• 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Permasalahan kulit wajah terjadi saat masa kehamilan, bahkan berlanjut ketika menyusui. Atasilah dengan menggunakan cream wajah. Sayangnya, tidak semua kandungan cream aman untuk masa krusial ini. Jadi, sebaiknya gunakan cream yang aman untuk ibu hamil.


Kami akan menjelaskan cara memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil. Rekomendasi merek cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui juga sudah disiapkan. Ada berbagai merek yang bagus, seperti Mama's Choice, Cetaphil, serta Hanasui. Yuk, dapatkan produk terbaik Anda di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Sudah selama 16 tahun dr. Dian berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta. Selain itu, beliau juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apakah ibu hamil dan menyusui boleh memakai cream wajah?

Apakah ibu hamil dan menyusui boleh memakai cream wajah?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul saat memasuki masa kehamilan dan menyusui adalah amankah memakai krim wajah? Seperti diketahui, di masa ini terjadi perubahan besar pada hormon di tubuh wanita. Efeknya, berbagai permasalahan kulit bisa muncul meski sebelumnya Anda tidak pernah memiliki masalah tersebut. 


Pada umumnya, kulit akan terasa lebih kering, sensitif, berjerawat, dan tampak kasar. Masalah-masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan penggunaan krim wajah. Namun, perlu diingat, apa pun yang Anda aplikasikan ke kulit akan turut berpengaruh terhadap janin atau bayi. Karena itu, Anda tidak bisa sembarangan memakai krim wajah saat hamil atau menyusui.


Meski begitu, bukan berarti tidak ada krim wajah yang aman bagi ibu hamil dan menyusui. Ada produk-produk yang aman digunakan untuk mengatasi masalah kulit saat Anda sedang hamil dan menyusui. Kami akan membahasnya lebih lengkap setelah ini. Jadi, ikuti terus, ya!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Pada bagian ini kami akan memaparkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dan menyusui. Silakan perhatikan dengan saksama agar Anda bisa menghindari kesalahan saat memilih krim wajah untuk masa-masa ini.

Hindari keberadaan bahan berbahaya

Hindari keberadaan bahan berbahaya

Seperti diketahui, banyak krim wajah di luar sana menggunakan beragam bahan kimia untuk mengatasi permasalahan kulit. Misalnya, kandungan arbutin yang berfungsi sebagai bahan pencerah untuk meratakan warna kulit. Ada pula bahan yang efektif sebagai anti-aging, misalnya turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoid atau retinol.


Selain itu, biasanya krim wajah juga mengandung bahan pengawet kimia atau paraben untuk memperpanjang usia suatu produk. Pada label krim wajah, bahan ini biasa ditulis sebagai methylparaben, propylparaben, atau butylparaben. Keberadaan pewangi kimia juga biasanya tidak bisa ditinggalkan karena dapat menambah aroma krim wajah.


Meski bermanfaat, tentu saja bahan-bahan kimia tersebut kurang ramah bagi ibu hamil dan menyusui. Retinol dianjurkan untuk dihindari saat masa hamil dan menyusui. Bahkan, bisa dibilang bahan tersebut cukup berbahaya jika sampai terserap oleh janin atau bayi. Sementara itu, paraben dan turunannya masih kontroversial. Karena itu, pastikan krim wajah yang Anda pilih tidak mengandung bahan di atas, ya!

Utamakan produk yang kaya akan kandungan bahan alami

Utamakan produk yang kaya akan kandungan bahan alami

Selain menghindari keberadaan bahan kimia, sebisa mungkin pilihlah krim wajah yang mengandung bahan alami. Meskipun tidak selalu demikian, efek bahan alami umumnya lebih ringan sehingga nyaman digunakan, baik pada kulit maupun si kecil. Dengan begitu, Anda bisa melepas kecemasan saat memakai krim wajah secara rutin selama masa-masa penting ini.


Namun, perlu Anda ketahui bahwa krim wajah dengan banyak kandungan bahan alami dinilai memiliki beberapa kelemahan. Sebagai contoh adalah masa simpannya lebih singkat. Selain itu, bahan alami umumnya tidak bisa memberikan efek yang cepat pada kulit. Namun, tentu hal ini bukan masalah besar dibanding dengan kesehatan si kecil.

Pilih yang sesuai permasalahan kulit saat hamil dan menyusui

Seperti dijelaskan sebelumnya, saat hamil biasanya akan timbul masalah pada kulit wajah. Hal tersebut terkadang ikut berlanjut ketika Anda memasuki masa menyusui. Untuk meredakannya, Anda perlu menggunakan krim wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Untuk mengatasi jerawat hormonal, krim wajah dengan kandungan antibakteri dan anti-inflamasi

Untuk mengatasi jerawat hormonal, krim wajah dengan kandungan antibakteri dan anti-inflamasi

Jerawat yang muncul saat hamil dan menyusui merupakan jerawat hormonal. Masalah ini dapat hilang dengan sendirinya setelah produksi hormon kembali teratur. Meskipun demikian, tak ada salahnya jika Anda melakukan perawatan. Dengan begitu, kemunculan jerawat akan lebih terkendali, kemerahan bisa mereda, dan bekas jerawat pun tak ada.


Untuk menekan pertumbuhan jerawat, Anda bisa memanfaatkan krim wajah dengan kandungan antibakteri. Ekstrak teh hijau, minyak bunga rosemary, hingga minyak bunga kenanga merupakan beberapa contohnya.


Selanjutnya, agar jerawat tak meradang, pastikan krim wajah Anda mengandung bahan anti-inflamasi. Kandungan tersebut antara lain rice extract, lavender oil, atau Centella asiatica extract. Selain itu, asam salisilat juga dapat digunakan bila dibutuhkan. Dengan catatan penggunaan konsentrasinya kecil, yaitu di bawah 2% dan digunakan pada area kecil dalam waktu yang terbatas.

Untuk menenangkan kulit sensitif, krim wajah dengan kandungan seminimal mungkin

Untuk menenangkan kulit sensitif, krim wajah dengan kandungan seminimal mungkin

Saat hamil dan menyusui, kulit wajah akan cenderung lebih sensitif. Karena itu, Anda disarankan untuk memakai krim dengan bahan kandungan seminimal mungkin. Tujuannya adalah tidak merangsang terjadinya iritasi


Selain itu, penggunaan krim wajah dengan kandungan Aloe vera juga lebih disarankan. Aloe vera diyakini dapat membantu menenangkan kulit sensitif. Anda juga bisa meminimalkan penggunaan alkohol pada krim wajah yang digunakan agar tidak memperparah kondisi kulit sensitif.


Meski demikian, keberadaan alkohol dalam skincare tidak selalu buruk. Ada beberapa jenis alkohol organik yang tidak berbahaya dan aman digunakan pada kulit. Contohnya adalah butylene glycol, myristyl alcohol, cetyl alcohol, stearyl alcohol, dan lainnya. Jenis alkohol tersebut bermanfaat membantu penyerapan kandungan skincare, mengurangi sebum, dan melembapkan kulit.

Untuk menghidrasi kulit kering, krim wajah yang kaya akan kandungan pelembap

Untuk menghidrasi kulit kering, krim wajah yang kaya akan kandungan pelembap

Kulit yang kering merupakan awal mula munculnya beragam permasalahan lain, tidak terkecuali saat hamil dan menyusui. Oleh karena itu, keberadaan bahan pelembap merupakan hal yang mutlak ada pada krim wajah. 


Untungnya, terdapat banyak bahan pelembap yang aman digunakan meski Anda sedang hamil atau menyusui. Sebut saja shea butter, madu, hyaluronic acid, dan squalane. Ada juga berbagai jenis minyak nabati yang kaya pelembap, seperti argan oil, jojoba oil, hingga avocado oil.

10 Rekomendasi cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 25 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Sensatia Botanicals Wild Honey Day Barrier Cream yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 8 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
Mama's Choice Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++ 1

Mama's Choice

2
The Ordinary Natural Moisturizing Factors + HA 1

The Ordinary

3
Hanasui Acne Treatment - Night Cream 1

Hanasui

4
Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightening Day Protection Cream SPF 15 1

Cetaphil

5
Skin Dewi Ginkgo Biloba Firming Facial Cream 1

Skin Dewi

6
Sukin Facial Moisturizer Pump Signature 1

Sukin

7
The Body Shop Aloe Soothing Day Cream 1

The Body Shop

8
Sensatia Botanicals Wild Honey Day Barrier Cream 1

Sensatia Botanicals

9
Dr. Jart+ Cicapair Cream 1

Dr. Jart+

10
Klairs Fundamental Water Gel Cream 1

Klairs

Nama produk

Daily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Natural Moisturizing Factors + HA

Acne Treatment - Night Cream

Bright Healthy Radiance Brightening Day Protection Cream SPF 15

Ginkgo Biloba Firming Facial Cream

Facial Moisturizer Pump Signature

Aloe Soothing Day Cream

Wild Honey Day Barrier Cream

Cicapair Cream

Fundamental Water Gel Cream

Keunggulan

Solusi jitu untuk menangkal bahaya sinar matahari

Menghidrasi kulit dengan sebelas jenis amino acid

Mampu merawat kulit berjerawat Anda

Samarkan bintik hitam, dapatkan kulit cerah bersinar

Ucapkan selamat tinggal pada kulit yang tampak menua

Kepala pump untuk menjaga isinya tetap higienis

Lebih cepat meresap, lebih tahan lama di kulit

Atasi segala perubahan pada kulit wajah dengan krim wajah lokal

Cegah tanda-tanda stres di kulit pada masa hamil dan menyusui

Rasakan manfaat daun teh hingga 63,7%

Harga mulai dariRp 139.000,00Rp 165.000,00Rp 35.500,00Rp 302.500,00Rp 192.500,00Rp 122.900,00Rp 249.000,00Rp 240.000,00Rp 368.000,00Rp 140.000,00
Kandungan antibakteriRice extractCaprylic/Capric triglycerideVitex castus extractRhododendron chrysanthum MicroalgaeAloe vera, sesame seed oilSesame seed oilVanilla planifolia fruit extractRosemary oilArtemisia vulgaris
Kandungan anti-inflamasiOrange oilAllantoin Salicylic acidTricholoma matsutakeGreen tea extract, evening primrose oilLavender oilAloe vera leaf juice powderHoney, squalane Centella asiatica, niacinamideCentella asiatica
Kandungan pelembapHyaluronic acid, shea butterSodium hyaluronate, palmitic acidShea butter, vitamin EPancratium maritimumMacadamia oil, rosehip oilAloe vera, rosehip oil, shea butterAloe veraShea butter, Cananga odorata flower oil, argan oilShea butter, rosewood oilCamellia sinensis leaf water and extract, panthenol, Oryza sativa
Kandungan lainnyaMineral sunscreenLinoleic acid, stearic acidNiacinamideNiacinamide, sea daffodil Ginkgo bilobaAvocado oilAvena sativa kernel extractJojoba oil, Terminalia ferdinandiana fruit extractRosewood oil, lavender oilRosemary, sunflower oil
FungsiMenangkal radiasi sinar UV, melembapkanMelembapkanMerawat kulit berjerawat, mengurangi minyakMemudarkan bintik hitam, meratakan warna kulit, menangkal radiasi sinar UVAnti-aging, mencerahkan, mengencangkanMelembapkanMelembapkan, menenangkanMelembapkan, anti-aging, mengatasi jerawatMelembapkan, menenangkan, memperbaiki kondisi kulitMelembapkan, menenangkan, mencerahkan
AlkoholX✔︎X✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Pewangi kimiaXXXXXXXXXX
ParabenXXXXXXXXXX
Isi30 ml30 ml, 100 ml50 g50 g5 g, 30 g125 ml50 ml65 ml50 ml20 ml, 70 ml
Tautan produk
10

KlairsFundamental Water Gel Cream

Mulai dari Rp 140.000,00

Kandungan antibakteriArtemisia vulgaris
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan pelembapCamellia sinensis leaf water and extract, panthenol, Oryza sativa
Kandungan lainnyaRosemary, sunflower oil
FungsiMelembapkan, menenangkan, mencerahkan
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi20 ml, 70 ml
9
Kandungan antibakteriRosemary oil
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica, niacinamide
Kandungan pelembapShea butter, rosewood oil
Kandungan lainnyaRosewood oil, lavender oil
FungsiMelembapkan, menenangkan, memperbaiki kondisi kulit
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi50 ml
8

Sensatia BotanicalsWild Honey Day Barrier Cream

Mulai dari Rp 240.000,00

Kandungan antibakteriVanilla planifolia fruit extract
Kandungan anti-inflamasiHoney, squalane
Kandungan pelembapShea butter, Cananga odorata flower oil, argan oil
Kandungan lainnyaJojoba oil, Terminalia ferdinandiana fruit extract
FungsiMelembapkan, anti-aging, mengatasi jerawat
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi65 ml
7

The Body ShopAloe Soothing Day Cream

Mulai dari Rp 249.000,00

Kandungan antibakteriSesame seed oil
Kandungan anti-inflamasiAloe vera leaf juice powder
Kandungan pelembapAloe vera
Kandungan lainnyaAvena sativa kernel extract
FungsiMelembapkan, menenangkan
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi50 ml
6

SukinFacial Moisturizer Pump Signature

Mulai dari Rp 122.900,00

Kandungan antibakteriAloe vera, sesame seed oil
Kandungan anti-inflamasiLavender oil
Kandungan pelembapAloe vera, rosehip oil, shea butter
Kandungan lainnyaAvocado oil
FungsiMelembapkan
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi125 ml
5

Skin DewiGinkgo Biloba Firming Facial Cream

Mulai dari Rp 192.500,00

Kandungan antibakteriMicroalgae
Kandungan anti-inflamasiGreen tea extract, evening primrose oil
Kandungan pelembapMacadamia oil, rosehip oil
Kandungan lainnyaGinkgo biloba
FungsiAnti-aging, mencerahkan, mengencangkan
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi5 g, 30 g
4

CetaphilBright Healthy Radiance Brightening Day Protection Cream SPF 15

Mulai dari Rp 302.500,00

Kandungan antibakteriRhododendron chrysanthum
Kandungan anti-inflamasiTricholoma matsutake
Kandungan pelembapPancratium maritimum
Kandungan lainnyaNiacinamide, sea daffodil
FungsiMemudarkan bintik hitam, meratakan warna kulit, menangkal radiasi sinar UV
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi50 g
3

HanasuiAcne Treatment - Night Cream

Mulai dari Rp 35.500,00

Kandungan antibakteriVitex castus extract
Kandungan anti-inflamasiSalicylic acid
Kandungan pelembapShea butter, vitamin E
Kandungan lainnyaNiacinamide
FungsiMerawat kulit berjerawat, mengurangi minyak
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi50 g
2

The OrdinaryNatural Moisturizing Factors + HA

Mulai dari Rp 165.000,00

Kandungan antibakteriCaprylic/Capric triglyceride
Kandungan anti-inflamasiAllantoin
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, palmitic acid
Kandungan lainnyaLinoleic acid, stearic acid
FungsiMelembapkan
Alkohol✔︎
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi30 ml, 100 ml
1

Mama's ChoiceDaily Protection Face Moisturizer SPF 20 PA++

Mulai dari Rp 139.000,00

Kandungan antibakteriRice extract
Kandungan anti-inflamasiOrange oil
Kandungan pelembapHyaluronic acid, shea butter
Kandungan lainnyaMineral sunscreen
FungsiMenangkal radiasi sinar UV, melembapkan
AlkoholX
Pewangi kimiaX
ParabenX
Isi30 ml

Pertanyaan umum seputar cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Pertanyaan umum seputar cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Kami telah mengulas cara memilih serta rekomendasi produk cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Sekarang kami akan menjawab pertanyaan populer seputar cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Jika Anda masih penasaran, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah ibu hamil boleh memakai produk retinoid?

Ibu hamil perlu menghindari produk retinoid dan turunannya, termasuk retinol, retinaldehyde, dan retinyl esters. Studi membuktikan bahwa penggunaan retinoid pada masa hamil berhubungan dengan meningkatnya risiko kelainan kongenital pada janin. Risiko tersebut meningkat terutama bila digunakan pada trimester pertama masa kehamilan.

Apakah ibu hamil boleh memakai produk chemical exfoliant?

AHA merupakan salah satu pilihan chemical exfoliant yang terbukti aman digunakan pada masa hamil. Pastikan konsentrasinya di bawah 10% dan pH lebih dari 3,5. Selain itu, AHA termasuk glycolic acid yang sangat minimal penyerapannya ke dalam tubuh sehingga aman digunakan pada masa hamil.

Baca juga rekomendasi produk kecantikan lainnya untuk ibu hamil dan menyusui di sini

Untuk menjaga kecantikan kulit selama masa kehamilan dan menyusui, Anda tidak bisa hanya mengandalkan krim wajah saja. Karena itu, di bawah ini kami telah menyiapkan beberapa artikel yang dapat menunjang kesehatan kulit Anda. Silakan buka tautan di bawah jika Anda ingin membacanya.

Kesimpulan

Meski sedang hamil atau menyusui, bukan berarti Anda tidak bisa merawat kesehatan kulit wajah. Terlebih lagi, pada masa ini kondisi kulit lebih rentan mengalami breakout. Untungnya, ada beberapa krim wajah yang aman jika digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.


Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa menemukan krim wajah yang dapat menemani selama masa kehamilan dan menyusui. Mari dapatkan wajah sehat terawat dengan krim yang tepat selama masa menyenangkan ini!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)
    Permasalahan kulit wajah sering kali muncul saat masa remaja, seperti kulit berminyak yang sering menjadi pemicu munculnya jerawat. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah salah menggunakan facial wash atau sabun cuci muka. Untuk itu, kamu harus memilih facial wash yang tepat untuk kulit remaja.Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih facial wash terbaik untuk remaja. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek facial wash yang bagus, seperti Pond's, Garnier, dan Clean & Clear. Artikel ini juga telah ditinjau oleh apoteker kami, Meilasari Tri Jayanti. Mari simak penjelasan lengkapnya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori