• 10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kail Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, ada cukup banyak peralatan yang harus Anda bawa ketika pergi memancing, salah satunya kail pancing. Benda kecil ini tidak boleh dilupakan jika Anda pergi memancing. Ada beragam ukuran dan jenis kail pancing, seperti kail pancing model clurit, jig, treble, hingga double hook.


Melalui artikel ini kami akan berbagi cara memilih kail pancing yang bagus, tajam, dan jitu. Ada pula rekomendasi kail pancing merk Daimaru, Bradley, Daichi, Gamakatsu, hingga Sasame. Kami juga akan membagikan tips cara mengikat mata kail supaya kuat. Baca pembahasannya sampai tuntas!

  • Pembaharuan terakhir: 21 Mei 2021
  • 5.720 Views
Daftar isi

Cara memilih kail pancing

Anda dapat menemukan dan membeli kail pancingan dengan mudah melalui situs e-commerce. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa membeli kail sesuka hati. Anda tetap harus memperhatikan poin-poin berikut ini sebelum menekan tombol beli dan melakukan pembayaran.

Ketahui jenis kail pancing yang terkenal di pasaran

Ada berbagai jenis atau model kail pancing di pasaran. Kami akan memberi tahu Anda beberapa di antaranya. Tiap-tiap kail pancing yang ada di bawah ini memiliki bentuk dan keunggulan yang berbeda-beda, lho! Jadi, simak pembahasannya dengan saksama agar Anda mendapatkan kail yang jitu, kuat, dan benar-benar pas dengan kebutuhan Anda.

Jig hooks, tipe kail pancing yang paling umum ditemui

Jig hooks, tipe kail pancing yang paling umum ditemui

Kail yang berbentuk seperti huruf J ini sudah ada sejak lama. Sebelum melempar kail ke dalam air, para pemancing biasanya memasang umpan imitasi berbentuk hewan kecil terlebih dahulu. Pemilihan umpan berbahan karet atau silikon ini biasanya disesuaikan dengan cuaca. Umpan warna gelap dipakai ketika panas, sedangkan umpan berwarna cerah lebih sering dipakai saat dingin.


Kail jenis ini tidak mudah tersangkut pada ranting karena bagian yang tajamnya (mata kail/mata pancing/point) mengarah ke atas. Di pihak lain, bentuk mata kail yang mengarah ke atas juga dapat mengurangi risiko kerusakan kail akibat tergores batu.


Jika Anda berencana memancing ikan dengan kail ini, pancingan harus dientakkan ke atas dan ke bawah. Hal tersebut akan membuat umpan bergerak dan ikan pun tertarik untuk mendekat. Akhirnya, ikan yang berada di sekitar kail pun akan tertangkap. Meskipun begitu, proses memancing akan jadi sedikit lebih lama dengan kail ini.

Circle hooks, didesain agar tak melukai bagian dalam mulut ikan

Circle hooks, didesain agar tak melukai bagian dalam mulut ikan

Sebenarnya, bentuk kail pancing ini mirip dengan jig hooks, tetapi bagian mata kailnya mengarah ke shank (batang yang terhubung dengan lubang kail). Desain tersebut membuat kail tak mudah tersangkut di bagian dalam mulut ikan. Meskipun begitu, ikan tak akan terlepas begitu saja.


Ketika umpan berhasil dimakan, ikan akan berenang menjauh dan membuat kail tertarik oleh tali pancing. Akibatnya, kail pun keluar dari dalam mulut ikan secara perlahan. Nah, pada saat kail melewati mulut ikan, posisinya akan berubah dan mata pancingnya akan mengait pada mulut ikan. Seperti itulah kail jenis circle bekerja.


Keunggulan lain dari circle hooks adalah desainnya ramah bagi penyu. Jadi, apabila ada penyu yang memakan umpan pada kail, Anda tak perlu merasa khawatir. Penyu memiliki kebiasaan makan yang berbeda dengan ikan sehingga kail jenis ini tidak akan membuat rahang penyu terluka.

Octopus hooks, dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan

Octopus hooks, dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan

Ciri khas dari octopus hooks adalah bagian lubang kailnya melengkung ke arah yang sama dengan mata kail. Jadi, Anda hanya perlu menarik lubang kail ke arah yang diinginkan dan mata kail pun akan mengikutinya. Ukuran kail octopus yang pendek membuat umpan terlihat lebih nyata ketika dicemplungkan ke dalam air.


Ukuran kail octopus termasuk pendek, tetapi Anda tidak perlu meragukan kekuatan dan daya tahannya. Oleh karena itu, Anda jangan heran jika kail jenis ini sering direkomendasikan untuk menangkap berbagai jenis ikan. Kail octopus juga sering digunakan untuk menangkap ikan berukuran besar karena memiliki celah yang besar.

Double hooks, memungkinkan Anda memasang umpan utuh

Double hooks, memungkinkan Anda memasang umpan utuh

Beberapa dari Anda pasti ingin mendapatkan ikan yang berukuran besar. Kalau begitu, Anda sepertinya harus mencoba kail pancing double hooks. Dua buah mata pancing yang berdampingan membuat Anda bisa memasang umpan utuh. Alhasil, umpan terlihat lebih alami karena bentuknya tidak melengkung dan keadaannya masih sempurna.


Kesempatan untuk Anda mendapatkan ikan berukuran jumbo pun lebih mungkin terjadi karena persentase ikan untuk tersangkut dua kali lebih besar. Akan tetapi, kail jenis ini dapat menyebabkan luka yang cukup parah pada bagian esofagus. Bagian mata pancing jenis double juga bisa saja menyangkut pada beberapa area ketika ikan memakan umpan.

Treble hooks, efektif menangkap ikan dari berbagai sudut

Treble hooks, efektif menangkap ikan dari berbagai sudut

Kail jenis trebles memiliki tiga buah mata kail yang menghadap ke tiga sudut berbeda. Hal tersebut membuat ikan bisa terkait pada kail dari tiga arah berbeda. Kesempatan untuk mendapatkan ikan pun bertambah besar. Kail juga masih bisa dipakai meskipun ada salah satu mata kail yang patah. 


Meskipun demikian, kail jenis trebles dapat menimbulkan lebih banyak luka pada tubuh ikan. Di pihak lain, kail juga lebih mudah tersangkut apabila digunakan di perairan yang dipenuhi ranting atau tumbuhan air. Apabila Anda ingin menggunakan kail trebles, kami menyarankan Anda untuk menggunakannya di perairan terbuka yang tidak memiliki banyak halangan.

Pilih mata kail tipe barbed atau barbless

Pada saat memilih kail, jangan lupa untuk memperhatikan apakah mata kailnya masuk ke dalam jenis barbed atau barbless. Agar kail dapat berfungsi dengan maksimal, Anda sebaiknya memilih kail yang sesuai dengan kebutuhan.

Barbed, kemungkinan ikan untuk terlepas lebih kecil

Barbed, kemungkinan ikan untuk terlepas lebih kecil

Barb adalah duri kecil yang terletak di bagian mata pancing. Duri tersebut membuat kail lebih mencengkeram sehingga ikan tidak akan mudah terlepas. Kail yang dilengkapi duri juga lebih mudah didapatkan karena banyak produsen yang memproduksinya.


Sebelum menggunakan kail jenis barbed, Anda harus tahu bahwa beberapa daerah melarang penggunaan barbed hooks demi menjaga kelestarian ikan. Jika demikian, Anda harus menuruti peraturan tersebut. Jika Anda tidak memiliki barbedless hooks, Anda bisa memotong bagian barb-nya menggunakan tang. 

Barbless, cocok untuk yang ingin melepaskan ikan setelah dipancing

Barbless, cocok untuk yang ingin melepaskan ikan setelah dipancing

Beberapa pemancing hanya ingin merasakan sensasi ketika ikan tersangkut pada kail pancingnya. Pemancing yang seperti itu biasanya akan melepaskan kembali ikan yang tertangkap ke habitatnya. Agar keadaan ikan tetap baik ketika dilepaskan, pemancing biasanya menggunakan kail tanpa barb (barbless hooks).


Barbless hooks membuat proses melepaskan kail dari mulut ikan lebih cepat. Dengan demikian, ikan bisa dicemplungkan kembali sesegera mungkin. Makin cepat ikan dikembalikan ke dalam air, makin besar juga kemungkinan ikan untuk hidup setelah mengalami penangkapan. Di pihak lain, mata kail yang tidak memiliki barb juga diklaim lebih aman bagi para pemancing.

Tentukan ukuran mata kail sesuai kebutuhan

Tentukan ukuran mata kail sesuai kebutuhan

Kail pancing yang ada di pasaran memiliki ukuran yang beragam. Ukuran kail pancing umumnya dimulai dari angka tiga puluh (30) hingga satu (1). Kail dengan ukuran tiga puluh (30) lebih kecil dibandingkan kail berukuran satu (1).


Produsen biasanya membuat kail dengan ukuran yang lebih besar dari kail ukuran satu (1). Agar Anda tidak merasa kebingungan, ukuran kail yang lebih besar dari kail ukuran satu (1) akan diberi tambahan angka nol (0). Jadi, penulisannya adalah 1/0, 2/0, 3/0, dan seterusnya. Apabila Anda ragu mengenai ukuran kail yang tepat, Anda dapat menanyakan langsung kepada pihak penjual sebelum membeli.


Pemilihan ukuran kail pancing juga dipengaruhi oleh jenis ikan yang ingin ditangkap. Kail berukuran sepuluh (10) hingga satu (1) biasanya dipakai untuk memancing ikan yang berukuran kecil hingga sedang. Sementara itu, kail berukuran 1/0 dan seterusnya lebih sering digunakan memancing ikan yang berukuran lebih besar.

Jangan lupa cari tahu bahannya, ya!

Jangan lupa cari tahu bahannya, ya!

Bahan yang digunakan merupakan salah satu poin yang tak boleh dilupakan ketika memilih kail pancing. Tiap-tiap produsen memiliki kebijakan tersendiri mengenai bahan yang digunakan untuk membuat kail pancing. Namun, ada dua bahan yang sering digunakan untuk membuat kail pancing, yakni stainless steel dan karbon. Kedua bahan tersebut memiliki keunggulan yang berbeda.


Bahan stainless steel terkenal karena ketahanannya terhadap karat. Oleh sebab itu, kail pancing berbahan stainless steel sering digunakan untuk memancing di laut. Bagaimana dengan kail yang terbuat dari karbon? Kail pancing berbahan karbon memang tidak terlalu tahan terhadap karat. Walaupun demikian, kail berbahan karbon cukup disukai banyak pemancing karena bahannya ringan dan kuat.

10 Rekomendasi kail pancing terbaik

Poin-poin yang harus diperhatikan sebelum membeli kail pancing telah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa kail pancing yang bagus, tajam, dan jitu untuk Anda. Silakan dilihat satu per satu dan pilihlah kail pancingan yang pas dengan kebutuhan Anda!

10
JenisJig hooks
Ukuran4, 3, 2, 1, 1/0, 2/0, 3/0, 4/0, 5/0, 6/0
BahanStainless steel
Memiliki barbYa
9

MilanoBradley Kantsuki Chinu Ring Ultra Sharp

Mulai dari Rp 36.000,00

JenisOctpus hooks
Ukuran12–1
BahanSilver (mata kail)
Memiliki barbYa
8
JenisJig hooks
Ukuran28, 26, 24, 22, 20, 18, 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, 6
BahanCarbon
Memiliki barbYa
7
JenisOctopus hooks
Ukuran0,8. 0,5, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15
BahanJapanase hi-carbon 80 steel
Memiliki barbYa
6

Loomis & FranklinPro Cut Chinu Barbless

1053 R

Mulai dari Rp 20.000,00

JenisOctopus hooks
Ukuran5, 6, 7
BahanTidak disebutkan
Memiliki barbTidak
5
JenisCircle hooks
Ukuran1, 1/0, 2/0, 3/0, 4/0, 5/0, 6/0
BahanTidak disebutkan
Memiliki barbYa
4
JenisTrebles hooks
Ukuran6/0, 7/0, 8/0, 10/0
BahanTidak disebutkan
Memiliki barbTidak
3

KENZIDouble Hook Sudut 60 Derajat

DH 9983-2x

Mulai dari Rp 13.000,00

JenisDouble hooks
Ukuran4, 3, 2, 1, 1/0, 2/0, 3/0, 4/0
BahanCarbon
Memiliki barbYa
2

Hammer HeadChinu Hook Luminous Series

Mulai dari Rp 17.000,00

JenisJig hooks
Ukuran8–3
BahanCarbon
Memiliki barbYa
1

DecathlonCaperlan Circle Eye Single Sea Fishing Hook

8374458

Mulai dari Rp 85.000,00

JenisCircle hooks
Ukuran2, 4, 6, 2/0, 4/0
Bahan95% baja, 2,5% epoxy, 2,5% nickel brass
Memiliki barb Ya

Tabel perbandingan produk kail pancing terbaik

Gambar produk
1
Decathlon Caperlan Circle Eye Single Sea Fishing Hook 1

Decathlon

2
Hammer Head Chinu Hook Luminous Series 1

Hammer Head

3
KENZI Double Hook Sudut 60 Derajat 1

KENZI

4
Decoy Barbed Treble 1

Decoy

5
Gamakatsu Nautilus Circle Hook 1

Gamakatsu

6
Loomis & Franklin Pro Cut Chinu Barbless 1

Loomis & Franklin

7
Daimaru Marusode 1

Daimaru

8
Sasame Hooks Sode 1

Sasame Hooks

9
Milano Bradley Kantsuki Chinu Ring Ultra Sharp 1

Milano

10
Daiichi Stainless Steel Fishing Hooks 1

Daiichi

Nama produk

Caperlan Circle Eye Single Sea Fishing Hook

Chinu Hook Luminous Series

Double Hook Sudut 60 Derajat

Barbed Treble

Nautilus Circle Hook

Pro Cut Chinu Barbless

Marusode

Sode

Bradley Kantsuki Chinu Ring Ultra Sharp

Stainless Steel Fishing Hooks

Keunggulan

Lapisan nikelnya mampu membuat kail tersamarkan

Tarik perhatian ikan dengan kail yang mengkilap!

Makin besar ukuran kail double hook, makin tinggi bobot yang bisa ditahan

Tidak mudah mengalami aus karena dilapisi timah dan aqua block

Tingkatkan peluang menangkap ikan dengan kail offset

Bend kail pancingnya lebih terbuka sehingga mudah dilepaskan

Lapisan khususnya membuat kail pancing Daimaru lebih kuat

Tersedia 16 size kecil, kail pancing yang cocok untuk microfishing

Mata kailnya lebih kuat dan jitu karena terbuat dari silver

Hobi memancing di laut? Coba gunakan kail pancing Daichi

Harga mulai dariRp 85.000,00Rp 17.000,00Rp 13.000,00Rp 425.000,00Rp 35.000,00Rp 20.000,00Rp 12.500,00Rp 23.500,00Rp 36.000,00Rp 40.000,00
JenisCircle hooksJig hooksDouble hooksTrebles hooksCircle hooksOctopus hooksOctopus hooksJig hooksOctpus hooksJig hooks
Ukuran2, 4, 6, 2/0, 4/08–34, 3, 2, 1, 1/0, 2/0, 3/0, 4/06/0, 7/0, 8/0, 10/01, 1/0, 2/0, 3/0, 4/0, 5/0, 6/05, 6, 70,8. 0,5, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 1528, 26, 24, 22, 20, 18, 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, 612–14, 3, 2, 1, 1/0, 2/0, 3/0, 4/0, 5/0, 6/0
Bahan95% baja, 2,5% epoxy, 2,5% nickel brassCarbonCarbonTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanJapanase hi-carbon 80 steelCarbonSilver (mata kail)Stainless steel
Memiliki barb YaYaYaTidakYaTidakYaYaYaYa
Tautan produk

Cara mengikat kail pancing supaya kuat (tidak mudah lepas)

Cara mengikat kail pancing supaya kuat (tidak mudah lepas)

Sebelum menggunakan kail pancing, Anda harus menyambungkannya dengan tali pancing terlebih dahulu. Ada beberapa jenis simpul yang dapat Anda coba. Nah, kami akan memberitahu Anda beberapa cara mengikat kail pancing yang sederhana dan kuat. Pertama, ada simpul palomar yang diklaim sebagai simpul terkuat dan dapat digunakan dalam berbagai situasi.


Untuk mendapatkan simpul palomar, Anda hanya perlu melipat tali dan memasukkan ujung lipatan talinya ke dalam lubang kail. Sesudah itu, ikat tali di sebelah kiri dan kanan kail dengan simpul mati (tetapi jangan terlalu kencang). Jika hal tersebut sudah dilakukan, Anda tinggal memasukkan kail ke dalam dua buah tali yang berhubungan. Selanjutnya, tarik kail pancing sampai simpulnya benar-benar terpasang.


Ada juga simpul fisherman's yang merupakan salah satu simpul paling mudah dan kuat. Untuk mendapatkan simpul ini, Anda harus memasukkan benang ke dalam lubang kail dan menariknya hingga beberapa sentimeter. Lilitkan tali tersebut pada tali yang ada di sisi satunya hingga membentuk spiral. Setelah itu, masukkan kembali ujung tali yang sebelumnya dililitkan ke dalam lubang kail pancing dan tarik sekuat mungkin. 

Baca juga rekomendasi peralatan memancing lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi kail pancing yang ada di rekomendasi produk? Semoga bisa membantu Anda menemukan kail pancing yang sesuai dengan kebutuhan. Di artikel ini kami memang fokus membahas kail pancing. Apabila Anda membutuhkan informasi tentang peralatan memancing lainnya, silakan baca artikel yang telah kami siapkan di bawah ini!

Kesimpulan

Pilihan yang bervariasi mungkin membuat Anda dilema ketika memilih kail pancing. Agar tidak merasa kebingungan, Anda sebaiknya memilih kail pancing berdasarkan tempat dan ikan yang ingin Anda dapatkan.


Jika Anda berencana memancing di laut, kail pancing antikarat dengan ukuran besar bisa menjadi pilihan. Akan tetapi, jika Anda memancing ikan kecil di danau, kail pancing yang berukuran kecil sepertinya cukup. Pastikan juga Anda tahu harus menggunakan mata kail barbed atau barbless.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Senar Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda suka memancing atau sedang mencoba mengisi waktu luang dengan memancing? Selain umpan pancing, pemilihan senar pancing juga berpengaruh terhadap performa Anda dalam memancing, lho! Ada berbagai merek senar pancing terkuat di pasaran seperti Caperlan hingga Daiwa. Nah, di artikel ini kami akan membantu memilih dan memberi rekomendasi senar pancing yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis senar pancing seperti senar pancing PE dan nilon juga ada. Yuk, pastikan Anda memilih senar pancing yang kuat dan anti keriting agar kegiatan memancing lebih menyenangkan! 
    Peralatan memancing
    6.226 Views
  • 10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melemparkan dan menarik umpan yang dikaitkan di senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan.Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih baitcasting reel yang tepat. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan beberapa rekomendasi produk baitcasting reel terbaik, seperti Daiwa, Lixada, dan Shimano. Mari mengenal baitcasting reel lebih detail!
    Peralatan memancing
    81.099 Views
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang gemar memancing tentu memahami bahwa umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan Anda. Saat ini tersedia berbagai umpan pancing dengan beragam bentuk dan variasi warna untuk mengecoh dan mengelabui ikan. Namun, umpan pancing seperti apa yang tepat untuk dipilih?Jika Anda pemula, penting sekali mengetahui produk yang cocok untuk Anda. Untuk itu, kami akan memperkenalkan cara memilih umpan pancing yang tepat. Terdapat beberapa merek, seperti Caperlan, Shimano, dan lainnya. Simak juga berbagai rekomendasi umpan pancing terbaik yang telah kami ulas untuk Anda. Selamat membaca!
    Peralatan memancing
    61.309 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik untuk Memancing (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik untuk Memancing (Terbaru Tahun 2021)
    Cooler box adalah salah satu barang penting untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Banyak merek cooler box yang bagus di pasaran, contohnya cooler box Marina LION STAR, Igloo, dan Marvel. Penting bagi Anda untuk memilih box ikan yang tepat agar kegiatan memancing makin menyenangkan.Di artikel ini kami memberikan panduan cara memilih cooler box terbaik. Saat memilih, pastikan Anda mempertimbangkan harga, kualitas, fungsi, dan ukuran cooler box. Box ikan laut tentu berbeda dengan ukuran cooler box ikan kecil. Temukan cool box ikan terbaik untuk memancing di artikel ini!
    Peralatan memancing
    10.190 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Pancing Ransel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Pancing Ransel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda memiliki hobi memancing, tentu Anda membutuhkan sebuah tas yang mampu menyimpan dan membawa peralatan pancing Anda. Salah satu model tas pancing yang cukup populer adalah tas pancing ransel. Di pasaran, terdapat tas pancing ransel dengan model, kapasitas, serta bahan yang beragam. Hal itu mungkin akan membuat Anda bingung memilih.Kali ini, kami telah menyusun panduan yang dapat membantu Anda memilih tas pancing ransel terbaik untuk kegiatan memancing Anda. Simak juga berbagai produk tas pancing terbaik rekomendasi kami dengan fungsi dan desain yang beragam. Selamat membaca!
    Peralatan memancing
    655 Views
  • 10 Rekomendasi Fish Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fish Grip Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang hobi memancing mungkin sudah tahu dengan alat bernama fish grip. Alat ini digunakan untuk menjepit rahang bawah ikan yang telah tertangkap sehingga ikan bisa diangkat dengan mudah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba grip ikan supaya tangkapan Anda tidak lepas saat diangkat ke permukaan air.Ada banyak fish grip di pasaran. Hal tersebut mungkin akan membuat Anda kebingungan. Untuk itu, kami akan memberi tahu cara memilih fish grip yang bagus dan merekomendasi fish grip terbaik. Ada fish grip dari merek Shimano, Mustad, Seahawk, dan lainnya. Simak artikelnya sampai tuntas!
    Peralatan memancing
    2.383 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori