• 10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Serum Niacinamide Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Kandungan niacinamide menjadi salah satu primadona yang banyak dipakai dalam berbagai produk skincare. Permasalahan kulit seperti hiperpigmentasi, kulit kusam, hingga produksi minyak berlebih, dipercaya dapat diatasi oleh niacinamide. Alhasil, banyak produsen yang mencoba menghadirkan serum niacinamide. Sayangnya, harga serum umumnya relatif mahal. Namun, kini telah banyak produsen lokal yang memproduksi serum niacinamide yang murah.


Kami akan membantu Anda memilih serum niacinamide lokal yang bagus, serta membagikan rekomendasi produk terbaiknya. Ada serum niacinamide Somethinc, serum niacinamide Avoskin, dan serum niacinamide Bhumi. Simak juga komentar dari dokter umum kami, dr. Mutia Ulfa.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Mutia Ulfa G.U
  • Pembaharuan terakhir: 31 Agustus 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Profil pakar: Dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Dokter Mutia adalah seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha. Dokter yang telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018 ini mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Tidak hanya itu, saat ini dokter Mutia juga sedang mengambil pendidikan magister di jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine. Anda dapat mengenal dokter Mutia lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Manfaat niacinamide bagi kulit

Manfaat niacinamide bagi kulit

Niacinamide adalah salah satu turunan dari vitamin B3 yang sifatnya mudah larut dalam air. Karena memiliki berbagai manfaat untuk kulit, banyak produk skincare yang menggunakan kandungan niacinamide, termasuk serum.


Penggunaan niacinamide secara rutin dapat membantu menahan kelembapan serta memperkuat lapisan kulit. Dengan begitu, kulit akan tetap terhidrasi dalam waktu lama sehingga produksi minyak berlebih dapat terkontrol. Selain itu, kandungan ini mampu mencegah terjadinya penguapan kandungan air secara berlebihan dari kulit.


Bagaimana dengan bekas jerawat yang menimbulkan noda gelap sehingga membuat warna kulit tidak merata? Niacinamide juga bisa Anda andalkan. Kandungan ini mampu memperlambat proses perpindahan melanin pembentuk hiperpigmentasi kulit. Niacinamide juga dapat menyamarkan kerutan dan garis halus sehingga wajah tampak lebih halus. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Dikenal dengan nama vitamin B3 atau nicotinamide, niacinamide sangat penting untuk tubuh kita terutama karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin ini. Vitamin ini larut dalam air sehingga untuk mendapatkan manfaatnya kita harus mengonsumsinya secara oral atau dioleskan secara topikal.


Beberapa manfaat niacinamide bagi kulit, yakni:

  • Imunitas atau kekebalan kulit: membuat kulit menjadi sehat dan terlindungi dari paparan lingkungan luar.
  • Penghalang lipid yang membantu mempertahankan kelembapan kulit.
  • Meminimalisir kemerahan, radang dan meredakan jerawat karena fungsinya sebagai anti-inflamasi.
  • Mengatur produksi minyak dengan mengatur kelenjar sebasea sehingga tidak memproduksi secara berlebihan.
  • Meminimalkan tampilan pori-pori.
  • Mengurangi hiperpigmentasi karena meningkatkan produksi kolagen.
  • Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas.
  • Meminimalkan garis halus dan kerutan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum niacinamide lokal

Setelah mengetahui manfaatnya, kini saatnya Anda menyimak tips memilih serum lokal yang mengandung niacinamide. Simak sejumlah poin di bawah ini agar Anda menemukan produk yang paling sesuai!

Kenali dahulu kebutuhan kulit Anda

Kenali dahulu kebutuhan kulit Anda

Kondisi dan permasalahan kulit yang dihadapi tiap orang tentu tidaklah sama. Anda perlu terlebih dahulu mengenal kulit Anda sendiri untuk mengetahui pilihan serum yang paling tepat.


Niacinamide merupakan bahan aktif yang bisa dikatakan cocok untuk semua jenis kulit. Kandungan ini sangat disarankan untuk Anda yang memiliki masalah kulit kusam dan warna kulit tidak merata. Kemampuan niacinamide dalam memperlambat produksi melanin dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi kondisi kulit tersebut.


Selain itu, serum niacinamide juga pas untuk Anda yang memiliki keluhan kulit berminyak. Kelembapan kulit yang bertahan lebih lama berkat niacinamide akan menyeimbangkan produksi sebum dan minyak berlebih. 


Pemilik kulit sensitif yang rentan kemerahan juga dapat menggunakan serum niacinamide. Namun, Anda perlu terlebih dahulu melakukan patch test dengan mengoleskan sedikit produk di belakang telinga atau siku tangan. Apabila kulit tidak menampakkan reaksi negatif, seperti gatal-gatal, kemerahan, atau iritasi, Anda dapat menggunakan produk tersebut.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Setelah mengetahui manfaat niacinamide lebih dalam, Anda dapat menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan kulit. Niacinamide yang digunakan secara topikal umumnya aman digunakan untuk semua jenis kulit.


Namun, bagi orang yang sebelumnya memiliki riwayat alergi mungkin akan mengalami reaksi alergi. Hal ini disebabkan oleh senyawa ini dapat memicu pelepasan histamin pada tubuh.


Jangan lupa untuk selalu membaca ingredients dari setiap skincare yang Anda pakai untuk meminimalkan terjadinya reaksi alergi.

Cek tingkat konsentrasi niacinamide-nya

Cek tingkat konsentrasi niacinamide-nya

Serum lokal yang dijual di pasaran memiliki konsentrasi niacinamide yang berbeda-beda. Karena itu, Anda perlu memeriksa tingkat konsentrasinya untuk menemukan produk yang paling sesuai.


Sebagian besar produk mengandung konsentrasi niacinamide sebanyak 5–10%. Tingkat konsentrasi tersebut dinilai efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti bekas jerawat.


Kandungan yang lebih besar ditujukan untuk Anda yang mengalami permasalahan lebih berat. Contoh masalah kulit yang membutuhkan kandungan niacinamide lebih besar adalah hiperpigmentasi atau kerusakan kulit akibat sinar UV. 


Konsentrasi niacinamide juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Jika kulit Anda sensitif, ada baiknya untuk mempertimbangkan serum dengan konsentrasi niacinamide lebih rendah. Sejumlah produk menawarkan kandungan niacinamide di bawah 5% yang dikombinasikan bersama bahan aktif lain. Jadi, produknya tetap efektif walau konsentrasi niacinamide-nya lebih rendah.

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Tingkat konsentrasi atau kadar niacinamide yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari adalah 2–5%. Jika Anda memang sudah terbiasa menggunakan niacinamide dan tidak timbul efek samping (breakout atau iritasi), Anda boleh meningkatkan kadarnya sampai 10%.

Periksa bahan kandungan lain dalam produk

Periksa bahan kandungan lain dalam produk

Jangan lupa memeriksa daftar komposisinya untuk mengetahui kandungan lain dalam serum. Niacinamide sering kali dikombinasikan dengan bahan lain untuk meningkatkan manfaat dalam mengatasi permasalahan kulit tertentu.


Salah satu kombinasi yang populer adalah niacinamide dan hyaluronic acid untuk pemilik kulit kering. Ada juga tambahan kandungan zinc hingga Centella asiatica yang ditujukan bagi kulit yang rentan berjerawat. Sementara itu, banyak juga beredar serum dengan niacinamide dan kolagen untuk mengatasi tanda penuaan dini. 


Ingatlah juga untuk mengecek produk dengan saksama demi menghindari kandungan yang berbahaya bagi kulit. Kandungan yang sebaiknya dihindari antara lain silikon, paraben, mineral oil, alkohol, parfum, dan pewarna buatan. 

dr. Mutia Ulfa G.U
Dokter umum
dr. Mutia Ulfa G.U

Ada beberapa kombinasi terbaik antara niacinamide dan kandungan lain yang dapat memaksimalkan efeknya, yaitu:

  • Niacinamide + salicylic acid: mengecilkan pori, menurunkan produksi sebum.
  • Niacinamide + retinol: meningkatkan produksi kolagen dan sebagai anti-aging.
  • Niacinamide + N-Acetylglucosamine: mengurangi pigmentasi.
  • Niacinamide + hyaluronic acid: double hidrasi dan mengurangi tampilan garis halus serta kerutan.


Tidak semua kandungan skincare dapat bekerja dengan baik bila digabungkan dengan niacinamide, contohnya exfoliating toner yang mengandung AHA dan BHA. Menggabungkan niacinamide dengan vitamin C juga tidak baik karena dapat menyebabkan iritasi, seperti sensasi perih dan kulit yang kemerahan.

Perhatikan saran penggunaannya

Perhatikan saran penggunaannya

Agar hasilnya lebih maksimal, jangan lewatkan saran penggunaan yang biasanya tertera pada situs resmi atau kemasan produk. Umumnya, serum disarankan untuk digunakan beberapa tetes sebanyak sekali hingga dua kali per hari. Namun, ada juga produk yang memiliki saran penggunaan tertentu yang berpengaruh terhadap hasil yang ditawarkan.


Sebagai informasi, serum niacinamide disarankan untuk tidak digabung dengan produk skincare dengan senyawa yang cenderung asam. Senyawa asam seperti AHA, BHA, serta vitamin C dianggap dapat mengurangi efektivitas niacinamide. Bahkan, penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit kemerahan dan terasa perih.


Anda tetap ingin menggunakan produk dengan kandungan AHA, BHA, hingga vitamin C? Usahakan untuk tidak menggunakannya secara bersamaan dengan niacinamide. Anda dapat memakainya pada pagi dan malam hari untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. 

Ketahui karakteristik beberapa merk skincare lokal

Dalam memilih serum niacinamide produksi lokal, salah satu hal yang juga dapat dipertimbangkan adalah mereknya. Tiap-tiap merek tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Di bawah ini kami akan memberi gambaran mengenai karakteristik dua brand yang cukup ternama. 

Somethinc, formula terbaik yang dipadukan dengan teknologi modern

Brand yang berdiri sejak tahun 2019 ini memproduksi kosmetik dan skincare. Somethinc meyakini bahwa setiap individu memiliki kecantikannya masing-masing.


Demi memancarkan kecantikan setiap wanita, Somethinc menggunakan bahan-bahan terbaik untuk membuat produk-produknya. Tak hanya itu, brand ini juga memadukannya dengan teknologi terkini demi meningkatkan kualitas produknya. Meski demikian, produknya tetap dijual dengan harga yang relatif terjangkau

Avoskin, kualitas unggulan dari bahan-bahan alami dalam negeri

Salah satu komitmen Avoskin adalah mempersembahkan produk terbaik dengan menggunakan bahan alami dari Indonesia. Brand ini tak sekadar merawat kulit Anda, tetapi juga berperan dalam melestarikan lingkungan.


Seluruh proses pembuatan produknya dilakukan secara alami tanpa menggunakan bahan yang berbahaya terhadap alam. Uji coba terhadap hewan pun tidak dilakukan. Manfaat terbaik dari alam akan Anda peroleh lewat produk-produknya.

10 Rekomendasi serum niacinamide lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum niacinamide lokal terbaik untuk Anda. Simak penjelasan setiap produknya dan temukan serum lokal yang paling sesuai dengan masalah kulit Anda. Produk-produk di bawah ini adalah pilihan kami dan bukan rekomendasi dari pakar di artikel ini, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami.

10

Cantik Anugerah PesonaRaiku Bright Radiance Serum

Mulai dari Rp 168.000,00

Konsentrasi niacinamideTidak disebutkan
Kandungan utamaNiacinamide, kakadu plum extract, chamomile extract
Volume30 ml
RekomendasiSemua jenis kulit
Saran penggunaanDua kali sehari (pagi dan malam)
9

HumphreyNiacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum

Mulai dari Rp 119.900,00

Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, hyaluronic acid
Volume20 ml
RekomendasiKulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, kulit kombinasi, kulit kasar, hiperpigmentasi, kemerahan
Saran penggunaanDua kali sehari (pagi dan malam)
8

Triniti Tunggal AbadiTrue to Skin Niacinamide - Brightening Serum

Mulai dari Rp 109.000,00

Konsentrasi niacinamideTidak disebutkan
Kandungan utamaNiacinamide, allantoin, zinc
Volume20 ml
RekomendasiKulit kusam, pigmentasi, bekas jerawat
Saran penggunaanTidak disebutkan
7
Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, vitamin B5
Volume30 ml
RekomendasiSemua jenis kulit
Saran penggunaanTidak disebutkan
6

Garland Cantik IndonesiaDear Me Beauty Single Activator Face Serum 10% Niacinamide + Watermelon Extract

Mulai dari Rp 69.000,00

Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, watermelon extract
Volume12 ml
RekomendasiKulit kusam, tanda penuaan dini
Saran penggunaanTidak disebutkan
5
Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, kolagen
Volume20 ml
RekomendasiPenuaan dini di kulit
Saran penggunaanTidak disebutkan
4

EverwhiteEverwhite Niacinamide Brightening Serum

Mulai dari Rp 117.000,00

Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, G2White, licorice extract, hyaluronate
Volume20 ml
RekomendasiKulit kusam, noda hitam, hiperpigmentasi
Saran penggunaanDua kali sehari (pagi dan malam)
3
Konsentrasi niacinamide4%
Kandungan utamaNiacinamide, ceramide, licorice root oil, turmeric root oil
Volume30 ml
RekomendasiKulit kering, normal, kombinasi
Saran penggunaanDua kali sehari (siang dan malam)
2

Avoskin BeautyMiraculous Refining Serum

Mulai dari Rp 239.000,00

Konsentrasi niacinamide2%
Kandungan utamaAHA, BHA, niacinamide, ceramide
Volume30 ml
RekomendasiRemaja usia 15 tahun ke atas, kulit kusam, bekas jerawat
Saran penggunaanMaksimal tiga kali seminggu
1

Somethinc10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Mulai dari Rp 115.500,00

Konsentrasi niacinamide10%
Kandungan utamaNiacinamide, beet extract
Volume20 ml, 40 ml
RekomendasiRemaja usia 13 tahun ke atas
Saran penggunaanHindari penggunaan kandungan AHA BHA PHA secara bersamaan

Tabel perbandingan produk serum niacinamide lokal terbaik

Gambar produk
1
Somethinc 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum 1

Somethinc

2
Avoskin Beauty Miraculous Refining Serum 1

Avoskin Beauty

3
Bhumi G-Alpine Brightening Serum 1

Bhumi

4
Everwhite Everwhite Niacinamide Brightening Serum 1

Everwhite

5
Whitelab  Brightening Face Serum 1

Whitelab

6
Garland Cantik Indonesia Dear Me Beauty Single Activator Face Serum 10% Niacinamide + Watermelon Extract 1

Garland Cantik Indonesia

7
Aubree Skin Niacinamide Skin Booster 1

Aubree Skin

8
Triniti Tunggal Abadi True to Skin Niacinamide - Brightening Serum 1

Triniti Tunggal Abadi

9
Humphrey Niacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum 1

Humphrey

10
Cantik Anugerah Pesona Raiku Bright Radiance Serum 1

Cantik Anugerah Pesona

Nama produk

10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Miraculous Refining Serum

G-Alpine Brightening Serum

Everwhite Niacinamide Brightening Serum

Brightening Face Serum

Dear Me Beauty Single Activator Face Serum 10% Niacinamide + Watermelon Extract

Niacinamide Skin Booster

True to Skin Niacinamide - Brightening Serum

Niacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum

Raiku Bright Radiance Serum

Keunggulan

Dapatkan kulit cerah maksimal dalam 4 minggu

Bantu eksfoliasi dan mencerahkan kulit tanpa membuatnya kering

Lembut dan ringan, bantu menguatkan skin barrier

Membikin warna kulit wajah jadi lebih merata

Meningkatkan elastisitas dan mencegah tanda penuaan di kulit

Dilengkapi Extra Blue Light Technology sebagai perlindungan kulit terhadap gadget

Mencerahkan sekaligus menjaga kekenyalan kulit

Ampuh atasi kulit kusam, pigmentasi, dan bekas jerawat

Mengurangi kemerahan kulit hingga 99%!

Lapisan terdalam kulit pun bakal ternutrisi

Harga mulai dariRp 115.500,00Rp 239.000,00Rp 269.000,00Rp 117.000,00Rp 75.000,00Rp 69.000,00Rp 99.000,00Rp 109.000,00Rp 119.900,00Rp 168.000,00
Konsentrasi niacinamide10%2%4%10%10%10%10%Tidak disebutkan10%Tidak disebutkan
Kandungan utamaNiacinamide, beet extractAHA, BHA, niacinamide, ceramideNiacinamide, ceramide, licorice root oil, turmeric root oilNiacinamide, G2White, licorice extract, hyaluronateNiacinamide, kolagenNiacinamide, watermelon extractNiacinamide, vitamin B5Niacinamide, allantoin, zincNiacinamide, hyaluronic acidNiacinamide, kakadu plum extract, chamomile extract
Volume20 ml, 40 ml30 ml30 ml20 ml20 ml12 ml30 ml20 ml20 ml30 ml
RekomendasiRemaja usia 13 tahun ke atasRemaja usia 15 tahun ke atas, kulit kusam, bekas jerawatKulit kering, normal, kombinasiKulit kusam, noda hitam, hiperpigmentasiPenuaan dini di kulitKulit kusam, tanda penuaan diniSemua jenis kulitKulit kusam, pigmentasi, bekas jerawatKulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, kulit kombinasi, kulit kasar, hiperpigmentasi, kemerahanSemua jenis kulit
Saran penggunaanHindari penggunaan kandungan AHA BHA PHA secara bersamaanMaksimal tiga kali semingguDua kali sehari (siang dan malam)Dua kali sehari (pagi dan malam)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanDua kali sehari (pagi dan malam)Dua kali sehari (pagi dan malam)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi serum wajah lainnya di sini

Serum termasuk produk yang sebaiknya tidak Anda lewatkan dalam rangkaian perawatan kulit. Selain serum lokal yang mengandung niacinamide, kami memiliki artikel lain terkait serum wajah. Jika Anda tertarik untuk mengetahui rekomendasi serum lainnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Banyaknya manfaat yang ditawarkan niacinamide untuk kulit tentu membuat banyak orang tertarik. Kini sudah banyak merek lokal yang menyediakan serum niacinamide. Setelah mengetahui cara memilih serum niacinamide dari merek lokal, sudahkah Anda menemukan produk favorit? 


Sebelum membeli suatu produk, perhatikanlah komposisinya, mulai dari konsentrasi niacinamide sampai kandungan lainnya. Pastikan produk yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selamat memilih dan merawat kulit dengan serum niacinamide lokal terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wardah merupakan salah satu merk produk kecantikan lokal yang cukup populer di Indonesia. Salah satu produk unggulan Wardah yang memiliki banyak peminat adalah sabun muka atau facial wash. Berbagai inovasi terus dikembangkan oleh Wardah sehingga melahirkan beragam jenis facial wash berkualitas.Untuk itu, kami secara khusus akan membahas tentang facial wash yang bagus dari Wardah. Selain tips memilih, rekomendasi sepuluh produk terbaik juga akan kami sajikan di artikel ini. Ada produk dari seri Lightening, Acnederm, White Secret, Aloe Hydramild, Perfect Bright, dan sebagainya. Jadi, pastikan Anda membaca hingga selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori