

Kami menyarankan Anda memilih produk dengan stand monitor yang ergonomis sehingga posisinya dapat disesuaikan. Karena postur tubuh tiap-tiap pengguna berbeda, mereka mempunyai posisi nyamannya masing-masing saat di depan monitor. Jika stand monitor lebih fleksibel, Anda juga dapat dengan mudah mengatur posisi duduk dan meja kerja Anda.


Ada empat fungsi penyesuaian sudut pada monitor, yakni tilt, height, swivel, dan pivot. Fungsi tilt membuat monitor bisa dimiringkan ke depan atau ke belakang. Fungsi height memungkinkan ketinggiannya diubah, menjadi lebih tinggi atau lebih pendek.


Fungsi swivel membuat layar dapat digeser dari kiri atau kanan maupun sebaliknya. Kemudian, fungsi pivot memungkinkan Anda memutar layar hingga 90 derajat. Layar monitor pun dapat berubah dari lanscape menjadi portrait atau sebaliknya.

10 Rekomendasi curved monitor terbaik

Selanjutnya, kami memberikan sederet produk-produk rekomendasi yang bisa Anda temukan di pasaran. Bacalah dengan teliti spesifikasi dan keunggulan setiap produk curved monitor. Kemudian, temukanlah produk yang cocok sesuai acuan yang telah kami jelaskan. 

10
Ukuran23,6 inci
Aspect Ratio16:9
Jenis PanelVA
Resolusi1.920p x 1.080p
Screen curvature1500 R
Refresh rate144 Hz
Response time4 ms
Adjustable standAda
PortHDMI (1), Display Port (1)
Fitur
9
Ukuran23,6 inci
Aspect Ratio16:9
Jenis PanelVA
Resolusi1920p x 1080p
Screen curvature1500 R
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms
Adjustable standTidak disebutkan
PortHDMI (2), DisplayPort (1), Headphone jack (1)
FiturFlicker-free, low blue light
8

Dell 27 Curved Gaming Monitor

S2721HGF

Mulai dari Rp 3.449.000,00

Ukuran27 inci
Aspect Ratio16:9
Jenis PanelVA
Resolusi1920p x 1080p
Screen curvatureTidak disebutkan
Refresh rate144 Hz
Response time4 ms (grey-to-grey), 1 ms (MPRT)
Adjustable standAda
PortHDMI (2), Display Port (1), Audio line-out (1)
FiturFlicker-free, low blue light
7

PhilipsLayar LCD Lengkung Full HD

322M8CZ/70

Mulai dari Rp 4.400.000,00

Ukuran31,5 inci
Aspect Ratio16:9
Jenis PanelVA
Resolusi1920p x 1080p
Screen curvature1500 R
Refresh rate165 Hz
Response time1 ms (MPRT)
Adjustable standTidak disebutkan
PortHDMI (2), DisplayPort (1), VGA
FiturFlicker-free, low blue light
6
Ukuran31,5 inci
Aspect Ratio16:9
Jenis PanelVA
Resolusi2560p x 1440p
Screen curvature1500 R
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms dengan MPRT
Adjustable standAda
PortHDMI (1), DisplayPort (1), Audio out (1)
FiturFlicker-free, low blue light
5

XiaomiMi Curved Gaming Monitor 34"

Mulai dari Rp 6.999.000,00

Ukuran34 inci
Aspect Ratio21:9
Jenis PanelTidak disebutkan
Resolusi3440p × 1440p
Screen curvature1500 R
Refresh rate144 Hz
Response time4 ms (Gray scale response time)
Adjustable standHeight adjustment, rotation, wall mounting
PortHDMI 2.0 (2), DP1.4 port (2), Audio port (1)
FiturFlicker-free, low blue light
4
Ukuran34 inci
Aspect Ratio21:9
Jenis PanelVA
Resolusi3440p x 1440p
Screen curvature1500 R
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms (MPRT)
Adjustable standAda
PortHDMI (2), DisplayPort (2), USB x 4
FiturLow blue light
3
Ukuran31,5 inci
Aspect Ratio16:9
Jenis PanelVA
Resolusi2560p x 1440p
Screen curvature1800 R
Refresh rate144 Hz
Response time4 ms (GTG)
Adjustable standAda (swivel, tilt, height)
PortHDMI (1). DisplayPort (1), Mini DisplayPort (1), Earphone jack (1), USB Port (2)
FiturFlicker-free, low blue light
2

LGNano IPS WQHD+ Lengkung 21:9 UltraGear™ 38”

38GN950-B

Mulai dari Rp 19.890.000,00

Ukuran38 inci
Aspect Ratio21:09
Jenis PanelIPS
Resolusi3840p x 1600p
Screen curvatureTidak disebutkan
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms (GtG at faster)
Adjustable standAda (Kemiringan/Tinggi)
PortHDMI (1), DisplayPort (1), Headphone Out (1), USB Upstream (1), USB Downstream (2)
FiturFlicker-free
1

Samsung49" Odyssey G9 Gaming Monitor

LC49G95TSSEXXD

Mulai dari Rp 24.999.000,00

Ukuran49 inci
Aspect Ratio32:9
Jenis PanelVA
Resolusi5120p x 1440p
Screen curvature1000 R
Refresh rate240 Hz
Response time1 ms (GTG)
Adjustable standAda (height, tilt, swivel)
PortDisplay Port (2), HDMI (1), USB Ports (2)
FiturFlicker-free

Tabel perbandingan produk curved monitor terbaik

Gambar produk
1
Samsung 49" Odyssey G9 Gaming Monitor 1

Samsung

2
LG Nano IPS WQHD+ Lengkung 21:9 UltraGear™ 38” 1

LG

3
ASUS ROG Strix XG32VQ 1

ASUS

4
AOC CU34G2X 1

AOC

5
Xiaomi Mi Curved Gaming Monitor 34" 1

Xiaomi

6
Lenovo Monitor G32QC-10 1

Lenovo

7
Philips Layar LCD Lengkung Full HD 1

Philips

8
Dell  27 Curved Gaming Monitor  1

Dell

9
msi Optix G24C4 1

msi

Nama produk

49" Odyssey G9 Gaming Monitor

Nano IPS WQHD+ Lengkung 21:9 UltraGear™ 38”

ROG Strix XG32VQ

CU34G2X

Mi Curved Gaming Monitor 34"

Monitor G32QC-10

Layar LCD Lengkung Full HD

27 Curved Gaming Monitor

Optix G24C4

Keunggulan

Layar lebar dengan aspect ratio yang tinggi

Tawarkan pengalaman gaming lebih mendalam dengan beragam fitur menarik

Didesain khusus untuk maraton gaming!

Standar profesional e-sport untuk bermain game

Bawa sinema ke rumah Anda dengan bezel supertipis

Hemat daya dengan dua mode penggunaan

Desain elegan dengan tampilan yang tajam

Mata tidak cepat lelah berkat fitur ComfortView

Berikan pengalaman baru untuk para gamers pemula

Harga mulai dariRp 24.999.000,00Rp 19.890.000,00Rp 8.569.000,00Rp 9.000.000,00Rp 6.999.000,00Rp 4.400.000,00Rp 4.400.000,00Rp 3.449.000,00Rp 3.250.000,00
Ukuran49 inci38 inci31,5 inci34 inci34 inci31,5 inci31,5 inci27 inci23,6 inci
Aspect Ratio32:921:0916:921:9 21:916:916:916:916:9
Jenis PanelVAIPSVAVA Tidak disebutkanVAVAVAVA
Resolusi5120p x 1440p3840p x 1600p2560p x 1440p3440p x 1440p3440p × 1440p2560p x 1440p1920p x 1080p1920p x 1080p1920p x 1080p
Screen curvature1000 R Tidak disebutkan1800 R1500 R1500 R1500 R1500 RTidak disebutkan1500 R
Refresh rate240 Hz 144 Hz144 Hz144 Hz144 Hz144 Hz165 Hz 144 Hz144 Hz
Response time1 ms (GTG)1 ms (GtG at faster)4 ms (GTG)1 ms (MPRT)4 ms (Gray scale response time)1 ms dengan MPRT1 ms (MPRT)4 ms (grey-to-grey), 1 ms (MPRT)1 ms
Adjustable standAda (height, tilt, swivel)Ada (Kemiringan/Tinggi)Ada (swivel, tilt, height)AdaHeight adjustment, rotation, wall mountingAdaTidak disebutkanAdaTidak disebutkan
PortDisplay Port (2), HDMI (1), USB Ports (2)HDMI (1), DisplayPort (1), Headphone Out (1), USB Upstream (1), USB Downstream (2)HDMI (1). DisplayPort (1), Mini DisplayPort (1), Earphone jack (1), USB Port (2)HDMI (2), DisplayPort (2), USB x 4HDMI 2.0 (2), DP1.4 port (2), Audio port (1) HDMI (1), DisplayPort (1), Audio out (1)HDMI (2), DisplayPort (1), VGAHDMI (2), Display Port (1), Audio line-out (1)HDMI (2), DisplayPort (1), Headphone jack (1)
FiturFlicker-freeFlicker-freeFlicker-free, low blue lightLow blue lightFlicker-free, low blue lightFlicker-free, low blue lightFlicker-free, low blue lightFlicker-free, low blue lightFlicker-free, low blue light
Tautan produk

Baca juga rekomendasi monitor lainnya di sini

Tidak hanya curved monitor, kami juga telah mengulas jenis monitor lainnya, seperti monitor 4K, monitor gaming, dan lainnya. Ada juga artikel monitor berdasarkan mereknya, seperti ASUS dan LG. Jika Anda hendak membandingkan spesifikasi dan keunggulannya, silakan buka tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca cara memilih beserta rekomendasi produk curved monitor, adakah produk yang pas dengan Anda? Ada banyak jenis curved monitor dengan ukuran, spesifikasi, serta harga yang bervariasi. Mungkin, hal ini akan membingungkan Anda.


Oleh karena itu, pahami dengan teliti poin-poin cara memilih yang telah kami jelaskan sebagai panduan. Dengan begitu, Anda dapat menemukan curved monitor yang cocok dengan penggunaan Anda. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan produk yang tepat.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2021)
    SSD tipe konektor M.2 telah hadir guna memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan penggunaan HDD pada PC. Akan tetapi, SSD M.2 memiliki standar yang berbeda seperti PCI Express 3.0 x 4 atau SATA 3.0. Oleh sebab itu, Anda bisa menyimak artikel ini agar tidak bingung.Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih SSD tipe konektor M.2 yang bisa Anda jadikan panduan. Kami juga akan merekomendasikan SSD M.2 terbaik dari berbagai brand terbaik, seperti SanDisk, Intel, XPG, Plextor, WD, dan Samsung. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    53.531 Views
  • 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Kartu grafis atau yang dikenal dengan VGA merupakan salah satu faktor yang memengaruhi performa PC. Terutama jika Anda menggunakan PC dengan loading data berat. Pemilihan kartu grafis sangatlah penting, baik untuk gaming maupun profesional. Salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi kartu grafis adalah NVIDIA. Perusahaan ini membuat kartu grafis dengan fitur dan harga yang bervariasi.Kami akan memperkenalkan cara memilih kartu grafis merek NVIDIA yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk dari ASUS, MSI, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    4.495 Views
  • 10 Kartu Grafis / GPU Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kartu Grafis / GPU Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Kartu grafis, atau GPU, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi tampilan di monitor. Penggunaan kartu grafis yang tepat akan berpengaruh pada performa komputer Anda. Namun, banyaknya ragam GPU dan spesifikasinya membuat Anda bingung dalam memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa tips memilih kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti ASUS, MSI, GIGABYTE, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Jadi, ikuti terus artikel ini sampai akhir, ya!
    Komponen komputer & laptop
    11.395 Views
  • 10 Rekomendasi Monitor LG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Monitor LG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari monitor untuk PC? LG merupakan salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi berbagai jenis monitor dengan harga dan spesifikasi yang bervariasi. Perbedaan spesifikasi ini dikarenakan kebutuhan penggunaan monitor LG yang berbeda-beda, misalnya untuk pekerjaan, hiburan, hingga gaming.Untuk memudahkan Anda memilih monitor LG yang tepat, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli monitor. Berikutnya, kami juga akan memberikan rekomendasi produk monitor LG yang bisa jadi referensi pilihan Anda. Bacalah dengan saksama setiap poinnya sehingga Anda dapat menemukan spesifikasi monitor LG yang sesuai dengan kebutuhan. 
    Komponen komputer & laptop
    982 Views
  • 10 Numeric Keypad / Keyboard Angka Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Numeric Keypad / Keyboard Angka Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Demi mengejar desain yang lebih ringkas, kini sudah jarang keyboard laptop atau PC yang memiliki numeric keypad. Namun, sebetulnya numeric keypad masih sangat dibutuhkan oleh sebagian orang. Bagi mereka yang pekerjaannya berkutat dengan angka, numeric keypad adalah komponen yang wajib. Atas dasar itulah berbagai merek berlomba-lomba memproduksi numeric keypad terpisah. Jenisnya pun bermacam-macam, dari yang berkabel hingga wireless. Melalui artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi numeric keypad yang bagus, seperti Targus, FANTECH, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh keyboard enthusiast kami, Agi Tiara. Simak sampai akhir, ya!
    Komponen komputer & laptop
    1.144 Views
  • 10 RAM / Random Access Memory Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 RAM / Random Access Memory Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer dan Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai penyimpanan data sementara, RAM membantu meringankan kinerja laptop dan komputer Anda. Kapasitas RAM yang mumpuni dapat mengoptimalkan pekerjaan, terlebih ketika membuka software dengan komputasi berat, seperti gaming atau video editing. Saat ini, Anda dapat menemukan banyak merek RAM yang bagus, seperti V-GeN, CORSAIR, G.SKILL, dan ZEUS. Tergantung spesifikasinya, harga RAM cukup bervariasi, mulai dari RAM yang murah hingga yang mahal. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo, dan tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak sampai akhir, ya!
    Komponen komputer & laptop
    1.010 Views
  • 10 Rekomendasi Casing CPU Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Casing CPU Terbaik (Terbaru 2021)
    Casing CPU adalah hardware yang berguna untuk melindungi komponen penting dalam CPU, seperti motherboard, RAM, dan VGA. Pemilihan casing yang tepat akan menjaga komponen tersebut agar tetap awet. Casing CPU memiliki peran penting bagi PC gaming, office work, ataupun home computer.Saat ini casing CPU memiliki desain dan fitur yang beragam. Banyaknya opsi seperti casing transparan dari Coolermaster, be quiet!, dan Lian Li mungkin membuat Anda bingung menentukan produk yang cocok. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membantu memilih merek casing CPU yang bagus untuk Anda.
    Komponen komputer & laptop
    2.468 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Motherboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaming Motherboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gaming adalah salah satu kegiatan yang paling digemari oleh banyak kalangan. Bermacam-macam perangkat dapat dijadikan platform untuk bermain game, mulai dari smartphone, laptop, hingga PC. PC dengan performa gaming terbaik wajib memiliki hardware khusus untuk bermain game, salah satunya motherboard.Motherboard merupakan induk tempat Anda memasang kartu grafis, RAM, CPU, dan storage. Kini, banyak sekali merek motherboard yang bagus dengan keunikannya masing-masing, seperti motherboard dari ASUS, MSI, dan Gigabyte. Agar Anda tidak bingung, kami akan membantu Anda dengan merekomendasikan produk motherboard terbaik beserta cara memilihnya. Jadi, simak terus, ya!
    Komponen komputer & laptop
    406 Views
  • 10 Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Random access memory (RAM) adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara yang cepat mengakses data yang dibutuhkan. RAM memengaruhi kecepatan sistem Anda dalam menjalankan berbagai macam program. Untuk mengimbangi program atau software yang makin berkembang, kualitas RAM pun harus selalu di-upgrade.Di artikel ini, kami akan merekomendasikan merek RAM DDR4 yang bagus untuk Anda, seperti Kingston dan Corsair. Sebelumnya, kami akan memaparkan cara memilih RAM DDR4 agar Anda dapat menemukan produk yang cocok. Semua tipe RAM akan kami bahas, jadi baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Komponen komputer & laptop
    881 Views
  • 10 Rekomendasi Monitor Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Monitor Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Samsung adalah salah satu produsen barang elektronik terbesar di dunia. Tidak hanya produk HP dan TV saja yang dikenal masyarakat luas, tetapi juga produk monitor untuk komputer. Samsung menghadirkan berbagai produk monitor yang bagus untuk keperluan home & business, gaming, dan profesional dengan spesifikasi berbeda.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih monitor Samsung sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melengkapi referensi, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi monitor Samsung, baik monitor 19 inch, 27 inch, maupun 32 inch. Penasaran? Mari simak informasinya!
    Komponen komputer & laptop
    210 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2021)
    SSD tipe konektor M.2 telah hadir guna memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan penggunaan HDD pada PC. Akan tetapi, SSD M.2 memiliki standar yang berbeda seperti PCI Express 3.0 x 4 atau SATA 3.0. Oleh sebab itu, Anda bisa menyimak artikel ini agar tidak bingung.Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih SSD tipe konektor M.2 yang bisa Anda jadikan panduan. Kami juga akan merekomendasikan SSD M.2 terbaik dari berbagai brand terbaik, seperti SanDisk, Intel, XPG, Plextor, WD, dan Samsung. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    53.531 Views
  • 10 Kartu Grafis / GPU Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kartu Grafis / GPU Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Kartu grafis, atau GPU, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi tampilan di monitor. Penggunaan kartu grafis yang tepat akan berpengaruh pada performa komputer Anda. Namun, banyaknya ragam GPU dan spesifikasinya membuat Anda bingung dalam memilih.Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa tips memilih kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek, seperti ASUS, MSI, GIGABYTE, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Jadi, ikuti terus artikel ini sampai akhir, ya!
    Komponen komputer & laptop
    11.395 Views
  • 10 Rekomendasi Casing CPU Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Casing CPU Terbaik (Terbaru 2021)
    Casing CPU adalah hardware yang berguna untuk melindungi komponen penting dalam CPU, seperti motherboard, RAM, dan VGA. Pemilihan casing yang tepat akan menjaga komponen tersebut agar tetap awet. Casing CPU memiliki peran penting bagi PC gaming, office work, ataupun home computer.Saat ini casing CPU memiliki desain dan fitur yang beragam. Banyaknya opsi seperti casing transparan dari Coolermaster, be quiet!, dan Lian Li mungkin membuat Anda bingung menentukan produk yang cocok. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membantu memilih merek casing CPU yang bagus untuk Anda.
    Komponen komputer & laptop
    2.468 Views
  • 10 Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Random access memory (RAM) adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara yang cepat mengakses data yang dibutuhkan. RAM memengaruhi kecepatan sistem Anda dalam menjalankan berbagai macam program. Untuk mengimbangi program atau software yang makin berkembang, kualitas RAM pun harus selalu di-upgrade.Di artikel ini, kami akan merekomendasikan merek RAM DDR4 yang bagus untuk Anda, seperti Kingston dan Corsair. Sebelumnya, kami akan memaparkan cara memilih RAM DDR4 agar Anda dapat menemukan produk yang cocok. Semua tipe RAM akan kami bahas, jadi baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Komponen komputer & laptop
    881 Views
  • 10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Kartu grafis atau yang dikenal dengan VGA merupakan salah satu faktor yang memengaruhi performa PC. Terutama jika Anda menggunakan PC dengan loading data berat. Pemilihan kartu grafis sangatlah penting, baik untuk gaming maupun profesional. Salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi kartu grafis adalah NVIDIA. Perusahaan ini membuat kartu grafis dengan fitur dan harga yang bervariasi.Kami akan memperkenalkan cara memilih kartu grafis merek NVIDIA yang bagus. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk dari ASUS, MSI, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    4.495 Views
  • 10 Rekomendasi Monitor Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Monitor Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Samsung adalah salah satu produsen barang elektronik terbesar di dunia. Tidak hanya produk HP dan TV saja yang dikenal masyarakat luas, tetapi juga produk monitor untuk komputer. Samsung menghadirkan berbagai produk monitor yang bagus untuk keperluan home & business, gaming, dan profesional dengan spesifikasi berbeda.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih monitor Samsung sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melengkapi referensi, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi monitor Samsung, baik monitor 19 inch, 27 inch, maupun 32 inch. Penasaran? Mari simak informasinya!
    Komponen komputer & laptop
    210 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori