• 10 Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (Terbaru Tahun 2022)

Permasalahan kulit wajah biasa terjadi saat memasuki masa kehamilan, bahkan berlanjut ketika menyusui. Namun, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan penggunaan cream wajah secara rutin. Sayangnya, tidak semua kandungan cream wajah aman untuk masa krusial ini. Terlebih lagi jika krim tersebut mengandung pelembap dan pemutih kimia.


Karena itu, kali ini kami ingin menjelaskan cara memilih cream wajah yang aman untuk masa-masa ini. Sepuluh produk dari merk terbaik juga telah kami siapkan. Ada cream wajah lokal yang bagus seperti Sensatia Botanicals dan Mama's Choice, hingga produk internasional seperti Avene. Disimak, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Erny Kurnia
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apakah ibu hamil dan menyusui boleh memakai cream wajah?

Apakah ibu hamil dan menyusui boleh memakai cream wajah?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul saat memasuki masa kehamilan dan menyusui adalah amankah memakai krim wajah? Seperti diketahui, pada masa ini terjadi perubahan besar pada hormon di tubuh wanita. Efeknya, berbagai macam permasalahan kulit bisa muncul meski sebelumnya Anda tidak pernah memiliki masalah tersebut. 


Pada umumnya, kulit akan terasa lebih kering, sensitif, berjerawat, hingga tampak kasar. Masalah-masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan penggunaan krim wajah. Namun, perlu diingat, apa pun yang Anda aplikasikan ke kulit akan turut berpengaruh terhadap janin atau bayi. Karena itu, Anda tidak bisa sembarangan memakai krim wajah saat hamil atau menyusui.


Meski begitu, bukan berarti tidak ada krim wajah yang aman bagi ibu hamil dan menyusui. Ya, ada produk-produk yang aman digunakan untuk mengatasi masalah kulit saat Anda sedang hamil dan menyusui. Kami akan membahasnya lebih lengkap setelah ini. Jadi, ikuti terus, ya!

Cara memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Di bagian ini kami akan memaparkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dan menyusui. Silakan perhatikan dengan saksama agar Anda bisa menghindari kesalahan saat memilih krim wajah untuk masa-masa ini.

Hindari keberadaan bahan berbahaya

Hindari keberadaan bahan berbahaya

Seperti diketahui, banyak krim wajah di luar sana menggunakan beragam bahan kimia untuk mengatasi permasalahan kulit. Sebagai contoh, kandungan arbutin yang berfungsi sebagai bahan pencerah untuk meratakan warna kulit. Ada pula bahan yang efektif sebagai anti-aging, misalnya turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoid atau retinol.


Selain itu, biasanya krim wajah juga mengandung bahan pengawet kimia atau paraben untuk memperpanjang usia suatu produk. Pada label krim wajah, bahan ini biasa ditulis sebagai methylparaben, propylparaben, atau butylparaben. Keberadaan pewangi kimia juga biasanya tidak bisa ditinggalkan karena dapat menambah aroma krim wajah.


Meski bermanfaat, tentu saja bahan-bahan kimia tersebut kurang ramah bagi ibu hamil dan menyusui. Bahkan, bisa dibilang bahan tersebut cukup berbahaya jika sampai terserap oleh janin atau bayi. Karena itu, pastikan krim wajah yang Anda pilih tidak mengandung bahan berbahaya di atas, ya!

Sebisa mungkin, pilih yang kaya akan kandungan bahan alami

Sebisa mungkin, pilih yang kaya akan kandungan bahan alami

Selain menghindari keberadaan bahan kimia, sebisa mungkin pilihlah krim wajah yang mengandung bahan alami. Hal ini dikarenakan bahan alami tidak memberikan efek yang buruk, baik pada kulit maupun si kecil. Dengan begitu, Anda bisa melepas kecemasan saat memakai krim wajah secara rutin selama masa-masa penting ini.


Namun, perlu diketahui, krim wajah dengan banyak kandungan bahan alami dinilai memiliki beberapa kelemahan. Sebagai contoh, masa simpannya lebih singkat. Selain itu, bahan alami umumnya tidak bisa memberikan efek yang cepat pada kulit. Namun, tentu hal ini bukan masalah besar dibanding dengan kesehatan si kecil.

Pilih yang sesuai permasalahan kulit saat hamil dan menyusui

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat hamil biasanya akan timbul masalah pada kulit wajah. Hal tersebut terkadang ikut berlanjut ketika Anda memasuki masa menyusui. Untuk meredakannya, Anda perlu menggunakan krim wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Untuk mengatasi jerawat hormonal, pilih krim wajah dengan kandungan antibakteri dan antiinflamasi

Untuk mengatasi jerawat hormonal, pilih krim wajah dengan kandungan antibakteri dan antiinflamasi

Jerawat yang muncul saat hamil dan menyusui merupakan jerawat hormonal. Masalah ini dapat hilang dengan sendirinya setelah produksi hormon kembali teratur. Meski demikian, tak ada salahnya jika Anda melakukan perawatan. Dengan begitu, kemunculan jerawat akan lebih terkendali, kemerahan bisa mereda, dan bekas jerawat pun tak ada.


Untuk menekan pertumbuhan jerawat, Anda bisa memanfaatkan krim wajah dengan kandungan antibakteri. Ekstrak teh hijau, minyak bunga rosemary, hingga minyak bunga kenanga merupakan beberapa contohnya. Selanjutnya, supaya jerawat tidak meradang, pastikan krim wajah Anda mengandung bahan antiinflamasi. Misalnya rice extract, lavender oil, atau Centella asiatica extract.

Untuk menenangkan kulit sensitif, pilih krim wajah dengan kandungan seminimal mungkin

Untuk menenangkan kulit sensitif, pilih krim wajah dengan kandungan seminimal mungkin

Saat hamil dan menyusui, kulit wajah akan cenderung lebih sensitif. Karena itu, Anda disarankan untuk memakai krim dengan bahan kandungan yang seminimal mungkin. Tujuannya adalah supaya tidak merangsang terjadinya iritasi. 


Selain itu, penggunaan krim wajah dengan kandungan Aloe vera juga lebih disarankan. Aloe vera diyakini dapat menenangkan kulit sensitif. Perlu diingat juga, hindari keberadaan alkohol pada krim wajah yang digunakan agar tidak memperparah kondisi kulit sensitif.

Untuk menghidrasi kulit kering, pilih krim wajah yang kaya akan kandungan pelembap

Untuk menghidrasi kulit kering, pilih krim wajah yang kaya akan kandungan pelembap

Kulit yang kering merupakan awal mula munculnya beragam permasalahan lainnya, tidak terkecuali saat hamil dan menyusui. Oleh karena itu, keberadaan bahan pelembap merupakan hal yang mutlak ada pada krim wajah. 


Untungnya, terdapat banyak bahan pelembap yang aman digunakan meski Anda sedang hamil atau menyusui. Sebut saja shea butter, madu, hyaluronic acid, hingga squalane. Ada juga berbagai jenis minyak nabati yang kaya pelembap seperti argan oil, jojoba oil, hingga avocado oil.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Sekarang saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi krim wajah terbaik khusus untuk para ibu hamil dan menyusui. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda!

10
Kandungan utamaCentella asiatica leaf extract, shea butter
FungsiMelembapkan, menenangkan, memperbaiki kondisi kulit
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi50 ml
9

The Body ShopAloe Soothing Day Cream

Mulai dari Rp 209.000,00

Kandungan utamaAloe vera leaf juice powder, Avena sativa kernel extract
FungsiMelembapkan, menenangkan
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi50 ml
8

CaudalieVinopure Skin Perfecting Mattifying Fluid

Mulai dari Rp 150.000,00

Kandungan utamaOrganic rose water, lavender essential oil, lemongrass essential oil, peppermint essential oil, natural salicylic acid, rosemary essential oil, polyphenols
FungsiMengatasi jerawat, melembapkan, mencerahkan
Alkohol
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi15 ml, 40 ml
7

SukinFacial Moisturizer Pump Signature

Mulai dari Rp 119.000,00

Kandungan utamaAloe vera, avocado oil, rosehip oil, sesame seed oil, shea butter
FungsiMelembapkan
Alkohol
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi125 ml
6

The OrdinaryNatural Moisturizing Factors + HA

Mulai dari Rp 109.900,00

Kandungan utamaSodium hyaluronate, arginine, glycine, alanine, serine, valine, isoleucine, proline, threonine, histide, phenylalanine, aspartic acid
FungsiMelembapkan
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi30 ml, 100 ml
5

Skin DewiGinkgo Biloba Firming Facial Cream

Mulai dari Rp 192.500,00

Kandungan utamaMicroalgae, macadamia oil, evening primrose oil, rosehip oil, Ginkgo biloba, green tea extract
FungsiAnti-aging, mencerahkan, mengencangkan
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi5 gr, 30 gr
4

KlairsFundamental Water Gel Cream

Mulai dari Rp 399.000,00

Kandungan utamaCamellia sinensis leaf water, panthenol, Camellia sinensis leaf extract, Centella asiatica extract, Artemisia vulgaris extract
FungsiMelembapkan, menenangkan, mencerahkan
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi70 ml
3
Kandungan utamaAvene thermal spring water, squalane
FungsiMenenangkan, melindungi
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi50 ml
2

Mama's ChoiceDaily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan utamaRice extract, hyaluronic acid, mineral sunscreen, shea butter
FungsiMenangkal radiasi sinar UV, melembapkan
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi30 ml
1

Sensatia BotanicalsWild Honey Day Barrier Cream

Mulai dari Rp 240.000,00

Kandungan utamaShea butter, honey, squalane, Vanilla planifolia fruit extract, Cananga odorata flower oil, argan oil, jojoba oil, Terminalia ferdinandiana fruit extract
FungsiMelembapkan, anti-aging, mengatasi jerawat
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi65 ml

Tabel perbandingan produk cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Gambar produk
1
Sensatia Botanicals Wild Honey Day Barrier Cream 1

Sensatia Botanicals

2
Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ 1

Mama's Choice

3
Avene Skin Recovery Cream 1

Avene

4
Klairs Fundamental Water Gel Cream 1

Klairs

5
Skin Dewi Ginkgo Biloba Firming Facial Cream 1

Skin Dewi

6
The Ordinary Natural Moisturizing Factors + HA 1

The Ordinary

7
Sukin Facial Moisturizer Pump Signature 1

Sukin

8
Caudalie Vinopure Skin Perfecting Mattifying Fluid 1

Caudalie

9
The Body Shop Aloe Soothing Day Cream 1

The Body Shop

10
Dr. Jart+ Cicapair Cream 1

Dr. Jart+

Nama produk

Wild Honey Day Barrier Cream

Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Skin Recovery Cream

Fundamental Water Gel Cream

Ginkgo Biloba Firming Facial Cream

Natural Moisturizing Factors + HA

Facial Moisturizer Pump Signature

Vinopure Skin Perfecting Mattifying Fluid

Aloe Soothing Day Cream

Cicapair Cream

Keunggulan

Atasi segala perubahan pada kulit wajah dengan krim wajah lokal

Solusi jitu untuk menangkal bahaya sinar matahari

Tenangkan kulit sensitif dengan kandungan bahan unik

Rasakan manfaat daun teh hingga 63,7%!

Ucapkan selamat tinggal pada kulit yang tampak menua

Menghidrasi kulit dengan sebelas jenis amino acid

Kepala pump untuk menjaga isinya tetap higienis

Redakan jerawat dengan bahan-bahan alami

Lebih cepat meresap, lebih tahan lama di kulit

Cegah tanda-tanda stres di kulit pada masa hamil dan menyusui

Harga mulai dariRp 240.000,00Rp 139.000,00Rp 350.000,00Rp 399.000,00Rp 192.500,00Rp 109.900,00Rp 119.000,00Rp 150.000,00Rp 209.000,00Rp 625.000,00
Kandungan utamaShea butter, honey, squalane, Vanilla planifolia fruit extract, Cananga odorata flower oil, argan oil, jojoba oil, Terminalia ferdinandiana fruit extractRice extract, hyaluronic acid, mineral sunscreen, shea butterAvene thermal spring water, squalaneCamellia sinensis leaf water, panthenol, Camellia sinensis leaf extract, Centella asiatica extract, Artemisia vulgaris extractMicroalgae, macadamia oil, evening primrose oil, rosehip oil, Ginkgo biloba, green tea extractSodium hyaluronate, arginine, glycine, alanine, serine, valine, isoleucine, proline, threonine, histide, phenylalanine, aspartic acidAloe vera, avocado oil, rosehip oil, sesame seed oil, shea butterOrganic rose water, lavender essential oil, lemongrass essential oil, peppermint essential oil, natural salicylic acid, rosemary essential oil, polyphenolsAloe vera leaf juice powder, Avena sativa kernel extractCentella asiatica leaf extract, shea butter
FungsiMelembapkan, anti-aging, mengatasi jerawatMenangkal radiasi sinar UV, melembapkanMenenangkan, melindungiMelembapkan, menenangkan, mencerahkanAnti-aging, mencerahkan, mengencangkanMelembapkanMelembapkanMengatasi jerawat, melembapkan, mencerahkanMelembapkan, menenangkanMelembapkan, menenangkan, memperbaiki kondisi kulit
AlkoholXXXXXXXX
Pewangi kimiaXXXXXXXXXX
ParabenXXXXXXXXXX
Isi65 ml30 ml50 ml70 ml5 gr, 30 gr30 ml, 100 ml125 ml15 ml, 40 ml50 ml50 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kecantikan lainnya untuk ibu hamil dan menyusui di sini

Untuk menjaga kecantikan kulit selama masa kehamilan dan menyusui, Anda tidak bisa hanya mengandalkan krim wajah saja. Karena itu, di bawah ini kami telah menyiapkan beberapa artikel yang dapat menunjang kesehatan kulit Anda. Anda bisa menemukan sunblock khusus untuk ibu hamil hingga beragam jenis skincare yang aman dipakai bumil dan busui.

Kesimpulan

Meski sedang hamil atau menyusui, bukan berarti Anda tidak bisa merawat kesehatan kulit wajah. Terlebih, pada masa ini kondisi kulit lebih rentan mengalami breakout. Untungnya, terdapat krim wajah yang aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.


Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa menemukan krim wajah yang dapat menemani selama masa kehamilan dan menyusui. Mari dapatkan wajah yang terawat dan sehat dengan krim yang tepat selama masa menyenangkan ini!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shaving Foam / Foam Cukur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk mengurangi terjadinya iritasi pada kulit saat bercukur, Anda bisa menambahkan pemakaian shaving foam. Sesuai namanya, shaving foam menghasilkan busa dan memiliki tekstur lebih lembut dibanding shaving gel atau shaving cream.Saat ini, di pasaran tersedia beragam shaving foam dari brand ternama, seperti Garnier, Gillette, dan Schick. Nah, untuk itu kami akan menjelaskan cara pemilihan shaving foam sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan kulit dagu yang lembut setelah bercukur dengan penggunaan shaving foam yang tepat! Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori