mybest
Sandal

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Sepatu wanita
  4. 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)

Sandal kulit merupakan salah satu produk fashion untuk menunjang penampilan dan nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan. Meski umumnya dipakai untuk bersantai, sandal ini dapat diandalkan untuk menciptakan kesan stylish sekaligus elegan. Akan tetapi, produk seperti apakah yang bagus dan cocok untuk digunakan?


Agar tidak bingung, simak tips memilih sandal kulit wanita branded ataupun lokal yang telah dirangkum untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dengan merek, seperti Adorable Projects, Berrybenka, Yongki Komaladi, dan yang lainnya. Selamat membaca dan temukan sandal kulit favorit untuk bersantai pada akhir pekan nanti!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih sandal kulit untuk wanita

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan ketika hendak memilih sandal kulit untuk wanita. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, tentu Anda akan lebih mudah mendapatkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Yuk, simak informasi selengkapnya!

1

Kenali jenis bahan kulit yang akan dibeli

Produk berbahan kulit digemari konsumen bukan hanya karena tampilannya yang elegan, tetapi juga karena keawetannya. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, pahami terlebih dahulu jenis-jenis kulit yang digunakan untuk pembuatan produk sandal kulit.

Full grain: Kuat dan tekstur kulit masih terlihat jelas

Full grain: Kuat dan tekstur kulit masih terlihat jelas

Jenis ini merupakan kulit yang diproses secara utuh tanpa mengubah guratan ataupun tekstur permukaan kulit aslinya. Dengan begitu, pori-pori kulit dapat terlihat dengan jelas dan hasilnya pun tampak alami. Kulit full grain banyak digunakan untuk pembuatan sandal kulit karena tidak mudah terkelupas, kuat, dan tahan lama. Selain itu, produk sandal kulit dari bahan full grain warnanya akan makin bagus jika dirawat dengan benar.

Kulit sintetis: Harganya terjangkau dan memiliki variasi warna yang menarik

Kulit sintetis: Harganya terjangkau dan memiliki variasi warna yang menarik

Sesuai dengan namanya, kulit sintetis merupakan bahan yang dibuat oleh manusia, tetapi penampakannya menyerupai kulit asli. Meski memiliki tekstur seperti kulit, bahan ini tidak mengandung unsur kulit sama sekali, lho. 


Bahan kulit sintetis banyak digunakan untuk pembuatan sandal karena harganya terjangkau dan mudah didapatkan. Walau tidak sekuat full grain, sandal kulit sintetis cukup awet dan biasanya memiliki varian warna yang menarik.

Suede: Lembut dan terkesan lebih santai

Suede: Lembut dan terkesan lebih santai

Berbeda dari full grain yang diproses dari kulit bagian depan, suede diperoleh dari pemrosesan kulit bagian dalam. Karena itu, bahan suede bertekstur lebih lembut, berbulu, dan tidak mengilap jika dibandingkan full grain


Produk sandal yang dibuat dengan bahan suede terkesan lebih santai dan lebih digemari oleh wanita muda. Namun, sandal dari kulit suede mudah kotor dan warnanya bisa pudar bila terkena air sehingga Anda perlu berhati-hati. 

Nubuck: Halus dan relatif awet

Nubuck: Halus dan relatif awet

Jenis kulit nubuck memang terlihat mirip dengan jenis suede, tetapi proses pembuatannya berbeda. Nubuck diperoleh dari kulit bagian luar yang dihaluskan sehingga menghasilkan permukaan yang halus seperti bahan suede


Namun, jahitan kulit nubuck tidak mudah lepas sehingga ketahanannya lebih tinggi dibandingkan produk kulit suede. Selain itu, meski warnanya berubah ketika basah, kulit nubuck akan kembali ke warna awal setelah kering. Akan tetapi, produk dengan jenis kulit ini masih sulit ditemui di e-commerce di Indonesia.

Pull up: Lentur dan bernuansa vintage

Pull up: Lentur dan bernuansa vintage

Jenis kulit pull up merupakan kulit full grain yang diregangkan sehingga didapatkan kulit yang lebih tipis dan mudah dibentuk. Namun, proses peregangan ini akan membuat warna kulit pull up jadi lebih pucat bila dibandingkan full grain


Meski begitu, warna seperti ini justru memberikan kesan vintage dan disukai oleh banyak orang. Selain warna vintage, sandal kulit pull up memiliki daya tahan dan kelenturan yang tinggi. Fleksibilitas tersebut tentu membuat Anda lebih nyaman ketika sedang memakainya untuk beraktivitas. Sayangnya, sandal dengan bahan ini juga jarang ditemui di online shop.

2

Sesuaikan model sandal dengan aktivitas

Sesuaikan model sandal dengan aktivitas

Sama halnya dengan sepatu, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu tujuan penggunaan sandal kulit sebelum membeli. Apakah Anda akan menggunakannya untuk kegiatan santai, seperti piknik atau untuk menghadiri acara tertentu? Dengan menentukan aktivitas yang ingin dilakukan, tentunya Anda jadi lebih mudah memilih model sandal yang sesuai dengan kebutuhan.


  • Untuk acara formal, pilihlah sandal kulit dengan ujung agak tertutup. Selain acara formal, sandal seperti ini juga dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari sehingga cukup multifungsi. 

  • Untuk acara santai dan nonformal, pilih yang nyaman dan stylish. Sebagai contoh, Anda bisa memilih sandal kulit model jepit yang cocok dipakai untuk bepergian.
3

Pilih ukuran yang tepat

Setelah mengenal jenis-jenis kulit dan menentukan tujuan pemakaian, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih ukuran. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Dengan ukuran yang tepat, langkah kaki akan terasa lebih nyaman dan Anda pun tidak mudah merasa lelah.

Cetak gambar kaki dan ukurlah di sore hari

Cetak gambar kaki dan ukurlah di sore hari

Ukurlah kaki pada sore hari agar Anda mendapatkan ukuran kaki yang sebenarnya. Pasalnya, kaki akan mengembang sampai ke ukuran maksimal pada saat sore. Pada waktu ini, peredaran darah di kaki mengalir lancar akibat berbagai aktivitas yang telah dilakukan sehingga ukuran kaki pun mengembang. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah mudah di bawah ini:


  • Buatlah cetakan gambar kaki kiri atau kanan di atas sebuah kertas.

  • Setelah gambar selesai, ukurlah panjang dan lebar kaki Anda menggunakan penggaris untuk mendapatkan ukuran sandal yang pas.

  • Tambahkan satu atau dua millimeter dari ukuran kaki sebenarnya jika menyukai sandal yang sedikit longgar.

Cek tabel ukuran standar internasional

Cek tabel ukuran standar internasional

Saat hendak membeli sandal kulit, adakalanya gerai online tidak menyediakan sandal dengan ukuran standar. Namun, Anda tidak perlu bingung. Cukup bandingkan ukuran kaki Anda dengan tabel ukuran standar internasional. 


Melalui tabel tersebut, Anda bisa mengetahui perbandingan ukuran dalam EU, UK, atau US untuk mendapatkan sandal kulit yang pas. Sebagai contoh, sandal dengan keterangan UK 6 memiliki panjang 23,5 cm atau setara dengan ukuran EU 37.

4

Pertimbangkan juga sandal kulit dari tiap-tiap daerah di Indonesia

Pertimbangkan juga sandal kulit dari tiap-tiap daerah di Indonesia

Meski banyak merek sandal kulit wanita ternama dari luar negeri, tidak ada salahnya melirik produk lokal dari beberapa daerah di Indonesia. Sebut saja sandal kulit wanita dari Garut dan Bandung.


Sandal kulit yang diproduksi di daerah-daerah ini cukup populer dan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Jika tertarik, Anda dapat menemukan berbagai model sandal kulit wanita terbaru yang diproduksi oleh tiap-tiap daerah tersebut.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sandal kulit terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sandal kulit terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

PVN

Doyoung Sandal Tali Wanita

PVN Doyoung Sandal Tali Wanita 1

Rp399.900

Agak Mahal

Outsole terbuat dari bahan antiselip, hati pun tenang saat beraktivitas

2

VIVI NICI

Carendo Melly Sandal Wanita

VIVI NICI Carendo Melly Sandal Wanita 1

Rp249.000

Menengah

Solnya empuk, desainnya pun menarik!

3

Homyped

Ayana Sandal Wedges WanitaN65

Homyped Ayana Sandal Wedges Wanita 1

Rp639.900

Lebih Mahal

Tampil lebih tinggi dan tetap terasa nyaman berkat wedgesnya

4

Berrybenka

Sofia Ibira Sandal Wide Strap

Berrybenka Sofia Ibira Sandal Wide Strap 1

Rp249.000

Menengah

Tampak anggun dengan heels yang transparan

5

Yongki Komaladi

Sandal LadiesV4-06H

Yongki Komaladi Sandal Ladies 1

Rp599.000

Agak Mahal

Tampil gaya dengan sandal kulit dari brand ternama

6

Adorable Projects

Caspery Sandals Light Blue

Adorable Projects Caspery Sandals Light Blue 1

Rp175.000

Agak Murah

Warnanya yang lembut berikan kesan kalem pada penampilan Anda

7

Cevany

Geovani Sendal Wanita Bustong Kulit Asli

Cevany Geovani Sendal Wanita Bustong Kulit Asli 1

Rp275.000

Menengah

Varian warnanya banyak, tinggal sesuaikan dengan acaranya, deh!

8

Niel

Miya Pastel

Niel Miya Pastel 1

Rp319.900

Menengah

Perpaduan warna pastel dan putihnya bikin look makin kekinian

9

Garut Kulit

Leather Slipper

Garut Kulit Leather Slipper 1

Rp150.000

Agak Murah

Sandal berbahan kulit asli yang lembut di kaki

10

Embiku

Sandal Wanita Kulit Papirut Garut

Embiku Sandal Wanita Kulit Papirut Garut  1

Rp75.000

Lebih Murah

Simpel, tetapi tetap terlihat manis dengan sandal beraksen pita

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PVNDoyoung Sandal Tali Wanita

Doyoung Sandal Tali Wanita 1
Sumber: shopee.co.id
Doyoung Sandal Tali Wanita 2
Sumber: shopee.co.id
Doyoung Sandal Tali Wanita 3
Sumber: shopee.co.id
Doyoung Sandal Tali Wanita 4
Sumber: shopee.co.id
Doyoung Sandal Tali Wanita 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp399.900
Agak Mahal
Harga referensi
Rp399.900
Agak Mahal

Outsole terbuat dari bahan antiselip, hati pun tenang saat beraktivitas

Dengan menggunakan sandal kulit ini, Anda tidak perlu khawatir saat beraktivitas di area yang licin. Hal ini karena bagian outsole-nya dibuat menggunakan karet antiselip. Selain aman digunakan, tampilan sandal keluaran PVN ini pun terlihat trendi dan sporty. Padukan saja sandal ini dengan jaket varsity dan jogger pants 7/8 untuk mendapatkan look yang makin sempurna.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

VIVI NICICarendo Melly Sandal Wanita

Harga referensi
Rp249.000
Menengah

Solnya empuk, desainnya pun menarik!

Jatuhkan saja pilihan Anda pada produk keluaran VIVI NICI ini jika membutuhkan sandal untuk keperluan sehari-hari. Solnya empuk karena dibuat menggunakan busa karet atau EVA. Jadi, jangan heran apabila sandal ini nyaman dipakai setiap hari, baik untuk bekerja maupun bepergian. Lagipula, desainnya pun modis dan tersedia dalam berbagai warna yang menarik. Recommended!

No.3

HomypedAyana Sandal Wedges WanitaN65

Harga referensi
Rp639.900
Lebih Mahal

Tampil lebih tinggi dan tetap terasa nyaman berkat wedgesnya

Apabila Anda ingin tampak lebih tinggi, produk ini layak untuk Anda pilih. Sandal kulit wanita dari Homyped ini tentunya sudah tidak asing lagi, bukan? Ia dilengkapi dengan wedges yang cukup tinggi sehingga Anda pun dapat tampil dengan lebih percaya diri. Anda juga akan tetap merasa nyaman selama memakainya karena bagian solnya berbahan ethylene-vinyl acetate (EVA) yang empuk.

No.4

BerrybenkaSofia Ibira Sandal Wide Strap

Harga referensi
Rp249.000
Menengah

Tampak anggun dengan heels yang transparan

Produk dari Berrybenka dapat menjadi alternatif jika Anda menyukai sandal kulit yang unik. Tidak seperti heels pada umumnya, sandal kulit ini dilengkapi dengan heels yang transparan. Tipe heels-nya pun tergolong cukup besar sehingga kaki Anda tidak akan cepat merasa pegal. Anda dapat tetap tampil anggun dengan empat pilihan warnanya, yaitu gold, pink, beige, dan black.

No.5

Yongki KomaladiSandal LadiesV4-06H

Harga referensi
Rp599.000
Agak Mahal

Tampil gaya dengan sandal kulit dari brand ternama

Siapa yang tidak pernah mendengar merek Yongki Komaladi? Brand ini memiliki outlet yang tersebar di berbagai kota dan mempunyai berbagai koleksi sandal stylish yang menarik untuk dimiliki. Contohnya sandal kulit yang satu ini.


Sandal yang terbuat dari kulit sintetis ini memiliki tiga pilihan warna, yaitu biru, merah, dan tan. Warna tan cocok dipadukan dengan berbagai warna busana. Sementara itu, warna biru dan merah pas dipilih jika Anda memiliki pakaian berwarna senada.

No.6

Adorable ProjectsCaspery Sandals Light Blue

Harga referensi
Rp175.000
Agak Murah

Warnanya yang lembut berikan kesan kalem pada penampilan Anda

Adorable Projects merupakan salah satu brand lokal asal Bandung yang sedang naik daun. Brand ini mempersembahkan sandal kulit untuk Anda yang menyukai tampilan kalem dan lembut. Ya, produk ini hadir dengan warna biru muda yang menawan dan pastinya tampak cantik di kaki Anda. Agar pesonanya makin terpancar, gunakan saja atasan berwarna senada dan bawahan berwarna putih. Style jalan-jalan Anda dijamin makin ciamik!

No.7

CevanyGeovani Sendal Wanita Bustong Kulit Asli

Harga referensi
Rp275.000
Menengah

Varian warnanya banyak, tinggal sesuaikan dengan acaranya, deh!

Apakah Anda sering bergonta-ganti sandal sesuai dengan warna baju? Jika ya, sandal kulit dari Cevany ini wajib masuk dalam daftar belanja Anda, ya. Sandal ini hadir dalam sembilan warna pilihan, mulai dari hitam hingga warna cerah seperti kuning. Dengan banyaknya pilihan warna ini, Anda pun dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan tema acara yang Anda hadiri.

No.8

NielMiya Pastel

Harga referensi
Rp319.900
Menengah

Perpaduan warna pastel dan putihnya bikin look makin kekinian

Jika ingin tampil kekinian ala korean style, sebaiknya Anda tidak melewatkan produk yang satu ini. Perpaduan warnanya dapat membuat penampilan Anda tampak youthful dan stylish bak remaja Korea. Kami merekomendasikan produk dari Niel ini untuk melengkapi gaya Anda saat pergi ke kampus atau hang out bersama sahabat. Tak akan salah pilih, deh!

No.9

Garut KulitLeather Slipper

Harga referensi
Rp150.000
Agak Murah

Sandal berbahan kulit asli yang lembut di kaki

Jika Anda sedang mencari sandal kulit yang lembut di kaki, produk inilah pilihan yang tepat. Sandal merek Garut Kulit ini terbuat dari bahan kulit asli berjenis suede yang terkenal akan teksturnya yang lembut.


Selain itu, sandal kulit wanita ini tersedia dalam warna-warna yang jarang ditemukan di pasaran, lho. Oranye, kuning., navy, dan hijau adalah beberapa di antaranya. Apakah Anda tertarik mengoleksi warna-warna tersebut?

No.10

EmbikuSandal Wanita Kulit Papirut Garut

Harga referensi
Rp75.000
Lebih Murah

Simpel, tetapi tetap terlihat manis dengan sandal beraksen pita

Jika dilihat sekilas, sandal kulit wanita dari Embiku ini terlihat simpel. Kami merekomendasikan sandal ini jika Anda menyukai sandal kulit yang praktis dan nyaman untuk dipakai sehari-hari. Walaupun tampak sederhana, Anda tetap dapat tampil manis berkat aksen pita dengan warna senada di bagian upper-nya. Pilihan warna yang ditawarkan pun melimpah. Tinggal pilih saja warna favorit Anda!

Tips merawat sandal kulit

Tips merawat sandal kulit

Sandal dari bahan kulit memang banyak disukai oleh berbagai kalangan karena bernuansa elegan dan juga awet. Namun, jika tidak dirawat dengan benar, sandal kulit bisa rusak, lho. Nah, agar sandal kulit tetap terjaga keawetannya, lakukanlah beberapa tips praktis berikut ini.


  • Gunakanlah lap basah untuk membersihkan permukaan sandal kulit, alih-alih mencuci dengan membasahi secara langsung. Anda juga bisa menggunakan lap kering dan sikat halus untuk menghilangkan debu atau kotoran membandel.

  • Pastikan kaki tidak basah atau berkeringat karena akan membuat sandal kulit lembap dan berbau tidak sedap.


  • Jangan menjemur sandal langsung di bawah sinar matahari agar warnanya tidak memudar


  • Simpanlah sandal kulit di tempat kering dan taruh beberapa gel silika agar kotak penyimpanan tidak lembap.

Baca juga rekomendasi sandal wanita lainnya di sini

Kami berharap Anda sudah menemukan sandal kulit yang cocok dengan kebutuhan dan selera Anda. Selain sandal kulit, kami juga mempunyai rekomendasi produk sandal untuk wanita lainnya. Terdapat beberapa produk, seperti sandal slip on, sandal pantai, dan lain sebagainya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh sandal kulit wanita yang mudah didapatkan secara online. Sudahkah Anda menemukan produk yang Anda cari? Jika belum, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih.


Jangan lupa juga untuk menandai halaman ini agar mudah dibaca ulang kapan saja. Nah, tentukan produk favorit Anda sekarang dan selamat menikmati akhir pekan dengan sandal kulit pilihan Anda!

5 Rekomendasi Sandal Kulit untuk Wanita terbaik

No. 1: PVNDoyoung Sandal Tali Wanita

No. 2: VIVI NICICarendo Melly Sandal Wanita

No. 3: HomypedAyana Sandal Wedges WanitaN65

No. 4: BerrybenkaSofia Ibira Sandal Wide Strap

No. 5: Yongki KomaladiSandal LadiesV4-06H

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Sepatu wanita
  4. 10 Merk Sandal Kulit Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.