1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Aksesori pria
  6. >
  7. 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Jam Tangan Kulit Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Jam tangan kulit merupakan pelengkap fashion yang sulit untuk ditiadakan karena keistimewaan yang dimilikinya. Keistimewaan ini adalah bahannya awet, nyaman digunakan, serta nuansanya vintage. Karena itu, tidak heran bila ia banyak diminati dan tetap menjadi pilihan yang populer dari waktu ke waktu.


Dalam artikel ini, kami akan berbagi tips memilih jam tangan kulit bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami telah menghimpun sepuluh merk jam tangan kulit pria original, seperti Casio, Fossil, dan Expedition. Jangan lewatkan informasinya dan temukan jam tangan kulit favorit Anda di sini!

Diperbaharui 04-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih jam tangan kulit untuk pria

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli jam tangan kulit. Selain material strap, Anda perlu mengecek ukuran jam dan juga menyesuaikannya dengan warna kulit Anda. Mari simak pemaparan selengkapnya di bawah ini.

① Cek jenis bahan strap kulit

Strap atau tali berbahan kulit bisa dikatakan sebagai salah satu jenis strap yang paling digandrungi oleh para pria. Secara umum, terdapat dua jenis bahan strap untuk jam tangan kulit, yaitu kulit hewan dan kulit sintetis. Ketahui karakteristik dari masing-masing jenis dan pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi serta bujet Anda. 

Strap kulit hewan, makin nyaman dan menawan seiring pemakaian

Strap kulit hewan, makin nyaman dan menawan seiring pemakaian
Sumber: fossil.com

Hewan yang biasa diambil kulitnya untuk pembuatan strap jam tangan adalah buaya, ular, dan sapi. Strap dari kulit asli memiliki karakteristik nyaman ketika digunakan, awet, dan warnanya makin lama makin terlihat bagus. Meski begitu, tingkat kenyamanan dan keawetan strap bergantung juga kepada ketebalan dan keelastisan kulit hewan yang digunakan.


  • Kulit sapi memiliki ketahanan yang kuat sehingga banyak digunakan untuk pembuatan strap jam tangan kulit.
  • Kulit ular cenderung halus dan lebih elastis, tetapi tidak begitu kuat. 
  • Kulit buaya memiliki tekstur yang tebal, kuat, dan detail motif unik, tetapi harganya cukup tinggi.

Selain itu, strap dari kulit hewan memerlukan perawatan ekstra agar tetap prima dan dapat digunakan dalam waktu lama. Kotak penyimpanan yang lembap dan paparan suhu ekstrem dapat membuat teksturnya menjadi rusak dan berbau. Begitu pula jika terus-menerus dipakai ketika tangan berkeringat. Jadi, sebaiknya Anda pertimbangkan poin perawatannya apabila ingin membeli jam tangan dengan tali kulit hewan.

Strap kulit sintetis, lebih terjangkau dan warnanya beragam

Strap kulit sintetis, lebih terjangkau dan warnanya beragam

Meski mengoleksi produk dari kulit hewan memberikan kebanggaan tersendiri, produk dari kulit sintetis kualitasnya tidak kalah bagus. Kulit sintetis merupakan kulit tiruan yang tidak mengandung unsur hewani tetapi dibuat semirip mungkin dengan kulit asli. Bahan untuk membuat kulit sintetis ini kebanyakan menggunakan polivinil klorida (PVC) dan juga poliuretan (PU).


Kulit sintetis sendiri terdiri dari beberapa tingkatan berdasarkan kualitasnya, yaitu low, medium, dan high. Kulit sintetis berkualitas rendah cenderung tipis dan permukaannya kasar, sedangkan kualitas menengah memiliki tekstur cukup lembut. Sementara itu, kulit sintetis dengan kualitas paling baik warnanya tidak mudah pudar, kuat, lembut, dan cukup elastis.


Selain tidak merepotkan dalam hal perawatan, kelebihan lain dari jam tangan kulit sintetis adalah harganya yang terjangkau. Menariknya lagi, karena diproduksi menggunakan mesin, tekstur dan warna dari kulit sintetis juga lebih konsisten serta bervariasi.

② Sesuaikan dengan warna kulit Anda

Jam tangan merupakan salah satu aksesori yang bisa meningkatkan penampilan jika Anda memilih produk yang tepat. Nah, salah satu hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih jam tangan adalah keserasiannya dengan warna kulit.

Kulit terang: Cocok menggunakan warna apa saja

Kulit terang: Cocok menggunakan warna apa saja

Pada dasarnya, orang berkulit terang seperti putih dan kuning langsat cocok menggunakan jam tangan dengan warna apa pun. Anda tinggal menyesuaikan warna jam tangan dengan kesan yang ingin ditampilkan, outfit, dan acara yang akan dihadiri. Sebagai contoh, jam tangan kulit berwarna hitam terlihat elegan dan membuat Anda terlihat lebih muda.

Kulit sawo matang: Pilih warna gelap dan lembut

Kulit sawo matang: Pilih warna gelap dan lembut
Sumber: fossil.com

Seperti yang Anda ketahui, warna kulit sawo matang dimiliki oleh sebagian besar penduduk asli Indonesia. Lalu, jam tangan kulit dengan warna seperti apa yang cocok untuk tipe kulit ini? Kami merekomendasikan jam tangan kulit berwarna gelap, misalnya biru navy untuk Anda yang berkulit sawo matang. Selain itu, jam tangan kulit cokelat atau abu-abu yang lembut akan membuat Anda terlihat berkelas.

Kulit gelap: Gunakan case warna keemasan dan strap warna gelap

Kulit gelap: Gunakan case warna keemasan dan strap warna gelap

Meski warna yang cocok digunakan untuk kulit gelap lebih terbatas, Anda tetap bisa tampil penuh gaya, lho. Bagi yang berkulit gelap, jam tangan dengan case keemasan dan strap gelap akan membuat penampilan makin sempurna. Sebaiknya, hindari memakai jam tangan kulit dengan strap berwarma terang kecuali jika Anda ingin menjadikan jam sebagai pusat perhatian.

③ Periksa lebar strap dan ketebalan case

Periksa lebar strap dan ketebalan case
Sumber: fossil.co.id

Lebar strap kadang kala luput dari perhatian ketika memilih jam tangan. Agar terlihat proporsional, sebaiknya pilih strap yang lebarnya kira-kira setengah dari ukuran diameter case. Sebagai contoh, apabila jam memiliki diameter case 44 mm, lebar strap yang disarankan adalah 22 mm. Meski begitu, masing-masing orang tentu mempunyai preferensi tersendiri mengenai ukuran lebar strap yang mereka sukai.


Selain lebar strap, ketebalan case juga menjadi hal lain yang perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, ketebalan case dapat memengaruhi tampilan dan bentuk dari pergelangan tangan Anda. Jadi, sebelum membeli, pastikan ketebalan case ketika dipakai membuat tampilan tangan terlihat pas dan seimbang. 


Selain itu, Anda bisa menyesuaikan ketebalan case jam dengan outfit yang Anda kenakan. Sebagai contoh, pilihlah case agak tipis jika sering mengenakan kemeja lengan panjang agar tidak terlihat menggembung.

④ Pertimbangkan produk keluaran merek ternama

Produk jam tangan kulit yang diproduksi oleh produsen ternama biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Harga jual ini tentu sebanding dengan kualitas mesin jam dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Produk yang dikeluarkan pun sudah teruji oleh waktu dan memiliki banyak ulasan yang positif dari penggunanya.


Selain itu, jam tangan kulit dari merek ternama biasanya memiliki garansi dan layanan purna jual yang baik. Nah, jika Anda belum pernah membeli jam tangan kulit, kami merekomendasikan jam dari merek ternama, seperti Alba, Alexandre Christie, ORIENT, Seiko, Tissot, GUESS, dan SKMEI.


Selain kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi, merek besar biasanya memiliki website resmi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai jam tangan kulit pria terbaru serta tidak perlu khawatir akan keaslian produknya.

10 Rekomendasi jam tangan kulit terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam tangan kulit terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Alexandre Christie

AC S001 MFL

Alexandre Christie AC S001 MFL 1枚目

Jam analog, tetapi bisa disambungkan ke smartphone, lho!

2

Fossil

Machine Chronograph Dark Brown Leather Watch and Bracelet Box Set

Fossil Machine Chronograph Dark Brown Leather Watch and Bracelet Box Set 1枚目

Eksklusif, hadiah terbaik untuk atasan atau sahabat Anda

3

Casio

Enticer Gent's Analog

Casio Enticer Gent's Analog 1枚目

Meski ekonomis, Anda tetap dapat tampil elegan

4

Seiko

Alba SIGNA

Seiko Alba SIGNA 1枚目

Dilengkapi Lumibrite, melihat waktu dalam kondisi gelap tidak lagi masalah

5

Seiko

Presage

Seiko Presage 1枚目

Klasik sekaligus elegan berkat fitur skeleton-nya

6

SKMEI

Men Quartz Leather Mesh Watch

SKMEI Men Quartz Leather Mesh Watch 1枚目

Strap kulitnya keren, tetapi harganya tetap bersahabat!

7

Expedition

E 6789 MDL

Expedition  E 6789 MDL 1枚目

Desain simpel dengan strap warna-warni

8

Tissot

Tradition Chronograph

Tissot Tradition Chronograph 1枚目

Sapphire crystal-nya menjamin kaca jam tidak akan tergores

9

Seiko Epson

ORIENT: Quartz Classic Watch, Leather Strap - 42.4mm

Seiko Epson ORIENT: Quartz Classic Watch, Leather Strap - 42.4mm 1枚目

Anda dapat mengetahui waktu dengan presisi berkat chronograph-nya

10

GUESS

Gc-3

GUESS Gc-3 1枚目

Kombinasi warna hitam dan emasnya perkuat kesan maskulin

Perincian produk
Close
No.1

Alexandre ChristieAC S001 MFL

Mulai dari Rp2.500.000,00

Jam analog, tetapi bisa disambungkan ke smartphone, lho!

Produk ini hadir menjawab kebutuhan zaman modern yang tidak terpisahkan dengan teknologi. Pasalnya, jam tangan kulit pria dari Alexandre Christie ini dapat dihubungkan ke smartphone, lho! Anda dapat menghubungkannya ke gawai yang berbasis Android maupun iOS. 


Setelah terhubung, jam ini bisa memberikan notifikasi pesan dan telepon yang masuk ke HP Anda. Jam ini juga bisa menghitung jumlah langkah kaki Anda seharian. Nah, Anda dapat mempertimbangkan produk ini agar hidup menjadi lebih praktis.

No.2

FossilMachine Chronograph Dark Brown Leather Watch and Bracelet Box SetFS5251SET

Mulai dari Rp3.115.000,00

Eksklusif, hadiah terbaik untuk atasan atau sahabat Anda

Jika Anda sedang mencari hadiah untuk diberikan kepada atasan atau sahabat Anda, produk ini dapat dipilih. Kesan eksklusif terpancar dari produk ini berkat kemasan kotak yang keren serta gelang kulit yang menjadi pendampingnya. Jam tangan kulit pria dari Fossil ini dapat Anda hadiahkan pada saat-saat istimewa, seperti ulang tahun atau promosi jabatan.

No.3

CasioEnticer Gent's AnalogMTP-1175E-7B

Mulai dari Rp378.000,00

Meski ekonomis, Anda tetap dapat tampil elegan

Salah satu produk jam tangan kulit asli dengan merek ternama dan harga yang ekonomis adalah produk ini. Jam tangan kulit pria Casio ini sudah dilengkapi dengan fitur tanggal agar semua agenda Anda berjalan lancar. Meski harganya terjangkau, jam tangan kulit pria ini antiair, lho! Baterai bawaan pabriknya pun diperkirakan dapat bertahan selama dua tahun.

No.4

SeikoAlba SIGNAAU2193X1

Mulai dari Rp1.183.000,00

Dilengkapi Lumibrite, melihat waktu dalam kondisi gelap tidak lagi masalah

Apabila Anda sering beraktivitas di malam hari, produk ini dapat dipertimbangkan. Jam tangan Alba pria dengan tali kulit ini memiliki fitur Lumibrite yang tersemat di dalamnya. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat melihat waktu dengan jelas meski dalam kondisi gelap. Jam yang keren sekaligus fungsional, bukan?

No.5

Klasik sekaligus elegan berkat fitur skeleton-nya

Kombinasi nuansa klasik dan elegan dapat Anda temukan di produk ini. Jam tangan pria Seiko kulit ini mempunyai desain yang klasik dengan warna dial putih dan marker angka Romawi. Di samping itu, sisi elegannya juga ditunjukkan dengan adanya fitur skeleton kecil di samping chronograph. Hebatnya lagi, jam tangan ini menjadi makin elegan karena terdapat 24 buah permata, lho!

No.6

SKMEIMen Quartz Leather Mesh Watch1466

Mulai dari Rp100.400,00

Strap kulitnya keren, tetapi harganya tetap bersahabat!

Jika Anda sedang mempertimbangkan jam tangan dengan bujet yang terbatas, produk besutan SKMEI ini dapat menjadi pilihan. Meskipun strap jam tangan ini berbahan kulit sintetis, Anda tetap dapat tampil keren karena SKMEI menggunakan bahan berkualitas. Selain itu, penyajian tanggalnya juga unik karena sudah memakai sistem chronograph.

No.7

Desain simpel dengan strap warna-warni

Jam tangan Expedition pria dengan tali kulit ini tidak boleh Anda lewatkan. Produk ini hadir dengan desain yang simpel dan strap yang berwarna-warni. Terdapat lima jenis warna strap yang dapat dipilih. Selain terdapat fitur tanggal, jam tangan Expedition ini juga sudah dilengkapi water resistant 3 ATM.

No.8

TissotTradition ChronographT063.617.16.057.00

Mulai dari Rp4.706.000,00

Sapphire crystal-nya menjamin kaca jam tidak akan tergores

Kaca jam tangan yang tidak sengaja tergores dapat membuat Anda menjadi resah. Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika memilih produk ini. Jam tangan keluaran Tissot ini menggunakan bahan sapphire crystal yang antigores sehingga Anda dapat beraktivitas dengan tenang. 


Menariknya lagi, strap-nya menggunakan embossed cow leather sehingga tampak seperti kulit buaya karena bertekstur. Penampilan Anda pun dijamin akan tampak makin mewah.

No.9

Seiko EpsonORIENT: Quartz Classic Watch, Leather Strap - 42.4mmRA-KV0403S

Mulai dari Rp2.368.000,00

Anda dapat mengetahui waktu dengan presisi berkat chronograph-nya

Apakah Anda termasuk orang yang sangat detail dengan waktu? Jika ya, jam tangan kulit pria kasual ini wajib masuk ke dalam daftar belanja Anda. Jam tangan ini dilengkapi dengan tiga buah chronograph sehingga agenda yang ingin Anda laksanakan selalu dapat ditepati. Uniknya, di bagian marker terdapat angka 5 hingga 60 yang justru umumnya diisi dengan angka 1 hingga 12.

No.10

Kombinasi warna hitam dan emasnya perkuat kesan maskulin

Sebagian pria menginginkan penampilan yang maskulin. Jam tangan GUESS pria kulit ini bisa menjadi pilihan Anda karena kombinasi warna hitam dan emas yang apik. Warna emas yang hadir di bagian lug, crown, dan pusher memperkuat kesan maskulin. Jika Anda memiliki warna kulit yang cenderung gelap, produk ini akan membuat penampilan Anda lebih sempurna.

Cara merawat jam tangan kulit

Cara merawat jam tangan kulit

Sama halnya dengan produk berbahan kulit lainnya, jam tangan kulit pun perlu dirawat dengan benar. Ada beberapa hal praktis yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jam tangan kulit rusak dan berbau. Simak tipsnya agar jam tangan Anda bertahan lama dan tetap menawan saat digunakan.


  • Pertama, usahakan strap kulit asli tidak terkena air agar warnanya tidak pudar atau meninggalkan bekas noda. Namun, apabila strap terlanjur basah, segera lap dengan kain kering dan angin-anginkan secara alami. Jangan gunakan jam tangan ketika cuaca sedang panas atau saat berolahraga agar keringat tidak terserap ke dalam strap.

  • Kedua, hindari menaruh jam tangan kulit di tempat yang terpapar langsung oleh sinar matahari untuk mencegah strap mengeras. Sebaiknya simpan jam tangan kulit dalam kotak penyimpanan yang diberi silika gel supaya bebas dari udara lembap.

  • Terakhir, gunakan kondisioner dan pembersih khusus untuk membersihkan strap jam tangan kulit Anda.

Baca juga rekomendasi produk jam tangan pria lainnya di sini

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi jam tangan kulit untuk pria yang telah kami ulas untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda sukai? Memilih jam tangan mungkin terlihat sepele, tetapi Anda bisa saja salah memilih jika belum mengetahui caranya.


Nah, silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini sebagai panduan ketika memilih jam tangan kulit, ya. Anda juga bisa menandai halaman ini agar mudah dibaca ulang kapan saja. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer